Migraine

KODE ICD-10 : G43 : Migraine

migraine4 Migrain (migraine, migren) merupakan salah satu keluhan nyeri kepala primer yang biasa kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Pada umumnya penderita migrain sudah sangat mengenal keluhannya, terutama manakala serangan migrain datang menerpa, kecuali bagi yang baru pertama kali mengalaminya. Sebagian penderita mampu mengobati dirinya sendiri (mungkin saking seringnya ke dokter), dan sebagian lainnya mau gak mau datang ke dokter, bahkan kadang memerlukan pengobatan dan follow up jangka panjang. *enjoy aja, ga usah terlalu cemas πŸ™‚ …*

Migrain adalah nyeri kepala di salah satu sisi (unilateral), kanan atau kiri, tanpa adanya kelainan organ. Adakalanya rasa nyeri timbul di kedua sisi kepala (bilateral). Dapat disertai aura maupun tanpa aura dan dapat diawali keluhan prodormal (keluhan sebelum serangan migrain), dapat pula tanpa keluhan prodormal.

ANGKA KEJADIAN

Sayang sekali kita belum memiliki angka kejadian (incidens rate) migrain. Kalaupun ada, sulit nyarinya … hehehe. *asli saya lagi kumat malasnya*. Mungkin di RS, Poliklinik Neurologi atau praktek dokter Neurolog memilikinya. *publish dong πŸ˜€ *

Menurut Michelle Blanda, MD (Professor of Emergency Medicine, Northeastern Ohio Universities College of Medicine, Sep 3, 2008), diperkirakan 10-20% penduduk amrik menderita migrain. Wanita (15-17%) lebih kerap mengalami migrain dibanding pria (sekitar 6%), atau 3:1.

Frekuensi serangan migrain sangat individual, bergantung pada banyak faktor. Migrain merupakan keluhan kepala terbanyak kedua setelah Tension headache.

Walau jarang, migrain dapat terjadi pada anak-anak (anak lelaki lebih sering ketimbang anak wanita) dan angka kejadian meningkat pada usia dewasa. Tersering pada usia 30-an (80%), kemudian usia-30 hingga 40-an dan adakalanya dapat dijumpai pada usia 50-an. (jarang).

JENIS MIGRAIN

Berdasarkan ada tidaknya aura (tanda-tanda yang menyertai keluhan), migrain terbagi menjadi 2 jenis, yakni:

  1. Migrain tanpa aura (tersering dijumpai, sekitar 80%).
  2. Migrain dengan aura (misalnya: rasa melayang *nggliyeng*, telinga berdenging, pandangn kabur, silau, dll), disebut juga dengan migrain klasik.

FAKTOR PENCETUS

Hingga kini, penyebab pasti timbulnya migrain belum diketahui. Namun demikian, beberapa faktor berikut ini merupakan faktor-faktor yang diduga sebagai pencetus terjadinya serangan migrain:

  • Adanya riwayat dalam keluarga yang menderita migrain (sekitar 70-80%).
  • Kelelahan fisik maupun psikis (stress).
  • Aktifitas yang berlebihan. *termasuk ketagihan nge Blog? …hiks*
  • Obat-obatan tertentu (misalnya: pil KB, obat golongan vasodilator)
  • Makanan tertentu dan alkohol.

TANDA TANDA MIGRAIN

Klasifikasi untuk menentukan jenis migrain lebih banyak ditentukan dengan komunikasi dokter-pasien (wawancara) berdasarkan berbagai kriteria yang disepakati para ahli. Kendati begitu, pada kenyataannya tidak mudah, rumit deh. Namun gak ada salahnya kita mengetahui walau singkat … πŸ˜€

Migrain Tanpa Aura

Sedikitnya memenuhi 5 kriteria dari tanda-tanda berikut:

a. Nyeri kepala berlangsung 4 hingga 72 jam (bisa sampai 3 hari booo)

b. Sifat nyeri kepala ditandai minimal 2 dari ciri-ciri berikut:

  1. Nyeri di salah satu sisi kepala (unilateral)
  2. Disertai rasa berdenyut
  3. Gradasi nyeri: sedang hingga berat (mengganggu aktifitas sehari-hari)
  4. Nyeri diperberat dengan aktifitas fisik

c. Saat serangan nyeri kepala, setidaknya ditandai dengan 1 dari keluhan berikut:

  1. Mual atau muntah
  2. Fotofobia (takut cahaya), fonofobia (takut suara-suara tertentu … hihihi)

d. Tidak dijumpai adanya kelainan organ.

Migrain Dengan Aura ( Migrain Klasik)

Seseorang dikatakan menderita migrain klasik jika setidaknya memenuhi 2 kriteria.

Pertama, apabila dijumpai minimal 3 tanda dari keluhan-keluhan berikut:

  1. Satu dari aura yang bersifat reversibel (mudah kembali normal)
  2. Mengalami aura bertahap yang terjadi lebih dari 4 menit.
  3. Tidak mengalami aura yang berlangsung lebih dari 1 jam.
  4. Serangan nyeri kepala yang menyertai aura (dapat tejadi sebelum atau bersamaan dengan aura), berlangsung dengan interval kurang dari 1 jam.

Kedua, tidak dijumpai adanya kelainan organ.

Penentuan kriteria kadang membingungkan lantaran dijumpainya kriteria migrain tanpa aura sekaligus kriteria migrain klasik (migrain dengan aura).

Di sisi lain, keluhan-keluhan yang menyertai migrain sangat bervariasi sehingga makin menyulitkan dalam menentukan jenis migrain. Karena itu, dapat dimaklumi jika dalam praktek sehari-hari seorang dokter hanya mengatakan migrain kepada pasiennya agar gak tambah serem. πŸ˜€

Selain itu, penderita migrain dapat mengalami gejala-gejala awal (prodormal) yang biasanya berlangsung 1-2 hari sebelum serangan migrain, seperti: lemas, lunglai, brasa nguantuk poll, sensi, depresi, bolak-balik kencing, dll.

PENGOBATAN

Pada dasarnya penatalaksanaan migrain meliputi 4 cara:

1. Tanpa obat. Merupakan upaya-upaya pencegahan, diantaranya:

  • Mengatur pola makan, misalnya: menghindari alkohol, dll.
  • Gaya Hidup Sehat, misalnya: tidur yang cukup, olah raga teratur.
  • Pengelolaan stres … πŸ˜€ *sulit bagi yang mudah meradang, mudah panik, gampang cemas, dll… tapi tetap bisa dilatih sesuai selera masing-masing*

2. Mengurangi pemakaian obat. Maksudnya, bagi penderita yang biasa menggunakan obat hendaknya mengurangi jumlah dan freksuensi pemakaian obat secara bertahap untuk menghindari timbulnya nyeri kepala putus obat (efek withdrawl) jika obat dihentikan secara tiba-tiba.

3. Obat-obatan.

Wah… banyak jenisnya nih. Silahkan menggunakan obat sesuai anjuran dokter.

Hmmm, … obat-obat yang lazim digunakan untuk penderita rawat jalan atau di rumah, antara lain: *akhirnya … πŸ™‚ …*

  • Obat golongan NSAI (Non Steroid Anti Inflamasi), misalnya: ibuprofen 400-600 mg, metamizole 500 mg, asam mefenamat 500 mg, dll … diminum 3-4 kali sehari sesudah makan.
  • Kombinasi Ergotamine-coffein.
  • Dll … dll … dll.

Adakalanya diperlukan obat kombinasi yang diresepkan oleh dokter untuk memberikan efek pengobatan yang lebih bagus.

Sekali lagi, penggunaan obat (jenis, dosis, cara dan lama pemakaian) hendaknya sesuai anjuran dokter.

OBROLAN SANTAI, YANG SERING DITANYAKAN:

  • Perlukah periksa otak (EEG, CT-Scan, MSCT, MRI) ? … Bergantung indikasi .. bergantung duitnya juga ding πŸ™‚
  • Perlukah periksa Lab lengkap ? …idem di atas … *halahhhh*
  • Apa ada pantangan makanan ? … kalo emang nyata-nyata ditemukan hubungan antara serangan migrain dengan makanan tertentu, hendaknya makanan tersebut dihindari. Tapi perlu evaluasi. Kalo ternyata setelah gak makan makanan yang dipantang masih mengalami migrain, maka pantangan makanan patut ditinjau ulang. Inget persentase deh, kan faktor makanan sangat jarang.

Sssst, ada cerita, orang-orang tertentu (di ndeso β„’ daerah kami) selalu berpantang β€œgorengan” setiap sakit, apapun penyakitnya … ya jelas lah, sapa yang mau makan β€œgorengan”, lha wong wajan koq dimakan … hahaha. Btw, di kota sama juga kan ? *kedip-kedip* Heran, sing ngandani sopo ? Untuk wilayah kami, saya ikut bersalah karena kurang gencar woro-woro.

  • Apakah migrain berbahaya ? … kalo jelas-jelas migrain (artinya tanpa kelainan organ), gak bahaya … tersiksa sih iya! πŸ˜€

Punya pengalaman menarik seputar migrain ? Silahkan berbagi *siyul-siyul*

Semoga bermanfaat.

Catatan:

Ringkasan tentang Migrain ini merupakan permintaan dari beberapa pembaca melalui media diskusi di halaman Tanya Jawab maupun email.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

Iklan

54 Responses to “Migraine”


  1. 1 pinkina Maret 10, 2009 pukul 4:05 pm

    wuahhhhhh……..menarik sekali, saya ini termasuk yang sering migren juga cak. Biasanya saya pake istirahat aja..

  2. 2 Andri Journal Maret 10, 2009 pukul 4:27 pm

    Keluhan pusing memang kayaknya dominan di puskesmas dok.Ada jg yg sampai nyandu ‘analgetik’.Kalo gak minum malah pusingnya kumat.Itu gimana dok?Adakah fisioterapi untuk mengatasi hal ini?Ataukah kita harus terus menerus memberi analgetik bila pasien menolak dirujuk ke RS untuk pemeriksaan yg lebih lengkap? πŸ™‚

  3. 3 WhatNewsToday.Com Maret 10, 2009 pukul 6:04 pm

    migrain ama pusing karena darah rendah beda ga? sy sering pusing.. gejala pertama ya cuma mata banyak kilatan camera trus setelah itu kepala sakit.. tapi cuma sebelah..

  4. 4 Rukia Maret 10, 2009 pukul 11:54 pm

    migrain itu penyakit langganan saya om dokter. Saya sempet pergi ke dokter, tapi dokternya malah marahin saya, karena dengan umur saya yang segini kok udah kena migrain. Dokter bilang saya nggak boleh terus2an minum obat penghilang rasa sakit a.k.a obat sakit kepala, katanya sih bisa ketagihan. Jadi deh setiap migrain datang saya berusaha tahan tanpa minum obat, baikkah cara yang saya lakukan itu cak dokter?

  5. 5 Greeny Maret 11, 2009 pukul 12:54 am

    Malem Cak Dokter Moki πŸ™‚

    Ngerasa in yang namanya migrain baru 3-4 thn belakangan ini aja, sebelumnya klo sakit kepala pastinya seluruh kepala berat rasanya.
    Sempet juga ngerasain seperti yang diketik diatas, ampe 3 hari boooooooooo…. padahal dah minum obat migrain juga menyedikitkan aktifitas yang ada…
    Alhamdulillah 2 bulanan ini gak ngerasain migrain lg.. tapi…., 2 minggu belakangan ini ada rasa sakit yang datang tiba2 pada kepala tepatnya disekitar belakang telinga, rasanya seperti ditarik gitu… kadang 2 hari berturut2 di sebelah kiri bsoknya di sebelah kanan & klo lagi dateng palingan hanya 2-3 menit an trus hilang….sesaat aja, lantas balik lagi.. gitu seterusnya…
    Karena belum merasa terganggu jadi gak sy minumin obat dok…
    Pertanyaan ny :
    1. apakah itu tergolong migrain klasik??
    2. memang biasa terjadi atw tidak, seseorang bisa memiliki 2 jenis migrain dlm dirinya?? kaya hape aja cak, bisa ganti chasing.. hehe.. kenapa gitu y..?

    Thanks Cak… πŸ˜€

  6. 6 lia Maret 11, 2009 pukul 1:24 am

    wah slamat …
    webnya terbaek tuk minggu ini di detikinet

  7. 7 keishka Maret 11, 2009 pukul 8:29 am

    kakek, kei juga suka sakit kepala, tapi kyana ga separah itu smpe berjam2.. heheheu.. kalau kei biasanya, kalau berdiri pusing, langsung berasa melayang.

    hmm… migrain bkn ya?? πŸ˜€

    tus, terkadang, sakit didaerah leher ke kepala sebagian.. tapi ga ssring.. ya kaya yg tegang gt… tapi ntah apa itu namanya πŸ˜€

    makasih infonya kek..

  8. 8 mamas86 Maret 11, 2009 pukul 12:43 pm

    Wow… Migrain… Sakitnya nggak ketahan…

  9. 9 masjaliteng Maret 11, 2009 pukul 1:25 pm

    Trus apa bedanya dengan vertigo Cak? Kalo pusingnya seperti melihat pecahan/serpihan kaca itu migrain juga nggak? Trims jawabannya.

  10. 10 syaiful Maret 11, 2009 pukul 5:49 pm

    pertanyaan senada saya sering sakit kepala sebela dan sering juga pusing kaya saya berada dalam suatu bolah besar dan saya ada didalamnya. kata dokter sih vertigo. cara mengatasi selain mengkonsumsi obat ada cara lain bos. salam kenal juga nih

  11. 11 cakmoki Maret 11, 2009 pukul 5:53 pm

    @ pinkina:
    wih, termasuk tahan sakit ya … sebaiknya emang diusahakan gak perlu obat kalo bisa menahan nyeri kepala.

    @ Andri Journal:
    Sedapat mungkin diusahakan tappering off, yakni mengurangi frekuensi dan jumlah pemakaian obat. Saya lebih sependapat dimotivasi fisioterapi bagi migren berkepanjangan karena kalo harus periksa lengkap, biayanya aduhai… lha MSCT aja udah sejuta lebih, belum lainnya…hehehe.

    @ WhatNewsToday:
    Beda. Keluhan tersebut merupakan tanda Migrain πŸ™‚

    @ Rukia:
    Dokter tersebut ada benarnya. Artinya, boleh menggunakan obat jika emang gak tertahankan nyerinya. Andai bisa nahan sakit tanpa minum obat, tentu baik … kalo hanya menggunakan analgesik (pereda nyeri) yang ringan gak papa.. πŸ™‚

    @ Greeny:
    Sore Mbak πŸ™‚
    1) bisa digolongkan migrain klasik, bisa pula Tension Headache (ini keluhan kepala terbanyak tapi belum sy tulis), yakni nyeri kepala yg disertai tegang ato kaku pada otot sekitar kepala, bahkan hingga leher dan bahu.

    2) Bisa. hahaha… iya kalee, kayak hape layanan ganda πŸ˜€ nah, tentang kenapanya sy gak bisa menjelaskan mengingat penyebab pasti terjadinya migrain belum diketahui secara pasti.

    Makasih

    @ lia:
    Makasih infonya … hadiahnya nasi goreng istimewa kali πŸ˜€

    @ keishka:
    Kalo yang melayang namanya vertigo jenis ringan.
    Sedangkan sakit kepala disertai kaku ato tegang otot leher, termasuk Tension Headache. Ga usah bingung dengan nama-nama penyakit yg beda, obatnya sama aja, yg beda adalah obat untuk vertigo.
    Tapi kalo hanya bentar dan ga terlalu mengganggu, gak usah obat… mungkin dengan makan bakso pedas udah sembuh… hahahaha *becanda*

    @ mamas86:
    πŸ™‚ moga nanti enggak lagi

    @ masjaliteng:
    Kalo vertigo adalah gangguan keseimbangan yg ditandai dengan: nggliyeng, bumi serasa bergoyang, muter-muter, mual, lemas, keringat dingin ..dll.
    Beda kan?… so obatnya juga beda πŸ™‚
    adapun ngeliat seperti pecahan kaca merupakan salahsatu dari “aura” yang menyertai migrain.
    Selengkapnya tentang vertigo, silahkan baca artikel sebelumnya di sini
    Makasih

    @ syaiful:
    sakit kepala sebelah adalah migrain sedangkan vertigo silahkan baca-baca artikel yg pernah sy tulis di sini
    Trims

  12. 12 keishka Maret 12, 2009 pukul 9:05 am

    yehhh… kakek ini bagaimana toh?? makan baso sih ga kelewat.. masalahnya vertigo n apa itu namanya?? kei lupa.. bahaya ga sih kek, tuh obatnya apa??

  13. 13 Andri Journal Maret 12, 2009 pukul 10:31 am

    Dok, posisi sampeyan di kaltim bukan? Besok aku ke kaltim lho…tepatnya ke Balikpapan. Maw main ke tempat oom. Barangkali bisa bertemu di sana. πŸ™‚

    Salam.

  14. 14 cakmoki Maret 12, 2009 pukul 5:24 pm

    @ keishka:
    Vertigo adalah gangguan keseimbangan, ditandai dengan: rasa melayang, rasa berputar ato sekeliling kita kayak berputar, mual, keringat dingin, lemes, dll…yang dipicu oleh perubahan posisi, misalnya dari duduk ke berdiri, dari baring ke duduk, dan sebaliknya.
    Obatnya: mertigo, perifas, dramamine, dramasine, dll. Kalo hanya ringan, cukup dengan salah satu obat tersebut. Kalo berat, mau ga mau ke dokter.
    Selengkapnya, silahkan baca artikel sebelumnya di sini. πŸ™‚

    @ Andri Journal:
    iya, saya di Samarinda, tepatnya di Palaran. Besok saya rapat dg IDI.
    Boleh mampir kalo sempet, kalo ga ada saya setidaknya tahu ndeso β„’ Palaran…hehehe

  15. 15 Wong Bingungan Maret 13, 2009 pukul 5:04 am

    Lam kenal pak dokter, gimana yah cara buat scroll sidebar buat ngelink blog teman (blogroll) itu pak, bagi-bagi ilmunya dong, makasih. Semoga aku nggak mi garing eh migrain πŸ˜€

  16. 16 telmark Maret 13, 2009 pukul 8:28 pm

    Punya pengalaman menarik seputar migrain ? Silahkan berbagi *siyul-siyul*

    gawat Cakdok…
    migrain saya ampe berdenyut kiut miut rasanya. terutama kalo liat yg body-nya yahut. emang sih bukan kepala yg atas…
    apakah itu normal? Apakah migrain jns itu berbahaya ? … kalo gak bahaya, apa obatnya spy tdk tersiksa? πŸ™‚
    Cakmoki emang tob.
    *siyul-siyul*

  17. 17 cakmoki Maret 14, 2009 pukul 3:28 pm

    @ Wong Bingungan:
    Lam kenal …
    Bikinnya pake kode html. Di widget, tambahkan widget teks, kemudian tulis kode html-nya ato copy paste kode html (pada contoh yg akan sy kasih link-nya), lantas alamat blog temen bisa dirubah sesuai keinginan.
    Contohnya silahkan download disini
    selamat mencoba… Trims

    @ telmark:
    Hahaha… normal. Justru kalo kepala bawah gak kiut miut gak normal.
    Obatnya mirip dengan migrain kepala atas: dipijet-pijet, kompres air dingin… ato yg paling ampuh: nikah πŸ˜€ *siyul-siyul*

  18. 18 syaifuddin Maret 15, 2009 pukul 12:40 am

    cakmoki, blognya informatif, enak dibaca.
    selamat ya atas kemenangannya di internet sehat.
    salam kenal!

  19. 19 cakmoki Maret 15, 2009 pukul 8:30 pm

    @ syaifuddin:
    Salam kenal… Terimakasih supportnya

  20. 20 masjaliteng Maret 15, 2009 pukul 11:13 pm

    menyambung diskusi Cak, pengalaman tentang sakit kepalaku itu tidak di sebelah kanan/kiri tapi di titik tengah antara dua mata. Itupun setelah mengalami aura (mungkin), melihat serpihan kaca dari sedikit kemudian total menutup penglihatan. Selain diobati juga harus istirahat (tidur)dulu, baru sembuh. Menurut panjenengan ada hubungan dengan gangguan di otak tidak?
    Selamat atas IS awardnya Cak.

  21. 21 cakmoki Maret 15, 2009 pukul 11:30 pm

    @ masjaliteng:
    ooo, keluhan gitu secara umum digolongkan cephalgia.
    Kalo dengan tidur ato istirahat udah sembuh, gak perlu obat.
    Menurut saya ga berhubungan dengan gangguan otak karena kalo ada gangguan otak akan disertai banyak keluhan lain yang berkepanjangan, misalnya: gangguan kesadaran, memori dan sejenisnya, dan tidak berkurang dengan obat.
    Makasih…. πŸ™‚

  22. 22 masjaliteng Maret 22, 2009 pukul 12:28 am

    Semoga lebih fresh lagi Cak setelah off :lol
    Boleh diskusi lagi khan, soalnya istilah cephalgia tambah bingung
    Kalau bahasa awamnya apa dan bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi lagi. Matursuwun.

  23. 23 cakmoki Maret 22, 2009 pukul 12:01 pm

    @ masjaliteng:
    Bahasa awam Cephagia adalah sakit kepala, yakni semua sakit kepala yang bersifat umum.
    Untuk mencegahnya, kita perlu mengamati faktor-2 pencetusnya. Misalnya salah satu pencetusnya melekan, maka sedapat mungkin menghindari melekan, dll…dll.
    Maturnuwun

  24. 24 budi April 2, 2009 pukul 10:25 pm

    berbagi aja nih, dulu sy sering migraine seminggu bisa 2-3x (hobby kali ya) udah ke dokter, ke alternative.. dari minum obat mpe dipukulin(mpe biru2 smua) hasilnya nihil..

    suatu hari pas lagi ke dokter gigi ternyata gigi bungsu sy(kiri dan kanan bawah) tumbuhnya miring dan harus dioperasi.. nah setelah dioperasi saya jarang lagi sakit kepala sebelah..

    bisa gitu ya cak

    thanks ya.. semoga cak sehat selalu dan tambah pinter

  25. 25 Ibu Didin April 3, 2009 pukul 5:47 am

    saya jg ‘pelanggan’ migren nih pak, pencetusnya kepanasan intensif (terutama), dan kadang2 stres itu jg benar mempengaruhi..
    biasanya lumayan reda dg paracetamol, tp ga mau terus2an euy.. jd skr coba hidup lbh sehat dan coba bekam

  26. 26 cakmoki April 3, 2009 pukul 7:02 pm

    @ budi:
    ya, migraine juga, tapi migraine yg timbul sebagai akibat adanya gangguan di organ sekitar, misalnya gigi, hidung, mata, telinga, dll. Keluahnnya migraine namun bukan seperti migraine yg dimaksud pada artikel ini πŸ™‚
    Trims share-nya

    @ Ibu Didin:
    πŸ™‚ suka bekam ya ? hehehe

  27. 27 Lili April 7, 2009 pukul 4:41 pm

    Makasih nih Cak, postingannya.. πŸ™‚

    Ngomong2 pasanganku suka migrain juga, tapi pencetusnya (aku perhatiin) malah wangi2an, paling sering klo nganterin belanja bulanan ke supermarket trus ke bagian detergent, pewangi pakaian, sampe kapur barus yang biasanya berada dalam deretan rak yang sama, itu langsung kumat karena (katanya) gara2 nyium segala bau2an itu. Akhirnya sekarang klo nganter ke supermarket, khusus yang bagian itu saya sendiri aja.. :p
    Tapi migrainnya juga gak lama sih, gak sampe 4 jam, paling sekitar 2 – 3 jam.

    Tapi kok bau2an gak ada di faktor pencetus ya Cak? Tapi ada kemungkinannya gak?

    Makasih ya Cak! πŸ™‚

  28. 28 cakmoki April 8, 2009 pukul 12:52 am

    @ Lili:
    ya, bisa gitu. Faktor tersebut ada di bagian obat-obatan, hanya saja gak sy rinci soalnya banyak banget yang berkaitan dengan bahan kimia tertentu … hehehe. Selain itu, bahan aromatik sangat jarang dialami seseorang sebagai faktor pencetus.
    Malah enak tuh, irit … gak perlu wewangian πŸ˜€
    Makasih share-nya.

  29. 29 Lili April 8, 2009 pukul 9:39 am

    Walhasil klo mau beli parfum mesti minta approval dulu daripada malah bikin pusing, hehehe.. :p Makasih juga ya Cak! πŸ™‚

  30. 30 cakmoki April 8, 2009 pukul 4:01 pm

    @ Lili:
    hihihi… bener juga ya … moga beliau ga migrain kalo mencium alami πŸ˜€

  31. 31 Ayah Jude April 14, 2009 pukul 12:39 am

    Kalo saya ada beberapa (at least 3) kondisi yg biasa menyebabkan saya migrain.

    Pertama saya tulis latar belakang dulu.
    Saya punya satu kondisi yg tidak bagus yaitu kelenjar thyroid saya terganggu. Ciri yg paling tidak saya sukai dari gangguan thyroid ini adalah saya gampang berkeringat, terutama di leher dibawah dagu.
    Kemudian saya juga (dari kecil) tidak tahan panas.
    Saluran pencernaan saya juga kurang bagus, sepertinya gerakan peristaltik usus saya agak lemah. Kalo makan kurang serat makin parah, kalo banyak makan “pelicin” sih masih mending. Karena lemahnya peristaltik usus ini maka dalam sehari saya bisa ke “belakang” beberapa kali sehari.

    Dari latar belakang di atas maka bisa saya list beberapa sebab saya bisa mengalami migrain :
    1. Jika kurang makan buah maka saya akan kesulitan ke belakang, kemudian racun yg seharusnya dibuang menumpuk di usus melebihi waktu seharusnya. Rasanya, ini menurut logika saya, sebagian racun itu kembali akan terserap masuk darah/tubuh dari yg seharusnya dibuang keluar tubuh. Biasanya kalo sulit ke belakang ini ataupun jika saya agak menahan ke wc maka saya akan migrain. Jika sudah begini maka saya akan usahakan untuk bisa membuang racun itu dengan berusaha melakukan pengeboman yg lancar.
    2. Jika kepanasan maka saya akan cenderung berkeringat (bahkan sebelum saya terkena gangguan thyroid di 2007 lalu). Jika pakaian tidak cepat diganti dan keringat tidak cepat dilap maka saya akan cenderung masuk angin. Katanya sih ini karena saya juga agak tidak bagus di lambung. Jika sudah kepanasan dan juga masuk angin, saya akan cepat migrain.
    3. Thyroid terganggu maka saya pun akan cepat berkeringat, cepat pula masuk angin, migrain pun mudah datang.
    4. Karena thyroid, saya untuk sementara dilarang olahraga berat, dan sementara itu (saya hentikan sejak 2 minggu lalu dan skr ok-ok saja) saya harus minum obat rutin setiap hari. Konsekuensi logisnya adalah badan membengkak dari tadinya badan saya sudah seperti body L-M*n hasil fitnes rutin dengan teknik benar. Berat badan naik dari normalnya 78-80 menjadi (sempat) 94 kg. Berat Tyson waktu pertama juara dunia aja kurang dari segitu, hehehe … berat badan naik drastis, daya tahan turun, cenderung lebih gampang migrain dari berbagai sebab … (termasuk yg 3 di atas)

    Itu yg saya ingat …

  32. 32 cakmoki April 14, 2009 pukul 10:35 pm

    @ Ayah Jude:
    wah, lengkap banget πŸ™‚
    Saya gak nambah komentar … trims sharenya.
    Pencetus migrain bisa berbeda setiap orang, karenanya pengalaman masing-masing bisa diungkapkan untuk menambah khasanah informasi kita semua.
    Sekali lagi, terimakasih πŸ™‚

  33. 33 hanjaya839 April 15, 2009 pukul 12:30 am

    Halo Bpk dokter? Saya mao tanya nih, hahaha. . .
    Kepala saya sering sakit dua2nya, kadang salah satu aja (migran kan) terus daerah dket jantung sering ditusuk2, kadang sesak napas, hati juga sakit, saya kenapa ya? Terima kasih dokter. . .hahaha. . . πŸ˜€

  34. 34 cakmoki April 15, 2009 pukul 5:07 am

    @ hanjaya839:
    Bisa jadi keluhan kepala tersebut berhubungan dengan keluhan ulu hati.
    Wah …maaf, tanda-tanda tersebut gak spesifik mengarah ke penyakit tertentu.. hahaha πŸ˜€

  35. 35 hanjaya839 April 15, 2009 pukul 2:57 pm

    Halo lagi Bpk dokter? Kalo kebykan mikir negatif dan pesimis ngaruh gak ya sama kesehatan? Abis dari taon lalu saya stres terus, atu lagi nih, emang ketawa ga jelas keseringan itu ga bagus ya? makasih bpk dokter. . . hahaha. .

  36. 36 cakmoki April 15, 2009 pukul 4:41 pm

    @ hanjaya839:
    iya, ngaruh πŸ™‚
    ketawa keseringan gakpapa kalo ada sebabnya, kalo ga ada apa-2 lalu ketawa, anak-2 kecil akan lari …hahaha

  37. 37 hanjaya839 April 16, 2009 pukul 12:57 pm

    Wakakakakak. . . Saya sering ketawa sendiri om dokter. . . Haha. . .
    Om Dokter ada dimana? Thx byk udah jwb om dokter. . . Wakakakakakak

  38. 38 cakmoki April 16, 2009 pukul 11:04 pm

    @ hanjaya839
    di kaltim πŸ™‚

  39. 39 hanjaya839 April 17, 2009 pukul 6:29 pm

    Waw! Jauh banget dari rumah saya om dokter. . . Wakakakakakak. . Salam kenal om dokter. . . πŸ˜€

  40. 40 cakmoki April 17, 2009 pukul 10:44 pm

    @ hanjaya839:
    ya πŸ™‚

  41. 41 hanjaya839 April 18, 2009 pukul 3:17 pm

    Om dokter jwbnya singkat2 nih. . . Hahaha. . . Om dokter ada email? Pengen curhat nih, pagi ini aku bangun tidur, jantungku sakit bgt, ga tahan pngn pingsan, kalo nafas paru2ku juga akit… Sdihnya aku om dokter. . .

  42. 42 cakmoki April 19, 2009 pukul 12:29 am

    @ hanjaya839:
    boleh via email :
    cakmoki2006 [at] yahooo [dot] com
    Ntar kronologisnya dilengkapi yaaa πŸ™‚

  43. 43 d1ve2blu3 April 23, 2009 pukul 1:40 pm

    saya suka kambuh migrainya kalo tangga tua niy dok πŸ˜€

    ada saran???

  44. 44 cakmoki April 23, 2009 pukul 2:11 pm

    @ d1ve2blu3:
    itu mah normal πŸ˜€
    saran saya, gajian dimajukan… hahaha

  45. 45 didikoseng April 24, 2009 pukul 6:13 am

    saya rutin migren, hampir 2 hari sekali saya migren. makanya andalan saya parasetamol. apa efek samping mengkonsumsi parasetamol secara rutin ?

  46. 46 cakmoki April 24, 2009 pukul 11:37 pm

    @ didikoseng:
    efek sampingnya antara lain: iritasi lambung, mual, dll..terutama jika diminum sebelum makan.
    Karena itu, untuk menhindari efek samping, obat tersebut harus diminum sesudah makan dan banyak minum air.
    Trims

  47. 47 Titin Yusrini Februari 18, 2010 pukul 2:09 am

    Saya sering banget migran dalam 1mggu bisa”4x saya migran.
    saya da coba minum obat analgetik & obat” yang dianjurkan di artikel di atas tapi tetap saja tidak membuat rasa sakitnya hilang.
    saya sudah konsultasi ke dokter tapi cuma dikasi obat saja memang setelah minum obat itu skt kepalanya sedikit berkurang tapi selang 2jam sakitnya kambuh lagi sampe saya gak kuat nahannya.
    dibawa tidur atau istirahat bukanny tambah enak tpi malah tambah sakit & bertambah mual.
    tlg donk solusinya? saya tunggu jawabanny via email.
    TERIMA KASIH.

  48. 48 Diana Februari 18, 2010 pukul 11:43 am

    Nah dok, sekalian nanya..saya kan ada problem trigliserid tinggi (kolesterol total normal),sekaran glg konsumsi cholestat 1x/mlm selama 30hr, alhamdulillah jarang pusing. Tp td tiba2 liat angka2 banyak di layar kompi, kok tiba2 merasa melayang ya ? ini vertigo ato apa dok ? serem aja..(kebetulan lg kembung gastrinya)

  49. 49 cakmoki Februari 18, 2010 pukul 2:47 pm

    @ Titin Yusrini:
    Udah pake kombinasi ? Misalnya: analsik dengan cafergot. Jika sudah dan masih tetap sering migrain, seyogyanya periksa ke dokter sp. neurologi untuk pemeriksan lebih lanjut. Selain itu juga perlu periksa gigi, mata dan tht untuk mencari penyebab migrain.
    Makasih

    @ Diana:
    keluhan melayang bisa saja berhubungan dengan kembung gaster, bisa pula pengaruh layar monitor. Untuk sementara dapat menggunakan obat simptomatik (untuk meredakan keluhan) melayang, misalnya perifas atau dramamine, diminum 3×1 saat melayang aja.
    Makasih

  50. 50 YasTyas September 21, 2010 pukul 8:47 am

    K.. aku sering ngalamin yg namanya sakit di salah satu bagian kepala,, tapi rasanya beda sama pusing,, lebih tepatnya kaya` rasa ngilu bekas luka.. itu termasuk ciri2 migrain ?? plizz di jawab ya K,, coz aku bingung bgt nih,, thanx be4

  51. 51 cakmoki September 21, 2010 pukul 12:37 pm

    @ YasTyas:
    Kalo sakitnya di kanan or kiri, termasuk migrain… kalo salah satu bagian, misalnya atas, sebagian di samping kanan or kiri, secara umum disebut cephalgia…obatnya sama aja.
    Makasih

  52. 52 san Januari 5, 2011 pukul 11:03 pm

    Cak, saya kadang suka sakit kepala sebelah atau di bagian belakang kepala. Biasanya saya makan obat kl dibawa tidur ga mempan. Obat yg saya makan kl cuma mengandung parasetamol aja suka ga ngaruh (makan cuma 1 x) tp kl obatnya parasetamol di+ caffein 1 jam-an dah sembuhan. Cuma efeknya ngantuk. Bahaya ga obat yg ada caffeinnya, trs caffein itu fungsinya buat apa?
    Saya pernah baca, parasetamol kl keseringan digunakan bisa merusak hati kl ibuprofen bisa merusak jaringan otak, apa betul?
    Makasih yah…

  53. 53 cakmoki Januari 6, 2011 pukul 1:54 am

    @ san:
    Gak papa pake obet yang ada caffein 50 mg…. fungsi caffein adalah untuk stabilisasi peredaran darah.
    Tentang efek samping parasetamol, antalgin, ibuprofen, asam mefenamat, dan sejensinya, pada umumnya iritasi lambung kalo diminum dalam keadaan perut kosong… pada pemakaian jangka panjang secara terus menerus, dapat membebani kinerja sel hati.. tidak merusak sel otak.
    Tapi kalo makainya hanya saat tertentu saja dan emang diperlukan, gak masalah.
    Makasih

  54. 54 san Januari 6, 2011 pukul 11:15 am

    Makasih atas penjelasannnya yah……..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,303,313 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: