Sekilas Rematik

Kode ICD-10 : M 79.0 : Rheumatic Diseases

lbp Apa Penyakit Rematik ?

Rematik : Penyakit yang menyerang sendi dan struktur jaringan sekitarnya (tendon ligament, sinovia, otot sendi, dan tulang).
Penyakit ini tidak terbatas menyerang sendi bisa juga mengenai organ lain.
Artritis = radang sendi.

G E J A L A :

  • Pada umumnya : nyeri atau kaku sendi
  • Kadang disertai pembengkakan dan kemerahan (arthritis)
  • Kaku pinggang atau leher
  • Gerakan sendi menjadi terbatas
  • Nyeri gerak sendi
  • Nyeri otot
  • Pada penyakit rematik yang bersifat sistemik biasanya disertai gejala : demam, lemah, bengkak tubuh sesak, radang mata

JENIS-JENIS PENYAKIT REMATIK

Menurut WHO ada sekitar 150 jenis penyakit (pendapat lain, menyebutkan lebih dari 200 jenis) dikelompokkan :

  • Penyakit degenerative (osteoarthritis)
  • Penyakit jaringan ikat (penyakit otoimun)
  • Penyakit spondiloartropati
  • Penyakit metabolic (asam urat = gout arthritis)
  • Penyakit akibat infeksi
  • Penyakit extra artrikuler (otot, tendon, tulang)
  • Penyakit akibat kerja/trauma
  • Penyakit Fibromyalgia
  • Penyakit akibat keganasan

Rematoid Arthritis

  • Kelompok penyakit otoimun, terkait dengan factor genetic
  • Ditandai dengan keradangan pada sendi kecil-kecil, bersifat simetris
  • Gejalanya : nyeri dan kaku sendi jari-jari tangan lebih dari 1 jam disertai bengkak sendi
  • Sendi yang terserang : jari-jari, siku, bahu, pergelangan tangan/kaki
  • Mengakibatkan kecacatan karena adanya kerusakan sendi
  • Gejala lain : mata, paru, ginjal
    Membutuhkan pengobatan sepanjang hidup untuk mengurangi kerusakan sendi

PENYEBAB PENYAKIT REMATIK

  • Sampai saat ini tidak semua penyakit rematik bisa dijelaskan sebabnya
  • Beberapa penyakit rematik sudah diketahui penyebabnya : osteoarthritis (karena kegemukan), gout (karena asam urat)
  • Kelompok penyakit otoimun β†’ Diduga ada kaitan antara genetik, lingkungan dan infeksi. Ada sekelompok penyakit merupakan penyakit diturunkan (familial)

Siapa yang bisa terkena penyakit rematik ?

  • Semua umur
  • Semua jenis kelamin, suku, ras
  • Tergantung pada jenis penyakit
    Lupus, scleroderma, rematoid arthritis banyak pada perempuan tetapi gout arthritis, ankylosing spondilitis banyak pada laki-laki

Bagaimana diagnosis penyakit rematik ?

  • Melalui riwayat penyakit
  • Pemeriksaan klinik
  • Pemeriksaan foto radiology, CT scan, MRI
  • Laboratorium: Darah lengkap : Hb, Lekosit, trombosit, LED. Urinalisis : protein, bilirubin, urobilin, tanda infeksi. Antibody : ANA, dsDNA, Rematoid factor. CRP, CCP, Complement. Analisa cairan sendi

Sumber: Brosur Penyakit Rematik, RS Husada Utama, Surabaya.

Thanks kepada sobat dr. Stef dan mbak-mbak marketing atas ijinnya untuk menayangkan semua brosur RSHU dengan harapan dapat bermanfaat. Amin.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

Iklan

83 Responses to “Sekilas Rematik”


  1. 1 Greeny November 15, 2008 pukul 9:17 pm

    Met Malem Cakdokter..

    Dikatakan td semua umur bisa terkena penyakit rematik, pernakah ada kasus rematik terjadi pada anak2? Usia berapa tuh??, jika ada..
    Apakah pada anak usia 10 thn jg bisa mempunyai kemungkinan terserang rematik??? Kebetulan disini ada anak usia 10thn yg belakangan ini suka mengeluh nyeri di betis, pinggul terkadang di bagian paha. Kadang2 datangny pas bangun tidur, phdl tidak baru habis melakukan aktivitas berat spt olah raga di sekolahny.
    Kira2 knp y?

    Before n’ after ny makasih ya cak….

  2. 2 dokterearekcilik November 16, 2008 pukul 1:52 am

    Anak kecil jarang rematik, ortunya yg sering rematik ngurusi anak anaknya πŸ˜€

  3. 3 cakmoki November 16, 2008 pukul 2:20 am

    @ Greeny:
    Udah dijawab dr. Rizal Sp.A, Mbak πŸ™‚

    @ dokterearekcilik:
    Maturnuwun jawabannya…
    Ortunya sering rematik mungkin karena ngurusi “anaknya mertua” … πŸ˜€

  4. 4 sibermedik November 16, 2008 pukul 4:56 am

    Mungkin maksudnya GREENY demam RHEUMA pada Anak dimana terjadi infeksi pada katup jantung karena infeksi bakteri.

  5. 5 cakmoki November 16, 2008 pukul 11:19 am

    @ sibermedik:
    He eh … pertanyaan Mbak Greeny berhubungan dengan kasus di bawahnya (dengan keluhan yang disebutkan, nyeri betis dll).
    Jawabab Mas Rizal menurut saya sudah menjawab 2 hal. Pertama: insidens rematik pada anak secara umum (termasuk Demam Reumatik) jarang terjadi. Kedua: keluhan (pada anak umur 10 tahun) yg ditanyakan diatas bukan berarti rematik.

    Nah, Demam Reuma pada anak dan kaitannya dengan Penyakit Jantung Rematik (Regurgitasi Mitral, Stenosis, dll) sampeyan bikin postingnya ya … πŸ˜€

  6. 6 nararya November 16, 2008 pukul 2:39 pm

    kalo jempol kaki kiri suka kesemutan tu tanda2 rematik bukan?

  7. 7 Mocca November 16, 2008 pukul 5:15 pm

    Duuhh..caaak:-s baca gejala rematik di atas (dr 1-6) kaya’nya aku kena penyakit ini neh:(( trus baca lagi ttg rematoid arthristist…juga..aku ngalamin tuh caaaaaaaaaaaakkk:((
    Tiap pagi saat bangun tidur, jari2 tuh susah banget digerakinnya (dikepal2):( hrs pelan2 biar lemes baru deh bisa cuci piring:-s trus..klo cuaca dingin suka bengkak merah (spt keseleo)..tuh di atas tumit bawah betis deket mata kaki.
    Berarti aku positif kena penyakit rematik ya cak???:((
    aku kan belom tua:(( mengganggu aktivitas banget2 neh penyakit:-s
    Trus, apa aku hrs berobat ato cuekin aja seh cak??:(
    Ada cara tradisionil buat nyembuhin rematik ga cak???

    Terimakasih ya cakkk;))

  8. 8 sibermedik November 16, 2008 pukul 7:39 pm

    sepurane koyok’e Gak sempat cak..lagi stase Bedah Balung di RSOP Prof.Soeharso gak ada hotspot,jadi cuma bsa baca+ngomen via GPRS..

    iso turu’ae wis alhamdulillah cak

  9. 9 sibermedik November 16, 2008 pukul 7:41 pm

    @nararya
    kesemutan di kaki atau NEUROPATI PERIFER biasanya khas pada Diabetes Melitus.

    segera hubungi dokter terdekat untuk pemeriksaan lebih spesifik diferensial diagnosisnya.

  10. 10 cakmoki November 16, 2008 pukul 11:38 pm

    @ nararya:
    bukan, mbak.
    Kesemutan (paresthesia) disebabkan oleh gangguan perasa (sensoris) pada saraf tepi (perifer) yang dipicu berbagai faktor. Pada seusia penjenengan, biasanya berhubungan dengan pressure di daerah yg kesemutan, misalnya: sepatu terlalu ketat, sering menekuk kaki, dll, sehingga aliran darah di daerah tersebut relatif berkurang. Hal inilah yg mengganggu fungsi sensoris pada saraf di jempol kaki sehingga suka kesemutan. Pada prinsipnya, berbagai kondisi yang menimbulkan gangguan aliran darah ke bagian tubuh dapat mengakibatkan kesemutan.
    Trims

    @ Mocca:
    iya, bener … rematik ga pandang usia. Emang ada anggapan bahwa rematik hanya dialami oleh usia tua, anggapan tersebut sebenernya keliru. Pada kenyataannya (dan menurut referensi) usia 20-an ke atas udah mulai ngalami … hehehe.
    Pada kasus yg ringan, nyeri timbul terutama saat bangun tidur dan dipicu terutama saat cuaca dingin. Keluhan tersebut akan hilang manakala mulai beraktifitas.
    Kalo mengganggu, sebaiknya diobati dengan salah satu NSAI (Non steroid Anti Inflamasi), misalnya: natrium diklofenat 50 mg (Klotaren, Voltaren *yg ini mahal*, Divoltar, dll), diminum 3×1 sesudah makan. Obat tersebut dapat dihentikan jika udah gak nyeri dan ga bengkak, dan dapat digunakan lagi saat mengalami keluhan di atas.
    Jika masih berulang, mau ga mau ke dokter…hehehe.

    Maaf, sebaiknya ga menggunakan obat tradisional mengingat sebagian obat tradisional yg beredar mengandung bahan kimia obat dan dinyatakan ditarik oleh BPOM. Silahkan baca tentang Jamu Berbahan kimia obat di sini
    Trims

    @ sibermedik:
    hihihi, iyo… bagian bedah belung pancen ngesel-ngeseli … Met bertugas yo, mugo sukses πŸ˜€

  11. 11 sibermedik November 17, 2008 pukul 5:32 am

    suwun cak..maaf jawabannya salah ya diatas..maklum sik anyaran,jam terbang durung akeh.

  12. 12 keishka November 17, 2008 pukul 9:17 am

    rem-atik… hehhehe.. artinya harus terkontrol gt yah kek?? hehehhe.. rematik alhamdulillah kyana ga pernah… dan jgn ampe pernah… eh kek… kalu kakiku sering kram apa da hubungannya sm rematik….

  13. 13 Greeny November 17, 2008 pukul 10:54 am

    @ dokterearekcilik
    Makasih byk dr.Rizal Sp.A atas jawabanny… (wah.. lg jam visit blog y nyempetin mampir ksini, hehe..)

    @ CakMoki
    Makasih juga buat Cakdokter Moki yg gak pernah lelah menjawab pertanyaan2 sy… GBU always, amin…

  14. 14 hmcahyo November 17, 2008 pukul 2:56 pm

    dangu mboten mriki Pak Dokter ..rpipun khabaripun?

  15. 15 asuna17 November 17, 2008 pukul 4:32 pm

    Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://penyakit.infogue.com/sekilas_rematik

  16. 16 draguscn November 17, 2008 pukul 7:57 pm

    tatalaksananya ngga ditampilin boss? mungkin yang bisa dilakukan oleh pasien di rumah selain obat?

  17. 17 cakmoki November 17, 2008 pukul 10:33 pm

    @ sibermedik:
    Gak salah koq, sapa bilang salah … prinsipnya kan bener, yakni neuropati perifer dengan berbagai sebab. Saya hanya nambahi dikit … hehehe. Tenang ae, podho sinaune πŸ˜€

    @ keishka:
    Alhamdulillah … moga selalu sehat πŸ™‚
    Kram gak mesti rematik. Faktor penyebabnya mirip dengan kesemutan. Untuk mencegah kram, sebaiknya tidak sering-2 duduk dengan menekuk kaki (melipat kaki..hihi kayak kertas aja dilipat). Kalaupun karena suatu hal terpaksa sering duduk dengan kaki melipat, sebaiknya disempatkan untuk meluruskan kaki supaya aliran darah lancar.

    @ Greeny:
    Sama-sama Mbak

  18. 18 Tiniz November 17, 2008 pukul 11:55 pm

    kalo rematik jarang terjadi pd anak…trus kira2 yg terjadi dgn anakku (8thn) apa ya? dia kalo kena dingin suka ngeluh kakinya sakit dibagian dengkul atau pergelangan kaki dan bisa sampai nangis-nangis karena kesakitan….

    kalo udah gitu biasanya dia minta digosok minyak gosok sing anget karo dipijiti….kira2 perlu periksa ke orthopedi gak?

    Matur suwun yo Cak…ojo bosen2 njawapi pertanyaan ne wong2…

    OOT…Special request, posting tentang Placebo Effect, teman2ku pd banyak yang pake gelang magnet, katanya pd ngrasa lbh enak/sehat…gimana nurut Cak Moki, ada penjelasan medisnya gak?

    GBU n your family.

  19. 19 nararya November 18, 2008 pukul 3:35 pm

    sibermedik bikin saya jantungan cak….

  20. 20 nararya November 18, 2008 pukul 3:39 pm

    untung ndak lansung semaput πŸ˜‰

  21. 21 cakmoki November 18, 2008 pukul 4:43 pm

    @ hmcahyo:
    Alhamdulillah, kabaripun sae… mugi kosok wangsulipun (bener ga?) semanten ugi.
    Maturnuwun.

    @ asuna17:
    Trims πŸ™‚

    @ draguscn:
    Mas Agus aja yang bikin ya … (

    @ Tiniz:
    Jarang bukan berarti tidak kan …hehehe.
    Nyeri otot, sendi pada anak biasanya terkait dengan aktifitas sehari-hari, gak mesti rematik.
    Menurut saya, belum perlu periksa ke orthopedi, kecuali jika nyerinya berlangsung terus menerus.

    Tentang gelang magnet, mohon maaf, nyuwun pangapunten, saya gak bisa komentar karena gak ngerti.
    Maturnuwun

  22. 22 cakmoki November 18, 2008 pukul 5:00 pm

    @ nararya:
    hahaha … kayak jantungan saat lihat Brad Pitt ya πŸ˜‰

  23. 23 Hellen November 19, 2008 pukul 1:18 pm

    Rematik ada hubungannya dengan aktivitas olahraga ga ya?
    Sejak jarang ikut senam, kalau lagi berada di lingkungan udara yang dingin rasanya koq sendi2 kaku, dan itu beda dengan waktu2 sebelumnya…
    Atau jangan2 saya nih dah kena penuaan dini ya? hehehehe
    SALAM SUKSES!!!

  24. 24 Hellen November 19, 2008 pukul 1:20 pm

    balik lagi ada yang ketinggalan nih mas (mas apa bapak ya?)…
    cuman mau bilang makasih untuk infonya πŸ™‚

    Sekarang baru mau pulang beneran nih πŸ™‚

  25. 25 cookies November 19, 2008 pukul 3:59 pm

    Kl anak kecil saja bisa rematic, gmn yg sdh tua ya?
    pencegahan nya lewat kalsium bisa?
    aduh, jd bingung nich πŸ™‚

  26. 26 oldjoint November 20, 2008 pukul 1:02 pm

    gimana to cak, hubungan OA dengan kegemukan
    apa mekanik aja coz penipisan bantal or ada masalah metabolik ?

  27. 27 CoffeeTeaMe November 20, 2008 pukul 2:52 pm

    Blog yang menarik, apa lagi lihat komentar yang begitu banyak? sukses selalu ya πŸ™‚

  28. 28 cakmoki November 20, 2008 pukul 9:23 pm

    @ Hellen:
    Gak ada hubungannya … senam teratur lagi, ntar keluhan tersebut akan hilang dengan sendirinya.
    Hihihi, masa masih 21 th udah penuaan dini πŸ™‚

    Balik lagi juga.
    Mas ? waduhhh, berasa muda nih *tolah-toleh lihat sandal melayang*. Sssttt, saya bisiki ya, jangan bilang-bilang, rahasia, saya udah pak dhe.

    @ cookies:
    Gak mesti koq. Walau tua gak wajib rematik.
    Kalsium tidak untuk mencegah rematik tapi untuk mencegah osteoporosis (secara umum) dan kondisi tertentu yang memerlukan tambahan kalsium, misalnya saat hamil, menyusui dan menopause.

    @ oldjoint:
    Metabolik, Bos πŸ™‚

    @ Coffee TeaMe:
    Makasih kunjungannya.
    Rupanya pencinta kopi ya πŸ™‚
    Sukses juga

  29. 30 telmark November 24, 2008 pukul 9:51 pm

    Klo rematiknya di”ntu”, gmn dok… ??

  30. 31 cakmoki November 25, 2008 pukul 9:59 am

    @ mboh..:
    hihihi, seru deh πŸ˜€

    @ telmark:
    kasih obat gosok yang paling panas di sekeliling “ntu” .. huahaha
    sstt, emangnya pernah linu di”ntu” ya ? *bisik-bisik* πŸ˜‰

  31. 32 4ntidokterobgin November 25, 2008 pukul 5:01 pm

    Seorang dokter obgin mengatakan pada pasiennya bahwa perforasi uterus yang dideritanya karena bidan salah dalam memasang IUD, dan menyuruh pasien untuk melaporkan kepada ke polisi

    Hari ini Selasa, 25 Nopember 2008 si bidan desa yang bernama

    Bu Dotik
    dijebloskan ke penjara, padahal setelah melalui pemeriksaan seluruh prosedur pemasangan IUD, POGI Jatim menyatakan benar dan tidak ada yang salah, dan satu-satunya kesalahan si bidan tidak memiliki sertifikat CTU.

    Kalau anda bidan yang tidak memiliki sertifikat CTU maka hentikan seluruh aktifitas anda dalam memberikan alat kontrasepsi kepada klien anda atau anda akan masuk penjara !!!! Biarkan dokter obgin yang melakukannya karena secara hukum anda tidak berhak… camkan itu…

    Jangan pernah memberikan alat kontrasepsi kepada klien anda karena anda tidak berhak,

    boikot program KB terutama untuk JPS
    karena anda tidak akan mendapatkan apapun atas resiko yang anda tanggung
    Jika anda setuju dengan saya pasang baner ini di web site anda

  32. 33 pakdejack November 25, 2008 pukul 7:34 pm

    otakku kena rematik,,, gara-gara psikiatry, bnr emg cak!! psikiatry nggarai mumet…huaaahuaaaahuaaaaa….

  33. 34 pakdejack November 25, 2008 pukul 7:39 pm

    otakku kena rematik ne,,, gara-gara neuropsikiatry!! bnr emg dok,, psikiatry nggarai mumet!! lusa mao ke RSJ lawang, latian mendiagnosis..sampek sumpek aq..

  34. 35 cakmoki November 25, 2008 pukul 11:07 pm

    @ pakdejack:
    hihihi… iyo …
    Ati-ati kalo ke RSJ Lawang, ntar bisa diuber-uber prawan schizoprenia dan dirogoh-rogoh lho … huahahaha

  35. 36 puryanto Desember 22, 2008 pukul 11:36 am

    met siang pak, mohon maaf
    saya mau nanya seurius nih..
    saya sering tiap malam kalau mau tidur kaki terasa ngilu dan nyeri..
    saya mengatasinya dengan mengangkat kaki lebih tinggi dengan numpang ditembok ata di kursi (saya lesehan tidurnya)..
    nah kalau yang begini gimana ngatasi yang bener soale bikin tidur saya gak nyaman.
    terimakasih sebelumnya

  36. 37 cakmoki Desember 23, 2008 pukul 5:48 pm

    @ puryanto:
    Met sore πŸ™‚
    Sebenernya mengatasi dengan cara tersebut gak papa.
    hanya saja, kalo mengganggu, dapat digunakan obat pereda nyeri dan digunakan saat nyeri aja, misalnya: natrium diklofenat 50 mg (voltaren, klotaren, divoltar, dll), diminum 3×1 sehari ato saat nyeri aja.
    Cara lain yg tanpa obat adalah dengan fisioterapi di Poliklinik Rehab Medik RSUD setempat. Biasanya dilakukan penyinaran (inframerah) ato getaran (vibrasi) secara berkala.
    Trims

  37. 38 4ndr3 Mei 20, 2009 pukul 4:10 pm

    mas, makasih infonya. ijin kopi bwat tugas.

  38. 39 cakmoki Mei 21, 2009 pukul 1:17 pm

    @ 4ndr3:
    Monggo silahkan πŸ™‚

  39. 40 mommyciku Mei 25, 2009 pukul 12:25 pm

    Ibu saya sering mengeluh sakit pada tangannya. Dulu katanya yang sakit syarafnya. Kemudian dikatakan juga rematik. Sekarang Ibu bahkan kesulitan menggerakkan tangan sekedar untuk menyisir rambut. Ibu sudah ke dokter, bahkan sudah beberapa waktu mengonsumsi obat.
    Sebenarnya itu gejala apa ya? Kalau mo periksa lebih intensif ke dokter apa ya? Kalau pakai pengobatan macam kalung kesehatan itu boleh nggak?

  40. 41 cakmoki Mei 26, 2009 pukul 11:22 am

    @ mommyciku:
    Kalau mo periksa intensif sebaiknya ke dokter Spesialis Neurologi.
    Tentang kalung kesehatan, sy gak bisa komentar. πŸ™‚

  41. 42 Ached Juli 5, 2009 pukul 11:29 pm

    Maaf ya tuan,

    Saya cuba cari berkenaan anti CCP yang mana pada test yang telah dilakukan pada darah saya didapati 1UL/ml,apakah maksudnya itu. Saya mengalami kesakitan pada pergelangan tangan saya sejak empat tahun yang lalu.

  42. 43 cakmoki Juli 6, 2009 pukul 3:57 pm

    @ Ached:
    Ant- CCP (Anti-Cyclic Citrullinated Peptide) adalah salah satu tset antibody untuk mendiagnosa Rheumatoid Arthritis (nyeri sandi) dengan akurasi yang tinggi, artinya test tersebut cukup peka untuk menentukan seseorang menderita rheumatoid arthritis atau enggak.
    Terimakasih.

  43. 44 Hafid Algristian November 12, 2009 pukul 6:49 pm

    assalamualaikum, cak moki..
    salam kenal, saya mahasiswa kedokteran di surabaya. mau tanya, kalo yang diiklan-iklan tipi, yang dimaksud penyakit rematik itu apa? saya sedang mendalami tentang gout dan penyakit atritis lainnya, dan sedang mengkhawatirkan tentang iklan yang ditayangkan di tipi, apa memang tepat untuk penyakit rematik yang dimaksud? *sedangkan saya sendiri masih belum tahu rematik jenis apa yang dimaksud*

    terimakasih, cak.

  44. 45 cakmoki November 13, 2009 pukul 9:38 pm

    @ Hafid Algristian:
    Ass, wr, wb…
    Yang saya tahu, maksud mereka (ikaln TV di Indonesia) lebih dominan agar produksinya laku … jangan tanyakan tentang landasan ilmunya pada mereka, gak ada. Jelas-jelas iklan tersebut menyesatkan. Namun anehnya masih ada dokter yang berpikiran sebagaimana gambaran iklan rematik di TV.
    Kalo ingin mendalami gouty arthritis (insidens sekitar 6% dari total penyakit rhematik) silahkan baca texbooknya, khususnya texbook rheumatologi.
    Tulisan singkat ini dan pesan di side bar kanan tentang :

    Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.
    Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat.

    .. side bar tersebut merupakan upaya untuk memberikan pengertian yang benar tentang rematik kepada khalayak.
    Trims … Wass

  45. 46 PEace November 25, 2009 pukul 7:40 pm

    Dok, saya punya ciri-ciri gini, kaki sebelah kiri sering kesemutan bila duduk lama, pangkal paha depan terasa ngilu, pinggul belakang juga ngak enak, betis sering terasa ngilu jika saya tidak beraktivitas, jika beraktivitas saya sering lupa hal itu, trus saya cek ke lab, hasilnya Reumatoid Factor (RF) utk ASTo positif apa maksudnya ?

  46. 47 cakmoki November 26, 2009 pukul 2:46 am

    @ PEace:
    Berdasarkan keluhan dan hasil Lab, artinya Rematik. Pada umumnya gak bahaya, tapi mengganggu. Untuk itu diperlukan obat untuk meredakan ngilu dan meredakan kesemutan.
    Obat rematik digunakan kalo ngilu nya kambuh, sedangkan obat untuk kesemutan (biasanya obat-2 neurotropik) dapat digunakan untuk jangka panjang hingga kesemutan mereda.
    Selain itu, untuk menghindari kesemutan sebaiknya tidak melipat kaki terlalu lama, atau kalo biasa duduk lama diusahakan untuk relaks dengan meluruskan kaki (selonjor) setiap 2 jam.
    Trims

  47. 48 eki Januari 24, 2010 pukul 10:22 am

    dok, saya akhir2 ini sering merasakan nyeri pada telapak kaki. Sebelumnya, memang saya mengalami penambhan berat badan, saya sekarang 85kg dengan tinggi 174. tidak ideal. hehe. Nah, saya coba jogging lagi, tapi telapak kaki saya rasanya pegel2 gitu. terus di hari2 selanjutnya jogging, saya merasakan nyeri dan pegal pada pergelangan kaki.
    Kemaren, saya maen futsal. BElum beberapa lama lari2, saya merasakan bagian bawah kaki (sekitar tulang kering) rasanya pegal, sakit kalau ditekan. Dan kalau menghentakkan kaki saat lari, rasanya sakit. Dan sekarang, kok pinggul saya rasanya juga ikutan nyeri2 ya?

    Apakah ini ada kaitannya dengan rematik dok?

    Terima kasih.

  48. 49 cakmoki Januari 26, 2010 pukul 1:01 am

    @ eki:
    Ya, bisa dikatakan berhubungan dengan rematik.
    Yang pasti, kelebihan berat badan merupakan salah satu pemicu timbulnya keluhan tersebut… hehehe, maaf.
    Terimaksih

  49. 50 @ Rita April 16, 2010 pukul 7:36 pm

    Dok, sehubungan dg pertanyaan sy pd kesehatan wanita mengenai keluhan sy pd nyeri di telapak kaki, aplg pd saat bgn tdr/stlh digantung/berdiri terlalu lama. Tempo hr dokter menyarankn untuk minum voltaren, sdh sy lakukan dok krleb 4hari sehari 3x, tp maaf kok tdk ada hslnya ya? bhkn akhir2 ini justru untuk berjln sj nyeri pd tumit.
    Apa terus sy lanjutkan minum voltaren?
    Atau ada alternatif lain, mohon pencerahannya….

    thanks ya dok…

  50. 51 cakmoki April 17, 2010 pukul 2:00 am

    @ Rita:
    ya, obat tersebut hanya untuk sementara… biasanya nyeri telapak kaki or tumit timbul saat dingin atau bangun tidur…
    Obatnya dilanjutkan aja. Saya emang gak merekomendasikan obat kombinasi karena gak meriksa secara langsung. Kalo seminggu ga ada pebaikan, seyogyanya periksa ke dokter.
    Moga segera sembuh.
    Makasih πŸ™‚

  51. 52 F. Rohman Juni 9, 2010 pukul 10:32 pm

    Pak dokter,
    Ibu saya mengalami keluhan sakit pada kakinya trus sudah ke dokter dan kena rematik, pemeriksaan asam urat masih dalam batas, sudah dilakukan foto rontgen dan katanya posisi tulang tidak benar, sm dokter dikasih obat analgesik seperti ne*reumacil. cuman karena tempatnya di daerah jd pemeriksaan belum bisa meyakinkan saya. jika dokter punya saran kemana harus periksa diwilayah Surabaya akan sangat membantu saya. atau dokter punya rujukan rumah sakit atau dokter praktek.

  52. 53 cakmoki Juni 9, 2010 pukul 10:59 pm

    @ F.Rohman:
    Silahkan ke RSU Dr. Soetomo, Poliklinik Reumatologi.
    Makasih

  53. 54 amanda Agustus 19, 2010 pukul 5:00 pm

    assalamu’alaikum.. panggilnya apa ya? om aja lah.. πŸ˜€
    umur saya skrg 19. saya pas amasih kecil (umur 4-5thn) sering bengkak telapak kaki kaya’ ada bola bekelnya.. test ASTO wktu itu negatif. pas umur 14 saya sakit tenggorokan ampe ga bersuara sm skali bareng ama sakit sendi, cek ASTO ternyata 800. waktu itu saya cuma dikasih mecox 15 mg. itu smpe 3 tahunan. sempet di rawat suspect SLE tapi test sel LE negatif. pas saya umur 17 tahun di dokter berbeda, dktrnya kaget klo ASTO saya 800 dan ga di kasih penisilin (bener gak yah?). trus pas cek asto lagi udh negatif. emang bs gitu ya? ilang sendiri. tapi ngilu tulang sama sendi masih ampe skrg, pindah2 sendi kebanyakan lutut siku ama jari2.
    6 bln yg lalu ke dkter lagi karena pergelangan tangan sakit bgt klo di gerakin, di kasih arcoxia 120 mg ga ngaruh trus di kasih prednison 8mg 3×1. baru ada hasilnya. oh iya, wktu itu test asto, RA, dan Rheumatoid factor lagi, tp smua negatif. dn kayanya dokternya tetep mendiagnosa saya RA. itu gmn ya? emang bisa ya om?
    trus saya takut kena sle karna temen saya yg lupus jg test sel lenya negatif, dan gejalanya mirip. pipi merah, sariawan, sakit sendi, badan sering panas ga jelas, rambut rontok, dan gampang cape.
    maaf nulisnya kepanjangan πŸ˜€ soalnya bingung. udh bosen sama obat, apalagi prednison, merusak penampilan.. hihihi..
    mohon bantuannya, terima kasih banyak πŸ™‚

  54. 55 amanda Agustus 19, 2010 pukul 5:03 pm

    tambahan : temen yg lupus itu akhirnya positif lupus setelah test anti ds dna, apa emang tes itu lebih spesifik?

  55. 56 cakmoki Agustus 20, 2010 pukul 1:41 am

    @ amanda:
    Assalamu’alaikum…
    Panggil Om boleh..biar lebih akrab… πŸ™‚

    Semua tindakan dokter berdasarkan kronologis sejak masih kecil udah sangat tepat…. adapun perbedaan pendapat di kalangan dokter terkait diagnosa penyakit adalah hal yang wajar.

    Dokter yg mendiagnosa RA, adalah benar. Secara umum keluhan tersebut adalah RA. Jenis rematik ada 150-200 jenis..salah satu diantaranya adalah SLE.

    Kalau dibandingkan dengan teman yang menderita Lupus dengan hasil LE negatif, tapi memiliki gejala yang sama, bisa jadi kemungkinan SLE tetep ada. Hal ini diperkuat diagnosa salah satu dokter waktu dirawat yg menyatakan Suspect SLE alias dugaan SLE.
    Terlebih dengan obat yang diberikan (arcoxia dan methyl prednisolon 8 mg).

    Sekitar 93% gejala SLE diawali dengan keluhan yang melibatkan sendi dan otot, kemudian disertai dengan ruam (bercak merah) di berbagai tempat… yang paling khas adalah bercak merah di kedua pipi dengan bentuk mirip kupu-kupu.
    SLE gak selalu disertai dengan LE positif.

    Kriteria diagnosa SLE, berdasarkan American Rheumatism Association, seseorang diakatakan SLE jika memenuhi 4 dari 11 kriteria, yakni:
    1) Ruam or bercak merah di area pipi
    2) Jaringan diskoid, yakni bercak merah yg menebal
    3) Fotosensitif, peka terhadap sinar matahari. … maksudnya terjadinya bercak di kulit akibat reaksi abnormal terhadap sinar matahari.
    4) Ulserasi mulut (sariawan)
    5) Artritis, nyeri sendi sedikitnya mengenai 2 sendi.
    6) Serositis, gangguan di rongga dada.
    7) ditemukannya protein pada urine.
    8) Gangguan saraf pada otot, misalnya kaku, dll…dll
    9) Gangguan pada sel-sel darah
    10) LE atau Anti DS DNA yg abnormal
    11) Titer Anti Nuclear antibody yg abnormal (melalui pemeriksaan khusus)

    Nah, jika dijumpai 4 dari 11 kriteria tersebut, maka dikatakan SLE.
    Namun, perlu dipahami bahwa kewenangan mendiagnosa berada sepenuhnya pada dokter yang meriksa secara langsung dan mengetahui riwayat penyakit sebelumnya. Kita tidak dalam posisi memutuskan… adapun yang kita diskusikan adalah sebagai pengatahuan semata.

    ya, test anti ds dna merupakan salah satu kriteria diagnosa yang digunakan untuk menentukan SLE dan sekaligus untuk follow up (monitor dan evaluasi) hasil pengobatan.
    Dengan memeriksa test anti ds dna secara berkala, seorang dokter akan mengatur dosis obat (terutama steroid, misalnya prednison atau methyl prednisolon) secara tappering down… artinya, dosis diturunkan secara bertahap berdasarkan hasil test anti ds dna dan pemeriksaan klinis.

    wahhh.. jawaban saya kepanjangan ya … kayak posting aja … hahaha
    Makasih

  56. 57 amanda Agustus 20, 2010 pukul 2:03 am

    Hehhe.. Udh di jawab πŸ˜€
    Makasih om. sebentar lg sya stop prednison.
    Tapi saya masih pake MTX itu obat aman klo di pake lama? hampir 4 bln.
    Dosisnya emg kecil bgt 7,5gr perminggu.
    Trus omeprazole saya di ganti laz emang bedanya apa ya? Trus kayanya laz itu lebih keras? Atw sm aja? Soalnya efeknya nyata bgt.
    Maaf om bnyk tanya.:D
    Trus apa suatu saat bkal kambuh lagi? Atau terus2an pke meloxicam kaya dulu?

  57. 58 cakmoki Agustus 20, 2010 pukul 3:00 am

    @ amanda:
    MTX gak papa digunakan lama dengan dosis rendah… hehehe… kalo ngeliat obatnya sih cenderung ke arah SLE.

    Laz isinya lansoprazole, masih satu golongan dengan omneprazole, tapi Laz lebih efektif, bukan lebih keras.

    Kalo kambuh, bisa pake meloxicam (dosis rendah aja, 7,5 mg) ato bisa juga pake arcoxia.

    Makasih

  58. 59 amanda Agustus 22, 2010 pukul 1:12 am

    Makasih banyak atas jawaban yg sngt memuaskan ini om πŸ˜€

  59. 60 cakmoki Agustus 22, 2010 pukul 1:37 am

    @ amanda:
    sama-sama… makasih juga telah berbagi.. moga berguna bagi yang lainnya πŸ™‚
    weehhh, jam segini koq blom tidur

  60. 61 amanda September 4, 2010 pukul 12:42 pm

    Baru kebaca tulisan yg di bawah..
    Klo lg penasaran susah tidur emg (wajar yah?)
    Maaf ini nanya lagi. Saya batal stop prednison, karna kaki (lutut & pergelangan kaki) skit lg.
    Klo sya baca RA itu sakitnya di sendi simetris. Klo sya antara kanan kiri ga pada wktu yg sama. Misalnya 2hari di kanan dan besoknya di kiri.
    Emg bener gitu? Trus klo lg kumat gini naik tangga pun ngerayap. Hehehe.
    Itu ga bs hilang total ya om dktr?
    Sya udah boseen bgt nelen obat.makasih.

  61. 62 cakmoki September 5, 2010 pukul 12:43 am

    @ amanda:
    wajarlah kalo penasaran susah tidur πŸ™‚
    RA gak selalu simitris … kalo kumat, dijamin pincang or ngerayap…hehehe… tapi biasanya kalo dah disuntik, besoknya udah bisa jalan-jalan ke Mall
    Gak bisa ilang total tapi setidaknya dapat diobati ketika mulai sakit supaya gak sampe ngerayap.
    Makasih

  62. 63 chris September 11, 2010 pukul 1:52 am

    maaf mngganggu,sy ingin brtnya..akhir2 ni,sy sering mrasakn skt nyeri d lutut.aplg bila cuaca dingin..bnr2 sakit terasa..klo brdiri atau brjalan trlalu lama n jauh jg akn mrasa nyeri..trkdang pegal hngga pnggang dan jari kaki?knp bsa bgtu y dok?ap sy reumatik atau asam urat?krna sy prnh cek darah n mengatakan asam urat sy ckp tngi.tp sdh bbrp bln lalu..

  63. 64 cakmoki September 11, 2010 pukul 2:13 am

    @ chris:
    keluhan tersebut merupakan tanda salah satu dari rematik (jenis rematik sekitar 150-200 jenis). Kadar asam urat normal untuk pria adalah 3-7 mg % … emangnya tingginya seberapa?
    Untuk sementara dapat menggunakan obat Natrium diklofenak 500 mg (merk dagang misalnya: klotaren, voltaren, dll), diminum 3×1 sesudah makan, atao meloxicam 15 mg, diminum 1-2 x 1 sesudah makan, hingga nyerinya hilang. Pada umumnya keluhan semacam itu muncul ketika kena hawa dingin.
    Moga segera sembuh.
    makasih

  64. 65 ria Desember 29, 2010 pukul 6:30 pm

    sdikit protes.. (boleh gak?) πŸ˜›

    di artikel diatas ditulis: osteoarthritis (karena kegemukan),
    lah.. saya ‘resmi’ dinyatakan OA (konfirm hasil foto juga) padahal seumur- umur mpe seperempat abad begini.. bobot saya paling banter 48kg (itu ngoyo.. makan sehari harus lebih dari5x) dengan tinggi yang stabil (jangan sampe kayak kain.. munsret habis dicuci.. haha) yaitu 165cm..
    nah kalo dah gini, kan jadi bingung bagian mana gemuknya. hehehe πŸ˜€
    so? OA karena obe hanyalah salah satu faktor kayaknya πŸ™‚

  65. 66 cakmoki Desember 30, 2010 pukul 4:31 am

    @ ria:
    silahkan protes … tidak dilarang πŸ˜€
    protesnya udah terjawab pada point diatasnya.. sedangkan kegemukan hanya salah satu faktor saja, soale kalo semua dugaan faktor pencetus ditulis, gak cukup brosurnya πŸ˜€ Ini adalah salinan brosur, tentu sangat singkat.
    Hmmm, apa bener OA ? Tanda khasnya kemlotak, terutama di sendi lutut, setiap ditekuk. Pada umumnya terjadi di usia paruh baya atau lebih. Salah seorang temen yg ahli di bidang ini dalam beberapa kali diskusi menyebutkan bahwa di Indonesia belum pernah ada kasus OA pada usia muda.
    Untuk itu, kalo merasa OA (entah diagnosa dimana), sebaiknya cari second opinion.
    Sayangnya saya belum punya waktu luang untuk nulis beragam jenis rematik.

  66. 67 Wurliyah Januari 2, 2011 pukul 8:16 pm

    Kenapa ya kaki saya sudah 2 tahun kok merasa ngilu terus kalau untuk tidur, dan kalau untuk tidur lurus ngilu sekali dan kalau dipaksa mau kram , ngilunya dipaha bawah ekor

  67. 68 Wurliyah Januari 2, 2011 pukul 8:20 pm

    Apakah sakit saya tadi rematik atau saraf terjepit

  68. 69 cakmoki Januari 2, 2011 pukul 10:53 pm

    @ Wuryiah:
    kemungkinan ischialgia, yakni lina atau nyeri pada area pantat bagian bawah or sekitar tulang ekor hingga ke kaki… tidak bahya namun perlu diobati.
    Bukan saraf terjepit πŸ˜€
    Obatnya banyak jenisnya…. misalnya: untuk meredakan nyeri, dapat menggunakan meloxicam 15 mg (merk dagang bebas memilih), diminum 1×1 sesudah makan, di saat ngilu saja.
    Adapun untuk meredakan kram, dapat mengguakan neurobion atau sejenisnya hingga senbuh.
    Koq gak periksa ke dokter ? kan udah 2 tahun tuh πŸ™‚
    Makasih

  69. 70 age Maret 17, 2011 pukul 5:37 pm

    dokter yang baik……..sudah 3 tahun kaki kanan saya mulai dari paha sampai dengkul suka linu kadang juga pinggang kanan saya dah periksa ke dokter spesialis penyakit dalama rhematologi dan diambil tindakan rontgen pelvis bagus lab darah lengkap normal ,urinalis normal ,antobody ANA Test negatif,Rhematoid factor negatif diagnosa dokter hanya masalah otot lalu saya dirujuk unk fisioterapi dan minum obat medixon diminum jika nyeri aja…..trus ilang sekarang kumat lagi mohon pendapatnya dokter tinggi saya 156 cm berat 61 kg terimakasih

  70. 71 cakmoki Maret 18, 2011 pukul 3:52 am

    @ age:
    menurut saya jangan minum medixon karena obat tersebut dapat menimbulkan efek samping jika digunakan dalam jangka panjang.
    Lebih masuk akal jika menggunakan pereda nyeri non steorid, misalnya: meloxicam 15 mg (merk dagang bebas memilih), diminum sekali sehari sesudah makan jika nyeri saja.
    Selain itu, diusahakan untuk menurunkan berat badan secara bertahap dengan mengurangi asupan karbohidt=rat dan dengan olah raga teratur secara bertahap.
    Moga segera sembuh
    makasih

  71. 72 diantri April 2, 2011 pukul 8:13 am

    Cak saya mau tanya, sdh 2 minggu di kedua kaki saya dari lutut sampai pergelangan kaki muncul bentol2 merah bengkak sperti di gigit nyamuk, tdk gatal tapi klo di tekan terasa nyeri. Pergelangan kaki dan jari kaki juga terasa ngilu. Saya beri voltaren gel sama minyak gosok tp blum ada perubahan, beberapa hari ini bentolnya malah nambah. Kira2 saya ini knapa ya cak, apa asam urat?

  72. 73 cakmoki April 2, 2011 pukul 9:49 am

    @ diantri:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Terimakasih

  73. 74 amanda April 11, 2011 pukul 4:47 pm

    om dokter, OA itu bunyi gemelutuk gt yaa?
    rahang kiriku bunyi gemelutuk gt, awalnya ga sakit. skrg sakiiit klo bunyi. pernah di fisioterapi, ga berubah, trus aku dirujuk ke orthopedi dan dikasi oste forte 3×1. aku suka males2an minumnya, soalnya ga enak. itu buat apa ya om? soalnya udh 3 blnan belom ada perubahan berarti.
    makasih sebelomnya. πŸ˜€

  74. 75 cakmoki April 12, 2011 pukul 10:52 am

    @ amanda:
    salah satu tanda OD emang gemlutuk di sendi, terutama sendoi lutut. Pada umumnya OA terjadi di usia lanjut. Lha penjenengan umur berapa budhe ? πŸ˜€
    Tidak semua yang gemlutuk dianggap OA oste force untuk obat tulang, sendi dan tulang rawan…dan garus diminum teratur πŸ˜›
    Makasih

  75. 76 ria Mei 6, 2011 pukul 10:32 pm

    lah ya.. saya OA juga ortho yang bilang, 2 dokter ortho dengan satu radiolog (yang baca hasil foto) bilang saya OA..
    kemlutuk? seluruh tubuh saya rata2 kemlutuk kalo digerakin.. apalagi kalo pagi hari habis bangun tidur *fiuhh*..

    hum.. kemaren senin saya baru aja jatuh dari motor..
    hasilnya: kedua lutut& telapak tangan lecet + ‘bonus’ lutut kanan bengkak 3x lipat.. tapi ortho bilang aman.. gak da fraktur.. cuman bengkak doank.. sarannya 2 minggu gak boleh jalan.. plus bedrest 3 hari.. sayangnya ritme hidup saya tak mengijinkan saya untuk berhenti.. sehingga, keesokannya saya tetap beraktivitas 18jam/hari menggunakan krek (halah, terserah lah ya penulisannya).. termasuk kegiatan naik turun tangga hingga lt.5
    efeknya: tangan kanan saya bengkak karena menopang tubuh saya menggantikan fungsi kaki kanan yang tak boleh menapak..

    nah, terkait dengan ini..
    saya tidak mungkin meng approve untuk tidak menggunakan kruk ataupun menghentikan aktivitas saya.. maka adakah saran untuk membuat hidup saya menjadi sedikit lebih mudah? terimakasih sebelumnya.. heheheh πŸ˜€

  76. 77 cakmoki Mei 6, 2011 pukul 11:04 pm

    @ ria:
    Kalo udah dinyatakan OA oleh ortho berarti emang OA…adapaun radiologis adalah penguat diagnosa.

    Nah, terkait dengan kondisi sekarang, gak ada saran khusus dari saya… sama aja dengan saran dari ortho … πŸ˜€
    Moga segera pulih kembali

  77. 78 helen Mei 15, 2011 pukul 11:03 am

    bu saya mau tanya org tua saya mengeluh terasa sakit dibagian paha atas rasanya seperti ditarik n bisa2 kaku dan ga bisa dibawah jalan, mnerut dokter apa yang harus saya lakukan.

  78. 79 cakmoki Mei 15, 2011 pukul 12:12 pm

    @ helen:
    Untuk sementara dapat menggunakan obat pereda nyeri, misalnya: natrium diklofenak 50 mg (merk dagang misalnya: voltaren, klotaren, divoltar, dll), diminum 3×1 sesudah makan hingga sakitnya hilang.
    Makasih

  79. 80 ria Mei 29, 2011 pukul 10:39 pm

    dan saya belum pulih.. -.-”
    padahal senin besok akan memasuki minggu ke empat..

    dok, saat ini lutut saya masih bengkak (meski dah berkurang sih)
    hasil rontgen bagus, gak ada yang patah.. ortho cuma nyuruh minum ultracett ma non flamyn mpe detik ini (ohh.. saya bosann.. maka maafkan saya bila saya memutuskan untuk menghentikan mulai minggu ini)
    karena merasa tak ada hasil dan saya merasa amat sangat terganggu untuk beraktivitas (masih tak bisa diluruskan ataupun dilipat.. jadi kalau berdiri menyiksa, hanya menggunakan kaki kiri karena yang kanan lebih pendek jadinya..), selain itu kaki kanan saya suka tiba2 kehilangan keseimbangan kalau dijadikan pijakan, dan meski bisa jalan terpincang-pincang namun saya merasa seperti ‘melayang’..
    maka saya memutuskan secara sepihak untuk menemui RM (Rehab Medik)..
    disana saya fisio sudah 3x dan ada sedikit perbaikan untuk bisa melipat kaki (lumayan, udah 60derajat lah).. namun Sp.RM nya bilang kemungkinan terapi 2 hari sekali akan membutuhkan waktu 2-3 bulan. selain itu karena pada bengkak saya masih ada cairannya, maka kaki saya hanya di US pada bagian belakangnya.. selain latihan beban (yang hanya 0,5kg -.-“)
    yang ingin saya tanyakan.. apakah langkah saya untuk menemui Sp.RM itu salah? namun untuk kontrol ortho masih saya lakukan seminggu sekali..
    saya hanya ingin lekas sembuh..

  80. 81 cakmoki Mei 30, 2011 pukul 1:57 pm

    @ ria:
    Ok, gak papa langsung menemui Sp RM .. hanya saja diperlukan ketelatenan mengingat fisioterapi memerlukan waktu lama πŸ™‚
    Moga segera pulih kembali


  1. 1 Tambah atau kurang 1, Cakmoki ? « Pieces of Mind Lacak balik pada Februari 18, 2009 pukul 11:59 pm
  2. 2 Tambah atau kurang 1, Cakmoki ? « dragus.cn Lacak balik pada Februari 16, 2011 pukul 6:21 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,343,888 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: