Payah Jantung

TERSENGAL : BERJALAN 10 METER SERASA 10 KILOMETER

Kadang kita menyaksikan seseorang (terutama usia lanjut) berjalan tertatih-tatih lantas berhenti untuk mengatur napas sembari tersengal-sengal. Berjalan lagi lantas berhenti lagi … ngos-ngosan. Pada tahap awal, rasa lelah dan sesak dirasakan saat berjalan mendaki atau naik tangga. Melangkah beberapa anak tangga serasa beraaat banget, … duh…kayak mau ndeprok deh … Kenapa ya? Payah Jantung !!! Lho, emangnya capek berdenyut ? πŸ˜›

Wuih, apa pula ini? Cem-macem aja, ada Payah Jantung lah, Penyakit Jantung Koroner lah, Penyakit Katup Jantung lah … dll … dll.

APA SIH PAYAH JANTUNG ITU ?

Secara sederhana,Β  Payah Jantung adalah suatu keadaan dimana jantung sudah tidak mampu lagi memberikan darah kaya oksigen ke organ-organ tubuh yang membutuhkan.

APA SAJA GEJALANYA ?

Pada fase awal, penderita akan merasakan mudah lelah dan sesak napas (tersengal-sengal) pada waktu melakukan aktifitas fisik yang berat. Kadangkala penderita terbangun tengah malam karena sesak napas. Selain gejala diatas pada umumnya penderita juga mengalami pembengkakan kaki yang akan berkurang bila kaki diletakkan pada posisi yang lebih tinggi. (selonjor, pen*)

FAKTOR FAKTOR PENYEBAB

Payah jantung bisa disebabkan oleh :

  • Darah tinggi yang tidak terkendali
  • Penyakit jantung koroner
  • Penyakit jantung katup
  • Kencing manis
  • Penyakit otot jantung
  • Infeksi virus
  • Dll.

PENCEGAHAN

Agar tidak terjadi Payah jantung maka kita dapat mencegah dengan mengobati penyebabnya (penyakit primer).

BAGAIMANA CARA MENGETAHUINYA ?
Diagnosis Payah Jantung bisa ditegakkan dengan :

  • Pemeriksaan fisik oleh dokter (dokter umum atau dokter ahli jantung)
  • Foto Rontgen dada (nampak pembesaran jantung)
  • EKG (Elektro Kardiografi)
  • Echocardiografi
  • Treadmill test
  • Cardiac MSCT
  • Angiografi (foto pembuluh darah menggunakan kontras)

BAGAIMANA CARA MENYEMBUHKANNYA ?

Oleh para dokter ahli Penyakit Jantung akan di berikan obat-obatan yang di tujukan pada pengobatan penyebabnya dan pengobatan untuk mengatasi keluhan-keluhan akibat payah jantung. Pada umumnya pengobatan harus dilakukan secara terus-menerus dan teratur. Seumur hidup !!! (supaya gak terlalu jadi beban pikiran, anggap aja sarapan) πŸ˜€ … *beban duit, cak!!!* πŸ˜›

:: :: :: Sumber: Brosur dari RS Husada Utama, Surabaya (dengan sedikit modifikasi). Untuk umum :: :: ::

:: :: :: Terimakasih kpd: dr. H. Stefanus L dan mbak-mbak Marketing :: :: ::

CATATAN : (TITIPAN)

Kegagalan kesinambungan pengobatan, terutama penderita gak mampu di ndeso β„’ pada umumnya disebabkan oleh biaya yang mahal. Coba kita telusuri, berapa banyak duit harus keluar untuk nebus obat selama sebulan di apotik ? Bervariasa, gak tentu … ya iyalah, tapi yang jelas ratusan ribu! … ahhhhh, mana tahan …

Mungkin benar bahwa pada tahap awal diperlukan biaya relatif besar (tidak selalu), tapi untuk pengobatan pemeliharaan (jika tidak ada komplikasi atau penyakit lain), para penderita Payah jantung dapat dibantu untuk memperoleh obat dengan biaya murah (atau bahkan gratis di Puskesmas) agar kesinambungan pengobatan tetap terjaga. * sehingga penderita bisa lari-lari dan main layangan ama cucunya … bletak … guyon πŸ˜† *

Caranya gampang (kalo mau).

Untuk dokter praktek *dispensing, jauh dari apotik*, pengobatan lanjutan (pemeliharaan) dapat dilakukan dengan memberi kemudahan kepada penderita (atau keluarganya) untuk nebus obat ke praktek dokter (terutama dokter dispensing di ndeso β„’ atau dokter dispensing yang praktek dimanapaun) tanpa harus datang ke praktek hanya untuk melanjutkan pengobatan yang umumnya obatnya hanya itu-itu saja, kecuali jika ada keluhan lain atau penderita kangen ama dokternya … ehm. πŸ˜‰ (melase rek, yang kangen mbah-mbah, coba lainnya ..tuing, huek)

Dengan cara ini, biaya dapat ditekan semurah-murahnya. Yuk kita hitung. Katakanlah obat utamanya Digoksin 1×1 *obat untuk membantu memperkuat kontraksi jantung* (harganya gak sampai 200 rupiah per tablet *dibulatkan 200-300 perak, ssst* untuk yang generik, sedangkan yang gak generik kisaran 250-750 rupiah per tablet). Kalaupun ditambah diuretik (obat untuk mengurangi “beban” jantung, efek sampingnya lebih banyak kencing), maka anggaran sebulan sekitar 20-30 ribu rupiah, atau mungkin mencapai 40-50 ribu rupiah. *Sekali lagi, hanya contoh*

Untuk di Puskesmas, pengobatan lanjutan penderita payah jantung dapat diberikan obat sebulan. Kalo perlu gratis. Jadi gak perlu bolak-balik ke Puskesmas misalnya seminggu sekali, iya kalo ada yang nganter, lha kalo enggak gimana hayo… telat kan? … Trus ketika mereka datang terlambat sekian hari dengan napas tersengal, mengkis-mengkis, lantas diomeli petugas puskesmas, cape deh. *tapi gak ada petugas puskesmas yang gitu koq, … semuanya ramah dan sabaaarrrr banget, sumprit* πŸ˜›

Cerita nyata: Pakde War, salah seorang penderita Payah Jantung, tinggal di desa Simpang Pasir. Ketika ditanya mengapa tidak ambil obat di Puskesmas, beliau berkata:” … saya diberi obat jantung hanya untuk seminggu, gak bayar, gratis, tapi ojeknya 15 ribu, bolak-balik seminggu sekali, lha sebulan berapa, Mas ? … hahaha, pinter dan kritis juga beliau …

Catatan kecil ini menurut saya adalah sebuah contoh salah satu bentuk manifestasi (aplikasi) pelayanan kesehatan komunitas. Sederhana, gampang, gak perlu banyak teori njlimet dan gak perlu workshop-workshop-an, hanya perlu niat, bismillah, jalani aja … mudah bukan ?

Semoga bermanfaat.

Edisi cetak ( brosur 3 fold, satu sisi ), 155 Kb PDF. Download: di sini.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

Iklan

51 Responses to “Payah Jantung”


  1. 1 nararya Oktober 9, 2008 pukul 5:48 pm

    selagi muda kudu banyak olahraga
    biar jantung tetap prima ketika kelak menua
    gitu kan? πŸ˜‰

  2. 2 ridhaniar Oktober 9, 2008 pukul 7:47 pm

    Ayo sering lari2…, orang payah jantung harus bisa olahraga gak? olahraga apa yang bisa dilakukan?

  3. 3 aRuL Oktober 10, 2008 pukul 12:26 am

    trus untuk mencegah tidak terjadi payah jantung selain olah raga apa dok?

  4. 4 cakmoki Oktober 10, 2008 pukul 1:45 am

    @ nararya:
    he-eh πŸ˜‰

    @ ridhaniar:
    sebaiknya gak olahraga … berkebun aja sambil menikmati bunga-bunga atau mancing santai … hehehe

    @ aRuL:
    wah, satu pertanyaan jawabnya bisa satu posting euy πŸ˜›
    singkatnya: Pola Hidup Sehat, Daeng … dengan menghindari faktor-faktor penyebab di atas … yakni: makan gizi seimbang *cepetan cari ehm ehm*, menghindari online seharian stress *apa bisa?*, sempatkan rileks sekali waktu *mancing yuk*, istirahat yang cukup *jangan seperti saya* :mrgreen: … dll …dll … ada yang mau nambah?

  5. 5 Basoro Oktober 10, 2008 pukul 9:04 am

    Cak Moki,
    Bagaimana kabar Kaltim hari ini? Cerah kah?
    Cak.. sampeyan kan udah lama ngeblog. Terus juga sudah lama berkencimpung di dunia IT. Itu juga berarti sampeyan dah tahu manfaat internet secara khusus dan IT secara umun bagi profesi kita. Cuman sering kali saya berfikiran kalau apa yang kita lakukan lewat media internet (blog) belum maksimal saat info itu tidak sampai ke khalayak ramai. Bukan berarti ngejar trafiks atau menjadi seleb blog seperti yang masih ramai di bicarakan di blogsphere. Semata-mata sumbangsih aja sama profesi kita.

    Dengan disiplin ilmu dan komunitas yang kita miliki, yang bergitu besarnya, menurut saya saatnya kita penetrasi lebih dalam. Tentunya mengajak rekan sejawat yang lain berkecimpung di dunia blogsphere. Saya yakin banyak teman-teman sejawat kita yang bisa nulis. Menuangkan pemikirannya lewat media blog. Mungkin mereka belum tahu aja bagaimana caranya ngeblog. Untuk itu cak, saya mau ngajak sampeyan kolaborasi menggawangi lahirnya layanan weblog gratisan seperti wordpress.com itu.

    Oh iya cak, sebagai review. Tahun 2006 saya sempat juga membuat layanan blog untuk komunitas anak-anak jember seperti layanan wordpress.com. Dan seperti yang saya ceritakan di komentar blog Mas Agus di puskesmasdotinfo.wordpress.com kalao selama 5 tahunan mengelola komunitas doktergigi.com. Nah apa yang saya tawarkan pada sampeyan ini semacam ngeblog bareng untuk para dokter. Atau semacam social netwroking? Atau pilihannya jatuh hanya semacam forum gitu aja? Sempat juga kepikirin untuk bikin semacam agregasi. Namun kendalanya terbentur pada jumlah rekan sejawat yang saat ini aktif ngeblog. Seperti yang dilaporkan oleh dani iswara.

    Cak.. ini kira-kira pilihan untuk layanan tersebut.
    – Layanan weblog seperti wordpress.com
    – Layanan social networking seperti friendster tapi berbasis wordpress.com
    – Forum
    – Agregasi blog
    – Atau single blog dengan banyak konstributor

    Untuk sisi tekhnik dan server bisa kita pikirkan belakangan. Sedangkan domain sudah saya register dengan memakai nama duniadokter.com. Jika pilihan jatuh pada layanan weblog seperti wordpress.com maka akan mendapatkan blog dengan subdomain. Contohnya agus.duniadokter.com.

    Masalah tekhnis lainnya bisa kita bicarakan selanjutnya.

    Catatan: Isi email ini juga saya CC ke Mas Agus. Kalau ada rekan sejawat yang lain berminat kolaborasi silahkan di forward.
    untuk contact saya di faisol@basoro.com
    Sorry kalo saya kirimkan lewat form komentar di blog sampeyan. Coz saya ngga’ punya emai sampeyan cak. Di hapus aja setelah sampeyan baca.

    Salam

    drg. Faisol Basoro
    ——————–
    http://www.basoro.com
    Dokter Gigi PTT Kab. Murung Raya – Kalimantan Tengah

  6. 7 sibermedik Oktober 10, 2008 pukul 5:26 pm

    @aRul:

    banyakin olahraga plus makan yg seimbang Rul..usia penderita penyakit jantung (bukan yg kongenital) sekarang ada yg mulai kepala 3 lhow!

    nggak lucu kan payah jantung pas ngadepi ‘tantangan’ putrinya mertua?he..he πŸ˜€

    *ngabur ikut mancing*

  7. 8 cakmoki Oktober 10, 2008 pukul 11:21 pm

    @ Basoro:
    Halo Mas Basoro,
    Saya sependapat dan tentu sangat mendukung apapun bentuk yang akan jadi pilihan. Beberapa sejawat udah memulai seperti yang sampeyan sampaikan. Saya sendiri tak henti-hentinya menghasut sejawat untuk mulai berinternet … bahkan tahun lalu pernah mengadakan semacam latihan ngeblog dan bikin blog barengan, melalui IDI Cabang Samarinda.
    Ketua IDI Samarinda juga berulang kali di setiap kesempatan mengajak para sejawat… eh, ndilalah … mau sebentar lantas redup, hehehe.
    Kayaknya kendalanya adalah waktu *katanya sih* dan sulit memulai menulis *ini pengakuan temen-temen*, … untuk istiqomah kayaknya emang sulit.
    Makanya untuk sementara masih sendiri-sendiri dengan berbagai bentuknya sesuai minat. Gak papa… ntar mau gak mau temen-temen akan merambah dunia internet walau sebatas surfing… πŸ˜€
    Selain itu sy juga mencoba ngajak mhs kedokteran untuk ngeblog atau bikin komunitas… wah minat banget, sayangnya belum terwujud, gak papa juga… minat katanya udah lumayan …hahaha…

    Monggo gerilya … tanpa kenal lelah πŸ™‚
    Semangat !!!
    Salam

    @ Wempi:
    πŸ™‚ … tolong dibaiki yaa

  8. 9 icalmahdi Oktober 11, 2008 pukul 12:14 am

    dok.. Tanya…
    Cardiac MSCT singkatan dari apa??
    itu metode diagnostic kyk gimana?

  9. 10 cakmoki Oktober 11, 2008 pukul 12:53 am

    @ icalmahdi:
    Caridiac MSCT=Cardiac Multislice Computed Tomography (angiogram), merupakan salah satu metode pemeriksaan jantung menggunakan multimedia dan angiografi.
    Sekarang udah mengalami modernisasi sehingga dengan multi detektor dapat melihat bagian-bagian jantung sekaligus denyutannya.
    Dalam perkembangannya, mungkin cardiac MultiSlice CT angiography lebih baik dari angiografi yang lazim digunakan untuk deteksi blok pembuluh darah koroner.

  10. 11 aRuL Oktober 11, 2008 pukul 3:48 am

    waduh jadi takut juga nih kalo bermasalah dengan jantung… btw kira2 hal2 apa aja nih yg bisa menyebabkan jantung itu rusak?
    selain merokok gitu dok.
    *ah arul bertanya terus, ngak dikenai biayakan πŸ˜€ *

  11. 12 draguscn Oktober 11, 2008 pukul 10:46 am

    wah bahan berat rupanya .. sampe udah 2 hari baru 6 komentar. Hehehe .. mas Moki udah dapat belum CPD untuk dokter umum yang dari PB IDI .. bahannya ya kayak gini ini .. puyeng juga kalo nanti tes kompetensi .. hihihi gimana ya kalo ngga lulus ..

  12. 13 sibermedik Oktober 11, 2008 pukul 4:16 pm

    CPD? emang mirip2 gini ya dok Pendidikan berkelanjutan?waduh mesti belajar apa aja ya buat yg masih gonnabe doctor?

  13. 14 cakmoki Oktober 12, 2008 pukul 1:31 pm

    @ aRuL:
    Yang paling sering adalah timbunan lemak di pembuluh darah jantung… hehehe… dan timbunan lemak tersebut dapat ditanggulangi dengan olah raga yang bersifat fitness πŸ™‚

    @ draguscn:
    Belum dapat tuh, kalo pedomannya sy punya …. Mirip dengan protap gak? Pernah bikin protap untuk perawatan, tapi masih sangat terbatas. Entah kayak gitu apa enggak saya belum tahu
    Kalo Mas Agus ada CPD bisa kirim dong … hehehehe, ntar akan saya buatkan ebooknya kalo ada bahannya.

    Tentang tes kompetensi saya belum dengar gimana teknisnya nanti. Beberapa temen maunya dikirimi modul yang disusun oleh kolegium dan terbuka untuk menerima masukan sebagai upaya perbaikan.

    hihihi gimana ya kalo ngga lulus ..

    kalo gak lulus …usul saya: di ulang sampai lulus dalam tempo yang seingkat-singkatnya dan gratis … hahaha.
    Halah, saya gak ambil pusing dengan itu, praktek jalan terus, kalo gak boleh, ya gak usah pake papan nama … πŸ˜†

    @ sibermedik:
    Iya, sejauh yang saya ikuti sih kayak gini, lebih lengkap sih, tapi menurut saya masih perlu standarisasi.
    Kami di IDI Samarinda pernah ngomongin soal ini tapi masih bingung.
    Ntar kita sama-sama cari bocoran> info πŸ™‚

  14. 15 sibermedik Oktober 12, 2008 pukul 1:59 pm

    kalau bisa soal2 uji kompetensi di upload ya cak?*mengharap bocoran soal*

    jadi inget dulu SPMB (SELEKSI PENERIMAAN MHS BARU),eh sekarang UJI KOMPETENSI buat dapat STR & SIP..salah satu tujuannya sbg syarat ikut SPMB (SELEKSI PENERIMAAN MENANTU BARU)..he..he
    πŸ˜€

  15. 16 cakmoki Oktober 12, 2008 pukul 5:46 pm

    @ sibermedik:
    kalo dapet langsung upload πŸ˜€
    Lho, syarat SPMB (Seleksi Penerimaan menantu Baru) nambah ya? πŸ˜›

  16. 17 dokterearekcilik Oktober 13, 2008 pukul 12:02 am

    Kalo tersengal melihat tagihan termasuk apa cak πŸ˜€

  17. 18 cakmoki Oktober 13, 2008 pukul 1:07 am

    @ dokterearekcilik:
    Mungkin termasuk sport jantung πŸ˜€

  18. 19 nararya Oktober 13, 2008 pukul 1:29 pm

    kalo tersengal liat cowok cakep termasuk sport jantung jg, cak??
    (pertanyaan nista, tak tau malu, padahal sudah bersuami πŸ˜‰ )

  19. 20 cakmoki Oktober 13, 2008 pukul 1:51 pm

    @ nararya:
    itu mah normal … hahaha

  20. 21 nararya Oktober 14, 2008 pukul 3:22 pm

    jadi malah dianjurkan sering2 tersengal untuk meningkatkan kesehatan jantung ya cak? πŸ˜‰

  21. 22 juliach Oktober 14, 2008 pukul 6:15 pm

    Salah satu penyebabnya: payah duit Cak! Wakakakak…guyon

    Selamat hari raya Idul Fitri, maaf lahir dan batin.

  22. 23 cakmoki Oktober 14, 2008 pukul 11:47 pm

    @ nararya:
    tersengal sambil senyum-senyum kali yaa πŸ˜› … hehehe

    @ juliach:
    hahaha, bener mbak πŸ˜€
    Sama-sama, mohon maaf lahir batin juga.

  23. 24 keishka Oktober 23, 2008 pukul 5:02 pm

    pak dok, mau tnya.. apa penyakit jantung itu keturunan yah??
    Jika salah seorang dari orangtua kita, punya penyakit jantung. Apakah anaknya bisa jantungan juga?

    Truss…
    Ada yang tau ngga,…ciri-ciri sakit jantung itu apa aja??

    tolong di jabarkan dgn jelas yah pak.. makasih…

  24. 25 cakmoki Oktober 24, 2008 pukul 3:59 pm

    @ keishka:
    Kalo yg dimaksud adalah Payah Jatung seperti artikel ini, bukan keturunan. Tapi di antara faktor penyebabnya ada yg berhubungan dengan faktor keturunan, misalnya: hipertensi, diabet. So jika orang tua kita ada yang sakit jantung, gak mesti anaknya akan terserang penyakit jantung juga.

    Truss …
    Ciri-ciri sakit jantung sesuai dengan jenis penyakit jantung yang banyak jenisnya… Penjabarannya nunggu posting berikutnya aja ya (gak janji dan gak bisa nentuin kapan mo posting) *halah*

    Contoh:
    Gagal jantung, ciri-cirinya…bla…bla…bla..
    Penyakit Jantung Koroner, cirinya ….bla…bla…bla..
    Kardiomiopati, cirinya.bla…bla…bla..
    Dll … dll … dll

  25. 26 jojok Oktober 27, 2008 pukul 10:52 pm

    wah terima kasih info nya pak dokter cak moki…

    kebetulan bpk saya jg pernah serangan jantung, terus awal tahun ini kena stroke jg, skrg kalau jalan dari kamar ke ruang tamu alhamdulillah masih kuat meskipun harus pelan2. cuma kadang-kadang sesak napas, tp begitu dikasih oksigen gak sampai 30 menit dah ilang. kata dokter sih ada asma juga..

    cuma ini nih satu pertanyaan, apa bener orang yang pernah sakit jantung gak boleh kerokkan ?? hehehe… ada teman yg ngasih tahu kayak gitu, nah saya belum tahu apa hubungan kerokan dengan jantung..

    matur nuwun.

  26. 27 cakmoki Oktober 28, 2008 pukul 4:11 pm

    @ jojok:

    …apa bener orang yang pernah sakit jantung gak boleh kerokkan ?? …

    Boleh. Gak ada hubungan antara penyakit jantung ato penyakit apapun dengan kerokan.
    Moga ayahanda sehat selalu…
    Maturnuwun

  27. 28 jojok Oktober 29, 2008 pukul 8:07 pm

    matur nuwun info dan doa nya..

  28. 29 keishka Oktober 30, 2008 pukul 6:40 pm

    emg apa bedanya payah jantung sm penyakit jantung?? temenku bilang papanya kena sakit jantung krn kebnyakan minum kopi. ko bisa dok?? gmn ceritanya?? bisa dijelasin apa hubungan jantung n kopi??

  29. 30 cakmoki Oktober 31, 2008 pukul 3:00 pm

    @ jojok:
    nggih, sama-sama πŸ™‚

    @ keishka:
    gini kei,.. Payah Jantung adalah salah satu dari berbagai jenis Penyakit Jantung
    Penyakiit jantung tuh ada beberapa jenis, contohnya:
    > Penyakit Jantung Koroner (ntar akan diposting minggu depan)
    > Miokard infark (kerusakan otot jantung)
    > Payah Jantung.
    > Kelainan Katub Jantung.
    > Miokarditis, Pericarditis (infeksi jantung)
    > dll…dll… banyak deh

    Saya gak tahu janis apa yang dimaksud “penyakit jantung” oleh temen Kei. Menilik bahwa “Penyakit Jantung” tersebut dikaitkan dengan “terlalu banyak kopi”, mungkin berhubungan Penyakit Jantung yang dipicu oleh hipertensi. Nah, penyakit jantung yang berhubungan dengan hipertensi adalah: payah jantung dan Penyakit Jantung Koroner (ini jika pada pembuluh darah jantung juga terjadi arterosklerosis or timbunan lemak di dinding pembuluh darah jantung).
    Dah ngerti bedanya kan … πŸ™‚ …atao malah bingung? hehehe…

  30. 31 keishka Oktober 31, 2008 pukul 4:35 pm

    wah cepetan dunk diposting kakek cak.. hihihi akukan cucunya yah… πŸ˜›

    nunggu minggu depan deh…. hihihi

  31. 32 cakmoki November 1, 2008 pukul 2:17 pm

    @ keishka:
    walah, punya cucu satu aja repot banget ngurusnya…hehehe
    iya, cucuku… sabar πŸ˜›

  32. 33 yanuar November 20, 2008 pukul 11:55 pm

    cak..kalo jantung berdebar kencang, kepala berat, trus disertai tegang pada bagian tertentu badan kita tuh masuk ini juga ya? soalnya sering kayak gitu kalo lagi deket – deket ma calon mantan pacar. hihihi πŸ˜€

  33. 34 cakmoki November 21, 2008 pukul 12:18 am

    @ yanuar:
    hehehe… itu mah debaran yang paling mengasyikkan πŸ˜€
    Tambah awet muda kali ya … *blethak…blethak…blethak*

  34. 35 indra Desember 13, 2008 pukul 10:15 pm

    dok mau tanya nih
    saya kan cowo umur 16
    tgi 174cm berat 62 kg.
    olahraga rutin stiap hari jalan cepat+lari di skul.
    skulnya kan moving class jadi pindah2 kelasnya(olahraga yang dilakukan jalan cepat)
    tiap hri datengnya hampir kayak guru alias hampir telat (olahraga yang dilakukan lari2)
    keluhan:
    saya pernah merasakan dada saat menarik nafas terasa sakit kayak di tusuk, tapi kalo menghembus kan nafas gak ada rasa sakit. jadi nafas di hirup dikit-dikit tetep sih ngerasa sakit tapi sedikit, trus setelah tahan nafas beberapa saat trus di coba menarik nafas rasa sakit itu hilang.
    pertanyaan:
    apakah itu sakit jantung?
    adakah hubungan sakit jantung dengan berat badan yang tidak ideal?
    cukupkah olahraga yang saya lakukan?
    tambahan:
    saya juga mudah lapar otomatis makannya banyak tapi anehnya gak gemuk gemuk. apakah olahraga dirasa cukup dgn pola makan yang demikian?

  35. 36 cakmoki Desember 14, 2008 pukul 11:54 am

    @ indra:
    Dear indra,
    kalo keluhannya hanya itu dan tidak ada keluhan lain, kemungkinan bukan penyakit jantung. Bisa jadi hanya reaksi otot-otot dada.
    Pada usia segitu dan proporsi TB dengan BB, bagus aja…gak papa.
    Yang dimaksud olahraga adalah olah raga yang bersifat aerobik, bukan lari-2 di skul karena takut telat. Ini berbeda dengan lari sore atau lari pagi yang langkahnya teratur dan terukur.
    Tentang pola makan gak perlu risau, malah enak kalo makan banyak tapi gak gendut, hehehe. Trims

  36. 37 huda April 3, 2009 pukul 5:36 pm

    kalo kena payah jantung tuh apa..bisa cepat mati..?

  37. 38 cakmoki April 3, 2009 pukul 10:45 pm

    @ huda:
    enggak lah πŸ™‚ … kan diobati … hehehe

  38. 39 amat September 3, 2010 pukul 10:51 pm

    cah moki,

    sy mau tanya soal klainan jantung
    udah ampir setaun ini badan rasanya ga enak

    – sering kayak orang keabisan napas.. aga menggos2
    – cepet capek, trus sering tau2 lemes
    – kepala suka ngelieng../tapi bukan migran vertigo atau sakit kepala
    – n jadi susah fokus.. apalagi kalo lagi kerja

    dari hasil echo, di bilang:

    clinical dignosis: OBS. DYSPNOE
    summary:
    – normal LV function n dimension (EF:86.59 %)
    – mitral valve prolapse without regurgitation
    – mild aorta insufficiency
    – mild tricuspid regurgitation

    tapi di bilang dokter itu dari bawaan lahir…
    n ada beberapa kebocoran kecil, tapi ga papa katanya
    n di kasih obat untuk berdebar2nya, n jntungnya
    tapi sampai saat ini sakit itu masih aja kerasa, ga ngaruh
    padahal udah bener2 gw buat istirahat n check up sini sana,,

    tolong pendapatnya, tentang yg sy alami..
    sebenarya apa y???
    dan tiap item dari hasil echo itu artinya apa?
    dan apa langkah selanjutnya yg sy harus lakukan?

    thx

  39. 40 cakmoki September 4, 2010 pukul 12:46 am

    @ amat:
    Keluhan-2 tersebut berhubungan erat dengan hasil Echo… kalaupun dokter mengatakan gapapa, adalah sebagai support bahwa gangguan pada jantung gak terlalu serius. Hanya saja ada obat-obat tertentu dari dokter jantung yang harus diminum dalam jangka panjang agar tidak timbul keluhan-2 seperti yang dialami.

    Clinical dignosis: OBS. DYSPNOE
    Artinya, diagnosa klinis adalah sesak or menggos-2 yang merupakan keluhanh utama.

    summary:
    – normal LV function n dimension (EF:86.59 %):
    Artinye, vebtrikel kiri pada jantung dalam batas normal.

    – mitral valve prolapse without regurgitation
    Artinya: ada gangguan pada patub mitral jantung, tapi tidak disertai arus balik darah (regurgitasi)

    – mild aorta insufficiency
    Artinya: ada kebocoran ringan pada katub aorta.

    – mild tricuspid regurgitation
    Artinya, ditemukan adanya arus balik ringan pada katub tricuspid.

    Gangguan-gangguan tersbut lah yang mengakibatkan terjadinya keluhan menggos-2, gampang capek, lemas, nggilyeng, dll.

    Mengingat penyebabnya udah jelas, yang diperlukan adalah kontrol berkala ke dokter sp Jantung.
    Setiap kontrol hendaknya menyampaikan keluhan-2 terkini sehingga dokter jantung dapat memfollow up dan memberikan obat yang sesuai dengan keluhan.

    Makasih

  40. 41 amat September 4, 2010 pukul 2:25 pm

    thx jawabannnya cah moki

    terakhir saya cuma di kasih suplemen untuk metabolisme jantungnya (enzimten) dan udah abis… tapi keluhan itu tetep masih ada…

    dokter jantngnya bilang, setelah hasil pemeriksaan itu, kalau kebocorannya itu kecil dan menurut dia ga sampai menyebabkan keluhan ngelieng yg sy rasakan. dan kata dokternya waktu itu cuma ngingetin untuk jangan capek2 dan jangan dipikirin. dan ada saran dari dokter lain (bukan dok jntng) untuk coba di CT scan jantung… apa perlu?

    sebenernya gimana cara mengatasinya
    apa keluhan2 ini bisa hilang atao bakal tetep ada terus… soalnya kan berhubungan sama anatomi jantung langsung

    thx

  41. 42 cakmoki September 5, 2010 pukul 1:00 am

    @ amat:
    Saya sependapat dengan dokter jantung tersebut … nampaknya beliau sangat care dan support.
    Kalo udah echo gak perlu CT-Scan karena Echo lebih akurat untuk pemeriksaan jantung.
    Menurut saya, supleman metabolisme jantung perlu dilanjutkan walaupun gak ada hubungannya dengan anatomi jantung secara langsung dan kebocorannya kecil. Jika emang gak ada gangguan lain, mestinya keluhan-2 tersebut bisa ilang.
    Untuk nggliyengnya dapat menggunakan obat simptomatis (meredakan keluhan), misalnya: dramamine or dramasine, tapi efek samping obat ini ngantuk.
    wahh… diskusi kita ini udah agak spesialistik… kayak diskusi di kalangan dokter… mungkin kedepannya hal beginian bagus untuk masyarakat kita.
    Makasih

  42. 43 amat September 8, 2010 pukul 2:29 pm

    thx juga dok.. pendapatnya πŸ™‚

    bukannya ct scan itu lebih detail dari pada echo y cah?
    kalo echo kan gambarnya msh blom jelas.. klo st scan bukannya kliatan real gitu y?? menurut para dokter yg saya tau

    dramamine or dramasine, obat ini untuk menghilangkan rasanya saja y…

    apa bener dalam kasus ini diagnosis kelainan katup itu yg menyebabkan ngeliengnya… soalnya terasa hampir setiap waktu (sering)…continues, dah sangat mengganggu. ato mungkin bisa ada faktor lain lagi? ct scan kepala, perlu?

    sori, aga melenceng sdikit… sy mau tanya soal obat propolis… d dunia kedokteran apa sudah terbukti baik?? ada yg menyarankan untuk mencoba itu

    ok, thx dok buat waktu dan jawabannya..:)

    =====>
    @ amat:
    enggak…ct scan dan echo masing-2 memiliki kelebihan dn kekurangan…untuk jantung, yg lebih spesifik adalah echo, karena isa melihat katub dan pembuluh darah… kalo ingin lebih canggih dari echo maupun ct scan, pake MSCT or MRI… tapi penggunaan alat penunjang tersebut hanya digunakan jika emang ada indikasi, bukan sekedar permintaan pasien.
    Tanpa indikasi yang jelas, dokter yang menganjurkan alat-2 tersebut hanya akan jadi tertawaan. Jadi, setiap anjuran pemeriksaan, apalagi menggunakan alat canggih, harus dilandasi dngan indikasi medis.

    Ya, dramamine dan dramasine hanya untuk meredakan keluhan. Obat simptomatis (meredakan keluhan) semacam itu, kerap digunakan agar tidak terganggu oleh keluhan.

    Nggliyeng banyak sebabnya, gak mesti berhubungan dengan katub, gak mesti ada gangguan kepala..namun bisa juga oleh faktor sikis, misalnya : cemas, dan sejenisnya. Nggliyeng gak harus harus periksa ct-scan kepala.

    Propolis dan sejenisnya dengan klaim yg hebih-2, gak terbukti secara medis.

    Makasih

  43. 44 cakmoki September 17, 2010 pukul 12:04 am

    @ amat:
    enggak…ct scan dan echo masing-2 memiliki kelebihan dn kekurangan…untuk jantung, yg lebih spesifik adalah echo, karena isa melihat katub dan pembuluh darah… kalo ingin lebih canggih dari echo maupun ct scan, pake MSCT or MRI… tapi penggunaan alat penunjang tersebut hanya digunakan jika emang ada indikasi, bukan sekedar permintaan pasien.
    Tanpa indikasi yang jelas, dokter yang menganjurkan alat-2 tersebut hanya akan jadi tertawaan. Jadi, setiap anjuran pemeriksaan, apalagi menggunakan alat canggih, harus dilandasi dngan indikasi medis.

    Ya, dramamine dan dramasine hanya untuk meredakan keluhan. Obat simptomatis (meredakan keluhan) semacam itu, kerap digunakan agar tidak terganggu oleh keluhan.

    Nggliyeng banyak sebabnya, gak mesti berhubungan dengan katub, gak mesti ada gangguan kepala..namun bisa juga oleh faktor sikis, misalnya : cemas, dan sejenisnya. Nggliyeng gak harus harus periksa ct-scan kepala.

    Propolis dan sejenisnya dengan klaim yg hebih-2, gak terbukti secara medis.

    Makasih

  44. 45 Nit - Nit Februari 12, 2011 pukul 11:37 am

    Ini beneran aku alami. Pasca aku melahirkan anak kedua kira-kira 3 tahun yang lalu aku di vonis dokter Cardiomyopathi Perinatal (penyakit jantung akibat kehamilan), bersifat permanen dan ternyata bener sampai skrg juga aku masih kontrol n konsumsi obat rutin tiap hari. Keluar masuk RS sdh menjadi hal yg biasa buat aku. Gejalanya nafas pendek, cepat cape dan denyutnya lebih cepat dari orang normal. Yg lebih menyiksa kesukaan aku minum air putih banyak skrg menjadi sesuatu yg dilarang, kenapa, karena asupan cairan dibatasi agar kerja jantung tidak terlalu berat. Beberapa kali aku di Echocardiography hasilnya kerja jantungku hanya berkisar 20% sampai 25 % saja. Jantungku mengalami pembengkakan dan kelainan katup sebelah kiri karena lemah.

    Yg aku bingung, biasanya kan jantung itu identik dengan hipertensi dan hiperkolesterol, nah aku malah sebaliknya malah hipotensi dan hipokolesterol. Tekanan darahku hanya berkisar 90 sampai 100 saja, ga lebih. Ada yg bisa menjelaskan kenapa ?

    Trims atas bantuannya….

  45. 46 cakmoki Februari 12, 2011 pukul 3:18 pm

    @ Nit-Nit:
    Gak usah bingung… penyakit jantung banyak jenisnya… gak selalu berhubungan dengan hipertensi dan kolesterol.. yg berhubungan dengan hipertensi dan kolestrol antara lain: penyakit jantung koroner, sedangkan payak jantung banyak sebabnya, diantaranya Pasca Kehamilan atau kelainan katub… sebenarnya kalo mau sedikit teliti, kronologi di atas sudah menjelaskan semuanya πŸ™‚
    Makasih

  46. 47 vaysalumam Februari 24, 2011 pukul 8:37 pm

    sekitar 1 bulan yg lalu saya mengalami sesak nafas yang berat selama 30menitan dan disertai nyeri di dada, tapi nyeri di dada tidak kunjung hilang sampai sekarang,
    minggu 1 saya periksa ke dokter umum dan disuruh ceck darah puasa hasilnya cholesterol 209, triglycerida 120 dan tidak diberi obat apapun
    minggu 2 saya periksa ke dokter spesialis jantung disuruh EKG dan diberi obat enzimten u/ 10 hari tapi nyeri di dada tetap tidak hilang
    minggu 3 saya disuruh rontgen dan disimpulkan tidak ada masalah di jantung dan diberi obat Renadinac untuk 5 hari
    tapi nyeri di dada tetap ada
    kira2 saya sakit apa ya dok
    matur suwun

  47. 48 cakmoki Februari 25, 2011 pukul 9:19 am

    @ vaysalumam:
    Jika tidak ada kelainan jantung, tak ada kelainan paru dan tidak ada gangguan lambung, kemungkinan yg paling logis adalah myalgia or fibromialgia, yakni ganggan otot dan jaringan ikat.
    Silahkan obatnya dilanjutkan (renadinac) hingga keluhan mereda… atau dapat juga diganti dengan pereda nyeri yang lain,misalnya: asam mefenamat (merk dagang bebas memilih), diminum 3c1 sesudah makan hingga nyeri mereda.
    Jika dalam 1 minggu tidak ada perubahan, tak ada salahnya kontrol ke dokter.
    makasih


  1. 1 STRES BISA PICU SERANGAN JANTUNG ! « TOPIK WARNA-WARNI Lacak balik pada Juni 29, 2009 pukul 11:30 pm
  2. 2 anicearbrumcy Lacak balik pada November 12, 2010 pukul 10:10 am
  3. 3 Penyakit Jantung Koroner « winandariayux666 Lacak balik pada Maret 23, 2011 pukul 12:29 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,317,035 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: