Agar miss V lebih kinclong

miss_v Membicarakan yang satu ini tidak akan pernah ada habisnya. Terbuka ataupun bisik-bisik (mungkin disertai cekikikan), pembahasan seputar miss V menarik untuk diulang-ulang (di belahan dunia manapun). Miss V emang salah satu organ istimewa, karenanya tak heran jika miss V menjadi incaran produsen untuk menawarkan produk-produknya berkenaan dengan pemeliharaan miss V agar kinclong.

Bagi wanita, miss V ibarat jimat yang patut mendapatkan perhatian dan perawatan ekstra, terutama menyangkut kebersihannya. Coba tanyakan kepada para wanita, maka akan banyak cerita di balik perawatan kebersihan miss V. Tak hanya itu, mitos seputar miss V pun kadang kita dengar dari mulut ke mulut.

Sebagai salah satu organ yang berhubungan dengan dunia luar, sebenarnya miss V sudah dilengkapi pertahanan alamiah, yakni keseimbangan ekosistem yang bersuasana asam (ph: 3,8-4,2) dan berbagai jenis bakteri yang 95% diantaranya adalah Lactobacillus (bakteri tidak jahat). Manakala keseimbangan (flora normal) dalam miss V terganggu oleh berbagai faktor, maka masalah akan timbul. Selain itu, dalam keadaan normal terdapat sekresi cairan dari sel-sel dinding miss V dan cervix yang menjaga kelembaban miss V dan perfungsi pula sebagai proteksi alamiah.

Nah, karunia pertahanan alamiah di atas perlu dipelihara dengan berbagai upaya untuk menjaga agar miss V tetap kinclong.

TIPS MENJAGA KEBERSIHAN MISS V :

  • Gunakan celana dalam berbahan katun.
  • Gunakan air bersih untuk membersihkan miss V.
  • Bilas area miss V dari depan ke belakang ketika cebok agar terhindar dari kontaminasi kuman di anus. (kalo dari belakang ke depan sama halnya dengan memindahkan kuman di anus ke miss V, hiiiyyy) :P
  • Mengganti pembalut sesering mungkin untuk menghindari bersarangnya kuman pada pembalut.
  • Hindari pemakaian celana dalam berbahan nylon
  • Hindari pemakaian celana ketat.
  • Hindari pemakaian parfum atau sabun yang mengandung parfum (termasuk deodorant) agar tidak terjadi iritasi.
  • Hindari penyemprotan atau pemakaian produk kebersihan atau bahan antiseptik tanpa saran dokter *ehm…ehm*
  • Gunakan handuk sendiri *hehehe, gak mungkin rombongan kan … *
  • Biasakan cuci tangan sebelum menyentuh miss V *termasuk tangan sparring partner*
  • Pastikan menggunakan celana dalam bersih. *ya iyalah, masa makai yg digantung berhari-hari*

Masih banyak anjuran untuk menjaga kebersihan miss V, namun tips di atas cukup memadai agar miss V tetap kinclong.

Kepada (khususnya) para wanita, silahkan berbagi.

Akhirnya, jika terjadi gangguan-gangguan pada miss V, jangan segan periksa dan konsultasi ke dokter atau DSOG agar dapat segera dilakukan tindakan yang tepat.

Semoga bermanfaat.

Special thanks: sahabat saya Adit, SPOG (K) yang telah memberikan masukan pada posting pendek ini.

Topik Terkait:

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

About these ads

115 Responses to “Agar miss V lebih kinclong”


  1. 1 Anang Januari 9, 2009 pukul 5:01 pm

    waaaa seru seru ini pembahasannya *menyimak dengan baik*

  2. 2 Shinta Januari 9, 2009 pukul 6:07 pm

    Ilustrasinya koq pas banget ya cak hihihi… pasti lolos dari UU Pornografi. Namanya bunga apa ya cak? Jangan2 bunga V

    Cak..pembalut yang sekarang ada itu aman nggak ya? Soalnya ada produk pembalut yg dijual secara MLM, menginformasiakn kalo pembalut yg ada diIndonesia sekarang ini menggunakan pemutih atau bahan kimia tertentu yang justru membahayakan kesehatan miss V.

  3. 3 Myrza Januari 9, 2009 pukul 9:13 pm

    Wuzzup….mbahas opo ae seh…*lirak-lirik kanan kiri,meluk laptop,dan membaca dengan khusu’*
    Om…berapa lama observasinya untuk menulis topik yang beginian?

  4. 4 aRuL Januari 9, 2009 pukul 11:10 pm

    ntar sekalian yg buat mr P lebih kinclong juga dok :D hehehe

  5. 5 adi Januari 10, 2009 pukul 12:59 pm

    Mas . . aq mau bagi2 PR nih . . dikerjakan ya . . PRnya ambil diblogku http://adipramana.com/2009/01/dapat-pr-nihhh_10.html

  6. 6 cakmoki Januari 10, 2009 pukul 1:01 pm

    @ Anang:
    hahaha … mau tak tambahi link video takutnya dibredel

    @ Shinta:
    He eh, V*g flower, ambil di flickr… emang mirip ya ? *bletak*
    Yang berbahan katun aman Mbak. Kalo saling cela antar produsen sih sy gak tahu, namanya juga persaingan … hehehe

    @ Myrza:
    Hihihi, nyocokkan dengan apaan tuh, merk parfum ya ? ;)
    Wuih, observasinya luama banget, mbak… lha wong milih judul aja perlu waktu hampir sebulan. Bukan observasi miss V lho, emang kepala sy udah ngidam dipenthung apa.

    @ aRuL:
    Bisa, tinggal ngumpulin responder trus kopdaran. Daeng Arul yang jadi ketua panitia ya..

  7. 7 cakmoki Januari 10, 2009 pukul 1:10 pm

    @ adi:
    Ok, ntar tak lihat PR-nya :)

  8. 8 Andri Januari 10, 2009 pukul 5:59 pm

    Lebih amannya,pastikan Miss V hanya pacaran dg satu jenis Mr P aja,yg sehat walafiat tentunya. :D

  9. 9 nararya Januari 10, 2009 pukul 6:37 pm

    pake pembersih kaca dong biar kinclong ;)

  10. 10 herdy Januari 10, 2009 pukul 11:25 pm

    Wah, baru mampir lagi udah dapat miss v… enak tenan, hwe he he. Woo, gitu tah caranya ya Cak? Dijamin kinclong bener ya Cak? He…

  11. 11 cakmoki Januari 11, 2009 pukul 1:07 am

    @ Andri:
    iya :)

    @ nararya:
    iiihhhhhhh … :P

    @ herdy:
    Halah, pura-pura gak tahu… hehehe.

  12. 12 Greeny Januari 11, 2009 pukul 3:32 am

    Wah….wah….
    Miss V aja yg boleh kinclong y? Mrs. V nya piye Cak??
    Masih penting dibuat cling tah?? :D
    *mesam-mesem*

  13. 13 tan Januari 11, 2009 pukul 8:00 am

    WAH,,, baru dateng udah dibisiki materi Miss V, btw knp ga disebut Mrs. V cak? :D

  14. 14 keishka Januari 11, 2009 pukul 9:03 am

    wow, ada postingan baru ga bilang-bilang…
    soal pembalut itu bnran msti ganti2 ya??

    terkadang kei suka males kalau yg keluar dikit ngapain mssti ganti, emg yg baik itu ganti berapa kali :D

  15. 15 Brian Januari 11, 2009 pukul 6:05 pm

    Itu bunga kecubung ya Cak? salam kenal

  16. 16 sibermedik Januari 11, 2009 pukul 8:34 pm

    hmm..jadi Miss V tuh yg ada tulisannya “DO NOT ACCEPT IF THE SEAL IS BROKEN” ya?yen ‘segel’nya kebuka jadi Mrs.V dong?

    *kayak kemasan air minum?he..he..*

  17. 17 sibermedik Januari 11, 2009 pukul 8:40 pm

    saya ndak berani komen macem2 soale belum pernah..belum jadi muhrim..he..he..:p

  18. 18 triesti Januari 11, 2009 pukul 10:47 pm

    @keishka baiknya max 6 jam diganti.

    nambahin ah… kalau minum antibiotik, jangan lupa minum yogurt agar tidak keputihan. usahakan sehabis cebok dikeringkan.

    protes: kenapa harus miss V. kenapa tidak disebut nama aslinya: VAGINA. ini kan sedang membahas secara medis, dan bukan didepan anak2.

  19. 19 sapimoto Januari 12, 2009 pukul 9:14 am

    Walah, saya kira untuk membuatnya kinclong harus dibawa ke tukang krom… :lol:
    Sebuah artikel yang bagus untuk menjaga kesegaran dan kesehatan belahan, Pak… :D

  20. 20 yoyo Januari 12, 2009 pukul 6:08 pm

    Dapet tambahan ilmu lagi dah. Ijin copas yah pakde (gasan istri unda).
    hehehehe :)

  21. 21 juliach Januari 12, 2009 pukul 11:07 pm

    Cara membersihkannya lebih baik dielus perlahan-lahan. Jangan disikat pakai sikat sepatu + semirnya! Wadouww….

  22. 22 ridhaniar Januari 13, 2009 pukul 7:30 am

    miss V tu siapa? ha ha ha
    kog yang baca/komentar kebanyakan Mr P ha ha ha ha

  23. 23 Hilal Achmad Januari 13, 2009 pukul 12:47 pm

    waduh, lihat gambarnya saya sudah gimanaaaaaaaaaaaaaaaa getuu :p

  24. 24 omiyan Januari 13, 2009 pukul 1:41 pm

    istriku patut tahu ini hehehe

  25. 25 d4uz Januari 13, 2009 pukul 5:15 pm

    He..he..he..he.. hayo para gadis diterapin tuh triknya.. :P

  26. 26 cakmoki Januari 14, 2009 pukul 2:16 am

    @ Greeny:
    Penting dong :)

    @ tan:
    saya juga gak tahu kenapa disebut miss V… mungkin karena tak layu oleh panas dan tak lapuk oleh hujan *asli sy ngawur*

    @ keishka:
    lha ini udah bilang :P
    ya iyalah .. kalo gak ganti kasihan pembalutnya…hehehe.
    nah, soal brp kali ganti, udah dijawab mbak Triesti.

    @ Brian:
    Bukan… itu bunga miss V …hahaha.
    Lam kenal juga, makasih.

    @ sibermedik:
    yeeee, tuh udah berani komen “kayak kemasan air minum” … ntar ketahuan si dia bisa kena lempar sandal.

    @ triesti:
    Protes diterima ;)
    Untuk selanjutnya akan nyebut Vagina. Mturnuwun telah mengingatkan.

    @ sapimoto:
    krom? emangnya knalpot apa… hahaha

    @ yoyo:
    Monggo silahkan … jangan lupa bawa cermin kalo mraktekkan ya

    @ juliach:
    hehehe … di Prancis sama gak ?

    @ ridhaniar:
    Kalo gak salah miss V itu tetangganya mr P, itu lho, yang rumahnya di ujung jalan.
    Mr P gak nahan untuk gak komentar, mungkin karena inget sesuatu, sedangkan Miss V gak ikutan komentar soalnya udah hapal di luar kepala :D

    @ Hilal Achmad:
    wiiihhh, high voltage nih …hahahaha *kompak, tosssss*

    @ omiyan:
    kalo perlu diajari caranya, langkah demi langkah … hehehe

    @ d4uz:
    hehehe … para gadis masih tolah toleh sambi bawa cermin :P

  27. 27 Lily Januari 14, 2009 pukul 9:23 am

    Kayanya udah lengkap tuh Cak, hehehehe.. ;p

  28. 28 keishka Januari 14, 2009 pukul 9:32 am

    wew, 6x ganti ya??? kalau cd sebaiknya berapa kali ganti??
    yougurt?? kei suka bgt minum yogurt, tapi tetep aja kadang2 suka ada keputihan…knp ya?

  29. 29 cakmoki Januari 14, 2009 pukul 10:17 am

    @ Lily:
    kayaknya belum tuh mbak… tambahin dong

    @ Keishka:
    6 jam kei.. bisa juga 6 kali kalo pas lagi palang merah (mens).
    Kadang-2 keputihan mah wajar atuh… ya gak mungkin kering bangetlah, emangnya krupuk…hahaha :P

  30. 30 mak tita Januari 14, 2009 pukul 3:29 pm

    Wah nais info…
    makasi ya pak dokter…

  31. 31 keishka Januari 14, 2009 pukul 4:18 pm

    hahaha, si kakek bisa aja.. kei mau protes soal aabate dimana ya kek??

  32. 32 rozy Januari 15, 2009 pukul 9:04 am

    wah keren tips nya
    buat Mr P jangan lupa di buat juga ya pak :)
    salam kenal pak dari samarinda juga :)

  33. 33 ala Januari 16, 2009 pukul 12:41 am

    informasi yang sangat bermanfaat nih…salam kenal..

  34. 34 cakmoki Januari 16, 2009 pukul 1:24 am

    @ mak tita:
    makasih juga :)

    @ keishka:
    Abate beli sendiri aja, 1 dus 95 ribu isinya 50 sachet.
    Kalo mau protes soal Abate, silahkan ke Dinas Kesehatan setempat atau Puskesmas. jangan lupa, kalo protes pasang wajah serem yaaa

    @ rozy:
    Buat Mr P, guyur pake air sungai Mahakam. Di depan kantor Gubernur tinggal menciduk… hahaha *becanda*
    Lam kenal juga…makasih kunjungannya :)
    Pak Tani ya … terkenal bowww

  35. 35 cakmoki Januari 16, 2009 pukul 3:05 pm

    @ ala:
    lam kenal juga … makasih kunjungannya :)

  36. 36 mei Januari 16, 2009 pukul 3:44 pm

    Lebih amannya,pastikan Miss V hanya pacaran dg satu jenis Mr P aja,yg sehat walafiat tentunya. :D ——> belum tentu juga bakal sehat, lha kalau Mr Pnya penyakitan, batuk batuk..ya Mrs Vnya ketularan duongg..jadi ya harus d jaga dua duanya

    ayo cak, posting menjaga kesehatan Mr P biar ndak nularin Mrs V, hehe

  37. 37 bloGEsam Januari 17, 2009 pukul 11:32 am

    wahhh parnooo… hehehe… info menarixxxx :D

  38. 38 Yudhi Gejali Januari 17, 2009 pukul 4:57 pm

    Dok…di wax aja..jadi kinclong.
    Wakakak.

    Oh iya, itu gambarnya bunga apa dok? pas baget analogi bentuknya.
    Wakakak lagi

  39. 39 cakmoki Januari 17, 2009 pukul 11:09 pm

    @ mei:
    Opo ono Mr.P batuk-batuk, kalo bersin mungkin masih bisa :P
    Nah, untuk Tips Agar Mr.P lebih Kinclong, itu urusan mbak-mbak… ada saran gak ? ;)

    @ bloGEsam:
    Tutupi pake jari :D

    @ Yudhi Gejali:
    Huahaha … gak ikut komen ah, ntar dipukuli mbak-2
    Itu namanya Bunga vaginanipun

  40. 40 keishka Januari 19, 2009 pukul 8:53 am

    kei udh protes nih kek, tapi malah di ketawain.. kmrn kei ditawarin sm keluarahan yg kerumah2 itu loh… eh kei bilang, kei dah beli bulan kmrn, desember… tus dia bilang, itu thn 2008 mbak, yg ini 2009. tus aku tnya.. emg apa bedanya 2009 atau 2008. kya antivirus aja.. dia bilang beda. tus aku perhatiin, kemasaaannya emg beda bu, tapikan sm aja penggunaanya, bwt air di bak, bkn bwt di minum. eh si ibu malah ketawa…

    tapi akhirnya kei beli juga, cm kesel aja.. ga ada penjelasan akurat :D perbedaan 2009-2008

  41. 41 cakmoki Januari 19, 2009 pukul 9:36 pm

    @ keishka:
    sama aja lah :D

  42. 42 Syahrul Januari 20, 2009 pukul 11:45 am

    Temans,
    Nama kembang yang dipajang Cak Moki itu Clitoria ternatea. Sumpah ini serius. Coba inget2 lagi kuliah Agrostologi…. Salam dari Malang.

  43. 43 Iqbal, SKG Januari 20, 2009 pukul 12:05 pm

    Assalamualaikum bang!!!
    Boleh tukaran link gak?
    jalan2 ke blogku yah..
    nice site!

  44. 44 cakmoki Januari 21, 2009 pukul 12:55 pm

    @ Syahrul:
    Hehehe … Salam

    @ Iqbal, SKG:
    wa’alaikum salam,
    Boleh, silahkan… ya, ntar jalan-jalan.
    Makasih

  45. 45 Iqbal Sandira Januari 21, 2009 pukul 2:47 pm

    Kok gak di link dok?
    dah aku link tuh di blogku…

  46. 46 cakmoki Januari 21, 2009 pukul 3:07 pm

    @ Iqbal Sandira:
    Maaf, saya baru sampe rumah.
    Udah saya link (barusan) di halaman Temans
    Trims :)

  47. 47 En Hikmah Januari 22, 2009 pukul 11:45 am

    Pak, make celana dalam yg baru dibeli dari toko langsung dipake ternyata bisa bikin iritasi ya!?

  48. 48 cakmoki Januari 23, 2009 pukul 12:12 am

    @ En Hikmah:
    iya :)

  49. 49 Nora Januari 28, 2009 pukul 12:35 pm

    wah lama ga mampir, kok ada gambar bunga yang mirip banget ma…. (*kekekekekk…..). iya cak, makasih tipsnya. kalo lebih kinclong lagi apa ga sekalian dicukur abis (hihihihi…. opo toh).

  50. 50 cakmoki Januari 28, 2009 pukul 6:54 pm

    @ Nora:
    hehehe … mosok mirip, wis bawa cermin tah?
    Sy gak mencantumkan cukur habis sampai mengkilap soale masih ada kontroversi soal cukur mencukur (hihihi…opo toh)… tapi sy sependapat dengan mbak Sofi, bagusnya cukur … :P

  51. 51 Nora Januari 29, 2009 pukul 8:22 pm

    Emang kontroversi apa cak? Pengen tahu jadinya. Btw, sofi itu nama anakku cak :-)

  52. 52 cakmoki Januari 30, 2009 pukul 12:16 am

    @ Nora:
    hihihi… maaf, jadi namanya mbak Nora ya, bukan nama buliknya kan..
    Kontroversi maskudnya, ada ahli yang berpendapat bahwa cukur disitu beresiko infeksi karena memudahkan kuman masuk melalui area yg dicukur… waktu baca pendapat tersebut, saya mbatin, cukurnya pake pisau dapur sekalian dikerik sambil menyanyi kali … hahahaha

  53. 53 Leni Januari 31, 2009 pukul 9:08 am

    Aduh Cak, kalau punyaku udah lama nggak dicukur, gimana nih ?

    Ada saran nggak berapa hari sekali main cukur cukuran itu tuh..hihihi

  54. 54 cakmoki Januari 31, 2009 pukul 1:27 pm

    @ Leni:
    Ga papa… yang penting bersih…hehehe.
    Gak ada ukuran jumlah hari, soalnya bersihat subyektif… kalo dah risih, cukur aja :D

  55. 55 skin care Januari 31, 2009 pukul 9:00 pm

    I think too saya ndak berani komen macem2 soale belum pernah..belum jadi

  56. 56 cakmoki Februari 1, 2009 pukul 7:52 pm

    @ skin care: ;)

  57. 57 Acha Februari 2, 2009 pukul 4:31 pm

    nyari gambar kembangnya berapa lama cak? namanyapun pas banget dengan nama anatominya he…
    blognya keren, izin ngelink yah…

  58. 58 cakmoki Februari 3, 2009 pukul 2:42 am

    @ Acha:
    Nyarinya 2 hari 2 malam … hehehe
    Monggo silahkan ngelink … tapi link baliknya mana ?

  59. 59 skin care Februari 5, 2009 pukul 3:18 pm

    adi

    Mas . . aq mau bagi2 PR nih . . dikerjakan ya . . PRnya ambil diblogku http://adipramana.com/2009/01/dapat-pr-nihhh_10.html

    Thanks

  60. 60 cakmoki Februari 6, 2009 pukul 12:21 am

    @ adi:
    ya… ntar kalo gak repot saya kerjakan PR-nya .. trims :)

  61. 61 riwayat Februari 8, 2009 pukul 11:26 am

    lha ini blog menarik, senang berkunjung ke sini.

  62. 62 cakmoki Februari 10, 2009 pukul 1:33 am

    @ riwayat:
    Makasih kunjungannya … rupanya dari Padang ya :)

  63. 64 cakmoki Februari 17, 2009 pukul 5:48 pm

    @ hary:
    makasih :)

  64. 65 hariadhi Februari 22, 2009 pukul 10:25 pm

    kalau menjaga kesehatan mr. happy kapan, Cak? hihihihi

  65. 66 cakmoki Februari 24, 2009 pukul 1:59 am

    @ hariadi:
    maunya bikin tips juga, tapi sulit cari gambarnya…hahaha.

  66. 67 riphqi Maret 7, 2009 pukul 4:44 pm

    masalah cukur mencukur…

    penting ga sih nyukur itu… [di sekitar Mr P atau Miss V]

    lha klo dicukur… emg guna/manfaat dari rambut itu apa?

    mohon penjelasannya…

  67. 68 cakmoki Maret 8, 2009 pukul 12:52 pm

    @ riphqi:
    Masalah cukur mencukur tidak saya sertakan dalam tips mengingat adanya perbedaan pendapat masalah tersebut.

    Pendapat pentingnya mencukur adalah salah satu upaya menjaga kebersihan. Dg mencukur diharapkan area tersebut lebih mudah dibersihkan.
    Sedangkan pendapat lainnya mengatakan bahwa dengan cukur beresiko iritasi dan lebih memudahkan mikro-organisme masuk area tersebut.
    Sy tidak punya kapasitas untuk menyimpulkan, pilihan diserahkan kepada para pembaca :)

    Rambut (pada area tersebut), secara umum, berfungsi untuk melindungi organ di sekitarnya, di satu sisi dapat menjadi sarang mikro-orgabnisme jika kurang menjaga kebersihan.
    Artinya, masalah utamanya adalah kebersihan. Cukur gak cukur, jika kebersihan terjaga, niscaya aman :)

    Trims

  68. 69 ita Maret 19, 2009 pukul 9:51 pm

    oo..ternyata gitu ya soal “cukur-mencukur”
    Kesimpulannya tetep di masalah kebersihan.
    Thx cak!

  69. 70 cakmoki Maret 20, 2009 pukul 2:43 pm

    @ ita:
    Betuuul :) Thx

  70. 71 Ratna Sulis April 25, 2009 pukul 8:19 am

    O jadi gitu ya???
    Cak, kalo abis kecapean, trus ada keputihan, itu wajar ga???

  71. 72 cakmoki April 26, 2009 pukul 11:40 am

    @ Ratna Sulis:
    Wajar, gapapa :)

  72. 73 Ratna Sulis Mei 3, 2009 pukul 11:18 am

    Terus kalo makan timun, katanya gak boleh ya? Takut keputihan…
    Betul ga kaya gitu?

  73. 74 cakmoki Mei 4, 2009 pukul 1:56 pm

    @ Ratna Sulis:
    Boleh … timun ga ada hubungannya dengan keputihan … hehehe.

  74. 75 lef Juni 1, 2009 pukul 6:04 pm

    dokter cak
    help help help
    me hehehehe :)
    dokter cak, saya merasa MRs V agak agak ga klincong gimana gitu
    coz,
    saya masih belum merid dan tentu belum pernah hubungan intim
    tapi kok
    ehm mrs v saya merah merah menjadi hitam ya, disekitar bibir nya samapai selangkangan gitu deh gatal juga.
    jadinya setelah berulang kali saya lihat di cermin.
    kenapa jadi begitu huhuhuhu. merah dan berwarna hampir kehitaman sepertinya berbeda sekali pada biasanya.

  75. 76 lef Juni 1, 2009 pukul 6:06 pm

    oh ya dokter cak
    ehm saya pernah baca artikel kalau perempuan yang
    udah sering berhubungan intim
    mrs V nya berkerut
    kerut
    dan ga mulus putih seperti bakpao :) (analogi yang aneh)
    gimana tuh dokter. coz mrs. V saya berkerut kerut di sekitar bibirnya
    padahal saya belum pernah berhubungan intim huhuhuhuhu

  76. 77 cakmoki Juni 2, 2009 pukul 4:46 pm

    @ lef:
    Di seluruh dunia, semua miss V berwarna lebih gelap dari kulit yang lain. Dan tentu berkerut. Semua gitu, gak ada hubungannya dengan pernah berhubungan intim atau enggak, kulit sekitar bibir miss V emang berkerut, gak ada yang selicin kayak kulit hidung ataupun kulit bakpao, hehehe *maaf becanda*

    Jadiiii, maksud kinclong pada artikel ini bukan kinclong kayak kulit bakpao tapi menjaga agar tidak jamuren… ;)

  77. 78 lef Juni 2, 2009 pukul 6:05 pm

    oh ya benarkah dokter.
    sebelumnya saya mau ngucapin makasih
    udah dijawab.
    dokter sangat baik…

    dokter benarkah seluruh miss v diseluruh dunia warnyanya lebih gelap dari warna kulit yang lain?
    hehehe dokter sering melakukan penerawangan ya hahaha

    tapi saya merasa heran ya
    kenapa selangkangan saya juga berwarna agak hitam atau pun merah.
    pokonya daerah sekitar hurup V (vagina bibir hingga selangakangn itu) warnanya hitam?

    kenapa ya dokter. saya jadi ga pede ni. bagaimana cara memutihkannya. saya pernah ikut seminar kesehatan wanita di kampus.kata dokter spsialis kulit tersebut (DR. Inong kalau ga salah dari RSCM Jakarta) katanaay sebagian besar problema wanita itu selangit=selangkanagan hitam) aduh aneh aneh saja.

    tapi setelah saya perhatikan memang hitam.
    oh ya doter apa karena saya menderita kegembulan ya hahaaha
    berat saya 63 dengan tinggi 161 cm
    (pastinya tidak ideal.) :)

    dokter bagaimana ya cara memutihkan selangkanag. pakai krim pemutih wajaha seperti ponds boleh ga? ;)
    bentar lagi saya mau merid nih dokter. mungkin 2-3 bulan lagi. malu kalau ternyata sangat hitam huhuhuhu.
    terima kasih dokter Cak yang baik sekali……. :)

  78. 79 cakmoki Juni 3, 2009 pukul 12:38 am

    @ lef:
    selangit ? … hahaha … :D … bener, selangkangan emang lebih item karena hiperpigmentasi yang bersifat alamiah. Gak bisa diputihkan dan gak perlu diputihkan, ntar malah lucu.
    Gak perlu risau dengan warna area miss V, nanti kalo udah merid suami gak bakalan protes, enjoy aja …
    Ato gini aja, coba search di om google dengan kata kunci “anatomy vagina”, trus klik menu iamges di kiri atas, keluar deh gambar-gambar vagina dan area sekitarnya … silahkan mencocokkan :D
    Makasih ^_^

  79. 80 lef Juni 3, 2009 pukul 4:00 pm

    dokter cak
    yang baik hatiiii
    sekali
    semoga di balas tuhan kebaikannya
    ^_^
    thanks for all

  80. 81 zha Oktober 15, 2009 pukul 8:18 pm

    Gimana sich caranya mengetahui klo keputihan yang berpenyakit dengan yang g?
    klo Qt yang punya kegiatan yang padat tu sering keputihan gtu,,keputihannya tu normal g?tw ada penyakit?
    pleaseee,,kasih tw y?.

  81. 82 cakmoki Oktober 15, 2009 pukul 10:50 pm

    @ zha:
    Keputihan yg dipicu oleh kelelahan, aktifitas yg padat, dan sejenisnya adalah keputihan “non patologis” alias bukan karena penyakit. Dan itu Normal.
    Jika ragu-2, maka perlu periksa Lab sampel sekret dari keputihan untuk memastikan ada tidaknya penyakit pada keputihan.
    Selengkapnya tentang keputihan dan ciri-2 antara keputihan patologis (penyakit) maupun non patologis, silahkan baca artikel sebelumnya di sini
    Trims

  82. 83 ndari November 17, 2009 pukul 12:36 pm

    aduh beruntung sekali saya menemukan blog dokter gaul dan baik hati kayak cak Moki.

    Cak saya mau tanya-tanya soal per-vagina-an nih…

    cak sekarang kan banyak iklan di TV tentang HPV tuh cak.
    Terus kebetulan saya punya kakak yang masih single sekitar berapa bulan lalu dia merasa di V-nya ada masalah pertama rasa gatal, perih saat berkemih terus dia merasa ada daging tumbuh yang tidak biasa di vulvanya.

    Karena takut kena HPV buru-buru dia ke dokter sayang dokternya katanya kurang komunikatif dan tidak menjelaskan lebih lanjut soal penyakitnya. Kaka saya diolesi cairan yang rasanya panas di V-nya terus diberi antibiotik dan vitamin kulit.

    seminggu kemudian dokter bilang sudah bersih. tapi beberapa hari ini dia merasakan gejala yang sama lagi cak. pertanyaannya:

    1. Kok HPV bisa menyerang gadis juga ya cak padahal kakak saya sama sekali belum pernah berhubungan sek. Jangankan berhubungan seks lihat punya cowok secara langsung aja dia nga pernah (kecuali di film blue ya cak he he he)

    2. Apa benar HPV bisa menular tidak dari sex tapi misalnya dari toilet duduk yang tercemar, handuk yang dipakai bergantian (kebetulan kakak saya beberapa kali pernah nginap di kos-kosan teman ceweknya dan gantian handuk).

    3. Apa benar kena HPV berarti beresiko kena kanker serviks cak? soalnya kakak saya terus jadi parno banget…

    4. Katanya ada vaksin buat HPV ya cak? kalau misalnya yang udah kena gituh apa masih bisa di vaksin cak? dan apa masih efektif?

    sekian pertannyaannya moga-moga di jawab soalnya saya dan kakak sekarang lagi giat cari tahu tentang HPV saking takutnya…

  83. 84 cakmoki November 17, 2009 pukul 10:53 pm

    @ ndari:
    Menilik gambaran tentang penyakit tersebut dan obat yang diberikan dokter (oles), kemungkinan emang Condyloma acuminata, yakni salah satu penyakit di daerah organ kelamin yang disebabkan virus Papiloma Humanus (HPV). Namun untuk memastikannya sebaiknya bertanya langsung ke dokternya.
    HPV banyak jenisnya, lebih dari 70 type dan yg bisa diidentifikasi hingga kini ada 23 type.

    1) HPV masuk dan menimbulkan infeksi melalui luka lecet di kulit sekitar kemaluan. Pada umumnya melalui hubungan seksual. Artinya, sebagian besar melalui hubungan seks. Jika emang gak pernah berhubungan seksual, bisa jadi masuknya HPV melalui faktor lain.

    2) Tidak. Masa tunas (inkubasi) HPV sekitar 3 mingggu hingga 8 bulan dengan rata-rata 3 bulan. Penularan atau masuknya HPV yang menimbulkan infeksi tidak melalui handuk mengingat HPV biasanya mati di udara terbuka dalam tempo lama.

    3) Penyebab Cancer serviks tidak diketahuisecara pasti. Dan HPV secara langsung gak akan menyebabkan cancer serviks.
    Pada umumnya HPV mudah diobati, tidak bahaya (prognosa baik), hanya saja gampang kambuh.

    4) Hingga kini belum bisa dipastikan efektifitas vaksin HPV.
    Menurut saya, sebaiknya kontrol secara teratur agar penyakit tersebut dapat disembuhkan hingga tuntas. Pengobatan teratur diperlukan untuk evaluasi hasil pengobatn, mengingat ada 5 tahap atau pilihan pengobatan yang ditentukan oleh dokter yang merawat berdasarkan hasil follow up selama pengobatan.

    Pengobatan yg lazim digunakan meliputi:
    a) Pengobatan kemoterapi, yakni dengan obat oles dan obat minum jika emang diperlukan untuk mengatasi infeksi sekunder.
    b) Bedah beku dan sejenisnya.
    c) laser karbondioksida.
    d) Interferon.
    e) Imunoterapi.
    Trims

  84. 85 zeinitza November 18, 2009 pukul 11:36 am

    wah ada yang menarik nih.. ikutan gabung ah cak.. boleh yah ^_^
    kebetulan kemaren ke RS terus lihat ada promo vaksin ini jadi tertarik tapi… mendengar pernyataan cak moki:

    “1) HPV masuk dan menimbulkan infeksi melalui luka lecet di kulit sekitar kemaluan. Pada umumnya melalui hubungan seksual. Artinya, sebagian besar melalui hubungan seks. Jika emang gak pernah berhubungan seksual, bisa jadi masuknya HPV melalui faktor lain.”

    nah dari pernyataan di atas pengen tanya:
    faktor lain misalnya apa ya cak?

    terus:
    “4) Hingga kini belum bisa dipastikan efektifitas vaksin HPV.
    Menurut saya, sebaiknya kontrol secara teratur agar penyakit tersebut dapat disembuhkan hingga tuntas. Pengobatan teratur diperlukan untuk evaluasi hasil pengobatn, mengingat ada 5 tahap atau pilihan pengobatan yang ditentukan oleh dokter yang merawat berdasarkan hasil follow up selama pengobatan.”

    pertanyaanya: jadi masih bisa sembuh ya cak? kalo yang udah kena begitu berarti nga boleh vaksin dong cak? atau tetap boleh kalau sudah dinyatakan sembuh?

    makasih yah cak boleh ikutan nimbrung ^_^

  85. 86 cakmoki November 19, 2009 pukul 11:26 pm

    @ zeinitza:
    ya, mari kita diskusikan hal ini…
    1) Referensi (salah satunya Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, hal. 113-114, edisi IV, FKUI, 2005) menyebutkan bahwa selain hubungan seksual, infeksi HPV bisa dikarenakan faktor hygiene, adanya fluor (keputihan) dimana memudahkan timbulnya infeksi lain termasuk HPV. Sedangkan pada pria, disebutkan kelembaban (pada pria yg tidak sunat) sebagai faktor lain di luar hubungan seksual.

    4) Penyakit ini memiliki “Prognosa” baik artinya tidak bahaya dan dapat disembuhkan. Hanya saja mudah kambuh.
    Hingga kini Vaksin HPV masih diperdebatkan tentang efektifitasnya mengingat banyaknya strain atau type virus HPV. Meski begitu dianjurkan vaksin walaupun pernah kena dan dinyatakan sembuh lantaran gak bisa dijamin adanya faktor kekebalan pasca sembuh dari infeksi HPV. Hal ini dapat dipahami dikarenakan banyaknya type virus HPV.

    Trims

  86. 87 zeinitza November 20, 2009 pukul 11:47 am

    ah menarik cak saya jadi ketagihan nanya nih he he he oh ic.. ic.. jadi kalo kita klemproh alias nggak jaga kebersihan rentan kena virus ini dong ya.. brrrrr…

    trus berdasarkan pernyataan ini:
    “4) Penyakit ini memiliki “Prognosa” baik artinya tidak bahaya dan dapat disembuhkan. Hanya saja mudah kambuh.
    Hingga kini Vaksin HPV masih diperdebatkan tentang efektifitasnya mengingat banyaknya strain atau type virus HPV. Meski begitu dianjurkan vaksin walaupun pernah kena dan dinyatakan sembuh lantaran gak bisa dijamin adanya faktor kekebalan pasca sembuh dari infeksi HPV. Hal ini dapat dipahami dikarenakan banyaknya type virus HPV.”

    pertanyaan 1:
    baru tahu kalau HPV tuh banyak jenisnya kirain cuma 1 doang yang menyebabkan kanker cerviks. Sebenarnya HPV itu jenisnya ada berapa dan yang menyebabkan kanker serviks yang mana aja cak?

    Pertanyaan 2:
    Oh jadi yang udah kena juga teteup dianjurkan vaksin ya?
    kalo gituh fungsinya setelah sembuh terus vaksin paling nggak bisa mengurangi kemungkinan kambuh ya cak? Atau kemungkinan terserang jenis lainnya? Wah repot juga kalo kena HPV tendem. (Kayak terjun payung aja) he he he

    mohon jawabannya yah cak Moki yang baek hati dan nggak sombong.

  87. 88 cakmoki November 20, 2009 pukul 11:11 pm

    @ zeinitza:
    Jawaban 1:
    Hingga kini diidentifikasi ada 70 jenis HPV. Tidak semuanya menyebabkan condyloma. Type yang dijumpai pada condyloma diantaranya: type 6, 11, 16, 18, 30, 31, 33, 35, 39, 41, 42, 44, 51, 52, 56.
    Adapun type yg diduga berpotensi onkogenik (bersifat menyebabkan kanker) adalah type 16 dan 18.

    Jawaban 2:
    Ya, benar.

    Trims

  88. 89 zeinitza November 23, 2009 pukul 6:43 pm

    ngelanjut atuh boleh ya..

    jadi 1 jenis HPV aja bisa memicu kanker ya cak? atau harus ada inveksi bersamaan karena kalo baca di brosur yang kemaren nemu di RS katanya ada kata “secara bersamaan” itu maksudnya gimana yah? kurang jelas he he he berhubung infonya di dapat dari brosur nga tau mau tanya ke mana hihihi

    btw cak kapan-kapan ulas soal HPV dan cervical kanker dong jadi penasaran nih hi hi hi..

  89. 90 cakmoki November 24, 2009 pukul 2:44 pm

    @ zeinitza:
    2 jenis, type 16 dan 18. Itupun anggpan para ahli. Sedangkan penyebab pasti dari Ca Cerviks hingga kini belum diketahui.
    sy gak ngerti juga maksud dari kalimat “bersamaan”, soalnya gak ikut mbikin brosurnya … hehehe.
    Sebenarnya persoalan HPV udah sering dibahas di blog ini, tapi belum sempat bikin artikelnya.

  90. 91 zeinitza November 26, 2009 pukul 11:17 am

    wah berarti banyak hal juga yah mungkin cak yang bisa memicu ca serviks misalnya makanan dan kebersihan juga mungkin pengaruh yah.

    Btw cak kemarin saya baca di web kanker dharmais ternyata ada juga yang namanya kanker vagina. Gleg.. ternyata kanker itu bisa di mana aja ya cak saya pikir wanita itu kanker yang hubungannya sama reproduksi cuma payudara, rahim dan serviks aja….

    ayo cak bikin artikel lebih mendalam tentang kesehatan wanita yah he he he *ketagihan.com*

  91. 92 cakmoki November 26, 2009 pukul 1:37 pm

    @ zeinitza:
    Makanan gak ngaruh…. seperti jawaban sebelumnya, bahwa penyebab cancer serviks belu diketahui dengan pasti, sedangkan faktor-2 yang tertulis di referensi adalah hipotesa.

    Kanker adalah tumor ganas yang dapat menimpa siapa saja, umur berapapun, jenis kelamin apapun, dari mulai ujung kepala hingga ujung kaki.

    Sebagian artkel-2 tentang kesehatan wanita udah ditulis di blog ini. Mohon maaf, sy tidak membahasnya secara mendalam karena artikel-2 yg sy tulis di blog ini diperuntukkan untuk khalayak luas, bukan untuk sesama dokter. (silahkan lihat di halaman arsip).
    Artikel-2 yg lebih mendalam biasanya disediakan untuk kalangan medis di situs fakultas kedokteran di berbagai Universitas di Indonesia maupun di luar negeri.
    Berdasaran masukan dari teman-2 blogger dan pembaca, maka saya lebih memfokuskan diri pada artikel dengan bahasa yang mudah dipahami. Itupun masih banyak istilah atau uraian yang sulit dimengerti pembaca…. hehehe.

  92. 93 Arlene Desember 7, 2009 pukul 10:30 am

    Cak, mau nanya nich…maksud nggak boleh pake parfum(deodorant) itu gmn sich cak..maksudnya nggak boleh di pakai di area miss V? Maaf nich gak ngerti ha ha ha deodorant kan dipakai di ketiak, cak..mang ada hubungannya dengan iritasi pada bagian miss V…makasih cak! :)

  93. 94 Arlene Desember 7, 2009 pukul 10:31 am

    Cak, mau nanya nich…maksud nggak boleh pake parfum(deodorant) itu gmn sich cak..maksudnya nggak boleh di pakai di area miss V? Maaf nich gak ngerti ha ha ha
    Deodorant kan dipakai di ketiak, cak..mang ada hubungannya dengan iritasi pada bagian miss V…makasih cak! :)

  94. 95 Arlene Desember 7, 2009 pukul 10:32 am

    Cak, mau nanya nich…maksud nggak boleh pake parfum(deodorant) itu gmn sich cak..maksudnya nggak boleh di pakai di area miss V? Maaf nich gak ngerti he he he
    Deodorant kan dipakai di ketiak, cak..mang ada hubungannya dengan iritasi pada bagian miss V…makasih cak! :)

  95. 96 cakmoki Desember 7, 2009 pukul 11:28 pm

    @ Arelene:
    Maksudnya, jangan pake deodorant di area miss V. Kan banyak tuh iklannya.
    Kalo di ketiak sih gak masalah, gak ada hubungannya dengan miss V.
    Trims :)

  96. 97 neng Februari 17, 2010 pukul 11:22 pm

    ih telat bacanya (kemane ajeee neeeng, heeheehe) cak nanya dong, berarti kalo pake antiseptik yang PH balance nya 3-4 boleh? kan mirip sama PH miss V nya, aman ga kira2?

  97. 98 cakmoki Februari 18, 2010 pukul 2:14 pm

    @ neng:
    Lebih bagus gak pake antiseptik supaya flora normal miss v ga terganggu :)

  98. 99 Louise April 3, 2010 pukul 1:45 am

    Cak, manteepppp banget niih site nya. hehe….informatif BGT..
    Cak mo ikutan nanya niiih…
    kalo tiap hari pake pantyliner gitu berpengaruh gk ya cak ama keputihan?
    soalnya tiap hari kadang aku berasa lembab aja di Miss V nya. Trus karena seharian beraktivitas diluar, jadi ribet kalo bawa2 cd lebih, so biar praktis, tiap lembab aku ganti pantyliner.
    aman gak ya cak?
    trus bener ya cak kalo area selangkangan n miss v itu lebih hitam dari yg laen? karena pas aku bandingin ama punya temenku (hehehe), dia kok warna selangkangannya gak item, melainkan sama seperti warna kulit dia umumnya?..aku kan jadi gak PD.. hhuhu..
    hmm…nanya lagi cak, aku belom nikah, tapi kok udah hampir 3 bulan ini belom dapet mens lagi ya cak? (yg jelas gak hamil.. hehe). penyebabnya kr2 apa cak? biasanya gak pernah selama ini. takutt….tapi rencananya besok pagi mau ke dokter kandungan, USG ajaa…
    makasiiih banget kalo dijawab Cakk.. :)

  99. 100 cakmoki April 3, 2010 pukul 4:15 pm

    @ Louise:
    1) Gak papa…aman. Yang penting hygiene terjaga. Miss v normalnya emang lembab. Kalaupun timbul keputihan, gak masalah, keputihan tersebut bersifat non patologis, artinya bukan penyakit.

    2) Normalnya, warna selangkangan lebih gelap dari kulit yang lain. Hanya saja, gradasi perbedaan warna kulit antara area miss V dengan kulit yg lain, gak sama pada setiap orang.

    3) Gangguan siklus mensatruasi biasanya karena gangguan keseimbangan hormonal (hormonal imbalance), yang dipicu oleh banyak faktor, misalnya: kelelahan fisik maupun psikis, dll…dll..dll. biasanya cukup diberi obat untuk menormalkan siklus menstruasi.
    Kita tunggu hasil pemeriksan DSOG.

    Makasih :)

  100. 101 Louise April 4, 2010 pukul 12:33 am

    Cakkk, aku udah ke dokter tadi sore…
    tapi dokternya buru2 banget kasih penjelasannya…karena dah sore kali ya..
    tadi aku tanya, kenapa kok belum dapet mens lagi n sk gak teratur. gini nih menurut dokternya:
    1. hsl USG menunjukkan di indung telurku katanya bersih, cuman ada “bulatan2 kecil di pinggir2nya” << maksudnya apa sih cak? aku liat hasil potonya emang ada kayak titik2 hitam gitu sihh kecil2, ada sekitar 5 titik.
    2. trus pas aku tanya penyebabnya, katanya karena "aku tll perfeksionis" <.< dan krn gula darahku tinggi, padahal aku gak diabetes. emang ngaruh beneran ya cak?
    3. obat yg dikasih adalah :
    – norelut norethisterone 5 mg diminum 1 x 2 tablet << katanya ini biar mensnya datang
    – metformin 500mg diminum 1 x 1 <.<
    makasih ya cak infonya. hehehe

  101. 102 Louise April 4, 2010 pukul 12:36 am

    Cak,
    kok postingannya kepotong ya? hehe.. jd ditulis lg disini deh.
    yang mau aku tanyain:
    1. apakah obat2 yg dikasih itu beneran bisa memperlancar datang bulan?(kata dokternya paling cepet setelah 3bln konsumsi baru lancar..car..car..)
    2. metformin itu aman gak diminum cak? secara itu kan obat penurun gula darah utk diabetes, sementara aku kan gak diabetes. Seremm..katanya obat itu bisa menyebabkan keterbelakangan mental cak kalo dikonsumsi kebanyakan.
    please info Cak,
    thanks a lot…. :)

  102. 103 cakmoki April 4, 2010 pukul 1:51 am

    @ Louise:
    1) Saya juga gak ngerti maksud dari kalimat “bulatan2 kecil di pinggir2nya”. Yg penting, kalo indung telrnya bersih, berarti gak masalah.

    2) “terlalu perfeksionis” merupakan salah satu bentuk “beban psikis” atau dikenal dg nama lain “nerosa”, yakni kemauan bawah sadar yg maunya serba sempurna. Masalh-2 psikis kadang mempengaruhi siklus menstruasi, lambat atau bahkan menstruasi berkepanjangan.
    Gak papa, toh yg begitu biasanya reversible, artinya akan pulih kembali.
    Kadar gula tinggi emangnya berapa ?
    Metformin adalah adalah obat golongan biguanid. Lazim digunakan untuk 2 kepentingan. Pertama untuk menurunkan kadar gula darah, dan stabilisasi kadar gula darah, kedua untuk membantu stabilisasi siklus menstruasi.
    Karena itulah adakalanya Metformin dosis tunggal (1×1) dikombinasi dengan obat pengatur hormonal yang lain untuk stabilisasi siklus menstruasi.
    Ini sudah saya bahas pada diskusi sebelumnya… cuma lupa tempatnya…kayaknya di sini juga atau di Tanya Jawab Bab kesehatan Wanita.

    3) Obat-2 tersebut emang lazim digunakan untuk memperlancar siklus menstruasi. Tentu hasil pengobatan tidak bisa serta merta berhasil seperti keinginan kita. Masing-2 ada durasi pengoabatan berdasarkan hasil pemeriksaan dokter.
    kalaupun dengan pengoabatn tersebut belum menampakkan hasil, maka dokter akan menggantinya dengan obat lain setelah mengevaluasi hasil pengobatan.

    Moga masalah tersebut segera pulih dan lancar seperti sediakala

    Makasih :)

  103. 104 Louise April 6, 2010 pukul 1:03 am

    Huahhh….makasih ya cak infonya.. aduh bermanfaat banget deh, terutama yang bagian “perfeksionis”, abis si dokternya gak jelasin lebih lanjut… hehe.
    sekarang aku udah berani deh minum metformin nya.. tar coba aku cari2 di arsip cak tentang metformin.
    trus mengenai gula darah, terakhir tes lab pas sakit typhus kemaren dahal normal tuh, makanya ak jg gk ngerti ama dokter nya kok pas USG bs tau gulaku tinggi. hehe..
    thanks a lot ya Cak. :)

  104. 105 cakmoki April 7, 2010 pukul 2:46 am

    @ Louise:
    ya, moga segera pulih kembali :)
    makasih

  105. 106 zeinitza April 22, 2010 pukul 1:09 pm

    cak moki yang baeekk, mau tanya tapi malu nih… T_T tapi kalo nga tanya nga sembuh ^_^

    sekitar 1 bulan ini miss V saya suka perih dan gatal lokasinya di labium minor di sela-sela. Gatalnya kadang ilang kadang timbul cak tapi nggak ada keputihan dan nga ada benjolan-benjolan cuma di bagian labium minor yang gatal itu terasa agak tebal dan kalo dioles sama abothyl perih dan berwarna putih. Kadang setelah diolesin abothyl rasa gatal hilang tapi kalo lagi lembab timbul lagi gatal dan perihnya. sempat saya bilas air sirih hilang tapi lagi-lagi kalau lembab gatal lagi plus clekit-celekit karena perih kayak lecet gituh deh cak tapi kalau diraba cuma kerasa tebal-tebal aja nga kerasa luka.

    karena beberapa hari ini M rasa gatal perih timbul lagi pa lagi kalau lembab. Itu kira-kira kenapa yah cak? Jadi parno nih cak apa perlu tes sekret yah cak? serem sih abis masih ting-ting nih cak he he he

  106. 107 cakmoki April 22, 2010 pukul 5:21 pm

    @ zeinitza:
    Kalo ga keputihan, gak perlu periksa sekret dong.. :)
    Berarti yg ada gangguan cuma kulitnya doang.. mestinya pake foto, tapi sayangnya di daerah yg itu … :D
    Mohon maaf, sy gak berani menduga-duga, soalnya banyak salahnya kalo tanpa melihat atau ngeliat via foto.
    Sebagai contoh, jika diduga alergi, trus direkomendasikan obat alergi…jika ternyata kenyataannya jamur, maka jamurnya bukannya sembuh tapi makin subur. Tuh kan, repot … hehehe

  107. 108 zeinitza April 22, 2010 pukul 7:15 pm

    aduuhhh.. ga berani foto cak abis itu aja raba-rabanya takut-takut soalnya takut salah buka hie he he. Duh gimana ya cak moki. (nanti coba berusaha foto kalo nga malu.)

    kalo misalnya ke dokter harus ke dokter mana? masa ke SPKK sih? ntar dikira sakit apaan lagi hiks.. kalo ke dokter umum aja bisa nga cak?

  108. 109 cakmoki April 23, 2010 pukul 12:26 am

    @ zeinitza:
    Ke dokter spesialis KK… ya enggaklah…doker tidak akan berprasangka macam-2.
    Bisa juga ke dokter umum
    Makasih

  109. 110 sastra Juni 17, 2010 pukul 2:01 am

    keputihan sih g’…
    gatal jg g’…
    cuma…
    warna miss V nya g’ terang…

  110. 111 cakmoki Juni 17, 2010 pukul 2:16 pm

    @ sastra:
    normalnya emang lebih gelap dibanding kulit yg lain :)

  111. 112 Natali_Ariska November 16, 2010 pukul 9:43 pm

    Hihihi…..
    Malu-malu baca artikel ini.
    Tapi pengen sangat…….. tau.
    Berguna, cakMoki tau aja……. >_<.

  112. 113 cakmoki November 17, 2010 pukul 12:09 am

    @ Natali_Ariska:
    Bacanya sambil sembunyi… :D


  1. 1 Tambah atau kurang 1, Cakmoki ? « Pieces of Mind Lacak balik pada Februari 19, 2009 pukul 12:00 am
  2. 2 Tambah atau kurang 1, Cakmoki ? « Pieces of Mind Lacak balik pada Februari 19, 2009 pukul 1:05 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,619,414 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 550 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: