Skabies: Kulit Gatal Bikin Sebal

Artikel Akhir Pekan

Kode ICD 10 : B 86: Scabies

GUDIK: GATAL BERSAMA, MENGGARUK BERSAMA

Kata Kunci: gudik (gudikan), penyakit ampera, gatal agogo, budukan, scabies, the itch, seven-year itch, Norwegian itch, Norwegian scabies, canine scabies, mange, intense pruritus, nocturnal pruritus, Sarcoptes scabies.

Skabies atau gudikIni dia, Skabies atau Gudikan, salah satu penyakit kulit yang mudah menular ( yang disebabkan oleh kutu Scabies scabiei ) dari satu orang ke orang lainnya, sehingga tak jarang menyebar dalam keluarga ketika salah satu anggota keluarganya pulang kerumah membawa penyakit ini.
Bila sebuah keluarga terjangkit penyakit gudik (skabies) maka tak ayal akan terjadi ritual menggaruk bersama terutama di malam hari. Beberapa penderita penyakit gudik menggambarkan seperti gitaran. Gerakan menggaruk yang mirip bermain gitar di malam hari lantaran rasa gatal yang ditimbulkannya.

Ilustrasi di atas menunjukkan bahwa penyakit gudik (skabies) mudah menular dan menjangkiti sekelompok orang melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Karenanya tak heran jika penyakit gudik (skabies) dapat dijumpai di sebuah keluarga, di kelas sekolah, di asrama, di pesantren.

Di daerah kami (Palaran, Samarinda), gudik (skabies) merebak lagi sejak tahun 2002 hingga saat ini. Pada tahap awal, penyakit gudik (skabies) sulit dibedakan dengan penyakit alergi kulit, akibatnya gudik (skabies) menyebar karena penyebabnya tidak diobati. Biasanya, penyakit gudik (skabies) terdeteksi manakala menjangkiti lebih dari 1 orang dalam sebuah keluarga.

:: :: :: PENGERTIAN :: :: ::
Skabies (gudik) adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh Sarcoptes scabiei varian hominis (sejenis kutu, tungau), ditandai dengan keluhan gatal, terutama pada malam hari dan ditularkan melalui kontak langsung atau tidak langsung melalui alas tempat tidur dan pakaian.

:: :: :: PERJALANAN PENYAKIT :: :: ::
Sekilas kutu Sarcoptes scabiei.
Sarcoptes scabiei adalah kutu (atau tungau) mungil berwarna putih transparan, berbentuk bulat lonjong. Ukuran kutu (tungau) betina 0,3-0,4 mm, sedangkan si jantan setengah dari ukuran betina. Di luar kulit, kutu ini hanya dapat bertahan hidup 2-3 hari pada suhu kamar dan kelembaban 40-80%.

Cara berkembang biak dan penularan:
Setelah membuahi kutu betina maka si pejantan mati. Kutu betina yang sudah dibuahi akan membuat liang terowongan di kulit, kemudian bertelor sekitar 40-50 butir telor, dan akan menetas setelah sekitar 3-5 hari. Hasil penetasan (larva) kutu tersebut keluar ke permukaan kulit dan tumbuh menjadi kutu dewasa dalam waktu sekitar 16-17 hari. (referensi lain menyebutkan 10-14 hari)

Penularan terjadi melalui:

  • Kontak langsung, kontak seksual
  • Secara tidak langsung melalui bekas duduk, sprei (alas) tempat tidur serta pakaian.

:: :: :: TANDA-TANDA :: :: ::
Keluhan utama pada penderita skabies (gudik) adalah:

  • Rasa gatal terutama waktu malam hari.
  • Tonjolan kulit (lesi) berwarna putih keabu-abuan sepanjang sekitar 1 cm.
  • Kadang disertai nanah karena infeksi kuman akibat garukan.

Lokasi paling sering di sela-sela jari tangan, telapak tangan, pergelangan tangan, siku, ketiak, daerah payudara, sekitar pusar dan perut bagian bawah, sekitar kelamin dan pantat. Sedangkan pada bayi dan anak-anak dapat mengenai wajah, sela-sela jari kaki dan telapak kaki.

Pada pria bisa mengenai ujung kemaluan bahkan sekujur kemaluan. Duhhh gatalnya alang kepalang. ( gimana nggaruknya ya … )

:: :: :: DIAGNOSA :: :: ::
Penetapan diagnosa skabies (gudik) berdasarkan riwayat gatal terutama pada malam hari dan adanya anggota keluarga atau teman dekat yang sakit seperti penderita ( ini menunjukkan adanya penularan ).
Pemeriksaan fisik yang sangat penting adalah dengan melihat bentuk tonjolan kulit yang gatal dan arena penyebarannya.
Untuk memastikan diagnosa skabies (gudik) adalah dengan pemeriksaan mikroskop untuk melihat ada tidaknya kutu Sarcoptes scabiei atau telurnya.

:: :: :: PENGOBATAN :: :: ::
Pengobatan ditujukan pada pemberantasan kutu Sarcoptes scabiei dan mengurangi keluhan gatal serta penyulit yang timbul karena garukan.
Antibiotika dapat digunakan jika ada infeksi sekunder, misalnya bernanah di area yang terkena (sela-sela jari, kelamin, dll) akibat garukan.

:: :: :: TIPS dan ANJURAN :: :: ::

  • Periksakan ke Puskesmas, dokter, dokter spesialis kulit atau Rumah sakit setempat bila menjumpai penyakit ini untuk mendapatkan pengobatan.
  • Cuci semua baju dan alas tidur (sprei atau sejenisnya) dengan air panas.
  • Mandi teratur dengan sabun.
  • Apabila ada yang sakit Skabies (gudik), periksakan semua anggota keluarga yang kontak dengan penderita. Jika ternyata menderita skabies, obati semuanya secara serempak agar tidak terjadi penularan ulang.
  • Bagi para guru atau Ustadz yang mendapati murid atau santrinya sakit Skabies (gudik) hendaknya menganjurkan kepada murid atau santrinya untuk berobat secara serempak di Puskesmas terdekat atau poliklinik Kulit Rumah Sakit setempat.

Semoga bermanfaat

:: :: :: edisi cetak :: :: ::
Silahkan dowbload edisi cetak file PDF 169 Kb: di sini

:: :: :: disclaimer :: :: ::
Kepada para gadis dan wanita, mohon maaf karena edisi cetak terdapat gambar cucakrowo terkena Skabies (gudikan). Bagi yang nekat download lantas muntah, resiko ditanggung penumpang :P

Topik Terkait:

:: cakmoki ::

About these ads

342 Responses to “Skabies: Kulit Gatal Bikin Sebal”


  1. 1 Dani Iswara Juni 16, 2007 pukul 7:10 am

    khas penyakit kulit yg terkait dgn kelompok..
    iya nih mesti diobati tuntas drpd pingpong sana sini..
    garis terowongan itu yg khas.. (inget praktikum dl..) :D

  2. 2 cakmoki Juni 16, 2007 pukul 7:28 am

    @ Dani Iswara,
    Di tempat kami lagi banyak nih, sebagian diantaranya membawa dari Jawa, Kalsel dan kota sekitar Samarinda. Berbagi gudik, hehehe

  3. 3 kw Juni 16, 2007 pukul 9:28 am

    dulu waktu kecil pernah ada beberapa teman yang gudikan. aku beruntung gak kebagian karena ibuku sangat keras kalau nyuruh mandi. :)
    makasih infonya cakmoki

  4. 4 cakmoki Juni 16, 2007 pukul 9:54 am

    @ kw,
    Mengingatkan lingkungan masa lalu ya :)
    Menurut penelitian siklus ini berulang 10-15 tahun, moga blogger gak ada yg mencicipi, bisa salah ketik kalo gatal, hehehe

  5. 5 jurig Juni 16, 2007 pukul 10:24 am

    wih … serem ! …

    langsung donlot pdf-nya … :D

  6. 6 9racehime Juni 16, 2007 pukul 10:49 am

    ahhh cakmoki,,sumpah saya geli2 merinding bacanya…
    saya pernah tuh “nyaris” kena wabah penyakit kulit namanya apa yahh….lupa..
    herpes??
    nah tuh,,,waktu saya smp di pesantren….
    emg bener cepet bngt nyebarnya!
    skabies ada kutunya sgala??
    geli amatttt

  7. 7 doppelgangerishere Juni 16, 2007 pukul 11:13 am

    salam kenal semua,

    saya baru cek email dan ternyata ada comment dari cak moki sendiri, waduh senang sekali lho. sebenarnya saya pun orang indonesia. blog ini memang sengaja saya tulis dalam bhs inggris spy teman2 saya yang di luar negeri bisa ikutan membaca, soalnya kasihan mrk gk bisa ikutan baca blog2 saya yg lain karena saya tulis dengan bhs indonesia.

    dan lagi kmrn saya tulis artikel kecil tentang creeping eruption soalnya untuk ngelamar kerja di Jakarta Post, yang mengharuskan saya menyertakan contoh tulisan saya dalam bahasa inggris.

    jadi ya, berbekal sedikit pengalaman ttg creeping eruption yang baru2 saya alami dan dengan pengetahuan yang saya dapat dari beberapa web kesehatan termasuk punya cak moki, saya jadi bisa menulis reviewan seperti ini.

    tapi sebenarnya intinya saya mau berterimakasih sama cak moki karena berkat reviewan cak moki ttg creeping eruption saya jadi tahu banyak ttg penyakit tersebut dan cara pencegahannya, walaupun saya bukan dokter tp setidaknya itu menambah pengetahuan saya tentang dunia kesehatan. dan saya jadi nggak parno lagi begitu membaca blog cak moki. tadinya parno bgt soalnya dah gonta ganti dokter smp 2 kali tapi gk sembuh2 gitu, ternyata dokter yng kedua malah ngasih vermox yg nggak mempan sama sekali.

    jadi saya cuma mau bilang matur nuwun pada cak moki atas blog creeping eruptionnya. benar benar membantu. sama terima kasih sekali sudah memberi komen pada blog saya, saya nggak nyangka cak moki sendiri yang memberi komen, waduh rasanya bangga gitu. tapi cak moki kok bisa nemuin blog saya ya? itu yang bikin saya bingung.

    berkat blog ini, saya jadi makin tertarik sm dunia kesehatan, dan saya jadi gak cuek lagi ttg kesehatan saya..

  8. 8 doppelgangerishere Juni 16, 2007 pukul 11:18 am

    waduh maaf, kalo commentnya gk berhubungan sama scabies di atas, tapi saya jadi ikutan baca juga hehehe…

  9. 9 superkecil Juni 16, 2007 pukul 12:49 pm

    cak, kalo saia teh gatelen
    tapi ndak nanahen
    yang ada mbrintik banyak banget
    kadang kalo udah ga gatel, tapi kalo disentuh malah jadi gatel lagi
    bukan skabies kan?

  10. 10 calonorangtenarsedunia Juni 16, 2007 pukul 2:26 pm

    OOT: cak, kok blog nya pindah?

  11. 11 ndarualqaz Juni 16, 2007 pukul 4:00 pm

    wueheheheheheheehe, hareeee gene masih gudiken ,……

  12. 12 Rujak Cingur Juni 16, 2007 pukul 4:14 pm

    waktu kecil saya suka main di tempat kotor (biasalah…), terus gatal-gatal di kaki. kata dokter scabies. obatnya salep scabicid, yang sesudah dioleskan tidak boleh kena air selama beberapa hari. jadi bingung kalau mau mandi, pipis, de el el… :D

  13. 13 Master Li Juni 16, 2007 pukul 5:08 pm

    Pada pria bisa mengenai ujung kemaluan bahkan sekujur kemaluan. Duhhh gatalnya alang kepalang. ( gimana nggaruknya ya … )

    Huoooo!! 8O
    Begitu mengerikan… membayangkannya saja sudah ngeri… :(

  14. 14 telmark Juni 16, 2007 pukul 7:09 pm

    @master li
    gimana kalau pake parutan ?? :)

  15. 15 GuM Juni 16, 2007 pukul 10:34 pm

    Karenanya tak heran jika penyakit gudik (skabies) dapat dijumpai di sebuah keluarga, di kelas sekolah, di asrama, di pesantren.

    tambah satu, cak. kos2an. saya dulu dapetnya disitu.
    ya ampyun, sumpah! amit2 deh kalo sampe kena lagi :(

    @Master Li :
    trust me, you dont wanna know >_

  16. 16 cakmoki Juni 16, 2007 pukul 11:46 pm

    @ jurig,
    hati-hati kalo download Teh, ada gambar yg lebih serem soale :D

    @ 9racehime,
    oh, dari MTs ya? hebat.
    Sebagian penyakit kulit emang mudah menyebar, misalnya cacar air (varisela), dll termasuk ini.
    Masa sih sama kutu geli, … pencetin aja Grace. hehehe ntar nulis yg bikin geli lagi ah

    @ doppelgangerishere,
    wah iya, hebat lho postingannya tentang creeping eruption, … artikel saya kalah lengkap, sip, salut.
    Karena penasaran, lalusaya telusuri tautannya, trus ketemu.
    Koq bisa ketemu ? … hehehe rahasia dong, enggak ding …lewat menu utama di wordpress taut yg mengarah ke postingan :)

    @ superkecil,
    kalo gatal dan bintiknya hilang timbul mungkin bukan. Alergi sentuhan ya? ;)

    @ calonorangtenarsedunia,
    Pindah? … jangan-jangan mau ngerjain saya nih *curiga* :P

    @ ndarualqaz,
    masih ada mas, kemarin malam malah ada sak keluarga gudiken.

    @ Rujak Cingur,
    Iya, salah satu obatnya scabicid, ada di edisi cetak namun tidak saya tulis merk dagangnya
    Kalo pipis enake pegang pakai tas kresek, hahaha

    @ Master Li,
    Kalo melihat langsung tetangga yg kena, … wuih, ikut gatel… :(

    @ telmark,
    Trus ngeliatnya pakai cermin, biar gak ada yg kelewatan :D

    @ GuM,
    ah iya betul, maturnuwun tambahannya.
    Kos-kosan mhswi termasuk kan ?

  17. 17 GuM Juni 17, 2007 pukul 9:46 am

    ah iya betul, maturnuwun tambahannya.
    Kos-kosan mhswi termasuk kan ?

    saya belum pernah nginep di sana, cak. takut digebukin ibu kosnya :D

  18. 18 cakmoki Juni 17, 2007 pukul 10:52 am

    @ GuM,
    hahaha, tiyangsae soale :D

  19. 19 Evy Juni 17, 2007 pukul 12:14 pm

    aku suka gatele klo stress…garuk2…di tempa yg sama…enak di garuk tapi abs itu… ntar klo udah enakan ilang ndiri…stress kambuh lagi…halah kapan ga stress….

  20. 20 klikharry Juni 17, 2007 pukul 2:58 pm

    lihat komen mbak evi
    jangan-jangan mb evi jg scabi, he.he.

  21. 21 anas Juni 17, 2007 pukul 4:37 pm

    Sampe’ disitu cak ? walah kok ngeri amay ya.

  22. 22 cakmoki Juni 17, 2007 pukul 5:57 pm

    @ Evy,
    untuk ngeblog ikang gatelnya mbak, hehehe

    @ klikharry,
    Scabies gak berani sama mbak Evy, … atau malah senang kali :d

    @ anas,
    Perlu skrinsyutnya nggak?

  23. 23 axireaxi Juni 18, 2007 pukul 9:02 am

    GUDIK: GATAL BERSAMA, MENGGARUK BERSAMA

    hla kalo ^gundik^ itu apa ya pak?

    *blethak*
    **benjol**

  24. 24 Lily Juni 18, 2007 pukul 10:16 am

    Duh Cak..,
    baca postingan ini aku jadi syerem.. @_@

    Masalahnya..,
    currently aku lagi menderita gatal di kulit,
    tapi kirain karena digigit nyamuk..
    Karena klo udah digigit nyamuk biasanya di kulit langsung benjol lumayan besar dan susah sembuhnya, tiap kali gatal aku garuk lagi akhirnya luka lagi.. ;p
    (mungkin karena bisa jadi aku menderita diabetes keturunan plus gak suka makan sayur apalagi yg pahit..

  25. 25 Kang Kombor Juni 18, 2007 pukul 10:00 pm

    Cak, telapak tangan ane suka gatel-gatel kalau habis maen detergen, terutama yang tanda dagangnya Rinso. Poll deh gatelnya kalau pakai detergen itu. Semakin digaruk semakin gatal dan pating plenthing alias mlenthing cilik-cilik di telapak tangan. Gatel itu akan hilang 1 – 2 hari. Kalau maen rinso lagi, pasti akan kejadian lagi. Makanya paling males kalau istri nyuruh nyuci, habis tanganku hanya cocok dengan Soklin doang. Detergen yang lain akan bikin gatel-gatel walaupun tidak separah Rinso. Gimana tuh, Cak?

    *maaf ye bukan iklan

  26. 26 cakmoki Juni 19, 2007 pukul 3:10 am

    @ axireaxi,
    hahaha, kalu itu sih: bercengkerama bersama

    @ Lily,
    Diabet emang bisa mudah terkena gatal dan infeksi kulit. Namun kalo kadar gula darah normal, gatalnya bisa karena sebab lain. Bisa allergi atau dermatitis, dll.
    Makan sayur penting dong, kalo gak suka dicoba sedikit demi sedikit :)

    @ Kang Kombor,
    Iya Kang, adakalanya seseorang gatel karena alergi derejen merk tertentu, biasanya alergi terhadap salah satu bahan deterjen terutama substansi garam (misalnya natrium) yang sering dipakai sebagai campuran deterjen.
    Kalo 1-2 hari sudah sembuh sendiri, berarti belum perlu obat Kang.
    Bisa usul sama istri agar pakai yang gak alergi (misalnya merk yg disebutkan itu). Kalo gak dituruti berarti perlu ijin dokter untuk tidak cucian, hahaha.

  27. 27 Vye.. Juni 19, 2007 pukul 12:08 pm

    mo tanya nie..
    uda dua bulan kulitku da perubahan yg kayanya ga normal.
    sebulan pertama, timbul kulit bersisik gitu, hingga kulit jadi kasar
    di banyak tempat.
    bulan kedua, timbul rasa gatal yang berbekas merah dan timbul
    tapi baru di satu tempat.
    Untuk kulit yang bersisik, saya blom kasi pa2.
    Trus untuk bekas gatal merah, saya kasi obat merah.
    Kalo misal tau penyakit kulit apa itu, tolong kasi tau ya
    n kalo bisa jg solusinya…
    makasi sblumny

  28. 28 chielicious Juni 19, 2007 pukul 4:42 pm

    Hmm setau aku scabies bisa juga gara2 gak ganti baju selama sebulan heueuheu..bener gak tuh cak? aku pernah gak ganti baju rumah selama seminggu ..tapi koq gak gatel2 yah? cuma bau aja
    *buka aib gini sieh -__- *

  29. 29 cakmoki Juni 20, 2007 pukul 12:12 am

    @ Vye..,
    Penyakit kulit idealnya dilihat or diperiksa untuk mengetahui jenis penyakitnya, sehingga dapat diberikan pengobatan yg tepat.
    Biasanya sih temen-temen kirim gambarnya via email.
    Duhh, maaf deh, … diskripsi di atas masih sangat umum, belum mengarah pada penyakit kulit tertentu. Bisa dermatitis, bisa jamur atau lainnya.
    Kalo tidak keberatan boleh kirim gambar via email.
    sekali lagi mohon maaf :)

    @ chielicious,

    Hmm setau aku scabies bisa juga gara2 gak ganti baju selama sebulan heueuheu..bener gak tuh cak?

    enggak Chie, kalo gak ada kutu Sarcoptes sscabiei gak bakalan kena scabies koq.
    Eh, gak ganti seminggu? ssst … jangan keras-keras, ntar diketawain tetangga ;)

  30. 30 Lily Juni 26, 2007 pukul 10:39 am

    Buat Kang Kombor:
    Saranku, coba setiap kali habis nyuci, cuci tangan dan kaki (klo kena air deterjennya juga..) pakai sabun mandi biasa (sabun batangan atau sabun cair..), sampai wangi di tangan berubah dari wangi deterjen jadi wangi sabun mandi.

    Aku mempraktekkan kebiasaan itu dan untungnya efektif buat menghilangkan rasa panas dan gatal di tangan sehabis nyuci. :)

  31. 31 Lily Juni 26, 2007 pukul 12:55 pm

    Btw Cak..,
    kemaren akhirnya aku udah ke dokter buat nanya soal gatel2 itu.. (dokter umum klinik gratis di kantor, hehe.. ;p)
    Katanya gatelku itu karena ‘semacam’ herpes kulit.
    (Gak tau juga nih kenapa dokternya kekeuh pake kata semacam, aku juga jadi gak terlalu jelas.. ;p)

    Trus aku diresepi obat yang pas aku baca leafletnya,
    salah satunya memang untuk herpes simplex dan zooster,
    tapi bukan acyclovir, soalnya persediaan obatnya gak ada.

    Ngomong2 soal herpes kulit,
    (yg simplex apa yg zooster ya Cak?)
    Udah kedua kalinya ini aku kena herpes kulit.
    Dulu di lengan kanan sebelah dalam.
    Kali ini di kaki kanan sebelah dalam.
    Temenku juga ada yg kena herpes di mata.

    Berhubung banyak yg kena (kayanya.. ;p),
    tuolong (kapan2..) dibahas secara khusus dunk tentang herpes ya Cak?! ;)
    Dua2nya sekalian, yg kulit dan kelamin.. ;)
    (Request neh.. ;p)

  32. 32 cakmoki Juli 1, 2007 pukul 8:58 pm

    @ Lily,
    aduuhh mbak, maaf ya kelewatan ;)
    tentang Herpes zooter dan sedikit penjelasan Herpes simplex ada di sini dan di komennya.
    moga pas baca ini sudah sembuh

  33. 33 Lily Juli 11, 2007 pukul 10:14 am

    Ok Cak udah dibaca dan dikomentari, hehehe.. ;p

    Tenkyuu.. ;)

  34. 34 cakmoki Juli 11, 2007 pukul 12:51 pm

    @ Lily,
    Nggih sama-sama :)

  35. 35 triaz Agustus 9, 2007 pukul 12:45 pm

    Kang…mau nanya… gimana cara pemakaian scabicid yg bener?

  36. 36 cakmoki Agustus 10, 2007 pukul 1:38 am

    @ triaz,
    oleskan ke kulit yg terkena skabies. Setelah 12-24 jam cuci bersih.
    Ulang selama 3 hari berturut-turut.
    Setelah itu dapat diulang dengan selang waktu 1 minggu.
    Yang di brosur gak lengkap tuh, … :)

  37. 37 triaz Agustus 10, 2007 pukul 7:11 am

    wah..ga bener berarti brosurnya…
    bikin sy bingung, tukang apoteknya juga ngejelasinnya aneh..
    makasih kang cakmoki…
    kang kira2 perubahannya terlihat pada saat hari keberapa ya?
    mw ke dokter malu soalnya..jd otodidak hehe

  38. 38 Shinta Agustus 10, 2007 pukul 11:52 am

    Kalo skabiesnya sdh sembuh, meninggalkan noda2 hitam dikulit nggak cak? Kalo iya, bisa dihilangkan tidak? biar kulit mulus kembali …. :)

  39. 39 cakmoki Agustus 10, 2007 pukul 3:20 pm

    @ Shinta,
    Kebanyakan sih enggak. Kadang ada yang meninggalkan noda hitam, dan noda hitam (hiperpigmentasi) tersebut dapat dihilangkan menggunkan krem antihiperpigmentasi sekitar 6 minggu … supaya mulus kembali :)

  40. 40 triaz Agustus 10, 2007 pukul 4:57 pm

    kang cakmoki..
    udah hari kedua…ko malah tambah banyak bentol merahnya
    dan tambah gatal …sedih >.<
    apa emang efek scabicid ya?

  41. 41 triaz Agustus 12, 2007 pukul 8:35 pm

    trus kmaren sy berendam di cipanas..pengaruh ngga ya?

  42. 42 cakmoki Agustus 12, 2007 pukul 8:51 pm

    @ triaz,
    iya di brosur suka beda dengan yg sebenarnya.
    Biasanya agak lama lho, bisa seminggu-2 minggu, hiyyy lama ya…
    Sabar aja deh
    emang kadang gatal, bisa minum antialergi untuk mengurangi gatal, misalnya: loratadin, sehari cukup 1 tablet.

    Berendam gak papa koq, untuk bersih-bersih kan bagus tuh
    Moga segera sembuh ya :)

  43. 43 aser September 28, 2007 pukul 6:05 pm

    keren abissssss

  44. 44 cakmoki September 28, 2007 pukul 10:19 pm

    @ aser,
    Trims :)

  45. 45 han-han Januari 8, 2008 pukul 11:38 pm

    wah, saya kayaknya juga kena tuh, baru tahu kalo gudik itu mengerikan dan sulit pengobatannya. ini dah sampai daerah vital. bintik2 merah, tak kasih salep yg bahannya neomycin sulfate (kebetulan aku baca nih) mulai kering, tapi kembali lagi. setelah aku ingat2 keponakanku katanya kena kemarin2 dan sekarang lainnya juga gatal2 padahal yg pertama dah mulai sembuh dibawa ke dokter. perawatannya memang lama ya?.

  46. 46 han-han Januari 9, 2008 pukul 12:02 am

    kalau mandi (biasanya 2 kali maklum kerja) pakai sabun sulfur juga mandi air hangat bisa bantu gak tentunya tetap dgn pengobatan? untuk pengobatannya masih mo ke apotik. terus obatnya cukup satu ato banyak macam nih. kalo scabicid aja gimana? ato perlu juga salep yg disebutin di edisi cetak?.

    terus aku juga tanya orang2 rumah ternyata banyak yg kena cuma masih gejala dan gatalnya rata2 di bagian sekitar kemaluan, kayaknya nular lewat air. jadi mulai besok mandinya pakai air mengalir dan sabun sulfur sendiri2 tentunya. terus mau usaha cari obat.

  47. 47 cakmoki Januari 9, 2008 pukul 4:08 am

    @ han-han:
    trims share-nya ya
    ini berguna untuk yang lain :)
    Moga segera sembuh

  48. 48 ani April 1, 2008 pukul 3:31 pm

    Baguss boookkk…..dikembangin lagi leh juga niehhhh

  49. 49 arya April 25, 2008 pukul 1:18 am

    saya juga mengalani gatal2 pd kemaluan.ciri2 nya itu bila digaruk akan jadi lecet,tapi tak ada bintik2nya. penyakit apa yaaaa dok?sama ngobatinnya gimana yaaaaa trimS.

  50. 50 nesha Mei 10, 2008 pukul 1:35 pm

    saya mau nanya.

    cara menghilangkan bekas bisulan yang menjadi kudisan..

    gimana caranya ya..

    tolong banget bantuin saya…

  51. 51 cakmoki Mei 10, 2008 pukul 4:20 pm

    @ nesha
    Bergantung bentuknya …kalo masih kudisan, dobati dulu..Ntar kalo dah kering dan berbekas, kita bisa hilangkan bekasnya. Inipun dilihat dulu, apakah bekasnya berupa hiperpigmentasi (bercak hitam) atau berupa kulit yang menonjol. Kalo gak keberatan, mohon dikirim bekas bisul tersebut via email: cakmoki2006@yahoo.com
    Setelah itu, kita bahas..ok?
    Trims

  52. 52 Arizal Juni 8, 2008 pukul 8:54 am

    Obat gosok ajaib cap kepala kuda mampu meyembuhkan segala jenis peyakit kulit.seperti gatal2 yang sudah menahun lamanya.
    Hub,081360050495
    kalau tak percaya,beli satu lihat buktinya.
    ngak sembuh uang di kembalikan.

  53. 53 cakmoki Juni 8, 2008 pukul 7:13 pm

    @ ani:
    sorry lambat banget, kelewatan :D … trims

    @ arya:
    duhhh, maaf deh… ketika balesan ini sy tulis kali dah sembuh…
    Keluhan gatal or bercak yg ga spesifik baiknya kirim foto via email..
    Trims…dan sekali lagi mohon maaf atas terlewatnya pertanyaan di atas.

  54. 54 rian Juni 9, 2008 pukul 10:51 am

    Dok. yang posting saya di “herpes disembur” belum dijawab. Trus kemarin ini ada semacam lepuhan berbntuk garis tepat di selangkangan. saya kasi betadin perih banget berarti semacam luka padahal hari sebelumnya enggak. Boleh kena air gak. Kira2 obatnya apa ya. ini aku tambahkan gambarnya.

  55. 55 rian Juni 9, 2008 pukul 10:57 am

    Cak, wah yang tadi masuk gak ya, aku pake browser aneh. Cak, yg kemarin di “herpes menyembur” belum dijawab. Trus ini ada perkembangan, pas di selangkangan kok muncul garis melepuh, kaya kalo dulu aku pernah di leher (dibilang dikencingi coro/kecoa).

    Aku gak tau mau gimana aku kasi betadin, duh perihnya minta ampun.

    Ini foto2nya dok, termasuk yang kemarin (nambah 1 lagi kecil). Btw nambahnya kok bisa tiba2 ya apa pas tidur terjadinya ?



  56. 56 cakmoki Juni 22, 2008 pukul 7:26 pm

    @ rian:
    iya, maaf …setelah saya log in, ternyata ketangkep moderasi, … rasanya dah saya jawab yg via email ya ?

  57. 57 anggiet Juli 31, 2008 pukul 1:07 pm

    hmm.. pertama kenal kata “scabies”, dari dokter hewan yang meriksa kelinciku yg katanya kena scabies dari tanah. apa sama scabies di heawan n manusia? apa bisa nular ke pemiliknya ?

  58. 58 cakmoki Juli 31, 2008 pukul 3:17 pm

    @ anggiet:
    wah maaf, saya ga tahu scabies kelinci sama apa enggak dengan scabies pada manusia. Mungkin aja beda varians, kalo Scabies varian hominis seneng ama manusia, yang suka ma binatang ga tahu :D

  59. 59 anoefa Agustus 8, 2008 pukul 10:45 am

    duh ngeri yaaa…dulu aku pernh gtl2 ditangan yang sangat amat gtl pd mlm hr,tp ga mpe keluar nanah c…alhamduillah skrng dah sembuh…….

  60. 60 agus subandi Agustus 8, 2008 pukul 12:02 pm

    Cak, wah yang tadi masuk gak ya, aku pake browser aneh. Cak, yg kemarin di “herpes menyembur” belum dijawab. Trus ini ada perkembangan, pas di selangkangan kok muncul garis melepuh, kaya kalo dulu aku pernah di leher (dibilang dikencingi coro/kecoa).

  61. 61 cakmoki Agustus 8, 2008 pukul 4:51 pm

    @ anoefa:
    alhamdulillah … :)

    @ agus subandi:
    Maaf, kemarin gak sempat buka Blog, malemnya baru buka, berarti kelewatan…ntar saya cek ya…
    Melepuh yang di selangkangan apa mirip dengan gambaran herpes zoster?
    Kalo iya, obatnya udah dibahas di diskusi seputar herpes zoster, kalo gak sama … wah, sulit mbayangin “melepuh”..bisa lebih detail ga ?

  62. 62 W@NTy Agustus 25, 2008 pukul 9:35 am

    halo semua lam kenal..nemu blog ini karena udah ber x2 ke dokter tapi ga bisa nyembuhin gatel yang ada di kaki, ada yg bilang alergi dingin,tapi kadang datengnya pas ga cuaca dngin :(
    bukan scabies kann? coz ga ada nanah dan ga ada bintik putih, cuma kulit yang gatel aga gelap dari biasanya..
    kenapa yaa? ada yg bisa bantu aq????

  63. 63 cakmoki Agustus 25, 2008 pukul 12:48 pm

    @ W@NTy:
    kalo berkenan kirim fotonya via email, ntar dibahas kalo udah lihat foto…gimana???

  64. 64 Siti September 23, 2008 pukul 10:09 am

    Terima kasih atas info diatas, anak kecil saya mengalami penyakit diatas.Setelah ke doctor, ini kali ke 2. Ada x mandian atau losyen untuk menentang penyakit ini?

    Sekian,Terima kasih

  65. 65 pujianto September 23, 2008 pukul 11:02 am

    Cak, anakku 1 tahun, kulitnya kena penyakit kulit bentuknya bulat dengan cekungan dibagian tengahnya dan tepiannya ada benjol kecil-2 jadi kaya bentuk pizza oleh dokternya diresepin bactroban oinment. Katanya kena infeksi bakteri tapi udah 2 minggu ini nggak sembuh-sembuh. Apa itu termasuk scabies???

  66. 66 cakmoki September 24, 2008 pukul 1:19 am

    @ Siti:
    Sabun mandi menggunakan sabun yang mengandung sulfur, misalnya: Deo sulfur atau JF sulfur.
    Sedangkan cream yang dapat digunakan misalnya: Scabicid atau Scabimite, atau lotion Gamexan.
    Silahkan download edisi cetak, udah ada obat dan tatacara pemakaiannya.
    Trims

    @ pujianto:
    kalo infeksi kuman (bakteri) mestinya bisa sembuh dengan Bactrobam ointment selama 7-10 hari.
    Untuk memastikan scabies atau bukan, sebaiknya dilihat langsung atau dapat jika berkenan kirim foto via email (cakmoki2006 ad yahoo dot com).
    Trims

  67. 67 aulia Oktober 17, 2008 pukul 1:47 pm

    dear cak, saya ibu rumah tangga yang baru hamil 6 minggu saya bingung saya tes torch hsv2 saya IgG 3.17 DAN iGM NYA 1.03 yang saya mau tanyakan apakah anak saya bisa lahir normal tanpa cacat bawaan karna saya terkena herpes simplek?,,, trima kasih sebelum nya

  68. 68 cakmoki Oktober 17, 2008 pukul 4:10 pm

    @ aulia:
    Udah terjawab di pertanyaan sebelumnya :)

  69. 69 hania November 11, 2008 pukul 5:24 pm

    tau gak,aku jg skabies padahal aku ini bkn trmsk org kjorok,yah pokoknya gak jorok2 amat,cz diluar sana msh byk kok yang lbh jorok da aku.tp tau ni skabiesku kumat2 tan.gmn gara ngatasi dan pencegahannya?

  70. 70 cakmoki November 12, 2008 pukul 5:10 pm

    @ hania:
    skabies bisa menyerang siapa saja. Yang bersihpun bisa ketularan…hehehe.
    Obati dengan scabimite dan mandi pake sabun yg mengandung belerang, misalnya: JF-Sulfur ato Deo-sulfur.
    Moga skabies nya segera hilang :)
    Trims

  71. 71 Nora Januari 8, 2009 pukul 12:10 pm

    cak moki, jumpa lagi. kangen rek… (*hehehe… guyon cak, nanti aku dilempar sendal ma istrinya cak moki). mo ngadu nih cak, gatel-gatelku kok ga bisa ilang atau tuntas sembuh sih. masih inget ga waktu dulu aku konsultasi awalnya penyakit gatel yang sampe sekarang itu pas mudik lebaran gara2 keringat yang ga keluar ketutup manset tangan bahan yang ga nyerap keringat.

    mungkin dah 3 dokter umum yang aku datengi (2 sama dan 1 beda). rasanya obat yang dikasih hampir sama, cuma yang ketiga kalinya karena aku bilang kedokternya kok kambuh lagi dan mulai menyebar kemana-mana dia nyuruh aku terapi oksigen di rsal tapi sebelumnya dirujuk ke dokter kulit. waduh sekali terapi 160rb dan harus 5x. selain bonyok duitnya meski mungkin bisa diganti kantor suami (asuransi kes) tapi karena ga bisa ninggalin bayi jadinya aku ga ikutin tuh cak. katanya terapi oksigen itu bagus buat tubuh, buat kecantikan juga katanya. hehehe… lain kali mungkin.

    oh ya dipersingkat aja, mungkin aku sekarang alergi makanan meski awalnya ga pernah alergi apapun itu. aku buktikan pas lagi gatel2nya dan belum sembuh bener aku makan telur. waduh langsung deh siangnya garuk-garuk dan melebar kemana-mana.

    sekarang sih gatelnya ga separah/sehebat dulu yang sampe merah, menebal kulitnya dan berair sampe luka. meski gatal dibeberapa tempat kok lama2 stres juga ga sembuh total kek dulu ga penyakitan hehehe… trus sekarang gatalnya pindah ke sekitar perut (udel) tapi dah sembuh malah turun ke bagian rambut miss v (ojo ngguyu cak), jadinya makin stres dan malu ma suami. dan merusak penampilannya udah ga mulus lagi (*kekekek…. ngumpet ah malu).
    andalanku cuma salep betason-N soalnya salep yang pertama diresepkan dulu meninggalkan bercak putih.

    piye cak….

  72. 72 cakmoki Januari 8, 2009 pukul 1:45 pm

    @ Nora:
    hahaha .. *ngguyu beneran* … pas baca gatal di bagian yg deket itu.
    Kalo mbak gak keberatan, silahkan kirim foto via email area gatal di bagian tangan (jangan yg bagian udel dll lho)
    Nah, ntar sy konsulkan ke temen-2 spesialis kulit di milis sekalian saran obat-obatnya yg bisa dibeli sendiri (kalo bisa)
    Sementara, gak papa pake Benoson-N.
    Trus untuk ngurangi gatelnya dapat menggunakan Loratadine 10 mg (inclarin, claritin, dll), diminum 1×1 kalo pas gatal aja. Obat ini gak gitu ngantuk.
    Tur nuwun

  73. 73 Nora Januari 8, 2009 pukul 2:51 pm

    Makasih byk ya cak. Aku beli obat yg itu aja. Utk sementara yg gatal pd tangan ada dibeberapa titik tp yang sering kumat didaerah pergelangam sampe punggung tangan. Dan sekarang meski dah mengering masih terasa gatal. Yg terbaru justru yg dibawah udel itu hehehe… Jadi ga mgkn kan cak aku ngirim fotonya (wes isin ga karuan). Tapi yg mengganjal skrg, apakah kalo gatal disekitar situ apa termasuk penyakit kelamin? Yg pasti kami pasangan setia (hiks masak kena begituan). Tlg jawabannya ya cak. Suwun

  74. 74 cakmoki Januari 8, 2009 pukul 10:59 pm

    @ Nora:
    He eh, pakai yg itu aja.

    Enggak ah, bukan penyakit kelamin. Kan hanya penyebaran dari atas ke bagian rambut… :P
    Coba dikasih obat yg itu juga deh.
    Moga mulus kembali … Suwun.

  75. 75 iwan haryogo budihardjo Februari 1, 2009 pukul 12:51 am

    salam kenal cak.. terima kasih atas blognya… saya baru buka karena
    anak saya kena sakit gatal di kulit….kalau ada obat yang baik dan bisa beli di pasaran apa ya…?? untuk anak umur 5 thn… sabunnya
    pake sabun bayi apa?? yang saya pake sulfur sama detol.. kata dokter pake sabun bayi aja yang tanpa pewangi….???

  76. 76 iwan haryogo budihardjo Februari 1, 2009 pukul 1:04 am

    Ada lagi Cak… kebetulan sebetulnya yang kena lebih dulu adalah eyang kakungnya yang kebetulan juga menderita psoriasis…
    apa bisa dikasih Scabicid … bagaimana pengobatannya biar effektif dan efisien…. jujur sekarang kita lagi merasa “tertipu” banget karena kelolosan coz..psoriasisnya nggak dicurigai sama sekali tetapi ternyata “ditunggangi” sama Scaby…dan sekarang kena ke anak kami…Shock abizz..

  77. 77 cakmoki Februari 1, 2009 pukul 7:59 pm

    @ iwan haryogo budihardjo:
    Salam kenal juga…
    Obat scabies yang bisa dibeli dan cukup bagus adalah scabimite. Obat ini bisa digunakan untuk anak 5 tahun.
    Adapun sabunnya: Deo-Sulfur ato JF-Sulfur, dapat digunakan untuk semua umur.
    Pengobatan scabies sebenarnya tidak sulit, namun jika ada satu saja yang luput dari pengobatan, maka dapat berkembang biak lagi… dan bisa ketularan lagi jika kontak dengan penderita scabies.
    Moga ananda segera sembuh … Trims

  78. 78 gonar Februari 27, 2009 pukul 9:33 pm

    dok.anak sy wktu lahir ada bintik merah di tlpk tangan &kaki hari kedua dst menjalar,klt spt tersundut rokok pecah ngoreng sembuh,bgtu setrusnya,di slrh bag tbh,smpe sekrng umur4th blm sembuh kira2 baru 50%,mnrt dokter sp kulit kena virus s4,gmn mnrt cak moi bisa sembuh gak ya. trims ya dok.

  79. 79 cakmoki Maret 2, 2009 pukul 12:44 am

    @ gonar:
    Kalo kulit melepuh seperti tersulut api, coba silahkan dicocokkan terlebih dahulu dengan artikel sebelumnya di sini.
    Ato, kalo berkenan, boleh juga kirim fotonya..ntar akan sy konsultan ke temen-temen spesialis di milis kami.
    Thanks

  80. 80 Dwi Maret 11, 2009 pukul 12:46 pm

    Siang dok,
    Saya punya keluhan gatal di kemaluan.terkadang sangat gatal,dan berwarna merah.saya garuk menimbulkan bekas dan biasanya mengelupas kalau sudah ckup kering.
    Apa ini ada hubungan dgn kputihan yg saya alami dok?
    Mohon pencerahannya.

  81. 81 cakmoki Maret 11, 2009 pukul 8:56 pm

    @ Dwi:
    Bisa jadi emang berhubungan dengan keputihan yg menimbulkan reaksi kulit.
    Jika tidak basah (berair) dapat menggunakan obat topikal, misalnya: desolex ato Apolar, dioleskan 2-3 kali sehari.
    Selain itu, tentu keputihannya harus diobati hingga sembuh.
    Trims

  82. 82 noni Maret 29, 2009 pukul 8:36 pm

    Cak, mau ikutan nanya yah…,
    sepuluh hari ini saya menderita gatal-gatal di tangan, kaki, punggung dan wajah. dokter kulit yang saya temui mengatakan saya alergi makanan. saya diberi lotion prurix dan nutracort untuk dioles 2 kali sehari. karena sedang menyusui saya tidak diberi obat minum apapun.

    tapi setelah seminggu menghindari makanan yang disarankan dijauhipun ternyata gatal-gatalnya tidak hilang, malah bertambah banyak.

    bentuknya berupa bentol-bentol kecil mirip biduran yang muncul berbarengan di tangan, kaki, punggung dan wajah. dan jika digaruk bentolan itu akan melebar dan terasa tebal. Sekarang jadi banyak luka-luka kecil di kulit saya akibat saya tidak kuat untuk tidak menggaruknya.
    serangan gatal-gatalnya paling dahsyat menjelang tengah malam dan pagi hari.

    kira-kira kulit saya kenapa ya cak? Ada obat anti alergi atau penghilang rasa gatal yang aman untuk ibu menyusui ngga ya?

    makasih cak :)

  83. 83 cakmoki Maret 30, 2009 pukul 12:50 am

    @ noni:
    Udah saya jawab via email, silahkan cek :)
    Makasih.

  84. 84 aim April 12, 2009 pukul 3:51 pm

    makasi atas informasinya yg sangat bermanfaat….

  85. 85 cakmoki April 12, 2009 pukul 4:34 pm

    @ aim:
    makasih juga kunjungannya ^^

  86. 86 Alex April 22, 2009 pukul 5:19 pm

    permisi sy minta bantuannya mau numpang tanya saya merasakan gatal gatal di sekitar selangkangan yg perih dan juga di kantong penis, bagian yang gatal gatal berwarna merah mengkilap.
    perlu diketahui :
    1.saya sering bepergian ke luar kota dan jarang berganti celana dalam
    2.saya sering melakukan masturbasi menjelang tidur malam dan baru besoknya saya mencuci celana dalam
    3.saya memiliki riwayat gatal di selangkangan 2x dan saya tidak ingat bagaimana sembuhnya meski meninggalkan bekas hitam di selangkangan.kl skrang bedanya ketika itu tidak menjalar sampai penis.
    4.saya tidak pernah melakukan hubungan seksual
    saya sudah pernah konsultasi ke 2 orang dokter, yg pertama mengatakan krn bakteri ia memberi salep cloramfecort H.setelah sy pakai selama 4 hari tidak hilang gatalnya dan kulitnya jg masih merah, hanya saja rasa perihnya hilang.
    pada 5 hari kemudian saya mendatangi dokter kedua,menurutnya itu jamur dan bukan bakteri, ia memberikan salep gramicyn dan pil ketokenozole saya baru 2 hari pakai namun malah muncul bentol bentol merah di atas penis meskipun tidak sakit tapi agak gatal.
    yang saya ingin tanyakan :
    1.menurut anda gatal apa yg sy alami ? bagaimana cara penanganan masalahnya ?
    2.Berapa lama waktu hilangnya gatal baik krn bakteri atau jamur ? soalnya saya tdk melihat perkembangan hasilnya kecuali hanya hilang rasa perih
    3.apakah daerah yang gatal tdk boleh dibasahi saat mandi ?
    4.apakah saya salah menggunakan salep ? bagaimana cara menggunakan salep yang benar ?
    5.bagaimana cara memutihkan kulit jika gatal gatal sy sudah sembuh ?
    terima kasih banyak

  87. 87 cakmoki April 23, 2009 pukul 1:43 pm

    @ Alex:
    Ok, langsung kita diskusikan aja yaaa …

    1) Gatal, merah, bercak … adalah keluhan kulit yang sangat umum dan tidak menggambarkan penyakit tertentu. Penyakit kulit hanya bisa didiagnosa dengan tepat melalui pemerksaan langsung (dengan melihat), itupun bisa berbeda antara dokter yang satu dengan lainnya, kecuali jika ada tanda lain yang sangat spesifik.
    Atau setidaknya mengirimkan foto area yang gatal dan merah tersebut via email : cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com, bila berkenan (seperti penanya lainnya).
    Penanganan bergantung pada jenis penyakitnya.

    2) Jika karena infeksi kuman (inipun banyak jenisnya), rata-rata memerlukan waktu 7-10 hari. Kalo ada cairan or bercak nanah, perlu antibiotika oral (diminum).
    Sedangkan jika jamur, memerlukan waktu 4-6 minggu.
    Perlu diketahui bahwa jika misalnya penyakit tersebut adalah jamur tapi diobati dengan obat alergi (Chloramfecort-H adalah kombinasi anti iinfeksi dan steroid), maka jamur makin subur walau pada awalnya seolah membaik.

    3) Apapun alasan dan penyakitnya, tetep harus mandi dan harus dibersihkan dengan air.

    4) Penggunaan salep, jenis maupun lamanya pemberian bergantung pada jenis penyakitnya. Kita gak bisa mengatakan salah atau benar sebelum tahu jenis penyakitnya, mengingat penyakit kulit ada ribuan jenis.

    5) Cara menyamarkan bekas hitam pada kulit dengan menggunakan obat khusus dengan kadar tertentu berdasarkan luasnya bekas hitam dan tekstur kulit. Maaf, saya tidak merekomendasikan jenis obat tersebut tanpa melihatnya. Dalam hal pengobatan menyamarkan bekas hitam, sebaiknya periksa ke dokter spesialis kulit.

    Trims

  88. 88 Alex April 29, 2009 pukul 7:23 pm

    trims atas jawabannya, sy ingin bertanya
    1.apa tanda tanda dan cara pengobatan gatal gatal baik akibat biang keringat, jamur, alergi, bakteri, virus ?
    2.apa masturbasi bisa mengakibatkan penyakit seksual ?

  89. 89 cakmoki April 29, 2009 pukul 11:54 pm

    @ Alex:
    1) mohon maaf, pertanyaan ini tidak cukup dengan hanya melalui halaman komentar mengingat saking banyaknya jenis penyakit jamur, alergi, bakteri dan virus. Itupun masing-masing masih terbagi menjadi banyak jenis yg memiliki tanda dan karakteristik sendiri-endiri. Sebagian sudah saya posting di Blog ini berdasarkan jenis penyakit terbanyak dan beberapa request dari pengunjung.

    2) masturbasi tidak mengakibatkan penyakit seksual.

    Trims

  90. 90 herbaku Mei 3, 2009 pukul 5:50 pm

    bagus artikelnya…
    trim’s

  91. 91 cakmoki Mei 4, 2009 pukul 1:57 pm

    @ herbaku:
    Makasih juga kunjungannya :)

  92. 92 myarthritis Mei 5, 2009 pukul 4:09 pm

    yang satu ini memang menjengkelkan dan membuat penampilan kurang menarik, jadi gak pede

  93. 93 cakmoki Mei 6, 2009 pukul 6:00 pm

    @ myarthritis:
    ditambah jurus garuk-garujk pula … hehehe

  94. 94 erna Mei 11, 2009 pukul 8:10 am

    Cak Moki yang baek….(ga makan orang koq)…kami tinggalnya di kalsel. Kebetulan suami gatal2 karena pekerjaannya menuntut harus ke gunung melewati sungai2. Trus anak2 pada kena juga kayaknya gatal2 yang kaya kutu air gitu….mohon solusinya ya cak…

  95. 95 cakmoki Mei 12, 2009 pukul 12:25 am

    @ erna:
    Kalo berkenan, silahkan kirim foto via email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Perlu diketahui bahwa untuk menentukan jenis penyakit kulit adalah dengan melihat, setidaknya melalui foto, agar dapat diketahui penyakitnya dengan lebih jelas dan dapat diobati dengan tepat.
    Sy tunggu foto suami dan anak ya
    Trims

  96. 96 dolo Mei 21, 2009 pukul 11:05 am

    Sdh 3 bln ini saya gatal2 di sekitar kelamin dan paha,udah di ksaih obat gatal tetap aja masih gatal,tolong Pak kasih tau apa obat yg baik untuk penyakit gatal saya.Trimakasih.

  97. 97 cakmoki Mei 21, 2009 pukul 2:34 pm

    @ dolo:
    wah maaf … kalo gak tahu jenis penyakitnya, gak bisa merekomendasikan obat yg tepat. Perlu diketahui bahwa untuk mendianosa penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto seperti para penanya yg lain, sayangnya di daerah situ… hehehe.
    ntar kalo gak tepat bisa tambah parah, contohnya: jika diobati dengan atialergi tapi ternyata jamur, maka makin suburlah si jamur tersebut.
    Trims

  98. 98 gatel Juni 1, 2009 pukul 7:34 pm

    obat nya itu apa ya yang bagus

  99. 99 cakmoki Juni 2, 2009 pukul 4:51 pm

    @ gatel:
    Salep scabimite.

  100. 100 Lia Juli 7, 2009 pukul 12:17 pm

    Halo lg cakmoki …
    Semalem saya sudah mengirimkan email tentang keluhan penyakit kulit saya, juga sudah melampirkan fotonya.
    Saya mohon sekali petunjuk dari dokter..
    Mohon segera d balas emainya.
    Saya ucapkan banyak2 terima kasih, semoga Allah SWT membalas kebaikan cakmoki. Amin…
    Terima kasih banyak

  101. 101 cakmoki Juli 8, 2009 pukul 12:40 pm

    @ Lia:
    Halo …
    Udah saya jawab, silahkan cek :)
    Trims

  102. 102 reza Juli 9, 2009 pukul 5:00 pm

    ass. dok mau tanya nih..obat minum buat scabies naman resepya apa ya?
    saya udah pake scabicid n scabimite kok gak sembuh ya padahal dah cuci pakaian pake air panas..tolong jawabannya ya dok..
    trimz

  103. 103 cakmoki Juli 10, 2009 pukul 1:53 pm

    @ reza:
    Wa’alaikum salam,
    Udah saya jawab via email, silahkan ceck.
    Obat minum untuk scabies gak ada. Yg diberikan adalah obat symptomatis untuk mengurangi keluhan.
    Udah bener pake Scabimite.
    Kalo belum sembuh, bisa diulang hingga sembuh, termasuk orang sekitar yg juga menderita scabies agar gak ketularan lagi.
    Scabies emang sulit diberantas karena jika ada 1 ekor scabies yg luput dari pengobatan, maka dalam 10-14 hari bisa menetas 40-60.
    Selain pake Scabimite, sebaiknya juga pake sabun JF-sulfur atau Deo-Sulfur untuk mandi.
    Trims

  104. 104 reza Juli 13, 2009 pukul 11:57 am

    dok ,saya dah pake scabimite kok malah tambah parah ya dok..kenapa ?mohon jawabannya ya dok..thanks

  105. 105 cakmoki Juli 14, 2009 pukul 12:11 pm

    @ reza:
    Sebaiknya kirim foto via emal kalo ga keberatan. Ntar kita diskusikan setelah saya lihat fotonya.
    Trims

  106. 106 zakya Juli 25, 2009 pukul 3:01 pm

    dok saya gatal2.bentol2 kecil berisi air bening.dan hampir sebulan sekali muncul.
    trus kalo itu air keluar dan mengenai kulit lainya akan menular dan akan tumbuh bentolan baru.
    saya sakit apa ya n obatnya pa?
    thanks

  107. 107 cakmoki Juli 26, 2009 pukul 1:42 am

    @ zakya:
    Perlu diketahui bahwa untuk menentukan jenis penyakit kulit idealnya dilihat langsung oleh dokter. Keluhan gatal, merah, bentol, bercak, berait … adalah keluhan yang sangat umum dan dapat terjadi pada banyak jenis penyakit kulit yang obatnya tentu berbeda.
    Untuk itu, mengingat di media Blog gak mungkin melihat secara langsung, maka sebaiknya mengirim foto gangguan kulit tersebut (jika berkenan) … melalui email: cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com … agar kita bisa memperkirakan jenis gangguan kulit tersebut, sehingga dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Trims

  108. 108 Yepee Agustus 19, 2009 pukul 5:00 pm

    Cak moki…
    Wah aku jd ngeri nih, apa gatel2ku di mlm hari skabies jg bkn ya, soalnya gatel2nya selalu muncul malem stlh plg kerja bentol2 gitu stlh digaruk. Biasanya stlh mandi aku ksh caladine cair/bedak caladine trs paginya hilang sendiri bentol2nya.
    Tp Alhamdulillah blm sampe alat kelamin (ojo sampe rek).

    Padahal setiap hari ganti baju, mandi jg 2X, seprai jg rajin diganti… dr mana kutunya ya, apa dari kendaraan umum.

    Aduh jd ngeri, soalnya aku punya anak kecil…

  109. 109 cakmoki Agustus 21, 2009 pukul 12:59 am

    @ Yepee:
    Kalo bentol-2 sih bukan skabies tapi kemungkinan urtikaria.
    Selengkapnya, silahkan baca artikel tentang urtikaria di Blog ini pada link di berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2009/02/14/urtikaria-atau-biduran/

    Trims.

  110. 110 nexno September 9, 2009 pukul 5:23 pm

    ciri-ciri skabies tu ap?
    pengobatannya dengan ap?
    cara pencegahan dini dan penanggulangannya gimana?

  111. 111 nexno September 9, 2009 pukul 5:25 pm

    ada hubunagn dengan kucing ap g??

  112. 112 cakmoki September 9, 2009 pukul 10:14 pm

    @ nexno:
    Ciri-2 scabies mudah dikenali oleh seorang dokter dengen memeriksa (melihat) secara langsung.
    Untuk melihat ciri-ciri scabies, silahkan download leaflet tentang scabies di sini.
    Scabies ga ada hubungannya dengan kucing
    Trims

  113. 113 lita September 14, 2009 pukul 10:42 pm

    cak gmn caranya mengatasi biduran?
    apa obatnya?

  114. 114 lita September 14, 2009 pukul 10:43 pm

    oya pantangannya apa?

    trims

  115. 115 cakmoki September 15, 2009 pukul 10:54 pm

    @ lita:
    Biduran atau urtikaria dapat diatasi dengan obat anti histamin atau kombinasi antara steroid dan antihistamin,bergantung pada berat ringannya biduran dan respon terhadap obat yg digunakan.
    Obat antihistamin, misalnya:Loratadine 10 mg atau citrizine 10 mg (merk dagang bebas memilih), diminum 1×1 saat gatal aja.
    Sedangkan obat kombinasi misalnya: celestamine or dextamin or dll, diminum 3×1 saat biduran muncul.

    Selengkapnya tentang biduran silahkan baca artikel sebelumnya pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2009/02/14/urtikaria-atau-biduran/

    Trims

  116. 116 mery Oktober 15, 2009 pukul 9:10 pm

    dok…anak saya umurnya 3,5 thn…
    seminggu yg lalu pergelangan kakinya timbul bintik2 kecil (seperti titik2)agak kmerahan. krn gatal digaruk trus…lalu saya ksh caladine cair…lumayan berkurang gatalnya n agak kering,lalu berubah jd warna putih bintik2nya dan kalo dipegang agak keras/kering. tp skg bertambah banyak dari pergelangan kaki sampai badan,punggung n leher. saya tidak tega melihatnya…
    saya memiliki anak asuh remaja yg saya ambil dr kalimantan,dia punya gatal2 jg d pergelangan kaki awalnya bintik2 tp skg mjd bulat sekitar 2cm n bernanah(ada bintik2 merah n nanah).apakah ini termasuk skabies??? dan obat apa yg aman yg dpt saya berikan unt anak saya maupun anak asuh saya??? bgm spy penyakit ini tdk kambuh2 lg…apa yg hrs saya lakukan…
    trimakasih ya dok…

  117. 117 cakmoki Oktober 15, 2009 pukul 10:55 pm

    @ mery:
    Menilik diskripsi ciri-2 nya, bisa jadi Jamur (Pityriasis versikolor) .. silahkan dicocokkan pada artikel tentang jamur di sini
    Tapi seringkali gambaran berupa kalimat tidak sama dengan kenyataannya. Untuk memastikannya, silahkan kirim foto bintik-2 tersebut via email kalo berkenan) seperti halnya para pengunjung yg lain.
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Saya tunggu yaaaaa…
    Trims

  118. 118 eemoo Oktober 20, 2009 pukul 11:16 am

    skabies juga termasuk salah satu penyakit menular seksual walaupun sebagai minor kriteria

  119. 119 cakmoki Oktober 20, 2009 pukul 2:19 pm

    @ eemoo: :)

  120. 120 azet November 21, 2009 pukul 8:54 pm

    Cak… Help dong, saya sudah masuk anggota scabieser nih.

    Awalnya sih anak saya yang mondok di pesantren Bogor yang kena, itu juga dapat “hadiah” dari temen2nya di asrama. Beberapa temennya saya interview dan dan minta showoff mereka punya penyakit. Ada yang tangannya habis dihiasi bentol2 merah, ada yang bagian perutnya ditato sama ini kuman, konyolnya ada scrotum bahkan kepala penis mereka ditongkrongi si kuman brengsek ini.
    Saya pun berusaha menyelamatkan anak saya untuk pulang ke rumah yang baru kena serangan di sela2 tangannya. Setelah saya bawa ke klinik kantor dan diberikan obat, tidak serta merta membumihanguskan sepak terjang si kuman, malah semakin gencar ke area sentitif di bagian scortum dan kepala penisnya. Kelihatannya analisa dokter klinik kantor sedikit meleset, dia pikir anak saya kena eksim. Untung saja si dokter kasi obat anti garuk, jadi iritasi sedikit berkurang. Sementara saya hanya meningkatkan kebersihan dan menggunakan sabun JF Sulfur untuk mandi air hangat. Alhamdulillah, gatal2 dan bentol2 anak saya sudah mulai berkurang, walaupun saya belum yakin bener akan hilang 100 persen.

    Tapi setelah anak saya antar kembali ke pondok, ternyata dia meninggalkan beberapa pasang kutu scabies yang sudah menyelinap di selangkangan saya. Dua bentol kecil di kiri dan kanan area selangkangan ngak tahan untuk tidak digaruk, akhirnya membesar. Keselnya saya, yang paling besar saya pencet dan mengeluarkan air bening. Saya bersihkan pakai air panas dan olesi dengan salep 88 (karena ada sulfurnya), rencananya sih mau saya kasi sulfur dari pentolan korek biar mampus sekalian itu kutu. Walau pun sedikit panas kena salep 88, serangan kutu cukup efektif untuk sementara waktu. Lima hari berselang, bentolannya sudah mulai kempes tapi meniggalkan jejak hitam. Pikir saya ngak masalah lah hitam, di selangkangan ini.

    Ketengangan saya terusik lagi, seminggu setelah kejadian nongol lagi si kutu, dia serang scrotum saya, ada tiga bentolan sebesar kacang kedelai yang memerah. besoknya (hari ini saya ketik surat ini), dua bentolan lagi sudah menghiasi kepala penis saya. Wah.. gawat cak… help…. help dong… Mau ke dokter, malu jg nih unjukin rudal yang sudah punya aksesoris. Apa bisa diredakan dengan Scabimite atau pakai salep 88 aja ? Atau …. ? Mohon bantuannya cak…. hatur nuhun cak…

  121. 121 cakmoki November 21, 2009 pukul 11:22 pm

    @ azet:
    Pada pria, scabies bisa jalan-jalan dan bermukim di semua bagian cucak rowo, mulai scrotum hingga kepala si cucak rowo.
    Pemeliharaan hygiene udah bener, yakni mandi menggunakan sabun JF-Sulfur atau Deo-Sulfur. Selain itu perlu merendam pakaian, sprei dengan air panas setiap hari agar telor si scabies gak menetas.
    Obat yang diperlukan adalah:
    1) Salep Scabimite, yakni salep untuk membumi hanguskan si scabies hingga benar-benar tuntas. Harganya sekitar 25-30 ribu rupiah.

    2) Antihistamin, untuk meredakan gatal, misalnya Loratadine 10 mg (merk dagang misalnya: Claritin, Inclarin, dll), diminum 1×1 sehari hingga gak gatal lagi. Sengaja sy pilihkan obat ini karena relatif gak ngantuk dan pemakaiannya mudah.

    Sy sependapat dengan bapak bahwa semua penderita di Pondok dan keluarganya yang tertular harus diobati hingga tuntas agar gak merambat ke anggota keluarga yg lain.
    Untuk itu mohon menyebar luaskan jawaban sy ini ke teman-teman anak bapak di Pondok. Edisi cetak artikelnya ada dibagian akhir artikel ini.
    Sedangkan leaflet tentang scabies silahkan download di sini.
    Moga segera sembuh.
    Trims

  122. 122 rahadian November 22, 2009 pukul 10:20 am

    wah,,aku telat neh bacanya,sudah keburu kena semua seluruh badan ku. udah dua kali berobat(salepnya scabimite) tp masih belum sembuh total.kasur dan karpet udah dijemur,baju udah dicuci dengan air panas.
    cak,,aku mau nanya nih?
    1. apanya sih yang menyebabkan gatal?
    2. kutu nya bisa bertelur diluar tubuh nggak? jadi dia dibadan kita itu numpang betelur aja ya?
    3. dikampung halaman ku ada tempat pemandian air panas dari belerang,bagaimana kalau aku melakukan terapi disana? ada tips dari cak ngga?
    makasih.

  123. 123 zeinitza November 23, 2009 pukul 3:24 pm

    gyaaakhir-akhir ini gatal-gatal juga. beli ah salepnya…

  124. 124 cakmoki November 23, 2009 pukul 4:21 pm

    @ rahadian:
    Jika belum sembuh, pengobatan menggunakan scabimite dapat dilanjutkan.
    1. Penyabab timbulnya gatal adalah : (a) release (pengeluaran) histamin dari tubuh oleh reaksi antigen-antibody complex yang ditimbukan oleh scabies. (b) pergerakan scabies di dalam terowongan yang dibuatnya pada kulit, terutama di malam hari.

    2. Kutu scabies bisa hidup dan bertelur di tubuh manusia dan binatang. Sedangkan di pakaian, sprei dll, tidak bisa bertelur, tapi merupakan salah satu media penularan. Di tubuh manusia, kutu scabies bukan hanya numpang hidup, tapi mengalami siklus hidup secara lengkap, yakni: hidup, bertelor, beranak pinak hingga bercucu … hehehe.

    3. Selain menggunakan obat anti scabies (scabimite, dll), bisa juga mandi di air yang mengandung belerang hingga sembuh, bersama-sama dengan penggunaan obat anti scabies. adapun untuk meredakan gatalnya dapat menggunakan antihistamin, misalnya Loratadine 10 mg (misalnya: Claritin, Inclarin, dll), diminum 1×1 sehari hingga gak gatal lagi.

    Moga segera sembuh… Trims

  125. 125 cakmoki November 23, 2009 pukul 5:25 pm

    @ zeinitza:
    lho….apa benar gatalnya karena scabies ? Silahkan dicocokkan lebih dahulu dengan gambar pada edisi cetak dan link leaflet pada jawaban bagi pak azet di atas. :)

  126. 126 zeinitza November 23, 2009 pukul 6:01 pm

    hah oh iya ya cak.. yah.. baik siap-siap.. mau main beli aja he he he

  127. 127 zeinitza November 23, 2009 pukul 6:03 pm

    gyaahh kayaknya bukan kayak gituh penyakit saya ^_^’ untung diingetin liat gambarnya..

  128. 128 azet November 23, 2009 pukul 10:01 pm

    Thx atas jawabannya Cak, segera leaflet akan saya print dan tempel di pondok tempat anak saya. Pasti sangat bermanfaat di sana. Sekali lagi, hatur nuhun… !!!

  129. 129 cakmoki November 24, 2009 pukul 2:40 pm

    @ zeinitza: :)

    @ azet:
    Hatur nuhun juga, pak
    Moga berguna

  130. 130 rahadian November 24, 2009 pukul 7:58 pm

    makasih banyak cak.

  131. 131 cakmoki November 25, 2009 pukul 2:28 am

    @ rahadian:
    Sama-sama :)

  132. 132 Amanda Desember 9, 2009 pukul 12:13 am

    Uncle,tlg pcrQ dunk
    dia kna pnyakit gatal ddaerah itunya N slangkangannya,kulit ddaerah itwnya jg kering N ngelupas gtu
    slangkangannya jg kdang bsah” gtu,g tw knp
    help y?tQ s0 much

  133. 133 cakmoki Desember 9, 2009 pukul 5:02 pm

    @ Amanda:
    Perlu diketahui bahwa untuk menentukan jenis penyakit kulit idealnya dilihat langsung oleh dokter sehingga dapat diketahui jenis penyakitnya dan diberikan obat yg tepat. Atau setidaknya melalui foto (jika berkenan) via email :
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Saya tunggu

  134. 134 riri Desember 16, 2009 pukul 3:24 pm

    Dok, saya menderita gatal” baru semenjak 1/2thn belakangan ini. Tapi gatalna tidak bernanah, atau melepuh..
    Dan gejalanya tidak terpaut waktu, kadang siang /malam / pagi .
    Dan rasa gatal ini menyebar diseluruh badan, kebanyakan daerah lengan atau paha atas dengkul. Dan rasa gatalnya awalna sangat dikit, tapi kalau digaruk tambah gatal, dan terkadang dari bentol kecil menjadi sangat besar ( tetap 1 bentol ) bila digaruk trus, yg akhirnya ujung-ujungnya menjadi lecet dan luka.
    Kira” obat apa yg harus saya pake ya dok ?? dan termaksud jenis penyakit kulit atau alergi ya ?

    thx atas jawabannya

  135. 135 riri Desember 16, 2009 pukul 3:44 pm

    tambahan dok,… apa lagi sering gatal” jg dok didaerah bokong saya, yg akhirna menyebabkan pantat saya jadi bercak” hitam karna peninggalan luka yg saya garuk.
    gimana ya dok,.. tolong donk…

  136. 136 cakmoki Desember 17, 2009 pukul 12:40 am

    @ riri:
    Menilik diskripsi yang disampaikan, kemungkinan alergi.
    Coba dicocokkan dengan gambar dan penjelasan pada artikel di blog ini, berjudul : Urtikaria.
    Kalo bener seperti gambaran pada artikel tersebut, maka pilihan obatnya udah tercantum pada bab pengobatan.
    Jika ternyata gak sama dengan artikel tersebut, kalo berkenan silahkan kirim foto bentol di lengan via email, agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  137. 137 wisgayanti Januari 23, 2010 pukul 5:27 pm

    assalamu’alaikum wr.. wb.. dok,
    putra sy usia 13 th d pondoq psantren kena penyakit gatal2 sdh 2 bln ini ga sembuh2, sy sdh bw k dokter n dikasih obat, mandi pakai PK n sabun hijau tp blom sembuh juga. gatal2nya digaruk menimbulkan luka seperti cacar di daerah tangan, kaki, paha, selangkangan hingga alat kelaminnya. apakah ini yg dinamakan penyakit scabies dok ? ….apakah ada ramuan tradisional khusus untuk diminum …truz bagaimana pengobatannya spy benar2 sembuh dok? kasihan dia bila sedang belajar … mohon penjelasannya ya dok …. syukran ya dok … wassalamu’alaikum wr…wb….

  138. 138 cakmoki Januari 24, 2010 pukul 2:32 am

    @ wisgayanti:
    Assalamu’alaikum,
    Ya, kemungkinan besar scabies.
    Obatnya:
    1) Antihistamin, untuk meredakan gatal, misalnya Loratadine 10 mg (merk dagang: inclarin, claritin, dll) diminum 1×1 saat gatal saja.
    2) Salep pemberantas scabies, yakni Scabimite.
    3) Sabun: Deo-Sulfur atau JF-Sulfur.

    Sebenernya tidak sulit untuk menyembuhkan asalkan semua santri diobati secara serentak supaya tidak saling menular. Kalo tidak diobati semua, maka yg sudah diobati akan tertular lagi oleh yang belum diobati. Demikian seterusnya sehingga seolah-olah sulit sembuh.
    Untuk itu, silahkan download edisi cetak pada bagian akhir artikel di atas, lantas dibagikan kepada semua orang tua santri dan pengasuh pondok pesantren agar dapat menanggulangi scabies sampai tuntas.

    Syukron katsiron… Wassalam

  139. 139 wisgayanti Januari 27, 2010 pukul 7:26 pm

    Assalamu’alaikum dok,
    Trima kasih atas jawaban yg kmarin. Sy mo tanya lagi tentang apakah bisa kutu/tungau penyebab penyakit skabies itu dimatikan dengan cara penyemprotan/pengasapan seperti penyemprotan DBD ? mengingat pondoq psantren itu banyak santrinya sehingga sulit membersihkan secara keseluruhannya. Syukran ya dok atas jawabannya. Wassalam Wr. Wb….

  140. 140 Mama Alif Januari 28, 2010 pukul 1:52 pm

    Dear dokter,
    dok saya mau tanya…,anak saya laki-laki umur 3 tahun, sepertinya sedang menderita alergi,sekarang ini kulit bagian punggung anak saya sangat kering, terjadi penebalan jaringan kulit dan cenderung seperti retak-retak.

    Katanya si gatal sekali, tetapi kalau saya garuk, saya takut kulit punggung anak saya akan bertambah parah.
    Dulu juga pernah mengalami kejadian seperti ini, dan akhirnya saya bawa ke dokter umum.

    oleh dokter umum anak saya disuruh untuk diberikan caladine lotion dan obat untuk diminum berupa obat celestamine syrup 30 ml. memang setelah meminum obat tersebut, rasa gatalnya agak berkurang.
    Tetapi untuk caladine lotionnya saat ini tidak saya berikan, karena kalau diberikan, kata anaknya terasa perih dan panas.

    Saya harus bagaimana ya dok? Bingung ni… Berbahaya ngga kalau rasa gatal di punggung anak saya terasa sekali, saya berikan celestamine syrup tersebut tanpa saya pergi ke dokter lagi (obat tersebut sisa waktu dia gatelan sebelumnya)

    Terima kasih

  141. 141 cakmoki Januari 28, 2010 pukul 2:21 pm

    @ wisgayanti:
    Assalamu’alaikum,
    Tidak bisa. Pengobatannya personal tapi harus serentak.
    Syukron… Wassalam

    @ Mama Alif:
    Yth, Ibu Mama Alif,
    Idealnya penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya kalau tidak keberatan melalui foto via email: cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Jika benar alergi, celestamine udah bener, diminum 3×1 sendok takar saat kambuh. Dan obat topikal (obet luar), misalnya: Desolex, Viohydrocort, Enkacort dan sejenisnya, dioleskan 3 kali sehari hingga sembuh.
    Benar, gak perlu pake caladine lotion karena anak akan merasa perih dan makin rewel.
    Hanya saja alergi pada umumnya bersifat residif (mudah kambuh).
    Untuk memastikannya, sekali lagi kalo berkenan silahkan kirim fotonya agar bisa diketahui penyakitnya dan direkomendasikan obat yang tepat.
    Terimakasih

  142. 142 Ian Februari 4, 2010 pukul 2:48 pm

    dok, mungkin saya salah satu yang terkena scabies, tapi saya belum yaqin 100%, ada beberapa bentolan di ujung alat kelamin saya, apa dokter bisa membantu mendiagnosa apakah ini scabies?? jika bisa saya akan kirim fotonya. untuk rasa gatal yang timbul tidak selalu tiap malam kadang siang hari ketika saya ngantor pun rasa gatal itu muncul, sangat menyiksa, dimohon bantuannya dok?? jika iya saya terkena scabies, langkah pertama yang harus sayah ambil apa?? untuk sprei dll sudah saya ganti, setiap malam saya sering merendam dengan air hangat..

    help me please..

  143. 143 euis Februari 4, 2010 pukul 11:59 pm

    Dear dokter

    langsung aja ,..Dok saya mau tanya,….saya sudah beberapa bulan belakangan ini menderita gatal di pangkal paha dan baru sadar ternyata sudah melebar ke bibir vagina dan sedikit lagi ke dekat anus, bentuknya kaya kulit yang lecet akibat gesekan tapi klo lagi kambuh gatalnya minta ampun klo di garuk kulitnya mudah terkelupas sehingga warnanya berubah jadi merah dan rasanya perih aga sedikit sakit untuk ngilangin rasa gatal saya suka basuh dengan air hangat, kadang saya pakai salep denomix atau di kasih bedak biar tidak perih kena gesekan celana.

    Yang mau di tanyakan kira2 saya kena spenyakit apa dan di akibatkan oleh apa ya dok ? …dokter mungkin bisa merekomendasikan obat yang tepat untuk penyakit saya ini biar cepat sembuh ? oh ia dok,.. satu lagi saya suka bahkan tiap hari pake celana jeans apa ini juga pengaruh karena menimbulkan lembab di sekitar paha dan sekitarnya?

    Terima kasih sebelumnya

    Wasallam…

  144. 144 cakmoki Februari 5, 2010 pukul 1:39 am

    @ Ian:
    Ok, saya tunggu fotonya…
    Jika bener scabies, langkah pertama adalah memberantas scabies dengan Salep Scabimite. Sedangkan untuk meredakan gatalnya dapat menggunakan antihistamin, misalnya Loratadine 10 mg, diminum 1×1 sehari hingga gatalnya hilang.
    Langkah pencegahan penyebaran udah bener, yakni dengan mengganti sprei setiap hari dan mencucinya dengan air panas.

    Makasih

    @ euis:
    dear euis …
    Mohon maaf saya tidak bisa memperkirakan jenis penyakitnya dengan tepat hanya dengan diskripsi tersebut.
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims… Wassalam

  145. 145 PinoChino Maret 9, 2010 pukul 9:58 am

    Wah terimakasih atas informasinya, ini sangat berguna bagi penderita.
    Karena biasanya penderita adalah orang pesantren, bolehkah saya me-repost artikel ini ke blog saya, karena teman2 saya mayoritas anak pesantren!

    Artikel akan saya post jika pesan saya sudah dibalas,
    Adakah beberapa nama obat untuk penyakit tersebut, atau ramuan alami untuk alternatif untuk penyakit ini?

  146. 146 cakmoki Maret 9, 2010 pukul 2:18 pm

    @ PinoChino:
    Monggo, silahkan…. gak perlu ijin gapapa :)
    Obat untuk memberantas scabies yg terbaik hingga saat ini adalah salep Scabimite.
    Lantas mandinya pake sabun Deo-Sulfur atau JF-Sulfur.
    Terimakasih telah ikut menyebarkan informasi ini… semoga bermanfaat.

  147. 147 fadhliya fauziah Maret 11, 2010 pukul 6:24 pm

    tolong siapa yg pny obat untuk kaki kudisan soalnya aku kudisan bintik-binik hitam di kaki jadi siapa yg pny obat nyaa…….

  148. 148 cakmoki Maret 12, 2010 pukul 12:55 am

    @ fadhliya fauziah: :)

  149. 149 bin Maret 13, 2010 pukul 8:30 pm

    gudik tu memang nikmat sekali

  150. 150 blog bisnis April 5, 2010 pukul 7:54 am

    bos obat tradisionalnya ada gak bos

  151. 151 cakmoki April 6, 2010 pukul 2:20 pm

    @ blog bisnis:
    gak ada :)
    pake obat-2 yang sudah pasti aja

  152. 152 siti hayati nufus April 16, 2010 pukul 4:20 pm

    penyakit menular

  153. 153 cakmoki April 17, 2010 pukul 1:36 am

    @ siti hayati nufus :
    Tul :)

  154. 154 Nho_neng April 22, 2010 pukul 2:57 pm

    cak,,,, 3 bln llu aq kn scabies trus skrg kyknya muncul lg di tempat yg sm… aq di ksh salep selain scabmite ada jg methonate bethametason tp salepx abis trs g ada dijual di kota t4 tinggal ku.. yg ingin aq tnyakan p ada salep lain dgn khasiat yg sm soalnya aq cocok bngt… truss penggunaan scabmitenya itu seminggu sekali yc,, lalu untuk gatal2 pd kelamin pengobatannya gmn y cak…… tlng di jwb yc…

  155. 155 cakmoki April 22, 2010 pukul 6:09 pm

    @ Nho_neng:
    yang ga ada yg mana ?
    Yg paling penting Scabimite-nya…klo ga ada scabimite, bisa menggunakan Scabicid… khasiatnya tentu beda… tapi bisa digunakan.. caranya sama dengan scabimite.. cara pengobatan di daerah kelamin sama saja.
    kalo yg ga ada methonate bethametason, dapat diganti dengan apolar-N ato desolex-N ato gentasolon … caranya sama dengan methonate bethametason… gunanya untuk meredakan gatal dan memulihkan kulit yg terkena scabies.
    Mandinya pake sabun Deo-sulfur ato JF-Sulfur

    Moga segera sembuh.
    makasih

  156. 156 Nho_neng April 22, 2010 pukul 7:45 pm

    klw untuk obat oralnya bgsnya yg mn y.. wktu itu aq dikash histapan cm kyknya g mempan, gatalnya g berkurang terutama pd kelamin…….. klw mnrut cak gmn..tq

  157. 157 cakmoki April 23, 2010 pukul 12:29 am

    @ Nho_neng:
    Untuk memberantas scabies hanya dengan obat topikal, sedangkan obat oral hanya untuk mengurangi keluhan belaka.
    Histapan udah cukup…obat apapun sama kalo masih ada scabies nya tentu masih gatal :)
    Maksih

  158. 158 albert April 24, 2010 pukul 4:10 pm

    begini, dok

    saya sudah ke dokter, dan dokter menyatakan kalau di rambut kemaluan saya ada kutu, lalu saya diberikan obat bernama scabimite, saya pakai kemarin sore, lalu dipagi harinya saya mandi, tetapi, kadang2saya masih merasakan gatal. bagaimana menurut dokter? apakah itu normal?
    lalu apakah kutu tersebut dapat bekembang ke bagian tubuh lainnya? Apakah saya dapat sembuh total?

    terima kasih

  159. 159 cakmoki April 25, 2010 pukul 3:02 am

    @ albert:
    ya, itu normal…kan masih baru diobati… biasanya perlu 1-2 minggu untuk sembuh total.
    Kalo dibiarkan dapat menjalar ke bagian tubuh yg lain. tapi kalo diobati seperti saat ini, maka kutu tersebut ga akan menyebar.
    Tentu bisa sembuh total kalo diobati sesuai anjuran dokter.
    Semoga segera sembuh :)
    Terimaksih

  160. 160 albert April 25, 2010 pukul 11:44 pm

    Dok, saya ingin bertanya lagi,

    apakah dengan memanaskan bagian kelamin dengan menggunakan hair dryer atau pengering rambut dapat membantu untuk menghilangkan kutu atau membunuh telurnya?

    dan kira kira berapa hari kah si kutu dan telurnya tersebut dapat bertahan hidup di luar badan manusia, seperti kain atau baju?

    Terima kasih sekali atas waktunya, Dok..

  161. 161 albert April 26, 2010 pukul 12:03 am

    dok, ada yang terlewat

    apakah benar penggunaan sacbimite itu hanya dipakai sekali, lalu diulang seminggu kemudian?

    jadi apakah conclusion nya adalah menggunakan scabimite setiap seminggu sekali? dan tidak boleh digunakkan setiap hari?

    apakah mandi dengan sir panas dapat membantu membunuh telur dan kutu nya?

    Terima kasih banyak =)

  162. 162 albert April 26, 2010 pukul 12:06 am

    Dan,

    jika saya sedang dalam masa pengobatan, masih dapat kah scabies ini tertula secar tidak langsung ke orang lain di sekitar/ keluarga?

    Terima kasih sekali !!! =)

  163. 163 cakmoki April 26, 2010 pukul 2:20 pm

    @ albert:
    Tidak bisa. Tidak cukup memberantas kutu atau telornya dengan cara mekanis semacam itu, terlebih telor kutu disimpan dalam terowongan di kulit.
    Sarcoptes scabiei betina dapat hidup diluar pada suhu kamar selama lebih kurang 7 – 14 hari.

    Tidak dibuang. Scabimite terus digunakan hingga Scabies benar-2 hilang. Bisa digunakan setiap semingu, dapat juga setiap hari tapi kadang menimbulkan iritasi. Ada juga cara pemakaian 2 hari sekali. Pilihan cara pengobatan bergantung pada masing-2 orang.

    Mandi (dengan atau tanpa air panas) bukan membunuh kutu atau telornya tapi untuk membersihkan dari badan, terutama kutu yang baru menetas.

    Selama masih ada scabies yg hidup (termasuk dalam masa pengobatan), tentu dapat menularkan ke orang lain.

    Makasih

  164. 164 dzar Mei 21, 2010 pukul 1:05 am

    hey dokter…
    saya mau tanya dkit…
    dok penggunaan scabimite tiap kali mau tidur apa bangun tidur??
    efeksamping dr penggunaan scabimite apa dok??
    terimakasih…

  165. 165 cakmoki Mei 21, 2010 pukul 6:15 am

    @ dzar:
    halo juga :D
    scabimite boleh digunakan kapan saja, gak ada ketentuan tentang waktunya.
    Efek samping biasanya clekit-2, itupun sangat jarang.
    Terimakasih

  166. 166 adryan Mei 21, 2010 pukul 5:06 pm

    dok, saya kembali mengirimkan foto ke email dokter..
    dimohon bantuannya dok, terim kasih..

    saya makin stress dok dengan penyakit kulit ini (T_T)..

  167. 167 adryan Mei 21, 2010 pukul 5:07 pm

    aduh salah room maaf2x dok..

  168. 168 dzar Mei 21, 2010 pukul 7:25 pm

    dok,,
    clekit2 tuh gimana2???
    klo dipake nya 2x sehar gk apa2?

  169. 169 cakmoki Mei 21, 2010 pukul 11:37 pm

    @ adryan:
    ok, ntar saya lihat fotonya

    @ dzar:
    clekit-2 itu perih…terutama kalo kena bekas garukan. Tapigak selalu begitu.
    Boleh dipkae 2 kali sehari

  170. 170 diah Juni 23, 2010 pukul 11:34 pm

    salam kenal cakmoki..
    dok, anak saya (2 thn 4 bln) kena scabies, ud berobat, kunjungan ke-1 dikasih scabimite + salep racikan (kalo ga salah eloskin+as.salisat), habis 2 hari. trus kontrol lg (kunjungan ke-2), dikasih scabimite (pake 3 hari sekali+obat minum(gak tau isinya, katanya untuk ngurangin gatelnya)+locoid. Dok, ini kan scabiesnya tu ud ad yg pecah jd kaya luka, jd kalo tak pakein locoid tuh anakku nangis2 krn basisnya kn alkohol jd perih.. duh dok, kasihan bgt lihat badannya pd banyak hiasannya gitu, biasa ngelihat mulus, jd aku kepikiran trus.
    yg jd pertanyaanku:
    apa locoid itu efektif untuk scabies? habis kaya nyiksa anak kalo tak pakein.
    berapa lama si dok kempesnya si benjol2an kaya jerawat batu gitu?
    atas jawabannya makasih banyak ya, dok.
    oiya, ini ud hari ke-3 pake locoid, di puncak benjolannya ud kering cuma belom kempes, masih kaya jerawat gitu.

  171. 171 pag Juni 24, 2010 pukul 4:02 pm

    dok….

    saya mau bertanya nih. saya punya keluhan di alat kelamin saya yaitu berada di dalam kulit di pangkal pubik terdapat bintik2 atau tonjolan kecil2. Saya sudah ke dokter kulit dan menurut beliau : saya terkena radang akar pubik tetapi menurut saya ini telur kutu atau kutu. Dan saya tidak menemukan kutu dewasanya di pubik saya, terkadang terasa gatal. apakah ini juga termasuk scabies? apa kira2 obatnya ya.

  172. 172 cakmoki Juni 24, 2010 pukul 5:07 pm

    @ diah:
    Salam kenal…
    Untuk memberantas scabiesnya adalah : scabimite …biasanya sembuh dalam 1-2 minggu.

    Sedangkan locoid , dll hanya untuk meredakan keluhan saja, bukan memberantas scabies.

    Kalo ada benjolan dengan tanda infeksi, mau gak mau pake antibiotika, misalnya: sirup erythromycin, dosisnya: 30-50 mg per kg berat badan per hari, diberikan 3-4 dosis, diminum sedikitnya 7-10 hari , hingga benjolan yg infeksi kempes.
    Andai berat badannya 12 s/d 15 kg, maka dosis sirup erythromycin adalah 3×1 sendok takar.

    Semoga segera sembuh
    Makasih

    @ pag:
    Supaya gak main tebak-tebakan, sebaiknya kirim foto, seperti penanya yang lain.
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  173. 173 diah Juni 24, 2010 pukul 11:24 pm

    iya, memang tak lihat tuh merah2+ada nanahnya, berarti infeksi sekunder ya. ya ud besok tak coba cari syrup erythromycin. iya, berat anakku 14 kg.
    makasih bgt cak moki, semoga anakku cpt sembuh ud 2 mggu soalnya. nanti, kalo nanya2 lagi ttg perkembangan scabies anakku, gpp ya, dok :)

  174. 174 cakmoki Juni 25, 2010 pukul 4:36 pm

    @ diah:
    ya, bener … Boleh kita diskusi tentang perkembangan scacies anak :) ..ga papa, saya malah senang.
    Makasih

  175. 175 pag Juni 25, 2010 pukul 7:34 pm

    Dok. Saya kirimkan foto ke email anda. Mohon maaf bila fotonya kurang jelas

  176. 176 cakmoki Juni 26, 2010 pukul 1:26 am

    @ pag:
    ok, makasih… besok akan saya lihat.

  177. 177 sat Juni 30, 2010 pukul 1:13 am

    dok saya bentol2 merah di daerah ketiak, selangkangan, pergelangan tangan, sela2 jari sampe itunya juga..
    apa itu skabies??
    terus salep apa yang bisa buat nyembuhin dan ngilangin itu dok?
    terus obat apa yang harus saya minum?? brp kali sehari??

    please help me dah sampe 1 bulan nih :(

  178. 178 jeffry Juli 22, 2010 pukul 1:31 pm

    salam hangat.
    waduh banyak yg komen jadi bingung bacanya.
    oya, saya mau cerita pengalaman saya.
    beberapa tahun lalu saya di indikasikan menderita scabies, kemudian diberi obat scabicid. ciri-cirinya sesuai dengan gejala2 yang pernah dijelaskan.

    namun lama2 setelah diberi scabicid kulit tidak gatal lagi, namun meninggalkan bekas. setelah saya browser di internet, ternyata gambarnya mirip seperti di http://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=113633

    dan itu dikategorikan sebagai penyakit Psoriasis..dan tidak menular pertanyaan saya
    apakah muungkin penyakit scabies bertransform menjadi Psoriasis?
    apa pengobatannya?? jika ada yang bersedia menjawab,, tolong kirim ke email saya.. di jefasta@yahoo.com

    sekian dan terima kasih

  179. 179 maulana Juli 24, 2010 pukul 4:34 pm

    Ass,Mohon Pencerahannya,sy mengalami gtal” yg ciri-cririnya mirip dengan yg di sebutkan di atas.,mula-mula timbul bintik-bintik kecil yg jika di garuk akan pecah dan mengeluarkan air(bukan nanah).jika sudah pecah karena garukan rasa gatalnya akan bertambah,rasa gatalnya pun akan semakin gatal pada malam hari,apakah benar klu yg sy derita ini benar-benar skabies ?.klu untuk pengobatannya obat apa yg harus saya pakai,dan apakah mungkin skabies bisa tertular lewat air.??

    terima kasih

    Wss

  180. 180 cakmoki Juli 25, 2010 pukul 8:29 pm

    @ maulana:
    Assalamu’alaikum
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Saya tunggu.
    Terimakasih
    Wass
    NB: kalo gak salah tadi udah saya jawab via email… silahkan cek ya :)

  181. 181 cakmoki Juli 27, 2010 pukul 1:17 am

    @ midkh bus:
    Ananda Imron alias midkh bus…
    Maaf, tulisan ananda di Blog ini saya hapus … di blog ini tidak diperkenankan mencaci maki .. terlebih ananda sebagai siswa Unggulan di Bppt Al-Fattah, Lamongan.
    Jika orang tua dan kerabat ananda mengetahui ananda mencaci maki hanya karena penyakit scabies dengan kata-kata yang luar biasa joroknya, tentu mereka sangat kecewa.
    Terimakasih :)

  182. 182 andi Juli 28, 2010 pukul 2:57 am

    apa ya obat paten untuk mengobati skabies…?

  183. 183 cakmoki Juli 28, 2010 pukul 3:02 am

    @ andi:
    Krim scabimite … silahkan baca diskusi sebelumnya

  184. 184 haddot Agustus 14, 2010 pukul 12:39 am

    dok saya mau tanya ..

    ciri ciri sembuh dri pnyakit skabies ini gmana ya dok ?

    pengen menghilangkan bekas.ny d daerah pantat yg brwarna hitam , menggunakan obat apa ya ?
    brpa kira kira hargany ?

    1 lg , d daerah perut dan paha ada seperti bekas garukan yg brwarna coklat , cara menghilangkan.ny menggunakan obat apa ya ?
    brpa kira kira hargany ?

    trima kasih , saran dokter akan sangat membantu ! :)

  185. 185 cakmoki Agustus 14, 2010 pukul 5:27 am

    @ haddot:
    Kalo udah gak ada bintik-2 nya dan gak gatal, berarti udah sembuh.
    Nah, kalo masalah bekasnya, saya tidak akan merekomendasikan merk tertentu tanpa melihatnya secara langsung karena untuk menentukan jenis dan kadar obatnya harus disesuaikan dengan tekstur kulit masing-2 orang supaya kulit tidak mengalami iritasi. Pemakaian oat untuk meminimalisir bekas penyakit kulit yg terburu-buru, beresiko mengalami iritasi yang justru membuat kulit makin hitam.
    Sebaiknya menunggusedikitnya 3 bulan agar kulit berkesempatan memulihkan dirinya sendiri secara alami.
    makasih :)

  186. 186 haddot Agustus 14, 2010 pukul 6:46 pm

    skabies yg saya derita d daerah kelamin , nah bintik2.ny sdah mengecil dan hampir hilang serta sudah tdk gtal jga , tpi blakangan ini bintik2 itu mmbesar dan smakin terlihat tetapi tdk gatal .
    itu yg saya anehkan .

    oh , jdi sbelum pkai obat . obat pnghlang bekas skabies sbaikny tnggu 3 bln dhulu ?
    trims bgt dok .

  187. 187 cakmoki Agustus 15, 2010 pukul 4:13 am

    @ haddot:
    kalo masih ada bintiknya, sebaiknya diberi krim scabimite agar bener-2 tuntas.
    Ya, bekasnya nunggu sedikitnya 3 bulan.
    Trims

  188. 188 dedenk Agustus 23, 2010 pukul 10:03 am

    cakmoki yg baek, saya bngung mw konsultasi kpd siapa. Untung ada sampeyan. Hehe, singkat saja. Pnyakit saya sudah jelas scabies, yg saya tnyakan , apakah scabimite bisa mnymbuhkan kudis yg ada di telapak tangan yg sudah sdikit mengeras? Trimakash

  189. 189 cakmoki Agustus 23, 2010 pukul 6:46 pm

    @ dedenk:
    Scabimite untuk memberantas tungau Sarcoptes scabiei. Adapun keluhan lainnya dapat diobati sesuai dengan jenis gangguan kulitnya… untuk itu, kalo gak keberatan, silahkan kirim fotonya via email agar dapat direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  190. 190 dedenk Agustus 24, 2010 pukul 12:40 am

    ok cak, sgera saya kirim

  191. 191 cakmoki Agustus 24, 2010 pukul 1:50 am

    @ dedenk:
    ok, ditunggu

  192. 192 dedenk Agustus 24, 2010 pukul 4:26 pm

    kira kira btuh brapa lama cak pnyembuhan untuk scabies saya? saya sudah pakai scabimite 3 malam berturut urut, tapi bintik2nya relatif belum berkurang. Terima kasih :)

  193. 193 cakmoki Agustus 24, 2010 pukul 9:02 pm

    @ dedenk:
    Rata-rata perlu watu 2 minggu .. kalo 3 hari, scabies-nya masih senyum-senyum…
    makasih :)

  194. 194 dedenk Agustus 25, 2010 pukul 12:02 am

    Dlm 2 minggu, salebnya dipakai tiap hari ya cak? suwun :)

  195. 195 haddot Agustus 25, 2010 pukul 10:13 pm

    dok , ibu saya tertular skabies ini dan beliau sedang hamil 9 blan .
    apakah akan mempengaruhi si bayi yg ada dlm kandungan ibu saya ?

  196. 196 cakmoki Agustus 25, 2010 pukul 11:49 pm

    @ dedenk:
    ya… tapi kalo di kemasan dipakai 1 minggu sekali

    @ haddot:
    Gak ngaruh ke bayi
    Makasih

  197. 198 cakmoki Agustus 26, 2010 pukul 11:58 pm

    @ dedenk:
    sama-sama

  198. 199 jablay Agustus 28, 2010 pukul 9:15 am

    dok, saya mo tanya nih. boleh kan.
    saya kena gatal2 di bagian ketek. untuk gambar jelasnya liat di sini dok.

    http://www.kaskus.us/showpost.php?p=185623971&postcount=1

    pas berobat ke dokter, katanya saya alergi keringat.
    trus dikasi salap namanya desolex-n. Tapi sampe skarang belum berkurang juga gatalnya, malah gatal yang diketek meluas.

    terima kasih jawabannya ya dok.

  199. 200 cakmoki Agustus 28, 2010 pukul 5:48 pm

    @ jablay:
    ok…gambar tersebut menampakkan Folikulitis yang amat banyak.
    Folikulitis adalah infeksi pada folikel rambut oleh kuman, sebagian besar disebabkan kuman Streptococcus atau Staphylococcus … Kalo kulitnya peka, maka akan mudah infeksi lagi…. jika kegaruk.

    Obatnya perlu obat minum dan obat topikal.

    Obat Minum:
    Antibiotika: Erythromycin 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan, selama sedikitnya 7-10 hari, hingga sembuh.

    Jika gatal, dapat menggunakan Pereda gatal: Antihistamin, misalnya Loratadine 10 mg atau Citerizine 10 mg (merk dagang bebas memilih), diminum 1×1 saat gatal saja.

    Obat Topikal ( obat luar : krim, salep, dll )
    Krim antibiotika, misalnya: krim bactroban atau fusicom atau futaderm. Salah satu dari obat tersebut dioleskan 3 kali sehari hingga sembuh.

    Pada umumnya, penyakit tersebut dapat sembuh dalam 1-2 minggu. Tapi kalo 2 minggubelum sembuh karena saking banyaknya, maka obat dapat diulang dengan cara yang sama.

    Semoga segera sembuh.
    Terimakasih.

  200. 201 dedenk September 1, 2010 pukul 2:38 am

    trims cak, uda 70 persen smbuh. He2 :D

  201. 202 cakmoki September 2, 2010 pukul 12:13 am

    @ dedenk:
    Moga segera 100 % sembuh :D

  202. 203 faisal September 6, 2010 pukul 11:18 am

    halo dok
    aku juga kena skabies udah hampir 1 bulan, obat yang paling ampuh untuk menyembuhkan skabies apaya..? dan kalo tangan yg ada bentol2nya kaya jerawat kalo di rendam pake air panas apa bentol2nya bisa sembuh, dan kalo bentol2nya dipecahkan apa bisa menular ke daerah lain.

  203. 204 cakmoki September 10, 2010 pukul 12:38 am

    @ faisal:
    halo…
    obat untuk memberantas scabies yang terbaik saat ini adalah krim scabimite…
    bentol-2 merupakan peradangan akibat terowongan yg dibentuk oleh scabies… bisa menular ke bagian tubuh lain kalo dipecahkan dan gak diobati dengan tepat.
    Makasih

  204. 205 Prima.Armi September 11, 2010 pukul 9:34 am

    Dok saya mau tnya berapa lama orang gudiken itu(paling lama)?Apa obat nya biar cepat sembuh.
    Saya menderita gudik hampir 4 bulan kok gak sembuh2 tiap akan sembuh itu bintik2nya putih itu tumbuh lagi dan lama2 jadi nanah.Tolong bales ke email saya.

  205. 206 cakmoki September 12, 2010 pukul 1:38 am

    @ Prima Armi:
    gak bisa diprediksi berapa lama sembuhnya, soalnya scabies beranak pinak…. lha dalam 10-14 hari saja, satu ekor scabies betina menetas 40-60 ekor…. :D
    Obatnya : krim scabimite.
    apa bener scabies ? … untuk memastikan scabies apa bukan, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com

    Terimakasih

  206. 207 rudy gunawan September 16, 2010 pukul 12:09 pm

    apakah obat yang efektif untuk mengobati masalah pada ……..
    gatal nyaaaa pada daerah sensitif……
    dan di daerah tempat tumbuhnya rambut sangat gatal sekali gemana?
    doc cara,,…… mrenghilangkan dan mkin gak akan muncul kmbali
    apakah ad obat nya…………
    dan kurap d sekitar selangkangan

    trims,,,
    rudy di palembang

  207. 208 cakmoki September 16, 2010 pukul 4:17 pm

    @ rudy gunawan:
    kalo untuk memberantas scabies, obatnya adalah salep scabimite… untuk gatalnya dapat menggunakan loratadine 10 mg or cetirizine 10 mg, diminum 1×1.
    lha kalo untuk kurap, obatnya beda… untuk memastikan jenis penyakitnya, kurap ato bukan, kalo berkenan silahkan kirim foto via email.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Saya tunggu.
    Terimakasih

  208. 209 Orangt bingung September 21, 2010 pukul 4:56 pm

    temen ku ada yang kena penyakit gatal-gatal sekeluarga.
    gejalanya keluar bintik-bintik(benjol-bejol kecil n mungil) yang bergetah bening. kalo gatel biasanya malem hari n biasanya bintik yang udah lama malah berevolusi jadi berisi nanah. tadinya dia udah sembuh n bekas lukanya jadi koreng kaya habis kena cacar, tapi sekarang kumat lagi. apalagi kalo habis makan ayam negeri dia langsung gatel n tambah parah bintiknya.
    apa temenku kena penyakit gudik? biar penyakitnya cepet sembuh gimana ya?
    obat yang paling mujarab buat penyakit model gitu?
    tolong kasih tau dong, soalnya dia temen baik, aku kasihan ma dia jadi suka ga masuk sekolah.
    makasih

  209. 210 cakmoki September 21, 2010 pukul 5:05 pm

    @ orang bingung:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Saya tunggu.
    Terimakasih

  210. 211 richie1nnc September 26, 2010 pukul 1:54 pm

    yang comment banyak cak jd agak bingung nih ,
    saya jg mau tanya nih ,
    kalo diliat ciri2nya sih gatalnya mirip scabies cak bintik merah kecil2 ,
    mulai dari pergelangan jari , ketiak , perut sama selangkangan .
    tapi untuk obatnya saya beli scabicid cream cak itu beda ga sama scabimite?
    trus untuk penggunaanya itu satu minggu sekali atau untuk 3 hari pemaikaian pertama itu digunakan tiap hari?
    mohon bantuannya cak
    trimakasih banyak :)

  211. 212 cakmoki September 26, 2010 pukul 5:32 pm

    @ richie1nnc:
    Lebih bagus scabimite… pake tiap hari ga papa, supaya bisa mandi tiap hari dan bersih.
    Makasih

  212. 213 hoho September 28, 2010 pukul 3:43 pm

    saya juga pake scabicid cream cak ,
    apa kudu ganti pake scabimite?
    tp petunjuk penggunaanya itu seminggu 1 kali ,
    ga papa tuh kalo dipake tiap hari?
    takutnya over dosis aja :D

  213. 214 cakmoki September 28, 2010 pukul 11:39 pm

    @ hoho:
    Boleh pake scbicid.. dan kalo udah membaik pake scabicid, gak perlu diganti.
    Tapi kalo gak membaik, dapat diganti dengan scabimite.
    Emang petunjuknya begitu… namun perlu diketahui bahwa kita gak bisa memastikan bahwa semua sarcoptes scabiei terobati, yang baru netas biasanya gak keliatan… beberapa hari kemudian barulah yg beru netas membuat terowongan di kulit.
    Gak akan overdosis lah … kan kita mandi :D
    Makasih

  214. 215 eksan Oktober 4, 2010 pukul 10:01 pm

    mas, di lengan bagian atas saya jg ada bintik2/bintil2 tapi tdk gatal atau bernanah jd hanya kulit yg ada bintil2 kecil saja dan bukan juga gudik/scabies ataupun alergi.

    nah pertanyaan saya..
    nama penyakit kulit yg saya alami ini apa namanya,.? dan cara menghilangkan atau menyembuhkannya bagaimana caranya?

    trim’s

  215. 216 cakmoki Oktober 5, 2010 pukul 12:14 am

    @ eksan:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat, seperti halnya para penanya yang lain.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  216. 217 hoho Oktober 14, 2010 pukul 9:36 pm

    makasih bgt cakmoki , gatal2 saya uda sembuh nih ,
    saya pk scabicid cream , setelah 1 minggu pemaikaian bablas tuh scabies dari kulitku \m/

  217. 218 hoho Oktober 14, 2010 pukul 9:40 pm

    oiya lupa,
    ternyata tetangga saya ada jg yg kena tp udah lumayan parah,
    mbrontok semua di seluruh tubuh , apa lagi di bagian sela2 jari dan tangan .
    itu untuk pengobatannya kalo saya kasihkan scabicid gpp cak?
    coz aku pk itu sembuh ( tp baru gejala sih masalahnya )
    kasian jg masalahnya kalo liat penderitaan dia

  218. 219 cakmoki Oktober 15, 2010 pukul 2:54 am

    @ hoho:
    ya, bisa pake scabicid ato scabimite.
    sedangkan untuk mboroknya, perlu tambahan antibiotika, misalnya: amoksisilin 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan, selama sedikitnya 7-10 hari.
    makasih

  219. 220 Vandy Oktober 17, 2010 pukul 2:38 am

    Saya mau tanya dok,apa pnderita scabies jg harus menghindari makanan seperti ikan,daging,telur,susu dan kcang2an?Apa kalo dikonsumsi bsa menambah parah pnyakitnya?

  220. 221 cakmoki Oktober 17, 2010 pukul 11:44 am

    @ Vandy:
    gak ada pantangan dong…kan penyebabnya kutu mungil bernama Sarcoptes scabiei… jelas penyebabnya bukan makanan kan ? :)
    Dahulu kala, jaman masih gak ada dokter di Indonesia, segala macam penyakit dikaitkan dengan makanan..maklum, jaman itu nenek moyang kita belum mengenal penyakit dan belum mengenal dokter…. dan anggapan tersebut sebagian masih tersisa secara turun temurun.. nah, melalu forum semacm ini, kita bisa memutus mata rantai yang tidak benar menjadi penyampaian informasi yg benar kepada anak cucu kita sehingga nantinya menjadi amal ibadah.
    Makasih

  221. 222 Vandy Oktober 17, 2010 pukul 12:19 pm

    Mksh pnjelasanya dok,jd nggk takut lagi ma ayam. :-D

    satu lg yg pngen sya tanyakan,ini td sya bru beli scabimite di apotek..Sya bca di brosurnya cara pmakaianya hrus dioles ke smua bgian kulit dri ujung rmbut smpai ujung kaki.
    Apakah hrus dmikian,dan bila saya oleskan di bgian yg gtal sja bagaimana?Apa aman jga bila dioles pada ujung penis (maaf)?
    Mkasih bgt atas jwbanya….

  222. 223 cakmoki Oktober 18, 2010 pukul 12:12 am

    @ Vandy:
    Dioles di bagian yang gatal aja…aman untuk dipakai di penis.
    Trus untuk mandinya, silahkan pake sabun deo-Sulfur atau JF-Sulfur.
    Makasih

  223. 224 taufiq Oktober 26, 2010 pukul 9:28 am

    makan telor bisa bernanah kah dok , lukaku ?

  224. 225 cakmoki Oktober 26, 2010 pukul 9:22 pm

    @ taufiq:
    enggak dong…bernanah itu karena ada infeksi kuman akibat garukan, disengaja ataupun gak disengaja, bukan karena makanan… telornya diantar ke sini ajah :D

  225. 226 Melisa Oktober 28, 2010 pukul 6:59 pm

    cak klo gatal2 di seluruh tubuh termasuk di pantat sm daerah kelamin itu termasuk skabies ngga?

  226. 227 cakmoki Oktober 28, 2010 pukul 11:45 pm

    @ Melisa:
    dilihat dulu donggg :)

    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  227. 228 yeye November 23, 2010 pukul 2:07 pm

    Dok,saya mengalami gatal-gatal di telapak tangan dan kaki juga di jari-jari,kemudian timbul bintik-bintik kecil jika pecah mengeluarkan air(bukan nanah).mula-mula bintik-bintik kecil kemudian menjadi satu, sedikit bengkak,dan rasanya gatal sekali.
    saya sudah ke dokter kulit,katanya saya stress dan di beri obat minum.memang setelah saya minum obat, gatal hilang dan sembuh,tetapi apabila obatnya habis gatal-gatalnya kambuh lagi dan kulit kembali bintik-bintik dan berair.ini sudah berjalan kurang lebih 1 tahun.
    salep apa yang harus saya pakai agar sembuh,kalau terus minum antibiotik apa bisa membahayakan?
    (saya hanya kontak dengan air apabila mandi dan cuci tangan saja)
    trimakasih sebelumnya.

  228. 229 eksan November 28, 2010 pukul 12:44 pm

    pak dokter, fotonya sudah saya kirim ke alamat email pak dokter, tolong dibantu ya pak :)

  229. 230 cakmoki November 28, 2010 pukul 4:01 pm

    @ yeye:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

    @ eksan:
    gak ada tuh

  230. 231 eksan November 28, 2010 pukul 11:45 pm

    wah masak sih dok? tp prasaan saya udah terkirim deh…

    oh yaudah deh besok saya kirim lagi ya dok…

  231. 232 cakmoki November 29, 2010 pukul 1:57 am

    @ eksan:
    ok, saya tunggu …. jangan lupa disertai diskripsinya. Makasih

  232. 233 Anton November 29, 2010 pukul 10:29 am

    Dok,

    saya cari artikel yang semacam jerawat tapi di skrotum kok gk ada ya ?
    apa namanya dok? ketika sudah ‘matang’ keluar warna putih seperti pasta gigi. Sudah ke dokter kulit sih, katanya itu gk berbahaya dan putih2 tsb adl lemak, dan gk bisa selesai kalo belum di operasi.

    Masalhnya, menyebabkan gatal dok..

    bisa dengan obat2an oles atau oral gk dok, atau memang harus di operasi ?

    Mohon bantuannya dok..

    Trims

  233. 234 cakmoki November 29, 2010 pukul 1:48 pm

    @ Anton:
    Namanya Folikulitis … yakni infeksi pada folikel rambut akibat penyumbatan pada kelenjar akar rambu sehingga terjadi gumpalan putih. Gak bahaya.
    Kalo masih kecil, cukup dengan obat oral dan obat topikal.

    Obat minum:
    1) Anti infeksi, misalnya: Doxycycline 100 mg, diminum 2×1 sesudah makan selama 7-10 hari… atau erythromycin 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan selama 7-01 hari.

    2) Antihistamin, untuk meredakan gatal, misalnya: Loratadine 10 mg atau Cetirizine 10 mg, diminum 1 x1 saat gatal aja.

    Obat Topikal:
    salep afucid atau fusycom, dioleskan 3-4 kali sehari selama sedikitnya 7 hari.

    Kalo gede dan membentuk kantong, namanya Atherome, gak bahaya, tapi harus operasi (operasi kecil dengan bius lokal)

    Makasih

  234. 235 eksan November 29, 2010 pukul 5:51 pm

    pak dokter fotonya sudah saya kirim ke email pak dokter.. tolong dibantu ya pak.. makasih

  235. 236 cakmoki November 29, 2010 pukul 11:18 pm

    @ eksan:
    Udah saya jawab via email…silahkan cek.
    Makasih

  236. 237 eksan Desember 2, 2010 pukul 9:19 pm

    trima ksh dok anjuran dari dokter akan saya coba, mdh2an gangguan kulit yg saya derita derita bertahun tahun ini bisa bisa hilang berkat anjuran dari dokter :)

    btw, saya mau nanya lagi dok, ada gak sabun yg cocok atau yg bisa menghilangkan gangguan kulit sperti yg saya derita ini?

    oiya, atau mngkin dokter punya saran2 lain untuk kulit saya ini dok..

    makasih dok..

  237. 238 cakmoki Desember 3, 2010 pukul 1:47 am

    @ eksan:
    Sama-sama… makasih juga telah berbagi.
    Sementara gak ada saran lain dan gak perlu sabun khusus.
    Terimakasih

  238. 239 luky Desember 3, 2010 pukul 9:15 pm

    Dok, saya sudah sembuh dari scabies 4 bulan yg lalu, namun permasalahan lain muncul, yaitu bekas scabies di kulit meninggalkan noda hitam banyak/ mungkin pigmentasi.
    Apakah noda hitam itu bisa hilang? bagaimana cara menghilangkannya ?
    trm kasih dok

  239. 240 cakmoki Desember 4, 2010 pukul 2:11 am

    @ lucky:
    noda hitam tersebut adalah hiperpigmentasi… dapat diminimalisir dengan obat atau dengan tindakan medis berdasarkan hail pemeriksaan dokter sesuai dengan ketebalan hiperpigmentasi tersebut.
    Pada hiperpigmentasi yang gak terlalu dalam, dapat diobati dengan krim yang mengandung hydroquinone dosis rendah selama 4-6 minggu…sedangkan jika tebal, biasanya memerlukan obat kombinasi atau tindakan medis.
    Makasih

  240. 241 yenny Desember 4, 2010 pukul 7:54 pm

    Yth Pak DOkter
    sy mengalami masalah spt yg diderita oleh sdri Euis diatas. gatal dan perih diselangkangan. mohon bantuan obatnya apa ya?
    karena sy malu mau ke dokter.
    td sy sudah email foto ke bapak
    terima kasih banyak atas bantuannya. kalau bisa mohon dibantu balas via email, karena saya tdk setiap hari online.

  241. 242 cakmoki Desember 4, 2010 pukul 11:57 pm

    @ yenny:
    Udah saya jawab via email… silahkan cek :)
    Makasih

  242. 243 addiha Desember 10, 2010 pukul 8:56 am

    Yth. Pak Dokter

    Kami sekeluarga pernah kedatangan tamu, nginep 2 minggu dirumah
    setelah pulang tamunya, kamu kejangkitan penyakit gatal-gatal di seluruh tubuh terutama malam hari,
    apabila digaruk terus maka akan jadi bercak merah yang lama kelamaan menjadi hitam ..
    sudah sekitar satu bulan, sampai sekarang masih
    sudah dengan segala cara, dokter, salep dan obat belum berkurang
    Mhn bantuannya
    Terimakasih
    salam

  243. 244 cakmoki Desember 10, 2010 pukul 2:08 pm

    @ addiha:
    kalo bener scabies, obatnya seperti di atas, yakni:
    1) Pereda gatal, misalnya Loratadine 10 mg atau Cetirizine 10 mg, diminum 1×1.
    2) krim scabimite
    3) Mandi pake sabun Deo-Sulfur atau JF-Sulfur…

    Namun, untuk memastikan jenis penyakit kulit tersebut, kalo berkenan silahkan kirim foto via email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com

    Terimakasih

  244. 245 CAt LOver Desember 11, 2010 pukul 7:34 pm

    KOk kecil yak cucakrowonya :D

  245. 246 aL D'WanteD Desember 20, 2010 pukul 10:07 pm

    aku panggil bang Gpp kan?? hehehe!!
    gini nih bang,, aku terkena penyakit gatal2 nih, klo di garut2 membengkak dan memerah!!
    klo terinfeksi bernanah gitu tuh bang!!
    ngeri deh penyakitnya, sampe ke anus gitu!!
    aku mau minta solusinya bang nih penyakit dah 3 bulan gtu….
    klo ini bener penyakit scabies…. aku mau obat nya itu sperti apa??
    dan solusinya untuk menghindari penyakit itu akan timbul kembali bang!!
    gtu bang…. trimakasih!!!

  246. 247 cakmoki Desember 20, 2010 pukul 10:56 pm

    @ aL D’WanteD:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  247. 248 fia Desember 21, 2010 pukul 8:41 pm

    cak, aku dapet gatel2 pertamanya di pantat warnanya abu2 kemerah2an, tapi sekarang klo gag digaruk gag gatel.
    trus ada lagi di lipatan ketiak, satu, ukurannya sekitar 1 cm, merah agak item gitu coz sering aku garuk, saking gemesnya mpe berdarah. gatelnya gag malem aja.
    semoga bukan skabies

  248. 249 fia Desember 21, 2010 pukul 8:41 pm

    cak, aku dapet gatel2 pertamanya di pantat warnanya abu2 kemerah2an, tapi sekarang klo gag digaruk gag gatel.
    trus ada lagi di lipatan ketiak, satu, ukurannya sekitar 1 cm, merah agak item gitu coz sering aku garuk, saking gemesnya mpe berdarah. gatelnya gag malem aja.
    semoga bukan skabies..
    ntar aku kirim potonya by email

  249. 250 cakmoki Desember 22, 2010 pukul 12:21 pm

    @ fia:
    ok, saya tunggu fotonya

  250. 251 aL D'WanteD Desember 22, 2010 pukul 3:17 pm

    sudah aku kirim bg…. gmn tuh bg??

  251. 252 fia Desember 22, 2010 pukul 3:45 pm

    udah aku kirim potonya cak…

  252. 253 cakmoki Desember 23, 2010 pukul 12:38 am

    @ aL D’WanteD:
    semua pertanyaan via email sudah saya jawab tuntas… entah kalo pake nama lain…. silahkan cek
    Maaf, jawabnya setelah selesai praktek, setelah tengah malam… kalo buru-buru, sebaiknya periksa ke dokter kulit :D
    Makasih

    @ fia:
    sudah saya jawab via email… silahkan cek
    Makasih

  253. 254 fia Desember 23, 2010 pukul 12:02 pm

    udah aku baca emailna…
    matursuwun cak…
    semoga cak moki selalu diberi kesehatan……..

  254. 255 cakmoki Desember 23, 2010 pukul 3:00 pm

    @ fia:
    sama-sama … makasih juga :)

  255. 256 Dedy Desember 24, 2010 pukul 4:25 pm

    cak begini.. seingat saya 2 minggu yang lalu (sepertinya) saya memeriksa penis saya dan saya menemukan di pangkal penis ada seperti guratan” putih seperti pergantian kulit.
    awalnya sih panik tapi tidak saya hiraukan karena saya pikr mungkin pergantian kulit.
    lalu setelah 3 hari yang lalu di tempat dimana bulu pubis berada saya heran kok banyak bentol bentol kecil bentuknya merah bulat, sering gatal dan ada seperti kulit yang mengelupas yang bentuknya hampir semuanya bulat cak. jumlah nya ada 4 sepertinya dan salah 1 nya berada di pangkal penis yang saya bilang tadi.

    apakah itu termasuk scabies ya cak?

    untuk info tambahan, sekitar 2 minggu yang lalu saya melakukan hubungan seks di sofa ruang tamu dan disana banyak kucing yang rata” jarang dimandikan dan banyak kutu nya dan tak jarang pula saya menemukan bulu” kucing di sofa tersebut.

    apa mungkin tertular dari sana?

    keluhan saya untuk seputar kelamin yah cuma itu saja. sisanya sepertinya baik” saja. pipis pun sepertinya tidak ada masalah/sakit.
    tapi apa bisa jadi penyakit kelamin yah cak?

    kalau memang benar scabies gimana cara penanggulangannya yah cak? dan obat nya apa?
    apa karena sudah saya biarkan selama 2 minggu jadi makin parah yah cak?

    mohon jawabannya cak. makasih.

  256. 257 cakmoki Desember 25, 2010 pukul 12:10 am

    @ Dedy:
    Kalo bener scabies, obatnya udah tertulis pada disuksi sebelumnya…silahkan scroll :D
    Namun, untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  257. 258 radid Desember 30, 2010 pukul 5:51 pm

    blognya suuuuiiibbb, q mow konsul lewat email ya cak ad ftonya juga

  258. 259 radid Desember 30, 2010 pukul 6:19 pm

    masuk gak hotonya cak d email???

  259. 260 radid Desember 30, 2010 pukul 6:20 pm

    mksudnya foto hehe

  260. 261 cakmoki Desember 31, 2010 pukul 12:44 am

    @ radid:
    ok, nati saya lihat setelah tugas saya udah selesai *kalo gak ketiduran* :D
    makasih

  261. 262 gatal2 Januari 2, 2011 pukul 8:59 pm

    info yang berguna. trims.

  262. 263 cakmoki Januari 2, 2011 pukul 11:10 pm

    @ gatal2:
    makasih juga atas kunjungannya :)

  263. 264 muhammad nurdin Januari 6, 2011 pukul 7:55 pm

    om udh stu bulan nh aku dan kluar ga gatel2 smua nh kya’a si penyakit nya kya skabies tpi sya periksa ke dokter kta’a cacar air tolong bantu sya dong om

  264. 265 cakmoki Januari 7, 2011 pukul 1:58 am

    @ muhammad nurdin:
    Kalo cacar air, gak mungkin 1 bulan… soalnay akan sembuh paling lama 2 minggu dengan obat yang tepat.
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  265. 266 Julian Januari 15, 2011 pukul 3:30 am

    Cak klo penghilang bekas luka akibat scabies ap?
    bisa hilang ap gk??

  266. 267 cakmoki Januari 15, 2011 pukul 5:31 am

    @ Julian:
    biasanya hilang dengan sendirinya sekitar 3 bulan setelah scabies sembuh… kalaupun masih belum hilang, dapat diobati dengan obat anti hiperpigmentasi

  267. 268 4rai Februari 1, 2011 pukul 3:35 pm

    cak mu tanya….
    sudah hampir 5 bulan saya gatal2, awalnya hanya berada di betis, tapi sekarang gatal2nya pindah dan mulai menyebar.
    mulai dari selangkangan n seluruh kemaluan bahkan sampai uajung batang kemaluan…kaya pulau gitu cak..bentol…n kalo malam gatalnya ga ketulungan…
    terus mulai timbul bentol2 merah di paha, pinggang, bokong,sela2 jari n sekitar ketiak bagian depan. bagian perut bagian bawah juga ada sekarang mulai bernanah.

    saya sudah pernah periksa ke dokter katanya saya skabies n eksim tapi apa benar dok eksim n skabies bisa kompilkasi seperti itu???
    kira2 obat apa yang cocok..n saya sudah di suntik katanya untuk skabies tapi kira2 berapa lama saya harus suntik lagi??kira2 perlu ga di suntik lagi????
    thx ea sebelumnya

    leo

  268. 269 cakmoki Februari 1, 2011 pukul 5:24 pm

    @ 4rai:
    kalo scabies ga kayak pulau.
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Terimakasih

  269. 270 nonali wau Februari 3, 2011 pukul 1:30 pm

    hallo anak sy umur 5 tahun, kulit luar kemaluannya gatal-sakit memerah, sehingga malam-malam dia berteriak kesakitan katanya.

    tolong apa solusinya dan mengapa itu terjadi

    trims

  270. 271 cakmoki Februari 3, 2011 pukul 11:06 pm

    @ nonali wau:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Solusinya, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  271. 272 ferdi Februari 17, 2011 pukul 6:14 pm

    salam dok….

    mw nanya nih dok,

    1.mengapa setelah menggunakan scabimite,masih terasa gatal??
    2.apakh sabun sulfur dapat langsung membunuh larva yg bru menetas??
    3.apakah kutu scabies yg ada di pakaian akan mati jika saya strika????

    mohon pencerahan nya dok…

  272. 273 cakmoki Februari 18, 2011 pukul 12:27 am

    @ ferdi:
    salam,
    1) Mungkin masih ada scabiesnya… makainya scabimite udah berapa lama?
    2) Sabun sulfur bukan membunuh secara langsung tp menghambat pertumbuhannya.. karenanya bisa saja tidak semua scabies yg baru menetas terberantas dengan sabun sulfur.
    3) Ya. Kutu sacbies mati dengan suhu tinggi (setrika dan cuci air panas)
    Namun scabies tidak hanya berada di pakaian, media penularan yg lain juga harus dibersihkan, seperti sprei, sarung bantal, selimut, dll… dan yg tak kalah pentingnya memberantas sumber penularan secara bersamaan.

    Makasih

  273. 274 ferdi Februari 18, 2011 pukul 10:01 am

    pemakaian nya udh 2 kali(2 minggu)
    seminggu pertama terjadi infeksi skunder,tp telah di atasi kemudian gatal2 lumayan berkurang..
    minggu kedua gatal2 sedikit demi sedikit kembali…
    yg mw saya tanyakan lg dok:
    1.apakah pemakaian scabimite diteruskan sampai semua kutu nya mati semua???
    2.jika kita mandi air panas,apakah berpengaruh pd kutu???
    3.sekarang kan lg hujan tak menentu,jd jarang adanya panas matahari.apakah pakaian yg saya setrika sdh bersih dr kutu??
    4.apakah ada efek samping dr pemakaian scabimite yg berlebih???

    mav dok kebanykan tanya lg bingung ma ni,apa mw nya si kutu….

    mksh sblum nya dok….

  274. 275 cakmoki Februari 18, 2011 pukul 2:37 pm

    @ Ferdi:
    1) Iya, diteruskan hingga tuntas… adakalanya perlu beberapa minggi untuk menuntaskan semua kutu :)
    Sebenarnya make setiap hari gak papa, soalnya kita mandi 2 kali sehari. Kecuali kalo terjadi iritasi

    2) gak ngaruh

    3) kalo nyucinya pake air panas kemudian disetrika, kutu akan mati.

    4) Ada… yang paling sering iritasi kulit. namun akan hilang dg sendirinya kalo udah gak makai lagi

    Makasih

  275. 276 Bobby Februari 20, 2011 pukul 9:38 pm

    Salam Dok,

    mau tanya Dok,
    nama saya Bobby dari Semarang, saya udah 2 bulan ini gatal-gatal tapi gak sembuh2,padahal udah ke 2 dokter. gatal2 saya kalo digaruk nanti timbul seperti jerawat banyak, kadang ada nanahnya juga, gatal2 pertama dimulai dari pantat kiri lalu pantat kanan, setelah pantat kemudian ke pergelangan tangan kiri lalu juga pergelangan tangan kanan, lalu saya ke dokter kulit 1 katanya sih alergi lalu dikasi salep alergi yang kayaknya bikinan dokter itu, dan obat minum tapi saya lupa namanya kalo gak salah Lameson dan Logista, lumayan berkurang tapi gak bisa sembuh total, soalnya gatal2nya kok timbul lagi di tempat lain seperti paha kiri dan paha kanan, lutut kiri dan lutut kanan dan pergelangan kaki kiri dan kanan, kemudian saya ke dokter ke 2 juga dibilang alergi, tapi gak tau alergi apa, lalu dikasi obat minum Medrol dan Aerius dan Salep Locoid dan bedak yang kalo saya liat di resep nya tulisan nya terdiri dari Anaesthesin 2%,Menthol 1%, Oxyd Zinci 10gr,Boortalk ad 50gr,MF Talk. tapi kok tetap tidak sembuh malah sekarang di punggung saya juga gatal2, ini nanti udah saya foto, udah saya kirim fotonya juga ke email dokter, mohon dokter lihat kalo menurut dokter itu Skabies,alergi atau kurang kalsium atau apa ya dok? dan apa pengobatannya, terima kasih sebelumnya ya dok.

  276. 277 cakmoki Februari 21, 2011 pukul 12:54 am

    @ Bobby:
    salam,
    Ok, saya tunggu fotonya.
    makasih

  277. 278 dito Maret 4, 2011 pukul 5:33 pm

    assalamu’alaikum
    pak dokter…tolong saya pak…
    sepertinya saya kena scabies yang parah….disekitar selangkangan saya sudah membentuk pulaunya dok….rasanya sangat gatal….apalagi kalo malam..sampe gk bs tidur gt …sudah setahun ini penyakit saya dok….sekarang sudah mulai menyebar di sekitar dengkul dan di sela2 jari mulai muncul bintik2 yang kadang berair gt…
    bagaimana cara mengobatinya dok..???
    oh ya photonya sudah saya kirim ke email…
    terima kasih sebelumnya…
    wassalam

  278. 279 cakmoki Maret 5, 2011 pukul 12:17 am

    @ dito:
    Wa’alaikum salam, wr, wb,
    Ok, besok saya lihat fotonya
    Makasih
    Wassalam

  279. 280 salim Maret 5, 2011 pukul 9:29 am

    numpang nanya nih Dok,.
    di paha saya gatel gatel gitu,tapi setelah beberapa hari in gatel itu menjalar dan berbntuk spt cacing ( panjang ) dan itu terus mejalar kalo bagian yg sud tdk gatel itu akan menimbulkan bekas hitam , tan itu seperti jalurnya / jejaknya.
    awal kejadian ni hanya gatel biasa seperti diggit semut.
    Mohon bantuannya. Atas waktu dan bantuannya saya ucapkan terimakash.

  280. 281 cakmoki Maret 5, 2011 pukul 10:39 am

    @ salim:
    met pagi,
    kalo bener berlenggak lenggok mirip rel sepur mini di bawah kulit, bukan karena digigit sembut, tapi larva cacing yg masuh kulit trus berkjalan di bawah kulit..disebut Cutaneous Larva Migran.
    Selengkapnya tentang cutaneous Larva Migrans, silahkan baca artikelnya di Blog ini pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2007/02/02/cutaneous-larva-migran-lenggak-lenggok-cacing-mini/

    baca juga diskusi-2 nya…obat nya lengkap tertulis di situ.
    Makasih

  281. 283 Raden Maret 21, 2011 pukul 8:50 am

    Pak Dokter, mohon bantuannya agar saya bisa segera sembuh dari sakit gatal2 di kaki yg luar biasa gatalnya. Awalnya yang gatal cuma di punggung telapak kaki seperti digigit nyamuk gejalanya dan cuma ada sekitar 5 titik gatal, tapi gatal sekali dan saya garuk sampai lecet2, ada yg keluar cairan bening, ada yg berdarah, ada yg menggelembung berisi cairan bening.Tapi kenapa pak, makin digaruk makin menyebar gatal2nya ke tempat sekitarnya dan sekarang gatal2nya malah naik, timbul di kaki bagian betis dan tulang kering bahkan beberapa ada yg di paha. Pak, apa yg jadi penyebabnya dan bagaimana solusi serta pengobatannya? Foto2nya saya kirim ke Email Bapak. Terimakasih banyak Pak :)

  282. 284 cakmoki Maret 21, 2011 pukul 3:15 pm

    @ Raden:
    Udah saya jawab via email… silahkan cek
    makasih

  283. 285 andi Maret 23, 2011 pukul 2:59 pm

    dok seandainya saya kena scabbies kalau gatalnya sudah keseluruh kulit gimana cara make scabimitenya apakah harus dioleskan kesuluruh tubuh dok

  284. 286 cakmoki Maret 24, 2011 pukul 11:45 am

    @ andi:
    hanya pada bintiknya saja, namun kalo kesulitan ga papa dioleskan ke seluruh tubuh karena kita rata-2 mandi 2 kali sehari

  285. 287 Chiro Maret 31, 2011 pukul 6:00 am

    sblm nya salam kenal cakmoki
    saya sudah 3bln gatel pda pergelangan tngan, paha, siku tangan dan kemaluan juga dan smua keluarga saya jg gatel selang 1migu setelah saya gatel”
    gaatal nya sangat mengganggu sekali ketika tidur dan waktu istrihat
    apa ini penyakit scabies cak??
    dan saya juga udah berkali” periksa ke dokter dan hasilnya jg blm ad hasilnya
    dan saya jg sudah melihat komen” yg diatas tentang obat gatel ini dan saya bingung obat yg cocok buat saya apa ya cak?
    dan 1 lg slama 2bln ini saya minum obat dexamethazon 0.75mg dan itu cuma buat menghilangkan rasa gatal sesaat saja
    apa tidak apa” jika minum obat itu berkepanjangan (karena blm menemukan obt yg cocok)
    n itu keluhan saya cak
    sblmnya trims untuk cakmoki

  286. 288 cakmoki Maret 31, 2011 pukul 6:26 pm

    @ Chiro:
    salam kenal,
    jangan minum dexamethason berkepanjangan ..stop saja.
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  287. 289 jaka April 2, 2011 pukul 2:33 am

    cak,saya juga skabiesers… dari dokter juga udah kasi obat2 kaya diatas,yang saya gak tahan malah bukan gatalnya,tapi clekat clekitnya abis diobat itu… apa ada obat untuk penahan rasa perihnya cak ? maturnuwun sebelumnya..

  288. 290 cakmoki April 2, 2011 pukul 9:48 am

    @ jaka:
    clekat-clekit dapat diminimalisir dengan bedak salisil setelah pake obat… kalo masih brasa sakit, dapat menggunakan asam mefenamat 500 mg, diminum sesudah makan saat terasa sakit.
    makasih

  289. 291 mawar April 4, 2011 pukul 7:53 am

    Cak moki yg baek,
    saya lg hamil jln 2bln nih,saya pny keluhan gatel.sbnernya bbrp bln sblm hamil jg udh gatel dilengan ama paha,bentol2 gt tp gatelnya dtengnya jg jrang,trs abis itu jg g ad bekasnya.nah skrg pas hamil,gatelnya jd sering tp g tiap hr.gatelnya nambah dileher,lengan,paha,telapak kaki dkt jari,trs skitar lengan ama paha jg.ciri2nya sama kyk dl,bentol2 kcil gt,g merah2 jg kcuali saya garuk bru merah/luka.trs g ad bekas setelah itu.yg g kuat gatelnya ditelapak kaki cak,makin digaruk makin gatel.mlh jd agak panas gt :(

    Kira2 knp y cak?apa bwaan hamil?saya dl siy klo gatel minum dextamine.cm skrg tkut mo mnum obt jg jd pake bedak aja.tlg penjelasan dan solusinya y dok hehehe makasi :)

  290. 292 cakmoki April 4, 2011 pukul 4:35 pm

    @ mawar:
    kalo hanya ngurangi gatal, dapat menggunakan antihistamin, misalnya tablet loratadine atau cetirizine 10 mg, diminum 1×1 … obat-2 ini adalah obat kategori B pada kehamilan yang artinya aman…sama amannya dengan multivitamin untuk ibu hamil yg sama-2 obat kategori B.
    Makasih

  291. 293 dodo April 8, 2011 pukul 9:20 am

    sama kya aku tuh. dah brapa hari terkhir nie gtal-gtal. alkhmdlLah dah smbuh. tiap hari gitar truz, mnyebalkan. pdhal obt-obatan udah aku pke untk ngilangin gatal nie.

  292. 294 craze April 19, 2011 pukul 10:35 pm

    dari Desember ada kyk bintik diselangkangan trus ane garuk sampe luka, lama2 gatelnya ga ketulungan jadinya garuk terus.. ga nyadar gatelnya nyebar dari sisi kiri ke kanan pelakunya masih sama bintik2 kecil tadi isinya air. karna dikira lama2 ilang ane biarin. sampe skarang ga ilang yang ada selangkangan ane udah sekitar 1 cm ada bintik isi cairan, udah nyebar ke ujung lubang pantat, zakar udah penuh bintik pantesan kok perasaan zakar saya membesar, pas diperhatiin lagi rupanya udah ada bintik2nya…
    skabies kan itu dok???
    obatnya yg dijual di apotik2 umum apa ya???
    pengen sembuh dok, udah muak ane tiap malem garukkkkkkkk

  293. 295 cakmoki April 20, 2011 pukul 3:23 am

    @ carze:
    menilik gambarannya, kemungkinan scabies..namun untuk memastikannya harus periksa ke dokter terdekat.
    Jika emang scabies, obatnya dapat diperoleh di apotek tanpa resep dokter sebagaimana diskusi-2 sebalumnya.
    moga segera sembuh
    makasih

  294. 296 craze April 20, 2011 pukul 12:54 pm

    wauh, malu dok kalo priksa ke dokter..
    soalnya yg kena kan selangkangan…
    zakar ane jadi gemuk gitu ga taunya pas di stretch ada bintik2 kecilnya kalo di garuk2 kenceng jadi berair..

    btw kalo di apotik bilangnya obat apa dok?
    mereka ngerti kan kalo bilang obat skabies?

  295. 297 cakmoki April 20, 2011 pukul 1:48 pm

    @ craze:
    Scabimite … silahkan baca diskusi sebelumnya… *keathuan ga baca ya* :D
    Sabunnya pake Deo Sulfur or JF Sulfur.
    Adapun obat minum untuk meredakan gatal: Loratadine 10 mg atau cetirizine 10 mg (merk dagang bebas memilih), diminum 1×1 hingga gatalnya reda.
    Selengkapnya, silahkan baca lagi diskusi-2 sebelumnya
    makasih

  296. 298 craze April 20, 2011 pukul 2:26 pm

    makasih pak dokter…
    maap ga bisa baca semua.. abis sambil garuk2 jd ga fokus hehe

  297. 299 cakmoki April 20, 2011 pukul 4:45 pm

    @ craze:
    hahaha …sambil nyanyi laginya briptu Norman Kamaru :D
    Ok, sama-sama … makasih juga telah berbagi

  298. 300 jeba April 23, 2011 pukul 2:00 pm

    pak dok… skabies=kutu air???
    bener ga tuh?
    kalo pake kalpana* (miconazole nitrate 2%) ampuh ga?
    soalnya ada tulisan mengobati kutu air
    tq

  299. 301 cakmoki April 23, 2011 pukul 3:57 pm

    @ jeba:
    kalo bener skabies, obatnya bukan kalpanax… silahkan baca lagi artikel di atas dan diskusi-2 nya.
    Untuk memastikan scabies atau bukan, harus diperiksa dokter secara langsung, atau setidaknya melalui foto via email, seperti para penanya yg lain
    makasih

  300. 302 Ridho April 23, 2011 pukul 4:02 pm

    Gan mau nanya,,!

    penyakit gatal yang saya derita sama seperti Noni bentuknya berupa bentol-bentol kecil yang kalau di garuk bentolnya semakin besar apakah itu sama dengan Skabies itu atau tidak??apa obat nya yg bisa nyembuhinnya?? soalnya keluarga saya kena smua nih !!

  301. 303 craze April 23, 2011 pukul 7:13 pm

    besok mo bli obat2nya nih
    biar pasti, ane kirim foto ke email dokter…
    takutnya malah bukan skabies hehe

  302. 304 jeba April 24, 2011 pukul 8:16 am

    ooh berarti kutu air bukan skabies
    salah kamar nih.. hohoho

  303. 305 cakmoki April 24, 2011 pukul 6:10 pm

    @ Ridho:
    untuk mngetahui scabies atau bukan, sebaiknya kirim foto via email.
    Kalo emang bener scabies, berdasarkan pemeriksaan dokter tersdekat, obatnya sebagaimana tercantum pada artikel dan diskusi-2 sebelumnya…silahkan baca

    @ craze:
    ya, ntar saya cek di mailbox

    @ jeba:
    bukan :)

  304. 306 craze April 25, 2011 pukul 5:20 am

    aduh kemaren scabimate di kimiaparma kosong.
    semalem ga bisa tidur gara2 gatelnya gila2an
    udah liat dok email sy? itu skabies kan?

  305. 307 Ridho April 25, 2011 pukul 10:22 am

    Photo nya udah di kirim ke cakmoki2006@yahoo.com silahkan di cek..

  306. 308 cakmoki April 25, 2011 pukul 1:56 pm

    @ craze:
    udah saya lihat dan saya jawab…silahkan cek

    @ Ridho:
    ok ..ntar malam saya cek
    makasih

  307. 309 dian susanto April 25, 2011 pukul 11:17 pm

    untuk memberantas penyakit scabies pake obatnya pake obat apa pak

  308. 310 dian susanto April 25, 2011 pukul 11:20 pm

    untuk membrantas scabies pake obat apa

  309. 311 cakmoki April 26, 2011 pukul 3:32 am

    @ dian susanto:
    salep scabimite …silahkan baca diskusi-2 sebelumnya.
    *ketahuan gak baca* :D

  310. 312 craze April 27, 2011 pukul 5:34 pm

    cek email dok.. mudah2an makin jelas skabies/bukan

  311. 313 cakmoki April 27, 2011 pukul 11:18 pm

    @ craze:
    ok, ntar saya lihat … makasih :)

  312. 314 Craze April 28, 2011 pukul 2:33 am

    Oo.. Jdi skabies. Obatnya scabimite. Trus infeksi sma jamurnya pake obat apa?

  313. 315 jack April 28, 2011 pukul 2:48 pm

    wew scabimite lg kosong nih… akhirnya beli scabicid tapi lama amat yah makenya seminggu sekali di brosurnya.. ga boleh kena air lg selama 24 jam.. ane kan kenanya di selangkangan>_<
    btw dok, kalo ada luka bekas garukan itu dikeringin dulu ato lgsg oles aja ama cabicid?

  314. 316 Ryan April 28, 2011 pukul 4:11 pm

    Oktober kemaren saya kena scabies kemudian sekeluarga juga kena.
    Saya+keluarga udah pake scabimite.
    Kasur,selimut,dll udah dijemur.
    Semuanya udah sembuh kecuali saya.
    Sampek sekarang masih gatel tapi anehnya sekarang gejalanya beda.
    Dulu ciri-cirinya sama kayak yang ditulis di blog ni.
    Tapi sekarang kayak bentol-bentol digigit nyamuk di sekujur tubuh terutama di tangan sama kaki.
    Kalo minum incidal langsung gak gatel tapi itu cuma bertahan sekitar 3 hari,selanjutnya gatal lagi.
    Pertanyaanya:
    1. Apa saya masih kena scabies?
    2. Kalo bukan,saya terkena penyakit apa?
    3. Gimana cara penyembuhannya?
    Makasi :)

  315. 317 creep April 28, 2011 pukul 7:41 pm

    penyakit paling ngeselin yg skrg lg berjaya di selangkangan ane…
    heran nular dari mana yah, padahal masih perjaka, ga pernah pake clana dalem org. lagi pengobatan nihT_T gatelllll!!

  316. 318 cakmoki April 28, 2011 pukul 11:35 pm

    @ Craze:
    Jawaban selengkapnya sudah sy kirim via email kemarin…silahkan cek.
    Makasih

    @ jack:
    weh, nampaknya belum baca diskusi-2 sebelumnya ya :D
    makainya bisa 2 kali sehari sesudah mandi.. kalo seminggu sekali tanpa mandi.
    untuk yg lecet dapat diolesi bersaman dengan salep anti-infeksi, misalnya: salep gentamycin atau sejenisnya hingga mengering.
    makasih

    @ Ryan:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Terimakasih

    @ creep:
    untuk penularannya silahkan baca pada artikel di atas :D

  317. 319 Ryan April 29, 2011 pukul 10:08 pm

    Dok,fotonya udh q kirim ke e-mail dokter.
    tolong dicek ya!

  318. 320 cakmoki April 30, 2011 pukul 12:15 am

    @ Ryan:
    ok, ntar kalo tugas sy udah selesai akan saya cek
    Makasih

  319. 321 aL D'WanteD Mei 6, 2011 pukul 6:45 pm

    dok.,.,
    apa obatnya yg manjur untuk mnghilangkan penyakit skabies ini dok??
    alergi nya dah bosan aku dok… udah 2 tahun nahan2 makanan nya!!
    kalau cara ilangin bekas luka ini gimana dok??
    aku mw tau obat nya,,,
    aku gak maw ke dokter lain lagi,, sia2 aja, penyakit nya kambuh lagi sesudah abis obatnya!!
    trimakasih y dok,,

  320. 322 cakmoki Mei 6, 2011 pukul 11:03 pm

    @ aL D’WanteD:
    Lha itu, obatnya udah jelas tertulis di artikel dan diskusi-diskusi sebelunmnya..yakni: scabimite
    Bekasnya ntar menggunakan obat kalo scabiesnya udah bener-2 sembuh.
    Pilihan obatnya bergantung pada bentuk bekasnya … tanpa melihat, gak mungkin sy merekoemdasiakn obat untuk meminimalisir bekas scabies.
    makasih

  321. 323 aL D'WanteD Mei 7, 2011 pukul 5:46 pm

    makasih ya dok…
    skabimite di pake 1 kali sehari kan\???
    di pake sampe shat!! hahahaha ok dok
    klo di pake terus-terusan gimana dok???

  322. 324 cakmoki Mei 7, 2011 pukul 6:29 pm

    @ aL D’WanteD:
    ya, betul… gak papa pake terus kalo emang si scabies masih jrasan :D
    Makasih

  323. 325 punkadelic Mei 9, 2011 pukul 11:02 pm

    cakmoki, saya mo tanya,… apakah dengan mandi air laut bisa mengatasi dan membersihkan scabies… mohon di jelaskan… spertinya saya kena scabies…

  324. 326 cakmoki Mei 10, 2011 pukul 2:33 pm

    @ punkadelic:
    Tidak bisa.
    Kini, hampir di seluruh pelosok tanah air sudah ada puskesmas… dokter juga tersebar di mana-mana.. beda dg jaman sy masih kecil dimana sulit ketemu fasilitas kesehatan sehingga saat itu scabies ga sembuh-2 dan makin menyebar walau berendam di air laut seharian. Kalo mau coba ga ada yg melarang :d
    Makasih

  325. 327 rusmin Mei 15, 2011 pukul 4:06 pm

    cakmoki…saya mau tanya di dalam vagina istri saya tumbuh sperti daging kecil warna kemerahan itu kira2 penyakit apa ya cakmoki..mhn bantuannya bals di via email saya..ma kasih banyak ya cak..

  326. 328 cakmoki Mei 15, 2011 pukul 9:30 pm

    @ rusmin:
    Menurut saya, daripada menduga-duga, paling tepat periksa ke dokter kulit sehingga dapat diperiksa secara langsung, apakah daging tersebut normal ataukah penyakit.
    Makasih

  327. 329 craze Mei 22, 2011 pukul 5:17 pm

    udah ilang nih di sekitar rudal
    tapi di sekitar pantat blom nih,,
    kayaknya gara2 sering duduk jadi ilang olesan obatnya ya

  328. 330 cakmoki Mei 22, 2011 pukul 5:26 pm

    @ craze:
    iya, bisa jadi begitu…. silahkan dilanjutkan agar yg di pantat ilang juga :)

  329. 331 mrempit54 Mei 24, 2011 pukul 3:12 pm

    dok, fotonya dah saya kirim, mohon dijawab yah :)

  330. 332 cakmoki Mei 24, 2011 pukul 6:36 pm

    @ mrempit54:
    ok, maaf..masih sibuk.. ntar kalo ada waktub luang tentu saya jawab :D
    Makasih

  331. 333 mrempit54 Mei 25, 2011 pukul 12:24 am

    oke deh pak, tapi email dari saya dah nyampe kan pak? hehe

  332. 334 cakmoki Mei 26, 2011 pukul 1:48 am

    @ mrempit54:
    ok…silahkan cek di mailbox

  333. 335 Dik'z Mei 29, 2011 pukul 12:45 am

    Tq infox,
    baru terkena nih, g’ tau darimana (temen kosan paling soalx dia pernah katel” gitu di sela” jari) sial banget :'(

  334. 336 cakmoki Mei 29, 2011 pukul 2:10 pm

    @ Dik’z: :) moga segera sembuh

  335. 337 indra satya Mei 30, 2011 pukul 9:32 am

    makasih cak atas infox, saya termasuk orang yg tertular scabies ini, mngkin dngan membaca artikel ini dapat membantu untuk mengobati penyakit scabies saya ini, amien2 y robbal alamien

  336. 338 julianus Mei 30, 2011 pukul 10:18 am

    hey… cakmoki…
    gini dok, sy sdh hmpr 2 minggu diserang ama namanya skabies i2…sdh ke puskesmas di kasih obat…
    sempat sih agak sembuh begitu.. tapi sy coba untuk bersihkan penis saya (maaf) dengan menggosoknya akibatnya tambah para dan berdarah tapi nggak sampai keluar dok.
    mert dokter obat apa yg cocok untuk nyembuhin luka di kelamin sy itu, agak sedikit pedis dok.

  337. 339 cakmoki Mei 30, 2011 pukul 1:59 pm

    @ indra satya:
    Ya, semoga :) … amiiin

    @ julianus:
    Untuk luka di penis, dapat menggunakan salep gentamycin (paling ringan) atau salep fucidin… sedikitna digunakan 7 hari hingga sembuh.
    makasih

  338. 340 julianus Mei 30, 2011 pukul 4:31 pm

    thnks dok untuk informasinya…
    ooo iya dok adalagi yg saya ingin tanyakan.

    Bagaimana caranya agar keluarga saya nggak terserang ama penyakit ini?
    Apa dengan hidup bersih kita bisa mencegah untuk diserang ama penyakit ini.??
    Soalnya waktu diasrama dulu beberapa teman saya ada yang tidak terserang penyakit ini.dr 40 siswa hanya 7 yg tidak, knp bisa iya dok??thnks sblmnya…


  1. 1 Skabies : Kulit Gatal Bikin Sebal « Ngobrol Kesehatan Lacak balik pada September 3, 2008 pukul 11:59 pm
  2. 2 Kumpulan Artikel Penyakit Kulit | forum.catatanku.in Lacak balik pada Februari 1, 2011 pukul 11:15 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,958,554 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 559 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: