Kendalikan Kolesterol yuk

KETIKA LIPATAN KULIT BERLEMAK MULAI TAMPAK

junkfood120 Rutinitas pekerjaan, kesibukan, perburuan target kinerja *demi bonus euy*, sering bepergian *ke luar kota or kel luar negeri* dan segala bentuk aktifitas lainnya, acapkali kadang membuat kita lupa bahwa tubuh telah berubah tanpa kita sadari.

Mata terbelalak ketika kita mendapati perut mulai membuncit, kulit mulai berlipat, gerakan mulai lamban … dan berbagai dampak peningkatan berat badan mulai terasa … :P … lemah berlebih … ihhh !!!

HIPERLIPIDEMIA

Adalah tingginya kadar lemak (kolesterol, trigliserida atau keduanya) dalam darah. Lemak (lipid) merupakan zat yang kaya energi, berfungsi sebagai sumber energi untuk proses metabolisme. lemak diperoleh dari makanan atau dibentuk di dalam tubuh terutama di hati (liver) dan dapat disimpan di dalam sel-sel lemak untuk digunakan di kemudian hari. Sel-sel lemak juga melindungi tubuh dari dingin dan melindungi tubuh dari cedera. Selain itu, lemak merupakan komponen penting dari dinding sel, selubung saraf yang membungkus sel-sel saraf dan empedu.

Di dalam darah terdapat 2 jenis lemak utama, yakni kolesterol dan trigliserida yang mengikatkan dirinya pada protein tertentu sehingga dapat mengikuti aliran darah. Gabungan antara lemak dan protein disebut lipoprotein dan lipoprotein utama yang perlu kita ketahui antara lain:

  • Kilomikron
  • VLDL ( Very Low Density Lipoprotein )
  • LDL ( Low Density Lipoprotein )
  • HDL ( High Density Lipoprotein )

Dalam kaitannya dengan penyakit, perlu dipahami bahwa tidak semua kolesterol meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung. Kolesterol yang dibawa oleh LDL (kolesterol jahat) menyebabkan meningkatnya resiko Penyakit Jantung Koroner, sedangkan HDL (kolesterol baik) menurunkan resiko tersebut dan menguntungkan. Idealnya kadar LDL tidak boleh lebih dari 130 mg/dL sedangkan kadar HDL tidak boleh kurang dari 40 mg/dL dan HDL seyogyanya lebih 25 % dari kadar kolesterol total.

Sebagai faktor resiko dari penyakit jantung atau stroke, kadar kolesterol total tetap penting tapi yang lebih penting adalah perbandingan kolesterol total dengan HDL atau perbandingan LDL dengan HDL.

FAKTOR PENYEBAB

Kadar lipoprotein, terutama LDL meningkat sejalan dengan bertambahnya usia. Dalam keadaan normal, pria memiliki kadar yang lebih tinggi dari wanita, tapi setelah menopause kadar pada wanita mulai meningkat. Faktor lain penyebab tingginya kadar lemak tertentu (misalnya: VLDL dan LDL) antara lain:

  • Riwayat keluarga dengan hiperlipidemia
  • Obesitas
  • Diet kaya lemak
  • Kurang olah raga
  • Penggunaan alkohol
  • Merokok
  • Diabetes yang tidak terkontrol
  • Kelenjar tiroid yang kurang aktif

healthy_diet Sebagian besar kasus peningkatan kadar trigliserida dan kolesterol total bersifat sementara dan tidak berat, terutama akibat dari makan berlemak. Kecepatan pembuangan lemak dari darah pada setiap orang berbeda-beda. Seseorang bisa makan sejumlah besar lemak hewani dan tidak pernah memiliki kadar kolesterol lebih dari 200 mg/dL, sedangkan orang lain yang menjalani diet rendah lemak dengan ketat tapi tidak pernah memiliki kadar kolesterol total di bawah 260 mg/dL. Hal ini nampaknya bersifat genetil dan berhubungan dengan perbedaan kecepatan masuk keluarnya lipoprotein dalam aliran darah.

LDL KOLESTEROL DI ATAS NORMAL

Kadar kolesterol yang tinggi, terutama LDL, akan memicu timbulnya plaque pada dinding pembuluh darah yang merupakan dasar terjadinya artherosklerosis (penyempitan pembuluh darah) atau dikenal dengan Penyakit Jantung Koroner.

Diet rendah kolesterol dan rendah lemak jenuh akan mengurangi kadar LDL. Seangkan olahraga teratur (bersifat aerobik) dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dan menambah kadar kolesterol HDL.

TIPS MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL

Pada umumnya, pengobatan terbaik untuk seseorang yang memiliki kadar kolesterol atau trigliserida tinggi, adalah:

  • Menurunkan berat badan bagi yang mengalami kelebihan berat badan
  • Berhenti merokok
  • Mengurangi jumlah lemak dan kolesterol dalam makanannya.
  • Menambah porsi olah raga (atau mulai olahraga teratur yang bersifat aerobik)
  • Mengkonsumsi obat penurun kadar lemak (jika diperlukan).

Apabila kadar lemak darah sangat tinggi atau tidak memberikan respon yang baik terhadap tips di atas, maka perlu dicari penyebabnya yang lebih spesifik dengan pemeriksaan khusus sehingga dapat diberikan pengobatan yang sesuai.

CATATAN PENULIS:

Khusus untuk olahraga, seyogyanya dilakukan secara teratur sesuai dengan selera dan kesempatan, yang penting bersifat aerobik dan gak harus mahal. cihuyyy Olahraga teratur semisal push-up atau sit-up (sekitar 25 kali setiap hari) *wuih, 5 kali pada minggu pertama udah sakit perut atuhhh* cukup memadai untuk mengendalikan berat badan, … atau skipping (loncat tali sekitar 50 kali setidaknya 3 kali seminggu) kalo sempat … so, tidak harus beli peralatan olahraga indoor seharga jutaan untuk kemudian nganggur lantaran bosan. Sebagai penambah semangat (baca: nggaya), penulis hingga kini masih menyempatkan push-up dan sit-up setiap hari (tengah malam gak dilarang koq, sesempatnya deh) dan skipping seminggu sekali … ehm. :P

Semoga bermanfaat.

Sumber: Brosur RSHU Surabaya.

:: :: :: Posting menggunakan WLW :: :: ::

About these ads

66 Responses to “Kendalikan Kolesterol yuk”


  1. 1 draguscn Agustus 15, 2008 pukul 5:56 am

    wah pertamax
    kalo ngga salah ada yang namanya rasio Total Kolesterol : HDL. HDL : LDL ratio .. tolong terangin dong ..
    Kalo badan udah berat terus ngga bisa olahraga yang seperti disarankan harus mulai dari mana cak ?

  2. 2 draguscn Agustus 15, 2008 pukul 5:58 am

    Lho kok ngga nongol ? tadi udah komen ini ..

    kalo ngga salah ada yang namanya rasio Total Kolesterol : HDL. HDL : LDL ratio .. tolong terangin dong ..
    Kalo badan udah berat terus ngga bisa olahraga yang seperti disarankan harus mulai dari mana cak ?

  3. 3 Welding Inspector Agustus 15, 2008 pukul 7:17 am

    nimbun lemak mudah sekali…tapi buat buangnya…ampun ampuunnnnn deh. butuh berbulan2

    thx atas postingannya

  4. 4 Juli Agustus 15, 2008 pukul 9:47 am

    Push up dan sit up yang bener seperti apa ya cak? kalo skiping asal lompat boleh gak :) Bermanfaat banget nih artikelnya … baru tau kenapa kok suami lebih banyak mengeluh capek ketimbang saya :)

  5. 5 Nayantaka Agustus 15, 2008 pukul 10:17 am

    Wuihh, push up tengah malam? Jadi kebayang yang mboten-mboten :mrgreen:

  6. 7 nandar Agustus 15, 2008 pukul 2:47 pm

    cak ada tidak obat untuk menurunkan berat badan biar kolesterol di tubuhku berkurang hik hiks (apes deh jadi orang gemuk) :(

  7. 8 aRuL Agustus 15, 2008 pukul 3:09 pm

    *melihat ke bagian perut :D 6 month bukan 6 peks*
    gimana yah dok, makan dengan sehat tapi tetap enak :D

  8. 9 cakmoki Agustus 15, 2008 pukul 8:43 pm

    @ draguscn:
    Paling enak ngitung ratio HDL:Kolesterol Total, idealnya >25%. Dengan cara ini anjuran untuk ngatur pola makan lebih mudah diterima …
    Kalo olahraga mah, sesuai selera …
    Salah satu buku menganjurkan jalan cepat 4-5 km setiap hari untuk usia produktif.
    Emang yang paling sulit memulai … hehehe
    sssst, saya bisa nurukan 8-10 kg dan stabil selama sekitar 2 tahun…

    @ Welding Inspector:
    iya, bahkan bisa lebih setahun … :)
    thx juga

    @ Juli:
    hehehe, kayaknya perlu ada gambar nih…sayangnya gak ada yang mau jadi model :)
    Kalo wanita sit-up aja deh…

    @ Nayantakan:
    ingkang mboten-mboten menopo tho Pak Dhe ?

    @ mariana silvania:
    hehehe, maaf … moderasi, jadinya pertamax semua :)

  9. 10 nararya Agustus 15, 2008 pukul 11:25 pm

    dulu waktu hamil, saya kurus, cak. Begitu lahir bayinya, langsung balik ke berat semula. Tapi pas menyusui kok malah beratnya sama kaya berat pas hamil 9 bulan (kelebihan 8 kilo)..apa ibu menyusui bisa “diet/mengatur pola makan”, cak? Sejak menyusui, rasanya lapaarrr mulu.. (maaf, kok malah jadi curhat ya?;))

  10. 11 cakmoki Agustus 16, 2008 pukul 12:18 am

    @ nararya:
    gak usah diet lah, .. ibu menyusui emang dianjurkan banyak makan supaya bayinya sehat.
    ntar kalo si kecil udah mulai lari, ibunya bakal langsing, soalnya kejar-kejaran ama si kecil … :)

  11. 12 konsultasi kesehatan Agustus 17, 2008 pukul 7:33 am

    Cak….kabar sehat saja?…..ayo para dokter Olah raga juga ya….jangan pasien aja yang disuruh diet ma OR

  12. 13 wulan Agustus 17, 2008 pukul 8:30 pm

    He..he..he..kok ya pas banget postingannya.Tahu aja sih pak, kalau saya sekarang lagi program penurunan BB;) Sudah selesai menyusui, sekarang siap untuk program menurunkan BB.

  13. 14 kurt Agustus 18, 2008 pukul 8:29 am

    Cak Dokter, kalau malas olahraga tapi rajin ngeblog tentu gak bisa turunkan kadar kolesterol.

    Btw, saya ini kurus cak, apa orang kurus berkolesterol tinggi setara dengan si kaya lemak? :D

    lama tak mampir, lama ga ngeblog

  14. 15 cakmoki Agustus 18, 2008 pukul 9:28 pm

    @ knsultasi kesehatan:
    Alhamdulillah, kabar baik…moga demikian pula sebaliknya.
    iya, nyuruh paling enak …hehehe

    @ wulan:
    Hehehe, maaf …gak sengaja :)
    Moga programnya sukses dan tetap sehat selalu.

    @ kurt:
    hahaha, iya Ustadz … nge Blog ditambah camilan berlemak tinggi, malah menaikkan kadar kolesterol.

    Adakalanya orang kurus berkolesterol tinggi walau sangat jarang… Bagaimanapun enakan kurus pak, bisa lebih lincah :) dan sedikit resiko kena penyakit-2 metabolisme.

    Wah, lama ga nge blog ya…ntar ngidam nge blog lho

  15. 16 Andi Sugiarto Agustus 21, 2008 pukul 10:22 pm

    Wah wah wah, memang sulit deh menahan napsu ngurangin lemak, kalo inget sama sop kaki kambing, sate kambing, soto madura. waduh waduh waduh..

    tuhan, ingatkan hambamu untuk konsisten berolahraga, minimal treadmill..

  16. 17 Qeong Ungu Agustus 22, 2008 pukul 9:44 am

    Sejak menjelang menikah ampe sekarang lemak di perut suami makin tampak menebal. Sementara sejak menjelang nikah sampe sekarang lemak tubuh saya sendiri makin menipis. Makin sulit menahan hawa sejuk karena selalu jadi menggigil, juga tidak tahan sengatan matahari. Tapi Olah raga kami asik Pak, yang lemaknya berlebih lari sambil gendong yang kekurangan lemak. Keringatan plus mesra. Bhuabhuabhua…..

  17. 18 cakmoki Agustus 22, 2008 pukul 12:30 pm

    @ Andi Sugiarto:
    wahhhh, ada bos RM nih… :)
    lho, itu yg disebutin koq makanan enak kabeh …hehehe

    @ Qeong Ungu:
    ehm, met menikmati kemesraan yaaaa… di pantai Bpp ya? ;)

  18. 19 alfiano Agustus 22, 2008 pukul 3:01 pm

    asam urat saya 10 apakah kadar asam urat dapat diturunkan dengan menjaga makanan yang tidak mengandung purin

  19. 20 cakmoki Agustus 22, 2008 pukul 3:43 pm

    @ alfiano:
    ya benar… selain itu perlu allopurinol 100 mg, diminum 3×1 sehari selama 1 minggu trus diukur lagi. Jika masih tinggi, dosis dinaikkan menjadi 3 x 200 mg. Jika udah turun, misalnya 8-9 mg%, dosis allopurinol diturunkan menjadi 2×100 mg dan jika 7-8 mg%, cukup dengan allopurinol 100mg sehari.
    Trims

  20. 21 Affandy Agustus 22, 2008 pukul 4:08 pm

    Terimakasih Dok Cak atas pencerahannya… Untuk panduan menu makan harian yang praktis buat penderita diabet ada ndak dok?, soalnya kalo dapet pasti pake itung2an yang kadang ndak mudeng (satuan kalori), maksudnya pengin dikasih list kayak menu kalo kita mo pesen katering gitu lo.. :)
    Terimakasih deh sebelum dan sesudahnya

  21. 22 cakmoki Agustus 23, 2008 pukul 11:49 am

    @ Affandy:
    Untuk panduan menu makan harian Diabet, saya udah membuatnya dalam ukuran rumah tangga, misalnya nasi untuk sarapan bagi penderita diabet kurus: 11/4 (satu seperempat gelas blimbing/gelas duralex) …dll. Hanya saja saya membuatnya untuk penderita diabet yg kurus, sedangkan untuk yg fisiknya nampak normal, gemuk dan obesitas (amat gemuk) gak bikin.

    Thanks

  22. 23 Mrs. Fortynine September 6, 2008 pukul 11:10 pm

    fyuuu…

    Cak… saya mintak resep buwat diyet™ doms…

    udah endut banget iniy… :oops:

  23. 24 cakmoki September 7, 2008 pukul 2:20 am

    @ Mrs. Fortynine:
    halah, masih kurus gitu … ga papa nambah lagi Swi, biar gak mabur kalo kena angin lesus … :D

  24. 25 nararya September 29, 2008 pukul 4:39 pm

    hohohoho, sampeyan bener, cak…setelah ndak punya baby siter dan anak saya uda mulai “lincah”, eeeeh….turun berat badan saya. lumayan lah cak, bisa2 tahun depan uda kurus (ngayal) ;)

  25. 26 Lily Oktober 21, 2008 pukul 5:51 pm

    Wah, akhirnya Cakmoki menulis tentang kolesterol juga, kok ya aku baru baca.. ;p Dah lama gak mampir ke blognya Cak, Cak mesti dah lupa.. ;p

    Tengkyu ya Cak! Alhamdulillah sejak beberapa bulan lalu karena ikut program “Smart Heart Challenge”, atur pola makan dan makan oat secara teratur, jadi udah normal lagi kolesterolku.. ;)
    Dan sampe sekarang masih jaga pola makan.. :)

  26. 27 cakmoki Oktober 23, 2008 pukul 12:36 pm

    @ nararya:
    Syukur kalo gitu :)
    Berarti sekarang udah dibawah 50 dong…*suiit, suiiit*
    Halah, yang penting sehat … ;)

    @ Lily:
    Inget koq …yeeee
    Moga tetep sehat yaa…dan tentu mudah-mudahan juga tetep jreeenggg :D

  27. 28 Hermawan Januari 23, 2010 pukul 7:05 pm

    Tolngg…bb sya ideal tb 175 bb 70 tp mengapa trigliserida saya tinggi nyampe 270 mg/dl ,sya diet lemak dan karbohidrt dan efeknya skrg bdn sya kurus bb skrg 63kg..
    Apakah kelainan lemak drh bisa kembali seperti biasa lg tnpa trgntng obat2n umur sya 26 th..trmksh.

  28. 29 cakmoki Januari 24, 2010 pukul 4:50 am

    @ Hermawan:
    Dengan usia 26 tahun, tinggi 175 cm dan berat 63 kg, tidak terlalu kurus. Malah bagus untuk manjaga agar berat badan tidak mencapai 70 kg.
    Cara terbaik menurunkan kadar lemak darah tanpa obat adalah dengan (a) Olah raga yg bersifat aerobic secara teratur dan (b) Mengurangi jumlah lemak dan kolesterol dalam makanannya.
    Tentu upaya penurunan kadar lemak tidak dapat dicapai dengan cara instan tapi melalui upaya berkesinambungan.
    Jika kedua upaya tersebut dilakukan dengan teratur, biasanya kadar lemak akan turun setelah 6 bulan.
    Setelah itu, perlu cek kadar lemak setidaknya setiap 3 bulan sekali hingga lemak menjadi normal.
    Trims

  29. 30 Diana Juni 7, 2010 pukul 4:16 pm

    Sore Dokter..,
    Mau konsul algi nih…kemarin kolesterol masih normal 200 (HDL 56,LDL 93) hanya saja Trigliseridku naik lagi (350). Sewaktu konsumsi obat symvastisin, sempet turun jadi 300. Sekarang kok gitu lagi ya dok, aku udah ‘sangat’ mengurangi makanan steak, iga dll..hehe, hanya mungkin gorengan yang belum bs.
    Gimana dong dok..ngeri..apa mmg harus konsumsi obat terus ? :(

    Makasih ya..

  30. 31 cakmoki Juni 10, 2010 pukul 3:23 pm

    @ Diana:
    Maaf, kelewatan…
    Ya, mau gak mau konsumsi obat hingga normal atau setidaknya mendekati normal.
    Makasih

  31. 32 Diana Juni 10, 2010 pukul 10:35 pm

    maksudnya terusin symvastisin ya dok ? atau ganti yg ;lain ? eg.lipitor ?

    thx

  32. 33 cakmoki Juni 11, 2010 pukul 2:10 pm

    @ Diana:
    Boleh diganti dengn lipitor, tapi mahal :)
    Ntar ditest ulang setelah 3 bulan.
    Thx

  33. 34 Elly Agustus 9, 2010 pukul 7:58 pm

    Dear Cak,
    Boleh tanya ya,,,,,
    Saya minum penurun berat badan, tinggi saya 158 berat saya 180, nah setelah minum penurun berat badan itu dalam 1 bulan setengah turun 5-6 kilo, tapi kog aneh ya cak, rasanya males makan, terus dokternya suruh kalau males paksa makan, jadi otak ini sudah terbiasa 2 bln ini harus makan, jadi makan pagi full, siang full, sore tanpa makan, tapi saya makan buah.

    Yg saya nggak ngerti, kog kenapa ya sekarang jadi timbul gatel2 di bagian maafff pantat kadang di lengan ada kayak di gigit nyamuk bentol gitu, katanya kurang minum, padahal saya minum 2,5 liter sehari cak…
    Apa saya harus brenti ya, pernah saya nggak pengen makan sama sekali trus saya ikutin, wah siangnya pusinggggg banget sampai mau muntah rasanya….dan anehnya sekarang karet celana dalam dan beha yg agak nekan dikit langsung bentol dan gatal, padahal ya dari dulu sebelum makan obat itu walaupun karetnya kencang ya nggak masalah, apakah karena itu obat?

    Sebaiknya gimana ya cak, saya stop? Saya frustasi banget dengan berat badan ini, pernah sih dari 80 turun jadi 58, pakai herbalife dan airobic terus, tapi sekarang dah males dan capek, trus sibukkkk banget di kantor…jadi gimana ya…?

    Terima kasih ya cakkk sebelumnyaa…
    Rgds,
    Elly

  34. 35 cakmoki Agustus 10, 2010 pukul 12:10 am

    @ Elly:
    Dear, mbak Elly…
    Menurut saya sebaiknya dihentikan saja… penggunaan obat untuk menurunkan berat badan dengan cara instan lebih banyak masalhnya ketibang kebaikannya. Pakai cara yg dulu jauh lebih baik, yakni dengan aerobik…lebih aman dan lebih bagus dalam menjaga kesehatan untuk jangka panjang. Alasan capek, males, sibuk..adalah tantangan yang harus bisa diatasi demi memelihara tubuh kita sebagai karunia Tuhan yang tiada tara. :)

    Adapun tentang bentol-2, kita dapat mengetahui apakah karena pengaruh obat atau bukan, setelah menghentikan obat.
    Jika bentol-2 tersebut berangsur menghilang setelah menghentikan obat, bisa jadi berhubungan dengan obat yg dikonsumsi selama ini.
    Jika setelah menghentikan obat tapi masih bentol-2, berarti reaksi alergi yang timbul karena reaksi tubuh yang berlebihan terhadap alergen (bahan atau kondisi pemicu timbulnya reaksi alergi).
    Mungkin bertanya-tanya, mengapa baru timbul sekarang dan dulu tidak? Perlu diketahui bahwa reaksi alergi dapat dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Saat timbulnya bisa ketika bayi hingga ketika usia lanjut.

    Moga sehat selalu
    Makasih

  35. 36 cahpalaran September 17, 2010 pukul 7:18 pm

    aslmkm cakmoki bgmn kbrx,kulo bd tanglt kmrn saya cek darah lengkp di rshd hasilx cholstrol=246,trigleserida=155,HDL=59,6 & LDL=155 GAMMA GT :71 ALKALI FSFATASE:41,untk kompnn yg lain dlm bts normal trmask foto thorx Umur 36 thn TB:165 BB:73 enggk prnah diet.diagnosa doktr hiperkolsterol.yg saya tanyakn apakh prlu minum obat anti kolesterol,apa ada hub gamma gt dgn kolstrl?saya jarng olahraga tp kerjaan nyangkul(ketok ndesone) tiap hr keluar keringt apa krna fktor keturunan?maaf ya cakmoki kepnjangan nulsx tangan smpe keriting makash wassalm.

  36. 37 cakmoki September 18, 2010 pukul 12:16 pm

    @ cahpalaran:
    Assalamu’alaikum…
    ingkang melebihi batas normal namung kolesterol kaliyan Gamma-GT, lentunipun taksih normal.
    1) Obat untuk menurunkan kolesterol bisa digunakan, namun biasanya kurang efektif. Yang paling bagus dengan 2 cara: (a) mengurangi (bukan dilarang lho) makanan berkolesterol tinggi dan (b) olahraga secara teratur (termasuk menurunkan berat badan ) :D …. nyangkul, naik turun tangga di pekerjaan, bukan termasuk olahraga aerobik …. monggo diaturi jalan-jalan 4-5 km dengan waktu tempuh 15-20 menit setidaknya 3 kali seminggu.

    2) Peningkatan Gamma-GT dapat disebabkan banyak faktor, salah satunya karena kolesterol yang tinggi.

    3) faktor keturunan (riwayat keluarga) diduga sebagai salah satu faktor hiperkolesterol.

    Sebenarnya, menurukan kolesterol tidak terlalu sulit, yang sulit adalah mengatur makanan dan olahraga secara teratur …. lagipula, memerlukan waktu yang lama….hahaha. Tapi kalau bisa olah raga teratur dan menurunkan berat badan hingga sekitar 65 kg, tentu sangat bagus dan lebih sehat.

    Untuk Lab Normal, silahkan download pada link berikut:

    http://www.box.net/shared/be1bjhy4gw

    Maturnuwun
    Wassalam

  37. 38 cahpalaran September 18, 2010 pukul 7:01 pm

    menurunkan kolesterl memang enggk sulit ngatur pola mkn n olahraga teratr yg susah weh weh weh yo samimawn cak.matrsuwn sangt atas jawabn cakmoki,cakmoki memang is the best wassalm

  38. 39 cakmoki September 18, 2010 pukul 11:01 pm

    @ cahpalaran:
    Assalamu’alaikum
    hahaha…inggih, sami mawon… yang mudah dan praktis pake obat, hanya saja harganya mahal dan sama-sama perlu waktu lama… kalo perlu resep, ntar saya buatkan… kebetulan saya sudah balik ke ndeso kita :)
    Maturnuwun telah berbagi
    Wassalam

  39. 40 papio September 30, 2010 pukul 2:47 pm

    siang cak, udah lama ni ga nanya he he he
    saya baru cek darah cak dan hasilnya:

    LDL 170
    HDL 45
    Total kolestrol 245
    Trigeseride 142

    lumayan tinggi ya cak ? saya sempet konsult sama dokter katanya klo tinggi gini terus bisa resiko serangan jantung (penyumbatan pembuluh darah) karena lama kelamaan kolestrol menimbulkan plague di pembuluh darah dan mungkin sekarang udah ada plague 2 nya tapi masih sedikit. yang mau saya tanyakan cak klo obat2 kolestrol kaya gol statin itu apakah bisa membersihkan plague2 yg nempel atau hanya menjaga kadar kolestrol saja? katanya juga ada obat yg diberikan secara infus untuk mengikis plague2 tsb?

    sebagai informasi saya pria, umur 41 thn tinggi 170 berat 80 tidak merokok.

    demikian cak terima kasih atas perhatiannya.

  40. 41 cakmoki September 30, 2010 pukul 3:20 pm

    @ papio:
    met siang :)
    LDL lebih tinggi dikit dari nilai normal, HDL lurang dikit, total kolesterol lumayan tinggi dan trigliserida normal.

    Banyak obat-obat untuk menurunkan kolesterol dengan promosi yang heboh-heboh..tapi gak ada yang bener-bener membersihan plaque.
    Sebenarnya, dengan menjaga kolesterol dalam batas normal dan olah raga teratur sudah cukup untuk mencegah timbulnya plaqque… adapun obat penurun kolesterol adalah untuk menurunkan kadar kolesterol bebas.
    Namun gak ada salahnya menggunakan obat tersbut, golongan statin ataupun yang lain, untuk menurunkan kadar kolesterol bebas hingga mencapai nilai normal.

    Dalam berbagai jurnal, dianjurkan: mengurangi jumlah lemak dan kolesterol dalam makanan, serta olah raga (atau mulai olahraga teratur yang bersifat aerobik). Karena dengan jalan tersebut dapat membakar lemak melalui metabolisme aktif… dengan demikian diharapkan sistem peredaran darah tetap terjaga dlm keadaan sehat.

    Menilik bb penjenengan 80 kg tb 170, mau gak mau berupaya agar berat badan diturunkan hingga sekitar 70 kg :D … berats nih

    Maturnuwun

  41. 42 papio Oktober 4, 2010 pukul 10:13 am

    terima kasih cak atas penjelasannya. bener susah nurunin berat badan (masalah disiplin kali ya). Satu lagi cak mau tanya saya ada test juga untuk Apo b hasilnya 120 (batasannya 66 – 133), Apo b tuh maksudnya untuk cek apa ya cak . Terima kasih.

  42. 43 simon sah Oktober 4, 2010 pukul 12:53 pm

    siangcakmoki, BB 90 kg, TB 158, Umur 53, saya mempunyai kolestrol 213, hdl 33, ldl 160 trigliserida 100. Pertanyaan saya adalah bagaimana cara menaikan hdl dan menurunkan ldl. Terimakasih atas perhatiannya.

  43. 44 cakmoki Oktober 4, 2010 pukul 3:18 pm

    @ papio:
    Iya, bener :) ….yg sulit adalah masalah disiplin.
    Apo B segitu masih dalam batas normal… namun perlu dibandingkan dengan kadar LDL. Jika perbandingannya kurang dari 1,2 maka dianggap memiliki resiko terhadap pembuluh darah koroner… Menilik bahwa ratio LDL dan apo B penjenengan > dari 1,2 maka bisa dikatakan saat ini tidak ada resiko tersebut.
    Meski begitu, sebaiknya tetap berusaha mengendalikan kolesterol dalam batas normal :)
    Makasih

    @ simon sah:
    Met siang, Pak Simon…
    Nilai tersebut menunjukkan bahwa kadar kolesterol sedikit melebihi batas normal (pria: 50-200), HDL kurang dari batas normal (48,9-73,5), LDL ngepres dengan batas atas normal (60-160) dan trigliserida normal (50-200).
    Untuk menaikkan HDL dan menurunkan LDL adalah dengan:
    1) Mengurangi jumlah lemak dan kolesterol dalam makanan
    2) Olah raga (atau mulai olahraga teratur yang bersifat aerobik). Karena dengan jalan tersebut dapat membakar lemak melalui metabolisme aktif… dengan demikian diharapkan sistem peredaran darah tetap terjaga dlm keadaan sehat.
    Olah raga yng cocok untuk usia >50 tahun diantaranya: jalan sehat dengan jarak 4-5 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit, dan dilakukan secara bertahap.

    Menilik 90 kg tb 158, mau tidak mau berupaya agar berat badan diturunkan hingga sekitar 60-64 kg :D … inipun dianjukan secara bertahap agar kondisi tubuh tetap stabil.

    Terimakasih

  44. 45 pinah Oktober 19, 2010 pukul 11:16 pm

    assalamu ‘alaykum

    malam cakmoki, saya punya teman, 28 thn tb 165an, bb ga tau (tapi terlihat gemuk). dia baru cek darah dan hasilnya gula darah 90, asam urat 6,7 dan total kolesterol 271 (hanya 3 aspek saja). sebelum cek darah itu dia mengeluh merasa cepet capek, kebas di tangan/kaki, susah tidur juga. dia dulu (beberapa bulan lalu) berhenti merokok, awalnya ganti ke rokok elektronik tapi lalu berhenti total.

    gimana caranya untuk menurunkan kadar kolesterolnya itu (termasuk sangat tinggi ya?)? kalau lihat komenkomen di atas sih solusinya bukan obat tapi olahraga dan kendaliin makanan, ya? lalu ada ngaruhnya ga dengan kalo kurang minum? lalu teh hijau beneran bisa ngurangin ga?

    kalau yang 2 lainnya gimana cak?

    tadi udah browsing dan tanya ke temen lain yang juga punya keluhan kolesterol. dia minum obat (lupa namanya) dan merekomendasikannya. tapi lalu saya inget ama blog ini jadi ya komen deh :D terima kasih banyak ya cak

  45. 46 cakmoki Oktober 20, 2010 pukul 2:33 am

    @ pinah:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    Met malam…
    Berdasarkan Lab, kolesterol emang lebih dari normal, tapi gak terlalu tinggi..kemungkinan berhubungan dengan berat badan yg nampak gemuk.
    Menurunkannya seperti jawaban saya sebelumnya… obatnya sih ada, banyak jenisnya…dan mahal. Saya lebih suka merekomendasikan membatasi konsumsi makanan berkolesterol tinggi dan olah raga karena hasilnya sehat dan menyehatkan untuk jangka panjang.
    Tentang teh hijau atau apapun namanya… gak pernah terbukti kebenaranya selain hanya dari mulut ke mulut (disertai bumbu tentunya) :D

    Makasih

  46. 47 cahpalaran November 20, 2010 pukul 9:52 pm

    Asslmlkm cak,selamat hari raya idul adha(kasep enggk opo2 to cak)trimakasih buanyak yo cak berkat anjuran panjenengan untuk olahraga teratur sekarang BB Saya turun dari 73kg menjadi 66kg dalam waktu 2 bulan padahal saya cuma jalan cepat kurang lbh 30-45 menit setiap hari dan mengurangi makanan yg digoreng ternyata badan jadi tambah fit dan segar dan tadi saya coba tes darah hasilnya kolesterol 200 trigleserida 128 hdl 42 ldl 134,salam hangat buat cak mok..wajane enake dikasihkn pemulung aja yo cak biar bebas kolesterol ik ik ik…

  47. 48 cakmoki November 21, 2010 pukul 1:50 am

    @ cahpalaran:
    Wa’alaikumsalam…
    Sami-sami..met Idul Adha juga.
    Alhamdulillah… berati sudah bagus. Moga bisa istiqomah :D
    Wajannya dianter ke straat IV aja … hehehe
    Selamat berakhir pekan
    Wassalam

  48. 49 papio Februari 19, 2011 pukul 10:45 am

    Siang cak, menuruti saran cak saya mulai olahraga n jaga makanan hasilnya berat badan udah turun 3 kg dan udah bertahan lebih dari 3 bulan ga naek lagi (target turun 10 kg hiks masih 7 kg lagi). Kemaren saya baru cek darah lagi hasilnya:

    Total kolestrol 205 optimal <200
    Trigliserida 154 optimal 60
    LDL 146 optimal <100

    Glukosa puasa 107 mg/dl nilai rujukan 70-100
    Laju endap darah 15 mm/1 jam Nilai rujukan 0-10

    yang saya mau tanyakan untuk yg 2 dibawah cak glukosa puasa 107 , udah diatas nilai rujukan cak, ada indikasi ke diabetes ga ya cak? apakah harus cek yg lain? terus untuk laju endap darah 15 mm./ 1jam artinya dan pengaruhnya apa ya cak? terima kasih sebelumnya cak

  49. 50 papio Februari 19, 2011 pukul 10:49 am

    maaf ada yg salah ketik:

    trigliserida 154 nilai optimal 60

  50. 51 cakmoki Februari 19, 2011 pukul 12:31 pm

    @ papio:
    met siang,
    Nilai Lab sedikit di luar nilai rujukan bukan serta merta menunjukkan adanya penyakit tertentu dan tidak serta merta dianggap tidak normal. terlebih nilai rujukan setiap Lab Klinik berbeda-beda.

    Semua nilai-nilai di atas menurut saya masih normal.
    Silahkan download ringkasan Nilai Lab Normal yang saya rangkum dari seorang dokter Sp PK, pada link berikut:

    http://www.box.net/shared/9qxuavj4dq

    Makasih

  51. 52 papio Februari 19, 2011 pukul 11:34 pm

    terima kasih cak

  52. 53 cakmoki Februari 20, 2011 pukul 10:47 am

    @ papio:
    sama-sama

  53. 54 budi Februari 21, 2011 pukul 10:25 pm

    selamat malam pak dokter, maaf mau konsul ya.
    tadi kebetulan di kantor ada acara check up . Hasilnya langsung keluar. Kebanyakan teman2 kolesterolnya tinggi, Alhamdulillah saya normal . Tapi ada dua parameter yg dapat bintang sbb:
    total kolesterol : 157 batas < 200
    laju endap darah : 15 batas <10 *
    SGPT/ALT : 42 batas 10 – 41 *
    nanya pak, dengan kondisi laju endap darah dan SGPT yg tinggi. apa yg harus saya lakukan. terima kasih pak konsulnya.

  54. 55 budi Februari 21, 2011 pukul 10:52 pm

    tambahan info pak, hari minggunya habis main bola, check up hari senin, mungkin ada pengaruh.trims

  55. 56 cakmoki Februari 22, 2011 pukul 3:17 pm

    @ budi:
    Selamat sore,
    Hasil segitu gak papa… kemungkinan karnea sebelumnya main bola… itu wajar saja. :)
    Makasih

  56. 57 julie Maret 21, 2011 pukul 12:12 am

    cak aku kan msh sakit jd ga bs melakukan aktivitas fisik apapun (hbs operasi tlg belakang) otomatis pembakaran kalorinya nol….aku dah ngerasa berat badanku bertambah. Tolongin aku dong cak gmn caranya agar beratku turun lagi kaya semula pliisss :(

  57. 58 cakmoki Maret 21, 2011 pukul 2:41 pm

    @ julie:
    Pasca operasi tulang belakang bukan berarti gak boleh aktifitas fisik sama sekali. Saya yakin dokter bedah saraf sudah memberi advis kapan mulai beraktifitas dan jenis aktifitas yg diperbolehkan dalam rentang waktu tertentu.
    Untuk sementara, upaya menghindari kenaikan berat dapat ditempuh dengan:
    > Mengurangi asupan lemak dan karbohidrat
    > Menghindari ngemil makanan kecil yang mengandung tepung.
    > Minum air putih sedikitnya 1,5-2,5 liter per hari.
    Selanjutnya, segera mulai beraktifitas sesuai kemampuan jika sudah diperkenankan oleh Dokter Bedah saraf

    Makasih

  58. 59 julie Maret 22, 2011 pukul 2:06 pm

    iya cak…masalahnya sarafku yg cedera itu saraf anggota gerak bag bawah, jd aku blom bs jalan cak cm duduk dan msh belajar berdiri…aku bingung aktivitas apa yang harus aku lakukan untuk pembakaran kalori?

  59. 60 cakmoki Maret 22, 2011 pukul 11:00 pm

    @ julie:
    kalo gitu berarti masih bisa menggerakkan kedua tangan sambil duduk… gak usah buru-2, gak papa walau pembakaran kalorinya cuma dikit, yang penting tetap gerak agar nanti terbiasa ketika tiba saatnya udah bisa beraktifitas normal
    Makasih

  60. 61 julie Maret 23, 2011 pukul 11:58 am

    kaya senam tp sambil duduk ya cak….oke deh aku coba dan makasih ya buat advice nya…

  61. 62 cakmoki Maret 23, 2011 pukul 12:46 pm

    @ julie:
    betul sekali :)


  1. 1 Kolesterol yang berisiko - Dani Iswara .Net Lacak balik pada Agustus 31, 2008 pukul 5:38 pm
  2. 2 STRES BISA PICU SERANGAN JANTUNG ! « TOPIK WARNA-WARNI Lacak balik pada Juni 29, 2009 pukul 11:30 pm
  3. 3 anicearbrumcy Lacak balik pada November 12, 2010 pukul 10:10 am
  4. 4 Penyakit Jantung Koroner « winandariayux666 Lacak balik pada Maret 23, 2011 pukul 12:29 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,980,011 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 559 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: