Banjir di Palaran

KADO BANJIR AWAL TAHUN DI PALARAN

Kemarin, Selasa 27 Januari 2009, hujan lebat mengguyur Palaran sejak tengah hari hingga ba’da isya. Sebenarnya kejadian normal. Namun hujan kali ini membuat stres sebagian warga Palaran, khususnya daerah Sukomulyo (Kelurahan Rawamakmur) dan Kelurahan Bukuan mulai Straat I sampai Straat V serta sebagian straat IV sebelah selatan jalan raya Kelurahan Rawamakmur (depan rumah).

Banjir diperparah dengan pasang besar Sungai Mahakam… klop deh penderitaan. Air mengalir sampai jauh … akhirnya ke rumah … 😛

Akhirnya sebagian wilayah Palaran ikut mencicipi banjir. Sudah diduga sebelumnya, seiring dengan maraknya penambangan batubara di Palaran…habisin aja Boss … 😀 .. suara warga selama ini bak angin lalu, maklum … apalah arti suara rakyat tanpa gelar. *kecuali saat Pemilu ama Pilkada, jadi rebutan … hehehe*

Area sepanjang Kantor Kelurahan Bukuan (straat IV) hingga area (calon) pelabuhan peti kemas adalah area paling parah. Hingga malam ini air yang blusukan ke rumah warga masih setinggi lutut, sedangkan daerah straat I menerima aliran lumpur dari bukit sekitar MKT dan mungkin dari area tambang batubara di wilayah Spontan Bukuan.

Kondisi di atas, ditambah uneg-uneg terkait masalah lingkungan tak urung memaksa sebagian warga Bukuan mengadakan demonstrasi ke gedung wakil rakyat (katanya sih gitu). Seperti biasa, hasilnya adalah janji. *sejak dulu, capek deh … gitu golput koq mau diharamkan* … Tak heran pula jika warga Lempake (Samarinda Utara) menanam pisang di tengah jalan sebagai bentuk protes terhadap kerusakan jalan.

ANTARA PENYEBAB, DAMPAK DAN TINDAKAN

Para petinggi kota dan pemerhati lingkungan (termasuk wakil rakyat) sepakat bahwa ada korelasi antara banjir dengan pemangkasan perbukitan, penyempitan pembuangan air, pendangkalan sungai dan aktifitas pertambangan yang makin marak.

Bahkan beberapa tahun belakangan ini, meluasnya area banjir ditengarai berhubungan erat dengan dihamburkannya izin Kuasa Pertambangan (KP) di wilayah Samarinda, terlebih di Palaran. *tinggal nunggu Palaran jadi gundul*

Nah, jika sudah tahu penyebabnya dan dampaknya yang kasat mata, mengapa gak ada tindakan efektif yang nyata untuk mengatasinya ? Berita tentang KP dan banjir sudah lama menghiasi media, tapi entah mengapa area banjir bukannya mereda, malah makin meluas.

Mengapa hanya berdebat dan mengumbar janji ? Mengapa… mengapa … mengapa ??? Hanya itu yang ada di benak warga di sela acara nguras air berlumpur, sementara pihak yang berkompeten mungkin sedang terlelap.

Mestinya sih, Bapedalda sudah mampu melihat jauh kedepan ketika mengeluarkan ijin terkait dampak lingkungan. Koq masih banjir ? Eh, jangan-jangan ada Bapedalda yang gak memiliki peta sebaran batu bara … 😛

HARAPAN

Warga berharap langkah nyata Gubernur Kaltim yang berjanji membentuk tim pengawasan atifitas tambang. *jangan biarkan Dinas Pertambangan ngawasi dari Restoran ya Pak* 😉

Terlepas dari kapan penanganan banjir benar-benar mampu meminimalisir titik-titik banjir, tindakan Gubernur Kaltim membatalkan penambangan pemegang KP di Bukit Soeharto patut kita acungi jempol. Dan yang tak kalah penting, jangan sampai terulang kasus penjarahan tanah rakyat oleh penguasa beserta bolo kurowo-nya, yang ujung-ujungnya dijadikan arena penambangan.

Akhirnya, kepada para petinggi Kota Samarinda, jangan biarkan kami kebanjiran.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

Iklan

20 Responses to “Banjir di Palaran”


  1. 1 sibermedik Januari 29, 2009 pukul 12:41 am

    siap2 kulak’an Zalf 2-4 ,antibiotik ma obat diare Cak? banyak penyakit kulit,ISPA,n mencret niy?

  2. 2 Andri Januari 29, 2009 pukul 4:40 am

    Kalo tidak salah kaltim itu kondisi geografisnya pegunungan ya?Kalo hutannya gundul baiknya ya direboisasi nuh.Tp ya jangan nanam pisang di tengah jalan. 😀

  3. 3 nararya Januari 29, 2009 pukul 2:48 pm

    sedia celana diatas lutut-lah, cak, biar tetap keren walo kebanjiran 😉

  4. 4 juliach Januari 29, 2009 pukul 10:14 pm

    Sama di sini juga banyak banjir dan angin besar minggu lalu hingga awal minggu ini… hari ini musim mogok kerja!

  5. 5 cakmoki Januari 29, 2009 pukul 11:02 pm

    @ sibermedik:
    iyo bener … 😀 … akeh sing loro boyok juga karena nguras air semalaman … hahaha

    @ Andri:
    Iya … Reboisasi sebenernya udah sejak tahun 90-an tapi yang direboisasi hanya yang keliatan dari jalan. Kalo liatnya dari bukit ato ketinggian maka akan keliatan gundulnya 😀

    @ nararya:
    ihhhhhh … apa gak dikira parno? 😉

  6. 6 Greeny Januari 29, 2009 pukul 11:55 pm

    Oops….! Nyampe masuk rumah gitu kado nya..? aeh… banjirnya.. 😀

  7. 7 triesti Januari 30, 2009 pukul 1:23 pm

    nama jalannya straat? belanda banget.
    mungkin harus banjir di rumahnya pejabat, baru pada ribut untuk merealisasikan janji

  8. 8 keishka Januari 30, 2009 pukul 3:43 pm

    wah, jadi ini ya kek?? sibuk sm yg namana banjir.. duh yg sabar ya.. 😀 semangat terus ^^

  9. 9 n0vri Januari 30, 2009 pukul 5:33 pm

    Warga Jakarta juga lagi harap-harap cemas menunggu kado yang sama Cak. Soale, biasanya awal Februari adalah waktunya si “kado” itu datang seiring masuknya puncak musim hujan…

  10. 10 kamti Januari 31, 2009 pukul 7:28 am

    Solo dan sekitar kemaren sampe tadi malem udah cak.
    Yang lenggganan banjir katanya dah dapet jatah nih.
    Kasian banget deh.

  11. 11 cakmoki Januari 31, 2009 pukul 1:00 pm

    @ Greeny:
    Rumah saya sih enggak … belon kali

    @ triesti:
    Waktu pertama kali dataneng kesini sy kaget bakul-2 ngomong straat, asal-usulnya sy gak nelusuri.

    mungkin harus banjir di rumahnya pejabat, baru pada ribut untuk merealisasikan janji

    Setuju ! 😀

    @ keishka:
    he-eh, kakek harus belajar sabar nih

    @ n0vri:
    Udah punya perahu balap pengganti mobil ? 😆

    @ Kamti:
    Moga Solo gak kebanjiran lagi *mungkin ga ya?*

  12. 12 sibermedik Januari 31, 2009 pukul 7:09 pm

    solo banjir cak..bengawaann swoolwoo..riwayatmu..duwwluuu..*nyanyi sambil nyincing celana*

  13. 13 sibermedik Januari 31, 2009 pukul 7:13 pm

    cak tadi siang kok korban banjir di solo pas diperiksa kok tensi nya tinggi2 ya? Psikosomatik et causa PTSD (Post Trauma Stress Disorder) atau cuma kurang tidur ya?

    *kukur-kukur..sikil ku gatel*

  14. 14 dokterearekcilik Februari 1, 2009 pukul 10:13 am

    banjir kiriman dari Surabaya mungkin itu cak ;D

  15. 15 cakmoki Februari 1, 2009 pukul 6:55 pm

    @ sibermedik:
    Kiro-kiro mergo stress campur seneng, soale sing meriksa ngganteng-ngganteng … hahaha …

    @ dokterearekcilik:
    Ada lumpurnya juga Mas…mungkin ada sedikit sumbangan dari Lapindo 😉

  16. 16 meilinpruwita Februari 2, 2009 pukul 3:48 pm

    bintaro juga huja*HANAM*n terus….jemuranku ra onok seng garing..asyem!!!

  17. 17 pakdejack Februari 4, 2009 pukul 1:38 pm

    dimalang tiap hari ujan terus, moga aja gak sampek banjir. o iya cak, saya boleh tau profil sampean gak? buat posting di kategori ‘sosok dokter’ di blog saya, kalo boleh lho… kalo gak boleh juga gak apa2 🙂

  18. 18 cakmoki Februari 5, 2009 pukul 1:28 am

    @ meilinpruwita:
    hahaha … gampang, jemuran dilempit trus dikempit ben garing …

    @ pakdejack:
    Malang gak akan banjir ah … kalo Malang banjir, Suroboyo dadi danau.
    Profil silahkan lihat di halaman about dan data diri…. hahaha.
    Wih, sosok? Medeni rek … 😀

  19. 19 rhomiezf Februari 13, 2009 pukul 11:45 am

    Wahwaah., kado terindah ni cak..
    aq sering juga lewat palaran, ru tau klo d sana kbanjiran., untung aja tetangganya palaran, rapak dalam (baca: tempatku,red) gak ikut2an bnjir (he.he, egois bgtz sich..!:-))

    oh iya, cak tukeran link nyok..! mari berKaUaNd..! blognya cak uda aq link tuch..!

    http://www.rhomiezf.wordpress.com/

  20. 20 cakmoki Februari 14, 2009 pukul 2:00 am

    @ rhomiezf:
    Wah, tetangga nih 🙂
    Link udah saya pasang di halaman Temans tuh… makasih ya 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,354,787 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: