Musim batuk berat

KODE ICD-10: R05 : Batuk

cough Belakangan ini, jumlah penderita batuk berat makin meningkat, makin mudah menyebar, dan cenderung makin lama sembuh. Peningkatan jumlah penderita dengan keluhan batuk berat bukan hanya nampak di praktek-praktek dokter, namun juga di institusi layanan primer. Sebenarnya, peningkatan insidens ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) bukanlah berita baru. Di daerah kami, ndeso™ Palaran, pada umumnya terjadi puncak peningkatan  ISPA sebanyak 4 kali dalam setahun dalam dua dasawarsa terakhir. Kadang terjadi pergeseran masa puncak (mencapai 42% dari total jumlah penderita) pada bulan-bulan tertentu. Tapi kali ini agak berbeda. Trend peningkatan ISPA, terutama batuk berat mulai nampak sejak awal tahun 2009 dan terus meningkat hingga bulan ini.

Batuk, merupakan reflex (mekanisme) pertahanan tubuh alami dalam upaya melonggarkan pernafasan dan mengeluarkan “sesuatu” yang mengganggu seperti sekret (dahak), bahan iritan (iritasi), benda asing dan mikro-organisme, di sepanjang saluran pernapasan, mulai hidung, mulut, tenggorokan hingga paru.

Beberapa referensi membagi (keluhan) batuk berdasarkan ada tidaknya produksi dahak, yakni batuk kering dan batuk basah. Menurut saya, pembagian ini sering kali mengaburkan pemahaman di kalangan masyarakat. Boleh jadi seseorang ngotot mengatakan batuk kering, sementara yang lain ngotot mengatakan batuk basah, bergantung kepada pendengaran masing-masing orang. Untuk membuktikannya, perlu pemeriksaan menggunakan stetoskop. Itupun adakalanya terjadi perubahan sekresi dahak beberapa hari kemudian, seiring dengan perkembangan penyakit. Bisa saja terjadi pada awal pemeriksaan tidak ditemukan tanda-tanda sesak yang menyertai batuk, namun beberapa hari berikutnya didapatkan tanda-tanda sesak nafas. Trus gimana ? … Gampang, kontrol ke dokter dong. 😀

Berdasarkan masa (waktu) berlangsungnya, batuk terbagi 2, yakni batuk akut dan batuk kronis. Dikaregorikan batuk akut bila masa berlangsungnya kurang dari 3 minggu, dan digolongkan batuk kronis bila masa berlangsungnya lebih dari 3 minggu. Perlu diingat bahwa akut dan kronis tidak menggambarkan berat ringannya penyakit, tapi mengacu pada waktu berlangsungnya penyakit.

Batas waktu 3 minggu bukan pula batasan absolut. Pada kenyataannya, batuk akut yang biasanya disebabkan oleh infeksi mikro-organisme, dapat juga berlangsung hingga lebih 3 minggu, bahkan 6-8 minggu, sampai terkencing-kencing.

FAKTOR PENYEBAB

Batuk akut pada umumnya disebabkan oleh:

  • Infeksi mikro-organisme (terutama kuman dan virus)
  • Non infeksi, misalnya alergi dan berbagai faktor pemicu, termasuk batuk kronis (misalnya bronkitis alergi, asma0 yang mengalami eksaserbasi akut oleh berbagai faktor.

Sedangkan batuk kronis pada umumnya berhubungan dengan bronkitis kronis, asma, emphysema, alergi dan lain-lain. Selain itu, batuk dapar terjadi karena pemakaian obat antihipertensi golongan ACE inhibitor (captopri).

Keluhan-keluhan yang menyertai batuk.

Batuk dapat disertai oleh keluhan-keluhan lain, seperti:

  • Demam, kadang menggigil, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sekujur tubuh, lemas, mual, lidah pahit, dan lain-lain.
  • Sakit tenggorokan, nyeri telan, suara serak, dahak sulit keluar.
  • Sesak napas, nyeri dada, bernapas serasa berat.

Tak jarang batuk berlangsung hingga berminggu-minggu walaupun sudah diobati dengan benar dan tepat. Terlebih jika orang-orang sekitar juga mengalami batuk berkepanjangan … uhuk-uhuk … grok-grok … crittt *suara batuk terkencing-kencing*

PENGOBATAN

Prinsip pengobatan sedapat mungkin berdasarkan pada penyebabnya, mengeliminir faktor-faktor pencetus dan meredakan keluhan (termasuk keluhan yang menyertai batuk) dengan obat-obat simptomatis.

Obat-obat yang lazim digunakan diantaranya:

  • Antihistamin dan obat-obat flu serta obat pereda demam.
  • Ekspektoran (pengencer dahak), misalnya: GG, bromhexine, ambroxol, dan lain-lain.
  • Antitusif (penekan batuk). Obat golongan ini tidak direkomendasikan untuk anak dikarenakan dapat menimbulkan efek samping sesak (penyempitan saluran napas) dan dahak makin sulit keluar.
  • Bronkodilator (misalnya: salbutamol, terbutalin sulfat, teofilin, dan lain-lain), yakni obat yang berfungsi untuk melebarkan saluran nafas. Obat ini bukan untuk asma saja, tapi dapat juga digunakan untuk sesak karena penyempitan saluran nafas yang lain dan batuk yang disertai gangguan bernafas.  Penting diketahui bahwa obat bronkodilator kadang menimbulkan efek samping berdebar, lemes, tak berdaya, walaupun menggunakan dosis rendah. Tapi gak perlu khawatir. Untuk menanggulanginya cukup dengan istirahat, kemudian selanjutnya dosis diturunkan menjadi setengahnya. Jika masih berdebar, dosis diturunkan lagi atau mengganti dengan obat bronkodilator lain atas saran dokter.
  • Steroid. Hanya digunakan untuk asma (dan beberapa jenis batuk alergi) yang benar-benar memerlukan steroid. Pemakaian obat jenis ini hanya atas rekomendasi dokter.
  • Antibiotika. Hanya digunakan berdasarkan hasil pemeriksan dokter jika menunjukkan tanda-tanda infeksi kuman atau sebab lain yang disertai infeksi sekunder oleh kuman.

Apakah boleh diobati sendiri ?

Boleh. Untuk batuk tanpa keluhan lain atau dengan keluhan penyerta yang ringan, dapat diobati sendiri di rumah dengan menggunakan obat-obat simptomatis (meredakan keluhan). Adakalanya batuk tanpa infeksi sekunder dapat sembuh sendiri. Namun jika tak kunjung sembuh, sebaiknya periksa ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

Di daerah kami, ndeso ™ Palaran, Samarinda, rata-rata penderita batuk akan segera ke dokter walaupun masih ringan. Terlebih pada anak-anak, anget (panas riingan) baru sehari, orang tuanya sudah memeriksakan anaknya ke dokter. Kalaupun ada yang mengobati sendiri, tak akan lebih dari 2 hari, para orang tua segera memeriksaan anaknya manakala tidak menunjukkan perbaikan.

Tentu kesadaran semacam ini tidak datang dengan sendirinya, namun melalui proses komunikasi aktif jangka panjang yang tak pernah berhenti dan dibina terus menerus secara kekeluargaan.

Semoga bermanfaat.

Silahkan berbagi.

Bacaan:

Diagnosis dan Terapi Kedokteran (Current Medical Diagnosis & Treatment), Lawrence M. Tieney, Jr, MD, et all, 2002.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

Iklan

36 Responses to “Musim batuk berat”


  1. 1 ceputelecenter Agustus 1, 2009 pukul 10:58 am

    Informasinya sangat bermanfaat … Ijinkan kami untuk menayangkannya di blog kami

  2. 2 cakmoki Agustus 2, 2009 pukul 1:49 am

    @ ceputelecenter:
    Silahkan .. makasih telah ikut menyebarkan 🙂
    Btw, link blog-nya mana dong ?

  3. 3 bachabe Agustus 2, 2009 pukul 8:33 pm

    mantap sob infonya sukses selalu

  4. 4 triesti Agustus 3, 2009 pukul 6:59 pm

    cak, mungkin ngga, batuknya krn alergi pollen atau jamur? krn seingatku.. paling ngga di luar, kalau el nino jumlah alerginya bertambah krn cuaca yg hangat, jadi pollen dan jamur bertambah, selain debu makin banyak. dan sekarang ini sedang awal2 el nino kan.

    soalnya aku ingat jaman gunung galunggung meletus juga di jawa timur banyak batuk… taunya krn debu galunggung.

  5. 5 cakmoki Agustus 4, 2009 pukul 1:58 am

    @ bachabe:
    makasih kunjungannya

    @ triesti:
    ya, bener…saya sependapat…. hal itu sangat mungkin terjadi.

  6. 6 Shinta Agustus 4, 2009 pukul 1:07 pm

    2 minggu lalu , saya batuk pilek cak…menyiksa banget… sampai crit..critt.. mau tanya cakmoki malu ..gratisan hehheh
    sama dokter kantor dikasih obat, malah jadi gak bisa tidur..tambah jadi deh batuknyaa…

    Alhamdulillah sekarang sudah sembuh, walau masih ada batuk dikit2… 🙂

  7. 7 elah Agustus 4, 2009 pukul 11:13 pm

    trims infonya cak, jangan tolak app saya di facebook ya.sapa tahu dapat postingan gratis.

  8. 8 cakmoki Agustus 5, 2009 pukul 3:21 am

    @ Shinta:
    walah, nanya aja pake malu segala 😛
    Alhamdulillah kalo udah sembuh

    @ elah:
    saya jarang di facebook, kecuali lagi pingin kongkkow-kongkow … hehehe
    Trims kunjungannya

  9. 9 mirza Agustus 5, 2009 pukul 3:32 pm

    Siang Poh Dokter..?
    Konsul boleh lewat telp ga??
    Thanks 🙂

  10. 10 mirza Agustus 5, 2009 pukul 5:05 pm

    Kangen…boleh nggak 🙂 🙂 🙂

  11. 11 cakmoki Agustus 6, 2009 pukul 1:05 am

    @ mirza:
    lewat email aja ya … 😉
    kangen ? … sama sapa ? … tentu boleh.

  12. 12 mirza Agustus 6, 2009 pukul 10:01 am

    Emang ga kangen ya?? /:) /:)wuuduu…salah alamat ga sih ini comment.. hmm..check..chek..salah masuk ga ya..semoga dimoderasi =((

  13. 13 koko Agustus 6, 2009 pukul 11:37 pm

    pernah pengalaman batuk gak sembuh2 mpe 2 bulanan.. batuk2 kecil gitu..trus ke tukang urut diurut punggungnya besok langsung sembuh tuh cak.. kata tukang urut ada urat yang salah di punggung

  14. 14 cakmoki Agustus 7, 2009 pukul 12:06 am

    @ mirza:
    Ehm … ehm … ehm 😉

  15. 15 cakmoki Agustus 7, 2009 pukul 12:52 am

    @ koko:
    wah … maaf, soal urut mengurut sy gak tahu 🙂

  16. 16 chandra Agustus 9, 2009 pukul 5:38 pm

    siang cak…
    skrg kan lg musim banget flu babi, trus mbedainnya sama gejala flu babi gmn dong? ngeri aja..ntar qta ngiranya cuman flu biasa. eeeh, tyt si babi yg muncul. kl kopi bikin batuk jg ga?
    matur nuwuuuun

  17. 17 cakmoki Agustus 11, 2009 pukul 3:59 am

    @ chandra:
    Kalo flu babi kondisi fisik pada umumnya akan drop dengan sangat cepat disertai kesulitan bernafas dan kondisi tubuh makin melemah.
    Untuk itu sebaiknya periksa ke dokter walaupun hanya flu biasa.
    Kopi gak bikin batuk 🙂
    Trims

  18. 18 Iklan Gratis Agustus 11, 2009 pukul 12:01 pm

    @Koko ..
    Boleh dicoba tuh tipsnya .. ke tukang urut ..
    karena 1 Bulan ini saya sudah 2x berobat ke dokter, gara2 batuk yang sangat mengganggu .. tapi tetep belum sembuh2 ..
    Mau beriklan gratis Pasang Iklan Gratis

  19. 19 necel Agustus 12, 2009 pukul 7:19 pm

    kalo pendidikan dokter, batuk ditulis di diagnosisnya apa ya?
    Apa boleh ditulis batuk atau lebih spesifik lagi misalnya faringitis, laringitis, dsb. Karena takut nanti dimarahin dokter pembimbing

  20. 20 cakmoki Agustus 13, 2009 pukul 3:22 am

    @ necel:
    Dalam pendidikan ataupun dalam praktek sehari-hari, batuk adalah keluhan, bukan diagnosa.
    Adapun diagnosanya ditegakkan berdasarkan keluhan dan pemeriksaan.
    Karenanya, pada diagnosa ditulis nama penyakitnya, bukan keluhannya, misalnya: ISPA, Pharyngitis, Tonsilitis, Asthma, Bronkitis … dll … dll.
    Wah, jaman gini masih ada pembimbing suka marah yaaa. Bisa-bisa para calon dokter bukannya tambah pinter, tapi tambah stress … hahaha

  21. 21 ceputelecenter Agustus 14, 2009 pukul 3:09 pm

    maaf, baru balas sekarang … tapi link blognya panjenengan sudah saya masukkan.
    Untuk silaturahmi … mohon link kami juga dimasukkan.
    Terima Kasih

    Wassalam

  22. 22 cakmoki Agustus 14, 2009 pukul 3:22 pm

    @ ceputelecenter:
    udah saya masukin di link temans…
    tapi koq ga bisa dibuka ya ?
    Trims.
    Wass

  23. 23 Besan Agustus 19, 2009 pukul 6:09 pm

    Kenapa ya cak pasien yg sering mdpt antibiotik saat batuk pilek akan lbh lama sembuhx bl tdk mdpt antibiotik ktk sakit batuk pilek lg.
    Apakh dgn kondisi ini pasien tsb cenderung jg mngalami infeksi sekunder kl batukx kambuh lg cak?
    Matur nuwun cak.

  24. 24 masjaliteng Agustus 19, 2009 pukul 11:06 pm

    cak, saya sering batuk, lalu oleh dokter dikasih obat selama 6 bln terus menerus, setelah itu katanya saya kena bronchitis. sekarang kalo kecapean sering kumat batuknya. apa memang benar bronchitis nggak bisa disembuhkan/laten? terima kasih atas jawabannya.

  25. 25 cakmoki Agustus 21, 2009 pukul 1:14 am

    @ Besan:
    emang iya jika gak perlu antibiotika tapi diberi antibiotika. Sehingga ketika bener-2 memerlukan antibiotika, si batuk malah lebih lama sembuh lantaran ada kecenderungan resisten.
    Namun, batuk yang disertai infeksi sekunder oleh kuman, mau gak mau perlu antibiotika.
    Sedangkan infeksi sekunder dapat terjadi oleh (a) penularan dan (b) eksaserbasi (kuman yang tadinya tidak patogen menjadi patogen) jika terlalu sering menggunakan antibiotika tanpa indikasi yang jelas.
    Selain itu, lamanya penyakit bergantung juga pada kondisi tubuh seseorang dan jumlah serta sifat mikroorganisme sebagai penyebab timbulnya penyakit.
    Adakalanya pada kondisi tertentu kuman atau mikro-organisme lain mengalami perubahan strain (perubahan sifat dan daya infeksi) oleh pelbagai faktor, sehingga keluhan yang biasanya sembuh dalam waktu tertentu menjadi lebih lama sembuh dan lebih berat keluhannya.
    Maturnuwun

    @ Masjaliteng:
    Bronkitis (yang disebabkan alergi) gak bisa sembuh total. Tentu bisa dikendalikan, namun suatu saat dapat kambuh terutama kalo terpapar: cuaca dingin, debu, asap, kelelahan fisik mapun psikis, kehujanan, dll.
    Trims

  26. 27 cakmoki September 3, 2009 pukul 2:58 am

    @ ceputelecenter:
    Mturnuwun … link-nya udah ok, ntar saya ganti di halaman temans

  27. 28 narti Desember 23, 2009 pukul 4:30 pm

    ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas)
    di media lain pernah baca ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)
    mana yang benar dokter?
    di tunggu pencerahannya.

  28. 29 cakmoki Desember 23, 2009 pukul 9:55 pm

    @ narti:
    Dua-duanya benar. Istilah ISPA diterjemahkan dari Upper Respiratory Tract Infection dan Acute Respiratory Tract Infection. Karenanya, jika ada yang menggunakan salah satu dari keduanya, gak masalah, sama-sama benernya.
    Trims

  29. 30 toto September 3, 2010 pukul 12:04 pm

    met siang pak dokter. mau nanya nich. sama nggak batuk berkepanjangan lebih dari sebulan walaupun sudah di obati terus dengan batuk rejan . Karena saya menderita batuk sudah 1 bulan lebih belum sembuh2. Dokter ahli paru yg saya datangi bilang paru2 baik.
    Karena bingung skr nggk minum obat lagi. tapi skr sudah mulai mereda batuknya. Kondisi skr tenggorokan masih agak sakit ,batuk kadang2. Kata orang yg pernah ngalami batul spt saya , bisa sembuh sendiri setelah 2 bulan walaupun di obati terus.
    Pak dokter sebenarnya sakit apa saya. Sebaiknya saya periksa kemana lagi atau obat apa yg tepat untuk sakit saya.
    terima kasih pak, hanya yg diatas yg bs balas kebaikan bapak.

  30. 31 cakmoki September 3, 2010 pukul 6:59 pm

    @ toto:
    ak sama Mas… batuk rejan adalah Pertusis atau dikenal sebagai batuk 100 hari.. pada rontgen nampak banyak infiltrat.
    Kalo dokter paru mengatakan paru-2 nya bagus, berarti bukan batuk rejan.. bisa jadi batuk karena alergi.
    Kalo udah mereda, dan batuknya hanya kadang-2, gak perlu ke dokter.
    Silahkan melanjutkan atau mengulang obat yang dari dokter ahli paru hingga benar-benar sembuh.
    Makasih

  31. 32 Cak Nur November 18, 2010 pukul 1:54 am

    Askum cak dok,
    Email dokter yg mana ya,kok saya blm nemuin. Dok mhn ijin saya link di web saya. Utk link ke web saya http://www.shatriaoptic.co.cc

    berbagi ilmu sehat adalah shodaqoh yg luarbiasa. Salut utk dokter.

  32. 33 cakmoki November 19, 2010 pukul 1:42 pm

    @ Cak Nur:
    wa’alaikum salam, wr, wb,
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Surabaya di mana Cak Nur ?
    Makasih

  33. 34 Zindhy Arianda Mei 30, 2011 pukul 12:51 pm

    Met siang cakmoki,jd seneng baca2 diskusi bpk,smpai pd akhirnya sy t’tarik buka2 yg lain,kbetulan jg sy mau tnya,±2bln ini sy sering batuk2 di sertai sesak napas,t’utama mjelang pagi hr antara jam1-2pagi(krn di blitar sini dingin)…memang blum periksa dokter tp saya m’knsumsi Aminovilin kdng 1 tablet sy bagi 4 atau 2 (saran suami-krn dulu dia pnah sesak napas)& mmang manjur 5-10 menit batuk plus sesak reda,& kdng sy mnum sblum tdr spy pagi2 buta tdk kambuh,apakah aman sy knsumsi dlm jngka pnjg?

  34. 35 cakmoki Mei 30, 2011 pukul 2:45 pm

    @ Zindhy Arianda:
    Met siang,
    Ya, udah bener … aman dan damai …adapun untuk batuknya, dapat menggunakan ambroxol atau bromhexine, diminum 3×1 🙂
    namun jika dengan aminofilin udah bisa menghilangkan sesak dan sekaligus batuknya, maka tidak perlu minum ambroxol or bromhexine.
    Moga sehat selalu
    makasih

  35. 36 Zindhy Arianda Mei 30, 2011 pukul 4:34 pm

    Met sore, mksih bget ya dok,jd lega skrg-mdh2an jd tmbah smbuh beneran stlh baca balasan dr dokter. Sy jg baca “Bronkitis Akut&Kronis”
    Bpk itu sabar,lowprofile,jelas lg kalo ksih pncerahan.
    Semoga bpk selalu dpt balasan yg baik pula dr Alloh SWT,amin yaarobbalamin. Sukses ya cakmoki…you’r the best!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,330,884 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: