Sinusitis

KODE IDC-10 :  J01 DAN J32 : SINUSITIS

sinusitis Manakala seseorang dinyatakan Sinusitis, pertanyaan yang kerap terlontar adalah: apakah harus operasi ? Apakah harus disedot ? Tidak sebegitunyalah. Kalau bisa sembuh dengan obat, mengapa harus disedot ? Pada dasarnya, seorang dokter menentukan urutan pengobatan berdasarkan hasil pemeriksaan sesuai dengan indikasi. Apakah berbahaya ? Tidak ! Asalkan diobati dengan tepat.

Sinusitis adalah infeksi permukaan (mukosa) sinus sekitar hidung (paranasal) yang disebabkan oleh mikro-organisme.

Berdasarkan waktu berlangsungnya penyakit, sinusitis terbagi menjadi 3, yakni:

  1. Sinusitis akut, berlangsung kurang dari 4 minggu.
  2. Sinusitis kronis, berlangsung lebih dari 3 bulan. Pendapat lain menyebutkan lebih dari 8 minggu.
  3. Sinusitis sub-akut, berlangsung antara 4 minggu hingga 8 minggu atau 3 bulan.

PERJALANAN PENYAKIT

Pada sinusitis akut, diawali dengan infeksi virus Rhinitis, kemudian diikuti dengan pembengkakan (edema) permukaan (mukosa) sinus dan tulang sinus. Selanjutnya rongga sinus mengalami penyumbatan (obstruksi) dan kekurangan oksigen (hipoksia). Akibatnya  terjadi penumpukan sekret (ingus). Infeksi kuman dapat timbul ketika menghirup udara sesaat setelah bersin atau setelah upaya mengeluarkan ingus.

Faktor pemicu lain dikarenakan penjalaran infeksi dari infeksi gigi geraham atas, polip hidung, pemakaian tampon hidung yang lama dan gangguan pada struktur tulang hidung.

Sinusitis akut dapat menjadi sinusitis kronis oleh berbagai faktor, diantaranya: faktor alergi, faktor gangguan tulang rongga hidung. Faktor-faktor tersebut dapat menimbulkan perubahan struktur tulang hidung ( deviasi sekat tulang hidung, polip, dan lain-lain), serta perubahan pada permukaan (mukosa) tulang hidung dan sinus. Kondisi inilah yang memicu terjadinya sinusitis kronis.

GEJALA SINUSITIS

Sinusitis akut ditandai oleh:

  • Nyeri pada hidung, pipi, dahi.
  • Pilek, hidung buntu, kadang disertai demam, napas berbau, badan lesu.
  • Pada infeksi yang berat dapat disertai dengan pembengkakan sekitar mata (periorbital) dan ingus yang berbau.

Sedangkan pada sinusitis kronis, pada umumnya ditandai dengan:

  • Ingus berbau, berwarna kuning atau kehijauan (mukopurulen). Kadang ingus bercampur darah. Sebagian penderita merasakan adanya ingus yang terasa di tenggorokan (post nasal drip)
  • Adakalanya disertai sakit kepala, hidung buntu, penurunan penciuman.

PENGOBATAN

Upaya penyembuhan ditujukan untuk menghilangkan penyebabnya dan meredakan keluhan, meliputi:

  • Antibiotika. Untuk memberantas infeksi kuman. Antibiotika lini pertama, meliputi: amoksisilin, co-trimoxazole, eritromisin. Adapun antibiotika lini kedua: kombinasi amoksisilin dan asam klavulanat, sepalosporin generasi kedua atau lebih. Lamanya penggunaan antibiotika sedikitnya 2 minggu.
  • Dekongestan. Untuk melonggarkan hidung mampet. Obat ini tersedia dalam 2 bentuk, yakni: (a) obat topikal (obat tetes atau obat semprot hidung) dan (b) obat minum. Penggunaan Obat topikal hidung seyogyanya tidak lebih dari 5 hari, kecuali atas saran dokter THT.
  • Analgesik-antipiretik. Digunakan untuk meredakan nyeri, jika diperlukan.
  • Mukolitik. Untuk mengencerkan sekret hidung supaya mudah dikeluarkan, misalnya: bromhexine dan N-acetylcystein.
  • Antihistamin. Digunakan untuk meredakan alergi bagi penderita yang memiliki riwayat alergi.
  • Drainase. Penyedotan sekret sinus jika dengan obat tidak memberikan respon yang memuaskan.
  • Pembedahan. Dilakukan terutama jika ada gangguan pada struktur tulang atau deviasi sekat sinus yang menyebabkan sinusitis berkepanjangan.

Dari uraian urutan pengobatan di atas, jelaslah bahwa pengobatan sinusitis tidak serta merta memerlukan drainase, irigasi sinus ataupun pembedahan.

Semoga bermanfaat.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

50 Responses to “Sinusitis”


  1. 2 Jasmine Juli 30, 2010 pukul 10:41 am

    mami aku punya gejala sperti itu,aku takut beliau parah,apa yg harus ku lakuin,sedangkan beliau nggak mau ke dokter.

  2. 3 cakmoki Juli 30, 2010 pukul 3:58 pm

    @ Jasmine:
    Kalau beliau belum bersedia ke dokter, silahkan menggunakan obat sebagaimana tertulis di artikel.
    Makasih

  3. 4 sri rahayu, S.Pd Juli 31, 2010 pukul 8:36 pm

    dok, kayaknya saya juga mengalami gejala yang sama, cuma gak pake nyeri pipi dan dahi. cumka sering ingusan, terutama kalo habis minum air dingin ato kedinginan. tapi sering kesumbat idungnya kalo tidur. apa mungkin saya punya penyakit itu ya dok. saya sampe bertanya2, kok saya ini sering ingusan. kok ya gak habis2 ingusnya, padahal bentar2 dibuang. dan saya sering bersin, terutama kalo kena debu, rokok dan air dingin.
    terima kasih seblumnya dok, saya senang sekali bisa mengenal dokter.
    semoga Allah membalas kebaikan dokter. saya banyak merepotkan dokter di blog hamil diluar kandungan, trus tambah yang ini. Terima kasih dok……….

  4. 5 cakmoki Agustus 1, 2010 pukul 12:01 am

    @ sri rahayu, S.Pd:
    Keluhan tersebut bukan termasuk sinusitis , mbak … tetapi Rhinitis alergika, yakni: reaksi berlebihan (hipersensitif) pada rongga hidung karena kontak dengan bahan alergen yang ditandai dengan pilek (ingusan), bersin-bersin (kadang bersin berkepanjangan) dan hidung buntu.

    Selengkapnya tentang Rhinitis alergika, silahkan baca artikelnya di Blog ini, berjudul: Pilek, Bersin dan Hidung Buntu, pada link berikut:
    https://cakmoki86.wordpress.com/2008/02/12/pilek-bersin-hidung-buntu/
    Di situ udah ada cara penanggulangannya dan obat-obat yang perlu disediakan di rumah dan kemanapun bepergian agar tidak tersiksa. Hanya saja tidak saya tulis merknya, tapi saya tulis nama generiknya.
    Makasih atas do’anya …semoga demikian pula sebaliknya 🙂

  5. 8 cakmoki Agustus 5, 2010 pukul 3:03 pm

    @ arashi kensho:
    Sama-sama…maksih juga kunjungannya

  6. 9 bagussb Agustus 15, 2010 pukul 9:16 pm

    dok.. saya mau tanya… saya ngerasa baik baik aja.. cuman beberapa hari kebelakang kepala bagian kanan terasa sakit skali.. terus idung kanan (hanya idung kanan) ngeluarin ingus… n tenggorokan sedikit berdahak…

    kmaren [14.08.2010]… ingus yg saya keluarin kental.. dan berwarna kuning… saya baca baca.. kemungkinan kena sinusitis.. tapi saya juga belum tau pasti karna belum ke dokter..

    nah pada hari ini.. ternyata ingus saya bukan kuning lagi.. tapi dah bercampur darah.. ada darah kentalnya juga..

    kira kira.. gejala seperti itu memang sinusitis atau bukan ?

    ditunggu infonya.. thanks…

  7. 10 cakmoki Agustus 15, 2010 pukul 10:18 pm

    @ bagussb:
    belum tentu sinusitis… kecuali kalo disertai nyeri di tulang pipi sebelah kanan, ato pangkal hidung sebelah kanan.

    Sementara dapat diobati dengan obat sebagi berikut:

    1) Antibiotika: cefadroxyl 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan, selama sedikitnya 5-10 hari.
    2) Pereda nyeri, misalnya: Asam mefenamat 50 mh, diminum 3×1 sesudah makan hingga nyerinya hilnag.
    3) Decongestan, untuk meredakan pilek, hidang mampet, misalnya: Lapifed or sejenisnya, diminum 3×1 sesudah makan hingga sembuh.

    Obat-2 tersebut lazim digunakan untuk rhinitis yg disertai infeksi sekunder ataupun untuk sinusitis.

    Makasih

  8. 11 bagussb Agustus 16, 2010 pukul 8:47 am

    Saya sebenernya tidak pilek dan hidungpun tidak tersumbat. Hanya ditenggorokan seperti ada sisa dahak. Tapi ga bisa keluar.

    thanks buat infonya…

  9. 12 cakmoki Agustus 16, 2010 pukul 3:19 pm

    @ bagussb:
    Ok, berarti bukan termasuk kategori sunisitis karena syarat kemungkinan timbulnya sinusitis tidak terpenuhi.
    Makasih

  10. 13 Nika Agustus 18, 2010 pukul 9:01 pm

    Pakdhe dulu jaman sekolah sy sering bgt pilek n dpt antibiotik ampicilin. Skr stlh trcerahkan udah g pernah ‘ngobat AB’ lg malah jarang pilek. Ada spt benjolan dlm lubang idung, apa normal pakdhe? Dan kalo dingin sy plg gak tahan krn hidung pasti mampet jd susah napas. Itu kenapa ya? Suwun pakdhe.

  11. 14 cakmoki Agustus 18, 2010 pukul 11:40 pm

    @ Nika:
    Benjolan yang napak pada hidung akibat rhinitis adalah normal… hanya saja nampak lebih besar karena ada inflamasi (peradangan) akibat reaksi alergi.
    Mampet saat dingin karena reaksi alergi seperti tertulis pada artikel… obatnya cukup dengan : lapifed or acifed.
    Maturnuwun

  12. 15 Tri November 24, 2010 pukul 4:20 pm

    Suami saya udah pernah operasi FESS,tp kok lum sembuh ya,masih pusing dan hidung tersumbat terus.

  13. 16 cakmoki November 24, 2010 pukul 5:14 pm

    @ Tri:
    Mungkin karena rhinitis, mbak..
    Untuk meredakan hidung tersumbat tersebut, dapat menggunakan: lapifed atau telfast Plus.
    Sesdangkan untuk sakit kepala, cukup dengan pereda nyeri (merk apa saja)
    Makasih

  14. 17 yuli herfanti Desember 7, 2010 pukul 8:56 pm

    Dok, suami saya sepertinya terkena sinusitis. hal ini sudah berlansung lama (kambuhan), mungkin karena ia punya alergi. Selama ini belum pernah ke dokter untuk mengobati sinusitisnya. Yang saya tanyakan, apakah sinusitis bisa sembuh total? Dan pengobatannya bagaimana ? Trima kasih sebelumnya…

  15. 18 cakmoki Desember 8, 2010 pukul 2:41 am

    @ yuli herfanti:
    Tentu bisa sembuh dong 😀 … lha itu, pengobatannya ada di artikel bab Pengobatan … untuk itu, seyogyanya ke dokter THt agar diperiksa apakah sinusitis atuakah rhinitis , sehingga diberikan obat yg tepat.
    Makasih

  16. 19 iswahyudi Desember 28, 2010 pukul 11:12 am

    dok .saya mau bertanya : saya sudah lama terus2an ingusan dan ga berhenti2,dan saya suka mengendus2 seperti mampet dok .dan bari hari ini saya mengeluarkan ingus dan bercmpur drah,tapi saya tidak pernah merasa pusing dok .terus di langit2 tenggorokan saya dseperti ada yg menempel .dan pernah saya keluarkan dan berwarna hijau .tapi sedikit .saya belum berani ke dokter dok,apa saya terkena sinus dok .obatnya apa ya dok .terima kasih .

  17. 20 cakmoki Desember 28, 2010 pukul 2:40 pm

    @ iswahyudi:
    kalo sinusitis, disertai nyeri disekitar hidung.
    Kemungkinan rhinitis disertai dengan infejsi sekunder.
    Untuk memastikannya seyogyanya ke dokter 😀

    Obatnya untuk sementara dapat menggunakan:
    1) Antibiotika, misalnya: cefadroyl 500 mg diminum 3×1 sesudah makan selama sedikitnya 4-7 hari.
    2) Obat pilek-bersin-mampet, misalnya: Lapifed, actifed, rhinofed…salah satu dari obat tersebut diminum 3×1 hingga sembuh.
    Makasih

  18. 21 intan Januari 13, 2011 pukul 11:54 am

    dok, saya pernah mengalami gejala2 diatas sejak desember 2009, dan sampai sekarang pun masih terasa. gejalanya yaitu rasa sakit dan rasa seperti ditekan dihidung bagian atas, diantara kedua mata, dibelakang mata, sampai ke dahi. lalu terkadang disertai demam 38 derajat, sakit kepala, dan kuku tangan dan kaki yang selalu kebiruan, wajah pucat.
    saya pernah berobat, dan dokter bilang kalau itu hanya radang tengoorokan biasa.
    kalau gejala yang paling sering dialami (hampir setiap hari) yaitu bersin (ingus tidak berwarna), kalau bersinnya lama langsung dilanjut hidung mampet, terkadang tiba2 hidung langsung mampet tanpa didahului bersin. kalau sudah hidung mampet,pasti dilanjut dengan rasa sakit dihidung sampai ke dahi.

    apakah gejala tersebut menandakan kalau saya terkena sinusitis?
    terimakasih infonya dok.

  19. 22 cakmoki Januari 13, 2011 pukul 5:48 pm

    @ intan:
    Menilik tandanya, kemungkinan rhinitis dengan infeksi sekunder atau bisa juga sinusitis.. untuk memastikannya mau gak mau periksa ke dokter 🙂
    Makasih

  20. 23 montok Januari 20, 2011 pukul 12:54 am

    Assalamu’alaikum. Wr. Wb
    Pakpo ini sy lg…

    Kira2 3 thn lalu sy kena sinusitis, trus di operasi (sedot)…
    rongga hidung sebelah kiri menyempit…di sebabkan tulang hidung yg ga lurus…kata dokter THTnya…

    Beberapa hari ini hidung yg kiri… Sering mampet… Jg ada ingus n sedikit berbau….tp ingusnya ga berwarna… Cm kadang kental kadang encer

    Kadang2 Nyeri di bagian tulang pipi sblah kiri n jg di atas alis…kepala di bagian kiri jg sering sakit…sakitnya nyampe ke leher n pundak kiri cm ga pake demam…

    Dgn tdk adanya ingus, sy ngerasa hidung kanan lebih plong di banding yg kiri…

    Apa sy kena sinusitis lg pakpo ?
    Klo iya masa harus di sedot maneh….?
    Apa krn cape n sutris yo ?
    Apa sy yg parno yo pakpo…?

    Suwun yo po…

  21. 24 cakmoki Januari 20, 2011 pukul 2:10 am

    @ montok:
    Menilik keluhan dan kronologinya, nampaknya sinusitis lagi.
    Menurut saya gak harus sedot. Diobati aja. Kalo setuju, silahkan menggunakan obat berikut:
    1) Antibiotika : cefadroxyl 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan, selama 1 minggu-2 minggu.
    2) Pereda nyeri, misalnya: asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga nyeri, pegal dll, mereda.
    3) Decongestan (meredakan hidung mampet, meler, bersin), misalnya: Lapifed, Actifed, dan sejenisnya), diminum 3×1 hingga ingusnya ilang.

    Moga segera sembuh 🙂

  22. 25 montok Januari 20, 2011 pukul 3:51 pm

    Oc makasih yo pakpo…
    Sy jg berat klo di sedot lg… Kmrin aja abis 17 jt…. (sedot n ngelurusin tulang hidung)

    Hasil pengobatan ntar ta update ke pakpo yo…
    Suwun yo pakpo…

  23. 26 cakmoki Januari 20, 2011 pukul 5:16 pm

    @ montok:
    wuihhhhhhh … 🙄 🙄
    nggih, saya tunggu up date nya.
    maturnuwun

  24. 27 montok Januari 30, 2011 pukul 1:59 pm

    Met siang pakpo

    Sy dah pake obat yg pakpo sarankan…. Hasilnya alhamdulillah skrg ingus dah ga bau lg…

    Cm rasa nyeri di tulang pipi, atas alis, leher n pundak msh sering terasa….
    Begitu jg dgn ingus kyknya ga mo berhenti…

    Apa karna sy perokok sehingga ingus n riak ga mo berhenti ?
    Cm skrg dah ga susah buangnya krn cendrung encer…

    Utk cefadroxil akan sy truskan amp dua minggu…
    Lapifed utk pilek n asam mefenamat utk nyeri di truskan ato di ganti pakpo ?

    Maturnuwun yo pakpo…

  25. 28 cakmoki Januari 30, 2011 pukul 5:14 pm

    @ montok:
    Met sore…
    Cefad udah dapat dihentikan.
    As mef dan lapifed dapat dilanjutkan kalo masih pilek dan meler… lapifed diganti Telfast OD supaya cepet sembuh.
    Moga segera sembuh
    Maturnuwun

  26. 29 Tiar kusuma Februari 13, 2011 pukul 6:48 pm

    Sore dok.. Sekitar 2bln lalu saya sudah irigasi sinus saya. Tapi kok sekarang gejalanya ada lagi ya (sakit d atas mata n pelipis kanan, pilek g sembuh2 plus sakit kepala). Ada saran obt yg co2k dok. Matur nuwun

  27. 30 cakmoki Februari 13, 2011 pukul 7:23 pm

    @ Tiar kusuma:
    Met malam,
    Untuk sementara dapat menggunakan oabt pereda pilek dan pererda nyeri.
    Pereda pilek misalnya: actifed, rhinofed, telfast, dll.
    Pereda nyeri misalnya: asam mefenamat, diminum 3×1 sesudah makan. Kedua jenis obat ini adalah obat simptomatis, yakni untuk meredakan keluhan.
    Untuk memastikan ada tidaknya infeksi, sebaiknya periksa ke dokter. Makasih

  28. 31 Nn Maret 1, 2011 pukul 8:31 pm

    Dok klo saya lg pilek tulang pipi saya rasanya nyeri sam deket tulang hidung dket mata juga sakit trus ingusnya kentel banget kadang” warnaya hijau banget sama ada sedikit darah apa itu sinusitus trus klo pilek lama banget setiap kali pilek kaya gitu terus rasanya ngeganggu banget ngilu dtulang pipi

  29. 32 cakmoki Maret 2, 2011 pukul 6:20 pm

    @ Nn:
    kemungkinan iya.. namun, untuk memastikannya, gak ada salahnya periksa ke dokter terdekat agar dapat diberikan obat yang tepat.
    Moga segera sembuh
    Makasih

  30. 33 cila Maret 21, 2011 pukul 3:19 pm

    Dok saya mau tanya, saya dah terkena sinussitis kronis, dan harus disedot sedangkan saya hamil 1bulan. Gmana dok aman tidak bagi janin. Terus proses penyedotan itu seperti apa? Terimakasih

  31. 34 cakmoki Maret 23, 2011 pukul 12:08 am

    @ cila:
    Aman.
    Proses penyedotan hanya mengeluarkan pus (nanah) dari rongga sinus menggunakan bius lokal.
    Kalaupun nanti setelah sedot diberi obat antibiotika dan pereda nyeri, maka obat-2 yg diberikan adalah obat Kategori B pada kehamilan yang artinya aman bagi janin.
    Makasih

  32. 35 rissa Maret 23, 2011 pukul 9:23 am

    dok saya mau tanya,, sudah hampir setahun saya mengalami keluhan seperti diatas. tiap palik hidung pasti meler, sakit di pangkal alis sampai kepala belakang dan pundak. terakhir, setelah saya terkena campak, ingus yg keluar bercampur darah..

    apa ini termasuk sinusitis??kalo untuk ke dokter saya masih takut..

    lalu, campak yg br saya alami , menyisakan bercak hitam di jari tangan dan kaki serta kulit leher…kira2 obat apa ya yang bisa menghilangkan bercak hitam tsb..

    trims byk dok…sukses selalu 🙂

  33. 36 cakmoki Maret 23, 2011 pukul 12:51 pm

    @ rissa:
    Jika disertai rasa nyeri dan tanda-2 seperti di atas, kemungkinan emang sinusitis.
    Kenapa tkut ke dokter ? kan gak mesti diobok-obok … pada umumnya cukup diberi obat minum.

    Tentang bekas campak yg menghitam, jangan diberi obat apapun karena malah berpotensi iritasi… biarkan saja, ntar aka pulih dengan sendirinya seiring dengan pertumbuhan kulit, sekitar 1-3 bulan
    Makasih

  34. 37 Rissa Maret 23, 2011 pukul 9:56 pm

    Trims dok infonya..
    Kadang rasa nyerinya berefek dr pipi ke gigi jg dok…rahang dan leher spt dtarik..kalo minum obat yg dokter beritahu diatas,bs menyembuhkan atau meredakan,dok?

    Masalah bekas campak itu normal kan dok?

    Maaf,banyak nanya..hehehe 🙂

  35. 38 cakmoki Maret 24, 2011 pukul 12:02 pm

    @ Rissa:
    Ya, dapat menggunakan obat sebagaimana jawaban saya pada diskusi sebelumnya.
    Masalah bekas campak normal saja, ga usah dipikirin, ntar akan hilang dengan sendirinya
    Makasih

  36. 39 embun Maret 25, 2011 pukul 10:23 pm

    doc saya mau tnya..udh 1mnggu saya pilek tp ingusny brbau..tp saya tdk mrsa pusing n nyeri..dan bau ingusnya pun hnya dilubang hidung sbelah kiri,berlendir kental skali ttp yg lubang kanan tdk doc hnya pilek biasa dan tdk brbau..apa kah it sinus?

  37. 40 cakmoki Maret 26, 2011 pukul 1:49 pm

    @ embun:
    Nampaknya rhinitis dengan infeksi dan belum nyampai ke sinusnya.
    Seyogyanya diobati dengan antibiotika setidaknya seminggu dan decongestan (obat meredakan pilek-mampet-bersin)
    Makasih

  38. 41 embun Maret 26, 2011 pukul 5:21 pm

    makasih infonya doc..

  39. 42 cakmoki Maret 27, 2011 pukul 1:43 am

    @ embun:
    sama-sama 🙂

  40. 43 chrissy Maret 30, 2011 pukul 3:28 pm

    Pak,
    Mau bertanya…
    Sudah sebulan lan ebih saya batuk. Mula-mula tidak berdahak tapi setelah beberapa hari berdahak. lalu saya minum obat batuk berdahak malah dahak saya rasanya banyak sekali. lalu saya ke dokter dan di rontgen. Kata dokter paru-paru saya banyak dahak/riak dan tepatnya di bagian bawah jadi kalau saya tidur pasti keluar riaknya itu. Lalu saya dikasih obat dan mulai membaik. Memang dahaknya sempat banyak lalu mulai sedikit. Dahak tersebut tidak hanya keluar dari mulut tapi juga dari hidung berupa ingus. Ketika mulai sedikit dahak dan ingus yang keluar saya sempat pakai minyak aroma terapi karena mampet. Saya tidak tahu apakah ini pengaruh minyak itu tapi aromanya cukup kuat sehingga sempat sengkring2. Lalu esoknya kok ingusnya berdarah ya dok sampai hari ini, saya sudah ke tht diberi obat tapi darahnya masih suka keluar setiap dari hidung kiri saja. Hidung udah mulai plong cuma suka agak meler sedikit dan riak plus ingus sedikit,tapi kenapa darah masih saja ada ya…saya agak takut dok kalau-kalau kanker atau apa…padahal dokternya sudah beri obat penghenti pendarahan (memang baru akan 2 hari diminum)….Tolong ya dok….Kalau pas berdarah batang hidung, pipi dan dahi suka agak nyeri….

    Matur nuwun……

  41. 44 awen April 10, 2011 pukul 9:07 am

    pak, saya sering pilek…serasa ada lendir di hidung yg kadang2 bisa dikeluarkan lewat hidung dan kadang2 susah banget dukeluarkan dan bisanya dikeluarkan lewat mulut tp dengan sedikit usaha keras. kalau keluar dari hidung hasilnya seperti ingus biasa tapi agak kental dan kalau dikeluarkan lewat mulut hasilnta bener2 seperti gel. akhir2 ini ingus saya ada bercak darahnya dikit..oh ya satu lagi kemampuan mencium bau saya bisa dibilang jarang bisa dilakukan, tetapi kadang kala bisa tercium dalam tempo 2 atau 3 hari habis itu susah lagi. sebenarnya ini apa pak, terus pengobatannya seperti apa? terimakasih sebelumnya

  42. 45 awen April 10, 2011 pukul 9:12 am

    oh iya pak, tambahan, kadang kadang saya terasa seperti mencium aroma cuka yang direbus.padahal hidung bener2 mampet…..

  43. 46 anita Mei 16, 2011 pukul 7:28 pm

    malam pak… mw nanya nih,
    dalam lubang hidung anak saya yg sebelah kanan tu ada benjolan, yg kiri ada tp lebih gede yg sblah kanan. kira2 ini normal gk ya pak?? atau perlu obat?
    trz obat nya ap?? msalah nya anak saya msih umur 10 bulan pak.
    saya takut bget.
    d tunggu saran nya. terimakasih sebelumnya.

  44. 47 cakmoki Mei 17, 2011 pukul 5:43 pm

    @ chrissy:
    maaf kelewatan hingga sekian lama 😀
    Mungkin sekarang udah ga berdarah lagi hidungnya soalnya udah minum obat antiperdarahan yg lazimnya digunakan sedikitnya seminggu.
    makasih

    @ awen:
    waduhh..maaf..yg ini juga kelewatan.. 😀
    Menilik keluhannya, kemungkinan rhinitis atau bisa juga sinusitis jika disertai aroma tak sedap dan rasa nyeri. Pengobatannya sebaiknya periksa ke dokter THT agar dapat dipstikan penyebabnya dan diberikan obat yg tepat.
    makasih

    @ anita:
    met sore,
    Benjolan tersebut belum tentu kelainan.. bisa jadi hanya inflamasi (peradangan) akibat alergi.
    Andai saya melihat lansung, tentu sudah bisa ditentukan apakah normal ataukah inflamasi karena alergi.
    Untuk memastikannya sebaiknya periksa ke dokter terdekat.
    namun kalao ga ada keluhan sepeerti pilek atau bersin atau hidung mampet, gak perklu obat dan ga perlu ke dokter.
    Makasih

  45. 48 anita Mei 18, 2011 pukul 7:27 pm

    nambah nih pak,pilek nya gk ada pak kalau bersin sih kadang2 aja tp kalo mampet nya saya gk tw tuh pak,soalnya kn ank saya lom bisa ngmong,
    saya parno bgt nih pak, mna benjolanya tu gde nya kurang lebih sparuh lubang hidung nya.
    kalau misalkam d bw k dokter, saya hrus ke Dr.THT atau k Dr.sp. anak?? kan anak saya msih bayi pak??
    makasih saran sbelumnya,

  46. 49 cakmoki Mei 19, 2011 pukul 1:35 pm

    @ anita:
    supaya gak parno, ga ada salahnya periksa ke dokter… paling tepat ke dokter THT…. walau masih bayi bisa ke THT.. lagipula dokter THt bukan hanya untuk anak dan dewasa saja 🙂
    Makasih

  47. 50 anita Mei 19, 2011 pukul 9:36 pm

    makasih pak.
    kpan2 saya mampir lg ke blog ini klo dah cek k dr.THT


Tinggalkan Balasan

Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,328,160 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


