Sembelit

KODE ICD-10 : K59.0 : Konstipasi ( sembelit )

constipation Sembelit atau konstipasi merupakan keluhan BAB (Buang Air Besar), dimana frekuensi BAB lebih jarang dan faeces lebih keras dari biasanya. Lho, koq gak jelas ? … iya emang  😛  Ketidaktegasan dan perbedaan definisi sembelit dikarenakan beragamnya variasi BAB setiap orang. Pada umumnya sembelit bersifat sementara dan kebanyakan pulih dengan banyak minum serta makan makanan berserat tinggi.

BAB dikatakan normal jika seseorang BAB 3 kali atau kurang dalam sehari hingga setidaknya 3 kali dalam seminggu dengan konsistensi faeces lunak.

Lantas, kapan seseorang dikatakan mengalami sembelit ?

BATASAN SEMBELIT

Menilik bahwa sembelit berhubungan dengan “frekuensi” dan “konsistensi”, maka seseorang dikatakan mengalami sembelit jika frekuensi BAB lebih jarang dari biasanya dan disertai dengan konsistensi faeces yang keras … *mringkil-mringkil* 😀 … ngeluarinnya penuh perjuangan sampe wajah memerah, booo

Secara klinis, sembelit (konstipasi) adalah dijumpainya faeces dalam jumlah banyak yang menumpuk di rektum atau di kolon bagian bawah atau di sigmoid (colon yang membentuk seperti huruf S di perut bagian kiri bawah). *karenanya seorang dokter akan meriksa dengan menekan perut kiri bawah pada penderita yang mengeluh sembelit, untuk memastikan ada tidaknya deposito faeces*

Menurut Dave A Holson, kriteria standar sembelit, jika memenuhi sedikitnya 2 keluhan di bawah ini setidaknya dalam 3 bulan.

  1. Konsistensi faeses yang keras
  2. Mengejan keras *dan penuh perjuangan* saat BAB
  3. Rasa tidak tuntas ketika BAB (setidaknya 25% dari keseluruhan BAB)
  4. Frekuensi BAB kurang dari 2 kali seminggu

Kini kita bisa memahami bahwa seseorang yang BAB, misalnya hanya 1-2 kali seminggu, tapi dia gak merasa terganggu, faecesnya baik-baik aja, dan gak ada tabungan faeces yang mengeras di rektum, tidak serta merta dikatakan menderita sembelit. Namun, jika ada yang menganggap sebagai sembelit, ya ga papa 😀

ANGKA KEJADIAN

Di negeri paklik Obama, sembelit dialami oleh 1,6-2% populasi. Perbandingan antara pria dan wanita 1:3.

Sembelit dapat dialami oleh semua umur, mulai bayi hingga usia lanjut. Terbanyak (30-40%) dijumpai pada usia lanjut, terutama pada usia di atas 65 tahun.

PENYEBAB

Pada dasarnya, penyebab timbulnya sembelit adalah hal-hal yang menyebabkan (a) peningkatan absorbsi di colon (usus besar) dan (b) penurunan gerakan usus.

Berbagai penyebab sembelit ( The National Digestive Diseases Information Clearinghouse [NDDIC] ), diantaranya:

  • Kurangnya asupan serat pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari.
  • Kurangnya aktifitas fisik, terutama pada usia lanjut. *makanya, jangan nge blog mulu* 😛
  • Obat-obat tertentu (obat golongan narkotika, antasid yang mengandung aluminium dan kalsium, antihipertensi golongan penghambat kalsium, obat anti Parkinson, antispasmodik, anti depresan, suplemen Fe, diuretik, antikonvulsan)
  • Intoleransi susu
  • Penyakit-penyakit dan gangguan pada usus besar.
  • Kehamilan, usia lanjut dan dalam perjalanan.
  • Pemakaian pencahar yang berlebihan.
  • Kebiasaan menahan BAB.  *sambil mulet-mulet dan mringis* 😛
  • Dehidrasi.
  • Penyakit tertentu, terutama stroke.
  • Gangguan fungsional pada usus.

PENATALAKSANAAN

Prinsip pengobatan bergantun pada penyebab sembelit, berat ringannya keluhan dan seberapa lama sembelit berlangsung. Meski demikian, pada sebagian besar kasus sembelit dapat diatasi dengan perubahan pola makan dan gaya hidup. So, beberapa penatalaksanaan sembelit meliputi:

Mencukupi kebutuhan cairan (setidaknya 1,5-2 liter per hari) dan makan makanan berserat dalam jumlah cukup ( kandungan serat minimal 25-30 gram per hari).

  • Beraktifitas dan olah raga teratur *hihihi, ini penting bagi yang syuka duduk seharian di depan komputer*
  • Membiasakan diri untuk tidak menahan (ngempet) BAB. *bagi yang suka jijay BAB di toilet Kereta Api or kendaraan umum, tentu sangat merepotkan*
  • Jika upaya-upaya di atas gak berhasil, mau gak mau menggunakan obat pencahar sesuai saran dokter. *alamak, lagi-lagi ke dokter, cape deh* 😉
  • Jika mengalami sembelit berulang, berkepanjangan dan gak berhasil dengan obat pencahar, sebaiknya (baca: wajib) ke dokter … hehehe, moga enggaklah.
  • Obat pencahar yang lazim digunakan: Obat pelunak faeces: methyl selulose
  • Obat pelunak dan melicinkan faces (menurunkan egangan permukaan faeces supaya mempermudah absobsi air): castor oil, decusate.
  • Obat golongan osmotik (yang tidak diabsobsi tubuh sehingga cukup aman): Sorbitol, Lactulose, Glycerin.
  • Obat stimulan peristaltik (gerakan) usus *golongan ini paling sering digunakan, namun pemakaian terus menerus dalam jangka panjang dapat menjadi pencetus timbulnya gangguan motilitas usus): Bisakodil, fenolptalin.

Bagi para orang tua yang anaknya sering mengalami sembelit (konstipasi) hingga wajahnya memerah sambil meringis ( ngeden sampe abang ireng), monggo dipersilahkan bertanya kepada dr. Rizal Sp.A. *maaf, Mas Rizal* 🙂

Semoga bermanfaat

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

Iklan

29 Responses to “Sembelit”


  1. 1 Puskesmas Mojoagung April 4, 2009 pukul 1:41 pm

    Waduh, berarti perlu nih ditulis ” WARNING (buat para blogger), Hati-hati konstipasi “. Tapi ya bener juga tuh, biasanya para blogger kan lebih sedikit aktifitas fisiknya dibanding aktivitas jari, trus terjadi konstipasi, ujung-ujungnya bisa hemorrhoid 😀
    Kok tambah nakut-nakutin . hehehehehe 😀

  2. 2 almascatie April 5, 2009 pukul 5:05 am

    oooo……. makasih cak.. jadi bisa persiapan untuk hari mendatang deh 🙂

  3. 3 pinkina April 6, 2009 pukul 10:05 am

    wahhhh yg buat ibu hamil yg susah Cak…tersiksa buangett….perut rasanya penuh mulu…ndak boleh minum obat macem2.
    aku sering BAB 5 hari sekali, udah makan pepaya, udah banyak minum, tetepppp aja….dari dokternya dikasih obat pencahar yg [maaf] dimasukkan lwt anus, itupun cuman dikasih 2 biji…huuhuu…

    -bumil yg seringkali mengalami sembelit-

  4. 4 cakmoki April 6, 2009 pukul 10:50 am

    @ Puskesmasmojoagung:
    Hehehe, makasih tambahannya tentang hemoroid 🙂
    Sttt, kalo dokter kebanyakan duduk saking buanyaknya pasien kayak di Mojoagung, termasuk ga ? 😀

    @ alamscatie:
    Persiapan untuk si dia ya 😉

  5. 5 keishka April 6, 2009 pukul 12:32 pm

    hohoho, kei sering nih kya gini…
    pernah tuh, 2 hari baru bs buang…

    aarghh.. ternyata.. mesti bnyak minum ya, hihihi

  6. 6 cakmoki April 6, 2009 pukul 4:05 pm

    @ pinkina:
    iya emang 😀
    Kalo obat pencahar ga papa, aman, apalagi yang lewat anus.
    Beli sendiri kan bisa … 1 pack biar gak bingung saat sembelit udah sangat menyiksa … hehehe
    Moga sehat selalu

    @ keishka:
    2 hari sekali gak papa kei, masih normal menurut definisi umum 😉
    Makanya, banyak minum 😛

  7. 7 Puskesmas Mojoagung April 6, 2009 pukul 10:56 pm

    Waduh ini WARNING juga buat para dokter yang pasiennya buanyak, berarti gak cuman di Mojoagung kalo gitu kalo ternyata bisa mengarah ke konstipasi dan hemorrhoid. Emang ada literaturnya gak ya ???
    Kalo blom ada mungkin ada yang mau mengkaitkan ini ya ide bagus buat TA (Tugas Akhir) Mahasiswa Kedokteran –> Judulnya Hubungan jumlah pasien perhari yang ditangani oleh seorang Dokter dengan angka kejadian konstipasi.
    Boleh aja kan usul, yang penting tidak boleh asal 😀

  8. 8 cakmoki April 7, 2009 pukul 12:35 am

    @ Puskesmas Mojoagung:
    hahaha, gak ada literaturnya, wong saya hanya guyonan 😀
    Btw, usulnya bagus juga … supaya mhs fk sekalian mencari tahu tips dan trik agar pasiennya banyak, murah meriah dan sembuh 😉

  9. 9 PKM Sungai Ayak April 8, 2009 pukul 11:56 pm

    Om Moki, kayaknya Puskesmas Palaran juga sembelit setelah ditinggal om Moki. Lihat saja, nggak ada lagi postingan terbarunya. Gimana tuh ?

  10. 10 cakmoki April 9, 2009 pukul 12:56 am

    @ PKM Sungai Ayak:
    iya nih 😀 … saya juga merasa prihatin. Padahal sekarang udah ada 3 orang TS di sana. Saat ini hanya bisa menghibur diri bahwa menulis memang tidak semudah berkata-kata, dan setidaknya diantara kita masih ada yang sempet nge Blog…. hehehe.

  11. 11 Puskesmas Mojoagung April 9, 2009 pukul 10:49 am

    Iya…setuju dengan PKM Sungai Ayak.
    Dulu…..waktu masih dikelola Cak Moki, blog PKM Palaran itu yang jadi inspirasi saya untuk membangkitkan blog PKM Mojoagung. Sekarang kok sudah mati suri…Gimana nih Cak MOki ???
    Apa perlu kita “kitik-kitik” biar bangun. 😀
    Yang ada gejala mo pingsan juga itu lagi di Puskesmasdotinfonya PKM Krejengan. Ayo dibangunin rame-rame biar budaya Promkes lewat blog tetap eksis.

  12. 12 cakmoki April 9, 2009 pukul 10:58 am

    @ Puskesmas Mojoagung:
    Hihihi … kayaknya mati suri panjang. Mongo di “kitik-kitik” biar bangun. Sy sependapat, promkes via blog terbukti efektif, interaktif, jangkauannya luas dan gak pake anggaran khusus 😀 … tentu promkes konvensional (mulutan=pake mulut) juga masih diperlukan di tempat tertentu. Yuk, kita hasut ajak temen-temen untuk ber promkes ria via Blog… Semangat!!!

  13. 13 puskemascukir April 10, 2009 pukul 1:08 pm

    halo cak moki…. wahhh… ternyata pusk.cukir cukup ketinggalan dalam hal nge-blog. Ya dah lah, pusk.cukir akan banyak-banyak “MINUM” dari Cak Moki.. biar gak “sembelit” dalam nge-blog….. 😀

  14. 14 cakmoki April 11, 2009 pukul 10:18 am

    @ puskesmascukir:
    Halo… ya gak lah, wong sy banyak gak ngeh tentang per-nge-blog-an 🙂
    Klo gitu kita sama-sama minum biar ga “sembelit informasi” … hehehe
    Maturnuwun kunjungannya ya

  15. 15 hengki April 26, 2009 pukul 10:15 pm

    cak aku ada pertanyaan, terus terang saja aku kalo bab sering mengejan biar bisa keluar kadang ampe berdarah2 itu bisa di katakan sembelit apa wasir cak? terus aku heran ama feses ku kok keras terus padahal aku dah banyak minum air putih kenapa ya cak?
    sekedar keterangan aku orangnya gemuk ( jelas makannya banyak ehehe ) , seneng duduk berjam2 main game di komputer hehehhe……
    ada saran gak cak supaya lancar babnya ? dah lama nehh cak kyk gini
    tapi heranya kalo aku pulang kampung ( di sumatra ) malah gak terjadi tapi pas aku di jogaja ( tempat kuliah masih mahasiswa cak ) malah terulang lagi. apa ada faktor makanannya juga cak? maaf kalo pertanyaannya terlalu banyak soalnya dah terasa tersiksa neh cak …
    Terima kasih sebelumnya …..

  16. 16 cakmoki April 27, 2009 pukul 12:04 pm

    @ hengki:
    Termasuk sembelit, jika BAB keras dan memenuhi kriteria di atas. Sedangkan berdarah-darah, bisa karena luka oleh iritasi BAB yang keras, bisa juga wasir yg iritasi oleh BAB. Sembelit merupakan salah satu pemicu timbulnya wasir. Untuk memastikan wasir apa enggak, dapat diraba sendiri ato periksa ke dokter … hehehe.

    terus aku heran ama feses ku kok keras terus padahal aku dah banyak minum air putih kenapa ya cak?

    Silahkan baca lagi bab “penyebab”, mungkin salah satu ato lebih faktor-2 di atas.
    Sedangkan supaya BAB lancar, silahkan baca ulang bab “Penatalaksanaan”…

    Ya, faktor makan, kebiasaan BAB, dll merupakan beberapa faktor pemicu terjadinya sembelit.

    Ntar kalo belum jelas, boleh tanya lagi… Trims 🙂

  17. 17 diabetesnotes Mei 6, 2009 pukul 11:20 pm

    wach klo yang satu ini, rasanya saya sering mengalami……kagak nyaman, maksih artikelenya sangat menarik

  18. 18 Ayk Mei 10, 2009 pukul 6:07 pm

    Cak, kayaknya aku jg mengalami sembelit cak, sejak mengkonsumsi asthin force sama lanturol. Pdhl udh byk mnm ai putih & buah. Apa memang ada hubungan ama vit yg aku minum itu?
    Kalo makan semacam yogurt yg diiklanin di tv itu, namanya activ** boleh nggak?
    Suwun cak.

  19. 19 cakmoki Mei 10, 2009 pukul 11:11 pm

    @ Ayk:
    Gak ada hubungannya… coba banyakin makan sayur dan buah.
    Yoghurt boleh, gak papa.
    Suwun

  20. 20 En Hikmah Mei 13, 2009 pukul 11:49 am

    Saya udah dari kecil biasanya baru buang buang 3-4 hari sekali. Emang sih kalo sudah menjelang buang buang itu perut rasa penuh dan emosi pun berubah, bisa suka melankolis ato jadi pemarah tanpa sebab, ato malah super manja. Nah kalo udah dibuang, langsung leghhaaaa gitu. Ilang deh sifat aneh-anehnya. Trus langsung lapaaaarrr banget. Tapi karena udah dari dulu gitu jadi ya ga pernah permasalahin. Nah pas udah gede baru tahu umumnya orang buang buang tuh tiap hari. saya pernah nyoba minum minuman berserat yg spti jelli itu lho pak, hasilnya malah mules terus, tapi ga ada yg bisa dibuang, padahal mulesnya tiap hari. Jadi saya putuskan ga bisa dipaksa nih perut, emang dia maunya ngirit. Asik banget sih kalo mau bepergian, buang sekali, sampe seminggu kemudian balik lagi ke rumah baru buang lagi (tergantung saya banyak makan apa nggak). Tapi agak takut juga pak, bahaya gak ya? Saya makan cukup banyak pak, minum suka air putih, ga suka minum yg kemasan atau es. Makan sayur dan buahpun hobi. Ada tips lainnya pak?

  21. 21 cakmoki Mei 13, 2009 pukul 6:52 pm

    @ En Hikmah:
    Sejauh gak ada gangguan, gak papa. Upaya yg dilakukan udah bener, yakni minum banyak air putih, sayuran dan buah.
    Tips lain gak ada, rasanya udah tertulis lengkap di bagian “penatalaksanaan” pada artikel ini.
    Trims share-nya ya 🙂

  22. 23 cakmoki Mei 14, 2009 pukul 5:03 pm

    @ Konsultan Asuransi:
    makasih ^_^

  23. 24 Evia Agustus 17, 2009 pukul 9:49 pm

    Cak,apa sembelit ini bisa krn turunan?dikeluarga sy 3 generasi yg ngalamin,bapak,sy,& anak sy,masalahnya sama Bab ga tiap hari,kadang keras kadang ga,kadang bulet2 kyk kotoran kambing,tp biasanya kalo dah minum larutan penyegar bab nya normal
    Apa sembelit ini ada kaitannya dgn penyakit lain?sy pernah ke dr kulit ngobati bibir yg kering,dktr nya bilang masalahnya diusus,trus waktu berobat alergi ke pengobatan alternatif katanya banyak toksin diusus
    Maaf kepanjangan ya cak biar skalian,makasih byk cak

  24. 25 cakmoki Agustus 20, 2009 pukul 10:55 pm

    @ Evia:
    Sembelit bukan penyakit keturunan.
    Adapun faktor penyebab timbulnya semelit, silahkan baca bab Penyebab pada artikel di atas.
    Dan bukan karena toksin di usus…. 😀
    Trims

  25. 26 sweet blacky Oktober 24, 2009 pukul 10:32 am

    haduuuuuhhhhh…….

    kok mbingungi yaaa….
    Kalo aku (maap ni yaa)malah g BAB sampe seminggu lebih dan ini sudah berjalan bertahun2.Kata dokternya “orang makannya sedikit!” padahal aku kalo makan kayak onta (wuakehhhh).G ada keluhan apa2 dari jumlah, bentuk, sakit, tapi kadang2 (jarang sekali) keluar darah.
    Sekarang aku turun berat badan kayaknya drastis tapi g sengaja (sering minum jd males makan).Apa pengaruh dr sembelit ya? Terus gimana dong…udah capek ngurusinnya .Makasih yaa numpang tanya..

  26. 27 cakmoki Oktober 24, 2009 pukul 1:36 pm

    @ sweet blacky:
    Sembelit dapat menimbulkan wasir … (gak selalu)
    Untuk mengatasinya, silahkan baca pada Bab Penatalaksanaan di paragraf terakhir dari tulisan ini … 🙂
    Trims


  1. 1 Sembelit Lacak balik pada April 4, 2009 pukul 1:16 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,301,967 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: