Sariawan

KODE ICD-10 : K.12.0: Aphthous ulcer

canker_sore Siapa yang tak kenal sariawan ? Coba tanyakan kepada yang biasa mengalaminya. Terlebih bagi yang setiap bulan mengalami sariawan, tersiksa booo …  Sariawan berulang (Recurrent aphthous stomatitis) acapkali dialami oleh orang-orang dengan tingkat stress yang tinggi, terutama berkaitan dengan beban pekerjaan. Ditinjau dari angka kejadian (incidens rate), disebutkan bahwa sariawan sedikit lebih sering dialami oleh wanita semua umur, terutama usia remaja dan dewasa muda. Siamak Nabili, MD, MPH, dan Dennis Lee, MD menuturkan bahwa 1 dari 5 orang (20%) pernah mengalami sariawan dalam hidupnya.

Sariawan ( atau disebut juga aphtous stomatitis, canker sore, aphtous ulcer) adalah bercak luka di mulut (bibir, lidah, dinding pipi bagian dalam) berwarna putih atau kekuningan di bagian tengahnya dan kemerahan pada bagian tepi dan sekitarnya.

Berdasarkan ukurannya (luka), sariawan terbagi menjadi 3 jenis:

Sariawan minor (minor aphthous ulcers, minor sores) adalah sariawan berukuran 1 mm-1cm, merupakan jenis terbanyak (80%). Tidak begitu nyeri dan sembuh sendiri dalam 1 minggu. Jenis ini biasanya tidak mengganggu aktifitas sehari-hari.

Sariawan mayor (mayor sores, mayor ulceration), berukuran lebih dari 1 cm, nyeri dan penyembuhannya memerlukan waktu 10-30 hari bahkan adakalanya lebih sebulan. Kadang menyisakan bekas luka setelah sembuh. Angka kejadian sekitar 10%.

Herpetiformis ulcer (sekitar 10%), merupakan jenis yang paling nyeri dengan ukuran sekitar 1 mm-3 mm. Lebih sering dijumpai pada wanita dewasa (bukan berarti yang pria enggak lho) dan biasanya sembuh tanpa bekas dalam seminggu (kadang lebih lama juga sih). Hee hee

FAKTOR PENYEBAB

Hingga kini, penyebab sariawan belum diketahui. Beberapa faktor pencetus timbulnya sariawan diantaranya:

  • Infeksi oleh mikro organisme (bakteri, jamur, virus)
  • Rudapaksa, misalnya tergigit, luka karena sikat gigi, gigi palsu, dll.
  • Pengaruh makanan tertentu (dapat diketahui oleh yang bersangkutan dengan mengamati makanan tertentu pencetus timbulnya sariawan), makanan terlalu panas, merokok, dll.
  • Sekitar 20 % ditengarai karena kekurangan vitamin (vit C, vit B12) dan mineral (zat besi, asam folat).
  • Faktor psikis (stress), terutama terkait dengan beban pekerjaan (disadari ataupun enggak), kurang tidur. *termasuk yang nulis* Whistling
  • Obat-obatan tertentu (misalnya golongan non steroid anti inflamasi)
  • Faktor hormonal (terutama terjadi sebelum menstruasi)
  • Penyakit-penyakit auto-imun (sangat jarang)

PENGOBATAN

Sebagian besar sariawan sembuh sendiri, karenanya pengobatan hanya untuk mengurangi keluhan, kecuali jika ada infeksi sekunder ke jaringan sekitarnya. Obat-obat yang lazim digunakan, antara lain:

  1. Analgesik lokal (tablet hisap atau obat kumur), misalnya Benzydamine (Tanflex, Tantum). Tablet hisap dapat digunakan setiap 3-4 jam (maksimum 12 tablet perhari) hingga sembuh (maksimum 7 hari). Sedangkan obat kumur digunakan berkumur selama 1 menit, setiap 3 jam hingga sembuh (maksimum 7 hari)
  2. Anestesi lokal ( cairan atau gel oles), misalnya Lidokain, benzokain, dioleskan pada sariawan (sering dioleskan karena efek anestesi berlangsung singkat).
  3. Antiseptik (obat kumur), misalnya iodin povidon (bethadin, septadine, molexdine), klorheksidin (minosep), heksetidin (bactidol, hexadol).
  4. Kortikosteroid, misalnya: triamsinolon (ketricin, kenalog in orabase), dioleskan 2-3 kali sehari sesudah makan (maksimal 5 hari).

Update: Memenuhi permintaan penggemar Albothyl.

Produk lain yang cukup dikenal adalah policresolen (albothyl) konsentrat *jangan keliru ovula lho*. Obat ini bersifat hemostatik lokal dan kauter. Periiihhh, sampai-sampai mbrebes mili, tapi cepat menanggulangi sariawan. Hihihi.. PT. Pharos tambah laris manis euy … 😛

Tatacara penggunaan masing-masing jenis obat, silahkan baca aturan pakainya. Mengingat bahwa sebagian besar sariawan sembuh sendiri, maka pengobatan untuk mengurangi keluhan (simptomatis) dapat dilakukan sendiri.

Adakalanya sariawan memerlukan pengobatan dokter pada kondisi berikut:

  • Sariawan yang tidak kunjung sembuh setelah diobati sendiri hingga seminggu.
  • Sariawan berulang ataupun sariawan yang berlangsung lebih dari 2-3 minggu.
  • Dijumpai keluhan lain, misalnya: luka pada organ lain (organ genital, mata), bercak-bercak merah di kulit, diare berulang, dll.

TIPS PENCEGAHAN DAN PERAWATAN

  • Gunakan sikat gigi berbulu halus untuk mencegah luka di mulut.
  • Gunakan gigi palsu yang nyaman dan sesuai untuk menghindari trauma.
  • Mengurangi makanan pedas, makanan terlalu panas, minuman ersoda dan makanan bertepi tajam.
  • Mengamati faktor-faktor pencetus timbulnya sariawan, terutama pada sariawan berulang (Recurrent aphthous stomatitis) sehingga dapat menghindarinya.
  • Menjaga kebersihan mulut dan gigi.
  • Baca aturan pakai setiap jenis obat sariawan.

Semoga bermanfaat !  Rose

Link terkait:

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

Iklan

69 Responses to “Sariawan”


  1. 1 Andri Journal Februari 5, 2009 pukul 6:14 am

    Albothyl ama gentian violet kok gak dimasukkan dalam terapi dok?Padahal penyembuhan setelah pemakaiannya lumayan cepet lho itu. 🙂

  2. 2 ridhaniar Februari 5, 2009 pukul 9:22 am

    yup, kenapa abothyl gak masuk? aq pake 2 kali, rasanya perih banget, tapi kemudian sembuh tu cak?

    Trus saya pernah mendengar (ilmu dengar he he he) kalo vitamin C tu ternyata malah bisa menyebabakan sariawan? betul gak tu cak?

    Pernah nemuin juga, orang yang bakat sariawan, kalo lagi stress, banyak pikiran, udah d, muncul tu sariawan, munculnya gak cuma satu kadang bisa sampai 3 – 6 biji… wuuuh, kira-kira kenapa ya tu cak?

    Koq dikasih steroid cak? buat apa?

  3. 3 Nayantaka Februari 5, 2009 pukul 9:28 am

    Pencegahan: ati-ati kalau ciuman, jangan melibatkan gigi, ntar kegigit…
    Suwun cak artikelnya, secara aku hobi sariawan. Obat termanjur memang cuma bersabar aja kok.

  4. 4 sibermedik Februari 5, 2009 pukul 9:54 am

    Wah lebih menakutkan ORAL THRUST pada pasien imunocompromised HIV. Mirip sariawan tapi agak keputih2an coz bareng kandidiasis oral

  5. 5 Shinta Februari 5, 2009 pukul 10:28 am

    Makanan bertepi tajam ?? beling ya cak…hehe…duuhh kasihan tukang kuda lumping ya cak…, sariawan terus … 🙂

  6. 6 Vicky Laurentina Februari 5, 2009 pukul 11:22 am

    Kalo dari pengalaman saya sih, gentian violet udah jarang dipake lagi, kecuali di Puskesmas, itu juga lantaran ngga ada obat lain yang murah-meriah selain gentian violet. Kan kasihan juga kalo obatnya bikin bibir pasiennya jadi ungu, ntar kayak anak punk baru ditonjok, hehehe..:p

  7. 7 Lily Februari 5, 2009 pukul 2:22 pm

    Oh ya Abothyl itu sebenarnya aman apa gak? Manjur sih, tapi memang sakitnya luar biasa, lebih sakit daripada sariawannya sendiri.. ;p

    Btw, pake anestesi2 lokal itu supaya gak sakit sembari nunggu sembuh sendiri ya Cak?
    Tapi klo gak berasa sakit, takutnya tiap makan ato ngomong (karena kurang hati2) tergesek terus, malah bisa tambah lama dunk sembuhnya Cak??

    Makasih ya Cak! 🙂

  8. 8 Lily Februari 5, 2009 pukul 2:26 pm

    Abothyl memang manjur, tapi sakitnya luar biasa, lebih menyakitkan daripada sariawannya sendiri.. ;p Aman gak itu Cak sebenarnya??

    Anestesi2 lokal itu untuk mengurangi sakitnya sembari menunggu sembuh sendiri ya Cak? Lha trus klo karena gak berasa sakit kegesek terus pas makan ato ngomong, malah jadi makin lama sembuhnya dong Cak??

    Makasih ya Cak! 🙂

  9. 9 Lily Februari 5, 2009 pukul 2:32 pm

    eh jadi dua kali, kirain yang pertama gak masuk.. apus aja salah satunya ya Cak, daripada malu2in ;p, tengkyu!

  10. 10 ulan Februari 5, 2009 pukul 3:33 pm

    kebetulan lagi sariawan juga nih om..

  11. 11 cakmoki Februari 5, 2009 pukul 11:39 pm

    @ Andri Journal:
    Sebenernya udah termasuk dalam “misalnya”, tapi tetep saya luluskan sebagai salah satu contoh secara khusus. Masih buanyak produk lain lho…moga gak ada lagi yang minta dimsukkan … ntar jadi ajang promosi … hehehe.
    Untuk gentian violet udah dijawab oleh mbak Vicky Laurentina

    @ ridhaniar:
    udah saya masukkan *sambil nunggu fee dari PT. Pharos dan protes pabrik lain* 😀

    Kabar tentang vit, c yg seperti itu gak bener lah.
    Untuk stress sudah tertulis di artikel sampai 2 kali, hal itu terjadi karena daya tahan tubuh menurun saat stress.

    Steroid sebagai salah satu pilihan karena salah satu faktor pencetusnya adalah faktor imunologis.

    @ Nayantaka:
    Setuju pak Dhe 🙂

    @ sibermedik:
    iya, .. biasanya disertai tanda penurunan fungsi imunologi.

    @ Shinta:
    hihihi … bener mbak.

    @ Vicky Laurentina:
    He eh, kayak mak Lampir, belepotan warna ungu. Di Puskesmas ada Borac gliserin … murah meriah juga 🙂

    @ Lily:
    Gak saya hapus, biar rame 😀

    Albothyl aman.
    Ya, bener… anestesi lokal dimaksudkan seperti itu. Gak beresiko sampe segitunya mbak… andaipun lama,dinikmati aja sambil merem melek nahan perih, hehehe.

    @ ulan:
    Moga segera sembuh dan tersenyum lagi 🙂

  12. 12 Info-info Februari 6, 2009 pukul 9:13 am

    terima kasih tips2 nya cak lengkap sekali
    save dulu ah….bermanfaat banget

  13. 13 cakmoki Februari 6, 2009 pukul 4:17 pm

    @ Info-info:
    Makasih juga 🙂

  14. 14 Andri Journal Februari 6, 2009 pukul 5:55 pm

    Hahaha…Akhirnya albothyl masuk juga. Tapi sebenarnya itu obat bukan buat ‘mulut atas’ lho cak…tapi buat ‘mulut bawah’. 😀

  15. 15 cakmoki Februari 6, 2009 pukul 10:16 pm

    @ Andri Journal:
    yeeeeee…. ada tetangga saya yg juga bilang gitu… hahaha. Untuk semua mulut, silahkan baca yg paling bawah: Stomatologi (rongga mulut) tertulis Stomatitis aftous … itu artinya sariawan mulut atas… hahaha

  16. 16 keishka Februari 9, 2009 pukul 8:44 am

    kakek emg hebat.. nulis disaat tepat mulu.. hihihi.. kei kena sariawan nih…

    tapi kei ga pernah pke albothyl, meskipun saran org2 gt… saran dari dokter gigi kei waktu kei sakit sariawan saat di bagel.. yah kalau sariawan pke canalog aja.. kan lbh manjur.. heheh..terbukti 2 hari aja langusng nutup. malahan pernah satu hari langusng ilang…

    hihihi… ga tiap bulan kek, seringnya sih.. kei sariawan krn makan buru2 trus ke gigit deh..

  17. 17 kisahdoktermuda Februari 9, 2009 pukul 9:12 am

    kata orang banjarmasin bilang sariawan..
    “bibirku belatup”

  18. 18 pinkina Februari 9, 2009 pukul 4:44 pm

    makasih infonya Cak.
    saya paling sering kena sariawan Cak, terutama karena kegigit waktu makan, yha lidah yha bibir, perihnya puoolllll…..
    dulu sempet pake albothyl, perihnya minta ampun, meski sekarang di iklannya katanya gak perih lagi, tapi tetep aja trauma.
    Kalo sariawan skrg saya minum YouC1000 sehari sekali, 4 hari sembuh…bukan iklan lhoo, sekedar sharing aja 😀

  19. 19 cakmoki Februari 10, 2009 pukul 1:10 pm

    @ keishka:
    iya kei, obatnya gak selalu sama setiap orang, so tinggal pilih yang paling nyaman dan paling cepet sembuh.
    Moga gak sering-sering sariawan 😀

    @ kisahdoktermuda:
    hahaha … kirain, “lidah ulun balobang”, mengigut-igut

    @ pinkina:
    🙂

  20. 20 keishka Februari 10, 2009 pukul 4:18 pm

    alhmdulillah dah sembuh, emg knp kek kalu sring sariawan?? bahaya??

  21. 21 cakmoki Februari 11, 2009 pukul 12:22 am

    @ keishka:
    Alhamdulillah. Gapapa kei, kan cuman sariawan 😀

  22. 22 keishka Februari 11, 2009 pukul 8:58 am

    kirain bahaya kalau keseringan sariawan… dan ada efeknya gt kalau ga di obatin selain jadi males ngomong dll.. 😛 ayoo kek, tema yg lainya mana?? hihihi

  23. 23 cakmoki Februari 11, 2009 pukul 1:01 pm

    @ keishka:
    lagi sibuk kei, belum ada tema lain lagi … hehehe

  24. 24 draguscn Februari 13, 2009 pukul 8:05 pm

    ternyata ngga aku thok yang males .. mas ku ini hampir 2 bulan cuma menghasilkan 3 artikel .. hehehe ..
    Kenapa yach ..

  25. 25 klikharry Februari 13, 2009 pukul 8:30 pm

    ICD,,,,
    masih belum familiar pake ICD cak…
    abis, in english semua….

  26. 26 dokterearekcilik Februari 14, 2009 pukul 1:01 am

    Kalo sariawan penuh pada mulut hati hati itu merupakan ginggivostomatitis herpetika, muncul musiman dan sebaiknya diberikan antivirus….tapi jangan pake antivir, karspersky apalagi AVG 😀

  27. 27 cakmoki Februari 14, 2009 pukul 2:45 am

    @ draguscn:
    iyo, mulai awal tahun 2009 iki asli males … 😀 *pura-pura sibuk*
    Insya Allah, Maret udah normal

    @ klikharry:
    Kita wajib mensosialisaikannya 🙂 …soalnya kalo enggak, laporan kita gak dimengerti oleh WHO *sssttt, absensi LB.1 Penyakit kita di WHO nihil*
    Sampeyan yang nerjemahin ya … hehehe

    @ dokterearekcilik:
    Maturnuwun tambahannya Mas 🙂
    Mungkin malah manjur dikasih tablet Antivir dan AVG gargle … hahaha

  28. 28 aqsukandut Februari 14, 2009 pukul 11:43 am

    Uhh.. Kalo laogi sariawan biasanya langsung gak nafsu makan, ngomong juga males.
    Makasih infonya, Dok ^^

  29. 29 cakmoki Februari 15, 2009 pukul 1:55 am

    @ aqsukandut:
    tapi kalo gajian pasti gak males *becanda* 😀

  30. 30 Heryan Tony Februari 17, 2009 pukul 1:51 am

    Saya lagi sariawan ni cak…
    Kalo saya mah tipe rekurens, dari kecil ampe kepala tiga masih langganan sariawan… Iya vit. C juga sering bikin sariawan. Obat2an dah ga da yang mempan lagi, dulu kalo pake steroid gampang juga sembuh tapi sekarang hanya obat sabar sama minum air kelapa… 😉

  31. 31 cakmoki Februari 17, 2009 pukul 2:48 am

    @ Heryan Tony:
    bener … dinikmati aja, lama-lama sariawan serasa coklat 😀

  32. 32 mei Februari 19, 2009 pukul 12:45 pm

    cak, ngacung!!!

    untuk sariawan anak anak obat apa yang paling top markotop??? apakah penggunaan borax glyserin 10% atawa gengigel sudah cukup???

  33. 33 cakmoki Februari 19, 2009 pukul 3:34 pm

    @ mei:
    Kalo gak ada infeksi sekunder, cukup pake itu aja. Ato kalo anaknya agak besar boleh pake yg diisep kayak permen.

  34. 34 mei Februari 20, 2009 pukul 11:49 am

    obat yang diisep kek permen tuh contone opo cak??

  35. 35 cakmoki Februari 20, 2009 pukul 1:59 pm

    @ mei:
    Contone: FG-Troches, Degirol, Lemocin, Decamedin, dihisap 6-8 kali sehari. (ojo dikremus) 😀

  36. 36 Lily Februari 26, 2009 pukul 8:30 pm

    Iya Cak, bener tuh Kenalog manjur juga! Malah kayanya lebih manjur daripada Abothyl dan tentunya jauh lebih tidak menyakitkan.. 🙂

    Btw, yang dimaksud kertosteroid (eh, bener gak ini ejaannya.. ;p) itu apa sih Cak? Thanks before ya! 🙂

  37. 37 cakmoki Februari 27, 2009 pukul 4:55 pm

    @ Lily:
    Kortikosteroid adalah salah satu jenis golongan obat.
    Jenisnya banyak, begitu juga penggunaannya.
    Contohnya: Kenalog, isinya mengandung kortikosteroid, digunakan untuk penyakit-penyakit yang berespon baik terhadap kortikosteroid dan berhubungan dengan faktor imunologis.
    Dalam hal sariawan, penyebabnya banyak, so manjur enggaknya suatu obat bergantung pada penyebabnya. Kalo misalnya disebabkan jamur, Kenalog jelas gak tepat dan gak manjur, begitu pula sebaliknya.
    Trims

  38. 38 cakmoki Maret 14, 2009 pukul 4:48 pm

    @ …lupa…:
    rasanya ada yang nanya di sini ya… maaf, gak sengaja kehapus. Bisa diulang?

  39. 39 swestika Maret 15, 2009 pukul 10:05 am

    Cak, Saya termasuk sering sariawan, sekali sariawan langsung banyak sampe 5 titik.. Dan kynya siklusnya ngikut siklus menstruasi. Gak mempan segala obat.. Pokoe sembuh sendiri lah.

    Trus dapet saran untuk mengunyah makanan 23 kali.. (Biasanya ngunyah kurang dari 10 kali langsung telen.. :P).
    Kira2 sarannya bener ga tuh Cak?
    Makasih ya..

  40. 40 cakmoki Maret 15, 2009 pukul 10:26 pm

    @ swestika:
    Kalo ngikuti siklus menstruasi berarti berhubungan dengan masalah hormonal. Dan kalo sembuh sendiri, gak perlu obat dan gak ada hubungannya dengan kunyah mengunyah 😀
    Trims share-nya

  41. 41 thoriq Maret 21, 2009 pukul 11:19 am

    sariawan aphtous stomatitis recurent..sakiit

  42. 42 cakmoki Maret 21, 2009 pukul 1:19 pm

    @ thoriq:
    hahaha… moga gak recurent lagi 😀

  43. 43 erna_nadiah Maret 27, 2009 pukul 10:09 pm

    Cak…anak saya koq sariawannya berkepanjangan di lidahnya jadi belang-belang putih apakah itu termasuk sariawan juga?. Kadang hilang trus muncul terus-terusan mulai kecil trus melebar sampe penuh selidahan…bahaya gak ya umurnya sekarang 2 tahun. Sudah ditanyain ke anaknya katanya ga sakit, tapi kan orang tua yang khawatir kalo anaknya kenapa2 kelak di kemudian hari.Mohon penjelasannya ya…Makasih cak sebelumnya.

  44. 44 cakmoki Maret 27, 2009 pukul 11:36 pm

    @ erna_nadiah:
    Kalo hanya belang-belang di lidah gak papa. Itu karena pertumbuhan epitel permukaan lidah yang gak merata. Mirip kayak rumput di lapangan yg gak rata maka akan nampak belang. Gak perlu obat apapun dan gak bahaya.
    Ntar belang-belang tersebut akan hilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia.
    Trims

  45. 45 eva April 15, 2009 pukul 12:08 pm

    Saya sudah pakai abotil tapi hasilnya semakin parah, saya pakai enkasari tapi nggak hasil juga. Pakai bubuk hijau memang sembuh tapi hanya untuk beberapa bagian sariawan yang bisa terjangkau. Konsumsi jeruk tidak membantu juga. Trus, saya harus bagaimana? Padahal sudah ke beberapa dokter. Mereka bilang alergi pasta gigi lah, alergi maka pedas lah, alergi jeruk lah. Saya bingung apa penyebab sariawan saya. Kalau memang alergi, saya nggak tau makanan apa saja yg hasrus saya hindarkan.

  46. 46 ansav Agustus 24, 2009 pukul 7:42 pm

    Wah saya udah coba macem-mace, dari enkasari, listerin, betadine hingga abotil, kadang langsung sembuh pake abotil, tapi kadang juga lama, jadi menurut saya faktor kesehatan pencernaan yang sangat mempegaruhi pengobatan sariawan.

  47. 47 cakmoki Agustus 26, 2009 pukul 1:14 am

    @ ansav:
    boleh jadi begitu… bisa juga faktor lain yg dapat dikenali dengan mengamati sendiri. Trims telah berbagi.

  48. 48 Yoyok September 7, 2009 pukul 9:53 pm

    Dulu sering sariawan terus bangun tidur minum air putih min. 500 cc dan ganti odol Oral Bsudah mulai hilang, setahun belakangan ee..kambu lagi. Hampir tiap bulan disamperin tu ama sariawan.
    Gak tahu saya coba minum larutan penyegar beres gak, soalnya baru tadi pagi minumnya.

  49. 49 cakmoki September 8, 2009 pukul 11:54 pm

    @ Yoyok:
    Pake Albothyl aja, cuma agak perih 🙂

  50. 50 DR. MOSES September 12, 2009 pukul 1:30 pm

    ALBOTHYL Concentrate, adalah obat yang multifungsi, bisa untuk sariawan, bau mulut (kumur), sakit gigi, luka di kulit, pembersih organ intim wanita, keputihan. ALBOTHYL Concentrate bersifat Antiseptik (membunuh kuman), Hemostatik (menghentikan perdarahan), dan Astringen (menciutkan).
    Dari ke-3 sifat tersebut menjadikan ALBOTHYL bagaikan obat ajaib, dan tidak ada duanya, karena sampai saat ini tidak ada obat lain yang selengkap dan se-dahsyat khasiat ALBOTHYL.

    Mereka yang pernah pakai ALBOTHYL Concentrate, yang saya temukan menyatakan puas karena masalahnya teratasi.

    Memang Obat ini sungguh luar biasa dan merupakan obat Lisensi Jerman yang telah teruji khasiatnya, dan telah dipasarkan di berbagai negara. Indonesia termasuk salah satunya, tapi harganya paling ekonomis.

    Jika Anda punya masalah di atas, coba saja ALBOTHYL Concentrate (jangan keliru), selamat mencoba !

    Salam,

    DR. MOSES

  51. 51 DR. MOSES September 12, 2009 pukul 1:46 pm

    SARIAWAN adalah salah satu penyakit mukosa kulit, bisa disebabkan oleh kuman di mulut, tertonjok sesuatu sehingga bibir/gusi berdarah, kurang Vitamin, stress, kurang minum, panas dalam, dll.

    Oleh karena itu pengobatan SARIAWAN harus tuntas, yaitu mengobati sariawan dan mencegah supaya tidak kambuh lagi.
    Salah satu cara efektif adalah :
    1) Tahap Membunuh Kuman di Mulut untuk mencegah sariawan balik lagi.
    Caranya : Berkumur terlebih dahulu pakai 10-15 tetes ALBOTHYL CONCENTRATE dalam segelas air sampai seluruh mulut dan sariawan terkena air kumuran. Lalu kumur lagi dengan air matang, setelah itu lanjutkan dengan tahap berikut di bawah.

    Selain untuk Sariawan, kumuran dengan ALBOTHYL Concentrate yang diencerkan tersebut, bisa juga untuk membersihkan rongga mulut dari kuman-kuman penyebab Bau Mulut atau Bau Mulut akibat kotoran/jigong/sisa makanan yang nyelip di gigi.

    2) Tahap Pengobatan SARIAWAN
    Caranya : Teteskan 2-3 tetes ALBOTHYL CONCENTRATE dari botolnya pada cotton bud, lalu oleskan pada SARIAWAN tadi selama beberapa detik hingga Cairannya meresap ke dalam SARIAWAN. Sariawan akan terasa kebas, hilang rasa sakit, dan akan memutih.
    Hal ini menandakan proses penyembuhan sedang berlangsung secara berangsur-angsur, tetapi rasa sakit sariawan sudah jauh berkurang sehingga kita bisa makan/minum dan bebas bicara.

    Jika Sakit SARIAWANnya kronis/parah, perlakuan di atas dapat dilakukan berulang-ulang sekitar 3 x sehari, sampai dirasa benar-benar sembuh.

    Demikian Tips mengatasi SARIAWAN, selamat mencoba.

  52. 52 SYARIEF Februari 21, 2010 pukul 3:41 pm

    Bagaimana dengan sariawan ditenggorokan dok?…
    sy dah beberapa hari ini mengalaminya,berawal dari kecapaian dan tensi 100 badan pegal dan panas badan agak tinggi….dan setelah itu sariawan hinggap di tenggorokan sy…bgmn cara mengobatinya karena sy dah coba beberapa obat,madu.ALbotyl,dan minuman larutan lainnya.blm ada hasil ni dok…please ya….. thanks…

  53. 53 cakmoki Februari 21, 2010 pukul 7:15 pm

    @ SYARIEF:
    Kemungkinan sudah menimbulkan infeksi (radang tenggorokan).
    Untuk itu silahkan menggunakan antibiotika, misalnya amoksisilin 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan selama 5-7 hari.
    Untuk meredakan panas, dapat menggunakan parasetamol 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga panas mereda.
    Sedangkan Albothyl dapat dilanjutkan.

    Moga segera sembuh.
    Trims

  54. 54 chevi Maret 1, 2010 pukul 12:29 pm

    suami ku sering sariawan..kadang sebulan baru sembuh,kadang baru sembuh lalu muncul lg sariawannya…kira2 penyebabnya apa ya..mohon info nya…thx

  55. 55 cakmoki Maret 1, 2010 pukul 3:32 pm

    @ chevi:
    Pada pria pekerja atau yang mempunyai tanggung jawab besar dalam pekerjaannya, sariawan biasanya muncul saban bulan dikarenakan:
    Faktor psikis (stress), terutama terkait dengan beban pekerjaan (disadari ataupun enggak), kurang tidur, dll … silahkan lihat faktor penyebab no.5.
    Trims

  56. 56 dee Oktober 17, 2010 pukul 8:28 pm

    malem cak..
    mo tanya.. cak.. bapak saya berumur 60 thn.. 1 thn terakhir ini sering skali sariawan.. kalo pas sariawan itu bibirnya sampe jontor kaya abis berantem aja.. itu sariawan dibibir, lidah dan juga mulut bagian atas.. sembuhnya bisa sampe lama, tapi datengnya cepet banget.. dah coba kedokter tapi blom ada yg cocok..
    (buat catatan.. bpk dulu perokok berat n dah 5 thn terakhir berhenti total, beliau pensiun kerja dah 5 thn)
    mohon bantuannya ya cak.. trims….

  57. 57 cakmoki Oktober 18, 2010 pukul 1:25 am

    @ dee:
    met malem….
    kalo yang lama begitu termasuk jenis Stomatitis mayor.
    Untuk menanggulanginya bergantung pada hasil pemeriksaan dokter.
    Jika berulang, biasanya berhubungan dengan penurunan kondisi tubuh, bisa juga faktor psikis atau faktor lainnya.
    kalo boleh tahu, obat apa aja yg telah digunakan dan respon terhadap obat tersebut?
    Untuk sementara, dapat menggunakan albothyl, dioleskan 3-4 kali sehari…dan antiseptik tablet hisap, misalnya FG troches, dihisap kayak permen 6 kali sehari.
    Makasih

  58. 58 Tony November 9, 2010 pukul 11:42 am

    Mo nanya nih…sariwan emangnya bisa disebabkan karena faktor keturunan juga ya,…kalau bisa kenapa ya……trus ada obatnya gk??? biar gk nurun sariawannya ke kita nya…..

  59. 59 cakmoki November 9, 2010 pukul 3:06 pm

    @ Tony:
    Tidak … bukan karena faktor keturunan. Silahkan baca lagi pada bab Penyebab… dan obatnya silahkan baca pada bab Pengobatan.
    Makasih

  60. 61 cakmoki Desember 29, 2010 pukul 12:01 am

    @ amank:
    jangan lupa dilap pake tissue 😀

  61. 62 tini Desember 29, 2010 pukul 1:00 pm

    mo nanya gak penting..
    untuk ngilangin bekas luka akibat sariawan piye ya caranya?
    soalnya lidah sampe gripis2 gitu pinggirnya.
    ehehehhehe 😀

    matur tenkyu

  62. 63 cakmoki Desember 29, 2010 pukul 5:28 pm

    @ tini:
    Lidah emang bentuknya gripis-gripis soale dipenuhi dengan epitel… gak perlu diapa-apain 😀
    tengkyu

  63. 64 sukis Januari 2, 2011 pukul 2:23 am

    mu tny mas,luka bekas sariawan saya gk hilang2 yah dh sebulan,ada 5-6 buah,kcil2 di bwh lidah,sariawannya sih wktu tu seminggu dh smbuh,tp bekas lukanya smp skrng msh da,knp ya mas, and cr pengobatanya bgmn ?? trims

  64. 65 cakmoki Januari 2, 2011 pukul 11:15 pm

    @ sukis:
    Bisa jad, bintil-2 kecil tersebut hanya kelenjar yg membesar… jika benar, gak papa..dan gak perlu obat khusus.
    Namun, untuk memastikannya ga ada salahnya periksa ke dokter terdekat or dokter THT
    Makasih

  65. 66 laila triana Februari 7, 2011 pukul 1:24 pm

    thank’s infona… sKr ak lG kn saRiawan nie,, awaL mulanYa kena Radang trZ menjaLaR tumbuH d LidaH,, rasa saKiT nya daH iLanG tp luka bolong d lidaH msH berbekas.. apa luka iTu bkln normaL lG kY dl g yea.. tkT kemasukan makanan rtz bersarang tumbuH bakteri,, wuadoww… bahaya g yea..??

  66. 67 cakmoki Februari 7, 2011 pukul 1:27 pm

    @ laila triana:
    Bisa normal kambali dong … nda tentu gak bahaya.
    Tq


  1. 1 Tambah atau kurang 1, Cakmoki ? « Pieces of Mind Lacak balik pada Februari 18, 2009 pukul 11:59 pm
  2. 2 Tambah atau kurang 1, Cakmoki ? « dragus.cn Lacak balik pada Februari 16, 2011 pukul 6:21 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,284,837 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: