Pembaca adalah guru saya

Diskusi online Sejak dimulakannya halaman Tanya Jawab berdasarkan support dan saran teman-teman blogger pada tanggal 10 Pebruari 2007 tentang perlu tidaknya halaman Tanya Jawab, ternyata cukup mendapatkan respon positif dari para pembaca dan teman sejawat dokter blogger. Ketika memposting: Perlukah halaman Tanya Jawab, sontak penulis mendapatkan dorongan pembaca dan teman-teman blogger untuk segera memulainya. Alhasil, selang sehari, halaman tersebut akhirnya buka juga. Tidak mudah memulainya, mengingat penulis bukanlah seorang ahli. Lagipula penulis tinggal di ndeso β„’ nan jauh dari akses informasi langsung perkembangan ilmu kedokteran kecuali melalui internet dan seminar atau sejenisnya.

Namun benar kata beberapa para senior bahwa kendala tersebut dapat diatasi jika dilandasi niat yang sungguh-sungguh dan menyediakan waktu luang untuk keperluan tersebut. Dan tentu banyak manfaat yang penulis peroleh dari forum diskusi di halaman tanya jawab. Dengan kata lain, pembaca adalah guru saya.

SELF ASSESSMENT

Setelah hampir 6 bulan berjalan, penulis merasa perlu merubah layout halaman Tanya Jawab menjadi beberapa bagian agar lebih spesifik untuk memudahan pembaca dalam mendiskusikan topik yang ingin ditanyakannya. Atas dasar pertimbangan tersebut maka halaman Tanya Jawab yang tadinya campur aduk, berubah tampilan menjadi halaman Tanya Jawab seperti yang terlihat saat ini. Adapun diskusi pada halaman Tanya Jawab sebelumnya (periode Pebruari 2007- Juli 2007) telah penulis rangkum dalam format PDF sebagai arsip.

Kini, setelah lebih 2 tahun kita berdiskusi tentang berbagai masalah kesehatan, penulis mencoba membuat evaluasi dengan maksud untuk perbaikan.

  1. Pintu masuk. Untuk mendiskusikan topik kesehatan, pembaca dapat menuliskannya melalui Halaman Tanya Jawab yang lama maupun yang baru. Di kedua halaman tersebut tersedia link menuju spesifikasi masalah kesehatan, termasuk masalah kesehatan yang tak terkategori pada halaman yang disediakan.
  2. Topik spesifik. Diskusi tentang topik kesehatan yang spesifik, misalnya penyakit tertentu, pembaca dapat mendiskusikannya secara langsung pada artikel yang pernah diposting. Jikapun tidak, penulis akan mengarahkan ke artikel sesuai topik diskusi (tanya jawab). Karenanya, hal ini tidak terlalu menjadi masalah dan pembaca dapat mendiskusikan topik kesehatan di halaman manapun.
  3. Kecepatan menjawab. Nah ini dia salah satu kendala yang mungkin paling penting untuk diperbaiki (kalau bisa). Penulis menyadari betapa inginnya para pembaca mendapatkan respon atau jawaban segera. Namun dengan kerendahan hati penulis mengakui bahwa tidak semua pertanyaan dapat terjawab dengan cepat dikarenakan berbagai faktor, misalnya: listrik padam, koneksi lemot, perlu diskusi dengan ahlinya, terlewatkan dan kadang kumat malesnya πŸ™‚ . Perlu juga dipahami bahwa penulis juga harus praktek untuk mencari nafkah. (yang ini bagi penulis adalah wajib β€˜ain). Selain itu, sebagai warga ndeso β„’ penulis juga mempunyai kewajiban sosial yang tidak mungkin ditinggalkan sebagai personal maupun sebagai anggota masyarakat. Sehingga kesempatan mendiskusikan topik kesehatan yang ditanyakan menjadi makin sempit. Meski begitu, percayalah, penulis berusaha menyempatkan waktu untuk membuka Blog setiap hari.
  4. Topik diskusi. Seperti tertulis di atas, penulis bukan ahli, karenanya diperlukan waktu untuk menjawab beragamnya topik Tanya Jawab dengan membuka ulang referensi sesuai topik diskusi yang ditanyakan pembaca. Itupun masih harus didiskusikan dengan para sejawat yang ahli di bidangnya jika menyangkut topik spesifik di milis kami (milis para dokter seangkatan penulis dari berbagai spesialisasi yang dirilis sejak Nopember 2008). Hanya saja, diskusi topik spesifik di milis kerap terlambat disebabkan kesibukan para sejawat spesialis. (maklum, sebagian dari mereka aktif memperdalam ilmu dan penugasan ke luar negeri).
  5. Jalur email. Belakangan, diskusi melalui email cenderung meningkat. Mungkin dengan melalui email pembaca merasa lebih nyaman dalam berdiskusi, terlebih jika berhubungan dengan kelainan kulit dimana memerlukan foto untuk akurasi dugaan kelainan kulit yang memerlukan pemeriksaan visual atau penyakit tertentu yang memerlukan attach data Laboratorium maupun pemeriksaan penunjang lainnya. Selain itu mungkin karena alasan privacy. Lewat jalur manapun, penulis menghargai upaya pembaca untuk saling berbagi.
  6. Bahasa. Tak dapat dipungkiri bahwa sebagian (besar?) bahasa medis masih belum akrab bagi kebanyakan warga Indonesia, sehingga adakalanya terjadi kesalahan persepsi antara pembaca dan penulis dalam mendiskripsikan keluhan berkenaan dengan masalah kesehatan yang didiskusikan. Sehingga boleh jadi pembaca tidak puas atas jawaban penulis. Untuk itu tak ada salahnya jika kita saling mengingatkan dan pembaca tak perlu segan untuk mengoreksi penulis jika ada kalimat atau istilah yang tidak sesuai dengan maksud pembaca.
  7. Manfaat Tanya Jawab. Hingga kini penulis belum bisa menilai seberapa manfaat yang didapat para pembaca melalui diskusi masalah kesehatan di halaman tanya jawab. Meski begitu, penulis sangat senang jika diskusi masalah kesehatan bisa memberikan sedikit manfaat bagi pembaca. Sedangkan bagi penulis, diskusi melalui halaman tanya jawab dan artikel telah memberikan banyak pelajaran berharga. Tak berlebihan kiranya jika penulis merasa bahwa pembaca merupakan guru bagi penulis.

Perlu juga kita sadari bahwa media online (khususnya di Blog ini) merupakan salah satu media saling berbagi informasi kesehatan. Adapun media konsultasi paling ideal adalah komunikasi langsung (face to face) antara dokter dengan pasien.

email Akhirnya, dengan segala kekurangan dan kelebihannya, media diskusi online masalah kesehatan patut kita tumbuh kembangkan agar informasi kesehatan dapat tersebar secara luas, setidaknya bagi masyarakat pengguna internet. Adapun jika pembaca menjumpai perbedaan pandangan dan pendapat di kalangan medis, hal tersebut sangat normal dan jamak terjadi di dunia medis. Yang penting, semangat untuk saling berbagi dapat terpelihara agar masyarakat makin memahami masalah kesehatan.

Dengan semangat berbagi dan untuk perbaikan, saran dan kritik konstrukstif dari para pembaca sangat penulis hargai. Loh … koq jadi formil gini … πŸ™‚

Monggo, silahkan berbagi.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

Iklan

23 Responses to “Pembaca adalah guru saya”


  1. 1 kawanlama95 September 4, 2009 pukul 2:06 am

    kunjungan pertama, ajang tanya jawab di media online . sangat produktif dan bila jawabannya bisa tuntus sunguh bermanfaat. Selamat menjawab setiap pertanyaan. moga

  2. 2 woro September 4, 2009 pukul 10:28 am

    halaman itu berguna banget loh cak bagiku…. soale maklum deh nggak bs melulu ke dokter alias liat kondisi kantong. jawaban cak moki juga memuaskan kok. jelas dan ringkas. hehehe.

    malah saya pengen minta maap nih kadang nanya hal2 yang udah ditanyakan sebelumnya oleh orang laen. pas sadar ketika iseng liat2 pertanyaan di atas. hehehe. jadi ngulang pertanyaan deh kitaaa…. syukur banget cak mokinya sabaran gitu….

  3. 3 Shinta September 4, 2009 pukul 10:49 am

    Maunya siyy .. face to face cak… tapi jauhhh .. πŸ™‚

  4. 4 firawati September 4, 2009 pukul 10:14 pm

    semoga tetap smngat bpk mjwb pertanyaan2….slmt berjuang…he..

  5. 5 cakmoki September 4, 2009 pukul 11:47 pm

    @ kawanlama96:
    makasih πŸ™‚

    @ woro:
    Harapan sy juga gitu, tapi rasanya belum puwaz nih, kayaknya masih banyak kekurangan.
    Tentang pertanyaan berulang gak masalah, toh biasanya sy kasih link-nya. Sy bisa memaklumi, soalnya emang sulit nyari topik or pertanyaan yg sama. Gak papa… konon informasi yg berulang (repeatly) lebih ampuh..ini kata pakar komunikasi informasi….sy hanya ngutip..hehehe

    @ Shinta:
    lebih asyik lagi kalo diskusi face to face sambil menikmati kopi…*halah*

    @ firawati:
    Makasih supportnya …. lama-lama diskusi online menjadi hobi…hehehe.
    Kapan nyusul bikin Blog ? πŸ˜‰

  6. 6 alfalink September 5, 2009 pukul 5:47 am

    Wah bisa belajar juga dan mengambil banyak manfaat dari pembaca setia

  7. 7 cakmoki September 5, 2009 pukul 3:00 pm

    @ alfalink:
    iya … πŸ™‚

  8. 8 penerjemah September 5, 2009 pukul 11:14 pm

    wahh perlu banget memang adanya tanya jawab online, kan skalian bisa sharing atuh…

  9. 9 cakmoki September 6, 2009 pukul 5:32 am

    @ penerjemah:
    makasih saran dan supportnya

  10. 10 Khairuddin syach September 7, 2009 pukul 12:22 am

    saya baru tau kalau disini ada forum tanya jawab dok. Sebagai contoh, disalah satu surat kabar nasional, ANDA BERTANYA, DOKTER MENJAWB.
    Langkah yang cukup bagus dok
    saya support.
    wassalam

  11. 11 cakmoki September 7, 2009 pukul 3:48 am

    @ Khairuddin syah:
    Makasih kunjungan dan supportnya.
    Wass

  12. 12 sobatsehat September 9, 2009 pukul 12:13 am

    salam kenal pak dokter. terima kasih sudah add sobatsehat[dot]com.
    semoga kita bisa memajukan dunia kesehatan bersama-sama. salam sehat

  13. 13 nararya September 10, 2009 pukul 5:40 pm

    cak moki paling TOP dah πŸ˜‰

  14. 14 cakmoki September 11, 2009 pukul 12:37 am

    @ sobatsehat:
    Makasih juga atas support dan kunjungannya.
    Salam sehat πŸ™‚

    @ nararya:
    yeeee, lha saya masih harus terus belajar je πŸ˜‰

  15. 15 Besan September 11, 2009 pukul 4:41 pm

    MAJU TERUS PANTANG MUNDUR CAK. Sy mdukung pnuh langkah cak moki spnuhx..:-).
    Salah satu kelebihan postingan “tanya jwb” pnyx cak moki adl mberikn solusi bkn mlh msuruh utk mcari solusi (kbykn rubrik lain khan msuruh utk dtng konsultasi k dktr x ).
    Cak kl praktek,biasax sm pasien dpanggil dktr moki atau dktr hatmoko..:-).
    Matur nuwun.

  16. 16 cakmoki September 11, 2009 pukul 5:24 pm

    @ Besan:
    Maturnuwun supportnya. Ntar sy akan belajar lebih giat untuk memperbaiki rubrik tanya jawab.
    Di praktek biasanya pasien gak manggil nama. Ada yg manggil om… om dokter… pak… dok…. mas dokter …. dll … santai, gak pakai formil-formilan.
    Maturnuwun

  17. 17 mirza September 14, 2009 pukul 9:36 am

    Poh…Tulisan pesenanku mana Poh…??? *jangan kura2 amnesia ya..?! πŸ™‚ *
    Poh, jadi pulkam kapan? kopdar yuuk … *Halah*

  18. 18 cak uki September 15, 2009 pukul 6:52 am

    kembangin terus blog-nya. mantaaabh!

  19. 19 cakmoki September 15, 2009 pukul 11:05 pm

    @ mirza:
    belum sempet …. maaf ya πŸ˜‰
    Udah di sby sejak kemarin sore, trus nganterin keliling-2.
    Hmmm…yuk

    @ cak uki:
    Makasih support dan kunjungannya πŸ™‚

  20. 20 mirza September 16, 2009 pukul 9:27 am

    Beneran ??????….*halah ngarep banget*
    Jangan bilang tempatnya di forum ya.. πŸ™‚
    *takut banyak penggemar ngikut…*
    πŸ™‚

  21. 21 cakmoki September 16, 2009 pukul 3:33 pm

    @ mirza:
    malah enak, rame-rame menikmati ta’jil … hehehe.
    πŸ™‚

  22. 22 Lily Januari 26, 2010 pukul 8:30 pm

    Kecepatan Menjawab.

    Menurutku Cakmoki termasuk cepat dan teliti dalam menjawab setiap pertanyaan, gak semua blogger mau jawab setiap pertanyaan yg masuk kan, apalagi klo cuma one-liner yg gak penting. ;p

    Anyways, kudos for Cakmoki! πŸ˜‰ Wish Cakmoki all the best! πŸ™‚

  23. 23 cakmoki Januari 27, 2010 pukul 1:22 am

    @ Lily:
    kalo pas cepat menjawab berarti lagi kumat rajinnya atau pas tidak ada kerjaan…
    Terimakasih atas supportnya πŸ˜‰


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,354,783 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: