Pityriasis rosea

KODE ICD-10 : L42 : Pityriasis rosea

Pityriasis rosea Pityriasis rosea adalah salah satu penyakit kulit yang digambarkan oleh Camille Melchior Gilbert (tahun 1860) sebagai penyakit kulit papulosquamous ( Robert A Allen, MD ), yakni penyakit kulit dengan tanda bercak bersisik halus, berbentuk oval dan berwarna kemerahan. Sementara Richard Lichenstein, MD, menyebutkan bahwa Pityriasis rosea sudah dikenal sejak lebih  dari 2 abad yang lalu. Pityriasis rosea bersifat self limited atau sembuh sendiri dalam 3-8 minggu.

ANGKA KEJADIAN

Pityriasis rosea dapat mengenai semua usia. Angka kesakitan diperkirakan sekitar 2 % dari kunjungan penderita penyakit kulit, sedangkan di USA berkisar 0,3-3%. Frekuensi terbanyak pada usia anak dan dewasa muda, terutama pada usia 5-14 tahun. Meski jarang, Pityriasis rosea dapat dijumpai pada bayi dan usia lanjut.

APA PENYEBABNYA ?

Penyebab Pityriasis rosea hingga kini belum diketahui. Para ahli masih berbeda pendapat tentang faktor-faktor penyebab timbulnya Pityriasis rosea. Ada yang menduga disebabkan virus lantaran penyakit ini sembuh sendiri (self limited) dalam 3-8 minggu. Sementara ahli yang lain mengaitkan dengan berbagai faktor yang diduga berhubungan dengan timbulnya Pityriasis rosea, diantaranya:

  • Faktor cuaca. Hal ini karena Pityriasis rosea lebih kerap ditemukan pada musim semi dan musim gugur.
  • Faktor penggunaan obat-obat tertentu, seperti bismuth, barbiturat, captopril, mercuri, methoxypromazine, metronidazole, D-penicillamine, isotretinoin, tripelennamine hydrochloride, ketotifen, dan salvarsan.
  • Diduga berhubungan dengan penyakit kulit lainnya (dermatitis atopi, seborrheic dermatitis, acne vulgaris) dikarenakan Pityriasis rosea dijumpai pada penderita penyakit dengan dermatitis atopik, dermatitis seboroik, acne vulgaris dan ketombe.

TANDA-TANDA ( GEJALA KLINIS )

Tahap awal Pityriasis rosea ditandai dengan lesi (ruam) tunggal (soliter) berbentuk oval, berwarna pink dan di bagian tepi bersisik halus. Diameter sekitar 1-3 cm. Kadang bentuknya tidak beraturan dengan variasi ukuran 2-10 cm. Tanda awal ini disebut herald patch yang berlangsung beberapa hari hingga beberapa minggu. Rasa gatal ringan dialami oleh sekitar 75 % penderita dan 25 % mengeluh gatal banget.

Pityriasis rosea Tahap berikutnya timbul sekitar 1-2 minggu (rata-rata 4-10 hari) setelah lesi awal, ditandai dengan kumpulan lesi (ruam) yang berbentuk seperti pohon cemara terbalik (Christmas tree pattern). Tempat tersering (predileksi) adalah badan, lengan atas dan paha atas. Pada tahap ini Pityriasis rosea berlangsung selama beberapa minggu. Selanjutnya akan sembuh sendiri dalam 3-8 minggu.

Selain bentuk ruam kemerahan bersisik halus, variasi bentuk yang tidak khas (atipik) dapat dijumpai pada sebagian penderita Pityriasis rosea, terutama pada anak-anak.

Dalam praktek sehari-hari, kadang tidak mudah membedakan Pityriasis rosea dengan Pityriasis versicolor (panu), Tinea corporis (kadas, kurap) dan Psoriasis gutata.

PENGOBATAN

Mengingat penyebab Pityriasis rosea belum diketahui secara pasti, pengobatan lebih ditujukan untuk meredakan keluhan (simptomatis).

Untuk meredakan gatal, dapat menggunakan antihistamin oral (diminum). Sedangkan obat topikal (obat luar) yang lazim digunakan bedak diantaranya: bedak salisil dan lotion menthol-phenol.

PENJELASAN BAGI PENDERITA

Walaupun Pityriasis rosea bersifat self limited ( sembuh sendiri ), bukan tidak mungkin penderita merasa risau dan sangat terganggu. Untuk itu diperlukan penjelasan kepada penderita tentang penyakit yang dideritanya, antara lain:

  • Menjelaskan kepada penderita dan keluarganya bahwa Pityriasis rosea akan sembuh dalam waktu lama.
  • Lesi kedua rata-rata berlangsung 2 minggu, kemudian menetap selama sekitar 2 minggu, selanjutnya berangsur hilang sekitar 2 minggu. Pada beberapa kasus dilaporkan bahwa Pityriasis rosea berlangsung hingga 3-4 bulan.

Semoga bermanfaat.

Edisi cetak, PDF 413 KB, silahkan download di sini | mirror

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

Iklan

35 Responses to “Pityriasis rosea”


  1. 1 nurhayadi Februari 11, 2010 pukul 3:57 pm

    Penjelasan yang gamblang dan mudah dimengerti dari pak dokter. Ditunggu visitenya di blog saya.

  2. 2 cakmoki Februari 11, 2010 pukul 4:00 pm

    @ nurhayadi:
    udah koq…. malah sering ndengerin tartil di zizzahaz dot com 🙂
    Makasih

  3. 3 Bang Iwan Februari 12, 2010 pukul 7:20 am

    Mampir pertama..
    salam kenal.

  4. 4 cakmoki Februari 12, 2010 pukul 12:12 pm

    @ Bang Iwan:
    Salam kenal 🙂
    Terimakasih kunjungannya Pak …

  5. 5 indotopten Februari 15, 2010 pukul 7:33 am

    Account Anda telah disetujui admin INDOTOPTEN.com, login dan copy paste banner untuk mengetahui daftar statistik dan rangking situs Anda..
    Terima kasih…

  6. 6 cakmoki Februari 15, 2010 pukul 2:03 pm

    @ indotopten:
    Terimakasih

  7. 7 risang: hybrid car owner Februari 19, 2010 pukul 8:51 am

    tertarik nih dengan tulisan-tulisannya. terutama yang penyakit kulit. bikin gerah nih penyakit, habis mengganggu sekali !

  8. 8 cakmoki Februari 19, 2010 pukul 2:03 pm

    @ risang: hybrid car owner:
    hahaha…. ya, kayaknya banyak yg mencari info tentang penyakit kulit…. Ntar akan lebih diperbanyak kalo sempet 🙂

  9. 9 nandang Maret 25, 2010 pukul 9:01 pm

    Terima kasih atas informasinya. Informasi di atas sangat berharga sekali. Tadi siang saya mengantar anak ke dokter kulit. Dokter bilang nama penyakitnya “PRG” (begitu yang saya dengar). Penasaran saya googling, dan baca blog ini.

    Sekali lagi terima kasih. Semoga ilmunya senantiasa bermanfaat bagi semua. Amin.

  10. 10 budi harefa April 9, 2010 pukul 11:24 pm

    tks atas informasinya…..hal ini sangat membantu saya krn saya sedang mengalaminya dan saya cukup tenang.

  11. 11 budi harefa April 9, 2010 pukul 11:45 pm

    saya sangat senang dengan informasinya penyakit ini tks..

  12. 12 cakmoki April 9, 2010 pukul 11:55 pm

    @ nandang & budi harefa:
    Terimakasih juga atas support dan kunjungannya 🙂

  13. 13 adenugroho April 13, 2010 pukul 10:40 am

    salam kenal…
    cak sya mau tanya apa penyakit ini menular? apa ini bisa kambuh lg nantinya? bgmn cara mencegahnya? trims

  14. 14 cakmoki April 14, 2010 pukul 1:36 am

    @ adenugroho:
    salam kenal …
    Sebagaimana tertulis pada artikel, penyakit ini belum jelas penyebabnya, demikian pula menular dan tidaknya…
    Penyakit ini bukan kambuhan, tapi seseorang dapat terinfeksi ulang.
    Selebihnya sudah tertulis di artikel…
    monggo silahkan dibaca lagi 🙂
    makasih

  15. 15 arni April 16, 2010 pukul 10:05 pm

    saya usia 27 tahun, mengalami gejala-seperti penyakit ini, saya mulai merasa setelah melahirkan 1 minggu, ini sudah 2 bulan, gatal dan sangat gatal palagi klo berkeringat, sangat mengganggu, jika ada penyembuhan yg lebih cepat tolong dikasih tau, sudah kedokter tapi hanya diberi obat penahan sakit, sudah coba minum obat bersih darah, tp jg tdk berpengaruh…….. jika ada cara alami herbal aq mau mencoba.

  16. 16 cakmoki April 17, 2010 pukul 11:56 am

    @ arni:
    Sebagaimana tertulis pada artikel, penyakit ini rata-rata akan sembuh sendiri dalam 3-8 mingu. Bisa lebih cepat, bisa pula lebih lama. Untuk memastikan apakah benar Pityriasis rosea atau bukan, silahkan krim fotonya via email:
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com

    Maaf, saya ingin meluruskan bahwa penyakit ini tidak berhubyngan dengan darah. Lagipula tidak ada manusia yg memiliki darah kotor, kita semua diberi darah yang bersih oleh Tuhan YME. Penyakit kulit yg dikait-kaitkan dengan istilah darah kotor hanyalah mitos belaka….
    Trims

  17. 17 alex April 19, 2010 pukul 7:20 pm

    saya kena penyakit ini dok.. 2 minggu setelah kena, saya sudah pernah berobat ke dokter kulit.. dikasih obat minum dan cream.. setelah 3-4 hari, sudah terlihat sembuh.. tetapi, setelah obat habis dimakan, 3-4 hari kemudian penyakit ini muncul lagi.. dan lebih parah dari sebelumnya setelah seminggu berjalan.

    menurut dokter apa yg harus saya lakukan nih? kurang lebih saya sudah 1 bulan sejak kena penyakit ini.. apakah didiamkan saja sampai sembuh sendiri..? karna toh obat dokter tidak bisa menyembuhkan total.. atau saya coba lagi kembali ke dokter tersebut utk minta petunjuk lagi? thanks.

  18. 18 cakmoki April 20, 2010 pukul 12:52 am

    @ alex:
    Tindakan selam ini udah bener … hanya aja penyakit ini suka bandel..gak mau pergi dengan cepat.. 🙂

    Menurut saya, obat yg dari dokter kulit dapat ditebus lagi di apotik dan digunakan hingga benar-benar sembuh total.

    Makasih

  19. 19 yohan wibisono Mei 27, 2010 pukul 11:22 am

    wah…kaya’nya penyakit kulit saat ini semakin banyak jenisnya ya dok??? btw, makasih untuk infonya….salam

  20. 20 cakmoki Mei 27, 2010 pukul 6:24 pm

    @ yohan wibisono:
    bukan saat ini saja…sedari dulu udah banyak jenisnya …dan belum nambah jenis 🙂
    Makasih … salam

  21. 21 jimmy Juli 5, 2010 pukul 4:26 pm

    Selamat Sore Cak…

  22. 22 cakmoki Juli 6, 2010 pukul 12:34 am

    @ jimmy:
    Selamat malam 🙂

  23. 23 wendy September 6, 2010 pukul 5:25 pm

    Dok, saya mau tanya, apakah Pityriasis rosea ada hubungannya dgn pemakaian obat hormon? karena saya sedang dlm terapi hormon utk hamil, dan dokter memberikan saya Cream ProFeme (Progesterone BP 10%) dan oestrogel (estradiol).
    Karena setelah selesai pemakaian Cream tsb, tidak lama kemudian (2 minggu) muncul ruam merah di bawah pusar, gatal kalau terkena bahan (celana) / tersentuh. semakin digaruk semakin gatal.
    Mohon infonya ya dok. Trims!

  24. 24 cakmoki September 9, 2010 pukul 11:09 pm

    @ wendy:
    Gak ada hubungannya dengan terapi hormonal estradiol dan progesteron.
    Untuk menanggulangi gatalnya cukup dengan menggunakan antihistamin misalnya: loratadine 10 mg ato citerizine 10 mg, diminum 1×1 saat gatal saja. ….. Moga segera sembuh
    Makasih

  25. 25 Amir November 14, 2010 pukul 10:32 am

    Dok, di hudung saya mengalami penykt yg hampir sma sepert penjelasan dokter d atas. Berbentk bundang berdiametr 2 cm,berwarna hitam agak kecoklatan dan akan terasa sdkt gatal kalo terkena panas dan berkeringat. Dan sdah hampr 3 bulan ini, apakah ini sama dok,dgn yg dokter jelaskn di ats?kmudian kira obat d apotik jenis apa yg bisa saya beli,TERIMAKASH.

  26. 26 cakmoki November 14, 2010 pukul 11:53 am

    @ Amir:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Terimakasih

  27. 27 amelia November 29, 2010 pukul 1:40 am

    waaa..aku pernah kena penyakit ini..dua hari setelah berenang ditempat umum..gatel banget..yang bikin nyiksa kalo udah kena se badan bekasnya ky panu,cukup lama juga buat mengembalikan ke wrna kulit aslinya..saking paniknya,sampe 10 dokter kulit dikota ku,aku datengin smua..jawabannya sama..”kira2 ya baru sembuh 2bln mbak”..

    Saranku,kalo kena sakit beginian jangan ganti2 dokter..krn kalau pindah dokter psti dpt obat baru lg..
    Itu yg aku alami smpe akhrnya ak harus opname krn ulu hatiku sakit sekali hampir pendarahan kt dokternya..mgkn krn trlalu bnyk konsumsi obt2an dlm wkt sebulan lebih..

    Nasib..msk kolam renang cm 6rb..tp biaya perawatan jutaan..

  28. 28 cakmoki November 29, 2010 pukul 2:00 am

    @ amelia:
    Makasih atas share-nya 🙂

  29. 29 eny Februari 5, 2011 pukul 3:37 pm

    siang dok, kayaknya anak saya saat ini kena penyakit ini, umur anak sy 6 tahun, 2 minggu lalu setelah pulang sekolah sekujur tubuhnya ada ruam-ruam merah datar seperti gambar diats dok, sy kasih obat alergi sembuh, tp 2-3 hari kemudian kambuh lagi, trus sy bawa ke dokter dan katanya alergi, stlh minum obat dr dokter sembuh, tp trus kambuh lagi. saya samapai bingung juga, sampai dari makanan tempat tidur dan lingkungan rumah sy perhatikan betul-betul. sampai akhirnya saya menemukan dokter. Alhamdulillah sudah terjawab kebingungan saya.

    untuk memastikan lagi, nanti saya kirimin foto nya ya Dok, terima ksih

  30. 30 cakmoki Februari 6, 2011 pukul 12:53 am

    @ eny:
    Met malam,
    ok, saya tunggu fotoya 🙂
    Makasih

  31. 31 putri Februari 22, 2011 pukul 8:56 pm

    Malam Dok, terima kasih infonya..

    saat ini saya sedang menderita PRG dan baru 2 minggu. tapi, tadi siang sih sudah ke dokter kulit dan dikasih obat:

    1. triamcort 4 mg table
    2. ryvel table
    3. racikan berupa salep..

    apa obat2 tsb bisa meringankan bercak2 merah di kulit saya dok? mengingat sebulan lagi saya maw lamaran dan pake kebaya… kan ga lucu kalo lagi dilamar malah garuk2.. hehehe

    terima kasih dan salam kenal yaa dok… 😀

    ps: artikelnya sangat informatif dan membuat saya tenang.. atas penyakit saya. sekali lagi terima kasih dok..

  32. 32 cakmoki Februari 22, 2011 pukul 11:00 pm

    @ putri:
    Met malam,
    Ya, obat tersebut dapat meringankan bercak merah di kulit dan dapat mencegah garuk-garuk …terutama saat lamaran. Untuk itu, dapat menyiapkan Ryvel tablet..jaga-2 kalo-kalo gatal saat menjelang lamaran.. obat ini adalah antihistamin untuk meredakan gatal yang gak ngantuk dibanding jenis lainnya.
    Moga segera sembuh…dan prosesi lamarannya lancar 🙂
    Makasih

  33. 33 LieLie April 8, 2011 pukul 12:55 am

    Saya mau nanya, apa penyakit ini bisa makin parah kalo ibu yg masih menyusui mengkonsumsi daging Babi, ayam, sapi ? Anak saya kalo pagi keliatan membaik, sore bisa muncul merah2 lg kadang ditempat baru ;(

  34. 34 cakmoki April 8, 2011 pukul 5:15 am

    @ Lie Lie:
    Tidak… penyakit ini gak ada hubungannya dengan makanan.
    Lha, ini yang kena penyakit kulit ibunya apa anaknya ? 😀
    Gini…. payudara itu adalah organ yang memproduksi ASI yg merupakan sari makanan hasil dari pengolahan yang kompleks dan rumit. ASI adalah susu terbaik di dunia.
    Jika misalnya anak kena penyakit kulit, gak ada hubungannya dengan makanan yg dimakan ibunya… soalnya, payudara tidak sama dengan kran…apa ada orang menyusui yg makan rawon lantas ASDI nyha berbau rawon ?
    moga penje;lasan singkat ini dibaca juga oelh ibu yang lain supaya tidak lagi mengikuti mitos yg keliru.
    Makasih


  1. 1 Kumpulan Artikel Penyakit Kulit | forum.catatanku.in Lacak balik pada Februari 1, 2011 pukul 11:15 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

No Korupsi

Internet Sehat

Translator

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,378,163 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters

Translate


%d blogger menyukai ini: