Konsultasi online

Digaruk ! Tanpa terasa dua belas hari lagi halaman tanya jawab akan genap berusia 3 tahun terhitung sejak 10 Pebruari 2007. Pada bulan September 2009 yang lalu saya mencoba membuat review terkait interaksi dengan pembaca melalui halaman tanya jawab maupun berdasarkan posting. Saya menyadari banyak jawaban yang tidak memuaskan pembaca karena keterbatasan saya. Disamping itu, tuntutan sebagian penanya untuk mendiagnosa keluhan hanya berdasarkan diskripsi singkat dan minimnya informasi penunjang, tidaklah mudah untuk memberikan jawaban yang memuaskan. Ini bisa dimaklumi lantaran ketidaktahuan sebagian pembaca bahwa mendiagnosa penyakit tidak cukup hanya dengan menyampaikan keluhan, atau hanya menunjukkan hasil Lab tanpa pemeriksaan fisik.

Adakah contoh interaksi yang baik ? Ada ! Tak ada salahnya kita mencontoh konsultasi online dari negara lain yang sudah mapan sehingga setidaknya kita dapat meminimalisir kendala teknis yang membedakan antara konsultasi online dengan konsultasi di ruang praktek.

Berikut ini saya salinkan salah satu contoh Konsultasi Online di situs just answer yang digawangi oleh 4 dokter umum dan 2 orang dokter spesialis.

Seorang wanita berusia 33 tahun konsultasi online dengan interaksi sebagai berikut:

Question
Hi I have uncovered a red patch on my back of 3cm two days ago, with multiple vesiculas, at least 15 heads, the patch is red. It was swollen it is now flat, it is not tender, more itchy; mildly painful if i apply alcohol. Other things/ I am 25 weeks pregnant, and I can send you a photo I have taken 2 courses of antibiotics in the past 3 weeks due to bronchitis I am back from a trip to south africA

Optional Information:
Gender: f. Age: 33

Already Tried: I have appplied alocohol

Sesaat kemudian muncul jawaban dokter:

Hi, Send a “clear” photo.

Si penanya pun mengirimkan foto yang diminta.

Selanjutnya terjadilah dialog interaktif online antara wanita penanya dan dokter.

Dokter: Is it itchy?
Wanita: It is yes, but mildly
Dokter: Do you find any fine scales on it?
Wanita: no scales no, but it is fully covered with white vesiculas, but not transparent ones, i can try to do another photo if that helps
Dokter: Yes another photo from a different angle.
Wanita: I have put in as much as I could! (mengirim 6 lembar foto dari berbagai sudut)
Dokter: There are two possibilities-
Tinea corporis – Relief can be obtained by topical clotrimazole
Pityriasis rosea – It could be the herald patch os pityriasis rosea. After about a week more lesions will develop. It is a self limiting condition. If itching is a problem zinc oxide or calamine lotion can be applied.
Wanita: Could it be eczematous dermatitis?
Dokter: It is less likely. Because intense itching will be the main complaint.
The lesions will be dry and thickened.
History of other allergies may be there.
Wanita: OK
Is any of these two conditions (rosea or tinea corporis) bad? WIll they come back or cure easily?
The second (tinea) possibility sounds quite bad- with more lesions to come;
Is it a fungus- how long would lesions last? How bad can it get?
Dokter: Both are not serious conditions.
In pityriasis rosea only, more lesions can occur.
Tinea corporis is a type of fungal infection. If topical clotrimazole is applied it will disappear in a week or two.

Perfect ! Saya kagum membaca interaksi ini. Dari contoh di atas, kita dapat menarik pelajaran betapa untuk mengetahui jenis penyakit melalui konsultasi online diperlukan beberapa kali interaksi layaknya dialog secara langsung.
Apakah situs tersebut menarik bayaran ? Ya, kalau tidak salah kisaran 9-15 US dollar. Nampaknya di Amerika konsultasi online berbayar  diperkenankan dan sudah diatur oleh Undang-undang.

Percayalah, blog ini gratis. Saya sudah senang jika ada sedikit waktu untuk berinteraksi serta berbincang seputar masalah kesehatan dan penyakit bersama para pembaca.

Mari kita belajar bersama-sama untuk memperbaiki sistem konsultasi online seputar masalah kesehatan agar dapat memberi manfaat bagi kita semua. Amiiin.

Semoga bermanfaat.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

About these ads

91 Responses to “Konsultasi online”


  1. 1 Cahya Januari 30, 2010 pukul 1:50 am

    Tapi yang saya kagum Cak, sepertinya yang konsultasi pun cukup edukabel (bukan bermakna kabel pendidikan lho), tapi bisa memahami apa yang disampaikan dokter. Mungkin istilah medis di luar negeri cukup umum ya…

    Untung di blog ini bisa dapat konsultasi gratis :D

  2. 2 woro Januari 30, 2010 pukul 2:18 am

    alhamdulillah masih gratis.. hehe

  3. 3 triesti Januari 30, 2010 pukul 3:04 pm

    kadang aku nyari second opinion ke allexperts.com tergantung masalahnya tiap2 subyek ada ahlinya sendiri2, di bidang kesehatan bisa perawat, bisa dokter, bisa penyuluh. gratis, dan mereka bisa nentuin mau menjawab brp email seminggu. kalau menurut mereka, mereka kurang qualified, mereka jawab mendingan nanya yg lain. ini pernah terjadi padaku.

    pertanyaan dan jawabannya bisa private, atau public tergantung yg nanya maunya gimana.

    modelnya email pertanyaan gitu, bisa dilanjut dgn follow up. mungkin bisa dicontoh.

  4. 4 jauharul Januari 30, 2010 pukul 9:08 pm

    tetep baik hati trus ya cak…{Gratis}

  5. 5 cakmoki Januari 31, 2010 pukul 7:11 pm

    @ Cahya:
    iya, saya juga kagum. Di sana masyarakat awam mengenal istilah medis dengan baik, tapi tetap menghormati kompetensi dokter.
    kayaknya tugas kita-2 untuk lebih menyebarluaskan istilah medis ya…

    @ woro:
    Alhamdulillah, berkat do’a penjenengan semua :)

    @ triesti:
    wah, asyik tuh…. moga bisa menconth walau sedikit

    @ jauharul:
    Insya Allah…. terimakasih supportnya

  6. 6 Cahya Januari 31, 2010 pukul 7:21 pm

    Cak, masalah dokter belajar istilah medis yang begitu banyak, dari bahasa Inggris sampai bahasa Latin.

    Saya masih sering melihat, tidak hanya koas, bahkan residen pun sering kali kesulitan memberikan penjelasan pada pasien atau keluarga dalam bahasa yang bisa dipahami secara utuh oleh awam.

    Saya rasa komunikasi sangat penting, tidak hanya sekadar untuk informed consent (nah ini apa lagi coba bahasa awamnya). Kadang hanya dokter-dokter yang senior saja bisa berkomunikasi dengan baik.

    Padahal dokter juga dilatih berkomunikasi, tapi rasanya tanpa jam terbang dan kesungguhan akan sangat sulit.

  7. 7 cakmoki Januari 31, 2010 pukul 7:50 pm

    @ Cahya:
    Saya sependapat. Komunikasi sangat penting, bukan hanya di ruang praktek tapi aktif dan berkesinambungan melalui berbagai media.
    Kadang saya juga kesulitan mencari padanan istilah yg mudah dimengerti masayarakat dan pasien.
    Contoh, sebelum membuat leaflet bergambar, pasien melongo ketika diberitahu misalnya penyakitnya Cutaneous Larva migrans alias larva cacing yg masuk kulit. Koq bisa cacing masuk kulit ? Gitu komentar pertama mereka. Lha yg gak berani ngomong, hanya melongo. Saya menggunakan istilah cacing kulit. Bisa jadi salah, tapi pasien lebih mudah memahami.
    Contoh lain, masyarakat di sini perlu waktu lebih 2 tahun untuk memahami hubungan antara penurunan trombosit dengan DBD. Itupun melalui penyuluhan panjang, blusukan keluar masuk kampung.

    Selain itu, alangkah bagusnya kita, para dokter, membuka diri untuk menerima feedback pasien. Soale kata para pasien istilah medis itu kayak istilah dari luar planet…hehehe

    Banyak kendala, namun tak ada salahnya kita terus berupaya untuk mensosialisasikan istilah medis.

  8. 8 Sisil Januari 31, 2010 pukul 7:51 pm

    Buat saya adanya konsultasi di blog dokter ini sangat membantu. Pengalaman pribadi, konsultasi ke dokter praktek kadangkala waktu terbatas, maklum ditunggu pasien lain. Blom lagi dokternya kadang rada males jawab pertanyaan pasien.

    Buat yang awam seperti saya, tentu banyak pertanyaan seputar penyakit yang diderita. Seperti mengapa, bagaimana, kok bisa, dan seterusnya, dan seterusnya. Mungkin kalo mau ditulis bisa 2 lembar kertas folio. Nah, kalo tiap konsultasi tanya banyak begitu, apa gak rugi tuh dokter. Pasien dah berjejer di depan pintu.

    Biasanya sepulang dari kontrol, ada saja pertanyaan-2 yang lupa dan belum terjawab(padahal tadi dah nanya banyak), tapi dah terlanjur keluar pintu. Maunya sih lewat jendela, biar gak kena biaya lagi. Sayangnya gak ada jendela. Hehe … gak mau rugi. Akhirnya … tunggu kontrol berikutnya.

    Lalu cari-2 di internet, ketemu blog dokter ini. Puji Tuhan … sangat membantu. Bolak-balik saya tanya selalu mendapat jawaban yang memuaskan. Trims banget ya, dok.

    Inginnya sih tetep gratis, hehe. Tapi dok, doa kami-kami yang terbantu melalui konsultasi online dokter ini, tentu melebihi apapun (semoga dokter setuju). Ada kata2 bijak “Rejeki ada yang atur”. Kebaikan dan keiklasan dokter untuk membantu saya dan teman-teman pasti terbalas, mungkin bukan dalam bentuk materi tapi dalam bentuk lain (sok tua banget, ya).

    Trims ya, dok. Jangan bosan-2 jawab pertanyaan-2 kami.

  9. 9 cakmoki Januari 31, 2010 pukul 9:28 pm

    @ Sisil:
    Sejujurnya, sayapun banyak mendapatkan pelajaran berharga melalui diskusi dengan para pembaca. Sebagai contoh, jikalau ada pertanyaan yang memerlukan penjelasan spesialistis, mau tidak mau mendorong saya untuk bertanya kepada teman-teman sejawat yg ahli dibidangnya. Cukup dengan sms atau via milis, biasanya dalam 1-2 hari sudah mendapatkan jawabannya. Kadang teman-2 memberikan saran dan kritikan untuk perbaikan komunikasi di blog ini. Bagi saya, hal-hal semacam ini merupakan manfaat yg tak ternilai.

    Terimakasih nasehatnya, sayapun percaya rejeki sudah ada yang mengatur dan datang dalam berbagai bentuk tanpa terduga.
    Sekali lagi, terimakasih atas do’a dan supportnya, semoga demikian pula sebaliknya.

  10. 10 Cahyo Januari 31, 2010 pukul 10:22 pm

    cak! saya salut nih blog, bagus bner!
    visit back.. kalo bisa tukeran link??

  11. 11 Qee Januari 31, 2010 pukul 10:59 pm

    Pak…udah pernah bahas chikungunya?? Mohon linknya pak. Ibu sama ade saya kena chikungunya, and ini kasus pertama dlm keluarga kami, jadi bingung mesti ngapain. Ga mau makan sama sekali, dua orang saat bersamaan pula.
    Makasih sebelumnya

  12. 12 cakmoki Januari 31, 2010 pukul 11:21 pm

    @ Cahyo:
    Makasih kunjungannya..saya udah liat Blog nya…mantab.
    Ok, ntar sy link

    @ Qee:
    udah Qee..silahkan baca link berikut:
    https://cakmoki86.wordpress.com/2008/02/01/demam-chikungunya-merebak/
    Makasih

  13. 13 patriani Februari 2, 2010 pukul 11:01 pm

    ah… Dok Moki segala kekurangn yang Dok Moki sebutkan diatas nggak ada apa-apanya dengan keuntungan yang kita terima dari konsultasi online yang diberikan Dok moki

    Sungguh saya salut Dok Moki masih sempat menanggapi segala keluhan dan curhatan pasien-pasien yang hilang arah ini (he he he) ditengah kesibukan Dok Moki.

    sikap Dok Moki yang selalu positif thinking dalam menanggapi memberikan support moral yang lebih besar bagi yang sedang mengalami sakit. Itu besar sekali maknanya.

    Semoga Dok Moki tetap sehat sehingga Blog yang berguna ini akan terus eksis…

  14. 14 cakmoki Februari 3, 2010 pukul 12:43 am

    @ patriani:
    Sama-sama, Mbak… saya juga mengucapkan terimakasih atas support dan do’anya. Demikian pula sebaiknya.
    Semoga kita semua tetap sehat …

  15. 15 sewa mobil Februari 3, 2010 pukul 1:53 pm

    artikel yg menarik
    salam

  16. 16 Hartopo Februari 3, 2010 pukul 3:37 pm

    Selamat siang Dok.
    Saya mau tanya dok, pada saat musim hujan ini di kampung saya banayak orang yang terjangkit penyakit yang sama bahkan anak saya perempuan umur 16 th, sekarang sedang sakit dengan gejala sbb:
    1. Demam tinggi
    2. Mual
    3.pusing
    4.persendian ngilu
    5.ada bintik-bintik merah pada kulit
    saya pernah tanya katanya CHIKUNGUYA bener gak dokter..?
    kalo betul obatnya apa, kalo bisa yang herbal terutama yang bisa mengilangkan demam & pusingnya.
    anak saya kalo minum antibiotik suka alergi dibadanya timbul bentol besar warna biru, dulu waktu kecil katanya dia ada kelainan (G6PD).
    terimakasih mohon penjelasan.

  17. 17 cakmoki Februari 3, 2010 pukul 3:56 pm

    @ Hartopo:
    Selamat siang, pak…
    Ya benar, setiap musim hujan dimana biasanya muncul kasus-2 Demam Berdarah Dengue, hampir selalu diikuti dengan Demam Chikungunya yang penularannya melalui gigitan Nyamuk Aedes agypti.
    Obatnya cukup dengan antipiretik- analgesik (pereda panas dan nyei)… gak perlu antibiotika kecuali ada infeksi sekunder oleh kuman yang menyertainya.
    Kalupun alergi antibiotika, sebaiknya mengetahui jenis antibiotika yang menimbulkan reaksi alergi, kemudian inta catatan alergi oabt kepada dokter terdekat.
    Selengkapnya tentang Demam Chikungunya, silahkan baca artikelnya di blog ini pada link berikut:
    https://cakmoki86.wordpress.com/2008/02/01/demam-chikungunya-merebak/

    Trims

  18. 18 nurhayadi Februari 3, 2010 pukul 8:53 pm

    Diagnosa pd konsultasi online biasanya mentog suspect selanjutnya dr menganjurkan untuk dilakukan pemeriksaan penunjang atau diarahkan pd dr spesialis tertentu.

  19. 19 cakmoki Februari 4, 2010 pukul 12:47 am

    @ nurhayadi:
    Benar … kebanyakan gitu, kecuali untuk penyakit-2 yang dapat didiagnosa dengan jelas (melalui foto) semisal Cutaneous Larva migrans, Scabies, Tinea corporis, dll…atau penyakit-2 yang bersifat subyektif dan memerlukan obat simptomatis untuk tindakan awal. Tentu saja komunikasi semacam ini tidak memuaskan. Namun setidaknya, diskusi online membuka interaksi bagi pengelola Blog dan pembaca. Saling support serta saling belajar. Semuanya bergantung kepada bagaimana pengelola Blog membangun komunikasi dengan pengunjung.
    Bagi saya halaman tanya jawab dan komentar pembaca bukan sekedar mengarahkan ke spesialis tertentu, tapi juga media belajar untuk menambah pengetahuan saya dari para pembaca. :)

  20. 20 teguh Februari 4, 2010 pukul 1:37 pm

    saya mempunyai keluhan ,ketika saya habis berdiri atau duduk tiba2 saya merasa tidak bisa bergerak tapi beberapa detik kemudian sembuh kembali.setiap hari aku merasa seperti itu

  21. 21 cakmoki Februari 5, 2010 pukul 3:05 am

    @ teguh:
    kalo hanya sesaat dan ga ada keluhan lain, kemungkinan bukan masalah yg serius.

  22. 22 Shinta Februari 5, 2010 pukul 10:45 am

    Cakmoki,

    Seberapa pentingkah pasien tau istilah medis? Kan yang dikonsultasikan pasien dengan dokternya seputar keluhan2 atau sakit yang dirasakan?

    Terima kasih :)

  23. 23 cakmoki Februari 5, 2010 pukul 4:24 pm

    @ Shinta:
    Menurut saya penting banget untuk keberhasilan pengobatan dan pengetahuan pasien serta masyarakat sehingga istilah medis bukan lagi istilah yang menyeramkan.
    Ya, keluhan tetap disampaikan, namun pasien lebih merasa dilibatkan jika pasien mengerti istilah medis ketika dokter menjelaskan penyakit yg berhubungan dengan keluhannya.
    Contoh, di daerah kami, pada musim DBD pasien sudah paham kalau diminta periksa trombosit bila setelah 2-3 hari demamnya belum turun atau pasien menjadi lemas.
    Mereka tahu berapa batasan trombosit pada DBD. Begitu juga istilah-istilah medis yang lain. Kami menyampaikan kepada pasien secara berkesinambungan. Kalaupun ada yang tidak mau mengingat dengan berpedoman “toh sudah ada dokter”, itu hal yang biasa. :)
    Terimakasih

  24. 24 Dessy Februari 11, 2010 pukul 3:23 pm

    salam kenal dok. Maaf, mungkin pertanyaan saya ini agak melenceng, tapi ketika saya liat dokter tinggal di sampit, saya yakin dokter bisa membantu saya.

    saya mendengar bahwa di tengah kota sampit banyak ruko yg sekaligus menjadi tempat budidaya walet. apakah hal itu benar dok??
    jika benar, apakah tidak berbahaya bagi warga sekitar terutama bagi manusia yg hidup seatap dengan walet-walet tersebut?? thanx ya dok.

  25. 25 cakmoki Februari 11, 2010 pukul 3:50 pm

    @ Dessy:
    Maaf, saya tidak tinggal di Sampit, tapi di pinggiran Samarinda.
    Hidup seatap dengan sarang burung walet tentu sedikit banyak ada dampaknya, terutama oleh paparan bekas bulu, kotoran, dll. Belum lagi masalah kebersihannya. Sepengetahuan saya, peternak burung walet biasanya mengosongkan rumah yang atapnya ditempati burung walet bersarang.
    Makasih

  26. 26 risang Februari 19, 2010 pukul 8:39 am

    Layanan bagus yang baru saja saya temukan. saya mendukung sepenuhnya dok. bagaimanapun orang masih banyak orang yang enggan untuk konsultasi secara offline, kalau saya tanya banyak yang menjawab karena faktor biaya. Banyak dokter yang menarik bayaran dari konsultasi (ada juga yang tidak).
    kalau layanan disini semua gratis….. itu yang paling saya suka…he..he…

  27. 27 cakmoki Februari 19, 2010 pukul 2:00 pm

    @ risang:
    Terimakasih atas supportnya :)

  28. 28 maimun Februari 22, 2010 pukul 5:08 am

    selamat mengulang bulan Februari yang ketiga untuk blognya ya Cak ^_^

    semoga Allah memudahkan dan melancarkan semua urusan Cak Moki yang sudah sangat berbaik hati memudahkan kami para pasien utk lebih mengenal dan mengerti ttg kesehatan dan penyakit mulai dari pengertian hingga pengobatan plus pencegahannya..

    mantaaabb..! *gambar jempol tangan*

  29. 29 GPRS GRATIS LINTAS OPERATOR Februari 22, 2010 pukul 9:15 am

    Kenapa ya saya sering merasakan sakit di ulu hati ya?! Penyakit ap yang menyerang ulu hati. . ? M0h0n pencerahannya. . .PUSAT SEGALA TIPS DAN TRICK

  30. 30 cakmoki Februari 22, 2010 pukul 3:39 pm

    @ maimun:
    Makasih, atas support dan do’anya, mbak :)

    @ GPRS GRATIS:
    Yang tersering adalah dispepsia :)

  31. 31 linda Februari 22, 2010 pukul 7:56 pm

    apakah pityriasis rosea menular ke orang lain? dan dapat ditularkan oleh orang lain? kalo sudah sembuh, apakah suatu saat dapat kambuh lagi? terima kasih

  32. 32 cakmoki Februari 23, 2010 pukul 1:24 pm

    @ linda:
    Penyebab dan cara penularan Pityriasis rosea hingga kini belum diketahui. Demikian pula dengan ada tidaknya kekebalan pasca terserang Pityriasis rosea.
    Selengkapnya tentang Pityrisis rosea, silahkan baca artikel di Blog ini pada link berikut:
    https://cakmoki86.wordpress.com/2010/02/08/pityriasis-rosea/
    Terimakasih

  33. 33 sumarni Maret 3, 2010 pukul 1:10 pm

    mau nanya ni cakmoki!
    saya kan ikut KB pake IDT yg jangka waktu 10 tahun.
    Cuman menstruasi saya tak lancar
    sampe 3 bulan ini belum men’s.
    kalau begitu apa ada penyakit / apa yg akan terjadi
    apa akan ada penumpukan sel darah mati?????

  34. 34 cakmoki Maret 4, 2010 pukul 12:17 pm

    @ sumarni:
    Menstruasi tidak lancar dapt disebabkan berbagai faktor. Biasanya yg paling sering adalah gangguan keseimbangan hormonal.
    Kondisi tersebut dapat diobati agar mens menjadi lancar kembali, misalnya dengan gynecosid 1×1 selama 2 hari. setelah itu ditunggu hingga menstruasi.
    Tidak menstruasi artinya tidak terjadi ovulasi (proses pembentukan sel telur) sehingga tidak terjadi penebalan dinding rahim. akibatnya menstruasi tidak terjadi. Tidak akan terjadi penumpukan darah di dalam rahim… :)
    Makasih

  35. 35 ardi Maret 4, 2010 pukul 3:34 pm

    penyakit kulit pada bayi usia 7 bulan, seperti cacar air tapi memerah dan meluas, ketika airnya meletus, lukanya akan meluas seperti borok.daerah yg terkena sekitar leher dan dada

  36. 36 cakmoki Maret 4, 2010 pukul 4:02 pm

    @ ardi:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com

    Menilik gambaran yg disampaikan, coba silahkan cocokkan dengan artikel impetigo di blog ini pada link berikut:
    https://cakmoki86.wordpress.com/2007/07/06/impetigo-kulit-melepuh/

    Jika bener sepertigambaran di artikel impetigo, maka obatnya adalah antibiotika yg dosisnya dihitun berdasarkan berat badan.

    Trims

  37. 37 dani Maret 8, 2010 pukul 11:15 am

    Di negara kita kayaknya ada beberapa sejawat yang berinisatif merintis konsultasi daring berbayar. Entah gemana kelanjutannya. Salut buat Cakmoki.

    Ketersediaan Internet memang mendukung kan Cak? Bersyukur kita masih kebagian akses Internet. Walau unlimited kadang berarti kesabaran yang tidak terbatas. :)

    Sebelumnya saya sempat mampir ke sini beberapa kali. Tapi susah komen. Sepertinya ada sesuatu kalo pas browsing disable images dan script.

  38. 38 yanto Maret 15, 2010 pukul 3:40 pm

    Dok mau nanya,

    saya tadinya flu dan batuk parah. sudah baikan flu nya dan batuknya. tapi kok dada perasaan nggak enak . sakit dan ada dahaknya putih dan berbusa. Batuknya terutama kalau pagi aja itupun jarang. tapi dahak perasaan nempel di saluran nafas di dada.
    Terapi apa ya dok biar cepat tuntas. trims

  39. 39 cakmoki Maret 16, 2010 pukul 4:04 pm

    @ yanto
    Kalo ada perasaan ampek ato nafas berat, dapat menggunakan Euphyllin Retard Mite 125 mg, diminum 2×1. Obat ini berfungsi untuk melonggarkan saluan nafas.
    Sedangkan untuk mencairkan dahak, dapat menggunakan Ambroxol, diminum 3×1 hingga dahaknya hilnag.
    Makasih

  40. 40 herry (a.k.a bambang alias herry he he he) Maret 20, 2010 pukul 10:34 pm

    apa kabar dok…? gak nyangka ya ketemuan di facebook…!
    cak dokter Moki yg budiman, nuwun sewu – as message sebelumnya, saya boleh konsul nggih (udah berapa tahun gak ketemu langsung nanya). Dua bulan ini tangan kananku kok suka sakit di bagian siku? Terutama saat habis ( misalnya megang) nelpon lama2 terus kalo dilurusin berasa sakit nemen. Apa ini rematik ngih dok? Kalo pas mandi dipakai angkat gayung aja sakit…. please help apa yg harus aku lakukan….?
    maturnuwun n wassalam….

    Herry R Munadji – http://www.facebook.com/herry.r.munadji

  41. 41 cakmoki Maret 21, 2010 pukul 2:03 pm

    @ herry (a.k.a bambang alias herry he he he):
    Alhamdulillah kabar baik…semoga demikian pula sebaliknya..
    Menilik keluhan dan letaknya di sendi, keluhan tersebut merupakan salah satu dari rematik (jenisnya ada 150 lebih)… Pada umumnya tidak bahaya, tapi sangat mengganggu..
    Untuk sementara, dapat menggunakan Non Steroid Anti Inflamasi (NSAI) untuk meredakan nyeri… NSAI yg cukup praktis dan kuat, misalnya: meloxicam 7,5 mg atau 15 mg, diminum 1×1 atau 2×1 sesudah makan, di saat nyeri saja…
    Selajutnya kalo sempat, periksa ke dokter internist sub spesialis reumatologi…
    Maturnuwun…Wassalam

  42. 42 herry (a.k.a bambang alias herry he he he) Maret 21, 2010 pukul 9:04 pm

    wah ternyata yg tak takutin kok jd bener ya dok :(
    dua bulan ini nyeri banget… sakno temenan rek (wis tuwek )
    inggih dok saya ke apotik nanti setelah cek ke dokter. Perlu gak ya cek darah?
    Suwun & Wassalam Cak Dokter yg budiman!

  43. 43 mey Maret 24, 2010 pukul 5:32 am

    cak moki..sahabatku lg sakit.dia sering mimisan.pdhl ga lg capek ato demam.kadang tiap mimisan dia pusing.knp ya cak?kemungkinan skt ap cak?

  44. 44 cakmoki Maret 24, 2010 pukul 2:33 pm

    @ herry (a.k.a bambang alias herry he he he):
    Lho, koq malah takut ? hehehe…
    Nggih, monggo… Untuk periksa darah bergantung kepada dokter dalam menentukan jenis pemeriksaan yg diperlukan sesuai hasil pemeriksaan beliau.
    Maturnuwun…. Wassalam

    @ mey:
    kemungkinan yang paling ringan, gangguan kapiler pembuluh darah pada selaput lendir (mukosa) rongga hidung. Kalo yg ini ga papa.
    Adapun kemungkinan lain sangat banyak. Untuk memastikannya, mau gak mau periksa ke dokter THT.
    Makasih

  45. 45 mey Maret 30, 2010 pukul 9:39 am

    makasih cak moki……….

  46. 46 riza April 16, 2010 pukul 2:05 pm

    mo curhat cak, 3,5 tahun yang lalu sy menikah,skitar 3 bln kemudian mens sy telat 10 hari, belum sempat tes sy keburu mens lagi (pdhal dh optimis bgt sy hamil)perut agak nyeri tp gak terlalu, biasa aja. Skitar hr ke 3 mens ada gumpalan darah sdikit n ada yang kaya daging kecil warna putih kemerahan bentuknya kya anak burung. Apa itu yang di namakan keguguran cak ? karena dulu sy tanya sm Ibu morotuo sy (sy juga tunjukan yg kaya daging td) tp dia bilang tu bukan apa-apa, krn katanya dia juga pernah keguguran jd dah paham. Sy prcaya aja, dan gak ada masalah semenjak itu. Tp kemarin sy ketemu tmn sy yang baru keguguran n dr critanya sy jd keinget masa lalu.
    Setau sy keguguran itu sakit banget, tp apa ada keguguran yg skitnya biasa aja seperti yg sy alami? trus apa dulu benar sy keguguran? Mhn jwbannya cak!

  47. 47 cakmoki April 16, 2010 pukul 11:56 pm

    @ mey:
    sami-sami :)

    @ riza:
    Untuk memastikan keguguran apa enggak, mestinya periksa ke dokter pada saat itu…kalo hanya diskripsi, bisa salah, soale gumpalan darah dan sesuatu yg menyertai pada keguguran tidak selalu sama pada setiap orang. Tapi gak papa kita bicara masalah keguguran sebagai tambahan informasi.

    Dalam dunia medis, keguguran terbagi menjadi 4 stadium, yakni:
    1. Abortus imminens: masih bisa dipertahankan
    2. Abortus insipiens: sedang berlangsung
    3. Abortus inkomplit: ada sisa kalo gak dikuret
    4. Abortus komplit: keguguran lengkap tanpa sisa.

    Tanda-2 dari keempatnya sangat mirip. Pada abortus inkomplit dan komplit, keluarnya gumpalan darah disertai dengan sisa-2 plasenta (ari-2) yg luruh…inipun gambarannya bermacam-macam. Ada yng mirip selaput berwarna merah keputihan, ada yng merah muda, ada yg dominan warna putih dibanding merah… Nah, variasi bentuk-2 dan warna gumpalan darah serta sisa plasenta inilah yang tidak selalu sama pada setiap orang yg mengalami keguguran.
    Itu artinya, cerita para ibu yang satu dengan yg lain (termasuk ibu morotuwo) tidak bisa dijadikan patokan, soale tidak tahu jenis-2 keguguran … :)

    Makasih

  48. 48 ninawijaya April 20, 2010 pukul 9:58 pm

    Mau tanya nih tentang keperawanan? saya pernah mendengar kalau orang yang melakukan hubungan seks tanpa memasukkan ke dalam vagina bisa hamil. Waktu lalu pacar saya habis memegang mr-p nya yang lagi ada cairannya. Setelah itu dia memasukkan jarinya ke dalam vagina saya. Tapi jarak antara dia memegang mr-p nya dan memasukkan jarinya ke dalam vagina sekitar 10 detik. Yang menjadi pertanyaan apakah saya bisa hamil? Terima kasih. Saya perlu mendapat jawabannya segera. Thx

  49. 49 cakmoki April 21, 2010 pukul 12:40 pm

    @ ninawijaya:
    Pada prinsipnya, kehamilan dapat terjadi jika ada pembuahan antara sel telur (ovum) dan spermatozoa.
    Nah, jika ada spermatozoa yang masuk melalui jari ke dalam vagina dan terjadi pembuahan, maka bisa hamil, walaupun 10 detik. Sebaliknya, jika tidak ada pembuahan, maka tidak bisa hamil.
    Makasih

  50. 50 Tri April 23, 2010 pukul 9:34 am

    Dok,saya mau nanya..
    2 minggu yg lalu saya kena tifus dan sempat dirawat 5 hari.
    Tp,setelah saya kembali beraktifitas seperti biasa,saya sering masuk angin dan kemarin perut saya terasa perih di malam hari.
    Kemudian jg diare.
    Dan td pagi setelah saya sarapan kok terasa agak mual.
    Apakah saya terserang tifus lg?
    Tolong berikan resep kalau saya menunjukkan terserang tifus lg.
    Terima kasih dok..

  51. 51 cakmoki April 23, 2010 pukul 1:31 pm

    @ Tri:
    Keluhan tersebut bukan mendakan tifus
    Perlu diketahui bahwa salah satu tanda utama penyakit tifus adalah demam yang makin hari makin meningkat hingga hari ke tujuh, walaupun udah diobati. Kemudian demam akan menetap atau menurun pada minggu kedua dan minggu ketiga diserti hilangnya keluhan.

    Keluhan Mual dan Perih pada perut kebanyakan gangguan lambung. Sedangkan diare merupakan salah satu tanda gangguan pencernaan.
    Jika saat ini sudah tidak diare, tapi masih perih dan mual, sementara dapat menggunakan obat sebagai berikut:

    1) Obat antasida (obat maag), untuk mengurangi keasaman lambung, misalnya: Tablet lexacrol atau Anflat atau Mylanta, diminum dengan dikunyah (kalo bisa) 4×1 dalam keadaan perut kosong.

    2) Famotidine 20 mg atau Ranitidine 150 mg, (merk dagang bebas memilih) yakni obat untuk menghambat peningkatan produksi asam lambung, diminum 2×1 sesudah makan, sedikitnya berjarak 1 jam dengan obat antasida.

    3) Tablet Domperidone 10 mg (merek dagang bebas memilih), untuk menanggulangi mual-muntah, diminum 3×1 sebelum makan atau dalam keadaan perut kosong.

    Jika masih diare, dapat ditambahkan obat-2 anti diare.

    Moga segera sembuh.
    Trims

  52. 52 Mrs. Joko April 24, 2010 pukul 10:27 am

    Cak curhat donk….
    selama 3 tahun menikah, belum pernah sekalipun sy merasakan orgasme saat brhubungan intim dengan suami sy. Suami sy sangat sehat & tidak mengalami ejakulasi dini ataupun masalah seks lainnya. Padahal foreplay suami sy jg sy rasa sudah cukup lama n membuat sy terangsang tp ketika kami mulai sy rs biasa aja walaupun dia dah melayang. Sy akan mengalami orgasme hanya jika sy/suami sy menyentuh/memainkan bagian luar klitoris sy, biasanya itu setelah suami sy orgasme duluan. apa ada kelainan pada diri sy ya cak ? bagaimana agar sy bs orgasme dengan penetrasi normal? mohon penjelasannya. Maturnuwun…..

  53. 53 Tri April 24, 2010 pukul 1:03 pm

    Terima kasih banyak dok….

  54. 54 cakmoki April 25, 2010 pukul 2:34 am

    @ Mrs. Joko:
    Itu normal…sangat normal.
    orgasme melalui cara tersebut sudah sangat bagus… bisa setelah suami orgasme ataupun sebelum penetrasi.
    Gak harus dipaksakan orgasme saat penetrasi, mengingat pada umumnya pria lebih cepat ejakulasi… lebih cepat terangsang dan lebih cepat lunglai… :D
    Namun, jika ingin mencoba orgasme saat penetrasi, silahkan meminta suami untuk memainkan clitoris duluan sebelum penetrasi hingga hingga menjelang orgasme. Nah, pada saat itulah dapat dilakukan penetrasi hingga orgasme.
    Coba dan coba terus bersama suami dengan santai agar tidak terbebani keinginan orgasme saat penetrasi karena kalo terbebani justru mempersulit orgasme.
    Selamat mencoba.
    Kalaupun belum berhasil, selamat menikmati yang sudah biasa dilakukan.
    Maturnuwun

    @ Tri:
    sama-sama..makasih juga telah berbagi :)

  55. 55 Mrs. Joko April 25, 2010 pukul 9:46 am

    waah hebat ya cak dokter ini ! setelah membaca jawabn dr cak, sy jd lega…. sangat lega…. sy ini termasuk orang yang gampang kepikiran, kalo ada sedikit aja yang sy rasa ga beres dengan diri sy atau lingkungan sy akan langsung kepikiran dan kalang kabut mencari solusinya. Selama ini yg ada di benak sy, orgasme selalu terjadi pd saat ‘main’ bersamaan atau tidak. Ruginya, sy ini termasuk orang yg sangat ‘pemalu’ untuk membicarakan hal-hal seperti ini. Lha wong dengar orang bercanda agak saru aja muka sy lagsung merah kuning hijau e….
    sekali lg maturnuwun sanget nggih cak dokter yang baik hati….

  56. 56 cakmoki April 25, 2010 pukul 6:43 pm

    @ Mrs. Djoko:
    Sami-sami …mbak … terimakasih juga telah berbagi. Moga dibaca oleh yang lain, yang suka malu membicarakan hal-2 semacam ini hingga wajahnya merah kuning hijau…*lho, koq kayak klepon* … :D
    Maturnuwun

  57. 57 Mrs. Joko April 29, 2010 pukul 10:37 am

    pagi cak… nyambung yg kemarin ya…
    apa yg sy lakukan untuk orgasme itu termasuk mastrubasi? truz apakah itu bisa berpengaruh buruk pada kesehatan sy? scr psikis maupun psikologis. TQ cak…

  58. 58 cakmoki April 29, 2010 pukul 3:07 pm

    @ Mrs. Joko:
    Apapun namanya, itu termasuk bagian dari hubungan intim.
    kalaupun seseorang melakukan masturbasi, tidak ada efek apapun terhadap kesehatan. Sekali lagi, tidak ada efek apapun. Paling poll secara psikis merasa gak nyaman… efek itu bukan akibat masturbasinya tapi lebih kepada dari dalam dirinya sendiri…kalo enjoy, ya ga ada efek psikologis
    Tq :)

  59. 59 Mrs. Joko April 30, 2010 pukul 4:17 pm

    I see cak…. maturnuwun lagi.

  60. 60 cakmoki April 30, 2010 pukul 5:03 pm

    @ Mrs. Joko:
    maturnuwun juga :)

  61. 61 emi Mei 9, 2010 pukul 8:59 pm

    Malam Cak,
    maaf mengganggu…td siang qta sekeluarga ada acara diluar rumah..kebetulan td siang udaranya puanas byanget…tau2 dah sore..kulit kami terasa clekat-clekit…agak gatel2 gitu..trus qta langsung mandi..tp koq setelah mandi timbul bercak2 putih ..ada juga yg bintik2 merah..mpe skrg msh agak gatel2…qta garuk ada yang mpe luka2 getu…
    pertanyaanny…
    1. Apakah kami alergi udara panas?
    2.Apakah cara u/mengatasinya atau menhilangkan gatel2nya?
    3.Trus bgmna dgn bekas2 garukannya? apa bisa hilang?
    Tolong ya Pak dokter jawabannya..
    3.

  62. 62 cakmoki Mei 10, 2010 pukul 3:24 pm

    @ emi:
    Met sore…
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  63. 63 Ade Mei 11, 2010 pukul 9:00 am

    Pagi Cak,

    Anak perempuan saya yg baru saja memasuki masa puber (12 th), mengalami gatal2 di area kewanitaannya, sejak pertama kali gatal2 itu muncul (sekitar 2 minggu yg lalu), sampai dengan sekarang tidak pernah ada bau tak sedap maupun keputihan. Awalnya tidak ada bentol sama sekali, namun sekarang terdapat bentol2 yg melebar di area lipatan pangkal paha & kini menyebar kearah dubur & bibir vaginanya.

    Awalnya saya kira itu disebabkan jamur karena dia memang anak yg aktif & mudah sekali berkeringat, namun setelah akhirnya dia mengizinkan saya untuk melihat bentol2 di pangkal pahanya tersebut, bentuk bentolnya tidak seperti ring, melainkan bentol2 utuh yg melebar. Sempat juga saya kira kutu (Phtirus Pubis) karena rasa gatal yg tidak terkira (yg menurut pengakuannya rasa gatalnya cekit2 seperti digigit semut), namun dia tidak pernah menemukan seekor kutu pun, maupun telurnya.

    Selama minggu pertama, saya memberikannya Betason Cream (disarankan oleh apotek langganan), lalu karena dirasa tidak mempan, minggu kedua saya memberikannya Benoson-N Cream (lagi2 atas saran apotek tersebut).

    Saya sudah membujuknya untuk membawanya ke dokter kulit, namun dia tetap bersikeras tidak mau dikarenakan malu. Mudah2an Cak dapat menentukan obat mana yang dapat saya berikan kepada anak saya, baik obat luar maupun obat minum jika diperlukan. Thanks.

  64. 64 cakmoki Mei 12, 2010 pukul 5:37 am

    @ Ade:
    Met pagi…
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Namun saya rasa dia malu untuk difoto di daerah tersebut…kecuali kalo mau difoto yang di daerah paha… Mohon maaf, tanpa melihatnya saya tidak mungkin merekomendasikan obat yang tepat.
    Jika berkenan, silahkan kirim foto via email. Kalo malu, sebaiknya periksa ke dokter wanita.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Saya tunggu.
    Terimakasih

  65. 65 Ade Mei 13, 2010 pukul 12:03 pm

    Pagi Cak,

    Setelah saya bujuk, anak saya akhirnya mau difoto asalkan bagian pangkal pahanya saja.
    Fotonya sudah saya kirim via email, namun mohon maaf sebelumnya jika foto tersebut membuat Cak tidak nyaman.

    Terima kasih banyak, semoga cak dapat segera memberitahukan saya obat apa yg tepat, karena sudah seminggu ini anak saya tidak dapat bersekolah karena tidak tahan terhadap rasa gatalnya.

    Sekali lagi, terima kasih banyak….

  66. 66 cakmoki Mei 14, 2010 pukul 4:59 pm

    @ Ade:
    Udah saya jawab via email kemarin.. :)
    Silahkan cek.. Makasih

  67. 67 Dian Mei 24, 2010 pukul 4:29 pm

    Dear Pak Dokter yang baik.

    Saya mau tanya, untuk pengantin baru kan dalam mengurangu sakit dianjurkan menggunakan anastesi lokal, kira2 untuk pemakaian anastesi lokal berbentuk cream yang mengandung lidocaine+prilocaine apakah aman jika dioleskan di mulut vagina? apakah ada efek samping jika sedikit cream tidak sengaja masuk ke leher rahim atau rahim? Terimakasih sebelumnya.

  68. 68 Dian Mei 24, 2010 pukul 4:31 pm

    Maaf dok ketinggalan: cream yang akan saya gunakan bermerk estesia buatan pharmacore mengandung lidocaine 2,5% dan prilocaine 2,5%. Terimakasih sebelumnya.

  69. 69 cakmoki Mei 25, 2010 pukul 3:51 am

    @ Dian:
    Udah saya jawab di pertanyaan sebelumnya :)

  70. 70 yohan wibisono Mei 27, 2010 pukul 11:30 am

    setuju dehhh untuk konsultasi online nya!!! dok, saya itu selalu takut apabila periksa ke dokter…takut apabila di diagnosa yang macam2!!! jadi intinya, udah paranoid dulu….gimana nih dok cara menghilangkan “sugesty” seperti ini? lama2 pusing sendiri juga… salam

  71. 71 cakmoki Mei 27, 2010 pukul 5:17 pm

    @ yohan wibisono:
    cara menghilangkan paranoid ke dokter adalah dengan sering-2 ke dokter :D … salam

  72. 72 owny Mei 30, 2010 pukul 6:43 pm

    Salam Dok..

    Saya mau tanya niy dok..
    sudah hampir 2 minggu ini saya kerongkongan seperti ada yang mengganjal…apalagi kalo menelan air ludah,pasti berasa ada yang nyangkut.
    Saya sudah ke dokter THT dan katanya ada infeksi amandel,(amandelnya tidak membesar/meradang,ada putih2 di amandel tersebut yang kayanya itu yg meneyebabkan perasaan mengganjal ditenggorokan) kemudian dikasih obat untuk 5 hari minum.
    setelah obat habis, perasaan mengganjal di tenggorokan masih saya rasakan.
    yang mau saya tanyakan:
    1. apakah kalau kena infeksi amandel,kerongkongannya seperti ada yg mengganjal?
    2. Apakah masih bisa disembuhkan?
    3. apakah operasi amandel solusinya?

    makasih dok

  73. 73 cakmoki Mei 30, 2010 pukul 9:58 pm

    @ owny:
    sudah saya jawab di pertanyaan yang lain pada artikel tentang infeksi amandel..
    Pada artikel tersebut juga tercantum syarat-2 operasi amandel, silahkan dibaca semuanya, termasuk diskusi di bagian bawah.

    Makasih

  74. 74 Hari Mei 31, 2010 pukul 12:55 pm

    dok..tanya donk
    kemarin krn otot leher kaku, oleh internist saya dikasih obat myonal 50mg
    sabtu siang n malam dah sy minum
    minggu pagi saya med cek..kog leukosit saya naik di atas normal
    demikian juga dg LED-nya
    oh ya..sama saya dikasih juga vitamin neurodex..minum 1x sehari

  75. 75 cakmoki Mei 31, 2010 pukul 5:19 pm

    @ Hari:
    sebenarnya tidak perlu periksa macem-macem, soalnya bisa salah interpretasi dan bisa bikin stress kalo gak ngerti. :)
    Hasil-2 tersebut bisa terjadi pada berbagai kondisi, bahkan pada orang normal sekalipun.
    Keluhan otot, terutama di leher, punggung, kuduk, pundak, biasanya berhubungan dengan aktifitas sehari-hari, misalnya: terlalu lama di depan komputer, pekerjaan administratif, dll.

    Menurut saya, selain kedua obat di atas, perlu ditambahkan pereda nyeri yang berfungsi untuk meredakan nyeri, kaku, pegal, misalnya:
    natrium diklofenak 50 mg (merk dagang misalnya: Voltaren, Klotaren, Volatadex, dll), diminum 3×1 sesudah makan bersama dengan kedua obat sebelumnya hingga kaku-nya pulih.
    Terimakasih

  76. 76 riza Juni 7, 2010 pukul 10:18 am

    pagi cak….
    cak, kakak sy laki2 umur 30 tahun, seminggu ini kakinya bengkak dan keluar bercak2 merah yang melebar(kalau orang jawa bilang seperti sambang, sy ga tau cak moki kenal pa ga) tapi lama kelamaan bercak2 itu jadi seperti melepuh, seperti terkena air panas dan kalau pecah yang keluar air dan sedikit darah encer warna merah jambu. itu penyakit apa namanya ya cak? dan solusinya gmana? maturnuwun…..

  77. 77 riza Juni 7, 2010 pukul 11:12 am

    oh ya lupa cak, kalau di raba kakinya terasa panas sekali tapi cuma di lutut ke bawah sampai telapak kaki.

  78. 78 riza Juni 7, 2010 pukul 11:23 am

    oh ya lupa cak, kalau diraba kakinya terasa panas sekali tp cuma bagian lutut ke bawah sampai telapak kaki.

  79. 79 cakmoki Juni 7, 2010 pukul 3:04 pm

    @ riza:
    Tentu saja kenal dengan penyakitnya dan tahu obatnya, asalkan saya melihat gangguan kulit pada kaki tersebut, tidak cukup dengan diskripsi saja :)

    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Saya tunggu.
    Terimakasih

  80. 80 riza Juni 8, 2010 pukul 1:00 pm

    oh gitu ya cak, ya nanti coba saya kirim fotonya.

  81. 81 cakmoki Juni 9, 2010 pukul 12:08 am

    @ riza:
    ok, saya tunggu

  82. 82 ibnuwardana Juni 13, 2010 pukul 1:37 pm

    dokter yth,
    knapa kaki kiri saya selalu pegal2 dan kalo lagi capek badan saya terasa pegal semua,trus badan saya sampe kaki terasa gatal,kira2 apa obatnya?

  83. 83 cakmoki Juni 13, 2010 pukul 7:43 pm

    @ ibnuwardana:
    Untuk pegalnya, dapat menggunakan Natrium Diklofenak 50 mg (merk dagang, misalnya: Voltaren, Klotaren, Divoltar), diminum 3×1 sesudah makan hingga pegalnya hilang.

    Sedangkan untuk meredakan gatalnya, sementara dapat menggunakan Loratadine 10 mg atau Citerizine 10 mg, diminum 1×1 hingga gatalnya reda.
    Makasih

  84. 84 ginta Juni 18, 2010 pukul 10:29 am

    dok,saya medical chek up dan hasinya saya pernah terinfeksi virus hepatitis c sehinnga tubuh membentuk anti HCV dan SGOT 78 dan SGPT 141, pertanyaanya..seberapapa parahkah tingkat virusnya dan apakah ada obat herbalnya…karena obat interferon dan ribavirin disamping mahal juga tidak menjamin kesembuhan…trims

  85. 85 cakmoki Juni 18, 2010 pukul 12:21 pm

    @ ginta:
    Kalau hasil Lab dan analisa dokter menunjukkan “pernah”, berarti virusnya sudah tidak ada. Artinya tidak parah , lha wong udah gak ada virusnya :D
    Adapun meningkatnya SGOT dan SGPT bisa terjadi karena banyak faktor, misalnya : faktor kelelahan fisik, pasca aktifitas berlebihan,kondisi tubuh yang sedang tidak fit, sedang demam (oleh berbagai sebab), dll..dll.
    Makasih

  86. 86 rita Agustus 3, 2010 pukul 8:20 pm

    begini dok,saya mau tanya,ms v saya mengeluarkan cairan putih campur kehitam2an.apakah itu termasuk sedang haid???
    masalah nya,saya pernah 3kali berhubungan seks pada kondisi tersebut,saya takut berbahaya bt saya dan pasangan..mohon bantuannya.tq

  87. 87 cakmoki Agustus 4, 2010 pukul 12:44 am

    @ rita:
    Jika cairan tersebut keluar di luar siklus haid, tentu bukan darah haid, tapi fluor… untuk itu, sebaiknya periksa sekret vagina di Lab Klinik setempat untuk memastikan apakah cairan tersebut bukan penyakit ataukah karena penyakit… gak perlu khawatir..kalaupun penyakit, pengobatannya mudah. Pemeriksaan sekret vagina adalah pemeriksaan sampel cairan di permukaan vagina…dioles sedikit, lalu diperiksa. Dalam 1-2 jam udah ada hasilnya.
    Dari hasil pemeriksaan tersebut barulah dinilai oleh dokter, apakah perlu obat atau enggak.
    Makasih

  88. 88 MAMIK September 3, 2010 pukul 7:20 am

    Selamat pagi dokter saya ibu rumah tangga semenjak habis melahirkan saya ikut program kb awalnya saya ikut kb 3 bulan dan saya mengalami perubahan menstuasi biasanya 7 hari dalam keadaan normal ini cuma satu sampek 3 hari itupun cuma i tetes dan sekarang si kecil sudah usia 2 th saya ganti kb 1 bln hait saya lancar tapi kadang juga gak hait kadang lancar la sekarang ini saya hait tapi kok keras sekali kayak waktu habis melahirkan keluar darah beku keras perut saya tidak sakit tapi keluar daranya hak normal sudah 8 hari ini belum ada perubahan masih keras gak resah2 biasanya saya 3 hari keras setelah itu redah dan bersih tapi sekarang ini saya masih mengeruarkan darah beku saya minta saran dari dokter terimakasih.

  89. 89 cakmoki September 3, 2010 pukul 2:53 pm

    @ MAMIK:
    Selamat sore…
    salah satu efek samping KB hormonal (suntik, pil, implan) adalah perubahan haid… ada yang haidnya menjadi berkurang, dan ada pula yang menjadi makin lama. Hal ini karena Gangguan Keseimbangan hormon (hormonal imbalance) akibat faktor hormonal.
    Jika masa haid nya memendek (kurang dari biasanya), maka gak perlu obat. Sebaliknya, jika lamanya haid lebih dari 2 minggu, maka diperlukan obat.
    Untuk memastikannya, sebaiknya periksa ke dokter terdekat atau DSOG (dokter spesialis kandungan) untuk mendapatkan obat yang tepat berdasarkan hasil pemeriksaan.
    Makasih

  90. 90 mei fung Maret 4, 2011 pukul 3:46 pm

    sore pak …
    saya berumur 18 tahun …
    hmmm ,,
    saya mw tanya pak, sebelumnya saya mendapatkan haid pada akhir bulan .. terakhir adalah akhir bulan januari …
    kemudian sampe tgal 4 maret ini saya belum mendapatkan haid lagi di bulan febuari …
    sudah telat bbrapa harii dok ..
    kmudiann sebelumnya saya melakukan hubungan sex …
    tetapi sperma nya itu tidak masuk dok ..
    sekarang yang saya rasakan payudara saya sakit seperti mw haid dan juga mengalami keputihan ..
    apakah itu gejala mw haid atau bukan ?
    trims dok …

  91. 91 cakmoki Maret 4, 2011 pukul 11:35 pm

    @ mei fung:
    Met malem,
    Silahkan tes kehamilan. Kalo positif berarti hamil, kalo negatif kemungkinan mau haid.
    Makasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso â„¢

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,621,459 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 550 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: