Bancakan duit PON

Dibalik gemerlap seremonial dimulakannya PON XVII 2008 Kaltim yang dibuka oleh Pak Presiden SBY hingga upacara penutupan oleh Pak Wapres Jusuf Kalla yang diwarnai dengan guyuran hujan, bisik-bisik seputar bancakan duit PON marak dibicarakan dimana-mana, pun di Palaran. Guyonanpun bertebaran mencibir dugaan jurus royokan memanfaatkan momen PON. Dimana ada kesempatan (kalo perlu menciptakan kesempatan) disitu pulalah para penikmat uang rakyat berebut untuk mengeruknya.

WONG CILIK BICARA

Kita kadang tersenyum masam, kadang terpingkal manakala mendengar wong cilik ngumpi … Tanpa mengabaikan azas praduga tak bersalah, tak ada salahnya kita merenungi suara hati rakyat jelata yang kadang lebih tajam penciumannya dalam menyikapi ketidak adilan.

Hujan yang mengguyur sejak pembukaan PON, ibarat tangisan rakyat Kaltim menyaksikan tingkah polah para penjarah uang rakyat … ujar beberapa orang di berbagai kesempatan.

Keterlaluan… dimana ada uang, mereka berebut tanpa rasa malu sedikitpun, dasar mental korup !!! … timpal yang lain.

Semoga mereka mendapatkan ampunan dan hidayah-Nya agar sadar bahwa yang mereka makan itu bukan haknya… kata salah seorang dengan wajah tanpa ekspresi.

Lha koq enak, mudah-mudahaaannnnn mereka kesambar petir !!! … sergah seorang yang masih muda diseling tawa.

Hush … yang lain bereaksi spontan, kemudian tertawa …hahaha… entah apa yang terbersit di benak mereka.

Namanya juga gunjingan, ga usah dicari sumbernya. Bakalan ga ketemu ujung pangkalnya deh. Sesulit menguak fakta tentang betapa piawainya para penjarah uang rakyat menutup rapat hasil dari uang jarahan walau bau busuknya tercium, … iya kan ?

Contoh kecil, konon kaos salah satu jajaran panitia di Samarinda seharga 25-50 ribu rupiah di mark-up menjadi sekitar 150 ribu rupiah, kalikan aja dengan ribuan kaos … hmmm, sedap.

Masih salah satu contoh kecil di Samarinda, terngiang bisikan bahwa pengadaan obat generik dinaikkan 15% sedangkan obat non generik dinaikkan 30%, inipun pihak penyedia obat konon dimintai sekian persen. Cerdas … di sektor ini sulit untuk diketahui adanya mark up lantaran adanya peluang menaikkan harga setinggi-tingginya yang penting masih dalam kisaran HET (Harga Eceran Tertinggi), kecuali jika para penyedia obat buka mulut bareng. Ini semua dibayar pakai uang rakyat. Yang dibayarkan disesuaikan dengan “kesepakatan” sedangkan kenaikan persentase dibuat bancakan. Argumen mah gampang, bilang aja untuk pajak, ngasih fee ke pihak-pihak lain yang gak bisa disebutkan namanya (saking banyaknya yang terlibat kali ya) dan bla-bla-bla … beres kan…. *halah*

Ada juga yang entah usil atau beneran mengatakan bahwa 17 cabang olahraga non olimpiade yang menyediakan 337 medali emas tak jauh dari aroma lahan jarahan selain demi gengsi prestasi daerah.

Kemarin malam, salah seorang kenalan anggota DPRD bercanda: ” kita lihat aja nanti, kalo sampai dana PON disidik KPK, kita bakalan tahu berapa persen dari uang trilyunan yang dipakai rebutan orang-orang yang teribat di dalamnya “.

Benarkah demikian ? … waktu jua yang akan menjawabnya …

Semoga menjadi renungan bersama.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

Iklan

23 Responses to “Bancakan duit PON”


  1. 1 ManusiaSuper Juli 25, 2008 pukul 8:41 am

    Susahnya, semua yang terlibat rata-rata dapet ca cak, lah siapa yang lapor siapa yang membuktikan nantinya?

  2. 2 itikkecil Juli 25, 2008 pukul 10:37 am

    Di Palembang, kasus penyalahgunaan dana PON ini sudah memakan korban… ada pejabat dan pihak perusahaan yang dipenjara karena korupsi.

  3. 3 Shinta Juli 25, 2008 pukul 11:20 am

    Duuuhh..KALTIIMMM..seneng banget ya ngasih kerjaan buat KPK…

  4. 4 nayyaluna Juli 25, 2008 pukul 5:08 pm

    Kenalan ah..
    Halo Cak Moki
    nimbrung nih yang mneyoal bancakan…
    Kiranya..dihargain dong dibuat bancakan…kan bagi bareng bareng..
    kenikmatan bersama gitu lhoh..
    lha daripada dimakan sendiri?????….*ngacir deh..gak ikut-ikut*

  5. 5 sibermedik Juli 26, 2008 pukul 1:52 am

    DINKES nya ikut kecipratan nggak? kan biasanya jadi tim medis resmi? moga2 nggak ikut KONG KALIKONG diantara para KINGKONG..he5x..*jadi manusia wae*

  6. 6 Wempi Juli 26, 2008 pukul 12:46 pm

    Di rumah sendiri pun terkadang sering terjadi mark up belanja keluarga.

  7. 7 cakmoki Juli 26, 2008 pukul 2:29 pm

    @ ManusiaSuper:,
    iya ya … yang tahu dan terlibat bungkam sedangkan yang tahu dan gak mau rata-rata ga mau ngomong … kita yang di luar, wait and see aja kali 😀

    @ itikkecil:,
    hmmm, sulit saya mengatakan, semoga gak ada yang masuk penjara atau semoga diperiksa dengan seksama… Jangan-jangan…??? 🙄

    @ Shinta:,
    ooo, gitu tho maksudnya … *ada bocoran ga?*

    @ nayyaluna:,
    salam kenal juga … 🙂
    wah, kalo soal “harga menghargai” gak tahu, …kali ditutup rapat.
    Gak usah ikut-ikut ah, ntar kesambar petir … 😀

    @ sibermedik:,
    ssstttt, katanya ikutan di sektor obat (tuh yg dinaikkan harganya dan upeti *tidak mengikat* 😛 )dan mungkin uang jaga petugas (yang hingga saat ini belum diterima petugas) ..dan … rezim saat ini *di dinkes samarinda* konon agak-agak doyan begituan …hahaha

    @ Wempi:,
    hehehe, masa iya … merubah kuitansi apa lisan ? 😉

  8. 8 draguscn Juli 26, 2008 pukul 8:37 pm

    hahaha pinter banget gayanya menasehati jangan mencari sumber gossip tapi setelah itu menghembus2kan dengan memberikan “contoh2 kecil” hehehe .. *ditimpuk cakmoki*

  9. 9 Manika Juli 26, 2008 pukul 10:21 pm

    Wah wah ngeri juga ya Cak. Saya ndak ngikuti PON, nonton pertandingan aja nggak hehehe.. Jd kaget jg baca tulisan ini.

    Kayak apa ya Cak rasanya makan duit rakyat? Apa lebih mak nyus gt soale menantang?

    *dilempar obat kadaluarsa sm Cak Moki*

  10. 10 cakmoki Juli 27, 2008 pukul 12:37 am

    @ draguscn:,
    hahaha, sssttttt … jangan keras-keras, ini rahasia lho… benernya itu bukan gosip lagi, …ada yang udah mulai bernyanyi kecil sambil takut-takut … 😉

    @ Manika:,
    wah, gak tahu rasanya gimana… soale ga doyan yang begituan, ntar bikin bibir gosong… hehehe

  11. 11 juliach Juli 27, 2008 pukul 11:03 pm

    Lagu lama, yang paling laris di Indonesia!

  12. 12 cakmoki Juli 28, 2008 pukul 8:44 am

    @ juliach:,
    hehehe, iya … “…itulah Indonesia …”

  13. 13 dr. Irep, BEKASI Juli 28, 2008 pukul 12:49 pm

    INDOESIA KALO MAU KORUPSI BERKURANG, CONTOH CINA. PARA KORUPTOR PADA DI MATI-MATIIN. DI INDONESIA PARA KORUPTOR PADA LENGGANG KANGKUNG SAMBIL SENYAM SENYUM
    KAPAN YA ADA REVOLUSI……
    KALAU GINI TERUS 125 TAHUN LAGI, INDONESIA KAGAK BERUBAH-BERUBAH

  14. 14 cakmoki Juli 28, 2008 pukul 10:55 pm

    @ dr. Irep, Bekasi:
    Setuju, … dengan cara itu ga sampai 10 tahun Cina udah maju pesat.
    Nunggu 125 tahun? … lama banget 😦

  15. 15 dokterearekcilik Juli 30, 2008 pukul 7:06 am

    Semoga korupsi tidak akan menjamah area blogger 🙂
    Kalo bancakan berarti ada yang baca doa segala cak, berarti korupsi tapi beedoa untuk keselamatan dan supaya tidak ketahuan 😀
    @dr.Irep, Bekasi
    Emang 125 tahun lagi Indonesia masih ada ??? Kalo keadaan kayak gini terus gak yakin Indonesia masih ada 100 tahun lagi 😦

  16. 16 cakmoki Juli 30, 2008 pukul 12:47 pm

    @ dokterearekcilik:
    iya Mas, acara ke 7: baca do’a … 😀 … kalo ketahuan, bancakan lagi, do’a lagi … hahaha

  17. 17 dr.Irep, Bekasi Agustus 1, 2008 pukul 3:52 pm

    @ dokterearekcilik
    100 tahun lagi Indonesia masih ada bos, tapi rakyatnya penuh dengan tetesan airmata, mikirin utang yang gak habis habis, serta hutan yang pada gundul,eh..eh..eh. Sory Becanda.

  18. 18 konsultasi kesehatan Agustus 1, 2008 pukul 7:39 pm

    bancakan itu apa sih Cak?….sama dak sama bajakan?….

    Kaltim…Kaltim

  19. 19 cakmoki Agustus 2, 2008 pukul 12:10 am

    @ konsultasi kesehatan:
    bancakan adalah makan bersama, kayak 36 anggota DPRD Kukar yg diduga bancakan kecipratan dana Bansos milyaran itu lho … kali mirip ama bajakan … *halah* 😀
    Kaltim … Kaltim

  20. 20 eric Agustus 6, 2008 pukul 11:33 pm

    yg enak di buat bancakan : rujak 😀

    sepandai2nya tupai melompat pasti jatuh juga……
    semua ada saatnya ….

  21. 21 cakmoki Agustus 8, 2008 pukul 2:08 am

    @ eric:
    iya, apalagi rujak yang pedas *ngiler*
    hehehe, nunggu berita kalo-kalo tercium KPK 🙂


  1. 1 Tambah atau kurang 1, Cakmoki ? « Pieces of Mind Lacak balik pada Februari 19, 2009 pukul 12:00 am
  2. 2 Tambah atau kurang 1, Cakmoki ? « dragus.cn Lacak balik pada Februari 16, 2011 pukul 6:21 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,343,888 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: