Hand Foot Mouth Disease

Kode ICD-10 : B08.4 : Hand Foot and Mouth Disease ( HFMD )

hfmd Di ndeso kami, Kecamatan Palaran, Samarinda, penyakit HFMD atau dikenal juga dengan Penyakit Tangan Kaki dan Mulut ( PTKM ) atau Flu Singapura, dapat dijumpai setiap tahun sejak lebih 10 tahun yang lalu. Dua bulan belakangan ini jumlahnya cenderung meningkat dan mencapai puncaknya pada bulan April-Mei. Biasanya HFMD sembuh sendiri dalam 7-10 hari.

Para orang tua di ndeso kami biasanya segera memeriksakan anaknya ke dokter manakala mendapati si kecil rewel, demam, tidak mau makan dan minum disertai munculnya bintik berair di mulut, telapak tangan dan telapak kaki. Dengan demikian penderita HFMD mendapatkan pengobatan secara dini sehingga terhindar dari penyulit ( komplikasi ) yang tidak diinginkan.

SEKILAS PENYAKIT HAND FOOT MOUTH DISEASE ( HFMD )

Penyakit Tangan Kaki dan Mulut ( PTKM ) atau Hand Foot and Mouth Disease (HFMD) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dari genus Enterovirus, terutama Coxsackie virus type A, B dan Echovirus.

Disebutkan bahwa Enterovirus yang menyebabkan HFMD terdiri dari 68 serotype. Sebagian besar HFMD dalam praktek sehari-hari disebabkan oleh Coxsackie virus A 16 ( CA 16 ) yang menunjukkan gejala ringan dan tidak memerlukan perawatan khusus. Sedangkan HFMD yang disebabkan oleh Enterovirus 71 ( EV 71 ) menunjukkan gejala yang berat dan memerlukan perawatan khusus di Rumah Sakit.

Penyakit ini lebih sering mengenai anak dibawah usia 10 tahun, terutama bayi, dan anak balita. Kalaupun mengenai dewasa, biasanya tidak menimbulkan keluhan yang berarti. Pada umumnya penyakit ini sembuh dengan sendirinya dalam tempo 7-10 hari.

Sebenarnya penyakit ini sudah lama dikenal, namun dalam dasawarsa belakangan ini menjadi berita yang cukup menghebohkan dikarenakan adanya Kejadian Luar Biasa (outbreak) di beberapa negara, terutama Cina, Singapura, Malaysia dan kawasan Asia lainnya. Sebagai contoh, pada bulan Maret 2010, di Cina dilaporkan terjadi KLB HFMD sebanyak 77.756 kasus HFMD dengan jumlah kematian mencapai 40 penderita. ( Kompas, 5 Mei 2010 )

PENULARAN

Cara penularan HFMD terjadi melalui 3 jalan:

  1. Kontak langsung dengan penderita melalui cairan lepuhan yang keluar dari bintik berair di kulit penderita. Selama lepuhan kulit masih mengeluarkan cairan, penderita dapat menularkan virus kepada orang-orang ( terutama anak ) di sekitarnya.
  2. Melalui percikan butiran ludah (droplet) dan pernapasan.
  3. Jalur oro-fecal melalui tangan, mainan dan sesuatu yang tercemar oleh faeces penderita, kemudian masuk ke dalam mulut. Kita tahu bahwa anak pada umumnya suka memasukkan tangan ke dalam mulut saat memegang apapun yang ada di sekitarnya.

Virus dapat bertahan hingga beberapa minggu di dalam faeces penderita yang terinfeksi.

Penyebaran HFMD mudah terjadi terutama di tempat-tempat padat dan di tempat anak-anak bermain atau berkumpul. Itu sebabnya HFMD cepat menyebar pada anak-anak.

GEJALA DAN TANDA-TANDA

Masa inkubasi HFMD berkisar 3-6 hari. Setelah seseorang terinfeksi Enterovirus dan menyebabkan sakit, selanjutnya menimbulkan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Gejala awal HFMD sangat mirip dengan penyakit flu. Hari pertama dan kedua ditandai dengan demam tidak terlalu tinggi, kemudian nyeri telan, tidak mau makan dan minum. Pada bayi, para orang tua membawa anaknya ke dokter karena demam, tidak mau netek (minum) dan ngeces (ngiler, keluar liur).
  • Selanjutnya mulai muncul bintik berair (vesikel) yang mudah pecah di dalam rongga mulut, kadang menimbulkan ulkus mirip dengan stomatitis aftosa ( sariawan ), diikuti dengan timbulnya bintik berair di telapak tangan dan kaki. Gejala ini biasanya muncul pada hari ketiga.
  • Bintik berair adakalanya menyebar ke badan, terutama paha, bokong, perut, lengan dan wajah. Bentuk vesikel mirip dengan Cacar Air, bedanya pada HFMD lebih lunak dan lebih cepat pecah. Karenanya para orang tua biasanya menduga Cacar air. Pada lepuhan yang lebih besar, mirip dengan impetigo.
  • Selanjutnya, keluhan akan berangsur mereda dan sembuh dalam 7-10 hari.

Pada HFMD yang berat (disebabkan EV 17) perlu dirawat di Rumah Sakit. Adapaun gejala-gejala HFMD berat antara lain: demam tinggi hinga lebih dari 39 Celsius, nadi cepat, frekensi napas cepat dan sesak, terjadinya gangguan neurologis, kejang, serta penurunan kesadaran.

PENGOBATAN

Penyakit ini bersifat self limited (sembuh dengan sendirinya) dalam 7-10 hari, sehingga tidak ada pengobatan yang spesifik. Meski begitu, seyogyanya periksa ke dokter untuk meredakan keluhan. Perawatan dan pengobatan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Istirahat ( di rumah ).
  • Perawatan suportif yakni dengan minum dalam jumlah cukup untuk menghindari kekurangan cairan. Mengupayakan makan makanan bergizi. namun perlu diingat bahwa upaya ini tidak mudah karena anak tidak mau minum dan makan akibat nyeri telan.
  • Pengobatan simptomatis (untuk meredakan keluhan), diantaranya: obat pereda demam dan antiseptik mulut serta obat-onat lain yang diperlukan untuk meredakan keluhan yang timbul.

Jangan lupa untuk tetap mandi agar penderita terjaga kebersihannya.

Apabila terjadi infeksi sekunder oleh kuman pada lepuhan akibat garukan, dapat diberikan obat anti-infeksi topikal (krim, salep)

PENCEGAHAN

Upaya pencegahan terbaik adalah menjaga hygiene, antara lain:

  • Selalu mencuci tangan sesudah ke WC dan Toilet, sebelum dan sesudah makan, serta sesudah membersihkan ingus dan sesudah mengganti popok atau pakaian.
  • Usahakan tidak saling pinjam peralatan makan-minum dan peralatan kebersihan pribadi, seperti: pakaian, handuk, sikat gigi, alas kaki, kaus kaki, dan lain-lain.
  • Mencuci pakaian kotor hingga bersih and mengeringkannya agar tidak berpotensi menularkan virus ke sekitarnya, mengingat virus diekskresi melalui faeces dan dapat bertahan beberapa minggu.
  • Biasakan menutup mulut dan hidung ketika batuk atau bersin. Kemudian bersihkan mulut dan hidung dengan tissue sekali pakai, selanjutnya membuang tissue di tempat sampah dan mencuci tangan.
  • Hindari memecah bercak berair. Biarkan pecah sendiri hingga mengering.
  • Bagi siswa dianjurkan untuk tidak bersekolah lebih dahulu hingga benar-benar sembuh untuk mencegah penyebaran penyakit. Sedangkan bagi anak atau bayi, sebaiknya tinggal di rumah untuk sementara waktu hingga lepuhan pada kulit mengering dan sembuh.
  • Bagi dokter Puskesmas, seyogyanya memberi tahu pihak Sekolah atau TK seandainya menjumpai siswa SD atau TK yang menderita HFMD dan memintakan ijin untuk tidak sekolah hingga benar-benar sembuh ( sekitar 7-10 hari ).

Hingga saat ini belum ada vaksin untuk mencegah HFMD.

Sumber:

Semoga bermanfaat.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

Iklan

53 Responses to “Hand Foot Mouth Disease”


  1. 1 Rini Mei 8, 2010 pukul 11:51 pm

    Jumpa lg cak dokter. Flue singapura cepet mbabrah ya dok? Knpa namanya kok flu singapura?., he3x. Blo,on ya aq.

  2. 2 cakmoki Mei 9, 2010 pukul 1:19 pm

    @ Rini:
    ya, cepet menyebar.
    Hingga kini penamaan Flu Singapura masih terus jadi bahan perdebatan. Kalo saya lebih suka menggunakan HFMD. πŸ™‚

  3. 3 elisa Mei 9, 2010 pukul 2:08 pm

    saya baru saja kena virus ini, dan dalam tahap pemulihan. sariawan semulut dan berat badan turun 3,5 kg dlm seminggu karna tidak bisa maem.tp kok tidak muncul gelembung merah2 ya….^^

  4. 4 cakmoki Mei 9, 2010 pukul 3:06 pm

    @ elisa:
    Mungkin bukan HFMD, tapi Stomatitis aftosa.
    Selengkapnya tentang Stomatitis aftosa atau sariawan, silahkan baca artikelnya di Blog ini pada link berikut:
    https://cakmoki86.wordpress.com/2009/02/04/sariawan/
    Makasih

  5. 5 Rini Mei 9, 2010 pukul 8:03 pm

    Penyakit ini kan gampang nular dok, gampang mbabrah, kalau dibiarkan cepet skali melebar lukanya. Kok bisa sembuh sendiri ya dok? Menurutku kok sangat ironis? Mohon penjelasannya. Tanks

  6. 6 pinkina Mei 10, 2010 pukul 9:25 am

    nice post cak moki, sangat berguna, apalagi skrg saya punya bayi πŸ™‚
    jadi bener, sembuh dengan sendirinya yha Cak? gak perlu obat ?
    thanks

  7. 7 cakmoki Mei 10, 2010 pukul 2:52 pm

    @ Rini:
    Tidak ironis kalo dibaca pelan-pelan πŸ™‚
    Penularan adalah sifat virus penyebabnya, sedangkan sembuh sendiri (self limited) adalah sifat penyakitnya. Menular dan kesembuhan adalah 2 hal yang berbeda.

    Contoh: hipertensi bukan penyakit menular, tidak mbabrah, tapi tidak bisa sembuh sendiri… hehehe… ini fakta yang paling enak dan mudah dimengerti untuk analogi.
    Terimakasih

    @ pinkina:
    Kalo tega, boleh ga dikasih obat.
    Saya kutipkan lagi salah satu paragraf pada bab pengobatan:
    Penyakit ini bersifat self limited (sembuh dengan sendirinya) dalam 7-10 hari, sehingga tidak ada pengobatan yang spesifik. Meski begitu, seyogyanya periksa ke dokter untuk meredakan keluhan.
    Tuh kan…. apa mau dibiarkan anak menderita 7-10 hari tanpa obat untuk meredakan keluhan ? πŸ˜€
    Makasih

  8. 8 Rini Mei 10, 2010 pukul 10:20 pm

    Mksh pnjelasnnya. Tp gini ilustrasinya. Pg diketahui msh sebesar bji ktumbar, sore sudah sbsar bji jagung, keesokan harinya sdh lebih besar lg dan pecah… 3hari lukanya smakin lebar, diameter dah lebih dr 1cm dan smakin dalam dan berair…trus dbwa ke doktr ktnya flu singapura. Ini pngalaman kponakan sy dok. Dahsyat ya virusnya?
    Apa bedanya sama cacar air?

  9. 9 Hasnul Suhaimi Mei 11, 2010 pukul 10:09 am

    Blognya sangat menarik, dan yang pasti isinya sangat bermanfaat.

    Salam Kenal Pak

    Hasnul Suhaimi

  10. 10 cakmoki Mei 11, 2010 pukul 5:12 pm

    @ Rini:
    Gak dahsyat tuh… πŸ™‚ …yg bilang sapa lho…
    Monggo, dibaca lebih dahlu pelan-pelan biar mengerti, terutama Bab Gejala dan Tanda-Tand, di situ dah dijelaskan perjalanan penyakitnya… termasuk bedanya dengan Cacar Air dan Stomatitis … nah, jika udah baca lengkap masih perlu penjelasan, silahkan disampaikan bagian yang belum jelas.
    Makasih

    @ Hasnul Suhaimi:
    Makasih support dan kunjungannya, Pak
    wih, rupanya tamu Bos XL nih πŸ™‚

  11. 11 Rini Mei 12, 2010 pukul 1:19 am

    Makasih sudah jelas skrg

  12. 12 imelda Mei 14, 2010 pukul 4:43 pm

    Anak saya lg terkena virus Δ¬Ξ·Β‘ ne, saya lg bingung akalin mkn en minumnya susa bgt secara saya jaga sndrian at home..
    Bisa sharingg??
    Teruss bole mandi gk yah or οΎΓ£ΡœΡ‘ bedak biar gk gatel
    Thx

  13. 13 cakmoki Mei 14, 2010 pukul 5:42 pm

    @ Rini:
    makasih juga , mbak πŸ™‚

    @ imelda:
    Tetep mandi dong…. kalo gak mandi, ntar gak seger, kebersihan gak terpelihara.
    Pake bedak juga boleh… misalnya: salisil atau bedak caladine (bukan yg cair)
    kalo boleh tahu, umur dan berat badannya berapa ? Ini penting untuk menentukan dosis obat untuk meredakan keluhan.
    Makasih

  14. 14 drg winda Mei 15, 2010 pukul 3:57 pm

    anak saya 4 orang usia 5 -14 thn, bulan februari 2010 kemarin juga kena virus hfmd, karena saya dokter gigi, begitu mereka nggak mau makan dan bilang di bawah lidahnya dekat pangkal tenggorok ada sariawan, saya langsung curiga hfmd, langsung liat ada bintik merah keras di tangan dan tumit di telapak kaki, tidak berair.Mereka tidak demam. Hari ke tiga yang dimulut hingga bibir luar sariawannya pecah dan sakit sekali.
    Walaupun tahu penyakitnya akan sembuh sendiri dan yg diperlukan adlh meningkatkan daya tahan tubuh, tapi penanganan by usia beda2,yang kecil sama sekali takut masukin cairan ke mulut, maunya yang rasa manis saja, jadi saya beri sari kurma diencerkan dengan air minum. kalau dikasih madu malah menjerit sakit katanya.
    Anak yang lebih besar mau diberi kuah sup dengan tahu lembut atau makaroni.
    Mereka saya istirahatkan di rumah supaya tidak menularkan ke teman selama seminggu.
    Yang pertama terkena adlh anak ke 3 saya dari sekolahnya, karena di kompleks kami saat itu tidak ada yang kena, juga hingga mereka sembuh.
    Jadi perlu juga penyuluhan di sekolah2 saat ini mengenai virus2 yang lagi tren berjangkit skrg ini. kasihan kalau kakaknya menularkan pada adik2nya yang masih kecil. Takutnya susah makan dan minum bisa dehidrasi.

  15. 16 zizu Mei 16, 2010 pukul 10:53 am

    salam kenal!! πŸ˜€
    kayak pa sih ini penyakitnya, mirip sariawan gitu ya???

  16. 17 cakmoki Mei 17, 2010 pukul 2:26 am

    @ drg Winda:
    makasih share- nya Mbak … ya, saya sependapat. Perlu penyuluhan di sekolah dan di masyarakat agar dapat mengenali penyakit ini dan mencegah penyebarannya… Repotnya beberapa waktu yg lalu di saat puncak insidens pas musim ulangan … πŸ™‚
    Moga sehat selalu

    @ klikharry:
    di sana banyak kasusnya juga ya ? πŸ˜€

    @ zizu:
    Salam kenal juga…
    ya, mirip πŸ™‚ … kayak yang dijelaskan di artikel

  17. 19 cakmoki Mei 17, 2010 pukul 5:03 pm

    @ irwan kurniawan:
    Salam kenal πŸ™‚
    Terimakasih kunjungannya

  18. 20 pandan Mei 19, 2010 pukul 7:58 am

    makasih infonya pak, kbetulan si 2th saya tgl 17kmrn panas,ndak sampe 39,trs tgl 18 pagi kluarlah tuh bentol2nya, mikirnya memang chickenpox cm yg sdh bikin heran krn cm di tlapak kaki dan tangan,malemnya baru kita bw ke dsa.setelah baca2 soal hmfd ini, saya cuma penasaran si kecil ini dapet dr mn, lingkungan kami lumayan cukup bersih, juga tdk ada anak2 tetangga yg lg sakit, hanya saja si kakak (6th 9bln) memang lagi batuk pilek, reaksi alergi,apa bisa si kakak yg bawa mengingat dia sdh skolah ato gimana…:D maturnuwun….

  19. 21 cakmoki Mei 20, 2010 pukul 12:47 am

    @ pandan:
    ya, salah satunya dari anggota keluarga yg kontak dengan orang lain, terutama anak-anak usia sekolah.
    Maturnuwun

  20. 22 Yohan Wibisono Mei 20, 2010 pukul 3:09 pm

    info yang sangat bermanfaat nih… karena semakin lama semakin banyak macam penyakit baru yg bermunculan ya? intinya, mungkin kita harus meningkatkan sistem imun yang ada dalam diri kita agar tidak mudah terkena bakteri atau virus yang menular di luaran sana… btw thx untuk infonya….

  21. 23 meliana Mei 20, 2010 pukul 9:49 pm

    Terima kasih ya Dok atas jawaban yg udah dikasih.
    anak saya sekarang bintil2 nya sudah kering, tapi yg saya takutin adalah anak perempuan saya suka sekali bermain dengan adiknya pada saat adik nya sakit.
    sekarang sudah berlanjut hingga hari ke 9 tapi untung nya tidak terjadi tanda2 penularan.
    karena saya orang awan saya mau tanya apakah ada kemungkinan tidak menular ?

    sekali lagi terima kasih, Dokter Cakmoki.

  22. 24 pandan Mei 21, 2010 pukul 9:15 am

    makasih banyak pak….

  23. 25 cakmoki Mei 21, 2010 pukul 12:33 pm

    @ Yohan Wibisono:
    Sebenernya bukan penyakit baru. Penyakit ini sudah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu. Hanya saja mungkin informasinya belum terebar luas di Indonesia ketika itu.
    hal semacam ini bukan sistim imun semata karena kita sudah memilikinya. Yg penting adalah membiasakan diri untuk menjalani Pola Hidup sehat πŸ™‚
    makasih

    @ meliana:
    Kemungkinannya untuk kakaknya:
    (a) tidak tertular dan
    (b) tertular tapi tidak sakit karena jumlah virus tidak cukup untuk menimbulkan sakit kemudian virusnya hilang dengan sendirinya, atau daya tahan tubuhnya bagus sehingga virus tidak mampu menimbulkan keluhan dan hilang dengan sendirinya.
    Makasih

    @ pandan:
    sama-sama

  24. 27 cakmoki Juni 11, 2010 pukul 3:53 pm

    @ Alghie:
    thanks πŸ™‚

  25. 28 yulia Juni 22, 2010 pukul 8:59 am

    assalamua’aikum cak..

    mau nanya,,,suamiku lidahnya putih2 jadi klu makan tuh gak brasa knapa ya???
    apa itu panas dalam,,blom sempat ke dokter sih,,,untuk sementara pake obat apa yaaa????

    makasih sebelumnya

  26. 29 cakmoki Juni 22, 2010 pukul 2:45 pm

    @ yulia:
    Assalamu’alaikum…
    Kemungkinan stomatitis aftosa atau dalam bahasa awam disebut sariawan dengan berbagai varian dan jenisnya.
    Sementara dapat menggunakan Tablet hisap FG-Troche, dihisap 6-8 tablet sehari hingga sembuh. Atau bisa juga pake jelly Kenalog in Orabase.
    Makasih
    Wassalam

  27. 30 rinda Juni 24, 2010 pukul 8:45 pm

    cak, artikel2nya sangat informatif. sangat membantu menambah pengetahuan.semoga banyak dokter2 yang bersahaja dan mau berbagi ilmu dg masyarakat awam di negeri ini. krn banyak sekali dokter yg ‘malas’ menjelaskan suatu penyakit kpd pasiennya. malah sptnya mrk senang bila pasiennya tdk tahu byk agar mungkin lbh ‘aman’. so gimana mau tmbh pintar sebagian masyarakat kita. semoga Allah selalu memberkati cak Moki, diberi kesehatan dan panjang umur sehingga terus bermanfaat bagi org banyak, amin.

  28. 31 cakmoki Juni 25, 2010 pukul 4:15 pm

    @ rinda:
    Sudah banyak dokter yang berkenan berbagi informasi, mbak … sejujurnya, saya banyak belajar dari beliau-beliau dan dari para pembaca yang bersedia berinteraksi di Blog ini.
    Terimakasih atas do’a dan supportnya.
    SEmoga demikian pula sebaliknya..amiin

  29. 32 wirdan Desember 6, 2010 pukul 9:17 am

    saat anak sakit, saya menemukan blog ini, dan alhamd saya jadi tenang untuk mengatasinya.. terimakasih.. dan ijin unt COPAS artikelnya ya.. maksh

  30. 33 cakmoki Desember 6, 2010 pukul 2:20 pm

    @ wirdan:
    Alhamdulillah …. monggo, silahkan πŸ™‚
    Makasih atas kunjungannnya

  31. 34 yati Maret 3, 2011 pukul 12:05 pm

    apa kabar cak moki ?

    sekarang ini saya yang kena chicken pox,lha bayi saya masih ASI sampai sekarang.
    bagaimana cara penyembuhan yang cepat, vitamin ato suplemen apa yang saya bisa minum untuk membantu mempercepat proses penyembuhan, sekarang saya lagi kosumsi multivitamin PRAMILET dari abbott. saya ada 2 anak , yang satu umur 6 tahun dan kedua umur 15 bulan (masih ASI).cara terbaik untuk menjaga anak saya seperti apa ?, karena saya tinggal di luar negara dan tidak orang yang bisa menjaga anak2 saya .suami baru ambil cuti besok. bagaimana dengan ASI saya , apa sudah terkontaminasi oleh virusnya?.apa saya msh bisa mberikan ASI karena anak saya tidak mau minum susu formula dan dia ada bakat alergi.
    dokter berikan saya caladine cair, obat salep gatal, obat minum panas dan gatal.

    terima kasih cak moki.

  32. 35 yati Maret 3, 2011 pukul 5:02 pm

    tambahan cak moki, anak saya sudah di vaksin campak semuanya,
    untuk obat acyclovir itu apa saya boleh minum ? itu untuk apa ya ?
    kalo di m’sya namanya apa ya ?…:bingung :p
    apakah caladin cair harus saya ganti dengan bedak ?

    thanks

  33. 36 cakmoki Maret 3, 2011 pukul 5:30 pm

    @ yati:
    halo, kabar baik mbak πŸ™‚
    weh rupanya kebagian cacar air juga ya …. πŸ˜€
    Penularan bukan via ASI, tapi lewat droplets alias percikan uap pernapasan dan mulut.
    Pencegahan terbaik dengan imunisasi , namun mengingat salah satu anggota keluarga sudah kena, yang paling logis adalah dengan masker. Itupun tidak menjamin tidak terjadi penularan.
    vitamin or suplemen bukanlah solusi mempercepat penyembuhan, namun dengan obat yang tepat, yakni Acyclovir tablet, diminum 5 x 800 mg selama sedikitnya 7-10 hari… dan obat- obnbat lain tentunya.

    Selengkapnya tentang cacar air, silahkan baca artikelnya di blog ini pada link berikut:
    https://cakmoki86.wordpress.com/2008/10/29/cacar-air/
    nah, di situ lengkap tertulis pengobatan dan perawatannya…serta diskusi-diskusinya.

    Moga segera sembuh
    Makasih

  34. 37 Linda Maret 11, 2011 pukul 9:29 pm

    thx 4 infonya

  35. 38 cakmoki Maret 12, 2011 pukul 2:06 am

    @ Linda:
    sama-sama πŸ™‚

  36. 39 dita Maret 25, 2011 pukul 9:43 am

    anak saya skg lg kena HFMD,stress jg krn anak ga mau makan sama minum susu.kmrn 2 hr yll anak lemes, tp puji Tuhan hari ini sedikit aktif.
    hari keberapa ya,anak bener2 dinyatakan sudah sembuh total dan bs sekolah lagi?apa perlu dilaporkan ke sekolahnya ya kl ada anak didiknya kena HFMD?takutnya anak saya tertular jg dari temannya (mungkin)?

  37. 40 cakmoki Maret 25, 2011 pukul 1:59 pm

    @ dita:
    Sebagaimana tertulis di artikel dan kenyataan seharihari di praktek, biasanya HFMD sembuh sendiri dalam 7-10 hari
    Ya, kalo perlu disampaiakan ke Sekolah… sebenernya hal semacam ini merupakan tugas Puskesmas setempat untuk koordinasi dengn pihak sekolah, sehingga anak yg terkena HFMD diistirahatkan seminggu…kayak di Malaysia.
    Makasih

  38. 41 Mursidah Mei 12, 2011 pukul 7:44 pm

    Saat ini anakku 1tahun 2 minggu. Kena sariawan. Stlh periksa ke dokter sp A ktanya bkan sariawan tp kna virus krn di tpak kaki n tangan ada dikit bintikan merah. Susah makan n minum. Badan jga kdg panas. Karna panasnya itu aku ga mandiin dia slma 4 hari trakhir ini, ga papa kah aku ga mandiin dia?

  39. 42 cakmoki Mei 12, 2011 pukul 11:17 pm

    @ Mursidah:
    Benar, namanya HFMD. Penyembuhan rata-2 seminggu hingga 10 hari.
    Mandi ???? Harus tetap mandi dong, supaya segar dan bersih.. kalo gak dimandiin, ntar bau, anak menjadi makin rewel karena gerah.. waduhhh kayaknya belum dibaca nih πŸ˜€
    Pada artikel di atas sudah tertulis sebagai berikut:
    Jangan lupa untuk tetap mandi agar penderita terjaga kebersihannya
    Moga segera sembuh
    Makasih

  40. 43 Mursidah Mei 13, 2011 pukul 10:00 am

    Brti klo badan panas dimandiin ga papa ya?! Yg dimksud kejang tuh apa kaget” gtu? Ankku klo bobo sering kaget” gtu badannya. Pdhl sblumnya anteng aj klo bobo. Cakmoki blognya manfaat banget. Makasih.

  41. 44 cakmoki Mei 13, 2011 pukul 4:02 pm

    @ Mursidah:
    Ya ga papa dong πŸ˜€ duhhh kasiannya tuh anak ga dimandiin..hehehe..pisss
    Kaget bukan kejang.. kalo kejang kaku-kaku kayak menari break-dance
    Makasih

  42. 45 mursidah Mei 14, 2011 pukul 6:17 pm

    alkhamdullilah anakku dah ceria lagi.dah ga panas. tapi saya bingung hfmd pa bukan ya. (yang seperti) sariawan dimulut dah sembuh. sedangkan bintik di kaki n tangan msh ada dkit. tapi dr awal ampe skrg ni ga da cairan didalamnya. awalnya cma bintik merah. skrg panas anak saya dah hilang n bintik yang awalnya merah mjdi agak hitam n kering. pd kasus hfmd apa hrus ada cairan dibintiknya? takutnya klo muncul cairan di kmudian hari( moga ga terjadi).oiya… ini dah hari ke 5 dr pertama dia kna (yang spt ) sariawan itu. gmn cakmoki… ksih pencerahan ya… terimakasih.

  43. 46 cakmoki Mei 14, 2011 pukul 11:13 pm

    @ mursidah:
    Ga usah bingung… HFMD atau bukan yg penting udah membaik.
    Kalo sy melihat langsung tentu mudah diketahui πŸ˜€
    Bintik di tangan dan kaki pada HFMD ga selalu ada cairan. kalaupun ada cairan akan pulih dengan pengobatan.
    Silahkan obatnya dilanjutkan hingga sedikitnya 7-10 hari sebagaimana jawaban saya sebekumnya.. moga ga lebih dari 10 hari.
    kalo belum dikasih pobat unruk sariawan, dapat diberikan Nystatin oles mulut.
    makasih

  44. 47 syaela Mei 15, 2011 pukul 3:19 am

    salam kenal pak dokter.

    Wah.. Saya ktinggalan berita tntng pnykit nie,
    kbtulan skrng anak saya jg lagi menderita flu singapura, anak saya umur 6 bln.
    Kalau pake’ cream/salep apa ya dok?
    Ini saya n suami kok jd sama2 ikut gatal. Pa obatnya sama?
    Perlu antibiotik g dok?
    Obat oralnya apa y dok?
    Nanti dosisnya saya hitung sndri.he.. He.. He..
    Makasih share nya ya.. Dr.moki

  45. 48 syaela Mei 15, 2011 pukul 3:23 am

    he.he..
    Maaf kl merepotkan…
    Makasih y dok….;-)

  46. 49 cakmoki Mei 15, 2011 pukul 12:06 pm

    @ syaela:
    salam kenal,
    Jika gak ada infeksi sekunder, cukup dengan obat simptomatis (meredakan gejala or keluhan). Andai panas, dapat menggunakan obat pereda demam, misalnya sirup parasetamol or ibuprofen (merk dagang bebas memilih). dosisnya: minimal 10 mg per kg berat badan untuk setiap pemberian (oer dosis). Dapat diulang setiap 5-6 jam.
    Jika ada tanda infeksi sekunder, dapat ditambahkan antibiotika, misalnya sirup amoksisilin. Dosis : 50 mg per kg berat badan per hari, terbagi dalam 3-4 dosis pemberian.

    Untuk cream, dapat menggunakan gentamycin, dioleskan 3 kali sehari hingga lesi mengering. kalo lesinya ringan, cukup diberikan bedak salisil.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  47. 50 syaela Mei 15, 2011 pukul 7:53 pm

    makasih bnyk for info nya ya dok…

  48. 51 syaela Mei 15, 2011 pukul 7:55 pm

    thankz for info nya ya dok…

  49. 52 cakmoki Mei 15, 2011 pukul 9:48 pm

    @ syaela:
    sama-sama πŸ™‚


  1. 1 Penyakit Flu Singapura « ciiiluuk baaa Lacak balik pada Desember 6, 2010 pukul 11:45 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

No Korupsi

Internet Sehat

Translator

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,354,875 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters

Translate


%d blogger menyukai ini: