Kadas

KODE ICD-10 : B35.4 : Tinea corporis

tinea_corporis_2_040214 Ini dia, salah satu penyakit kulit oleh jamur (dermatophytosis) yang mudah dikenali karena bentuknya yang khas dan berpulau-pulau mirip kepulauan Indonesia Raya. Kadas atau kurap bisa menimpa siapa saja, terutama orang-orang di daerah tropis, lembab, panas, gerah dan orang-orang yang mudah berkeringat. Bahkan orang yang mandi lebih 2 kali seharipun atau yang sehari-hari bekerja di tempat ber-AC, masih dapat terkena Kadas. Kali ini kita hanya membahas kadas di badan (termasuk tangan dan kaki) atau di dunia medis dikenal dengan nama Tinea corporis.

Sebagian penderita kadas (Tinea corporis) cenderung mengabaikan penyakitnya kecuali ketika ada anggota keluarga atau teman dekat atau pihak lain yang mengingatkannya. Tak jarang kadas dibiarkan hingga bertahun-tahun sampai memenuhi pinggang dan bokong . (saya mengistilahkan dengan jajaran pulau-pulau Asia Tenggara, saking banyak dan luasnya)

APA PENYEBABNYA ?

Tinea corporis ( di badan) atau Kadas merupakan salah satu infeksi jamur dermatofitosis (dermatophytosis) pada permukaan kulit yang disebabkan oleh jamur dermatophyte. Terbanyak adalah spesies Microsporum canis, Trichophyton rubrum dan Epidermophyton floccosum. Jenis penyebab berbeda-beda di setiap wilayah dan tempat.

Bentuk (klinis) infeksi jamur dermatofitosis pada permukaan kulit dibedakan berdasarkan tempatnya, diantaranya:

  • Tinea Kapitis ( Tinea capitis ). Infeksi jamur yang terletak di kulit dan rambut kepala.
  • Tinea Korporis ( Tinea corporis ).  Terletak pada kulit wajah, badan, lengan dan bokong.
  • Tinea Kruris. Di daerah pelipatan paha, organ genital dan daerah anus. apat menyebar ke bokong dan perut bagian bawah.
  • Tinea Pedis. Terletak di kulit tangan dan kaki, sela jari, telapak tangan maupun kaki.
  • Tinea Unguium. Infeksi jamur dermatofitosis di kuku.
  • Tinea Imbrikata. Bercak bersisik dan melingkar serta terasa gatal.

TANDA TANDA DAN KELUHAN

  • Tinea corporis ditandai dengan bercak berbagai bentuk. Terbanyak adalah bentuk annular (seperti cincin) dan iris (sirkuler). Masing-masing bercak dapat bergabung membantuk bercak yang lebih luas.
  • Bercak berbatas tegas dengan bagian tepi relatif lebih aktif dan lebih jelas dibanding bagian tengah.
  • Pada fase akut terasa gatal, clekit-clekit, terutama jika berkeringat dan cuaca panas.
  • Pada Tinea corporis menahun lebih sering diabaikan lantaran tidak menimbulkan keluhan selain keluhan kosmetik.

PENGOBATAN

Prinsip pengobatan ditujukan kepada pemberantasan jamur dan mengurangi keluhan penyerta (simptomatis) serta mencegah reinfeksi selama maupun setelah pengobatan.

Obat-obat yang lazim digunakan, diantaranya:

Anti Jamur Oral (diminum), misalnya:

  • Griseofulvin 500 mg, diminum 1×1 sehari, sedikitnya selama 3-4 minggu. Hasil pengobatan biasanya mulai nampak setelah memasuki minggu ketiga.
  • Ketoconazole 200 mg, diminum 1×1 sehari, sedikitnya selama 3-4 minggu.
  • Itraconazole 100 mg, diminum 1×1 sehari, sedikitnya selama 2 minggu.
  • Terbinafine 250 mg, diminum 1×1 sehari, sedikitnya selama 2 minggu.

Anti Jamur Topikal (salep, cream, bedak), misalnya:

  • Salep Whitfield. Obat kuno ini kadang masih cukup bagus. Dioleskan 2 kali sehari, sedikitnya selama 3-4 minggu.
  • Miconazole 2%. (krim, bedak). Dioleskan 2 kali sehari, sedikitnya selama 3-4 minggu. Pada Tinea corporis yang luas dan pada anak balita, dapat dipertimbangkan penggunaan obat luar berbentuk bedak (misalnya: daktarin dan mycorine), 2-3 kali sehari.
  • Ketoconazole 2 %. Dioleskan 2 kali sehari, setidaknya selama 2-4 minggu.

Adapun obat-obat untuk meredakan gatal, biasanya menggunakan antihistamin.

Obat-obat tersebut dapat juga diberikan pada Tinea bentuk (klinis) lain berdasarkan hasil pemeriksaan dokter.

FAKTA SEPUTAR PENGOBATAN

Berdasarkan pengamatan selama praktek dan dalam pergaulan di tengah masyarakat maupun pertanyaan-pertanyaan seputar pengobatan infeksi jamur kulit melalui email, pada umumnya penderita kurang memahami bahwa pengobatan jamur memerlukan waktu yang lama, sedikitnya 2-4 minggu. Hal ini mungkin disebabkan kurangnya penjelasan atau mungkin penderita maunya bimsalabim sembuh dalam beberapa hari.

Tak jarang muncul pertanyaan-pertanyaan seperti ini:

Cak, saya sudah minum obat jamur oral dan cream, harganya muahal, tapi udah minum 5 hari koq gak sembuh-sembuh, napa ya ? Apa obatnya gak cocok ?

Tolong segera jawab, cak! Darurat nih! … Dah nebus obat anti jamur ratusan ribu, ehhh… setelah seminggu masih gak ilang-ilang. Ada obat yang cepet sembuh gak ?

Jamurku udah gak aktif…dah sembuh… koq bekasnya gak ilang-ilang ?

Aku didiagosa infeksi jamur oleh dokter kulit. Ada pantangan makanan gak sih ?

Dok, selangkanganku penuh jamur, menjalar ke daerah kemaluan. Bahaya gak ?

Dan masih banyak lagi pertanyaan senada yang memerlukan penjelasan tidak hanya sekali, namun adakalanya beberapa kali agar penderita benar-benar memahami bahwa pengobatan jamur kulit memerlukan waktu berminggu-minggu.

Penting diketahui bahwa jamur kulit tidak berbahaya, tidak ada hubungannya dengan golongan darah, tidak ada pantangan makanan dan yang lebih penting seyogyanya mematuhi saran dan anjuran dokter. A

Apabila setelah pengobatan 2-4 minggu ternyata si kadas masih krasan bercokol di kulit, sebaiknya kontrol ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lanjutan atau penggantian jenis obat.

KEGAGALAN PENGOBATAN

Beberapa faktor penyebab terjadinya kegagalan pengobatan, antara lain:

  • Penggunaan obat yang  kurang tepat, menyangkut jenis, dosis dan lamanya penggunaan.
  • Penggunaan obat yang tidak teratur, suka lupa dan bosan.
  • Adanya infeksi sekunder yang tidak sekaligus diobati.
  • Terjadinya infeksi ulangan (reinfeksi) selama pengobatan maupun setelah pengobatan.
  • Terjadinya resistensi obat akibat pengguanaan obat yang tidak teratur dan tidak tepat.

UPAYA PENCEGAHAN

Bagi seseorang yang sedang terinfeksi jamur kulit atau yang relatif mudah terinfeksi jamur berdasarkan pengalaman masa lalunya (pernah menderita infeksi jamur), ada baiknya berupaya mencegah penjalaran dan terulangnya infeksi jamur kulit dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Menggunakan pakaian longgar dan sedapat mungkin terbuat dari bahan katun.
  • Menggunakan kaos kaki dari bahan katun dan menghindari memakai kaos kaki yang lembab.
  • Mengganti pakaian setiap hari dengan pakaian kering. (untuk yang kos-kosan hendaknya tidak membiasakan diri memakai pakian yang tergantung berhari-hari tanpa dicuci … termasuk yang gak kos juga) :P
  • Menggunakan sepatu yang tidak lembab. (jangan lupa menjemur sepatu yaaa)
  • Mengeringkan handuk setelah setiap kali digunakan.
  • Menghindari memakai pakaian orang lain yang sedang menderita infeksi jamur kulit.
  • Mandi dengan air bersih segera setelah mandi di tempat-tempat umum.
  • Jika perlu, menaburkan bedak atau bedak anti jamur terutama di sela-sela jari kaki dan pelipatan kulit.

Semoga bermanfaat.

Leaflet (dalam format PDF 163 KB), silahkan download di sini

Artikel cetak (dalam format PDF, 390 KB), silahkan download di sini.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

 

About these ads

225 Responses to “Kadas”


  1. 1 Nayantaka Agustus 11, 2009 pukul 3:38 pm

    Masih ada to cak, penyakit kadas? Kirain udah punah bersama dengan kurap dan sebangsanya…

  2. 2 juliach Agustus 11, 2009 pukul 5:43 pm

    Pertamax, Dah lama aku tak mampir

  3. 3 juliach Agustus 11, 2009 pukul 5:50 pm

    Awal bulan april lalu aku bawa Inès gara-gara kadasan begini … diameter belum besar maksi 1/2 cm, tapi menyebar di seluruh tubuh … ampun mak merawatnya harus jeli banget … ini mungkin gara-gara kolam renang (dia kursus berenang) ato baju dalamnya (sering dia tak memakai juga) tidak menyerap keringat … dan badannya semua dibungkus dgn pakaian tebal …

    Sejak itu seminggu sekali, aku inspeksi badannya.

  4. 4 sibermedik Agustus 12, 2009 pukul 2:17 am

    maturnuwun cak, pas banget sedang stase dermatoveneral nih..Lumayan buat bahan belajar mengedukasi pasien..

  5. 5 Agus Suhanto Agustus 12, 2009 pukul 11:18 am

    sy Agus Suhanto, nemu blog ini dr mbah yahoo.Salam kenal ya… :)

  6. 6 mirza Agustus 12, 2009 pukul 3:49 pm

    Hmm, alhamdulillah amiieen, walau saya jarang mandi di bulan2 tertentu, tapi itu itu jamur alergi sama saya… :)

  7. 7 cakmoki Agustus 13, 2009 pukul 3:00 am

    @ Nayantaka:
    Masih banyak pak De :)
    Itu yang berobat, belum yang diem-diem … hehehe. Coba penjenengan lihat-2 dipinggir kolam renang, trus satu persatu diperiksa punggungnya, dijamin dapet deh…. dapet dampratan… hahaha

    @ juliach:
    Bisa jadi karena keduanya, ketularan di kolam renang atau si jamur tumbuh karena bajunya ga nyerap keringat.
    Wah, lama gak jumpa mbak … kirain lagi sibuk balapan lari ama junior :)
    Moga sehat selalu.

    @ sibermedik:
    he-eh..sing penting penjelasan ke pasien sambil becanda, biar gak sutris :)
    Kasus kulit yg bakal banyak dijumpai di praktek wis tak tulis. Mungkin perlu memelototi secara ekstra.
    Met bertugas

    @ Agus Suhanto:
    salam kenal :)
    makasih kunjungannya

    @ mirza:
    jangan-jangan ada tuh di tempat-2 tertentu yang luput dari penglihatan ;)

  8. 8 Ihsan Prawoto Agustus 13, 2009 pukul 7:21 am

    Tips yang sangat bagus cak, ini artikel bagus untuk kesehatan kulit kita. boleh saya co-pas g di artikel saya kebetulan ada artikel healthy and care…salam cak moki dari ihsan…:)

  9. 9 mirza Agustus 13, 2009 pukul 9:48 am

    Emang pernah liat????
    Jangan mengira-ngira lhoh…bisa saya adukan mencemarkan nama baik :) *qiqiqiqiq..*

  10. 10 cakmoki Agustus 14, 2009 pukul 2:52 pm

    @ Ihsan Prawoto:
    Boleh, monggo silahkan co-pas :)
    Makasih atas support dan kunjungannya

    @ mirza:
    Liat apa? … Kadas? … pernah dong… kemarin ada tuh yg dateng dengan kadas kayak kepulauan karibia …. qiqiqi :P

  11. 11 Besan Agustus 19, 2009 pukul 6:48 pm

    Bnr gak cak pngobatn kadas lbh efektif bl dlkkn dgn cara 2 minggu ptama mggunakn topikal krim kombinasi anti jamur+kortikosteroid. Lalu 2 minggu slanjutx hny topikal krim anti jamur.
    Sebelumx sy ingin mngucapkn met msambut puasa ramadhan n maaf kl byk kslhn.
    Makasih cak.

  12. 12 cakmoki Agustus 21, 2009 pukul 1:03 am

    @ Besan:
    Maaf, gak bener… alias keliru :)
    Steroid justru akan menyuburkan jamur.
    Met berpuasa juga, mohon maaf lahir dan batin dan moga senantiasa mendapatkan limpahan rahmat-Nya.
    Makasih

  13. 13 chubby September 11, 2009 pukul 8:45 pm

    dokter…
    saya menderita gatal2 di selangkangan trus merambat ke belakang sampai (maaf) pantat :(
    lalu setelah saya lihat2 ternyata di bawah (maaf lagi) payudara dan lipatan ketiak juga gatal…
    ciri2nya kulit yang gatal itu kering n mengelupas…lalu jadi merah di bagian pinggir dan menghitam di dalam…

    kemarin sudah dibawa ke dokter kulit… katanya sakit jamur… di kertas kaya rekam medis gitu ditulis T. apa gitu aku ga tau…
    kayae si T itu tinea ya….

    aku pikir awale karena kandida karena bibir vagina gatal juga… keputihan bening tapi ga bau…

    dikasi obate ketokonazol 200mg (2x sehari) sama cetirizine 10 mg (1x sehari) sama salep gatau isi apa dan sabun cair…

    minggu depan disuruh balik lagi…katane paling ga 3 minggu pengobatan…

    yang aku mau tanya…
    1. apa ini penyakit tinea saja atau kandida juga??
    2. apa pilihan obatnya sudah tepat ? (salep ga tau isi apa tapi…)
    3. penyakit ini bisa sembuh total atau bisa kambuhan??
    4. noda hitam bisa hilang ga ya??soalnya saya jd gak pd :(
    5. kira2 agar sembuh kaya dulu butuh waktu berapa lama ya dok??
    6. cara mencegah kekambuhan bagaimana??

    oia dok…saya ini endud juga…apa gara2 endud itu saya kena tinea ya??kan jadi gesek terus kulitnya n jd lembab…
    trus ternyata sebelume orang rumah ada yang kena juga…

  14. 14 cakmoki September 12, 2009 pukul 12:27 am

    @ chubby:
    wah, pinter … T itu maksudnya Tinea or kalo diteruskan Tinea corporis.
    Jawaban:
    1) Mungkin keduanya, mengingat ada keputihan juga.
    2) Pilihan obatnya sangat tepat dan bisa untuk memberantas keduanya (kalaupun nyata-nyata ada Candida).
    3) Penyakit tersebut bisa sembuh total setelah diobati sedikitnya 3-4 minggu. Kalo kena lagi berarti terinfeksi ulang, bukan karena kambuh.
    4) Noda hitam bisa dihilangkan atau setidaknya diminimalisir setelah si jamur ilang dari peredaran. Tapi sebaiknya nunggu 3 bulan setelah sembuh untuk memberi kesempatan kulit agar pulih secara alami.
    5) Sekitar 3-4 minggu.
    6) Upaya pencegahan agar tidak terinfeksi ulang udah tertulis dalam artikel di bagian akhir, yakni: UPAYA PENCEGAHAN

    Ya, salah satu pemicunya adalah faktor tersebut (ndut). Dan bisa jadi ketularan dari anggota keluarga yg lain.

    Trims

  15. 15 Huang Oktober 2, 2009 pukul 12:08 am

    mm,, kalo pengobatan buat bekas koreng gmn yaa?

  16. 16 cakmoki Oktober 2, 2009 pukul 12:14 am

    @ Huang:
    Pake obat yang mengandung obat antihiperpimentasi, misalnya hydroquinone (misalnya melanox 2%, dll). Hanya saja kadar dan kombinasinya harus ditentukan oleh dokter berdasarkan hasil pemeriksaan secara langsung sesuai dengan luasnya bekas koreng dan tekstur kulit, agar gak terjadi efek samping yg tidak diinginkan.

  17. 17 UCHICHA Oktober 16, 2009 pukul 9:07 pm

    Cak…..tu penyakit nanti , bekasnya akan hilang nggak ?

  18. 18 cakmoki Oktober 18, 2009 pukul 3:07 am

    @ UCHIHA:
    Biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan :)

  19. 19 Chandra November 19, 2009 pukul 4:44 pm

    Aku juga puseng kena tinea kruris lagi dilipatan paha. Sebelumnya pernah juga kena dan sama dokter dikasi Salep Intercon ditambah obat oral ( mungkin antobioik, totalnya lumayan mahal(:….) dan sekarang aku coba pake salep itu lagi tanpa obat oralnya krn lupa namanya, eh malah sampe habis ngga sembuh juga. Kali ini aku coba salep ketoconazole aja.
    Denger – denger kalo tablet ketokonazole tidak baik buat penderita gangguan fungsi hati ya dok?. Thanks.

  20. 20 wita Desember 3, 2009 pukul 8:36 pm

    cak kok gak dijawab?iya ketokonazole memang di metabolisme di liver, jadi untuk jangka panjang penderita dengan gangguan fungsi hati, sebaiknya dihindari.

  21. 21 wita Desember 3, 2009 pukul 8:37 pm

    ingat kata kunci jamur : telaten dan rutin mengoleskan krimnya, hindari kelembaban dan sering ganti underwear. jangan side A side B hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  22. 22 cakmoki Desember 3, 2009 pukul 11:11 pm

    @ Chandra:
    Maaf, kelewatan… kalo emang jamur, obatnya: ketoconazole 200 mg diminum 1×1 selama sedikitnya 3-4 minggu dan salep ketoconazole 2% dioleskan 2-3 kali sehari selama 3-4 minggu.
    Pengunaan ketoconazole lebih 3 bulan secara terus menerus emang dapat menimbulkan gangguan sel hati, namun bersifat reversibel, artinya sel hati akan pulih setelah obat dihentikan.
    Tims

    @ wita:
    eh…yang di atas ya… iya, kelewatan… hehehe.
    Makasih udah dijawabkan

  23. 23 fitri Desember 9, 2009 pukul 11:02 pm

    cak..aku ikutan tnya juga ya..perusahaan suamiku adain medical check up hasilnya suamiku dinyatakan tinea corporis.pnykt ini ktany udh dialaminya sejak msh kecil dah diobatin tp ga smbh2.saking pusingny mertuaku dlu prnh kasih daging monyet buat ngobatin pnykt kulit suamiku ini.tineany skrg ad di selangkangan hingga bokong.skrg suamiku pake salep benoson udh hmpr 1 th ini tp kok ga smbh2 ya dok? ap slh obt dok?trs tinea bs mnular mlalui hub.intim ga mslahny kdg2 daerah luar vaginaku srg gatal..tq dok

  24. 24 cakmoki Desember 10, 2009 pukul 2:34 am

    @ fitri:
    hahaha… udah habis berpa monyet ? *becamda*.
    Betasone bukan untuk Tinea corporis tapi untuk alergi. Jika Tinea corporis dikasih benoson, maka sementara nampak seolah menghilang namun sesungguhnya makin subur. Artinya salah :)

    Jika emang benar Tinea corporis, obatnya sudah tertuulis lengkap di artikel, yakni:
    Obat minum: Tablet Ketoconazole 200 mg, diminum 1×1 selama 3 – 4 minggu.
    Obat luar: Ketoconazole cream (merk dagang, misalnya: ketomed), dioleskan 2-3 kali sehari selama sedikitnya 3-4 minggu berturut-turut.
    Adapun untuk meredakan gatalnya, dapat menggunakan antihistamin yg salah satunya adalah: loratadine 10 mg, diminum 1×1 saat gatal aja.
    Biasanya akan menampakkan hasil setelah memasuki minggu ketiga.
    Obat yang sama dapat digunakan untuk penjenengan karena mungkin gatal di sekitar vagina tersebut merupakan penularan jamur Tinea corporis.
    Moga segera sembuh.
    Trims

  25. 25 eza Desember 14, 2009 pukul 10:02 pm

    waduh aku kna tinea kruris juga nih kira2 udah 3 bln.di lipatan paha,gatel banget kalo lagi keringatan.gak bisa nahan utk garuk.aku kasih sabun jf sulfur trus salepnya daktarin.

    yang aku tanyain kok gatel banget setiap habis diolesin salep tsb.mintanya kering terus…gimana nih cak?

  26. 26 eza Desember 14, 2009 pukul 10:06 pm

    obat apa ya yang bisa mengurangi gatalnya tinea kruris…? cucak rowoku terancam gak ya…

  27. 27 cakmoki Desember 15, 2009 pukul 1:05 am

    @ eza:
    Untuk menanggulangi gatalnya, dapat menggunakan antihistamin, misalnya: Loratadine 10 mg (merk dagang: inclarin, claritin) diminum 1×1 seharu di saat gatal aja.
    Sedangkan untuk memberantas jamurnya, diperlukan obat minum dan obat topikal (obat luar).
    Obat minum : Ketoconazole 200 mg, diminum 1×1 sehari, selama sedikitnya 3-4 minggu. Sedangkan obat luar udah bener pake daktarin. Tapi kalo pingin dalam keadaan kering, dapat menggunakan Daktarin Powder (bedak daktarin).
    Trims

  28. 28 nad Desember 22, 2009 pukul 6:19 am

    dok, mau tanya kalau Tinea Kapitis apa sama obatnya dengan yang diresepkan di atas? kulit kepala tepat di atas tengkuk saya sudah tiga bulan mengalami kerontokan sampai benar2 botak di bagian situ lumayan besar, gatal juga. ciri-cirinya persis dengan yang di atas.
    selain itu di paha saya juga ada seperti Tinea Korporis diameternya 2cm..
    sebenarnya beberapa tahun yang lalu pernah ada di kaki lumayan besar sampai 5cm, lama kelamaan menghilang sendiri tapi meyisakan noda kehitaman..

    jadi obat oral dan oles apa yang harus saya pakai, dok?
    terutama untuk daerah kulit kepala karena saya takut menyebar..
    mohon sarannya ya, dok.. makasi banyak sebelumnya :)

  29. 29 cakmoki Desember 22, 2009 pukul 12:54 pm

    @ nad:
    Obatnya sama persis.
    Tablet Ketoconazole 200 mg, diminum 1×1 sehari, sedikitnya selama 3-4 minggu.
    Krim Ketoconazole 2 % (misalnya: Ketomed cream, dll) . Dioleskan 2 kali sehari, setidaknya selama 2-4 minggu.
    Jika terasa gatal, dapat ditambahkan antihistamin, misalnya: Loratadine 10 mg (merk dagang misalnya: inclarin, claritin, clarihis, dll), diminum 1×1 saat gatal aja.
    Sedangkan pada bagian rambut, dapat menggunakan ketoconazole shampo, misalnya ketomed shampo, digunakan untuk keramas 2-3 kali seminggu.
    Jika dalam 4 minggu belum bersih, obat dapat dilanjutkan 2 minggu.

    Trims

  30. 30 nad Desember 22, 2009 pukul 5:26 pm

    makasi ni dok atas jawabannya..
    tapi saya masih bingung, jadi yang harus saya beli ketomed oral, ketomed krim, dan ketomed shampo? itu semua dibeli dimana ya dok? kalo di apotek yang kecil-kecil apa menjual?
    terus itu semua perkiraan harganya berapa? sekitar seratus ribu ya dok?

  31. 31 leni Desember 23, 2009 pukul 1:05 am

    dok, saya mau nanya, anak ku umur 5 bulan lebih muka dan dibagian punggung nya ada bintik2 merah, mungkin yang dimuka agak gatal jadi suka di kucek terus, ada yg saranin memakai lactacyd untuk bayi dan dicampurkan beberapa tetes kedalam air sewaktu mandi dan ada yang menyarankan untuk memakai salep olesan Betason-N,tanpa resep dokter.
    saya sudah membeli obat tersebut, namum suami ngak berani memakai salep tersebut ke muka anak kami. pertanyaan saya, amankah salep tersebut dipakai untuk bayi kami? karena dikertas didalam obat tersebut ada disebutkan kalau salep tersebut tidak aman bila terkena mata.
    Mohon saran nya ya dok. Trims.

  32. 32 cakmoki Desember 23, 2009 pukul 3:24 pm

    @ nad:
    Gini aja deh… yang dipakai adalah:
    1. Tablet TKetoconazole 200 mg, diminum 1×1 sehari, sedikitnya selama 3-4 minggu secara terus menerus. berarti harus beli sedikitnya 20 tablet.
    2. Tablet Loratadine 10 mg (untuk meredakan gatal), diminum 1×1 sehari di saat gatal aja. Kalo gak gatal dapat disimpan.
    3. Ketomed cream. Dioleskan 2 kali sehari, setidaknya selama 2-4 minggu.
    Ketiga obat tersebut tersedia di apotik manapun. Harganya gak sampai 100 ribu.
    Trims.

    @ leni:
    Betason-N digunakan untuk alergi dengan infeksi sekuder. Aman kalo emang sesuai indikasi medis. Tapi kalo ternyata bintik merah tersebut adalah jamur, maka betason-N justru akan mempersubur bintik merah.
    Untuk memastikan jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim foto bintik merah dikulit (3 foto) agar dapat diketahui penyakitnya sehingga dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  33. 33 tatang Januari 22, 2010 pukul 11:27 am

    dok…ditelapak tangan saya timbul bintil-bintil putih seperti kutu air, tapi kecil2,gatal,tapi kalo dipencet tidak bisa pecah, karena sepertinya bintil2 itu dari dalam kulit, apalagi kalo lagi stress, tambah banyak dan gatal tapi hanya ditelapak tangan saja, setiap minum obat gatal seperti ctm, ato incidal od, mengempis, lalu mengering dan mengelupas,tapi kalo stress,muncul lagi, sebetulnya ini penyakit kulit apa ya dok,kok cuma gatalnya ditelapak tangan saja…apa lantaran gejala mau dapet duit ya pak dok…hehehe*becanda*
    terima kasih banyak ya pak dok atas jawabannya

  34. 34 cakmoki Januari 23, 2010 pukul 12:38 am

    @ tatang:
    jika berhubungan dengan stress, kemungkinan dermatitis alergika… ato mungkin kebanyakan ngitung duit…hahaha *becanda juga*.
    Untuk memastikannya, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Sambil nunggu foto, untuk sementara dapat menggunakan Salep desolex atau apolar, dioleskan 3 kali sehari.
    Sedangkan untuk meredakan gatalnya, dapat menggunakan Loratadine 10 mg, diminum 1×1 saat gatal aja.
    Trims

  35. 35 Nona Januari 27, 2010 pukul 8:20 pm

    Dok,
    1.setelah 3 minggu pengobatan dengan ketokonazole tablet dan salep, tinea cruris tersebut ciri2 penyembuhannya seperti apa? (Agar tahu bila perlu ke dokter lagi atau tidak)
    2.Ciri infeksi ulang seperti apa? (Apa karena digaruk kulit jd terasa menebal)
    3.Penggunaan ketokonazole bisa mencegah penyebaran ke area kulit lain tidak?
    4.Bila hanya bermasalah ketombe biasa (kadang ada kadang tdk), bisa menggunakan ketomed shampo tidak? Apa lebih baik drpd penggunaan sampo anti ketombe yg komersil?
    5.Oia dok, bedanya obat paten mycoral dan obat generik ketokonazole apa? Khasiatnya sama saja?
    6.Sakit t.kruris apa perlu pemakaian sabun khusus?
    7.Terima kasih banyak dok.

  36. 36 cakmoki Januari 28, 2010 pukul 2:28 pm

    @ Nona:
    1) Ciri kesembuhan: bercak jamur menipis, batasnya manjadi halus, dan hanya tersisa bekasnya saja.

    2) Infeksi ulang artinya terinfeksi jamur baru dengan tanda-tanda seperti awal infeksi jamur, yakni bercak bebatas tegas yang bisa menggabung dan menyebar terutama jika kena keringat atau lembab.

    3) Bisa.

    4) Bisa pake ketomed. Ya, lebih bagus dari shampo komersial karena ketomed mengandung anti jamur sedangkan yang komersial tidak mengandung anti jamur.

    5) khasiatnya sama. yang beda hanya harganya.

    6) Tidak perlu sabun khusus.

    7) Sama-sama, makasih juga telah berbagi

  37. 37 alex Januari 29, 2010 pukul 9:21 pm

    mau tanya cak..
    spertinya saya kena t krusis, bercak hitam n gatal di daerah slangkangan, tapi kadang mengeluarkan cairan yg agak bau, apakah memang sperti itu?
    ketika sy ke dokter, mrk memberi obat cair, diresi saya baca LOCOID SCALP LOT 20ml, apakah itu memang obatnya?
    skrng obatnya habis, sy menggantinya dgn ketoconazole 2%.
    apakah pilihan obat saya tepat? jika sy tmbh dgn bedak daktarin atau bedak sulfur tidak mengapa?

  38. 38 cakmoki Januari 30, 2010 pukul 1:50 am

    @ alex:
    Ya, bener. Kalo emang T. kruris seperti nampak dalam gambar, salah satu obatnya adalah ketoconazole tablet dan topikal (salep, krim), digunakan selama sedikitnya 3-4 minggu.
    Boleh ditambah bedak daktarin yg sekaligus menjaga agar tidak lembab.
    Moga segera sembuh. Terimakasih

  39. 39 Alex Januari 30, 2010 pukul 1:16 pm

    bagaimana dengan Locoid scalp lot itu??
    terus bagaimana agar tidak mengeluarkan cairan lengket dan berbau itu ??

  40. 40 cakmoki Januari 30, 2010 pukul 3:14 pm

    @ Alex:
    Locoid untuk dermatitis alergi, bukan untuk jamur…makanya sengaja ga saya singgung :)
    Untuk memastikan jenis penyakitnya sebaiknya kirim foto via email (kalo berkenan) seperti posting saya yg terbaru.
    Alamat email: cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  41. 41 Gaza Akhmad Februari 5, 2010 pukul 3:27 pm

    sepertinya saya juga mengidap tinea kruris di selangkangan, bentuknya seperti pulau2, T.T gatal. Bulat, tengah2nya kyk sembuh gtu tp gelap, pinggir2nya kmerah2an dan kdang membesar.
    Kemarin dkasih antibiotik merk nisagon (k0mp0sisi betamethason 17 valerate, neomycin sulfate). Tp gag sembuh2.
    Skarang mulai pakai ketokonazole.
    Saya sgt cemas area jamurnya menyebar hingga ke dubur dan alat vital, apakah mungkin?
    Pmakaian ktk0nazole (salep) apakah berefek samping?
    Bgmana nanti menghilangkan bekasnya?
    Mkasih byk bgt. Sy akan update terus site ini.

  42. 42 Shinta Februari 5, 2010 pukul 6:09 pm

    cakmoki,

    menggunakan bedak anti jamur setiap hari sebagai upaya pencegahan terkena jamur, aman nggak buat kulit yang sehat?

    Terima kasih :)

  43. 43 cakmoki Februari 5, 2010 pukul 6:21 pm

    @ Gaza Akhmad:
    Jika benar T. corporis, obatnya adalah:
    Tablet Ketoconazole 200 mg, diminum 1 x1 selama sedikitnya 3-4 minggu.
    Salep atau krim Ketoconazole 2% dioleskan 2-3 kali sehari selama 3-4 minggu.

    Efek samping ketoconazole diantaranya: sakit kepala, mual dan gangguan pencernaan lainnya, iritasi, rasa panas, dll.

    Untuk meminimalisir bekasnya dapat menggunakan obat topikal (obat luar), tapi menunggu 1-3 bulan setelah sembuh agar kulit mempunyai kesempatan memulihkan diri. Kalo setelah 3 bulan bekasnya ternyata gak begitu nampak, maka tidak perlu obat.

    Terimakasih

    @ Shinta:
    Maaf, tidak benar, mbak. Bedak anti jamur untuk pengobatan, bukan untuk pencegahan. Dikhawatirkan malah menimbulkan resisten (kebal).
    Pencegahannya cukup dengan mengikuti Tips Pencehagan pada bagian akhir artikel.
    Makasih :)

  44. 44 jimmy Februari 17, 2010 pukul 1:31 am

    apakah jenis ubat tinea krusis untuk mdptkan suntikan yg sesuai cak? br2 nie sy pegi klinik, doktor bg ubat pil, krim, sabun tp masih lg gagal ubati adik sy. sy suruh dok bg suntikan, dok ckp tiada ubat suntik tuk tinea krusis?? malah ubatnya mahal bangat… Diharap pandangan cak dpt mbantu adik sy, skian.

  45. 45 nona Februari 17, 2010 pukul 9:37 am

    Dok, mo tanya lagi ya:
    1. T.kruris ini dinyatakan sembuh bila keadaannya bgmn? Karena saya sdh msk minggu ke 4 pengobatan dgn ketokonazole.
    2.Kapan saya bisa berhenti memakai dan meminum obat, skr kulitnya mnrt saya sdh cukup sehat, infeksi sdh tipis, tinggal bekas lukanya saja.
    3. Apakah aman jika obat diminum terus? Skr saya kurangi dosis nya jd 1x sehari boleh?
    4. Bagaimana cara menghilangkan bekas lukanya?
    5. Thanks 4 ur help.. :)

  46. 46 cakmoki Februari 17, 2010 pukul 1:00 pm

    @ jimmy:
    Gak ada obat suntikan khusus untuk Tinea cruris.
    Obatnya seperti tertera di atas, yakni:
    Obat minum: Tablet Ketoconazole 200 mg, diminum 1 x1 selama sedikitnya 3-4 minggu.
    Obat Topikal (luar): Salep atau krim Ketoconazole 2% dioleskan 2-3 kali sehari selama 3-4 minggu.
    Trims

    @ nona:
    1) Sembuh bila sudah rata, tepinya tidak menonjol, dan kulit bekas tinea cruris menipis.

    2) Obat dapat dihentikan setelah 4 minggu. Selanjutnya, biarkan bekas bercak tinea cruris selama sekitar 3 bulan untuk memberi kesempatan kulit memulihkan diri secara alamiah.

    3) Kalo dah 4 minggu, hentikan aja. Dosisnya emang hanya sekali sehari (dosis minimal), kecuali pada tinea cruris yg berat, dapat diminum 2×1 sehari.

    4) Seperti jawaban no 2, biarkan bekas bercak tinea cruris selama sekitar 3 bulan untuk memberi kesempatan kulit memulihkan diri secara alamiah. Sementara tidak perlu obat agar tidak terjadi iritasi ataupun hipersensitif pada kulit yang masih baru pulih.

    5) Thanks

  47. 47 ambar Februari 18, 2010 pukul 10:28 am

    cakmoki mw nanya nie, sya gtw apa nama penyakit ini. dulu wktu smp kelas 3 selangkangan terasa gatal n timbul bintil2 kyk jerawat gitu,saya obatin aja pake bedak salycyl. nah smpe skarang bintil nya udah ilang tapi sekarng selangkangan jdi berubah hitam kering n jika dalm kondisi habis mndi (basah)jika digosok akan mengekuarkan daki (mengelupas) tpi dakinya ga brwrna itam. terutama kulit dilipatan paha dalam antara vagina n paha yg paling kerasa atau sering gatal. apa ini termasuk tinea cruris ?? trus aman ga kalau mengkonsunsi ketokonazole ?? tolong dijawab ya :D

  48. 48 ambar Februari 18, 2010 pukul 10:35 am

    pnyakit ini udah lama trjadi kira kira 5 tahun lah. tapi gatalnya ini ga parah n skarang juga jarang gatal. gatal hanya pada saat kondisi berkeringat n karena daerah tersebut tiap hari saya bersihkan dengan memberikan lulur sehingga kulit yg mengelupas td ter angkat n bersih. tpi masalahnya daki (kulit mengelupas) selalu ada setiap hari ketika saya bersihkan.
    saya prnah kedokter n ktanya cma jamur n dikasi obat tp lupa namanya tpi sembuh cm pas make obt itu, pas brenti yah kambuh lg. tolong djawb yah makasieee :)

  49. 49 cakmoki Februari 18, 2010 pukul 3:51 pm

    @ ambar:
    Kalo emang benar jamur sebagaimana yg dikatakan dokter, bisa diobati hingga sembuh.

    Obatnya seperti tertera di atas, yakni:
    Obat minum:
    Anti jamur: Tablet Ketoconazole 200 mg (merk dagang bebas memilih), diminum 1 x1 selama sedikitnya 3-4 minggu.
    Pereda gatal: antihistamin, misalnya: tablet loratadine 10 mg atau cetirixine 10 mg (merk dagang bebas memilih), diminum 1×1 sehari di saat gatal aja.
    Obat Topikal (luar): Salep atau krim Ketoconazole 2% (misalnya: ketomed atau mycoral), dioleskan 2-3 kali sehari selama 3-4 minggu.

    Untuk pencegahan kekambuhan, silahkan baca tips pada artikel di atas.
    Trims

  50. 50 mr.rie Maret 1, 2010 pukul 8:36 am

    makasih mas… atas artikelnya…
    n_n

  51. 51 cakmoki Maret 1, 2010 pukul 2:36 pm

    @ mr.rie:
    sami-sami ^_^

  52. 52 ogi dong dong Maret 4, 2010 pukul 1:02 am

    Cakmoki
    saya mau tanya
    dibagian lipatan paha dan ketiak
    saya berwarna coklat kemerah2an dan setiap berkrngat menimbulkan daki dan bau yang tak sedap
    penyakit ini saya derita kra2 sdh 5thn
    sudah sering saya obati dan konsultsi tapi tetep juga ga hilang2
    kra2 obatny ap ya
    mohon bantuany trimaksih

  53. 53 cakmoki Maret 4, 2010 pukul 12:59 pm

    @ ogi dong dong:
    Andaikata karena jamur, penyakit tersebut dapat diobati hingga tuntas sesuai dengan tatacara pengobatan sebagaimana tertulis di artikel.
    Namun, untuk memastikan apakah penyakit tersebut jamur atau bukan, sebaiknya periksa ke dokter atau setidaknya dapat melalui forum ini dengan mengirimkan foto via email.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  54. 54 roens Maret 22, 2010 pukul 9:11 pm

    Cak,setelah konsul ma dokter kulit dan akhirnya diberi obat ketokonazole oral dan salep. Pada awal pemakaian sih enak,gatal berkurang, tapi pas masuk hari ke-4 gatal kembali menjadi dan puncaknya pada hari ke-18. Saudara saya pernah gatal2 diselangkangan dan di obati klpanak dengan sekali dosis(disemburkan) langsung sembuh. Akhirnya disela2 terapi ketokonazole saya olesi juga kalpanak, perihnya minta ampyun, tapi 2 hari kemudian gatal hilang dan langsung kering. Masuk hari ke-25 kok saya mulai gatal lagi, padahal pemakaian kalpanak dan ketokonazole masih berlanjut. Apa yang harus saya lakukan cak?Terapi ketokonazole bukannya 3-4 minggu. Mungkinkah penyakit gatal di selangkangan saya dimulai ketika istri saya keputihan kemudian ada luka di kemaluan saya sehingga jamurnya menular ke saya, kalo yang ini gejalanya seperti apa cak?

    Trims

  55. 55 roens Maret 22, 2010 pukul 9:26 pm

    oh iya cak mo nyanya lagi..klo seandainya terapi ketokonazole setelah mencapai 6 minggu tidak ada hasilnya, kira2 apa yang harus saya lakukan lagi?
    trims cak

  56. 56 cakmoki Maret 23, 2010 pukul 1:45 pm

    @ roens:
    Untuk menanggulangi gatalnya, dapat menggunakan antihistamin, misalnya: loratadine 10 mg atau cetirizine 10 mg, diminum 1×1 hingga ga gatal lagi.

    Andai dulunya ketularan istri saat keputihan, seyogyanya istri juga diobati hingga tuntas agar tidak terjadi efek pingpong (saling menularkan)… namun jika istri udah sembuh, maka istri gak perlu obat.

    Jika setelah pemakaian ketoconazole hingga 6 minggu belum menamapkkan hasil sesuai harapan, sebaiknya kontrol ke dokter kulit. Dengan begitu akan dicek ulang apakah ada penyakit lain selain jamur.

    Moga segera sembuh… Makasih

  57. 57 Chiby Maret 31, 2010 pukul 11:04 pm

    dok mo tanya dunk saya mengalami gatal-gatal didaerah selangkangan..tapi saya ragu ini apa…? kalo baca-baca sih kayaknya kena tinea cruris (ciri2nya kulit yang gatal itu kering n mengelupas…lalu jadi merah di bagian pinggir dan menghitam di dalam)
    pertanyaan ke-1.kok rasa gatal itu dateng padahal saya tidak dalam keadaan berkeringat..?? saya pakai obat kalpanak cream tapi gatalnya tetep aja ada..
    pertanyaan ke-2. apakah benar saya terkena tinea cruris ?
    pertanyaan ke-3. jika ternyata saya bukan terkena jamur apakah pemakaian obat anti jamur yang digunakan malah menimbulkan jamur ?

    Trims atas jawabannya

  58. 58 cakmoki April 1, 2010 pukul 3:11 pm

    @ Chiby:
    1 & 2 ) Untuk memastikannya, perlu pemeriksaan langsung karena pandangan mata awam beda dengan dokter. Atau kalo berkenan, setidaknya dengan foto melalui email.
    Keluhan yg tertulis di artikel tidak semuanya sama persis dengan yg dialami setiap orang walau penyakitnya sama.

    3) Tidak.

    Makasih :)

  59. 59 Rita April 14, 2010 pukul 10:30 pm

    Dok, di pipi anakku (1 thn) kok ada bercak putih2 ya ? apa itu panu/kadas? ada saleb yang aman untuk usia anakku?

    Thanks

  60. 60 cakmoki April 15, 2010 pukul 12:25 am

    @ Rita:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Untuk anak, mohon disertakan berat badan. Ini penting kalau-kalau diperlukan obat minum.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  61. 61 bankzenk April 21, 2010 pukul 5:57 am

    halo pak dokter,blh nanya dikit ya

    apakah penyakit kadas bisa sembuh hanya dengan meminum obat ketoconazole?
    trims

  62. 62 cakmoki April 21, 2010 pukul 12:50 pm

    @ bankzenk:
    halo …
    Bisa dong :)
    Obat minum : ketoconazole dan krim ketoconazole 2%, sedikitnya 3-4 minggu.
    trims

  63. 63 bankzenk April 21, 2010 pukul 7:35 pm

    pak dokter,tanya lagi,yang oral udah bener,tapi yang krim saya make yang miconazole. Bagaimana pak dokter? apakah sama aja atau harus ganti yang krimnya?

  64. 64 bankzenk April 22, 2010 pukul 6:36 am

    oiya kelupaan,pas pertama saya make krim miconazole,ampuunnnn,gatalnya bukan main,tapi pada hari kedua dan seterusnya biasa saja. jadi apakah sudah bener nama krim yang saya pake dok?

    sebelumnya makasih banget jawabannya

  65. 65 cakmoki April 22, 2010 pukul 12:49 pm

    @ bankzenk:
    ga papa…udah bener..yang penting keduanya digunakan sedikitnya 3-4 minggu..
    selamat berjuang menghilangkan kadas :D
    Makasih

  66. 66 erwin April 29, 2010 pukul 12:10 am

    dok, mau tanya, daerah selangkangan saya pernah gatal2 dan ciri2 nya mirip kayak yang di atas. tapi ini dari waktu saya smp (sekarang kuliah), sekarang kadang2 doang gatalnya tapi tidak sampai merah2 gituu (gatalnya juga tidak parah, cuma berasa gatal sedikit), tapi selangkangan saya masih ada bekas hitam gitu, kira2 pakai obat apa ya dok? dan untuk menghilangkan bekas hitamnya apa bisa pakai salep ketomed itu doang (tidak usah pakai obat minum)? thx dok :)

  67. 67 cakmoki April 29, 2010 pukul 2:29 pm

    @ erwin:
    Kalo masih ada keluhan, gatal atau kemerahan, berarti masih ada jamurnya. Perlu obat lengkap, yang diminum dan obat yg ioleskan sebagaimana diskusi-2 sebelumnya.
    Bekasnya belum boleh diobati jika masih ada jamurnya.
    Lagipula, bekas hitam akan menjadi samar dengan sendirinya jika jamurnya udah sembuh, sekitar 3 bulan setelah gak ada lagi jamurnya.
    Ketomed adalah anti jamur, bukan obat untuk menghilangkan bekas gatal.
    Makasih :)

  68. 68 Erwin April 30, 2010 pukul 7:40 am

    Ok dok. Thank’s bangettttttt hihihi

    oh iyaa kalo obat oralnya merk apa ya dok? Soalnya tar aku bingung bilangnya di apotek heheheh *maap banyak tanya dok hehe*

    thank’s dok :)

  69. 69 cakmoki April 30, 2010 pukul 4:35 pm

    @ Erwin:
    walah, kirain dah baca diskusi sebelumnya..ok, sy copy-paste:
    Obatnya:
    Obat Minum:
    Anti jamur: Tablet Ketoconazole 200 mg, diminum 1×1 selama sedikitnya 3-4 minggu.
    Antihistamin, untuk meredakan gatal (jika gatal), misalnya: Loratadine 10 mg atau cetirizine 10 mg, diminum 1×1 saat gatal aja.

    Obat topikal (obat luar):
    Ketoconazole 2%, misalnya krim Ketomed atau krim Nizoral, dan sejenisnya. Salah satu dari obat tersebut dioleskan 2 kali sehari, selama sedikitnya 3-4 minggu hingga sembuh.

    Makasih

  70. 70 valent Mei 4, 2010 pukul 10:34 pm

    ajriit ni artikel berguna banget…
    gw kena penyakit ini nih…

    gara2 gw dah 4x renang males bilas…
    wkwkwkwk…

    gw minum yg 200mg ama salebnya..
    klo biar ga gatal beli obat apa cak..?
    kasih beberapa opsi ya..

    punya id kaskus ga cak..? pengen gw lempar cendol

  71. 71 valent Mei 4, 2010 pukul 10:37 pm

    oh iya cak..
    mo tanya lagi

    salebnya enaknya pake
    ketomed apa Ketoconazole
    (harganya mahal ketomed)

    obat gatalnya namanya Loratadine 10 mg atau cetirizine 10 mg
    bener ya cak..?

  72. 72 cakmoki Mei 5, 2010 pukul 1:50 am

    @ valent:
    Ya bener :)

  73. 73 bimo Mei 6, 2010 pukul 9:58 am

    cak klo ini termasuk tinea corporis ga..?
    http://i40.tinypic.com/1195n54.jpg

  74. 75 cakmoki Mei 7, 2010 pukul 3:05 am

    @ bimo:
    nampaknya dermatitis alergika

  75. 76 bimo Mei 7, 2010 pukul 12:09 pm

    obatnya apa cak..?

  76. 77 cakmoki Mei 7, 2010 pukul 4:24 pm

    @ bimo:
    obat minum, antihistamin, misalnya: loratadine 10 mg atau cetirizine 10 mg, diminum 1×1 sehari hingga bercak tersebut reda.
    Obat topikal (obat luar), misalnya krim Apolar atau krim Desolex, diolaskan 2-3 kali sehari hingga sembuh.
    Selanjutnya tunggu hasilnya setelah seminggu.
    Moga segera sembuh. Trims

  77. 78 vry Mei 8, 2010 pukul 4:02 am

    pak dokter.. merk dagang masing2 ketoconazole baik yg tablet maupun yg cream, dg kualitas bagus dan harga relatif murah apa y? lalu sekitar brapa ribu, harganya? terus, ama obat anti gatalnya juga ya dok.. thx.. matur nuwun.. tlng d jawb yah..

  78. 79 cakmoki Mei 9, 2010 pukul 5:22 am

    @ vry:
    Semua yang merk dagang harganya mahal karena ada biaya produksi, biaya promosi, dan biaya-biaya lain yang dibebankan kepada pasien… dengan begitu harga obat menjadi sangat mahal. Jatuhnya bisa ratusan ribu.
    Karenanya, sebaiknya pake yg generik aja. Kualitas generik yg bagus adalah buatan Kimia Farma. Kalo generik, gak ada biaya promosi dan biaya-biaya lain, jadinya murah.

    Makasih

  79. 80 vry Mei 10, 2010 pukul 2:15 am

    iya.Cak.Soal na aye anak kost.. jd nyari apa2 kudu yg murah kalo gak aye kurang makan gara2 tuh obat..

  80. 81 cakmoki Mei 10, 2010 pukul 3:32 pm

    @ vry:
    Ok, walaupun udah kerja dan banyak duit … sebaiknya tetep pake yg murah dan manjur, sesuai indikasinya :)

  81. 82 Lianxz Mei 14, 2010 pukul 5:46 pm

    Dok, Saya kena t.cruris…
    ap ada obat luar yg berbentuk cair*bkan krim* / bedak gitu?
    n kira” harganya berapa yah dok…

    Thankss

  82. 83 cakmoki Mei 15, 2010 pukul 12:45 am

    @ Lianxz:
    Ada.
    1) Exoderil Lotion, harga sekitar Rp 50.000,-
    2) Ketomed Gel, harga sekitar Rp 20.000,-
    3) Lotremin Cair, harga sekitar Rp 30-40.000,-
    Kalo di apotik mungkin lebih tinggi dari yg tercantum di atas.
    Thanks

  83. 84 ajoe Mei 17, 2010 pukul 3:55 pm

    dok,
    1. kenapa tinea cruris itu lebih sering terjadi pada laki2?
    2. kenapa pada candidiasis itu terdapat lesi satelit, sedangkan pada tinea cruris tidak ada?
    3. kapan digunakan obat antijamur sistemik?
    terimakasih dok,
    *buat tambahan jawab PR responsi :)

  84. 85 ajoe Mei 17, 2010 pukul 3:59 pm

    tambahan lagi
    4) golongan azol itu kan punya efek samping hepatotoksik,
    kapan sebaiknya digunakan golongan azol?
    5) bagaimana penggunaan golongan azol pada pasien dengan kehamilan?

    matur suwun sanget dok..
    maap nambah pertanyaan..hehehe
    :)

  85. 86 cakmoki Mei 18, 2010 pukul 1:35 am

    @ ajoe:
    1) Tidak pernah disebutkan dalam referensi mengapa pria 3 kali lebih banyak menderita T cruris dibanding wanita. Menurut saya, kemungkinan karena : (a) aktifitas dan mobilitas pria relatif lebih tinggi daripada wanita, dan (b) mungkin karena wanita lebih memperhatikan hygiene dibanding pria.

    2) Lesi satelit pada Candidiasis karena terbentuknya vesikel-vesikel di bagian tepi jamur.

    3) Secara umum, obat antijamur sistemik diberikan bila: (a) pengobatan topikal gagal atau resisten terhadap obat topikal, (b) lesi luas, (c) sering rekuren (d) dijumpai tanda mikosis sistemik.

    4) Jika tinjauannya hanya pertimbangan hepatotoksik, maka golongan azol diberikan jika tidak ada gangguan fungsi liver.

    5) Pada pasien dengan kehamilan, golongan azol dapat diberikan yang topikal.

    Jawabannya saya ringkas. Selebihnya silahkan dibaca lagi di Texbook :)

    Makasih

  86. 87 Lianxz Mei 18, 2010 pukul 6:17 pm

    Cak,ap ketomed gel itu sama yang untuk ketombe pnya?

  87. 88 cakmoki Mei 18, 2010 pukul 11:53 pm

    @ Lianxz:
    isinya sama, yakni ketoconazole

  88. 89 Lianxz Mei 20, 2010 pukul 2:03 pm

    Cak, itu obat nya d olesin aj yah?
    kan obatnya bisa mengeluarkan busa , jadi d olesin mpe berbusa ato bagaimana??

    n setelah d pakai beberapa hari koq sepertinya tepi” nya itu yg sebelumnya merah” seperti menghitam bgitu yah cak?

    Thanks Before.. :)

  89. 90 Lianxz Mei 20, 2010 pukul 9:04 pm

    Oh iy cak, koq stelah saya kasi ketomednya ini terasa perih ya?

  90. 91 cakmoki Mei 21, 2010 pukul 2:59 am

    @ Lianxz:
    Dibilas kayak makae shampo yg lain…
    iya… ntar secara berangsur akan pulih dan perihnya akan berkurang. Untuk itu, kalo bisa mbilasnya pelan-pelan dan diusahakan jangan digaruk supaya gak lecet yg akan menimbulkan perih dan membekas.
    makasih

  91. 92 Nani Purwanti Mei 23, 2010 pukul 9:50 pm

    Asw cak moki,,numpang nanya ya cak.. Sy kena T.corporis dah abis ketoconazole 4 strip. Awal mula minum nya 3×1 coz ga tw,hehe..di strip 1 ada perubahan trus brenti. Dah selang 2mggu minum lg 1 strip dg dosis yg sama trus brenti lg. Nah minum lg dah abis 2 strip pe skrg dosis ny 1×1 tp knapa sama aj ya cak? Ga da perubahan, apa jd kebal krna ga tratur? Trus sy jg olesin ketoconazole krim 2% tp koq malah reaksi kadas ny jd tambah kemerahan n menonjol ya dr keadaan smula? Jd sy hentikan pemakaian krim ny. Trus cak bisa gak obat oral ny dganti dg yg laen misal ap ya cak? Klo griseofulvin atw miconazole atw itraconazole atw ad pilihan lain cak yg lebih bgus? Bis ga ilang2 cak dr lengan malah merambat ke bokong, paha n betis,,aduuh jd bingung deh… Mohon bantuan ny ya cak? Makasih bgt..

  92. 93 cakmoki Mei 25, 2010 pukul 1:27 am

    @ Nani Purwanti:
    Assalamu’alaikum…
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Saya tunggu.
    Terimakasih
    Wassalam

  93. 94 Lianxz Juni 5, 2010 pukul 6:09 pm

    Cak, Terima kasih ya…
    skrg sudah gag gatal” lagi…
    setelah kulit” yg terkena T.cruris kemaren mengelupas sudah tidak ada masalah lagi… :)

    Sukses Cak…

  94. 95 cakmoki Juni 6, 2010 pukul 12:10 am

    @ Lianxz:
    Sama-sama. Terimakasih juga, telah berbagi. :)

  95. 96 Ace Juni 8, 2010 pukul 11:21 pm

    Cakmok, sudah semggu sy obatin pnykt panu yg dpunggung sy menggunakan canesten yg kandunganya klotrimazol. Pertanyaan saya :
    1. Boleh g sy ganti obat topikal myconazole krim 2% yg generik dan sy truskan smpai 2-3 mggu kedpan?
    2. Bagus mana cak antara myconazol, klotrimazole, dan ketokonazole?
    3. Apakah pengobatan scr oral diharuskan?
    Trima kasih banyak cakmok atas jawabanya.

  96. 97 cakmoki Juni 9, 2010 pukul 12:47 am

    @ Ace:
    1) Boleh.
    2) Bagus Ketoconazole
    3) Sebaiknya iya :)
    Makasih

  97. 98 Husny Juni 11, 2010 pukul 10:25 am

    cakmoki, sy kena tinea pedis dan sudah dlm masa pengobatan selama 10 hari dengan ketokonazole tab & salep. Biasa nya lama minimal & maksimal berapa hari sih cak?
    suwon info nya ya cak

  98. 99 Husny Juni 11, 2010 pukul 10:27 am

    maksud e lama pengobatan minimal & maksimal cak.

  99. 100 cakmoki Juni 11, 2010 pukul 2:59 pm

    @ Husny:
    Udah tertulis di artikel, minimal 3-4 minggu. Maksimalnya 6 minggu. :)
    Makasih

  100. 101 ana Juni 25, 2010 pukul 5:45 pm

    cak..kl minum obat oral ketoconazole itu pada saat menyusui boleh nggak? tx

  101. 102 ana Juni 25, 2010 pukul 5:50 pm

    satu lg cak…gimana caranya menghilangkan bekasnya? tx

  102. 103 cakmoki Juni 25, 2010 pukul 11:41 pm

    @ ana:
    Boleh dan aman bagi ibu menyusui maupun ibu hamil.
    Bekasnya ntar akan hilang atau menjadi samar dengan sendirinya setelah 3 bulan… Justru kalo pake obat-2 antihiperpigemtasi malah beresiko iritasi.
    Makasih

  103. 104 Angie Juli 6, 2010 pukul 11:25 am

    cak.. infonya berguna banget deh. saya boleh nanya lebih lanjut kan? suami saya ada bercak putih yang menebal di lipatan bokongnya. juga ada di sela jari kakinya. apakah itu kadas?
    kalau memang kadas, pengobatannya seperti yang disebutkan sebelumnya yaaa? trims jawabannya :)

  104. 105 Angie Juli 6, 2010 pukul 11:43 am

    dari ciri diatas itu kadas atau kandidosis intertigrinosa ya cak? karena penebalan kulit warna putih itu ada di sela jari kaki kelingking. dan di lipatan bokongnya.
    kalau memang itu kandidosis intertigrinosa, pengobatannya bagaimana ya cak?
    trims jawabannya

  105. 106 cakmoki Juli 6, 2010 pukul 5:21 pm

    @ Angie:
    Untyuk menentukan jenis penyakit kulit (yg jenisnya ribuan), harus dilihat langsung atau setidaknya melalui foto. Begitu juga untuk membedakan antara kadas Tinea corporis dengan Candida.. itupun kadang masih perlu pemeriksaan Lab untuk memastikannya jika bentuknya (eflurosensi) kurang spesifik.

    Kalo Kadas, obatnya seperti di atas, sedangkan
    candida intertriginosa obatnya macam-macam. Dosis dan lamanya penggunaan bergantung pada jenis obatnya. Itupun hasrus dipastikan apakah benar candida intertriginosa atau bukan.

    Makasih

  106. 107 Husny Juli 15, 2010 pukul 4:36 am

    cak, sy udah melakukan pengobatan tinea pedis dengan minum tablet ketoconazole dan salep selama 6 minggu dan udah kelihatan hasil kesembuhan kira2 90%. jadi tinggal 10% lagi. apa saya masih boleh melanjutkan minum tablet ketoconazole sampai sembuh ? atau hanya melanjutkan dengan menggunakan salep ketoconazole.
    trims infonya cak

  107. 108 cakmoki Juli 15, 2010 pukul 12:58 pm

    @ Husny:
    Untuk menuntaskannya cukup dengan Salep ketoconazole saja.
    Terimakasih

  108. 109 husny Juli 22, 2010 pukul 11:20 pm

    cak moki trims infonya ya, sekarang tinea pedis saya udah hilang.

  109. 110 cakmoki Juli 23, 2010 pukul 12:54 am

    @ husny:
    Makasih juga …. alhamdulillah, saya ikut senang mendengarnya :)

  110. 111 Hanif Juli 26, 2010 pukul 11:36 pm

    Menurut artikel di sini
    http://doktersehat.com/2010/05/03/apa-itu-kurap-atau-kadas/
    kadas dan kurap sama. Bisa tolong dijelaskan?

  111. 112 cakmoki Juli 27, 2010 pukul 11:45 pm

    @ Hanif:
    emang sama …. itu hanya sola bahasa masing-masing daerah… kadas adalah bahasa Jawa sedangkan kurap adalah bahasa Indonesia.
    Silahkan baca artikel di atas pada paragraf pertama…disitu tertulis: kadas atau kurap.
    Makasih

  112. 113 Dhani Juli 31, 2010 pukul 3:42 pm

    Saya ternyata punya penyakit itu juga, dok. Kumat-kumatana penyakitnya, tergantung mood saya. Maksudnya kalo saya lagi rajin (rajin bersih-bersih dan berobat), penyakit sembuh. Tapi kalo lagi jorok, penyakitnya kambuh. Di lipatan ketiak n lipatan paha kalo saya kasih salep cepat hilangnya. Pertanyaan saya…
    1. Dibagian bokong itu udah sembuh hanya gatal2 sedikit, tapi bekasnnya itu mengganggu sekali kalo dilihat. Gimana cara menghilangkannya?
    2. Salep sudah pake ketanozole 2%, dengan berbagai merk tapi kandungannya sama. Kalau obatnya saya minum dextamine. Boleh gak?
    3. Ketanazole 200 mg, nama merk obatnya apa?
    Demikian, mohon bantuannya…

  113. 114 cakmoki Juli 31, 2010 pukul 11:37 pm

    @ Dhani:
    1) Bekas nya dapat diobati setelah penyakit utamanya bener-bener sembuh. Kalau enggak, percuma ngobati bekasnya.

    2) Gak masalah tentang merk obat, yang penting isinya ketoconazole 2%. Dextamine jangan diminum karena mengandung steroid, ntar malah menyuburkan jamur-nya. Kalo gatal, pake tablet loratadine 10 mg ato citerizine 10 mg, diminum 1×1 di saat gatal aja.

    3) Merk apapun boleh dipakai, yang penting isinya ketoconazole 200 mg, diminum 1×1 selama sedikitnya 3-4 minggu, terus menerus.

    Makasih

  114. 115 ina Agustus 1, 2010 pukul 2:39 pm

    cak moki, sy punya masalah dengan bercak2 putih ditangan saya. mulai saya sd sampai sekarang punya 2anak, dulu sempat ilang waktu smp, trus gak lama keluar lagi, sekarang klu kena siar matahari guatalnya nauzubila deh rasanya. dulu sudah sering q periksain ke dokter spesialis tp hasilnya ndak ada.katanya sih semacam kadasan, tp q binggung kok ngak sembuh2, trus dokter satunya bilang karena faktor setres ????? apa iya cak moki, dulu awalnya sewaktu saya sd, berenang sama temen2 saking asiknya saya berenang mulai pagi ampe sore dibawa terik matahari, dan waktu itu menggunakan sunblok, akhirny saking lamanya saya berenang, kulit saya jadi mengelupas,dan itu lah awal dari semuanya, trims ya cak moki sebelumnya, mungkin klu cak moki tau obat yg cocok buat saya apa ya??

  115. 116 cakmoki Agustus 1, 2010 pukul 5:16 pm

    @ ina:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Saya tunggu.
    Terimakasih

  116. 117 ina Agustus 4, 2010 pukul 6:29 pm

    maaf ya cak moki baru bisa kirim fotonya siang tadi,menurut pendapat cak moki bagai mana, terimakasih sebelumnya

  117. 118 cakmoki Agustus 5, 2010 pukul 2:35 am

    @ ina:
    rasanya udah saya jawab via email… silahkan ceck :)
    Makasih

  118. 119 yeni Agustus 13, 2010 pukul 11:31 am

    Ass dok, sy pengen tanya mengenai penyakit kulit. Sdh hampir 1 bln ini sy punya penyakit jamur (itu keterangan dr dokter). Indikasinya mirip dng T krusis, setelah baca blog dokter sy skg sedang mengkonsumsi obat spt yg dokter sarankan d atas. Yg ingin sy tanyakan, saya pernah membaca salah satu artikel alternatif d terangkan bahwa penyakit kulit berulang itu merupakan salah satu indikasi adanya penyakit HIV Aids karena berkurangnya kekebalan tubuh. Apakah benar spt itu dok, dan apakah penyakit jamur krusis (terletak d daerah kemauan) yg lama tidak tertangani dengan baik dapat megakibatkan kanker lehar rahim… duh sy jadi panik nih dok. Mohon penjelasannya, dan sebelumnya sy ucapkan terima ksh banyak.

  119. 120 cakmoki Agustus 14, 2010 pukul 5:10 am

    @ yeni:
    Assalamu’alikum…

    Tidak sebegitunyalah :D …. tanda utama HIV Aids adalah penurunan kondisi tubuh yg drastis… sedangkan manifestasi gangguan kulit merupakan dampaknya, seiring dengan penurunan kondisi tubuh. Artinya, semua penyakit akan menjadi berulang pada HIV Aids….andai si penderita HIV Aids mencret, maka mencretnya sulit sembuh dan berulang.
    T. cruris, walaupun dipelihara belasan tahun di kemaluan, tidak akan menyebabkan kanker leher rahim … hahaha… itu kabar darimana?
    Katakalah T. cruris sudah membentuk kepulauan atau benua Asia saking lamanya gak diobati, pada umumnya sembuh dalam 4 minggu setelah minum obat.

    Gak usah terlalu khawatir, ntar malah mual, kepala nyut-nyut, keringat dingin, dll…gara-gara panik… Enjoy aja… toh dokter nya udah pasti mengatakan T. cruris.

    Makasih

  120. 121 yeni Agustus 14, 2010 pukul 10:11 am

    Alhamdulillah… jd lega deh, terima ksh ya dok atas penjelasannya. Oya dok, semalem sy k dokter spesialis kulit kelamin lg (berbeda dgn dokter yg pertama sy datangi) utk memastikan apa penyakit sy. Tp kok dokternya bilang itu semacam bakteri disertai tumbuhan… jd merinding dok, kok bisa tumbuhan tumbuh d daerah “itu” hehehe… kl menurut dokter gmn ??, knp diagnosany jd beda2, udh gitu sy d kasih resep yg obatnya muahal banget… jd bingung dok. Kalo boleh tau, dokter sendiri prakteknya dmana ya ??

  121. 122 yeni Agustus 14, 2010 pukul 2:52 pm

    tambahan ya dok, setelah sy mengkonsumsi ketoconasole 200mg kok kepala jd sakit ya… apalg pd posisi sujud. Gmn dok, apa msh bisa d teruskan… trus kira2 aman g utk yg msh menyusui. Terima ksh banyak dok, maaf kl terlalu banyk pertanyaan…

  122. 123 cakmoki Agustus 15, 2010 pukul 3:12 am

    @ yeni:
    yg dimaksud tumbuhan mungkin jamur… hehehe…kayak kangkung aja.
    Saya lebih spendapat dengan dokter pertama karena lebih jelas dan lebih pasti, yakni jamur jenis Tinea cruris.
    Saya praktek nun jauh di Ndeso pinggiran Samarinda…. :D

    Ketoconazole nya diterusin aja mbak… keluhan sakit kepala saat tunduk (sujud) bukan efek samping dari Ketoconazole. Obat tersebut aman untuk ibu hamil dan ibu menyususi.
    Makasih :)

  123. 124 Nsni Agustus 20, 2010 pukul 3:40 pm

    Assalamu’alaikum cakmoki,

    ini info yg sangat berguna sekali, saya pingin tanya kalo lihat cirinya mungkin saya kena tinea korporis merah2 di pipi berbetuk bulat diameter +/- 1/2 cm, ada 4 bulatan agak timbul dan kadang bersisik, seperti alergi dan hanya diwajah saja sudah sekitar 1,5 th. waktu ke dr kulit yg pertama dikasih ketoconazole tablet 1×1 dan salep, dan gak sampe 2 minggu gak ada hasil trus berhenti (gak sabaran), beberapa bulan kemudian aku pindah dokter lagi nach sekarang dikasih histapan tablet 1×1 , vitamin gel, dan sejenis capsul 1×1 gak tau kandungannya. sudah 1 minggu ini hasilnya agak lumayan merahnya agak pudar, oh ya kalo saya stress merah2nya semakin kelihatan, apakah stress bisa jadi pemicu ?
    Menurut dokter apakah ini termasuk tinea korporis dan pengobatan apa yg tepat?

    Sebelum dan sesudahnya terima kasih.
    Selamat menunaikan ibadah puasa

    Wassalam,
    Nani

  124. 125 cakmoki Agustus 21, 2010 pukul 12:32 am

    @ Nani:
    Assalamu’alaikum…
    Kalo jamur gak dipengaruhi stress… tapi kalo dermatitis alergi bisa dipengaruhi stress.
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com

    Selamat menunaikan ibadah puasa
    Trims
    Wassalam

  125. 126 Jabon Agustus 23, 2010 pukul 1:18 pm

    by jabon

    manusia modern gak bleh kenakadas ha ha

  126. 127 cakmoki Agustus 24, 2010 pukul 1:31 am

    @ Jabon: :)

  127. 128 agus Agustus 24, 2010 pukul 3:59 am

    cak,saya mau tanya keanapa ya dijempol kiri saya ada penyakit kulit bulat dan berwarna merah dia terus menyebar makin melebar membuat kulit saya seperti merah bengkak dan gatal2 saya kira sih kadas tapi ko rasanya bukan,,kira2 penyakit kulit apa ya ?

  128. 129 Nsni Agustus 24, 2010 pukul 9:29 am

    Assalamualaikum Cakmoki,

    Foto sudah saya kirim ke email panjenengan di cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    mohon di check, dan atas bantuannya terima kasih banyak.

    Wassalam,
    Nani

  129. 130 cakmoki Agustus 24, 2010 pukul 6:18 pm

    @ agus
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

    @ Nani:
    Assalamu’alaikum..
    Ok, nantai malam saya cek … Maturnuwun.
    Wassalam

  130. 131 Pur Agustus 29, 2010 pukul 1:51 pm

    cakmoki,

    kalo saya ada gatal2 (kulit memutih)di area pangkal kelamin dan buah zakar

    tiap hari pasti ada yang mengelupas mirip daki gitu

    termasuk penyakit apa kalo gitu??

    tks

  131. 132 cakmoki Agustus 29, 2010 pukul 8:03 pm

    @ Pur:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Saya tunggu
    Trims

  132. 133 montokd2p September 16, 2010 pukul 10:48 am

    assalamualaikum.
    Lam kenal cak

  133. 134 montokd2p September 16, 2010 pukul 12:17 pm

    Mo ikutan nanya nich…
    Saya kena jamur di kantong menyan ama tangkainya,Pertama sy pk salep NIZORAL 5 gr,udah hbs 2 tube. Krn hrgnya mhal (30-40 rb /tube 5 gr,),jd sy ganti dgn ketokonazole salep (6 -10 rb /tube 10 qr) 2×1,Utk ketokonazole yg oral 1×1. penghilang rasa gatel semula DEXTAMINE,krn DEXTAMINE ga cocok utk jamur (dr artikel diatas),mk sy ganti dgn LORATADINE 10 Mg. Trus sy (kumkum) berendam air hangat (ga panas ya takut jd telor rebus) dgn larutan PK 2 hr sekali (PK 5 gr utk 4 x mandi),karna SIKON mendukung tiap pagi nich kantong menyan ama tangkainya ogut jemur 5-10 menit (biar nambah item he3). skrg si jamur udah nipis kira2 60% (br terapi 10-11 hr).cuma gatelnya aja yg bkin goyang,kyk gatel di dalam kulit. Pertanyaan ogut :
    1.si jamur koq cpet smbuhnya,apa itu normal? (dr artikel di atas bth wkt 3-4 minggu)
    2.klo sring dijemur apa ga bhaya? (soalnya senjata andalan nich)
    3.larutan PK klo dipkai secara berkala bahaya ga? Efeknya apa?
    4.istri ikut mandi PK (ga kumkum),kondisi halim 6 bln,(br 2x mandi) apa boleh? ngaruh ke janin ga?
    5.anak peyempuan jg ikut (mandi kadang2 kumkum,jg br 2 x) pke PK,(umur 3 th 11 bln,brt 18,6 kg,tinggi 110 cm).boleh ga cak? Efeknya apa?
    6.dr artikel KUTU SKABIES yg cak moki tulis,ogut jd agak parno nich,dari mana asalnya kutu tsbt (hewan,kursi kayu yg lembab,sofa,dll ?.Mohon pencerahannya. Thanks banget ya cak n sukses selalu.

  134. 135 cakmoki September 16, 2010 pukul 4:14 pm

    @ montokd2p:
    assalamu’alaikum… salam kenal

    1) normal…. wajar saja kalo sembuhnya baru 60%, moga dalam 3-4 minggu udah sembuh 100%

    2) Gak bahaya … kalaupun tambah itam gakpapa…keliatan lebih jreng …. hahaha

    3) Salah satu Efek PK adalah iritasi kalo makainya terlalu pekat… kalo gak iritasi, gak masalah… ga papa.

    4) Gak ngaruh ke janin

    5) Kalo gak ada indikasi, anak-anak gak perlu pake PK … soalnya kadang bisa timbul iritasi dan mengganggu flora normal pada kulit. Maksud flora normal adalah mikro-organisme tidak patogen (tidak menimbulkan penyakit) di kulit yang berfungsi untuk menjaga keasaman produksi keringat, dll…
    Untuk itu, selanjutnya gak perlu pake PK.

    6) asal muasal scabies, selain dari manusia ke manusia, juga bisa dari hewan peliharaan.

    makasih

  135. 136 odet September 24, 2010 pukul 11:52 am

    dok mau tanya. saya tertular jamur dari anak kucing saya seperti kudis…
    jamurnya ada di lengan dan ada di muka
    di lengan berbekas jadi hitam
    sedangkan di muka ko berbekas jadi putih seperti kulit baru atau panu

    bagaimana penangananya dan cara menghilangkan bekas lukanya serta berapa lama?

  136. 137 cakmoki September 24, 2010 pukul 11:59 pm

    @ odet:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Pengobatannya gak sulit, yang pening kirim fotonya.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  137. 138 bayu September 26, 2010 pukul 5:30 pm

    Dok, mau tanya? Saya pernah kena tinea di bagian lengan. Kok bekasnya nggak hilang2 ya? saya pake salep miconazole, udah hampir 4-5 bln, cuma bekasnya udah samar2. Apa nggak bisa dihilangkan sprti semula, dok ? Makasih :P

  138. 139 cakmoki September 26, 2010 pukul 7:49 pm

    @ bayu:
    miconazole adalah obat jamur, bukan untuk menghilangkan bekasnya… kalo untuk meminimalisir bekasnya, pake melanox 2%, dioleskan sekali sehari pada malam hari
    Makasih

  139. 140 yanti September 26, 2010 pukul 9:10 pm

    dokter saya selalu jerawatan hampir setiap minggu baru sembuh dah tumbuh lagi sampai bosan saya urus wajah sdh dikasih obat anti jerawat tapi tak sembuh juga kata dokter itu pengaruh klu mau datang bulan obat apa yang manjur ya dok trimakasih

  140. 141 cakmoki September 26, 2010 pukul 10:05 pm

    @ yanti:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Saya tunggu.
    Terimakasih

  141. 142 bayu September 26, 2010 pukul 11:39 pm

    betul, dok. bekas hitamnya itu gara2 aku pke miconazole (obat jamur). selain melanox cream apa yg bisa hilangin bekas hitamnya ya, dok ? coz harganya lumayan mahal. beli melanox hrus pake resep nggak, dok ?

  142. 143 cakmoki September 26, 2010 pukul 11:56 pm

    @ bayu:
    bekas hitam bukan karena miconazole, tapi karena hiperpigmentasi oleh inflamasi akibat infeksi jamur.
    Iya, obat-2 tersebut dan obat sejenisnya harus pake resep dokter dan harganya sekitar 30-40 ribu.

  143. 144 montokd2p Oktober 1, 2010 pukul 9:54 am

    Assalamu’alaikum wr.wb. Begini cak,beberapa waktu lalu (16-sep) ogutkan menanyakan beberapa hal mengenai T.kruris. Nah skrg sijamur sudah amat sangat jauh berkurang mgkin tinggal 5% lagi. Cm skrg di pangkal tangkai n kantong menyan sering lecet (kulitnya kyk tipis) n gatalnya minta ampun cak,apalagi klo mau n bangun tidur ampun dach (ampe nungging2 nahan gatelnya). Sdh 4-5 hari ini ogut ga pake salepnya (yg oralnya msh jln terus) krn ogut fokus nyembuhin lecetnya dulu. Untuk lecetnya ogut olesin rivanol,saking jengkelnya pernah ogut cb balut pk kassa yg di kasih revanol,eh malah di ketawain bojoku cak. Jarene kayak jambu lg di brongkos biar ga di makan kampret (asli ogut ngakak n langsung ta lepas).
    Kira2 ada ga obat oral,salep ato apalah yg bisa ngilangin gatal jg untuk lecetnya cak, Loratodine kyknya ga ngaruh,ato dosisnya di tambah?
    Karna lecet udah pasti nyeri donk,jd ogut pk Asam Mefenamat 1×1, ato ada obat lain cak?.
    Trus ketokonazolenya (salep n oral) gmn? Trusin ato istirahat di tempat cak?.
    Oya, larutan pk udah ta stop kira2 10 hari lalu
    Trus ogut jg gampang keringetan,klo lg berkeringat (terutama siang) kluar bentol n bintik2 merah,gatalnya ga separah jamur,tp binggungkan mo garuk yg mana (atas bawah gatal). Kmrin sempat ilang ta bom pk dextamine 1×1 slama 1 blan,skrg balik maneh.ada solusi obatnya ga cak,soale binggung mo pk dektamine takut sijamur subur,pk loratodine ga ngatasi? (tape dach)
    Udah ach malu nanya mulu, ngga bayar lagi hiks.
    Terima kasih atas infonya cak,
    Semoga Allah SWT membalas budi baik ca-cak n keluarga dgn Berkah,Rahmat, kebahagiaan dan keridlaan-Nya. Amin Ya Robbal Alamin.
    Wassalam.

  144. 145 cakmoki Oktober 1, 2010 pukul 2:29 pm

    @ montokd2p:
    Assalamu’alaikum wr.wb
    hahaha…. sy juga ngakak membaca kayak jambu lg di brongkos biar ga di makan kampret :D
    Kalo bisa dan berkenan, silahkan kirim fotonya via email, begitu juga foto bintik merah yg timbul saat keringatan agar lebih pas dalam merekomendasikan obat.
    Ketoconazole oral dan topikal hendaknya tetap dilanjutkan hingga sedikitnya 3-4 minggu… sedangkan gatal dan bintik merah yg timbul saat keringatan, sementara dapat menggunakan caladryl or caladine powder (bukan yg lotion), sambil nunggu foto.
    Makasih
    Wassalam

  145. 146 montokd2p Oktober 1, 2010 pukul 2:44 pm

    Oc. Ogut usahain secepetnya ngirim fotonya. Makasih banget atas infonya.

  146. 147 cakmoki Oktober 1, 2010 pukul 3:38 pm

    @ montokd2p:
    ok, saya tunggu…makasih :)

  147. 148 Trianto Oktober 9, 2010 pukul 1:18 pm

    Dr. Cak Moki,
    Saya pernah ke dokter kulit dan periksa, dan di kasih obat mycoral tablet,pemakaian 1 tablet sehari, dan campuran 2 salep(salep nizoral % yang satu lupa),terus bedak Daktarin sehabis mandi,dr obat tsb mmg ada perubahan setelah pengobatan 4 minggu. Dan Biaya pengobatannya sampai habis Rp. 1,3 jt an karena bolak balik 4X (Resep hanya dikasih untuk 7 hari), Mending kalau sembuh total gak masalah, Ini Jamur masih saja Nongol sampai sekarang.
    Dok, Adakah obat generiknya yang Murah dan Manjur, mulai dari Oral sampai Bedak(karena jamurnya udah merata,sepertinya salep tidak Cocok untuk saya, bisa2 5 salep dalam sekali terapi).
    Mohon dapat di balas Via Email juga ya Dok, saya sangat menunggu jawabannya dan semoga Jasa2 Dokter di balas oleh ALLAh,Amin

  148. 149 cakmoki Oktober 9, 2010 pukul 1:37 pm

    @ Trianto:
    Obat generik oral: Tablet Ketoconazole 200 mg, diminum 1×1. Mengingat sudah 4 minggu… dapat dilanjutkan hingga 6 minggu lagi kalo emang belum tuntas. Berarti tinggal nambah 2 minggu.
    Harga Tablet Ketoconazole 200 mg sekitar Rp600,- per Tablet.
    Untuk bedaknya, dapat menggunakan bedak Myconazole generik buatan Kimia Farma. Harganya sekitar 8-10 ribu per sachet.
    Kalo gak ada, dapat juga menggunakan Bedak Mycorine, harganya sekitar 35 ribu. Kao gak ada, mau gak mau pake Bedak Daktarin, harganya sekitar 45 ribu.

    Jika dalam 6 minggu belum sembuh, maka untuk sementara penggunaan obat oral dihentikan dan hanya menggunakan obat luar (bedak myconazole).

    Moga segera sembuh.
    Makasih

  149. 150 ummu Oktober 14, 2010 pukul 6:57 am

    assalamualaikum cak
    alhamdulillah dapat artikel ini jadi terbuka mata saya..hehe
    cak saya ada tinea di dagu…cuma ga jelas juga nih ada yg kayak panu juga penampakanya….udah lama hampir 3 bulan sekarang sih tamapk gosong dan rada samar…apa yang harus saya lakukan???bisakah dipoto kirim ke cak?

  150. 151 cakmoki Oktober 15, 2010 pukul 1:53 am

    @ ummu:
    wa’alaikumsalam…
    iya, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email..
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims. Wassalam

  151. 152 ummu Oktober 16, 2010 pukul 12:19 am

    cak sudah saya kirim..terima kasih sebelumnya

  152. 153 cakmoki Oktober 16, 2010 pukul 6:38 pm

    @ ummu:
    ok, nanti malam saya lihat

  153. 154 Rini Oktober 26, 2010 pukul 4:48 pm

    Cak, mau numpang tanya yah..
    Kulit saya ada bintik-bintik merah, awalnya di punggung dan leher, lalu menyebar ke dada, perut, lengan, lipatan paha, daerah paha, dan bahkan betis. Bintik-bintik ini sangat gatal apa lagi kalau saya berkeringat. Minggu lalu sempat berobat, diberi obat oral yang gak tau mereknya apa, yang pasti salah satunya anti gatal. Sekarang bekas bintik bintik merah itu ada yang mengelupas dan membekas, namun bintik bintik merah tetap bermunculan di daerah lain seperti paha, dan perut, dan terasa gatal. Kira2 ini gejala apa yah, cak?
    obat dari berobat yg minggu lalu sudah habis. Kira2 obat apa yg perlu saya konsumsi? berapa lama? apa penyebab dari masalah kulit saya ini?

  154. 155 cakmoki Oktober 26, 2010 pukul 10:26 pm

    @ Rini:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, seperti para penanya yg lain, kalo berkenan, silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  155. 156 Rini Oktober 27, 2010 pukul 7:27 pm

    cak, udah saya kirim fotonya ke email cak.. itu fotonya saya kirim yang di perut sama paha, daerah persebarannya sekarang udah sampe di paha bagian bawah, sempet di betis juga,. Mohon informasinya, cak. Saya menderita banget, gatel dan panas gitu..

  156. 157 cakmoki Oktober 27, 2010 pukul 11:56 pm

    @ Rini:
    udah saya jawab via email.. silahkan cek :)
    Makasih

  157. 158 Rini Oktober 28, 2010 pukul 4:18 am

    makasih ya, cak.. :)

  158. 159 Rini Oktober 28, 2010 pukul 5:07 am

    cak, saya kirim 2 email lagi ke emailnya cak, pertanyaan-pertanyaan seputar diagnosa itu. mohon dibales klo cak ada waktu yah. maap merepotkan, cak.

  159. 160 cakmoki Oktober 28, 2010 pukul 2:15 pm

    @ Rini:
    udah saya jawab via email….silahkan cek

  160. 161 Endang Oktober 29, 2010 pukul 3:52 pm

    Assalamualaikum
    Cak, ku mau konsultasi. Ku dulu perna dpt jamur di daerah kemaluan, lalu ke dokter dan diberi ketomed. Entah berapa lama pake, kupikir jamurny udah ilang. Jadi ku stop pake meski ketomedny belum habis. Aplagi waktu itu dokterny ga bilang harus pake salepny brapa lama. Nah tapi berbekas item! Pas saya nanya ke dokterny, dia bilang bs ilang. Asumsiku ya ilang dg sendirinya. Tp masi ada smpe skrg -mgkn uda 1,5th stlh pengobatan. Ku mau tnya, ku musti ngapain ? Ada salep buat bekasny ga?
    Thanks

  161. 162 cakmoki Oktober 29, 2010 pukul 4:56 pm

    @ Endang:
    Wa’alaikumsalam
    Ada obatnya… tapi kalo daerah kemaluan sebaiknya gak usah dikasih obat tersebut karena bisa iritasi. Contoh obatnya: Melanox 2%.
    Sekali lagi ii hanya contoh, saya tidak merekomendaskan untuk memakainya.
    Makasih
    Wassalam

  162. 163 Endang Oktober 29, 2010 pukul 6:49 pm

    Wah dok, kenapa ada kata ‘tidak merekomendasikan’ ? Lalu yg dokter rekomendasikan ada tak ? Atau ku harus ke dokter kulit aj biar dilihat ?
    Btw, kalo pake melanox sih berapa lama ?
    Trus kalo iritasi bneran nanti bhaya sekali kah ? Mksdny tu ntar efek iritasiny jd kyk ap gitu ?
    Thanks lho cak dokter :)

  163. 164 cakmoki Oktober 29, 2010 pukul 11:27 pm

    @ Endang:
    Lha sudah dijawab gitu … alasannya karena di area tersebut sangat peka… untuk itu sebaiknya periksa ke dokter kulit.
    Tentang iritasi, bukan karena bahaya tapi karena kalo iritasi bisa memerah kemudian tambah item. Nah , supaya gak main untung-untungan, lebih baik pilih cara yang lebih aman, yakni periksa ke dokter. Adapaun berapa lama berlangsngnya pengobatan, silahkan bertanya kepada dokter yang memeriksa …beliaulah yang bisa memperkirakan masa pengobatan setelah melihat secar langsung :D
    Makasih

  164. 165 Endang Oktober 30, 2010 pukul 12:01 am

    :O haik ! ! Besok Senin ku ke dokter. Maren sih rencanany hari Kamis ke dokter, tapi karena diajakin ke pengungsian Merapi jd blm jd ke dokter. *curhat lagi ?
    Anyway, doain ku biar nemu solusi n bs sembuh ya cak. Thanks bgttttt :D Btw, cak dokter kykny tiap hari begadang ya ? Ku perhatiin jam2 bls komenny kebanyakan malem2 ? Kalo siang sibuk praktek kah ?
    Anyway, good night cak :)

  165. 166 cakmoki Oktober 30, 2010 pukul 2:09 am

    @ Endang:
    Moga segera pulih kembali… :D
    Iya, sempetnya malem setelah praktek … kadang sempet buka blog sore, kalo pas gak ketiduran :D
    Met malem juga , met bobo

  166. 167 m4t4r4 November 16, 2010 pukul 9:41 pm

    Weew, ketemu jg dokter yg baik hati. Nice to see you.
    Dok, sy jg sdg menderita jamuran. Berawal dr bintik kecil merah nan gatal di pinggang, stlh digaruk, akhirnya bertmbh banyak dan menyebar kemana2 (lipatan tangan, dan payudara). Pertama berobat dikasih ketoconazole oral (dari Hexapharm) dan salep racikan. salep dipakai tp obat oralnya cuma terminum beberapa (malas). Pas salep habis, dtg lagi ke dokter, dikasih lg obat yg sama, dan berakhir sama, hasilnya bintik2 berkurang, kulit menghitam dan terasa tebal. Saat itu ada gatal2 di areola yg karena digaruk akhirnya lecet dan infeksi (permukaan areola berkerak putih mengelupas dan ada bagian yg berair/bernanah). Akhirnya dtg lagi ke dokter, dikasih ketoconazole oral dan Soprex cream untuk di badan. Untuk payudara dikasih Clindamycin 150 2×1 selama hari dan Fuson cream plus 1 btl cairan infus (Nacl 0,9%) untuk membersihkan dan mengompres payudara 3x sehari pakai perban.Stlh 5 hr disuruh dtg lg, tp blm sempat (skr hari ke-8). Kondisi terkini, bintik2 merah makin byk dan gatal bgt (di pinggang dan lipatan tangan), areola sdh tinggal sdkt yg berair. Pertanyaan saya:
    1. Jika minum ketoconazole-nya tdk disiplin apa bisa resisten?
    2. Apakah obat dg merek2 tsb (Askes) sdh cukup bagus atau perlu beli obat non generik?
    3. haruskah minum Clindamycin lagi? kpn salepnya dihentikan?
    4. Konsumsi obat2 tsb apakah mempengaruhi jika sdg program hamil?
    Suwun Cak Dokter

  167. 168 cakmoki November 17, 2010 pukul 12:08 am

    @ m4t4r4:
    makasih kronologinya :)

    1) Kalo tidak disiplin, yang jelas tidak akan sembuh. Pada umumnya, hasil pengobatan akan nampak setelah memasuki minggu ketiga minum Ketoconazole.

    2) Cukup dengan generik… yang penting teratur, sedikitnya 3-4 minggu… merk apapun, bahkan yang paling mahal, tidak akan sembuh kalo gak teratur.

    3) Clindamycin hanya digunakan lagi kalo ada infeksi sekunder akibat garukan (sengaja ataupun gak sengaja).
    Salep Fuson dihentika kalo infeksi sekunder udah hilang.

    4) Tidak .. obat-2 tersebut adalah obat kategori B pada kehamilan yang artinya aman bagi janin.

    Moga segera sembuh :)
    Makasih

  168. 169 m4t4r4 November 17, 2010 pukul 5:23 pm

    Makasih Cak Dokter,
    Senengnya klo semua dokter seramah dan sebaik Anda (sdh terlalu srg ketemu pelayan kesehatan yg hemat kata, klo ngomong nadanya tinggi dan kasar)

  169. 170 cakmoki November 18, 2010 pukul 12:02 am

    @ m4t4r4:
    Maksih juga telah berbagi… Moga sehat selalu :)

  170. 171 Dian November 23, 2010 pukul 4:01 pm

    Dok, saya sedang menyusui, dan sepertinya saya kena jamur di PD saya. Apakah obat diatas aman kalo sampai termakan oleh bayi saya?
    Terima ksh atas jawabannya dokter

  171. 172 cakmoki November 23, 2010 pukul 10:53 pm

    @ Dian:
    Aman :)

  172. 173 billa Desember 8, 2010 pukul 8:00 pm

    assalamualaikum
    cak moki,lsg sja,sya sdh 1mgu ini mrasa gtal2 n ciri2ny sm persis seprti yg dciri2kan. . .bbntk pulau2 n trasa gatal. .n sampai d bi2r vagna . .sya sdh mbeli obt seperti ap yg cak sarankan diatas. . .pertanyaan saya,
    apakah krim ketokonazole tsb aman bila saya oleskn k bibir vgina?
    Apakah aturan minum obt ketokonazole it hbis mkan at sblm mkan at bebs?
    Trimakash ats perhtian dr cak dokter. . ..
    Wassalamualaikum

  173. 174 cakmoki Desember 9, 2010 pukul 1:29 am

    @ billa:
    Wa’alaikum salam…
    Aman.
    Kalo ada riwayat gangguan lambung, dianjurkan diminum sesudah makan.
    Makasih
    Wassalam

  174. 175 billa Desember 10, 2010 pukul 3:23 pm

    trimakash cak. .tp sya mw tnya lg
    knpa bbrpa jam sya olesi krim ket0k0nazole,dbgian yg trkena kadas lsg berair seprti mlepuh n airny it brbau anyir,n lengket?
    Apakah it n0rmal?

  175. 176 cakmoki Desember 10, 2010 pukul 3:56 pm

    @ billa:
    itu normal aja… makainya tipis-2 supaya gak iritasi.
    Makasih

  176. 177 ninit Desember 13, 2010 pukul 4:47 pm

    cak ,,,sudah lama aku terkena tinea cruris,,,,,,tapi di oles salp mikonazole,,,hilang,,,tapi muncul lagi,,,gatalnya minta ampun…..skarang lagi gatal banget nih,,,,,,,,.dulu 10 th yang lalu juga pernah ,,,,,,tapi setelah berobat ke dr kulit…alhamdulillah sembuh total……tapi..1 th terakhir muncul lagi……tp blm berobat lagi ke dr kulit,,,,,,,,,takut obatnya mahal,,,,,,,,,,,,kira2 obat ketonazole tablet dan salp itu,,mahal nggak ya cak…..makasih…………

  177. 178 cakmoki Desember 13, 2010 pukul 5:56 pm

    @ ninit:
    Obatnya gak mahal…. ketoconazole dan salep serta obat pereda gatal, semuanya gak sampai 70 ribu.
    Makasih

  178. 179 sun Desember 14, 2010 pukul 5:58 pm

    Cak.. terima kasih atas dedikasi dan bantuannya.. Saya sudah 5 tahun frustasi dengan penyakit jamur ini (hampir seluruh badan n leher), saat nya saya akan berperang abis2an.. mulai kmrn, saya sudah minum obat Ketoconazole 2×1, plus krim 2×1.. saya sudah borong obat nya..

    dan pertanyaan nya Cak..

    1. apakah berbahaya jika saya minum Ketoconazole 2×1 sehari selama sebulan penuh??
    2. apakah jamur ini dapat menular ke istri saya?
    3. apakah utk pencegahan, istri perlu minum jg?

    trims..

  179. 180 cakmoki Desember 15, 2010 pukul 12:52 am

    @ sun:
    1) dosis optimal adalah 1×1…walaupun jamur udah nanngkring belasan tahun, dosisnya cukup 1×1. Dengan dosis 2×1 bukan berarti makin cepat memberantas jamur. Bahaya sih enggak, namun gak ada gunanya dan bisa menimbulkan efek samping, misalnya mual.

    2) Bisa kalo media pada kulit istri cocok untuk berkembangnya jamur (keasaman, kelembaban, dll)

    3) Jangan… Tidak perlu. Obat tersebut bukan untuk pencegahan. Adapaun untuk pencegahan silahkan baca Tips Pencegahan di bagian akhir artikel.
    Makasih

  180. 181 linda Desember 17, 2010 pukul 12:41 pm

    dr, anak saya (2bln) di kaki nuya ada bintik2 merah ,kadang ada yang berair, trus saya dikasih salep mometasone furoate 0,1% (resep dr anaknya) tapi malah nyebar, trus itu termasuk tinea juga ga ya? kakaknya umur 4th memang sedang kena tinea dan sedang dalam proses penyembuhan dengan salep miconazole.yang ingin saya tanyakan:
    1. Aman ga ya kalo bayi 2bln di pakein salep miconazole?
    2. Apa perlu ditambah dengan obat oral ga ya..baik untuk kakaknya maupun adiknya? kalo boleh apa obat yang aman untuk keduanya?

    terima kasih sebelumya

  181. 182 cakmoki Desember 17, 2010 pukul 11:28 pm

    @ linda:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Tanpa foto, kita gak bisa diskusi secara tepat dan tentu obatnya harus disesuaikan dengan jenis penyakit kulit yg ribuan jenisnya, setelah melihat foto.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  182. 183 sanny Desember 22, 2010 pukul 4:09 pm

    Dok, saya dah baca artikel diatas skaligus tanya jawabnya.. Minggu lalu saya baru perhatikan klo ada tanda bulat2 merah ukuran 1-2cm di punggung n pinggang saya, skg ada juga kecil2 di leher.. Udah 2 hari saya pake daktarin yg cream.. Kira2 klo pemakain daktarin aja sudah cukup ga??
    Nanti saya coba kirim gambarnya..
    Makasi yah dok….

  183. 184 cakmoki Desember 23, 2010 pukul 1:03 am

    @ sanny:
    ok, saya tunggu fotonya :)

  184. 185 Taqim Desember 28, 2010 pukul 4:17 am

    Ass,Dok mo nanya d Daerah Lipatan Paha smpe k daerah ***** maaf dok Sensor..hehehe, gatalx mnta ampun,setelah baca artikel d atas,nampakx sy trkena Pnyakit Jamur,sy sdah kash salep miconazole utk prtama kalix kok gatal bnget?yg sy mw tnyak Dok.
    1.obt apa d kasi agr gtalx hlang
    2.untk jamurx pa kh slepx sdah cocok.
    3.apa2 sja yg d mnum untk ngilangin Jamur n gtalx..mkash dok.

  185. 186 Taqim Desember 28, 2010 pukul 4:23 am

    Oh iy dok..satu lg prtnyaanku..hehehe..kira2 btuh waktu brapa lama untk sembuhx? Mhon tata cra mnumx..

  186. 187 sanny Desember 28, 2010 pukul 10:46 am

    Dok, saya dah mulai pengobatan kan kyk yg dok blg.. Trus skarang di sekitarnya kq jd warna merah ada bintik2 kecil.. Apa itu iritasi yah??trus saya harus gimana?? Makasi sebelumnya dok..

  187. 188 cakmoki Desember 28, 2010 pukul 2:20 pm

    @ Taqim:
    Wa’alaikumsalam,
    Kalo bener jamur, obatnya udah terjawab di diskusi-2 sebelumnya…lengkap :D
    Namun, untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims
    Wass

    @ sanny:
    Coba kirim fotonya

  188. 189 Taqim Desember 29, 2010 pukul 11:30 pm

    Dok sy sdah krim fotox, kalo bsa d blas lwat email jg ya dok..

  189. 190 cakmoki Desember 30, 2010 pukul 4:37 pm

    @ Taqim:
    Udah saya jawab via email…silahkan cek.
    Makasih

  190. 191 billa Desember 30, 2010 pukul 6:50 pm

    assalamualaikum.
    cak,alhmdulillah pnykt kadasq ud hmpir smbuh. . .tp saya mw tanya dikaki saya ada luka karena gatal dan saya garuk. .setiap saya garuk langsung memerah dan berair. . .1th lalu jg gt dtmpat yg sama tp saya kasih BETAMETASOn dan sembuh tanpa bekas,tp akhr2 ini mulai terasa gatal lagi dan saya garuk2,akhrnya jadi seperti dulu. . .memerah dan berair setiap saya garuk. . .dal lukanya it selalu di situ dan tdk pindah2. . .kr2 apa ya cak?m0hon bantuannya. .

  191. 192 cakmoki Desember 31, 2010 pukul 1:19 am

    @ bila:
    Wa’alaikum salam,
    Silahkan kirim fotonya via email :)
    Makasih
    Wassalam

  192. 193 sanny Januari 10, 2011 pukul 10:31 pm

    Dok.. Infeksi dermatofit nya udah mulai ilang :)
    Makasi yahh sudah bantu..
    Btw, sampe kapan terapi ketokonazole nya? Skg yg bagian kena infeksi dah mulai ga kliatan, ada yg masi kliatan dikit.. So, obat minum n creamnya kpn dihentikan?? Soalnya, ada yg dah ga kliatan sama sx.. Thq thq thq again… ^^

    Rgrds
    Sanny__

  193. 194 cakmoki Januari 11, 2011 pukul 1:25 am

    @ sanny:
    Walaupun sudah nampak sembu, digunkan ampai 3-4 minggu :)
    Makasih juga telah berbagi

  194. 195 SUN Januari 13, 2011 pukul 11:19 am

    Halo Cak…

    Saya sun, yang 15 Desember lalu tanya2.. dan terima kasih atas informasinya.. :)

    Cak, gini.. saya sudah 1 bulan melakukan terapi ketokonazole, dan terima kasih, karena ada perubahan di badan saya (hampir seluruh badan) sudah mulai samar2…
    tapi belakangan ini, samar2 nya mulai muncul warna merah lg di badan,
    1. apakah ketokonazole nya sudah resisten?
    2. apakah ada obat yang lebih kuat, karena pengamatan saya, ini seperti tinggal difinishing aja Cak..?
    3. Kenapa setelah sebulan, dia mulai kelihatan samar2 sedikit jelas lg ya Cak, apakah kambuh lg?apa proses penyembuhan?

    Terima Kasih atas Bantuan dan informasi nya Cak..

  195. 196 cakmoki Januari 13, 2011 pukul 5:46 pm

    @ SUN:
    Halo :)
    1) Bukan resisten, karena pemakaiannya minimal 3-4 minggu berganung respon pengobatan masing-2 orang… bisa jadi karena sensitif karena adaya pertumbuhan kulit baru .

    2) Ada yag lebih poten, tapi tetp aja ada kemungkinan timbul ruam merah saat kulit yg terinfeksi jamur mulai tergantikan oleh kulit baru.

    3) Untuk melihat ada infeksi jamur baru atau sebab lain, sebaiknya kirim fotonya supaya gak menduga-duga.
    Makasih

  196. 197 sanny Januari 15, 2011 pukul 9:25 am

    Hallo dok…
    Saya pnya masalah kayak yg comment diatas neh.. Wktu dah maw ilang, kq kayak kliatan merah lagi yah???
    Btw, saya juga baca artikel ttg jerawat.. Apa bisa ak jalani pengobatan jerawat kyk di artikel tp masih sementara terapi ketokonazole…
    Makasi dok :)

  197. 198 cakmoki Januari 15, 2011 pukul 1:42 pm

    @ sanny:
    Halo juga,
    Bisa, sekaligus aja pengobatan kadas dan jerawat..gak masalah
    Makasih :D

  198. 199 rikki Januari 23, 2011 pukul 12:33 am

    cak kaki saya pecah2 dan kadang terasa geli dan sedikit nyeri ,kulit kaki saya mengering dan mengelupas bahkan sampai terjadi luka,,klo mnurut saya ini disebabkan oleh tinea pedis,,yang mw saya tanyakan obat topikal dan oral apa yang bagus untuk keluhan saya cak ?

    terima kasih

  199. 200 cakmoki Januari 23, 2011 pukul 2:07 am

    @ rikki:
    kalo tinea, obatnya sama seperti yg tertulis di artiekl, baik oral maupun topikal.
    Namun, untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com

    Terimakasih

  200. 201 sanny Februari 5, 2011 pukul 5:56 pm

    Hallo dok :D
    Ketemu lagi,,
    Ak maw nanya lagi nih,, ak dah 6 minggu therapy ketokonazole nya ,, nah skg ak dah brenti, takut lanjutin lagi soalnya kan katanya amppe 6 minggu.. 87% sehh sudah. Hilang, tp masi ada 13% yg msh suka gatal, ya walaupun ukurannya ga besar n ga berwarna merah, tp intinya masih ada tuh di Punggung.. Ak harus gmn donk? Creamnya msh ak oles tp obat oralnya dah ga lagi dah 3 hari,, mnrt dok???
    Thq b4
    Rgrds:)

  201. 202 cakmoki Februari 6, 2011 pukul 12:52 am

    @ sanny:
    Hallo juga,
    ok, udah bener :D
    Selanjutnya cukup dengan obat topikal aja… kalo cream ga papa dipake lama.
    Makasih

  202. 203 Dodo Maret 5, 2011 pukul 6:24 pm

    Dok mau tanya daerah selangkangan truz zakar sma cengklok dan ketiak gatal,,
    Klo di garuk putih’2,, gatal nya minta ampun.
    perna ke spesialis kulit blng nya jamur,tp smpe skrng blom sembuh..

  203. 204 cakmoki Maret 5, 2011 pukul 11:11 pm

    @ Dodo:
    kalo bener jamur, obatnya diminum sedikitnya 3-4 minggu.
    Namun, untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Terimakasih

  204. 205 mitaa Maret 15, 2011 pukul 12:55 am

    halo dok, aku baru ajah dari dokter. dibilang aku kena jamur tinea corporis dok. yang nyerang siku tangan dan betis. nah sama dokternyah aku dikasi obat nizoral (ketoconazole 200 mg)10 tablet dan salep Betametason 1 mg (mikonazol nitrat 20mg) resep itu bener ga dok. dan selain itu pemakaian obatnyah harus 3-4 minggu untuk bener2 ngilanginnya benar atw ga?? kalo cuma 2 minggu apakah ilang atw ga?? dan satu lagi dok. apa benar pemakaian obat tersebut pd daerah yg terinfeksi agak terasa panas???makasi dokter

  205. 206 cakmoki Maret 15, 2011 pukul 6:03 pm

    @ mita:
    halo…
    Kalo cuma 10 hari , tentu kurang dong.
    Sebagaimana tertulis di artikel, sedikitnya 3-4 minggu. Eamang ada yg sembuh setelah 2 minggu, taoi hanya untuk jamur yg masih dikit dan kecil.
    makasih

  206. 207 mitaa Maret 16, 2011 pukul 12:26 am

    makasi dokter, satu laggi aku mau tanya sebenernya ketoconazole itu bagusnya di minum 2x sehari atau 1x sehari. dokter ku bilang 2 x sehari tp aku baca artikel dokter 1 x 1 ajah.. baiknyah saya harus bagaimana dok??? terimakasih dokter.. semoga doketr di balas oleh allah swt..

  207. 208 cakmoki Maret 16, 2011 pukul 6:11 pm

    @ mitaa:
    cukup sekali sehari, kecuali pada infeksi jamur yang luas dan berat.
    makasih

  208. 209 fendy April 2, 2011 pukul 1:55 am

    dok saya numpang tanya nhe…
    pake obat ketoconazole harus obat oral ma topikal yach??
    tapi kalau salapnya aja bisa smbuh gx dok???
    trims

  209. 210 cakmoki April 2, 2011 pukul 9:31 am

    @ fendy:
    iya, oral dan topikal. kalo hanya salepnya gak sembuh kecuali masih dini dan hanya bercak kecil
    trims

  210. 211 ida April 4, 2011 pukul 6:02 pm

    dok saya mau tanya, mengapa tenia corporis atau kadas lama2 kok menjadi hitam.

  211. 212 ida April 4, 2011 pukul 6:10 pm

    dok kok gak di jawab

  212. 213 cakmoki April 5, 2011 pukul 12:10 pm

    @ ida:
    warna hitam tersebut adalah hiperpigmentasi akibat garukan…
    maaf, saya tidak selalu di depan komputer, soalnya pekerjaan utama saya bukan ber-internet ria :D
    kalo ingin jawaban cepat tempatnya bukan di sini
    makasih

  213. 214 bunga April 13, 2011 pukul 9:26 am

    Assalamualaikum.. pa dokter salam kenal.. saya mahasiswa rantau yang menderita penyakit “ga elit” ini.. saya laki2.. saya malu juga oleh karena itu sebut saja saya “bunga” hehehehe…

    Setelah membaca blog ini saya baru tau kalo jamur mempunyai daerah kekuasaan masing2. dan berdasarkan daerah teritorialnya itu berarti hanya Tinea Unguium saja yang belum berdomisili di tubuh saya, sedangkan yang lainnya sudah menetap dan hidub bahagia bersama keluarga besarnya.

    Pa dokter pasti sudah bisa membayangkan bagaimana kondisi kulit saya. Saya sangat mengkhawatirkan masa depan “adik kecil” saya karean masa depannya adalah masa depan saya juga.

    Berhubung saya mahasiswa jadi daya hanya berdaya membeli obat atau minum jamu. Saya sudah mencoba beli sabun detol, pake salep miconazole dan minum jamu tradisional. Saya juga sudah mencuci semua pakaian yang akan melekat di tubuh saya. Dan tidak lupa saya juga berdoa kepada Allah SWT.

    Ada temen yang nyaranin pake benoson tapi ternyata salah satu komentar diatas ada yang tahunan pake benoson tidak sembuh2

    Pertanyaan saya: Adakah obat berupa minuman, tablet, atau salep yang paling tepat mengobati kulit saya? Mohon kiranya untuk mempertimbangkan pula aspek ketahanan ekonomi mahasiswa rantau seperti saya.Kalo bisa ga lebih dari 50rb ya dok. Gapapa rada mahal juga yang penting maknyuss.

    Saya sangat mengharapkan saran dari Pa dokter.. semoga Allah membalas dengan berlipat ganda

    Regards,

    Bunga

  214. 215 bunga April 13, 2011 pukul 9:33 am

    Oiya dok sebagagai referensi, saya juga sudah mencoba obat tablet “bersih darah kembang bulan”. Sudah abis 2 botol.

  215. 216 yuni April 13, 2011 pukul 5:20 pm

    assalamualakim dokter,..
    saya mo nanya bagaimana sih patofis dari terbentuknya lesi yang khas pada tinea yaitu central healing yang bagian tepinya lebih aktif?
    sedang cari2 d buku dan belum ketemu,.
    mohon bantuannya ya dokter untuk ujian stase kulit,. trima kasih

  216. 217 cakmoki April 13, 2011 pukul 5:20 pm

    @ bunga:
    wa’alaikum salam, wr, wb,

    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Terimakasih
    Wassalam

  217. 218 cakmoki April 13, 2011 pukul 5:38 pm

    @ yuni:
    ada di buku ajar ilmu penyakit kulit terbitan UI … kalo ga salah di situ dijelaskan patofisiologinya
    makasih

  218. 219 yuni April 14, 2011 pukul 8:04 pm

    sudah ketemu di fitzpatrick
    makasi dokter,.

  219. 220 cakmoki April 15, 2011 pukul 3:24 pm

    @ yuni:
    ok… moga sukses selalu :)

  220. 221 Sei April 22, 2011 pukul 7:59 pm

    Permisi dok,

    Saya mau numpang tanya >.<
    tiba-tiba di leher saya gatel-gatel, timbul bulatan warna merah, klo dipegang kasar, dan bersisik.
    sekarang ada 2 di leher kiri & kanan…udah gtu tambah membesar,
    sampe malu pke kaos kalo pergi-pergi
    klo saya baca artikel yang ditulis rasanya itu seperti kadas,
    apakah benar penyakit yg saya derita ini kadas ato penyakit lain?
    saya udah email jga plus sm fotonya :D
    Mohon bantuannya….

  221. 222 Roman April 22, 2011 pukul 8:42 pm

    Ass Dokter..
    Dok saya mau konsultasi ne, di sela jari saya terdapat bentol2 kecil dok kalau digaruk keluar air, setelah kering kulit a mengelupas dok smpe keriput semua a dok, penyakit ini udah sya derita 2 tahun yang lalu dok.. pada awalnya selangkangan saya juga terkena penyakit ini terus saya minum obat Giseofulvin 500 Mg 2 X 1 Alhmdllah udah kurangan dok tapi kenpa yang ditangan ngak hilang padahla udah saya olesin salep ketoconazole 2% n daktarin selama satu 2 minggu….
    yang mau saya tanyakan :
    1. Obat apa yang cocok ntuk jari saya dok?
    2. Apakah tidak apa2 kalau saya terus menerus minum Giseofulvin walaupun sudah 90% sembuh di selangkangan saya
    apa perlu saya kirim foto a dok..
    mohon bantuan a dok…
    Trima Kasih Bnyak Dokter….. :)

  222. 223 cakmoki April 22, 2011 pukul 9:33 pm

    @ Sei & Roman:
    wa’alaikum salam, wr, wb,

    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Terimakasih
    Wassalam

  223. 224 penasehat Mei 3, 2011 pukul 12:37 am

    gak usah yang macam macam obatnya , cukup dengan fungiderm yg 10 rb aj udh smbuh , tp cma tahan 1 mnggu , makeknya pagi siang malam , habis mandi , usahakan hari hari muda kena jamur jangan kena air dulu ,


  1. 1 Kumpulan Artikel Penyakit Kulit | forum.catatanku.in Lacak balik pada Februari 1, 2011 pukul 11:10 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,628,397 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 550 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: