mitos kandungan turun

serial: salah kaprah

Sebagian masyarakat Indonesia akrab dengan pijat. Mulai ibokota sampai pelosok negeri, rata-rata mengenal pijat.
Di kalangan para wanita, keluhan perut biasanya (terutama di pedesaan) diatasi dengan pijat perut.
Begitu perut mulai dipegang, si pemijat mengatakan “peranakan turun” atau “kandungan turun“. Selanjutnya adalah acara pembetulan letak perut.
Kultur ? …
Saya tidak percaya bahwa kebiasaan ini dipengaruhi tingkat pendidikan. Kenyataannya para wanita berpendidikan tinggi, lulusan SLTA bahkan sarjana ada saja yang percaya bahwa keluhan perut bagian bawah disebabkan kandungan turun. (termasuk salah seorang kerabat yang tinggal di kota besar)
Wanita yang sudah dipijat dan oleh pemijat dikatakan kandungannya turun, begitu yakin dengan apa yang dikatakan pemijat, bahwa kandungannya turun.

Mari kita lihat isi rongga perut wanita.

( gambar: organ reproduksi wanita, tampak samping )

Gambar reproduksi wanita, tampak samping

Sumber gambar:
Gray’s Anatomy (wikipedia)

Dalam gambar, nampak bahwa kandungan terletak di rongga perut bagian bawah dan disangga oleh jaringan ikat serta tulang di bawahnya.
Di bagian depan, adalah kandung kemih.
Ada juga usus, dan lain-lain.

Bisa dibayangkan bila organ-organ lunak itu diobok-obok.

Dalam ilmu kedokteran, rahim (kandungan) bisa turun, kondisi ini dinamakan prolaps uteri, artinya kandungan yang turun hingga keluar dan nampak dari luar.

prolaps uteri ( kandungan turun )gambar:
kandungan (peranakan) turun atau prolaps uteri. Biasanya terjadi pada menopause atau wanita yang sering melahirkan, sehingga otot penyangga kandungan lemah.
Inikah yang dimaksud turun oleh para pemijat perut wanita?
Bila bukan, turun bagaimana ?

Di praktek, menjelaskan hal-hal semacam ini mudah, bisa menggunakan PDA (saya pakai ini, menggunakan piranti penampil gambar “viewer” gratisan), pc dengan monitor LCD ataupun laptop.

Setelah mengetahui duduk persoalannya, sebaiknya tidak membiasakan obok-obok perut.
Adalah tugas jajaran kesehatan untuk memberikan informasi kepada khalayak melalui berbagai media.
Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat.

About these ads

164 Responses to “mitos kandungan turun”


  1. 1 wadehel Januari 17, 2007 pukul 8:35 pm

    Pas liat gambar pertama: waaaaw… iler netes2…
    Pas gambar kedua nongol: Hiiii… mual mules deh.

    Saya emang ga pernah suka pijit2, kecuali pijit erotis.

  2. 2 juliach Januari 17, 2007 pukul 9:49 pm

    Di Perancis, masalah kesehatan diungkap jelas melalui berbagai media, lihat http://www.france5.fr/magazinesante (Ini di TV France5 & dpt diakses dgn internet), di sekolah, oleh asisten sosial dll.

    Perasaan di Indonesia masalah kesehatan masih kurang diperhatikan/orang awam sendiri ogah memperhatikan, khususnya kesehatan reproduksi. Untuk membicarakan saja serasa tabu.

    Mis :
    – Hanya ibu-ibu sendiri tanpa ditemani oleh suami/pasangannya untuk periksa ke ahli kandungan/bidan.
    – Orang masih malu membeli kondom. Takut dikirain pikirannya ngeseks melulu/mau nyeleweng.

  3. 3 cakmoki Januari 18, 2007 pukul 12:02 am

    @ wadehel,
    Ah pak wadehel ini ada-ada saja, untungnya tidak jadi menampilkan gambar dari depan. Maaf bila dianggap tabu.
    Gambar kedua apa enaknya di hide saja supaya tidak mual, gimana …
    Pijit erotis seperti apa ya … *tidak perlu dijawab*

    @ juliach,
    Memang betul Bu, disiminasi informasi reproduksi masih amat minim. Wong banyak wanita yang tidak tahu proses terjadinya menstruasi, yang salah orang kesehatan, termasuk saya hehehe.
    Saya sudah mencoba sejak 2004, bawa laptop dan lcd keliling ke kumpulan ibu-ibu menyampaikan informasi kesehatan pakai flash, bahasa-nya sederhana setengah gaul … terbukti bisa, dialogis, interaktif … dan banyak cekikikannya … maklum, gambarnya mau tidak mau ya seperti itu … tapi tidak ada koq yang protes, malahan minta didatengi lagi. Haus informasi mungkin …
    Dunia kesehatan negeri ini memang masih banyak kekurangannya.

    Terimakasih link-nya, sudah saya bookmarks. Sempat kaget lihat bahasa Perancis, untungnya ada English readers. :D

  4. 4 Dani Iswara Januari 18, 2007 pukul 6:31 am

    [OOT-bales]

    xml-blogspot ngga diekspor Pak? :)

    ajarin saya make WP pak ya..

    selain interaktif dan live demo, media cetak (brosur, pamflet, dll) efektif juga ngga ya..

  5. 5 helgeduelbek Januari 18, 2007 pukul 4:23 pm

    Lalu apa yang dimaksud kandungan turun oleh tukang pijat itu?

  6. 6 cakmoki Januari 18, 2007 pukul 6:13 pm

    @ Dani Iswara,
    Sudah, koq … saya sedot pakai wp.
    Cara nya sebagai berikut:
    Setelah login di WP, klik kelola, lalu klik import, nampak 4 pilihan. Pilih Old Blogger.
    Selanjutnya login menggunakan akun blogger (versi lama), klak-klik, … selesai.
    Terlihat persentase perpindahan file, biarkan saja sampai benar-benar semua file masuk wp.
    Setelah dipastikan semua file selesai masuk wp, langkah selanjutnya ngedit (karena semua file lama dari old blogger berkategori uncatagorized di wp).
    Klik post untuk ngedit tiap postingan sekaligus menyesuaikan kategori.
    Selamat mencoba.

    Sekalian nih, untuk back up, wp menyediakan fitur ekspor di sebelah import. Klik ekspor, lalu klik download file ekpor semua file wp ekstensi xml ke folder penyimpanan. Bila sesuatu hal kehilangan file posting wp, tinggal panggil melalui import, lalu pilih WordPress. Selanjutnya browse, lalu klik muat file dari import. Selesai.

    Disclaimer: Sehubungan ini hasil otak-atik, dan saya tidak tahu cara yang lain, maka bila salah, mohon maaf.

    @ helgeduelbek,
    Kabar baiknya: mungkin “istilah” yang dipakai pemijat dapat warisan leluhur secara turun temurun, demikian pula warga masyarakat.
    Mbah putri saya juga sering dimintai mijat (karena sepuhnya) tetapi beliau tidak pernah lagi mijat perut dan bila ada yang nanya tentang “peranakan turun” beliau menganjurkan periksa. *promosi nih*

    Kabar kurang baiknya: itu tugas kami-kami pak … hehehe
    Pengalaman saya, berkunjung ke ibu-ibu dukun bayi, dan kumpulan ibu-ibu, silaturahmi sambil berbagi informasi seperti bab di atas secara pelan-pelan, sambil guyon dan terus menerus. Tidak serta merta berhasil, perlu waktu bertahun-tahun. Dan tidak perlu pakai dana (anggaran), wong mertamu dapat jamuan juga.
    Terlebih bila ke kumpulan ibu-ibu (pengajian) sore hari, efektif, malah dapat soto … :D
    Asalkan tidak pakai halo-halo dan dijaga bahasanya supaya tidak menyinggung, … bisa.
    Kalau toh harus ada yang disalahkan, saya ikut bersalah … yang ngerti wajib memberitahu yang belum ngerti.
    Sama seperti bapak ngeblog, bagi-bagi ilmu itu lho, lha wong saya juga bisa ambil manfaat dari pak guru, ya kan … tapi saya tidak bisa nyuguhi soto. :D

  7. 7 anis Januari 18, 2007 pukul 10:47 pm

    pak Hatmoko, OOT: saya pesen soto eh posting tentang tentang pijet bayi yang versi modern versus pijet bayi ala mbah dukun (dadah). Atau kalau perlu pijet erotis hua..hua..hua..

  8. 8 cakmoki Januari 19, 2007 pukul 11:42 am

    @ Dani Iswara,
    Tambahan:
    Maaf ada yang ketinggalan. Soal ngedit yang import itu tautan internal masih mengarah ke blogspot, mau tidak mau telaten merubah ke wp.

    Media cetak sangat efektif, kadang ada yang beralasan tidak semua orang bisa baca, abaikan saja, ntar kalo dituruti malah gak bikin-bikin.
    Saya juga bikin untuk di praktek tentang DBD, DM dll.
    Di Blog malah lebih bagus, bisa diunduh siapapun yang memerlukan.

    @ Anis,
    Maksud pak Anis Infant Chiropractic ?. Yang itu gak begitu paham. Diskusinya rame di sini. Di Indonesia sudah ada belum ?
    Erotis ajalah hahaha

  9. 9 mina Januari 21, 2007 pukul 2:37 am

    haduh mas, tu foto kedua kok ditampilin di sini, gak etis deh hehehe…

  10. 10 cakmoki Januari 21, 2007 pukul 3:26 am

    @ Mina,
    Lho, koq sama-sama melekan.
    Piye mbak, apa dicopot aja. Padahal saya pilihkan yang gak terlalu saru lho. Saya pernah bikin cd gak ada gambarnya diprotes audien karena gak bisa mbayangkan. Trus saya guyoni, ya nanti sampai rumah ndodok bawa cermin. Hehehe *membela diri*

  11. 11 mumhu Januari 21, 2007 pukul 3:53 am

    Wah, lagi nyari inspirasi buat topik mading di kampus akhirnya sampai kesini.

    Mas, gambar prolaps uterinya bagus bener lho. Soalnya selama kuliah aku belum nemu yang sejelas itu.

  12. 12 cakmoki Januari 21, 2007 pukul 8:15 pm

    @mumbu,
    Silahkan di copy aja.
    Bisa untuk visual presentasi, khususnya tentang reproduksi atau lainnya.

  13. 13 manusiasuper Februari 18, 2007 pukul 1:21 pm

    KAtanya laki-laki juga bisa turun-perut dok? Itu mitos juga atau apa?

  14. 14 cakmoki Februari 19, 2007 pukul 11:09 am

    @ manusiasuper,
    Ya, itu mitos juga pak.
    Semua organ dalam perut sudah ada tempatnya sesuai anatomi.
    Contohnya, ketika kita posisi jungkir balik usus nggak pindah ke dada, ya kan. Memang adakalanya kalo orang kegemukan, perutnya “nggandul”, tapi yang gondal-gandul lemak dan kulitnya (dilihat dari luar), sedangkan perut tetap di tempatnya. Diusahakan tidak gemuk ya :D
    Ada juga istilah “usus turun” atau hernia, nah yang ini benar. Si usus turun dari rongga perut melalui jaringan pelapis perut di bagian bawah.

  15. 15 iis Februari 23, 2007 pukul 3:39 pm

    gimana nih, jadi nga jelas. kita sebagai wanita harus percaya kepada siapa? mohon supaya ada situs yang bisa menjelaskan ini dengan baik dan benar.

  16. 16 cakmoki Februari 23, 2007 pukul 4:42 pm

    @ iis,
    Maaf, yang ngga jelas yang mana Bu ? Ntar kita jelasin menurut bidang medis. Soal percaya, sebaiknya bertanya kepada yang mengerti tentang isi rongga perut (abdomen) dan bisa menjelaskan letak serta fungsi masing-masing organ di dalamnya. Itupun tidak harus ditelan mentah-mentah. Boleh dipercaya boleh tidak.
    Kalau pasien saya rata-rata ngerti setelah dijelaskan.
    Rasanya di buku biologi SLTP dan SLTA sudah dikenalkan tentang organ reproduksi.
    Akhirnya, keputusan ada pada masing-masing wanita, mau percaya kepada siapa dan mau berlandaskan disiplin ilmu apa. Adil kan ? :D

  17. 17 mariana silvania Maret 2, 2007 pukul 4:44 pm

    hiii ngeri amat pak gambar yang ke dua.

  18. 18 cakmoki Maret 3, 2007 pukul 4:31 pm

    @ mariana silviana,
    hehehe, masa iya sih ?
    Sekalian titip melelui Program Kesehatan Rumah Zakat Indonesia ya, biar ibu-ibu kita tidak salah kaprah lagi.

    Btw, kita-kita belum boleh komen di Blog mbak mariana ya :)

  19. 19 mariana silvania Maret 15, 2007 pukul 9:48 am

    InsyAllah pak..nanti tak sampaikan ke ibu-ibu di Rumah Bersalin Gratis-nya Rumah ZAkat.
    oya, sekarang udah bisa komentar pak di blog ku :D.
    di Tunggu ya..

  20. 20 cakmoki Maret 15, 2007 pukul 2:25 pm

    @ mariana sivania,
    Terimakasih, siiippp

  21. 21 indah Mei 29, 2008 pukul 11:01 am

    Saya sedang hamil 5 bulan. Ini kehamilan ke-3. Seminggu yang lalu sakit bag perut bawah, dan selangkangan. Bahkan dipakai jalan, pada posisi tertentu, selangkangan terasa nyeri. Kata Tante mungkin turun kandungan. Saya periksa ke dokter dan diusg…dokternya bilang memang ‘sedikit turun’ Saya diberi obat ‘duvadillan’ untuk 5 hari. Katanya untuk merilekskan rahim. Selain itu saya harus banyak istirahat. Setelah konsumsi obat, sakit agak berkurang tapi tidak lenyap sama sekali. Ada tetangga menyarankan urut, tapi saya takut, karena tidak biasa.

    Apa maksudnya sedikit turun? Sebenarnya untuk apa obat duvadillan itu? kalau keluhan seperti saya, tindakan apa yang bisa saya lakukan selain konsumsi obat? (Saya tanya dokter bagaimana kalau saya tidur tanpa bantal di kepala tapi pakai bantal di kaki? Dokter bilang, posisi apapun takkan membantu kalau ibu tetap kecapekan dan tidak istirahat). Trus, melihat gambar kedua perut saya juga mules…jangan sampai…amit-amit… Terakhir, terimakasih sarannya untuk tidak pijat atau urut-urut…Kalau bayi boleh diurut tidak? Thanks a lot.

  22. 22 cakmoki Mei 29, 2008 pukul 3:45 pm

    @ indah:
    ok, nyeri di bagian tersebut dapat terjadi karena banyak sebab, diantaranya dipengaruhi oleh aktifitas, misalnya angkat-angkat, banyak berdiri, banyak jalan, dll…dll. Bisa pula tanpa aktifitas yg berlebihanpun dapat mengalami nyeri. Ini karena spasme or kaku pada rahim.

    Apa maksudnya sedikit turun?

    hehehe, maaf … saya juga gak ngerti maksudnya “sedikit turun” …turun kemana? .. lha kandungan udah nempel di dasar tulang panggul tuh :) .. atau mungkin saja dokter tersebut mengatakan istilah tersebut sebagai bentuk “toleransi” terhadap istilah yg kadung mengakar di masyarakat.

    Sebenarnya untuk apa obat duvadillan itu?

    *secara singkat* … Duvadilan adalah obat yang memiliki fungsi ganda, yakni sebagai relaksan pada rahim (uterus), bekerja dengan mengurangi spasme rahim sehingga dharapkan dapat mengurangi rasa nyeri. Fungsi lain, adalah dengan menstabilisir peredaran darah di rahim agar tidak nyeri.
    Obat tersebut masuk kategori C dalam hal keamanan untuk ibu hamil dan bayinya.

    Menurut saya, tak ada salahnya minta obat pereda nyeri kepada dokter untuk ngurangi nyeri secara langsung. Toh obat pereda nyeri rata-rata termasuk kategori B untuk ibu hamil, so lebih aman… tapi kalo dokternya marah (moga tidak, dan seharusnya tidak) … bukan salah saya lho … hehehe.

    Moga segera semuh ya :)

  23. 23 cakmoki Mei 29, 2008 pukul 3:53 pm

    @ indah:
    …maaf kelupaan …
    bayi ga usah dipijat-pijat or diurut … Tuhan dah ngatur tulang dan otot bayi sangat fleksibel :)

  24. 24 Endang Kurniawati Juli 14, 2008 pukul 10:50 pm

    Saya juga pernah pijit karena peranakan (kandungan) turun.
    Awalnya karena selama 4 bulan setelah menikah saya tidak juga hamil², akhirnya mertua menyarankan untuk di pijit. Begitu dipijit setelah masa menstruasi selesai, alhamdulillah bulan depannya saya langsung (+) hamil.

  25. 25 cakmoki Juli 15, 2008 pukul 1:12 am

    @ Endang Kurniawati:
    hahahaha … :D ..gimana kalo seandainya saat itu disuruh minum wedhang jahe trus bulan depannya hamil? .. apa karena wedhang jahe?
    Maaf, saya hanya ingin meluruskan yang menurut saya keliru, adapun jika seseorang mempercayai hal tersebut (pijit perut), tentu hak masing-masing orang. Setidaknya saya menyampaikan sesuai bidang keilmuan saya sehingga jika misalnya kelak ditanya pertanggung jawaban oleh-Nya, maka saya harus siap menerima akibatnya.. :) … bagaimana sebaliknya?

  26. 26 Efiyatin2009@yahoo.com Januari 22, 2009 pukul 2:17 pm

    triamkasih sy sampaikan
    dari mule gadis sy sudah terbiasa diurut..
    soalnya perut bag bawah kadang sakit
    hal ini disebabkan biasanya karena kecapaian, stres, kurang istirahat dll
    setelah diurut dan minum kencur+garam(atas saran Tukang pijat), saya sembuh.
    sekarang sy sudah menikah. kmrn hamil tapi umur 10 mgg keguguran.
    menurut bapak, apa ini ada pengaruhnya kebiasaan saja diurut sewaktu gadis??.. atau krn apa??
    tapi dar hasil USG pd dokter yang meng kuret sy katanya kandungannya bagus..(saya tidak cerita kebiasaan wktu gadis)
    menurut bapak bgm??
    trimakasih atas tanggapannya

  27. 27 cakmoki Januari 23, 2009 pukul 12:17 am

    @ Efiyatin2009@yahoo.com:
    Gak ada hubungannya antara kebiasaan urut dengan keguguran.
    Namun sebaiknya gak dibiasakan karena di dalam rongga perut terdapat organ-organ vital terlebih di perut bagian bawah dimana terletak organ reproduksi.
    Keguguran biasanya dipicu oleh kelelahan fisik ataupun kelelahan psikis dan faktor lain.
    Trims

  28. 28 Ayya April 5, 2009 pukul 11:36 am

    Thank Infonya Ya ,Jadi takut untk ngurut….

  29. 29 cakmoki April 6, 2009 pukul 11:01 am

    @ Ayya:
    Makasih juga atas kunjungannya ^^

  30. 30 Fei Juli 2, 2009 pukul 5:22 pm

    setelah baca Blog ini jadi makin penasaran..

    begini pak, sy gadis blum menikah, tapi sudah mau 1 mg ini perut bawah saya sakit (kaya kencang, kram, pokoknya tidak nyaman utnuk duduk) kondisinya, saya lebih banyak duduk setiap hari, dan (kadang) suka nahan pipis (tapi minum tetap banyak jadi sering banget ke WC), setelah saya tanya ke teman yang dokter, dia bilang itu anyang2 (ISK) krn nahan kencing, jadi ada bakteri..

    setelah saya baca2 di website, kalau ISK kan sakit pas mau pipis, kalau saya tidak (malah pengen kencing terus dan emang kencing bukan ga bisa) saya di kasih obat Urotractin dan Tariflox (ini untuk kantung kemih kah?) setelah diminum sakit tak kunjung hilang (padahal sewaktu PMS pun ga pernah ada gangguan ky gini)sampai saya kompres botol hangat ga kunjung reda..

    lalu ada yg bilang mungkin “peranakan geser” dan suru coba diurut (bukan urut enak relaksasi)..dan so far memang lebih berasa enakan walau rasa linunya masih tersisa sekarang..(kebetulan baru 2 hari lalu diurut)

    pertanyaannya :
    jadi kira2 saya kenapa ya dok? apa karena terlalu banyak duduk ( karena baru sejak kerja di redaksi begini sebelumnya ga pernah),
    ada kelainan dan bisa membahayakan reproduksi ga nantinya?

    tolong bantuannya , terima kasih

  31. 31 cakmoki Juli 4, 2009 pukul 2:04 pm

    @ Fei:
    Menilik keluhan yang baru berlangsung seminggu dan gak ada keluhan lain, kemungkinan yg paling logis adalah spasm (kencang) otot perut bagian bawah (suprapubic). Pemicunya anatara lain: angkat berat, sering duduk lama, dll …
    Kalo ISK rasanya bukan karena ga ada gangguan kencing (anyang-anyangen, nyeri kencing, dll). Demikian pula kemungkinan bukan gangguan organ reproduksi, karena gangguan organ reproduksi pada umumnya disertai dengan gangguan siklus mensatruasi.

    Untuk menanggulanginya, sementara dapat menggunakan obat pereda nyeri, misalnya: ibuprofen 400 mg atau natrium diklofenak (merk dagang bebas memilih), diminum 3×1 sesudah makan, hanya pada saat sakit saja. Atau dapat juga menggunakan kombinasi pereda nyeri ringan dan spasmolitik (obat untuk relaksasi otot), misalnya: Buscopan-Plus (isinya parasetamol dan spasmolitik), Spasmal, dll..diminum 3×1 sesudah makan.
    Jika belum membaik dengan obat-2 tersebut dalam 3-5 hari, sebaiknya periksa ke dokter.
    Moga segera pulih kembali…Trims

  32. 32 yan Oktober 6, 2009 pukul 12:31 pm

    seru banget topik ni, meski agak telat q mbacanya. q baru melahirkan anak ke2. setelah melahirkan sbagian org menganjurkan spy pake bengkung/stagen yg kenceng biar perut cpat kempes (katanya sih, apa iya??) tp sbagian yg lain mengatakan jgn kenceng2 kl pake stagen, apalagi di mingu2 pertama, sebab (katanya) “bol” (???)-nya bisa keluar. maksudnya apa ya?? apakah bol itu maksudnya rahim?? nggak mudeng banget deh…? bantuin info yg bener ya

  33. 33 cakmoki Oktober 6, 2009 pukul 2:48 pm

    @ yan:
    Pemakaian stagen/bengkung adalah adat masyarakat Jawa. Sebagian masih menggunakannya (terutama yang masih berdekatan dengan masyarakat Jawa angkatan masa lalu) dan sebagian udah gak pake stagen.
    Sebenernya, tanpa stagen dan bengkung ntar kondisi perut akan mengempes jika konisi rahim dan otot-otot penyangganya udah pulih kembali. Yang gak pake stagen pasca melahirkan, langsung pake jean setelah pulang dari RS toh perutnya juga kempes …. hehehe. Pun demikian yang pake stagen sampe jalannya kesulitan, kadang juga gak kempes-kempes, terutama jika masih menyusui dan memerlukan banyak makan untuk kepentingan produksi ASI.
    Karenanya, pemakaian stagen diserahkan sepenuhnya kepada keyakinan yang menjalaninya.
    Tentang “bol”.
    Yang dimaksud “bol” adalah wasir atau hemoroid atau ambeien. “Bol” dapat terjadi pada sebagian wanita yang melahirkan dikarenakan menyangga janin dalam waktu berbulan-bulan dan mengejan saat melahirkan. Kalo yang udah ada “bol” nya, kenceng gak kenceng dalam memakai stagen ataupun gak makai stagen, tetep aja “bol” bisa keluar ketika tekanan rongga perut meningkat, misalnya saat angkat-angkat, saat mengejan ketika BAB, saat batuk berat, dll…dll.

    Ini info yang bener …. bukan gugon tuhon :)
    Trims

  34. 34 yan Oktober 6, 2009 pukul 4:20 pm

    makasih banyak, Cak.. tp ttg stagen yg kenceng itu gak ngaruh pd turun/nggakx rahim toh..?? kl ttg kapur sirih + air jeruk nipis yg diusapkan d perut sblm stagenan itu berfungsi utk apa ya…?? apa bener utk ngempesin perut ? jk tdk, lantas apa dan bgmn spy perut bs kenceng kembali ? jg ttg itu Dok, Jamu Selapan.., perlu gak ya…? apa betul bisa membersihkan sisa darah kotor d rahim? jk ya, apakah msh efektif jk saya minum tp tdk sejak hr pertama (misalkan mulai nanti, setelah ada jawaban dr Sampeyan, Cak-Dok…;), sebab biasanya kan org2 tuh minumnya sejak hr pertama sampai 40hr kedepan, iya toh…. jk memang ada pengaruh baiknya, apakah jamu selapan itu msh efektif jk saya minum mulai hari ke 22 ini hingga 40 hr kdepan ?? ato malah ngganggu ASI? 1 lg dok, ttg pilis (yg ditempel di dahi, apakah benar bisa menyegarkan mata? sbab tampaknya mata saya kurang bersinar2 lg deh *ting*, tampak kuyu gitu. maaf ya dok, borongan nanyax… dr. cakep deh..!! :)) matursuwun sblmnya Cak-dok

  35. 35 cakmoki Oktober 7, 2009 pukul 2:06 pm

    @ yan:
    Kandungan gak bisa turun, mbak… Selama saya bertugas di sini, hanya ada 2 orang tua, usia lebih 70 tahun yang kandungannya turun (prolaps uteri)… rahimnya keluar lewat kemaluan. Biasanya karena sering hamil saat muda. Tuh, ada gambarnya di atas.
    Kapur sirih dan air jeruk nipis dan lain-lain yg ditempelein di perut gak ada gunanya, itu hanya warisan tradisi nenek moyang. Tapi gak dilarang koq (kadang kita perlu membuat senang orang tua kan..)
    Seperti penjelasan di atas, perut akan kembali setelah beberapa bulan. Tentunya gak kenceng kayak masih gadis dong… tapi kalo pingin tetep kenceng seperti artis Hollywood, mau gak mau olah raga ato fitness secara teratur :) *guyon tapi serius lho*

    Tentang jamu selapan dan pilis … juga gak seperti yang dikatakan itu… Darah nifas akan bersih dengan sendirinya paling lama 60 hari dengan rata-rata 40 hari. Tentu ada yang kurang dari itu dan ada yang lebih, tapi pada umumnya gak akan lebih dari 60 hari.
    Pun juga mata sayu. Sangat wajar mengingat pada saat melahirkan banyak kalori dan energi terkuras.
    Untuk pemulihan tenaga dan kondisi pasaca melahirkan dan saat menyusui, dianjurkan makan makanan bergizi, misalnya: Soto, Rawon, Semur, Ikan, Susu, berbagai sayur mayur dan buah… dll.. Selain itu diusahakan istirahat yang cukup agar ga kelelahan dan ga lemas. Ntar dijamin akan bersinar lg deh *ting*

    Moga sehat selalu.
    Matursuwun :)

  36. 36 Ririe Oktober 29, 2009 pukul 7:27 am

    Salam…cak!
    sya (26thn) bru mlhrkn anak kdua (2bln). Stlh 2mnggu mlhrkn,sya mrasakan kesakitan sekali pd bgian ujung bokong (tulang ekor y nmanya), smpai2 sya g bsa tdur telentang,dan klu mau bngkit dr tidur atw duduk,sakitny minta ampun. Skrg msh sakit sdkit klu kelamaan duduk. Trus,klu sya jongkok mw BAK, trasa ada tnjolan yg mw kluar dr kmaluan. Tp Swktu air seni kluar,tonjolan itu msuk. Ntar kmudian ada lg. Kdang2 sya priksa pas lg brdiri,kadang ada,kdang tidak. Apakah itu tnda2 turunnya peranakan cak?
    Pliz cak,ksh jawabannya….
    *sutrisno deh eyke klu bayangin bkal sperti gmbar kdua itu*
    hikz….

  37. 37 cakmoki Oktober 29, 2009 pukul 2:57 pm

    @ Ririe:
    Salam … ^_^
    Bukan … (silahkan lihat diskusi sebalumnya)
    Perasaan adanya tonjolan saat jongkok tersebut kemungkinan otot-otot di dinding vagina bagian dalam yang menebal pada saat hamil. Supaya ga sutris, sebaiknya periksa ke DSOG setempat untuk memngetahui penyebabnya.
    Trims

  38. 38 Ririe Oktober 29, 2009 pukul 6:51 pm

    Alhmdllh… Mksh y cak infonya. Mg Allah beri kesehatan,kemudahan, dan kesabaran dlm menjalankan tugas.
    Y deh,ntar klu dah gajian rie k DSOG.

  39. 39 cakmoki Oktober 30, 2009 pukul 3:32 pm

    @ Ririe:
    Makasih telah berbagi dan makasih pula atas do’anya, moga demikian pula sebaliknya.
    Moga sehat selalu ^_^

  40. 40 yan Oktober 30, 2009 pukul 4:56 pm

    saya dah 60 hari nifas setelah melahirkn anak ke2, tp masih takut ‘diajakin’ sama suami. kmrn coba saya kacain sambil ndodok kok sptnya ada yg nggembung diantara(didalamnya) labia minora ya dok. bagian itu apa ya.. yg bs keliatan dg mata telanjang , apakah itu rahim? kok saya liat2 lubang biasanya jd gak ada ya…?? apa kl hbs nglahirin lubangx jd gak ketok? kayaknya dulu2 kok ketok gt. maaf katrok

  41. 41 cakmoki Oktober 31, 2009 pukul 11:01 pm

    @ yan:
    Yang nampak nggembung saat ndodok bukan rahim, tapi dinding vagina (labium major) yg masih dalam keadaan menebal pasca melahirkan. Itu normal :) … karenanya kadang lubangnya gak ketok … tapi lubangnya ga ilang koq *yg ini guyon*

  42. 42 lia November 8, 2009 pukul 1:39 pm

    Saya sedang hamil 28 minggu, tahun lalu sempat hamil n keguguran wkt 2 bln jd mst dikuret.
    Sudah seminggu ini saya merasa klo baby nya gerak, saya kok seperti kluar cairan spt pipis (rasanya),
    Tp wkt saya cek di kmr mandi kluarnya spt keputihan aja.
    Sekedar info, wkt hamil 1-3 bln saya kluar keputihan banyak sekali setiap agak kecapean. Pdhl saya jg ga sering jalan2 awalnya.

    Saya sering dibilangin ortu klo kandungan mungkin turun, soalnya hamil saya ga gede dari atas perutnya, tp menggantung di bwh,
    Saya kok takut ya cak :(
    Soalnya saya jd sering kebelet pipis
    Apa perlu saya pake penahan perut?

    Makasihhhh :)

  43. 43 cakmoki November 8, 2009 pukul 8:51 pm

    @ lia:
    Lho, kan udah ditulis di atas dan dalam diskusi sebelumnya… kandungan gak akan turun. Lagipula, orang hamil kan emang kandungannya menggantung ke bawah, masa ke atas … hehehe… Saya bisa memaklumi manakala seseorang khawatir ketika hamil, tapi hendaknya tidak kehilangan akal sehat.
    Tentang keputihan pada wanita hamil adalah hal yang wajar dan normal… gak papa.
    Pada kehamilan, uterus (rahim) akan membesar sehingga menekan kandung kemih (vesica urinaria) yang terletak di depannya. Nah, tekanan itulah yang menyebabkan bentar-bentar pingin pipis.
    Pake penahan perut ga papa… tapi bukan dengan pengertian agar kandungan gak turun, namun sebatas penahan aja agar terasa nyaman. Kalo menjadi makin gak nyaman sebaiknya gak perlu penahan perut.
    Makasih

  44. 44 widya November 10, 2009 pukul 3:08 pm

    dear pak dokter…
    saya single umur 32 ttp knp saya udh terkena hernia ya…apa betul klo nanti mau hamil bahaya jika sudah terkena hernia,,,apa bisa melahirkan normal apa yg terkena hernia bisa d obati tdk dgn operasi…saya jd takut dan merasa rendah diri dgn penyakit ini…tolong jawabannya y dokter

  45. 45 cakmoki November 11, 2009 pukul 2:16 am

    @ widya:
    Hernia dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja.
    Pada wanita, hernia labialis ataupun hernia inguinalis dianjurkan untuk operasi. (operasi hernia termasuk operasi ringan).
    Menurut saya sebaiknya operasi agar tidak mengganggu aktifitas dan mengganggu saat hamil dan melahirkan.
    Sekali lagi, operasi hernia adalah operasi ringan.
    Trims

  46. 46 widya November 11, 2009 pukul 4:10 pm

    dear cak eit dah cak dokter hehhee
    thx y jwbnya tp ttp aja saya takut krn kan saya lom maried ntr klo d operasi kelihatan dong trs klo sdh d operasi tdk bs melahirkan normal lg..btw hernia itu krn apa y cak,,dan klo tdk d operasi bahayakah utk k depan nya…byk ya pertanyaan nya…ngk apa2 kan…???
    thx y cak yg guanteng hehehe

    salam

  47. 47 cakmoki November 12, 2009 pukul 3:43 pm

    @ widya:
    pasca operasi hernia tetap bisa melahirkan dengan normal … sedangkan bekas operasi menurut saya gak masalah, sama halnya dengan bekas luka yg lain.
    Kalo gak operasi akan mengganggu aktifitas sehari-hari terutama aktifitas yg menyebabkan tekanan rongga perut meningkat. namun pilihan untuk operasi atau tidak operasi terpulang kepada masing-masing :)
    Salam

  48. 48 widya November 13, 2009 pukul 11:46 am

    thx y dokter,,utk smua jawabannya….
    kapan 2 saya tanya yg lain seputar kesehatan ngk apa2 ya

    bravo utk dokter

  49. 49 cakmoki November 13, 2009 pukul 11:16 pm

    @ widya:
    sama-sama… makasih juga telah berbagi.
    ya, ga papa kita diskusi masalah seputar kesehatan

  50. 50 risa November 18, 2009 pukul 5:30 pm

    dear pak dokter,,
    skRg sY sedang hamil 36 weeks tp henia saya kambuh,,menonjol dan nyeri.sy pernah di operasi 5 thn lalu.kl mlahirkan normal kira2 ada efek samping nya ga?apa harus melalu operasi caesar?mksh ya pa dokter

  51. 51 cakmoki November 20, 2009 pukul 12:06 am

    @ risa:
    dear mbak risa,
    idealnya melahirkan melalui operasi caesar. Jika dipaksakan melahirkan normal, sedikit banyak ada efek pada hernia tersebut mengingat saat melahirkan akan mengejan. Sedangkan hernia akan makin menonjol dan makin nyeri jika mengejan.
    Namun keputusan akhir dapat dibicarakan dengan DSOG yg selama ini merawat, berdasarkan hasil pemeriksaan beliau.
    Makasih

  52. 52 risa Desember 2, 2009 pukul 11:42 am

    thnx ya dok atas jawabannya..jd sy sMakin yakin untuk opErasi caesar.tp yg sy takuTkan skRg adalah pasca operasi itu kata nya nyeri bgt ya?kira2 sakitnya brP hari sh dok?truz Kl pAsca operasi mmg kl mau mkn or minum harus stlah buang angin dL YA DOK?HEHE..MF dok kl prtanyaannya kbanyakan.

  53. 53 cakmoki Desember 3, 2009 pukul 4:09 pm

    @ risa:
    enggaklah… pasca operasi kan diberi obat pereda nyeri. Obat tersebut dapat disimpan jika udah gak nyeri dan dapat digunakan lagi kalo nyeri. Makan dan minum pasca oprasi agak diatur hanya 2-3 hari pasca operasi. Setelah itu bebas, mau makan rawon, pangsit, sate, dll boleh.
    Biasanya sekitar di RS cuma 3-4 hari dan seminggu dah sembuh. Selebihnya hanya menjaga kondisi. Dua minggu kemudian udah bisa cuci mata di Mall.
    Trims

  54. 54 luki Desember 18, 2009 pukul 7:05 am

    Dok, ibu saya punya keluhan keputihan karena menopouse dan sedang mempertimbangkan operasi angkat kandungan ( mengikuti bude yang telah lebih dahulu menjalani operasi dan sembuh dari keputihan ). Apa memang tidak ada jalan lain selain operasi, Dok ? Mengingat biaya yang mahal dan ” ngeri ” mendengar kata operasi. Thx ya, Dok.

  55. 55 cakmoki Desember 18, 2009 pukul 3:32 pm

    @ luki:
    Lho, kalo keputihannya hanya disebabkan infeki mikro-organisme (virus, kuman, jamur, parasit), cukup diobati berdasarkan penyebabnya berdasarkan pemeriksaan sekret vagina.
    Operasi angkat kansungan hanya dilakukan jika emang ada indikasi medis yang memaksa untuk dilakukan operasi angkat kandungan. Jika tidak ada indikasi medis, gak perlu operasi angkat kandungan. Bukan masalah biaya, tapi yang paling utama adalah ada tidaknya alasan untuk operasi angkat kandungan.
    Trims

  56. 56 kapallaoet Desember 29, 2009 pukul 9:11 pm

    saya divonis ma tukung urut turut perut cak. dulu sempet angkat2 berat. suatu ketika perut kram, pinggang sakit dan daerah paha dalam dan lipatn paha sakit. klo sepedaan berlebihan kadang kambuh.

    pas diurut amit2 deh sakitnya. kira2 gimana nih dok, obat medis yg bisa saya pake apa

  57. 57 cakmoki Desember 31, 2009 pukul 3:39 pm

    @ kapallaoet:
    Perut gak bisa turun karena disangga oleh otot-2 dan jaringan ikat rongga perut.
    Nyeri pada lipatan paha, perut bagian bawah dan pinggang setelah angkat berat dikarenakan spasme atau peregangan pada area tersebut.
    Untuk memastikannya sebaiknya periksa ke dokter terdekat. Bila belum sempat ke dokter, dapat menggunakan obat pereda nyeri, misalnya: natrium diklofenak 50 mg (merk dagang: voltaren, klotaren, dll), diminum 3×1 sesudah makan, di saat nyeri saja dan dapat dihentikan setelah nyerinya hilang. Atau meloxicam 15 mg, diminum 1×1 sesudah makan di sat nyeri saja.
    Trims

  58. 58 Uthe Januari 13, 2010 pukul 11:59 am

    Dear Cakmoki,

    Sy baru baca tulisan soal kandungan turun, sebenarnya sy punya masalah yg sama. pd bln April 2009 sy merasa aneh di vagina ada spt benjolan yg keluar, kirain tumor, trus cek sekalian papsmear, dokter bilang kalo rahimku turun, ktnya prolaps udah stadium dua, harus dioperasi dan diangkat kandungannya, ya terus terang sy takut, trus cek lagi ke dokter laen sampe 6 dokter, semuanya bilang hal yg sama dan harus dibuang kandungannya.

    Wkt sept 2009 sy sempet ke singapore dan cek lg di sana, ktnya memang prolaps trus ada pilihan, mau dipasang ring atau diangkat kandungannya, kalo kandungan diangkat berarti sy gak dpt mens lagi, memang bgt, cak? berbahaya gak ya?

    Sekarang umur sy 40 tahun sdh punya 2 anak, memang anak pertama sy lahir besar dg BB 4,2 kg, yg kedua 3,6 kg dan dilahirkan secara normal. Dari 6 dokter tadi ada 1 dokter bilang tetap dioperasi tapi rahim sy gak usah diangkat hanya dinaikkan otot2nya, apakah nantinya rahim tidak turun lagi? terus terang sy masih ragu dan takut dioperasi angkat rahim, menurut cakmoki gimana ya yg terbaik? setelah dioperasi bgmana? apakah mengganggu saat hubungan dg suami? kalo sy gak dpt mens, apakah sy cepet tua? spt menopause gt? sekarang ini sebentar2 sy buang air kecil.

    Dokter terakhir bilang kalo rahim sy “tidak licin”, makanya harus diangkat, maksudnya apa ya? kt dokter lg setelah dioperasi nanti vagina sy menjadi sempit, maksudnya gimana, Cak? sy gak paham bgt, Sy belum putuskan dioperasi. Tolong balas ya, Cak…maaf suratnya panjang….thanks sebelumnya…

  59. 59 cakmoki Januari 14, 2010 pukul 1:46 am

    @ Uthe:
    ok, pertanyaan-2 di atas akan saya rangkum menjadi satu jawaban.
    Prolaps uteri dapat diatasi dengan 2 cara, yakni (1) pemasangan ring (cincin) pesarium dan (2) operasi.
    Pilihan terbaik menurut medis adalah operasi jika penderita sudah tidak menginginkan punya anak lagi dan siap secara psikis. Jika tidak siap, pemasangan cincin presarium menjadi pilihan (secara psikis).

    Operasi tidak mengganggu hubungan suami istri karena vagina tidak ikut diapa-apakan. Artinya, vagina tidak akan menyempit ataupun melebar. Lagi pula, hasrat hubungan intim lebih banyak dipengaruhi oleh mood dan faktor hormonal.
    Jika operasi hanya untuk mengencangkan otot penyangga rahim, maka tetap bisa menstruasi. Sedangkan jika operasi mengangkat rahim dan tidak mens, tidak lantas menjadi jauh lebih tua. Efek pengangkatan rahim dapat diatasi dengan pengobatan hormonal agar kondisi tubuh yang berhubungan dengan hormon organ reproduksi dapat tetap dipertahankan.

    Untuk itu, menurut saya sebaiknya konsultasi kepada dokter terbaik yang menurut pandangan Ibu dapat diajak berkomunikasi dan dapat memberikan support.

    Terimakasih

  60. 60 mimibryan Februari 8, 2010 pukul 3:09 am

    Dear Cakmoki.
    Terima kasih Cak atas penjelasannya diatas.soalnya saya juga berpikir saya mengalami turun peranakan, karna
    akhir2 ini perut bagian bawah saya sering sedikit sakit,dan setelah pipis terasa perih sedikit divagina.hanya sedikit tp rasanya agak ganjil krn selama ini normal2 saja.memeng akhir2 ini saya sering angkt berat. apakh itu disebabkan krn sy srng angkat berat terus kenapa setelah BAC terasa agak perih. saya masih gadis .adakah cara lain untuk mengatasinya selain pergi kedokter atau apakah klo sy pakai stagen pd saat kerja akan membantu. saya senang melakukan pekerjaan itu krn sy pikir saya sekalian exercise dan menurunkan berat badan.terimakasih banyak.

  61. 61 cakmoki Februari 8, 2010 pukul 2:55 pm

    @ mimibryan:
    Dear mbak mimi,
    Sakit di bagian perut bawah disertai gangguan kencing (perih), kemungkinannya: (1) ISK (Infeksi Saluran Kemih), (2) Infeksi Kandung Kemih (cystitis). Namun bisa juga akibat angkat berat dan kurang minum.
    Kalu belum mau ke dokter, sementara dapat menggunakan stagen untuk menopang otot perut bagian bawah. Selain itu, usahakan minum sedikitnya 1,5 liter sehari dan tidak menahan kencing.
    Makasih

  62. 62 ny wiwit Februari 13, 2010 pukul 7:30 pm

    dok, saya usia 35 th sudah 10 tahun menikah tp belm punya anak.suami tdk ada masalah.kata dokter saya ada perlengketan di saluran telur.sdh dilaparoskopi,tiup,tes tokso & rubella negatif,hormon progestern saya agak tinggi sedikit.yang lain normal.ttp kok belm hamil juga ya? 3 bulan ini perut bag kiri bawah suka nyeri menjelang&saat haid.kadang2 hari ke 11 stelah haid timbul flek yang biasanya diiringi nyeri yang lumayan mengganggu.apakah ada obat untuk menghilangkan nyeri tsb?tks

  63. 63 cakmoki Februari 14, 2010 pukul 5:02 pm

    @ ny wiwit:
    Kalo hanya untuk meredakan nyeri, cukup dengan obat pereda nyeri (analgetik-antipiretik), misalnya: metamizole (merk dagang: pyronal, novalgin, dll).
    selengkapnya tentang pengobatan Nyeri Haid, silahkan baca artikel di blog ini pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2009/01/21/nyeri-haid/

    Sedangkan masalah belum punya anak, seyogyanya berkonsultasi dengan DSOG yang selama ini merawat untuk menjalani pengobatan berkala, yakni dengan terapi hormonal dan metode lain berdasarkan hasil pemeriksaan dan evaluasi dokter.
    Makasih

  64. 64 dewi Februari 16, 2010 pukul 8:46 am

    Halo dok, saya ibu 2 org anak, usia saya 31 thn.

    Saya sudah beberapa kali mengalami sakit di perut bawah & perasaan penuh di vagina (spt ada yg mau keluar). Tapi biasanya hilang setelah tiduran beberapa saat dengan ganjalan bantal di bawah pinggul dan kaki diangkat dan disandarkan ke dinding. Apakah ini gejala turun kandungan? .. Tadi pagi saya mengalaminya lagi. Suami menganjurkan periksa ke dokter.

    Pertanyaan saya, jika saya periksa pd saat tidak sakit, apakah masih terdeteksi? Tindakan apa yg akan dilakukan oleh dokter pd wkt pemeriksaan? USG, periksa dalam, atau yg lain? ..

    Terimakasih sebelumnya ..:)

  65. 65 cakmoki Februari 16, 2010 pukul 1:05 pm

    @ dewi:
    Halo, mbak :)
    Kalo kandungan turun, kandungannya keluar melalui vagina Prolaps uteri), yg dapt dilihat langsung oleh yg bersangkutan. Sedangkan keluhan yg dialmai dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

    Menilik bahwa keluhan tersebut berulang, saya sependapat dengan suami mbak, sebaiknya periksa ke dokter kandungan (DSOG).
    Ntar akan diperiksa dalam dan kalo perlu USG untuk mengetahui penyebabnya.
    Semuanya dapat terdeteksi meskipun sedang gak ada keluhan.
    Terimakasih.

  66. 66 zahra April 3, 2010 pukul 10:44 am

    kira2 yg menyebabkan turun perut itu apa yach?????
    lalu apakah akibat dr org yg pernah di pijat perutnya yng kadang bilang akibat turun perut…..
    saya jd ingat dulu 2 thn yg lalu temen saya kuliah pernah mengeluhkan ini, dia sering keputihan, mmg sih dia tergolong banyak aktivitas, koskosan lt 3.
    nah pas badannya capek smua dia pijat, nah kata tukang pijatnya perutnya turun & perutnya pun d pijat….. maslahnya dia blm menikah & blm melahirkan koq bisa dpt istilah turun perut, kt tukang pijatnya mgkn sering naik turun tangga……….. apakah setelah dipijat akan membahayakan peranakannya or rahimnya.. terimakasih banyak

  67. 67 cakmoki April 3, 2010 pukul 3:15 pm

    @ zahra:
    Turun perut ? enggaklah…perut gak akan kemana-mana. Sudah diciptakan oleh Tuhan dan diletakkan di tempat yg tetap.
    Walaupun jungkir balik, perut akan tetap di tempatnya.
    Tukang pijat wajar aja bilang gitu, udah turun temurun… lagipula gak ngerti anatomi tubuh. Jadi bisa dimaklumi.

    Adapun kandungan turun (prolaps uteri) yg sesungguhnya, hanya terjadi pada wanita usia lanjut, itupun hanya beberapa, dimana otot-2 penyangga rahim mengendor seiring bertambahnya usia.
    Pada kondisi tersebut, rahim (peranakan) turun dan terlihat menonjol keluar di vagina.

    Untuk itu, sebaiknya tidak usah pijat perut lagi. Sedikit atau banyak, lambat laun bisa jadi ada resiko yang tidak bisa kita duga.
    Trims

  68. 68 sussee April 30, 2010 pukul 3:38 pm

    saya tgl 17 april sore ada cairan coklat kr2 3 ml di celana (emang hrsnya tgl itu wkt sy haid)tp malamnya smpai minggu cm cairan warna coklat spt hbs haid. seninnya spotting darah merah pink. wkt usg Dr blg ada sesuatu yg blm jelas terlihat di rahim saya (tp bkn dlm btk kantong) dia ks obat isopr, prothyra, pregnolin (utk 3 hari) yg ktnya klo haid brarti haid yg tertunda tp klo tdk ada kemungkinan hamil. tp smp kamis (29 april wktnya kontrol) tdk haid. lalu usg (bkn 4 dimensi) lg Dr tdk temukan “sesuatu” itu lg tp malah yg ada sebuah rongga tp di saluran tuba fallopii saya. Dr “curiga” KE atau sel telur yg belum matang. So.beliau ksh lagi ABiotik, duvadilan dose 1/2 tab dan pregnolin. saya mau tanya 1.sebenarnya kasus saya apa dan 2.adakah kemungkinan wkt USG pas bgt rongga itu sedang menggelinding ke arah rahim?
    mohon Dr2 yg baik saya lg stres karna takut KE.Tks alot.

  69. 69 cakmoki April 30, 2010 pukul 5:02 pm

    @ sussee:
    1) kasusnya belum jelas sebagaiman disampaikan DSOG. Kalaupun beliau curiga sesuatu, belum tentu ada gangguan yg serius kecuali pada pemeriksaan nyata-nyata ditemukan tanda kelainan pada rahim ataupun tuba fallopii.

    2) jika rongga tersebut merupakan sel telur (dengan berbagai varian bentuk) boleh jadi sedang dalam perjalanan meunju rahim. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lanjutan dengan USG dan pemeriksaan penujang lain jika menurut dsog emang diperlukan.
    Lagipula, jika pada tanggal 17 april merupakan jadwal haid, lantas keluar bercak seperti yg disebutkan tanpa keluhan lain, belum tentu ada kelainan. Bisa saja gangguan keseimbanga hormonal yg dipicu kelelahan, aktifitas berlebihan, stress, dll. So, kita tunggu hasil pengobatan dan pemeriksaan pada kontrol berikunya.

    Semoga sehat selalu.
    Makasih

  70. 70 sussee Mei 3, 2010 pukul 12:11 pm

    Makasih Dokter yang baik. Tp ada lg nih tambahan (sorry bgt). saya sejak mulaitgl 27 lalu perut bag bwh sering spt kram (apa nyerisy gak tau) dikit sp hr ini. itu kadang 2 sy br minum duvadilan itu 1 kali lalu saya stop karna jantung saya berdebar2 saya tak tahan. Mohon lg dok pencerahannya.
    Terimakasih dokter.

  71. 71 lianee Mei 3, 2010 pukul 8:23 pm

    Mohon info,

    sdh genap 1 tahun sy keguguran, tetapi sampai saat ini masih sering terjadi pendarahan pasca haid, stlh periksa ke dokter ternyata ada radang dan telah berhasil disembuhkan. darah berhenti sekitar 1-2 bulan ttp kemudian keluar lg . kira2 apa yg terjadi dgn saya?

  72. 72 cakmoki Mei 4, 2010 pukul 1:11 pm

    @ sussee:
    Kalo duvadilan gak tahan, dapat menggunakan Buscopan Plus, diminum 3×1 sesudah makan, hanya kalo perut terasa kram saja.
    Makasih

    @ lianee:
    Kemungkinan gangguan kesimbangan hormon (hormonal imbalance) yg biasanya dipicu oleh: kelelahan fisik, aktifitas berlebihan, cemas (stress), dll.
    Untuk memastikannya, seyogyanya periksa ke DSOG. kalo ternyata gak ada kelainan , berarti emang gangguan keseimbangan hormon.
    Makasih

  73. 73 julie Mei 8, 2010 pukul 12:27 am

    ibu saya mengalami kandungan turun,sudah periksa dokter dan dokter menyarankan operasi. tp ibu saya masih belum siap (takut) kalo dioperasi. umur ibu saya 60 th. apakah kandungan turun dapat menjadi kanker atau tumor? mengingat ibu saya masih belum siap mental untuk operasi.trims

  74. 74 cakmoki Mei 8, 2010 pukul 2:06 am

    @ julie:
    kandungan turun (prolaps uteri) tidak menyebabkan tumor ataupun kanker.
    Kalo belum siap, mungkin bisa dipertimbangkan pemasangan cincin presarium agar kandungan dapat dipertahankan ditempat yang benar dan supaya tidak terjadi infeksi.
    Makasih

  75. 75 faizah Mei 15, 2010 pukul 8:16 pm

    sebenernya klo kegugran harus selalu dikuret ga sih??43 hari yang lalu aq kegugran pada kehamilan 7 minggu, tapi ga dikuret. dan pas di USG katanya udah bersih.

  76. 76 cakmoki Mei 17, 2010 pukul 2:18 am

    @ faizah:
    Tidak selalu… kalo abortus komplit, gak perlu kuret. Terlebih jika hasil USG menunjukkan udah bersih.
    Makasih

  77. 77 vizaa Juli 7, 2010 pukul 4:23 pm

    siang dok,, sy seorang ibu 2 anak, udah beberapa waktu ini saya sering merasa kelelahan, trus badan rasanya g uenaak bgt, emang sech ak termasuk yg sering diurut jg (sebulan sekali). belakangan perut bagian bawah terasa nyeri” gimana gitu, trus pinggang jg pegel banget kenapa yah dok. anehnya saya ngerasa klo saya make KB suntik badan saya terasa seger gt, tapi berhubung haid saya tidak teratur saya pilih berhenti suntik KB nya, tapi ya itu badan saya terasa g enak gt… menurut dokter kenapa yah. thanks b4

  78. 78 cakmoki Juli 8, 2010 pukul 2:07 am

    @ vizaa:
    Met malem…
    keluhan semacam itu sangat umum dan biasanya berhubungan dengan aktifitas sehari-hari.
    Gak papa… lumrah lah kalo seorang ibu mudah lelah sehubungan dengan aktifitas sehari-hari, terlebih jika masih punya anak kecil.

    Tentang nyeri perut bagian bawah, bisa disebabkan banyak faktor, gak mesti karena penyakit. Untuk memastikannya, seyogyanya periksa ke dokter.
    Makasih

  79. 79 vizaa Juli 8, 2010 pukul 5:21 pm

    thanks bgt y dok, mo nanya lg nech dok. adikku lg hamil masuk usia kehamilan 8 bulan. tapi belakangan dia ngerasa sakit di bagian pinggulnya. udah diperiksa ke dokternya katanya sech kekurangan kalsium, sementara adik saya bilang dia selalu minum kalsium setiap hari sesuai dengan resep bulanannya. trus menurut orang2 tua katanya bawaan hamil karena posisi anak yg turun, klo menurut dokter gimana, makasih infonya

  80. 80 cakmoki Juli 8, 2010 pukul 10:52 pm

    @ vizaa:
    Pada wanita hamil, beban tubuh menjadi lebih berat, terutama di daerah perut bagian bawah, pinggul, pinggang … nyeri atau linu tidak ada hubungannya dengan kalsium.
    Nah, adakalanya pada kehamilan lebih 6 bulan, seorang wanita hanil mengalami nyeri pada daerah tersebut… gak papa. Cukup diberi obat pereda nyeri, misalnya Natrium Diklofenak 50 mg (merk dagang, misalnya: voltaren, klotaren, dan sejenisnya). Obat-2 pereda nyeri merupakan “Kategori B” pada kehamilan, yang artinya aman, sama amannya dengan vitamin yang biasa diminum wanita hamil.

    Makasih

  81. 81 Ika ratna sari Juli 17, 2010 pukul 5:17 pm

    Cak mau nanya nie.. Tgl 7-7-2010 kmrn saya kuretase krn BO dgn menggunakan selang penyedot, kemdian hari senin tgl 12-7-2010 saya USG ulang u/ liat udah bersih atau blm, tnyata msh ada gumpalan darah, oleh dokter disedot ulang tp ga bs kemudian disuntik oksi n diksh misotropsol, krn saya ga merasakan apa2 tgl 13-7-2010 sy blk lg ke DR SpOg disarankan untuk kuretase ulang esok tgl 14-7-2010, akhirnya dikuret pake sendok cak, n stlh dikuret di USG lg dr hasilnya sie katanya uda bersih..dikasih obat cefadroxil 10 kaps 3×1 dilanjut clandimicyn 10 kaps 3×1, kalnex 10 tab 3×1, zaldiar 10 tab 3×1

    Yg ingin sya tanyakan
    1.stlh kuretase biasanya kluar lendir/ darah brp hari ?(u/ kasus saya, darah keluar sehari aj stlh kuret & stlhnya hanya flek coklat ma pernah mules skali stlh kuret apa normal? Normalnya gmn y?) klo mules lg gmn ya?
    2.perlu dilakukan USG lagi ga?
    3. Blh b’hubgn dgn suami mulai kpn & apa sperma hrs dikeluarkan di luar dl?
    4. Kpn blh hamil lagi (kt dokter kmrn sie september blh hamil lg tp need 2nd opinion)
    5. Apa yg hrs dilakukan sblm hamil & stlh tjd kehamilan agar tdk BO lg?
    Atas jawabannya saya ucapkan trm ksh.

  82. 82 Ika ratna sari Juli 18, 2010 pukul 10:14 am

    Oh ya tambahan cak, umur saya 26th, ini keguguran kuretase pertama..

  83. 83 cakmoki Juli 18, 2010 pukul 3:46 pm

    @ Ika ratna sari:
    1) Pasca kuretase biasanya hanya keluar darah dikit 1-3 hari..setelah itu bersih atu kadang hanya flek kecoklatan…itu normal.. Kadang emang mules. Kalo mules lagi, cukup minum obat pereda nyeri, contohny: zaldiar, atau kombinasi pereda nyeri dan spasmolitik.

    2) Kalo dokter dah menyatakan bersih, gak perlu USG lagi.

    3) Seminggu setelah bersih dan gak ada keluhan, boleh berhubungan intim.

    4) Setelah 2-3 bulan udah boleh hamil lagi.

    5) Gak ada hal khusus yang perlu dilakukan untuk mencegah BO. Secara umum hanya disarankan makan makanan bergizi seimbang, cukup istirahat, tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol (ini tetap saya sebtkan sesuai referensi)..hanya itu. Biasanya dsog gak menyarankan hal yg bersifat khusus, soalnya emang gak ada persiapan yang khusus.

    Makasih

  84. 84 Ika ratna sari Juli 19, 2010 pukul 12:02 am

    Maturnuwun sanget cak buat jawabannya… :) next blh tanya2 lg ya…maklum scr sy di pangkalan bun dokter obgyn nya skrg cm 1, yg nangani sy kmrn dah pindah ke jawa T_T

  85. 85 cakmoki Juli 19, 2010 pukul 11:52 pm

    @ Ika ratna sari:
    Sama-sama… makasih juga telah berbagi.. Tentu boleh kita berdiskusi melalui forum ini… ooooo, ternyata kita tetangga :D *tetangga juauhhh*

  86. 86 Ika ratna sari Juli 23, 2010 pukul 9:19 am

    Assalamu’alaikum…
    :) iya tetangga jauh cak, 2 hari klo naek bus baru nyampe…hehe
    Ada yg mau saya tanyakan lagi cak..(nanya trs) seminggu stlh kuret saya masuk kerja lg..tepatnya kemrn, malemnya kok sya keluar darah warna kecoklatan ya cak, padahal pd waktu semgg saat istrirahat cuma flek aja tp kok pas dibuat kerja malah kluar darah (ga banyak sie cm spt haid hari ke 5/hmpir bersih) ehm, apakah itu wajar ya cak?? agak mules jg..klo mmg normal brp hari ya cak?? apa ditgg seminggu dl?? (pengalaman org lain:kluar darahnya emg beda2, ada yg sehari, ada yg 3 hr, ada yg semgg, 2 mgg, sebulan) malah jd bingung sendiri. Mhn sarannya cak. Makasih. :)

  87. 87 cakmoki Juli 24, 2010 pukul 2:00 am

    @ Ika ratna sari:
    Assalamu’alaikum…
    Betul, mbak … kadang keluar darah dikit ketika beraktifitas…. wajarlah … gak papa… betul juga bahwa setiap orang mengalami hal yang berbeda-beda pasca operasi… gak perlu bingung, soalnya setiap[ orang memiliki respon yang berbeda terhadap tindakan medis. Niscaya ntar akan pulih, mbak :)
    Makasih
    Wassalam

  88. 88 Ika ratna sari Agustus 4, 2010 pukul 11:49 am

    Ok cak, mksh… :) kmrn sempat diberi lanturol ma sejenis antioksidan (lupa namanya) u/ 15 hr ma folavit u/ sebln.. Hrs nunggu 3 bln stlh kuret ya u/ hamil lg?? ya alhamdulillah sudah membaik skrg cak, tp kmrn pas menjlnkan ”kewajiban” msh ada rs ga nyaman di bagian bawah perut itu aj cak…(kykna hrs sabar nie)
    Ok cak tengkyuh buat konsul nya.. :)

  89. 89 cakmoki Agustus 4, 2010 pukul 3:40 pm

    @ Ika ratna sari:
    Lanturol adalah vitamin E, asam folat adalah mineral. Ya, idealnya nunggu 3 bulan.. yapi kalo langsung hamil pasca curet juga gak masalah…gak akan mengganggu apapun.
    Tentang “rasa gak nyaman” saat menunaikan “kewajiban” biasanya lebih karena fakstor psikis, yakni cemas… menurut saya sih bukan kewajiban, tapi bagian kehidupan berumah tangga yang patut dinikmati dan disyukuri :D
    Tengkyu

  90. 90 Ika ratna sari Agustus 5, 2010 pukul 2:23 pm

    Hehehehe…:) iya cak mmg hrs dinikmati & disyukuri ya cak… mksd ga nyaman itu msh krasa nyeri cak.
    oh ya kmrn ada penyuluhan dr YLKI, cak apakah CURZEMA termasuk imunisasi oral u/ kanker ya cak? Fungsinya sama spt suntik HPV itu ga?

    Mksh..

  91. 91 cakmoki Agustus 5, 2010 pukul 3:01 pm

    @ Ika ratna sari:
    Moga nanti gak nyeri lagi kalo dah enjoy :D

    Curzema bukan untuk imunisasi, tapi herbal.Tentang fungsinya bergantung pada si penjual …. Yang jelas tidak sama dengan suntikan HPV… yah, namanya juga orang jualan … segala macam klaim dihalalkan supaya dagangannya laku kan ?
    Wajarlah, dunia medis itu ibarat tambanga emas, sehingga banyak pihak di luar insan medis ingin mengeruk keuntungan … hehehe. Itulah bedanya dengan insan medis yang dituntut mendahulukan keselamatan pasien, dibatasi etika, diwajibkan menjunjung tinggi sumpah profesi, dilandasi integritas keilmuan yang berlaku secara internasional, dan diharuskan selalu meng-up date pengetahuannya sesuai kondisi terkini.

    Makasih

  92. 92 illah Agustus 22, 2010 pukul 10:12 pm

    mo nanya cak, sy umur 33 th, melahirkan sebln lalu anak 1 bb 3 kg. sktr 3 mgg yg lalu saya merasa ada yg mengganjal di vagina, sy lht di kaca dan ternyta lubang vagina sy melebar dan ada yg menonjol, wktu sy raba ternyata servik sy turun smpai pintu vagina dan traba. lalu saya priksa ke DSOG, sempat di periksa dalam, dokter blg jahitannya bengkak. waktu sy tanya apa bukan prolapsus, dokter blg tidak. tp kok sampai skrg perasan mengganjal itu kok msh ada? trus serviks saya kok tetap turun dan gak naik2?

  93. 93 cakmoki Agustus 23, 2010 pukul 12:32 am

    @ illah:
    Kalo dokter bilang bukan prolapsus, pasti bukan cerviks… yang mengganjal tersebut kemungkinan infeksi mengingat dsog mengatakan jahitannya bengkak.
    Orang awam tentu tidak bisa membedakan cerviks dan dinding vagina… kalo dsog kan emang udah kerjaannya … hehehe..
    Percayalah, kalo prolaps, tentu dsog akan mengatakannya karena perlu tindakan medis khusus.
    Makasih

  94. 94 yuli Agustus 25, 2010 pukul 8:03 pm

    Met malam dok.. Sy pny keluhan sekitar 2minggu yg lalu sy keputihan sampai terasa nyut-nyutan dan diatas vagina terasa sakit kl ditekan. Brp hari kemudian perut bagian bawah sy sakit sekali bahkan sy hampir gk bs jalan, kl tdr mau gerak itu sakit sekali & sampai demam. Sy cek di dsog ktnya infeksi krn keputihan itu mknya perut sy sakit. Sy diksh obat antibiotik,penghilang nyeri & obat keputihan yg dimasukan melalui vagina. Stlh minum obat itu sy merasa baikan & keputihan sy sembuh. Tp anehnya perut bag bawah sy sakit lagi tp gk sesakit sblmnya. Sakitnya kyk nekan kebawah gt sep kontraksi pd org hamil. Kl mau pipis perut bag bwhnya terasa sakit apalg kl BAB serasa pinggang sy mau copot. Jg kl dilewatin angin atw mau kentut itu sakit skali nyucuk gitu. Wkt sy cerita ke tmn ktnya mungkin turun peranakan shg dianjurkan utk urut tp sy tkt diurut kl bag perut. Yg mau sy tanyakan apa ada hubnya keputihan dg perut sy yg sakit? Atw penyakit lain? Disudut bibir sy gk ada apa2 tiba2 timbul bintil2 trus luka. Sy search di google ktnya bs akibat dr gangguan pencernaan (kekurangan vit B12 & vit C). Apa sy menderita gangguan pencernaan ya dok? Sebaiknya sy cek ke dsog apa penyakit dlm? Mohon infonya.. Terimakasih sebelumnya.

  95. 95 cakmoki Agustus 26, 2010 pukul 12:31 am

    @ yuli:
    Met malam…
    Sakit di perut bagian bawah tersebut berhubungan dengan keputihan… adapun penyebab keputihan adalah infeksi oleh mikro-organisme (virus, kuman, jamur, parasit) … untuk memastikan penyebabnya perlu periksa Lab.
    Menilik saat ini timbul seperti sariawan di bibir… sebaiknya periksa ke dokter spesialis kulit.. bisa jadi keluhan tersebut masih berhubungan dengan keputihan yg diderita sebelumnya … biasanya dokter kulit akan memeriksa Lab HSV untuk mengetahui apakah herpes simplex atau hanya stomatitis aftosa.
    Makasih

  96. 96 illah Agustus 26, 2010 pukul 1:45 pm

    cak maaf mengganggu lg. sy bnr2 stres nih. msh soal yg kmrn. itu bnr2 serviks, sy th dr dsog sendiri wktu memskkan obat wktu keputihan dlu. kemarin krn takut sy coba mskkan jari trus sy dorong naik ke atas tp sbntr kmudian turun lg, tp sblmnya jari sy olesi dg albotil krn tkt infeksi. klu kaki sy angkat mk serviks jg msk. apa memang itu prolaps? aduh sy takut bgt cak, anak sy kan bru 1. opersi pmsngan cincin apa sm dg oprsi caesar? trus cincinnya smpai brp lama bru di ganti? maaf klu kebanyakan tanya.

  97. 97 illah Agustus 26, 2010 pukul 1:53 pm

    apa kira2 dsog nya kmrn salah cak? beliau kmrn blg takut klu ada yg tertinggal sewktu proses persalinan kmrn tp ternyata tdk. bliau jg blg prolaps itu klu kandungannya keluar. mohon pencerahannya cak. bnr2 takut nih cak.

  98. 98 cakmoki Agustus 26, 2010 pukul 10:52 pm

    @ illah:
    Ya, saya memahami kalau mbak illah masih penasaran dan stress.
    Supaya lebih pasti, gak ada salahnya periksa ke dsog lain sebagai second opinion. Jika bukan prolaps, silahkan tanyakan apa yang terlihat menonjol saat mengangkat kaki. Kalau benar prolaps, tentu dsog akan memberikan pilihan terbaik untuk menanggulangnya. Saat ini kta gak bisa berandai-andai sebelum semuanya jelas.
    Ditunggu beritanya setelah periksa ke dsog lain :)
    Makasih

  99. 99 insyani Agustus 28, 2010 pukul 10:44 am

    Dkter..kl dinding vagina terasa agak lebih kebawah dibawah dari anus seperti bengkak kl dipegang (kan biasanya sejajar gak terlalu jauh dng anus) itu apa dan krn apa ya? Dan hrs gmn spy gak kram ya..rasanya seperti kram di kaki ketika kelamaan sujud dan gak skit sih cuma kram2 gitu terasanya di atas labiya mayora.. mksh

  100. 100 insyani Agustus 28, 2010 pukul 1:32 pm

    Tambahan Dan hrs gmn spy gak kram ya..kram di bawah perut rasanya seperti kram di kaki ketika kelamaan sujud dan gak skit sih cuma kram2 gitu terasanya di atas labiya mayora.. mksh

  101. 101 cakmoki Agustus 28, 2010 pukul 5:58 pm

    @ insyani:
    Kalo emang bengkak, wajar aja posisinya aagk kebawah dari anus. Brasa bengka tersebut belum tentu karena penyakit. Untuk memastikan penyenbabnya, mau gak mau periksa ke dokter.
    Kram di area tersebut terjadi karena kurang lancarnya aliran darah akibat sujud terlalu lama or duduk terlalu lama. Untuk menghindarinya, jangan sujud terlalu lama .. :)
    Bisa juga meredakan kram dengan obat, misalnya: neurobion atau nervitone dan sejenisnya, diminum 2-3 x 1 hingga kram nya reda… tapi yang paling penting adalah mengupayakan agar tidak lama-lama sujud.
    Makasih

  102. 102 Lia Agustus 30, 2010 pukul 9:45 pm

    Beberapa hr terakhir sy merasakan nyeri (kemeng kata org jawa) pdperut bag bawah baik kanan maupun kiri. Sy tanya ke tmn2 dikantor katanya “Turun Berok” krn srg ngangkat brg yg lumayan berat. Trus disarankan untuk pijat perut.
    Trus sy sms ibu sy yg kebetulan pensiunan bidan. Katanya dlm medis istilahnya portio …. (sy lupa lanjutannya tp bkn uteri progans ato apa). Mnrt beliau itu disebabkan oleh penyangga kandungan yg sdh molor, tdk bs dipijat, hrs dioperasi & sulit punya anak. Pdhl sy takut skl kl hrs dioperasi
    Mendengar susah punya anak sy langsung gemeter … waduch gmn nich pdhl sy & suami saat ini sdg gencar utk melaks program penambahan anak (he he he kan jatah dr pemerintah cm 2, sedangkan anak sy br 1 & kebetulan hr ini ultah yg ke 7 th).
    Mohon saran dr Bapak,
    Sebaiknya apa yg hrs sy lakukan?
    Apakah benar sy memang hrs operasi?

  103. 103 cakmoki Agustus 31, 2010 pukul 12:35 am

    @ Lia:
    lho lho lho… lha koq ujug-2 operasi tanpa periksa dokter..
    Prolaps uteri dialami oleh usia lanjut..lha penjenengan kan paling poll baru 30-40 tahun… nyeri perut bawah banyak sebabnya, bisa jadi hanya kencang otot-2 nya saja… untuk memastikan ada tidaknya penyakit, sebaiknya periksa ke dokter terdekat.
    Makasih

  104. 104 maya September 29, 2010 pukul 3:26 pm

    Terima kasih diskusi diatas byk memberi wawasan baru,kasus saya spt yg dialami ibu indah mei taun lalu tp saya blm periksa kedokter dgn membaca diskusi ini saya jd makin yakin untuk tidak diurut (krn byk yg menyarankan diurut jg melihat posisi kandungan sy yg baru msk 6bln tp melorot kebwh)..terima kasih sekali lg cak…

  105. 105 cakmoki September 29, 2010 pukul 11:43 pm

    @ maya:
    Terimaksih juga telah berbagi dan atas kunjungannya ke bLog ini :)

  106. 106 maya September 30, 2010 pukul 8:57 am

    Maaf cak meneruskan yg kmrn,td mlm sy periksa kedokter katanya nyeri krn letak janinnya sungsang jd klo janin bergerak menimbulkan nyeri di bwh jaitan bekas secsio 3th yg lalu, kehamilan masih 23 minggu kok bisa ya cak?pdhl kehamilan sblmnya prnh sungsang dan tidak ada rasa nyeri,semalaman sy ga bisa tidur dan paginya sakit untuk jln,sy cm diberi histolan oleh dokter,apa mgkn disebabkan hal lain cak??terima kasih

  107. 107 cakmoki September 30, 2010 pukul 1:26 pm

    @ maya
    benar.. keluhan tersebut bisa jadi karena letak janin dan peregangan bekas kahitan sectio. Rasa nyeri bisa dialami pada kehamilan sungsang, bisa juga tidak… dan kalaupun mengalami rasa nyeri, timbulnya bisa pada usia kehamilan berapapun. Kemungkinan lainnya yg paling sering adalah spasme atau tegang otot-2 rahim ataupun otot perut bagian bawah karena aktifitas sehari-2 atau kelelahan.
    Hystolan untuk relaksasi rahim…itu artinya dsog mendapati tegang otot rahim… emang gak ada pereda nyerinya… untuk itu, kalo merasa terganggu, gak ada salahnya menggunakan pereda nyeri, misalnya: ibuprofen 400 mg, atau natrium diklofenak 50 mg atau pereda nyeri lainnya, diminum sesudah makan di saat nyeri saja.
    Moga sehat selalu.
    Makasih

  108. 108 maya September 30, 2010 pukul 11:00 pm

    Terimakasih atas jawabannya,sangat membantu..tp saya ttp was2 sampe kpn nyerinya hilang krn sdh 3hr sakit skali,aktivitas bnr2 terhenti krn nyeri spjg hari, minum pereda nyeri terus2an jg kawatir cak….moga cakmoki jg sehat slalu,trm ksh atas bantuannya

  109. 109 cakmoki Oktober 1, 2010 pukul 2:35 am

    @ maya:
    Gak papa minu m pereda nyeri… obat pereda nyeri yang saya sebutkan adalah obat kategori B pada kehamilan dan menyusui, yang artinya aman bagi janin maupun ibunya…sama amannya dengan multivitamin yang biasa digunakan wanita hamil setiap hari… lagipula, munimnya hanya saat nyeri saja.
    Moga sehat selalu. :)
    Makasih

  110. 110 gista Oktober 5, 2010 pukul 3:37 pm

    sore cak….
    saya sering merasakan perut sakit di bagian kanan atas kaya ada yang nusuk2 gitu, kalo bagun tidur suka kembung pokoknya kalo bangun tidur pagi ga nyaman de perut dan kaki suka terasa dingin. kira2 kenapa ya itu cak, saya suka takut mau minum obat tapi bingung juga mau minum obat apa…

    thanks
    gista

  111. 111 cakmoki Oktober 5, 2010 pukul 10:19 pm

    @ gista / amanda:
    idealnya periksa ke dokter untuk memastikannya.
    Namun, jika belum sempat, kita bisa diskusikan di blog ini.
    Menilik keluhannya (perut terasa ngganjel, kembung, gak nyaman, dll), menandakan Dispepsia, atau orang awam menyebutnya sakit maag, yakni keluhan lambung yang disebabkan peningkatan produksi asam lambung.
    Sebagian besar (lebih 80 %) keluhan pada dispepsia, dipicu oleh cemas, stress, kerjaan numpuk, banyak tugas, dan sejenisnya… sedangkan sisanya dipicu oleh pola makan, kurang tidur, dll.
    Nah, peningkatan produksi asam lambung tersebut menimbulkan beragam keluhan lambung, misalnya: perut perih, ngganjal, kembung, mual, nyesak, perut gak nyaman, keringat dingin, lemas, gemetar … tentu gak semua keluhan yg saya tulis dialami oleh seseorang yg dispepsia.. kadang ada yg hanya perih dan kembung, kadang ada yg disertai nyesak, dll.

    Obat yg lazim digunakan:
    1) Antasida, misalnya: mylanta, anflat, dan sejenisnya, diminum (dikunyah) 3-4 kali sehari, sebelum makan atau dalam keadaan perut kosong. Obat-2 ini biasanya sudah dikombinasi dengan anti kembung, yakni simetikon ato dimethyl-polisiloksan.

    2) Obat penghambat peningkatan produksi asam lambung, misalnya: famotidin 20 mg atau ranitidine 150 mg… salah satu dari obat ini diminum 2×1 berjarak sedikitnya 1-2 jam dengan obat antasida.

    Kalo masih kembung, dapat ditambahkan obat kembung yang mengandung enzym, misalnya: vitazym atau pankreoflat, diminum 3×1 bersama makan atau sesudah makan.

    moga segera sembuh.
    Makasih

  112. 112 Gista Oktober 6, 2010 pukul 12:55 pm

    makasih banyak ya cak…

    dulu sih emang sempet dirawat karena mag ma ad infeksi pencernaan, sampe ma dokter dianjuri mkn bubur,masi tim pkoknya kaya bayi gitu selama 3bln, itu sih 4thn yg lalu, nah sekarng2 ini suka sakitnya ya gitu nganjel di kanan atas ma kembung ya kadang2 gemeteran ky org laper hehehe… dan pinggang kanan jg ikut2an skit cak kenapa ya?? klo obt2 diatas boleh dikomsumsinya berapa lm ya cak…
    klo kemaren2 klo skit gitu suka diurut dan agak enakan,tapi setelah baca blog diatas jd ngeri juga hiks..hiks..

  113. 113 cakmoki Oktober 6, 2010 pukul 1:01 pm

    @ Gista:
    ya, adakalanya dokter menyebut maag dan infeksi pencernaan… sama aja…letaknya bisa di perut kiri, tengah ataupun kanan.
    Obatnya seperti yang saya sebutkan, aman untuk jangka panjang.
    Gak perlu makan bubur atau nasi lunak, ntar malah lemas.
    Makasih

  114. 114 lia Oktober 11, 2010 pukul 4:46 pm

    Sore cak,

    Seneng bgt ketemu ma topik ini. Saya lagi hamil 7 bulan, tapi byk temen2 yg bilang kok perutnya sudah turun. Memang sich ngerasa perut atas kok ga sperti ibu2 hamil laen. Gmna ni cak?

    Maksih sebelumnya

  115. 115 cakmoki Oktober 11, 2010 pukul 11:50 pm

    @ lia:
    met malam…
    Gak papa..kadang emang gitu. Kalo saat kontrol ke dokter trus dokternya gak komentar apa-2 , berarti aman.
    Makasih

  116. 117 maria November 20, 2010 pukul 9:06 pm

    Mlm cak.. Jd sng nih msk blog cakmoki. Byk info yg sgt b’manfaat. Gini cak stlh kuret tgl 9/10 kmrn 6 hr kmdian sy keluar drh (rasanya sih spt mens) lalu bsknya sy kontrol ke dsog n hsl usg ktnya dah brsih n hny diksh obat plasminex n santa-E. Prt kiri bwh srg trsa nyeri n skrg keluar flex cklt kdg ada sdkt drh. Cm 2 hr sj yg bnr2 keluar spt mens. Apakah itu bnr2 mens / bkn? Rasa nyeri (aplg pas mau pi2s n bab) apakah wjr trjdi pd wnta pasca kuret? Mhn pencerahannya ya cak.. Mtr suwun….

  117. 118 maria November 20, 2010 pukul 11:12 pm

    Oia cak ada lg ni.. (wah sy jd ganggu cak Moki yg lg b’mlm mggu ni..) Plasminexnya abis tp santa E nya msh.. Apa blh sy mnm jamu utk mengencangkan otot vagina ato smcm itulah utk wnta pasca kuret coz sptnya perut sy kok buncit ya.. Heheheh.. Jg utk persiapan ‘ditengok suami’ biar lbh greget gt! Ditmpt sy ada toko jamu yg t’knl n sy pngn cb.. Gmn ya cak?

  118. 119 maria November 20, 2010 pukul 11:16 pm

    Oia cak ada lg ni.. (wah sy jd ganggu cak Moki yg lg b’mlm mggu ni..) Plasminexnya abis tp santa E nya msh.. Apa blh sy mnm jamu utk mengencangkan otot vagina ato smcm itulah utk wnta pasca kuret coz sptnya perut sy kok buncit ya.. Heheheh.. Jg utk persiapan ‘ditengok suami’ biar lbh greget gt! Ditmpt sy ada toko jamu yg t’knl n sy pngn cb.. Gmn ya cak??

  119. 120 cakmoki November 21, 2010 pukul 10:36 am

    @ maria:
    Met pagi…
    Keluhan tersebut kemungkinan berhubungan dengan kuret, dapat juga karena faktor lain.
    Darah yg keluar tersebut kemungkinan darah menstruasi, menilik kuret dilakukan sebulan yg lalu
    Santa -E dapat dilanjutkan hingga habis.
    Adapun untuk meredakan nyeri, dapat menggunakan pereda nyeri, misalnya asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga nyerinya hilang.

    Tentang jamu kencang mengencang vagina, saya gak ikut-ikut :D … ntar ada yg tersinggung soalnya disangka mengusik ladang penghasilan orang lain :D
    Maklum, dunia medis ibarat ladang emas, sehingga banyak penumpang gak jelas ikut jualan… hahaha

    Kalo ingin sehat, cara terbaik adalah olah raga, gak ada yg lain, apalagi yang instan…. tapi, bangsa kita biasanya malas berolah raga, tapi rajin ngemil, tidak seperti orang-2 asia timur yng tetep kenceng walau usia 50-an karena mereka rajin berolah raga.
    Makasih

  120. 121 maria November 21, 2010 pukul 2:01 pm

    Ups maap cak kuretnya bkn bln 10 tp bln 11 (saking antusiasnya jd slh ketik). Jd br 2 mggu yg lalu n br 1 mggunya sy keluar darah kdg flek coklat mpe hr ni. Sy sms dr ktnya ga prl pake obat slma bs ditahan n alhamdulillah hr ni ga trsa skt. Kl sy amati sih mgkn krn sy byk aktifitas.. Mengenai jamu emg ga ada kali ya dr yg nyaranin pk jamu bisa2 obat ga laku tuh! Hehehe…. Dl sy ikut senam BL tp utk saat ni blm berani. Ya dah ntar cb sy sms dr blh apa ga sy mnm jamu. Mdh2an dr nya mlh ksh tau jamu yg mustajab. :-D Oya cak kira2 penybb sy hrs kuret tu apa ya? Msh inget kan kasus sy pd ‘ketika menstruasi berkepanjangan’? Mdh2an cak moki bs ksh solusi….

  121. 122 maria November 21, 2010 pukul 2:04 pm

    Ups maap cak kuretnya bkn bln 10 tp bln 11 (saking antusiasnya jd slh ketik). Jd br 2 mggu yg lalu n br 1 mggunya sy keluar darah kdg flek coklat mpe hr ni. Sy sms dr ktnya ga prl pake obat slma bs ditahan n alhamdulillah hr ni ga trsa skt. Kl sy amati sih mgkn krn sy byk aktifitas.. Mengenai jamu emg ga ada kali ya dr yg nyaranin pk jamu bisa2 obat ga laku tuh! Hehehe…. Dl sy ikut senam BL tp utk saat ni blm berani. Ya dah ntar cb sy sms dr blh apa ga sy mnm jamu. Mdh2an dr nya mlh ksh tau jamu yg mustajab. :-D Oya cak kira2 penybb sy hrs kuret tu apa ya? Msh inget kan kasus sy pd ‘ketika menstruasi berkepanjangan’? Mdh2an cak moki bs ksh solusi……

  122. 123 cakmoki November 21, 2010 pukul 2:19 pm

    @ maria:
    ok, kalo dokternya bilang gitu berarti gak papa…
    tentang penyebabnya yang paling tahu adalah dokternya dong :D
    Makasih

  123. 124 Risa November 28, 2010 pukul 12:58 am

    Dok,

    Numpang tanya ya..
    Tgl 23 Juli kemarin saya habis kuret, setlah bulan kan boleh berhubungan. Ketika saya berhubungan dengan suami saya, kok bagian kanan sakit ya..Kalau batuk pun begitu, terasa sampai ke perut bawah kanan.padahal sebelumnya tidak pernah ada masalah sama sekali, kemudian paha kanan saya juga jadi nyeri seperti kesemutan terus menerus hingga sekarang.

    Oya, stlh kuret, tgl haid saya berubah jadi tgl 20, bln depannya tgl 18, kmdn tgl 16 dan terus maju, tapi belakngan malah mundur lagi ke tgl awal, diatas tgl 26. sebelum kuret pun saya g pernah sejauh ini maju atau mundurnya. biasanya selalu tepat tgl 26 atau 27 lah tiap bulannya. dan sekarang sdh tgl 27 saya belum juga haid.

    Sebenarnya saya kenapa dok? apa dokternya yang waktu kuret kemarin ada salah operasi atau gimaana ya dok?

    Mohon info nya

    Makasih

  124. 125 cakmoki November 28, 2010 pukul 1:20 am

    @ Risa:
    Keluhan Nyeri tersebut gak ada hubungannya dengan kuret, mungkin karena faktor lain yg dapat diketahui dengan pemeriksaan dokter.
    Adapun silus haid, normalnya berkisar 21-35 hari.
    Kalaupun di luar dari range, gangguan siklus mens tersebut dapat disebabkan oleg berbagai faktor, pada umumnya karena ganghguan keseimbanmgan hormonal yg dipicu oleh berbagai faktor, misalnya: kelelahan, stress, dll. Menurut saya bukan karena kuret.
    Untuk memastikannya, sebaiknya periksa ke DSOG.
    Makasih

  125. 126 Ika ratna sari November 28, 2010 pukul 2:42 pm

    Assalamu’alaikum cak..
    Mau numpang b’tanya lg nie..
    Bln ini saya mengalami haid yg pnjg..hmpir 2 mgg..dr tgl 15 smpai skrg blm slsai.. Pdhal sblmnya plg lama 7-8 hr.. Catatan medis pd bln juli 2010 melakukan kuretase.. Dan bln lalu cek DSOG ktnya rahim normal..
    Nah, knp y cak kok mesntruasinya pd bln ini pnjg skali..mhn pencerahan & penjelsan impact nya jd cpt lemes klo byk aktifitas..mksh sblm & sesdhnya.
    Wassalam..

  126. 127 cakmoki November 28, 2010 pukul 3:08 pm

    @ Ika ratna sari:
    Wa’alaikumsalam…
    Pada umumnya karena gangguan keseimbangan hormon (hormonal imbalance) yang dipicu oleh berbagai faktor, diantaranya: kelelahan, stress, cemas, dll.
    Selengkapnya tentang menstruasi berkepanjangan, silahkan baca artikelnya di Blog ini pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2007/03/18/ketika-menstruasi-berkepanjangan/

    Gak ada hubungannya dengan kuret :)
    Makasih
    Wassalam

  127. 128 Ika ratna sari November 28, 2010 pukul 4:48 pm

    :)…mksh cak, jwbn dr link blognya sgt melegakan hati.. Tp msh menyisakan sdkt ptnyaan…hehehe (bsk nanya lg ya cak) smg ga keberatan..
    1. Apa mgkn t’ulang ”m” yg pnjg ini?
    2. Ada obat yg bs dikonsumsi ga ya cak u/ mengatur spy perdarahannya b’henti & (smg) tdk t’ulang lg?? (suami dah meminta u/ konsumsi pil ”penuntas” sgl nya soalnya..)
    3. U/ rencn kehamilan ada vitamin/suplemen khusus ga u/ kami cak? Mengingat kmrn 2x keguguran, stiap t’kena guncangan sdkt lgsg flek saat kehamilan b’lgsg..
    Mksh cak, blog ini sgt membantu saya, smg ALLAH SWT memberikan blsan kbaikan berlipat2 kpd cak moki & kelg…amin..

  128. 129 cakmoki November 28, 2010 pukul 5:03 pm

    @ Ika ratna sari:
    1) Mens berkepanjangan bisa terulang kalo adac pencetus seperti yang tertulis di artikel.

    2) Ada obatnya… ada beberapa jenis obat dan cara penggunaannya.
    Tapi mohon maaf, saya tidak merekomendasikan obat tertentu karena pilihan obat dilandasi dengan hasil pemeriksaan.

    3) Gak ada suplemen khusus, namun boleh menggunakan multivitamin yang mengandung banyak vitamin E. Bisa juga menggunakan obat untuk stimulasi ovulasi yg dimnum 5 hari pada hari ke 5 mens, namun harus menggunakan resep dokter.
    Kalo pernah hamil, walau keguguran, tentu bisa hamil lagi :)
    Untuk itu, kalo ada kesempatan sebaiknya periksa ke dokter kandungan agar diberikan obat yang tepat untuk menghentikan menstruasi berkepanjangan sekaligus program kehamilan.

    Moga sehat selalu :)
    Makasih

  129. 130 Risa Desember 1, 2010 pukul 6:51 pm

    makasi Dok

    Habis baca reply nya malah langsung keluar haid nya nih seperti biasa tgl 28 nov kmrn
    hehehe

    kapan2 klo mau tanya tanya lg gpp yaaa
    :D

  130. 131 cakmoki Desember 2, 2010 pukul 12:12 am

    @ Risa:
    Berarti normal dong :D
    Makasih

  131. 132 rina Desember 2, 2010 pukul 10:26 pm

    cakmoki, mau nanya,
    Saat ini alhamdulillah saya hamil dah 11 minggu, tapi saya sulit sekali minum air tawar, maunya air es, atau air dingin yang berasa, misal sirup,teh, jus dll. Kalo minum air tawar biasa pasti mual, lalu apakah tidak berbahaya jika saya sering (tiap hari) minum es sirup? disini saya pakai marjan yang kalo dilihat komposisinya dia pakek gula pasir dan tidak ada tambahan pemanis buatan. kalo pemanis buatan memang saya kurangi. hampir tidak pernah malah.

    kedua, pada usia berapa bulan saya dan suami bisa hubungan intim lagi? sekarang belum pernah sejak hasil positif. Saya juga tidak mengalami flek sedikitpun (alhamdulillah) tapi keputihan yang cukup banyak, tapi tidak terasa sakit atau bau, warna putih kekuningan.

    ketiga, saya sulit sekali minum susu ibu hamil, krn selalu muntah habis minum, apakah tidak mengapa jika saya tidak minum susu? dan diganti dengan vitamin, seprti OBIMIN? makan masih normal tapi porsi sedikit, banyak nya ngemil sprti singkong, ubi, kolak dll.

    demikian, maaf bila kebanyakan. terima kasih.

  132. 133 cakmoki Desember 3, 2010 pukul 1:55 am

    @ rina:
    1. Gak papa… boleh minum minuman tersebut.
    2. Pada usia kehamilan berapapun boleh berhubungan intim. Anggapan yang menyatakan gak boleh berhubungan intim pada kehamilan usia muda adalah keliru.
    3. Gak minum susu gak papa, yang penting makan makanan bergizi,, dan tentu boleh ngemil.
    Moga sehat selalu.
    Makasih

  133. 134 rina Desember 8, 2010 pukul 11:23 pm

    malam cak, makasih atas jawaban sebelumnya, boleh nanya lagi kan?

    1. Saya mengalami keputihan selama kehamilan ini, tidak berbau tapi terasa gatal kalo keluar, kalo dah dibersihkan dan ganti celana ga gatal lagi, hanya jadinya saya berulang kali ganti celana, tapi kalo pake panti lyner malah ga gatal, cuman 2 hari kemudian timbul ruam (mrintis2) yang malah perih. gmana caranya biar ga gatal tanpa panty liner?

    2. Semenjak mulai hamil saya mengalami gatal2 di kulit bagian kaki kanan, kalo digaruk malah semakin gatal dan timbul mrintis2 kayak digigit ulat, saya udah pake betason, ultraciline,betadhin, bahkan balsem, tapi ga mempan, sekarang malah membekas hitam karna sering digaruk. Apa ada obat yang bisa membantu menghilangkan gatal tersebut?

    3. terima kasih, atas sarannya, tapi banyak referensi yang melarang untuk ber-hub dulu sebelum lepas trisemester pertama, karna bisa menyebabkan kontraksi karena keluarnya sperma, jadi saya tahan dulu deh, habis dah nunggu 3 tahun baru bisa hamil, takut kenapa-napa.hehehe.

    Ok, cak, makasih, kapan-kapan nanya lagi, moga ga bosen. oh ya susu hamil boleh diganti dancow gak? makasih…

  134. 135 cakmoki Desember 9, 2010 pukul 1:34 am

    @ rina:
    met malam…
    1) supaya gak gatal, minum obat pereda gatal, misalnya loratadine 10 mg atau cetirizine 10 mg, diminum 1×1 saat gatal saja… obat ini aman pada kehamilan, artinya aman untuk janin.

    2) Krim Apolar atau Desolex… obat minumnya sama dengan obat gatal untuk keputihan, yakni: loratadine 10 mg ato cetirizine 10 mg.

    3) Tidak ada referensi yang menyatakan hal itu… kalo ada silahkan tunjukkan ke saya, ntar saya kriik penulisnya :D

    Susu hamil sebenarnya gak beda dengan susu yang lain, so boleh pake susu yang paling disukai.

    Makasih

  135. 136 rina Desember 14, 2010 pukul 10:24 am

    maturnuwon ya cak, atas jawabannya. boleh nanya lagi gak?

    Saya mengalami sakit pada bagian atas pantat kiri kanan, rasanya kayak abis di suntik gitu, sakitnya kadang muncul kadang hilang,udah pake balsem, agak reda, tapi kalo khasiat balsemnya hilang ya datang lagi tuh, emang gitu ya kalo hamil, makasih.

  136. 137 cakmoki Desember 14, 2010 pukul 1:49 pm

    @ rina:
    iya, adakalanya keluhan sakit timbul di pantat, punggung, perut bawah. Kalo kadang muncul kadang hilang, belum perlu pake obat minum… Makasih

  137. 138 risna Desember 21, 2010 pukul 3:15 am

    dok, mau tanya, mama saya kemarin ini sembelit trus setelah dibantu obat pencahar akhirnya sembelitnya hilang tapi saat mau membersihkan (maaf) anus, di vagina nya malah keluar tonjolan kira2 sebesar kelingking dan keras namun lama kelamaan mengecil dan sekarang tinggal sebesar kacang tapi tidak ada rasa sakit sama sekali. yang mau saya tanyakan, apa ini termasuk rahim turun dok? kira2 nantinya ada kemungkinan perlu di operasi gak dok? oh iya, umur mama saya 44 tahun dan belum menopause. terima kasih ya dok :D

  138. 139 cakmoki Desember 21, 2010 pukul 2:47 pm

    @ risna:
    Bukan :D
    Kemungkinan peradangan kelenjar bartholin or kelenjar lain.
    kalo cuma sekelingking gak perlu operasi.
    Makasih

  139. 140 risna Desember 22, 2010 pukul 6:45 pm

    Waaah syukur lah..terima kasih ya dok :D

  140. 141 cakmoki Desember 23, 2010 pukul 1:12 am

    @ risna:
    sama-sama… makasih :)

  141. 142 Yu Ti Januari 24, 2011 pukul 12:04 am

    Met malam Cak,

    Sdh 6 hari ini sy spt anyang-anyangen (pipis terus menerus kadang disertai nyeri kadang tidak). Hr ke-2, atas saran saudara, sy ke tukang urut dan katanya rahim sy turun. Disarankan sy utk dtg pijat lagi seminggu setelah pijat pertama. Dulu sy pernah ada gangguan spt ini, stlh dipijat sembuh. Tp kali ini kok nggak sembuh.Mhn info penyebabnya apa dan kl ke dokter ke dokter apa. Ataukah lgsg minta di USG? Mohon pencerahan. Terimakasih.

  142. 143 cakmoki Januari 24, 2011 pukul 1:46 am

    @ Yu Ti:
    Met malam,
    Keluhan tersebut kemungkinan karena ISK. ( infeksi saluran kemih)
    Kalo ke dokter, dapat ke dokter umum or siesialis penyakit dalam.

    Selengkapnya tentang ISK, silahkan baca artikelnya di Blog ini pada link berikut:

    http://cakmoki86.wordpress.com/2007/04/05/isk-kencing-menetes-air-matapun-berlinang/

    Makasih

  143. 144 rina Februari 8, 2011 pukul 11:08 pm

    malam cak moki, mau nanya nih, (maaf di luar jalur topik, abis nggak ada, hehehe)

    Saya sekarang hamil jalan 5 bulan, saya punya payudara yang putingnya tidak sama bentuknya ( sebelah kiri mempunyai bentuk membelah, jadi sering “mingkup” atau tenggelam, kalo yang kanan normal ajah.

    Saya khawatir, putih sebelah kiri itu tidak bisa mengeluarkan air susu karena tenggelam dan tidak bisa diraih oleh bayi saya nanti. Kemudian, karena payudara yang sebelah kanan pernah operasi tumor jinak, maka meskipun bentuknya normal saya tetap khawatir ia tidak mengeluarkan air susu. Hmmm … banyak khawatirnya yah???

    mohon pencerahan cak moki, biar lebih tenang, makasih.

  144. 145 cakmoki Februari 9, 2011 pukul 12:14 am

    @ rina:
    Met malam,
    iya, banyak khawatirnya :D .. padahal gak masalah walau puting mingkup dan satunya pernah operasi FAM.. gak ngaruh pada produksi ASI… yg mingkup ntar akan “mencungul” :D ketika tiba waktunya menyusui.
    Makasih

  145. 146 Gie Februari 19, 2011 pukul 3:51 pm

    Dokter, perut saya sekarang rada buncit. Padahal dulu perut saya rata. Saya tidak tau, apakah hal ini karena adanya timbunan lemak karena pola makan atau karena adanya peranakan turun. Sebenarnya apa ciri-cirinya peranakan turun itu ??

    Saya wanita umur 24 tahun, belum menikah. Tinggi saya 155,5. Dulu berat saya stabil 45 kg. Sekarang udah 49 kg. Kalo postur tubuh saya pikir tidak masalah, karena tidak terlihat gemuk. Hanya saja, perut saya yang terlihat buncit.

    Saya juga mau bertanya, apakah dengan sit up tiap hari dapat mempengaruhi rahim saya??

    Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih

  146. 147 Dewi Februari 23, 2011 pukul 11:12 am

    Dok, saya br saja mengalami keguguran krna janin lemah (dokter blg krna seleksi alam) di usia kandungan 3 bulan jalan dan di kuret pada tgl 29/1,setelah kuret keluar darah sedikit hanya 3 hari dan hari selanjutnya keluar darah berwarna kehitaman lalu bersih sampai krg dr 2 mgg dr tgl kuret.
    Saya jg sudah kontrol ke dokter, smgg stlh kuret dan dokter memeriksa (dgn menekan2 perut) kalau kondisi rahim saya sudah baik, br blh hamil lg stlh 2x siklus haid. Dokter jg mnytkan saya dan suami sdh boleh ‘berhubungan’ tp dgn pake pengaman.
    tambahan hasil lab menyatakan semua bagus.
    yang ingin sy tanyakan
    1. mengapa setelah saya slsai berhubungan (dgn memakai pengaman) lalu keluar darah dgn disertai rasa agak sakit di perut bag.bawah? dan darah sdh tdk keluar kesokan hrny..
    pdhl sy berhubungan sdh krg lebih 3 mgg dr wkt kuret.
    apa penyebabnya ya dok? apa krn msh ada luka pd rahim saya?
    2. multivitamin/ makanan apa saja yg hrs dikonsumsi saya dan suami agar saya cpt hamil kembali dan kondisi rahim saya kembali seperti semula?
    3. apa benar kata ibu saya dgn meminum jamu kunir asem bs membersihkan darah nifas? dan penggunaan korset stlh keguguran mencegah kandungan turun?
    trima kasih dok,mohon pencerahan agar lebih tenang.

  147. 148 cakmoki Februari 23, 2011 pukul 1:38 pm

    @ Gie:
    Lha itu ada gambarnya :) … kalo semacam daging yg menonjol keluar dari vagina, kemungkinan kandungan turun alias prolaps uteri :D
    Kalo perut buncit sih karena timbunan lemak , terlebih dengan adanya fakta kenaikan BB.
    Sit up dan segala macam olah raga jungkir balik, tidak akan mempengaruhi rahim soalnya rahim udah disangga oleh jaringan ikat yang kuat dan tidak akan pernah kemana-mana.
    Makasih

    @ Dewi:
    1) Keluarnya darah tersebut kemungkinan karena tidak terbiasa menggunakan pengamat atau bisa juga karena kecemasan yang berlebihan sehingga otot-2 tidak bisa relaks. Akibatnya terjadi peregangan yang menimbulkan keluarnya darah. Untuk memastikannya, gak ada salahnya kontrol ke dokter.

    2) Multivitamian apa saja, yang penting isinya lengkap. kalo udah makan makanan begizi, semua kebutuhan vitamin dan mineral nisacya terpenuhi dari makanan

    3) Keduanya tidak benar :D

    Makasih

  148. 149 Dewi Februari 24, 2011 pukul 8:56 am

    oke,..terima kasih ya dok cakmoki sdkit lebih lega nih.
    oiya, isi blognya bagus lho dan responnya cepat.
    satu lg,bahasanya juga gawul, hehe :p

  149. 150 cakmoki Februari 24, 2011 pukul 2:07 pm

    @ Dewi:
    Sama,sama…makasih juga telah berbagi, dan atas pujiannya … hehe :P

  150. 151 rahmat Februari 27, 2011 pukul 12:34 pm

    mo tanya cak,,sebelum nya saya sangat senang sekali ada blog ini,begini cak,,istri saya smlm merasa kesakitan sekali di atas kemaluan nya,sampai2 dia ga bisa bangun sama sekali(katanya kalo mo berdiri sakit banget) sampai2 saya ga tega liatnya,oh yah istri skrang lg hamil 6 bulan jalan,katanya peranakan nya turun bener ga cak??yg saya heran dia ga bisa bangun sama saekali cak,,sakitnya minta ampun katanya,,mohon penjelasan nya yah cak,,sebelum nya makasih banyak,,smga ck selalu di beri kesehatan amiin

  151. 152 cakmoki Februari 27, 2011 pukul 6:36 pm

    @ rahmat:
    Silahkan lihat gambarnya pada artiel doi atas… gambar no.2 adalah gambar kandungan turun :D

    Kalo ga seperti itu berarti bukan. Nyari perut pada kehamilan banyak sebabnya, bisa karena spasme (tegang otot oleh berbagai sebab), bisa pula karena faktir lain yang dapat diketahui dengan pemeriksaan oleh dokter.

    Menilik kehamilannya 6 bulan, bisa dipastikan bukan prolas uteri (kandungan turun)…soalnya kalo terjadi prolasp uteri, janin juga keluar dari kandungan.

    Untuk itu, kalo nyeri perut sampai gak bisa bangun, sebaiknya periksa ke dokter agar diketahui penyebabnya dan diberikan obat yang tepat.
    makasih

  152. 153 rahmat Maret 1, 2011 pukul 9:11 pm

    tenkyu cak atas penjelasan nya,,katanya sih setelah periksa istri terlalu banyak berdiri(karena pekerjaan nya mengharuskan berdiri cak),,da g tu istri jg sembelit cak,,kapan2 boleh tanya lg kan cak,,buat cak dokter sukses selalu..

  153. 154 cakmoki Maret 2, 2011 pukul 5:24 pm

    @ rahmat:
    ya, bisa jadi pemicu keluhan tersebut karena berdiri dalam waktu lama.
    Sama-sama… makasih telah berbagi :)
    Moga sehat selalu

  154. 155 yuliana Maret 10, 2011 pukul 12:02 pm

    Met pagi cak….
    mau nanya nih…..belakangan ini sekitar 6 bulan..kok pinggang saya sering pegel ya?kayak mau haid gitu padahal gak…lalu…10 hari ini kok bukan pinggang aja ya…malah ke kaki sebelah kiri terasa pegal…ini udah di kusuk perut…yang katanya perut turun makanya pinggang sakit sampe ke kaki kiri krn perut turun ke kanan….emang enakan sih setelah di kusuk…tp cuma 3 hari aja enakan nya…skrg malah pegel lagi walau cuma di pinggang…yg mau saya tanyakan…
    1.apa bener org yg habis melahirkan gak boleh angkat berat2…krn waktu nifas saya ud harus kerja yg ada angkat2….tp itu sih ud 3 thn yg lalu,masa sih ngaruh nya smp skrg?
    2.apa mungkin ada saraf yg terjepit di daerah pinggang?
    thanks sebelumnya ya….
    3.kalau masalah bgini,hrs konsul ke dok apa ya dok?gynaecologist or neurologist or ahli orthopaedic?

    thanks sebelumnya ya….

  155. 156 cakmoki Maret 10, 2011 pukul 1:29 pm

    @ yuliana:
    Met siang,
    1) nyeri pinggang, punggung, kaki or seluruh badan berhubungan dengan aktifitas sehari-hari..gak ada hubungannya dengan masa nifas.
    Perut tidak bisa berubah tempatnya, walaupun jungkir balik ala akrobatik karena Tuhan sudah menempatkan perut dengan penyangga otot-2 dan jaringan ikat. waduhhh, hari ginimasih percya yg begtu ya :D

    2) Keluhan tersebut bukan tanda saraf terjepit (HNP)

    3) Ke Neurologist

    makasih

  156. 157 thitinatasya Maret 23, 2011 pukul 11:11 pm

    Met mlm cak.. udh lma sya cri2 blog ini akhirnya kesmpaian jg.. sya berumr 27th mempunyai 1 ank, pasca melahirkan di vagina sya ada yg menonjol, setlh sya periksa k dokter ktanya rahim sya turun, apa bnr dmikian cak? klu kta tkng pijat perut sya turun, stiap 1bln sya psti urut krn ngrsa prut sya g nyman kyk bersa turun gtu sehingga stiap hari selma 5 jam sya menggunakan korset..skrg sya n suami berencna ingin menambah ank lg, secra ank pertma sya sdh berumr 2th 3 bln.. yg ingin sya tnya kan 1)apakah pada saat sya hmil nnti tdk mengalami kegu2ran, krn dgn keadaan rahim sya yg turun saat ini?, 2)apakah baik menggunakan korset setipa hari selma 5jam? 3) apakah bagus olahraga aerobic utk sya yh mempunyai rahim turun? Pleaaas,pleaaaas,pleaaaass…cak d jwb ya..

  157. 158 cakmoki Maret 24, 2011 pukul 11:53 am

    @ thitinatasya:
    met siang,
    Kalo gak seperti gambar di atas, berarti bukan rahim turun.
    Maaf, saya tidak percaya pada usia segini muda udah mengalami prolaps uteri (kandungan turun)… silahkan cek ke dokter kandungan.
    1) boleh hamil lagi
    2) ga papa
    3) bagus
    Makasih

  158. 159 nunik April 8, 2011 pukul 11:40 am

    met siang pak
    saya hamil 3 bulan,kmrn priksa ke dokter dg keluhan sakit pinggang dan kram bagian bwah perut lalu diberi resep hystolan.apa guna guna hystolan dan apakah bahaya bagi janin

  159. 160 cakmoki April 8, 2011 pukul 2:40 pm

    @ nunik:
    met siang,
    obat tersebut untuk relaksasi otot polos sehingga diharapkan dapat meredakan keluhan, dan aman bagi janin.
    makasih

  160. 161 asma April 28, 2011 pukul 11:26 am

    selamat siang dok, saya peranakannya turun tapi kata dokter baru stadium 1 dan disrankan pakai cincin, jadi keluarnya jika jalan banyak, dan bisa kembali jika duduk atau nungging langsung masuk lagi,tapi kata dokter pranakannya terlalu kering, umur saya 67 th, jadi akan sakit jika dipasang cincin, lalu disarankan minum herbal primrosa plus,tapi reaksinya menjadikan tekanan darah saya naik turun ndak karuan, kadang 160/100 kadang 120/90 pdahal sebelumnya tekanan darah saya stabil berkisar 110/90 sd 120/90, dan disertai detak jantung yg tiba2 jadi cepat sampai 110/mnt, akhirnya saya hentikan dan tek darah saya jadi kembali normal begitu juga jantung kembali biasa antara 60 sd 80 , bagaimana saran dokter? mohon sarannya dok, saya takut kalau nanti infeksi

  161. 162 Imam Mei 18, 2011 pukul 11:13 am

    Assalaamu’alaikum.

    Salam kenal cak,
    Saya mau tanya soal kesuburan yo cak, saya dan istri sudah lewat dua tahun ini belum ditambah keturunan sama Allah SWT, eh, iya saya ini sudah punya 1 anak yang sekarang berusia 7 tahun lebih.
    Memang selama 4 tahun lebih setelah kelahiran anak saya yang pertama saya dan istri sepakat menggunakan kondom untuk menjaga dengan maksud agar kami enggak kebobolan sewaktu anak masih kecil. Itupun penggunaan kondom tidak saya pakai setiap kali berhubungan, kadang-kadang kami juga tidak menggunakannya.
    Nah, sekarang seperti saya jelaskan diatas, kok saya belum juga ada tanda-tanda mau mendapat momongan lagi?
    Kira-kira obat apa yang bisa menambah kesuburan kami? Oh, ya kebetulan istri saya itu berat badannya memang boleh dikata lebih walaupun tidak over ..
    Dan apakah betul kalau daun ‘krokot’ (pen: jawa) itu bisa menambah kesuburan? saya mendapat saran dari seorang bidan untuk menambah kesuburan istri disarankan mengkonsumsi ‘krokot’ itu sebagai lalap.

    Terima kasih, dan maaf sebelumnya pertanyaannya kepanjangan…

    Dan sekali lagi maaf jadi ndobel pertanyaan yang sama dengan di ‘About’ nya .. :))

  162. 163 cakmoki Mei 18, 2011 pukul 12:35 pm

    @ asma:
    selamat siang,
    mohon maaf Bu, kelewatan :)
    Jika masih stadium 1 dapat menggunakan cincin presarium … yang paling ideal adalah dengan operasi.
    namun pilihan pengobatan dan tindakan medis sebaiknya dibicarakan lebih dahulu dengan dokter yg merawat selama ini agar dapat dipilih yang terbaik dan yg paing nyaman.
    Moga sehat selalu.
    Makasih

    @ Imam:
    Salam kenal,
    Jika sudah punya anak, boleh dikata subur. kalaupun belum nambah, bisa jadi karena disebabkan oleh berbagai faktor yang dapat diketahui melalui pemeriksaan oleh DSOG :D
    Obat untuk membantu ovulsi, misalnya profertil, diminum 1×1 selama 5 hari pada hari kelima pasca haid. namun penggunaan obat-2 semcam ini hendaknya periksa lebih dahulu ke DSOG.
    Tentang daun krokot, saya tidak bisa komentar :D
    Makasih


  1. 1 mitos kandungan turun « Ngobrol Kesehatan Weblog Lacak balik pada Agustus 6, 2008 pukul 2:49 am

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,980,804 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 558 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: