:: :: :: :: :: PERUBAHAN LAYOUT :: :: :: :: ::

Halaman ini merupakan lanjutan halaman Tanya Jawab. Dibuat agar tidak capek scroll. Agar lebih spesifik dan memudahkan forum Tanya Jawab, maka untuk selanjutnya disediakan halaman khusus sesuai kategori di bawah ini:

:: :: :: :: :: KESEHATAN ANAK :: :: :: :: ::

Masalah seputar Kesehatan Anak
Silahkan klik di sini.

:: :: :: :: :: KESEHATAN WANITA :: :: :: :: ::

Masalah seputar Kesehatan Wanita
Silahkan klik di sini.

:: :: :: :: :: PENYAKIT KULIT :: :: :: :: ::

Masalah seputar Penyakit Kulit dan K3lamin
Silahkan klik di sini.

:: :: :: :: :: KESEHATAN MASYARAKAT :: :: :: :: ::

Tanya Jawab masalah seputar Kesehatan Masyarakat
Silahkan klik di sini.

:: :: :: :: :: LAIN-LAIN :: :: :: :: ::

Tanya Jawab masalah Kesehatan lain yang tidak termasuk kategori di atas
Silahkan klik di sini.

:: :: :: :: :: ARSIP :: :: :: :: ::
Adapun arsip ( April 2007-24 Desember 2007 ) tanya jawab sebelumnya (pindahan Tanya Jawab 1) silahkan klik di sini.

Dan arsip Tanya Jawab 2 silahkan mengintip di sini.

NB: pertanyaan pribadi silahkan via email ini

:: :: :: :: :: Moga berguna :: :: :: :: ::

Terimakasih

Maaf lho ya … mau gak mau, tanya jawab harus sesuai dengan kategori, agar lebih spesifik. Sedangkan kalau kesulitan menentukan kategori, silahkan meluncur ke halaman lain-lain aja deh πŸ™‚

See you

:: :: :: :: :: cakmoki :: :: :: :: ::

Iklan

51 Responses to “Tanya 2”


  1. 1 dhani ardyanto Juli 19, 2007 pukul 10:51 am

    cak moki

    belum lama ini waktu saya chek gula darah saya, hasilnya 201 dan ada indikasi keturunan dari ibu saya dan apakah kaki gatal-gatal kaya kutu air, jempol tangan kanan mati rasa, mata agak buret.
    apakah hal hal tersebut merupakan gejala/memang ciri-ciri cari penderita DM
    mohon penjelasan tentang pencegahan, pantangan dan cara pengobatannya
    matur nuwun sak derengipun

  2. 2 cakmoki Juli 19, 2007 pukul 2:10 pm

    @ dhani ardyanto,
    Ada perbedaan pendapat terkait “ukuran” hasil lab Gula darah, terutama batasan nilai normal “Gula darah sewaktu” atau “kadar gula darah tidak puasa”. Di satu pihak menyebutkan angka 140 mg% pendapat lain menyebutkan 200 mg%. Lab adalah alat bantu menegakkan diagnosa berdasarkan “tanda klinis”. Artinya seorang dokter akan menganjurkan pemeriksaan Gula darah jika ada kecurigaan berdasarkan “tanda klinis”.
    Adapun tanda klinis Diabet adalah sebagai berikut:
    Tahap awal:
    1. Banyak minum ( bisa lebih 3 liter perhari) dan mudah haus.
    2. Banyak kencing (kencing berlebihan dalam jumlah banyak, misalnya semalam bisa lebih 4-5 kali kencing)
    3. Mudah lapar

    Jika tanda di atas ternyata memang Diabet dan tidak diobati maka akan terjadi “tanda lanjutan” disertai “tanda lain” sebagai penyulit, meliputi:
    1. Banyak minum ( bisa lebih 3 liter perhari) dan mudah haus.
    2. Banyak kencing (kencing berlebihan dalam jumlah banyak, misalnya semalam bisa lebih 4-5 kali kencing)
    3. Nafsu makan berkurang dan Berat badan turun drastis

    Adapun “tanda lain” sebagai penyulit bisa terjadi jika diabet tidak diobati selama bertahun-tahun, tanda tersebut diantaranya:
    rambut mudah rontok, mata kabur, kesemutan, gatal, mudah timbul bisul, luka yang tak kunjung sembuh, dll.
    Harap diingat, misalnya seseorang mengalami kesemutan, gatal dll tanpa adanya “tanda klinis” tidak serta merta gejala diabet lho, so jangan dibalik.

    Kembali ke hasil lab bapak.
    Tanpa “tanda klinis”, jika Gula Darah di atas (201 mg%) diukur dalam keadaan tidak puasa, saya masih meragukannya. Bisa saja hanya gangguan toleransi gula yang bersifat insidental.
    Gatal karena kutu air, jelas bukan tanda ikutan diabet. Adapun mata buret dan mati rasa, bukan satu-satunya tanda diabet, masih banyak penyakit lain yg memberikan tanda tersebut.

    Karenanya, coba teliti ulang apakah ada “tanda klinis” (banyak minum, banyak kencing dan mudah haus) yang selama ini dialami bapak. Jika iya, alangkah baiknya cek ulang Gula Darah Puasa dan Gula Darah 2 Jam setelah makan.
    Memang adakalanya Diabet tidak menunjukkan tanda klinis, sementara Gula darahnya tinggi,misalnya lebih 300 mg%, namun kasus ini jarang terjadi. Pada umumnya kita diberi warning berupa “tanda klinis”.

    Lebih jauh seputar Diabet, silahkan download ringkasan seputar diabet di halaman download. Atau download file nya (format flash swf) di sini

    Semoga penjelasan ini berguna

  3. 3 linda Juli 24, 2007 pukul 8:24 pm

    saya mu tanya perbedaaan sel bawang merah dengan sel epitel

  4. 4 cakmoki Juli 24, 2007 pukul 11:41 pm

    @ linda,
    sel bawang merah adalah sel tumbuhan yang kandungan dan fungsinyanya berbeda dengan sel epitel manusia (jauh lebih kompleks).

    Sel epitel manusia: adalah lapisan sel yg menutupi permukaan luar dan permukaan dalam tubuh manusia, termasuk pembuluh darah dan sistem pencernaan, sistem pernapasan, dll.

    Inipun masih dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:
    sel cilia (epithelium), sel columnar, sel cubical, sel germinal, sel glandular, dll
    Penamaan tersebut didasarkan pada bentuk, letak sel epitel dan fungsinya.

  5. 5 neen Juli 30, 2007 pukul 2:06 pm

    Assalamu’alaikum Cak Moki, mau konsultasi lagi nich……
    Dulu, sekitar 10 tahunan yang lalu ibu saya pernah di diagnosa ada semacam kelainan ini tulang belakang’nya. Sebagai peserta Askes, ibu saya dirujuk ke RSUD di sby yg diklaim sebagai RSUD terbesar di Indonesia Timur (alhamdulillah, nggak diklaim sbg RSUD dengan kualitas pelayanan terbaik).
    Waktu itu di ranjang ibu ditulis nama penyakitnya yang seingat saya ada kata2 “skeliosis”nya (skeliosis adalah satu kata yg saya ingat dari frasa kata yg menunjukkan penyakit yg diderita ibu saya).
    Lalu setelah selama sekitar satu/dua bulan ibu saya menginap di RSUD itu, dengan alasan menunggu peralatan operasi punggung ibu saya yang masih belum tersedia di RSUD itu, ibu saya dioperasi selama 5 jam oleh tim dokter RSUD tersebut. Ibu dioperasi pada punggung bagian bawah, dengan sayatan sekitar 20-30 cm, dan setelah itu punggung ibu saya digips selama kurang lebih dua bulan. Anehnya dok, setelah dioperasi dan gips dibuka, bahkan selama setahun pasca operasi ibu saya mengikuti semacam terapi orthopedi (mungkin, soalnya gerakannya kayak senam2 kecil gitu) di RSUD yang sama, malah keluhan sakit punggung dan pinggang ibu saya dari tahun ke tahun semakin parah. Malah jika berdiri agak lama, berjalan dengan jarak yang agak jauh, mengangkat barang2 yg agak berat, ibu saya merasa kesakitan di daerah punggung dan pinggangnya. Sebagai catatan, paska operasi tulang belakang bag bawah ibu saya terlihat sedikit bengkok ke kanan alias ndak lurus lagi. Malah terakhir, ibu merasa mati rasa di tangan kanannya dan suka kesemutan, ibu susah sekali menggerakkan jari2 tangan kanannya. Ibu sudah menjalani berbagai pemeriksaan, terapi, bahkan macam2 pengobatan alternatif, yang didapat malah sakitnya makin menghebat. Sekarang ibu cuma rutin mengikuti paket terapi yg ditawarkan oleh salah satu RS di sby 2x seminggu. Menurut ibu saya sih, hasilnya sama aja, malah skr setiap hari ibu harus mengkonsumsi bermacam2 jenis obat dari RS tadi.
    Trus dok, pernah beberapa tempat terapi alternatif dan pengobatan alternatif menyatakan klo’ ibu saya terkena osteoporosis, ada juga yang menyatakan klo’ salah satu otot atau syaraf (saya g jelas) di punggung ibu ada yg scr g sengaja ikut terpotong pd saat operasinya dulu.
    Yang mau saya tanyakan, Cak Moki punya saran g biar ibu saya bisa sedikit berkurang keluhan2nnya di atas. Keluhan2 ibu saya tadi klo’ hrs diperikasa oleh dr spesialis, spesialis apa yg hrs didatangi? Maksudnya spesialis syaraf (ada g ya??) atau spesialis orthopedi Terima kasih ya Cak Moki

  6. 6 cakmoki Juli 30, 2007 pukul 4:14 pm

    @ neen,
    Wa’alaikum salam.
    saya ikut prihatin atas penyakit yang mendera ibunda.

    Skoliosis, adalah tulang yang tidak lurus pada sumbunya (bisa belok ke kanan bisa pula belok kekiri).
    Untuk penanganan skoliosis ada 2 cara, cara pertama fisioterapi dan cara kedua pembedahan (operasi)

    Cara pertama dilakukan jika skoliosis masih ringan (keluhannya ringan). Biasanya dalam 1 seri dilakukan 12 kali fisioterapi. Hasilnya boeh dikata kurang memuaskan untuk kasus skoliosis.

    Cara kedua (pembedahan) dipilih jika ingin hasil yang lebih bagus. namun cara ini mengendung beberapa dampak ikutan. Diantanya, makin nyeri, makin bengkok dan lain-lain. Presentase dampak ikutan sebenarnya kecil. Dan ini terjadi jika ada muskulus (otot) sekitar tulang belakang yg tidak mengikuti hasil operasi, misalnya tulang sudah dikoreksi (diluruskan dengan pembedahan) sedangkan ukuran otot masih seperti sebelum operasi.

    Mungkin bisa dilakukan koreksi ulang, atau operasi lanjutan untuk memperbaiki, namun biasanya pihak Askes mengadakan pembatasan sehingga menyulitkan pasien dan dokternya.

    Pada kasus ibunda, sesuai cerita di atas, sepertinya berawal skoliosis dan setelah operasi skoliosisnya makin bertambah.

    Menurut pendapat saya, berobat alternatif sebaiknya dipertimbangkan masak-masak mengingat mereka tidak mengetahui dasar-2 ilmu kedokteran. Terbukti mengatakan osteoporosis (pengeroposan tulang), padahal osteoporosis timbul akibat kekurangan zat kapur di sel tulang karena usia lanjut dan sebab lain.
    Demikian pula jika dikatakan syaraf terpotong, padahal teknologi bedah tulang belakang sudah canggih. Lagipula jika salah satu saraf tulang belakang putus, maka pada bagian tersebut ke arah bawah langsung lumpuh. Misalnya, jika yg terpotong adalah saraf daerah punggung kiri maka bagian punggung ke arah kaki kiri akan lumpuh.
    Dari penjelasan ini dapat diketahui bahwa anggapan pengobat alternatif tersebut tidak tepat.

    Saran saya, ibunda bisa dikonsultasikan kepada ahli bedah saraf (di surabaya )misalnya: dr. Agus Turqan SpBS, atau dokter ahli bedah orthopedi, misalnya: dr. I Ketut Martiana SpBO.

    Moga penjelasan singkat ini bermanfaat dan semoga ibunda segera pulih kembali.

    terimakasih πŸ™‚

    » ke atas

  7. 7 xwoman Juli 31, 2007 pukul 11:11 am

    Cak aku mau tanya nih…

    kenapa ya kalau aku lupa makan atau dalam beberapa hari pola makan tidak teratur (jarang) badan suka pegel2 (bukan lemes), trus kalo kulit disentuh ngilu banget. Memang ada hubungannya?

    terima kasih sebelumnya.

  8. 8 neen Juli 31, 2007 pukul 11:36 am

    “Saran saya, ibunda bisa dikonsultasikan kepada ahli bedah saraf (di
    surabaya )misalnya: dr. Agus Turqan SpBS, atau dokter ahli bedah
    orthopedi, misalnya: dr. I Ketut Martiana SpBO.”

    Cak, klo’ boleh tau dokter2 di atas t4 prakteknya dimana y? Atau mungkin RS sakit t4 praktek mereka juga boleh, klo’ g keberatan kasih tau ke-22-nya.

    Makasih ya Cak Moki, terima kasih juga dari ibu saya, jazakumullah khoiron.

  9. 9 cakmoki Juli 31, 2007 pukul 12:15 pm

    @ xwoman,
    iya, bisa begitu. Keluhan tersebut karena adanya gangguan metabolisme yang bersifat sementara, sehingga asupan kalori dan sistem ekskresi (pembuangan) sisa metabolisme mengalami gangguan juga. Kedua keluhan di atas (badan pegal) dan kulit peka terhadap sentuhan (ngilu) bisa jadi saling berhubungan.

    Ah obatnya gampang tuh, sini tak traktir … πŸ˜›
    btw, makan itu pekerjaan mudah lho Teh

    @ neen,
    dr. Agus Turqan SpBS, praktek di RS Darmo
    dr. I Ketut Martiana SpBO, praktek di HCOS (selasa), hari lain saya belum tahu (maaf lho, masih nunggu sms dari beliaunya πŸ™‚ ) … kalo tidak merepotkan, silahkan ditanyakan via tilpon ke HCOS.

    sekalian titip salam kalo bertemu beliau berdua ya, … isi salam : jangan mahal-mahal πŸ˜€ *dari murid beliau: moki, wong ndesoβ„’*

    Makasih kembali, salamh hormat untuk Ibunda

  10. 10 ida Agustus 8, 2007 pukul 10:45 am

    halo dok,saya mo nanya nih. saya waktu hamil 7 bulan pernah kram mulut waktu nguap tapi biasanya kan langsung normal lagi . tapi kok waktu itu rahang kiri saya sakit.kata suami saya bentar juga sembuh,tapi sampe sekarang belum juga sembuh. dulu waktu mo ngunyah sebelah kiri sakit , mo nguap mo nganga kadang dikuping sebelah kiri kalau saya gerakan mulut saya ,kuping saya ikut ada suara kayak dengung2 didalam.terus saya ke dokter umum katanya gpp dikasih obat, lumayan kalau sekarang ngnyah ga sakit tapi kalau mo nganga or buka mulut masih kerasa sakit di rahang kiri mulut.tolong dong dok minta resepnya .saya kesiksa banget nih takut nanti lama 2 kena saraf ditelinga. terus bingung mo kedokter mana dokter saraf apa tht. makanya kemarin ke dokter umum dulu tapi masih begini aja and obatnya dah habis cuma dikasih untuk seminggu
    dikasih 2 macm.makasih ya dok sebelumnya

  11. 11 cakmoki Agustus 8, 2007 pukul 5:48 pm

    @ ida,
    kemungkinan kondisi tersebut berhubungan dengan otot dan sendi rahang. Rasanya sih gak sampai mempengaruhi saraf.

    Ntar, kalo boleh tahu sekarang dah melahirkan apa belum ?
    ini penting untuk mempertimbangkan jenis obatnya.
    dan obat yg sudah diminum, obat apa saja ?

    kalo yg cukup aman sih, bisa menggunakan pereda nyeri: natrium diclofenat 50 mg diminum 3×1 sesudah makan, misalnya: voltaren atau klotaren (pilih salah satu saja). dan dikombinasi Nuorotropik, misalnya : neurobion untuk memelihara otot dan saraf.

    Sementara ini dulu ya …
    Moga membantu dan semoga segera sembuh πŸ™‚

  12. 12 ida Agustus 8, 2007 pukul 10:32 pm

    saya dah melahirkan sekarang, baby saya dah 3 bulan. btw apa obat tsb aman untuk ibu menyusui, ngaruh ke asi ga ya dok. sampai sekarang kalau mo nganga or buka mulut rahang kiri saya yang ujung masih sakit.jadi obat yang aman untuk saya yang diatas yang mana ya dok..
    thanks ya dok ..

  13. 13 cakmoki Agustus 8, 2007 pukul 11:53 pm

    @ ida,
    kalo gitu aman mbak (maaf saya panggil mbak aja ya πŸ™‚ )

    Voltaren atau klotaren (pilih salah satu saja) diminum 3×1 sesudah makan atau saat sakit saja. Dikombinasi Nuorotropik, misalnya : neurobion (isinya vitamin B1,B6,B12) untuk memelihara otot dan saraf, diminum 2-3×1 (yang ini: sampai habis).

    Moga cepat sembuh ya

    NB:
    maaf, saya biasa dipanggil cak atau cakmoki, ga usah dok … soalnya kalo pakai dok, kuping saya agak berdenging … hehehe

  14. 14 ida Agustus 10, 2007 pukul 10:11 am

    halo cak moki πŸ™‚ he..he dah ga dok lagi yach
    thanks banget ya atas infonya. saya coba dulu moga2 cocok obatnya.
    wasallam

  15. 15 cakmoki Agustus 10, 2007 pukul 11:28 am

    @ ida,
    iya mbak … sama-sama πŸ™‚
    Moga sehat untuk mbak Ida dan keluarga
    wass

    » ke atas

  16. 16 cree Agustus 14, 2007 pukul 1:55 pm

    assalamualaikum wr.wb,lewat e-mail ini saya ingin menceritakan mengenai penyakit yang saya alami,saya sering mengalami tangan dan kaki berkeringat tapi berlebihan hingga meneteskan air di ujung2 jari,hal ini gak saya alami ketika sedang stress saja,ketika sedang nyantai pun tiba-tiba tangan akan berkeringat,ketika saya browsing diinternet saya baru tau saya mengalami hyperhidrosis,sungguh hal ini sangat mengganggu aktivitas saya sehari-hari apalagi sebagai seorang mahasiswa yang pekerjaannya selalu berhubungan dengan mencatat,dalam pergaulan sehari-hari pun saya berubah menjadi orang yang sangat pendiam,jika beremu dengan orang baru yang dikenal saya sangat malu apabila harus berjabat tangan,lewatinternet pula saya mengetahui ada cara baru yang paling efektif untuk mengatasi penyakit ini yaitu lewat operasi ETS.yang menjadi permasalahannya apakah di indonesia ada dokter yang menangani secara khusus penderita hyperhidrosis seperti saya?dan apakah pernah operasi seperti ini dilakukan di indonesia?karena saya lihat masalah ini jarang sekali dibahas di negara ini,memang sekilas masalah ini terlihat sepele,padahal di negara lain saja sudah ada ahli khusus yang menangani penyakit ini.Sungguh bagi penderita hyperhidrois seperti saya mengalami tekanan fisik dan mental yang cukup besar karena tidak bisa bersosialisasi dengan baik dengan masyarakat sekitar saya….. kiranya ini menjadi perhatian,sekian dulu e-mail saya.Wassalam

  17. 17 cakmoki Agustus 14, 2007 pukul 6:59 pm

    @ cree,
    ok, ntar kita bahas ya, maaf saya mo praktek πŸ™‚

  18. 18 keluargamuchtar Agustus 28, 2007 pukul 10:18 am

    salam kenal dok. dok, 5 minggu yg lalu saya kena malaria, DB dan tifus. nha pertama kali saya mau masuk rumah sakit, lambung saya mual sekali sampai rasanya mau muntah, tetapi tdk muntah disertai panas tinggi serta kaki terasa dingin sekali. kata dokter n teman2 yang pernah malaria atau tifus memang wajar mual itu menyertai penyakit macam itu. setelah pulang dr RS sekitar 2 minggu kemudian kembali rasa mual itu terasa lagi, dan suhu badan agak hangat meskipun tdk bisa dikatakan panas dan kaki saya kembali tersa dingin sepanjang hari. saya cek fungsi hati normal, tetapi laju endap darah agak tinggi. Nha dokter berdiagnosa itu cuma produksi asam lambung yg naik akibat mag dan diberi obat (memang sebelumnya saya sdh berhenti merokok 1 bln, dan pd waktu itu sy aktif mrokok lg, agak stress, dan aktifitas agak banyak). 10 hr setelah itu rasa mual dan nyeri saya msh terasa sedikit tapi muncul kadang2 saja pada waktu yg tdk tertentu dan kaki masih terasa dingin. sy ke dokter lg dan diberi obat penetral asam lambung untuk 3 minggu. saya rasakan kalo ditekan pd bag lambung malah tdk sakit tetapi klo ditekan pd bag atas pusar (bawah lambung sedikit)agak sakit dan timbul mual sbentar. suhu bdan saya terasa blum stabil (kadang2 terasa agak hangat) tapi lebih banyak ke normal. mohon petunjuk dok, saya sampe stress memikirkan penyakit saya yg tdk kunjung sembuh. mungkin krn saya jarang sakit trus tiba2 dikeroyok penyakit sperti ini jd stress.

    :: :: :: Maaf, saya jawab di sini aja ya … :: :: ::
    @ keluargamuchtar,
    Pertama:
    Jika fungsi hati normal,boleh dikata aman pak.
    Adapun Laju endap darah (LED) tinggi gak selalu menggambarkan penyakit, bisa juga terjadi pada orang normal.
    LED dipakai untuk mencocokkan adanya hiperkonsentrasi sel darah dengan jumlah trombosit (pada kasus DBD).

    Kedua:
    Menurut saya perlu cek ulang malaria, yakni dengan pemeriksaan darah tepi (nusuknya di ujung jari, bukan di lengan). Skedulnya: 2 minggu dan 4 minggu setelah keluar RS sebagai langkah follow up. Lebih 4 minggu juga ga papa.
    Sedangkan pemeriksaan Widal pada tifus rasanya sudah kurang berguna mengingat yg diperiksa adalah antibodi, yakni reaksi tubuh kita terhadap tifus.

    Ketiga:
    Mungkin rasa mual dan nyeri di perut emang karena produksi asam lambung yg meningkat.
    Padahal, produksi asam lambung makin meningkat jika lelah secara fisik ataupun psikis.
    Jika masih mual, dapat dipakai obat anti mual golongan : domperidon, diminum sebelum makan.
    Sedangkan untuk mengurangi produksi asam lambung, ada 3 pilihan:
    ranitidine, famotidin atau simetidin.
    Sebisa mungkin, mengurangi aktifitas fisik, sedangkan untuk psikis, saya mohon maaf tidak bisa memberikan saran terbaik selain; mencoba enjoyy, kalo bisa.

    moga berguna dan semoga segera sembuh, bos πŸ™‚

    » ke atas

  19. 19 keluargamuchtar Agustus 29, 2007 pukul 7:20 pm

    trimakasih dok. kalo boleh tanya lagi, berapa lama penderita malaria bisa pulih 100% dok? Sampai sekarang kondisi badan saya masih gak stabil, kadang2 sedikit turun masih sering merasa agak greng2 terasa sedikit meriang (tapi hanya sedikit dan gak lama). Teman saya jg mengalami hal yang sama dengan saya (malah lebih parah sedikit). Dan apa benar plasmodium itu tidak bisa hilang dari dalam tubuh kita selamanya? Trus masalah asam lambung saya, apa kira2 pemicunya dok? sebelum kena penyakit kemaren saya belum pernah punya masalah dengan asam lambung. Kira2 berapa lama pengobatan untuk masalah lambung saya menjadi normal? Sekarang saya masih mengkonsumsi obat penetral asam lambung saja. dan ada obat untuk penahan sakit, tetapi hanya dimakan pd waktu sakit saja. Kemaren saya kecapekan lagi bermasalah lagi dok perut saya. memang harus berdiang dulu berarti dirumah. semoga dokter belum bosan dengan pertanyaan saya (jangan bosan ya dok). terimakasih lagi sebelumnya.

  20. 20 cakmoki Agustus 29, 2007 pukul 10:55 pm

    @ keluargamuchtar,
    maaf, … saya biasa dipanggil cak di sini, hehehe … soalnya lebih enak di telinga saya πŸ™‚

    Pemulian penderita malaria bergantung pada kondisi tiap-tiap orang, ada yang 1 minggu, ada yang 2 minggu, dan seterusnya.
    makanan bergizi terutama protein amat diperlukan untuk refresh sel darah merah dan kondisi umum tubuh kita.

    apa benar plasmodium itu tidak bisa hilang dari dalam tubuh kita selamanya?

    Tidak benar.
    Plasmodium akan musnah jika mendapatkan pengobatan yg tepat sesuai standar WHO. indonesia sebagai daerah endemis, harus mendapatkan obat: Sulfadoxin pirimethamin, Chloroquin, dan Primaquin.
    Jika terjadi resistensi maka masih ada obat pilihan lain sesuai jenis plasmodiumnya.

    Tentang peningkatan asam lambung.
    Secara normal, asam lambung selalu ada dalam lambung kita, termasuk dalam usus duabelas jari (duodenum). Seperti saya sebutkan sebelumnya, peningkatan asam lambung terutama dipicu oleh faktor psikis, misalnya: cemas.
    Pemicu lain misalnya minuman beruap, kopi, sayuran yang mengandung gas tinggi, misalnya: sayur gori, daun singkong.
    yang lain masih dalam perdebatan karena tidak terbukti meningkatkan asam lambung.
    Obat penahan sakit sebaiknya tidak diminum karena ada efek samping iritasi lambung yg memicu eningkatan asam lambung.
    So, nyeri lambung bukan diobati dengan pereda nyeri melainkan dengan obat penahan produksi asam lambung.

    Moga berguna …
    ohya , saya ga bosan koq … sungguh, saya malah senang dapat berdiskusi panjang dan lebar πŸ™‚

  21. 21 keluargamuchtar Agustus 30, 2007 pukul 9:38 am

    Kalo cakmoki blum bosan brarti saya mau nanya lagi nih. sekarang manggilnya cak aja, biar lebih intim. Untuk pengobatan malaria, kemaren saya diterapi dengan chloroquin dan primaquin, tapi setelah 5 hari di RS ternyata tidak ada peningkatan setelah dicek scr kuantitatif (dilihat dari jmlh plasmodium dalam eritrosit) masih menunjukkan 8 plasmodium dalam 10rb eritrosit (pada waktu masuk pertama hanya dicek secara kualitatif, yaitu positif malaria vivax). Kemudian akhirnya sama dokter diganti dengan kina+primaquin. Baru setelah itu hari ke 7 saya diperbolehkan pulang karena saya sudah tidak panas lagi, tapi saya minta perpanjangan waktu 1 hr lg tuk memastikan. Jadi saya menghabiskan sisa obat di rumah. Nha untuk sulfadoxin primethamin kok sepertinya masih asing dalam telinga saya ya cak, boleh tau varian obat tsb contohnya apa saja? Dan untuk keadaan si lambung ini cak, apa saya cukup mengkonsumsi obat penetral asam lambung saja? Kalo untuk pantangan sih sudah saya hindari semua dok, cuma kemaren nyoba jalan2 siang kok ya capek trus perut tiba2 perih agak panas dan mual sudah 3 hr ini blum hilang. O iya cak, kalo boleh tau di jgj ada dokter konsultan malaria gak cak? satu lagi, saya pernah baca mengenai H. pylori,nha ini yg saya khawatirkan, apa gejala seseorang terinfeksi bakteri ini cak? dan bagaimana untuk mencek keberadaan si H.pylori ini? Terimakasih lagi sebelumnya cak. Kalo tidak bosan dengan pertanyaan saya, smoga jg tidak bosan dengan ucapan trimakasih saya.

  22. 22 Eko September 5, 2007 pukul 8:59 am

    Selamat siang cak moki, salam kenal.
    saya mau konsultasi nih, saya sudah setahun lebih menderita sesak nafas, jantung berdebar, nyeri dada, kepala pusing, badan gemetar & kaki terasa berat & dingin, saya sudah EKG, Echocardiografi & Endoskopi. Hasilnya saya dinyatakan menderita gastritis erosive, apakah gejala gastritis mirip gejala penyakit jantung? saya takut sekali cak, apalagi penyakit saya sudah lama tidak sembuh2, saya rutin mengkonsumsi obat Nexium & mucosta. Hasil dari Echo menyatakan ada kebocoran di katup jantung saya (MVP ringan) dan oleh dokter tidak diberi obat khusus, apakah MVP ringan bisa bertambah parah akibat gastritis?
    terima kasih banyak Cak.
    Wassalam.

  23. 23 cakmoki September 5, 2007 pukul 2:14 pm

    @ keluargamuchtar,
    Seperti udah saya sebutkan bahwa obat standar untuk Malaria di Indonesia adalah:
    1. Sulfadoxin pirimethamin, diminum sekaligus 3 tablet, hanya 3 tablet doang, ntar seminggu di cek darah tepi. Nama dagang obet tersebut antara lain: Fansidar, doxidar, dll

    2. Chloroquin, diminum hari pertama 4 tablet (sekali minum), hari kedua 4 tablet dan hari ketiga 2 tablet.

    3. Primaquin, ada beberapa cara minum obat ini. Saya lebih suka memakai cara: minum primaquin sehari 1 tablet selama 14 hari.

    Semua obat tersebut diminum sesudah makan.

    Sebenarnya semua dokter umum tahu tentang tatacara pengobatan malaria di Indonesia, terlebih WHO udah mengeluarkan panduan terbaru pada akhir 2006. Mungkin mo baca mblenger, karena tebal dan berbahasa inggris … hehehe. Dan tidak semua dokter mau mengikuti perkembangan terkini.

    Untuk dispepsia, menurut saya perlu obat maag untuk mentralisir asam lambung selain pengurang produksi asam lambung yang udah diminum.
    Obat mag banyak pilihan, antara lain: asidrat (pil nya gede), diminum 2×1 sebelum makan atau perut kosong. impepsa syrup, dll.
    Obat maag tersebut mengurangi rasa perih dan rasa penuh di lambung. Jika dikombinasi dengan obat pengurang produksi asam lambung harus diberi jarak sedikinya 1-2 jam.

    H. pylori, hmmmmm … ini mah kontroversial, belum ada bukti akurat tentang keterlibatan H. pylori dengan dispepsi walau penelitian soal ini cukup gencar. Lagipula, lebih 80 % dispepsi disebabkan kecemasan.
    So tidak perlu mengkhawatirkan H. pylori.

    Moga berguna πŸ™‚

    @ Eko,
    MVP dan Gastritis adalah dua hal yang berbeda dan tidak saling mempengaruhi secara langsung.
    Bisa jadi untuk MVP tidak diberi obat khusus bila oleh dokter dianggap bukan sebagai penyebab keluhan di atas.
    Ya gejala gastritis adakalanya mirip keluhan Jantung.

    Adapun Gastritis, mirip dengan Dispepsia or sakit maag yang dapat menimbulkan sesak (nyesak) dan menjalar ke dada atau punggung.
    Dan gastritis tidak akan menambah MVP.
    Jika belum sembuh, perlu dipertimbangkan kontrol atau pindah dokter dengan membawa catatan lab dan obat yang pernah diminum.

    moga berguna dan semoga segera sembuh

    » ke atas

  24. 24 keluarga muchtar September 13, 2007 pukul 9:02 am

    makasih cak atas infonya. kapan2 sy nanya lg.

  25. 25 cakmoki September 21, 2007 pukul 9:43 am

    @ keluarga muchtar,
    nggih, sama-sama πŸ™‚

  26. 26 David September 26, 2007 pukul 10:33 pm

    cak, mau tny neh knp ya klo pas lapar, kedua tangan saya suka kesemutan.. truz saya tuh sering kesemutan.. Apakah gara-gara sering duduk terlalu lama di dpn komputer, soalnya bagain bawah punggung saya suka pegal kalau misalnya sewaktu sikat gigi ( badan agak menunduk )..
    Tolong ya dok..

  27. 27 cakmoki September 27, 2007 pukul 1:36 am

    @ David,
    Kesemutan saat lapar karena kurang kalori dan oksigen di tangan, ini wajar aja sih, ntar kalo makan bakalan ilang.
    Duduk terlalu lama di depan komputer dalam posisi yg sama juga bisa menyebabkan gangguan otot. saya udah nulis soal ini.
    Coba klik di sini
    Trims πŸ™‚

  28. 28 David September 27, 2007 pukul 11:29 am

    eh, tp cak keluhan nya terus ad tuh.. Ga ilang2..
    Knp ya??
    Pdhl sesudah maen komputer, saya langsung peregangan otot..
    Apakah harus diurut atau dipijat gt, kayaknya ada salah urat..
    tq

  29. 29 cakmoki September 27, 2007 pukul 11:33 pm

    @ David,
    iya emang, kan gak bisa langsung pulih. Perlu beberapa waktu sih, hehehe.
    Atau kalo mau, minum Neurobion 3×1 sehari.
    Dan kalo pegal bisa pakai Natrium Diclofenat 50 mg 3×1, diminum sesudah makan kalo pas pegal or nyeri doang.

    » ke atas

  30. 30 mindrawaty September 27, 2007 pukul 11:39 pm

    Cak moki saya mau bertanya yah, saya ibu rumah tangga, usia 29 th, tinggal di malaysia.Saya sekarang sedang hamil tujuh bulan, waktu kehamilan bulan keempat saya kena ISK, kemudian sama dokter, saya di berikan antiboitik cefuroxime 250mg dua kali sehari selama lima hari. Saat kehamilan masuk tujuh bulan saya dinyatakan kena ISK kembali dan diberikan cefuroxime lagi dengan dosis yang sama. diagnosis kedua-duanya melalui tes urine.Namun saat ini gejala yang sama kena ISK kembali saya rasakan seperti mual dan anyang2an. pertanyaan saya antibiotik ini jika di konsumsi berulang ada efeknya nggak ke bayi, dan bagaimana mencegah supaya saya tidak kembali kena ISK. Kemudian berbahaya nggak berhub. dengan suami saat sedang kena ISK. Ada hub. nggak keputihan dengan ISK, sebab sebelum hamil saya ada keputihan juga. Makasih cak. Jawabannya sangat ditunggu.

  31. 31 cakmoki September 28, 2007 pukul 12:18 am

    @ mindrawaty,
    Antibiotika di atas cukup aman untuk ibu hamil dan menyusui, dan masuk kategori B artinya cukup aman walau dipakai berulang, apalagi jaraknya cukup jauh, sampai bulanan.

    Saat ISK sebaiknya tidak berhubungan dahulu, bukannya bahaya namun bisa timbul nyeri dan ada kemungkinan penularan. Kalo gak ada keluhan lagi sih, boleh πŸ™‚

    Ya, ada kemungkinan ISK yng sekarang berhubungan dengan keputihan, namun bisa juga tidak ada hubungannya.
    Saat hamil, resiko kena ISK emang lebih tinggi dibanding tidak hamil karena posisi kandung kemih tertekan oleh rahim.

    Moga bermanfaat dan semoga segera sembuh.

    » ke atas

  32. 32 mindrawaty September 28, 2007 pukul 6:01 am

    Cak Moki terima kasih atas infonya, ntar saya nanya-nanya lagi

  33. 33 cakmoki September 28, 2007 pukul 9:16 pm

    @ mindrawaty,
    ok sama-sama πŸ™‚
    ya, boleh kita share lagi

    » ke atas

  34. 34 Schizon_fuad Oktober 4, 2007 pukul 5:50 pm

    cak numpang nanya… boleh ya..:)
    bapakku sering gatal2 d telapak tangannya, gatalny timbul klo terangsang sentuhan yang kasar (misalny pas nggak sengaja digaruk), dan klo sudah tergaruk, gatalnya minta ampun. lokasiy di telapak tangan kiri, terlokalisir, klo keadaan normal tidak ada yang aneh, tapi saat timbul gatal dan digaruk, telapakny itu jadi berdungkul-dungkul, keras, memerah, kayakny nggak ada isinya.
    saya coba kasih calamin tapi nggak efek, nah pas saya sarankan kasih obat topikal g anti jamur gatalnya hilang. tapi keadaanny tetep, klo terangsang garukan lagi, gatalnya bangkit…
    menurut Cak bapak saya kena apa y? mungkin nggak klo itu bukan lagi jamur superfisial tapi sistemik. ada saran buat resep oral?
    makasih ya cak, maaf sudah merepotkan

  35. 35 cakmoki Oktober 4, 2007 pukul 9:34 pm

    @ Schizon_fuad,
    Mungkin bukan jamur, karena jamur timbul bkan karena gesekan.
    Bisa jadi Dermatitis alergika, yg untuk memastikannya harus dilihat or kirim gambar via email…hehehe.
    Atau cobain dulu pakai Kloderma cream kalo mau …atau pakai Schizon cream (isinya steroids) πŸ™‚

    » ke atas

  36. 36 Schizon_fuad Oktober 5, 2007 pukul 12:04 am

    eh..bener jg y, pikiranku sdh stop di jamur.
    btw makasih cak, ntar dicoba..
    arigato gozaimas

  37. 37 cakmoki Oktober 5, 2007 pukul 1:36 am

    @ Schizon_fuad,
    sama-sama, moga cepet sembuh untuk ayahanda ya πŸ™‚

    » ke atas

  38. 39 cakmoki Oktober 20, 2007 pukul 11:02 pm

    @ Widia,
    koq tulisannya cuman “g” doang … mana tulisan yang lain ?

    » ke atas

  39. 40 Anak Sultan Oktober 22, 2007 pukul 7:07 pm

    Mau tanya nih..Tgl 30 september 2007 kemarin istri saya mendapat haid, dan haidnya selesai tgl 8 oktober 2007. Tgl 20 oktober 2007, dia haid lagi, tetapi yang keluar hanya berupa bercak-bercak darah, dan keluarnya sedikit demi sedikit sampai hari ini..Apa penyebabnya?Apakah normal?apa ada pengaruhnya terhadap kesuburan?.
    Terima kasih atas jawabannya…..

  40. 41 cakmoki Oktober 23, 2007 pukul 2:33 am

    @ AnakSultan,
    ok pak, itu biasa terjadi pada wanita, namanya “menometorraghi” or keluar darah haid di luar siklus yang semestinya.
    Kebanyakan disebabkan “gangguan keseimbangan hormonal” or Hormonal imbalance sebagai akibat dari banyak faktor, antara lain kelelahan psikis or kelelahan fisik.

    Kondisi tersebut tidak berpengaruh pada kesuburan, so enjoy aja.
    Namun, jika bercak bercak tersebut berlangsung lebih seminggu sebaiknya diobati agar segera normal kembali.
    Jawaban singkat ini moga bermanfaat, dan semoga istri bapak pulih kembali seperti sedia kala. Amin

    Maaf lahir batin , pak πŸ™‚

    » ke atas

  41. 42 Anak Sultan Oktober 23, 2007 pukul 4:44 pm

    Mohon maaf lahir batin pak……
    Terima kasih atas jawaban Bapak, ntar nanya2 lagi ya?!

  42. 43 cakmoki Oktober 24, 2007 pukul 2:09 pm

    @ Anak Sultan,
    ya, boleh…. sama-sama pak

    » ke atas

  43. 44 hanlee Oktober 30, 2007 pukul 1:23 am

    cakmoki, neh aku lagi ngalamin kaya gambar di atas (herpes zoster).. mulai nah muncul dikit.. eh lama2 jd banyak.. neh udah muncul di daerah semua badan(dada dan punggung)… neh penyakit bisa sembuh sendiri ya?? apa musti dapet penanganan dokter?? ada pantangan makan kaya seafood ga?? kira neh penyakit ada pengaruh dari lingkungan ga?? masalah nya saya baru pindah kerumah yg ada anjing nya…
    sebelumnya terima kasi cakmoki…

  44. 45 cakmoki Oktober 31, 2007 pukul 11:36 pm

    @ hanlee,
    1 dan 2. Ya bisa sembuh sendiri jika daya tahan bagus, namun sebaiknya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan, setidaknya mengurangi keluhan yang muncul sehubungan penyakit tersebut.

    3. Gak ada pantangan apapun, so bebassssss.

    4. Penyebabnya adalah virus, adapun lingkungan bisa saja ikut berperan, tapi gak ada hubungan dengan anjing lho πŸ™‚

    Moga cepet sembuh … thanks

    » ke atas

  45. 46 david November 29, 2007 pukul 10:53 pm

    cakmoki, saya mau bertanya nih kenapa ya kalau berdiri terlalu lama dan duduk terlalu lama, pinggang saya suka seperti ketarik gt dan juga leher menjadi pegalΒ² tdk enak.. knp ya?? ap bs diobati?? thx

  46. 47 cakmoki November 30, 2007 pukul 11:01 pm

    @ david,
    ya itu sering terjadi karena “spasme” or tegang otot, so sebaiknya lakukan peregangan setiap 2 jam, saya dah nulis masalah ini, kalo gak salah judulnya “Blogger dan Gangguan Otot”, kali di arsip ada atau mungkin juga belum saya masukkan kesana.

    Obatnya ada dong, kalo nyeri, bisa pakai misalnya: Natrium diklofenat 50 mg diminum 3×1 sesudah makan

    » ke atas

  47. 48 david Desember 4, 2007 pukul 6:07 pm

    oiya dok, saya kan ke dokter truz diksh obat namanya “dolofenac”.. Gmn bgs ga?? Soalnya ini tuh udh lama dok, udh ad sekitar 8 bulanan tegang otot kayak gt… Oiya, ktnya jg hrs bnyk renang.. gmn?? thx

  48. 49 cakmoki Desember 6, 2007 pukul 1:01 am

    @ david,
    ok, itu isinya Natrium Diklofenat 50 mg dan vitamin B1, B6, B12. Bagus koq, bisa dipakai jika pas tegang dan nyeri.
    Untuk mengurangi tegang otot, pada prinsipnya mengeliminir faktor pencetusnya, adapun olahraga tetep diperlukan, ada maupun tidak ada keluhan, dan renang emang salah satu olah raga yg bagus, asalkan rutin dilakukan πŸ™‚

    » ke atas

  49. 50 anton Desember 18, 2007 pukul 10:00 pm

    DOk, kira2 jam 9an mlm gt badan aq muncul bentol2 gt trus gatel… lama kelamaan bentol2 yg tadi kecil jadi tambh gede (melebar) tapi gatel agak berkurang, trus ilang bgt aja (tanpa minum obat dll) padahal g cuma pake bedak purol doang, pertama g pikir cuma alergi (salah makan), nah 1 hari kemudian bentol2 yg gatel itu muncul lagi… da gt, dia tuch nda pernah terus2an, pokonya kalo da muncul bentol2 kecil itu, trus gatel, melebar da gt sembuh sendiri.. tapi besoknya juga gt pdhl aq ga da alergi dingin…

  50. 51 cakmoki Desember 18, 2007 pukul 10:14 pm

    @ anton,
    itu alergi juga πŸ™‚ … bisa berbagai sebab. Kalo munculnya malam, bisa jadi karena pengaruh dingin. Walaupun merasa gak pernah alergi dingin, reaksi alergi bisa muncul kapan saja. Ini karena reaksi berlebihan tubuh kita, sehingga reaksi tubuh kita akan merelease (mengeluarkan) histamin dengan berbagai bentuk reaksi, ada yang bentol melebar, gatal ..dll ..dll
    Kalo tanpa obat dah sembuh, berarti gak perlu obat. Kalo gak nahan gatal dan bentolnya bisa pakai “loratadine” 1×1.
    Moga berguna πŸ™‚

    » ke atas


Comments are currently closed.



Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,354,873 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: