Keamanan obat pada kehamilan

hamil Pada umumnya para ibu hamil akan memberitahu dokter saat berobat bahwa dirinya hamil sekian bulan. Demikian pula jika berobat saat menyusui (ASI bayinya. Informasi tersebut diberikan si ibu dengan harapan dokter akan memberikan obat yang aman bagi janin yang dikandungnya. Itupun tak jarang si ibu masih mananyakan kepada dokter apakah obat yang dgunakan benar-benar aman. Hal ini sangat wajar dan kita patut menghargainya.

Di sisi lain, ketika seorang ibu hamil sakit adakalanya enggan ke dokter lantaran takut menggunakan obat. Alhasil keluhannya makin bertambah dan akhirnya datang juga ke dokter untuk berobat.

Seorang dokter tentu sangat paham bahwa saat memberikan(meresepkan) obatΒ  bagi wanita hamil akan dipilihkan obat yang aman, baik dalam hal jenis obat (berdasarkan indeks keamanan obat), dosis maupun lamanya penggunaan. Selain itu akan dipertimbangkan pula aspek-aspek lain berdasarkan penyakitnya, misalnya: resiko penularan kepada anggota keluarga lain, dan pertimbangan lain terkait kondisi janin maupun si ibu sendiri.

Pun manakala seorang dokter dihadapkan pada 2 pilihan sulit yang menyangkut life saving, aspek manfaat akan dikedepankan dibanding resiko yang bakal dihadapi baik bagi janin maupun ibunya.

Sebagai contoh, seorang ibu hamil yang kebetulan menderita asma, justru seyogyanya segera berobat agar tidak mengalami sesak berkepanjangan yang justru tidak baik bagi janin karena beresiko terjadinya hipoksia (kekurangan oksigen) yang akan mempengaruhi pasokan oksigen bagi janin.

INDEKS KEAMANAN OBAT PADA KEHAMILAN

Hingga kini kita di Indonesia masih menggunakan kriteria keamanan obat bagi ibu hamil yang dilansir oleh FDA (Food and Drug Administration) sebagai pedoman dalam memberikan obat pada ibu hamil.

Pada posting ini penulis hanya menampilkan garis-garis besar batasan keamanan obat bagi ibu hamil yang tersusun dalam 5 kategori (kategori A, B, C, D dan X) beserta contoh-contohnya agar diketahui khalayak dengan harapan dapat memberikan informasi yang bermanfaat.

Kategori-kategori tersebut dibuat berdasarkan ada tidaknya (besar kecilnya) resiko terhadap sistem reproduksi, efek samping dan manfaat yag diharapkan.

Obat Kategori A: adalah golongan obat yang pada studi (terkontrol) pada kehamilan tidak menunjukkan resiko bagi janin pada trimester 1 dan trimester berikutnya. Obat dalam kategori ini amat kecil kemungkinannya bagi keselamatan janin.

Obat Kategori B: adalah golongan obat yang pada studi terhadap sistem reproduksi binatang percobaan tidak menunjukkan resiko bagi janin. Belum ada studi terkontrol pada wanita hamil yang menunjukkan adanya efek samping, kecuali adanya penurunan fertilitas pada kehamilan trimester pertama, sedangkan pada trimester berikutnya tidak didapatkan bukti adanya resiko.

Obat Kategori C: adalah golongan obat yang pada studi terhadap sistem reproduksi binatang percobaan menunjukkan adanya efek samping bagi janin. Sedangkan pada wanita hamil belum ada study terkontrol. Obat golongan ini hanya dapat dipergunakan jika manfaatnya lebih besar ketimbang resiko yang mungkin terjadi pada janin.

Obat Kategoti D: adalah golongan obat yang menunjukkan adanya resiko bagi janin. Pada keadaan khusus obat ini digunakan jika manfaatnya kemungkinan lebih besar dibanding resikonya. Penggunaan obat golongan ini terutama untuk mengatasi keadaan yang mengancam jiwa atau jika tidak ada obat lain yang lebih aman.

Obat Kategori X: adalah golongan obat yang pada studi terhadap binatang percobaan maupun pada manusia menunjukkan bukti adanya resiko bagi janin. Obat golongan ini tidak boleh dipergunakan (kontra indikasi) untuk wanita hamil, atau kemungkinan dalam keadaan hamil.

CONTOH OBAT KATEGORI A (nama generik): Ascorbic acid (vitamin C) *masuk kategori C jika dosisnya melebihi US RDA*, Doxylamine, Ergocalciferol *masuk kategori D jika dosisnya melebihi US RDA*, Folic acid *masuk kategori C jika dosisnya melebihi 0,8 mg per hari*, Hydroxocobalamine *masuk kategori C jika dosisnya melebihi US RDA*, Liothyronine, Nystatin vaginal sup *masuk kategori C jika digunakan per oral dan topikal*, Pantothenic acid *masuk kategori C jika dosisnya melebihi US RDA*, Potassium chloride, Potassium citrate, Potassium gluconate, Pyridoxine (vitamin B6), Riboflavin *masuk kategori C jika dosisnya melebihi US RDA*, Thiamine (vitamin B1) *masuk kategori C jika dosisnya melebihi US RDA*, Thyroglobulin, Thyroid hormones, Vitamin D *masuk kategori D jika dosisnya melebihi US RDA*, Vitamin E *masuk kategori C jika dosisnya melebihi US RDA*.

CONTOH OBAT KATEGORI B (nama generik): Acetylcysteine, Acyclovir, Amiloride *masuk kategori D jika digunakan untuk hipertensi yang diinduksi oleh kehamilan*, Ammonium chloride, Ammonium lactate *topical*, Amoxicillin, Amphotericin B, Ampicillin, Atazanavir, Azatadine, Azelaic acid, Benzylpenicillin, Bisacodyl, Budesonide *inhalasi, nasal*, Buspiron, Caffeine, Carbenicillin, Camitine, Cefaclor, Cefadroxil, Cefalexin, Cefalotin, Cefamandole, Cefapirin, Cefatrizine, Cefazolin, Cefdinir, Cefditoren, Cefepime, Cefixime, Cefmetazole, Cefonicid, Cefoperazone, Ceforanide, Cefotaxime, Cefotetan disodium, Cefoxitin, Cefpodoxime, Cefprozil, Cefradine, Ceftazidime, Ceftibuten, Ceftizoxime, Ceftriaxone, Cefuroxime, Cetirizine, Chlorhexidine *mulut dan tenggorokan*, Chlorpenamine, Chlortalidone *masuk kategori D jika digunakan untuk hipertensi yang diinduksi oleh kehamilan*, Ciclacillin, Ciclipirox, Cimetidine, Clemastine, Clindamycin, Clotrimazole, Cloxacillin, Clozapine, Colestyramine, …. dll ….. dll … buanyak πŸ˜›

CONTOH OBAT KATEGORI C (nama generik): Acetazolamide, Acetylcholine chloride, Adenosine, Albendazole, Albumin, Alclometasone, Allopurinol, Aluminium hydrochloride, Aminophylline, Amitriptyline, Amlodipine, Antazoline, Astemizole, Atropin, Bacitracin, Beclometasone, Belladonna, Benzatropine mesilate, Benzocaine, Buclizine, Butoconazole, Calcitonin, Calcium acetate, Calcium ascorbate, Calcium carbonate, Calcium chloride, Calcium citrate, Calcium folinate, Calcium glucoheptonade, Calcium gluconate, Calcium lactate, Calcium phosphate, Calcium polystyrene sulfonate, Capreomycin, Captopril, Carbachol, Carbidopa, Carbinoxamine, Chloral hydrate, Chloramphenicol, Chloroquine, Chlorothiazide, Chlorpromazine, Choline theophyllinate, Cidofovir, Cilastatin, Cinnarizine, Cyprofloxacin, Cisapride, Clarithromycin, Clinidium bromide, Clonidine, Co-trimoxazole, Codeine, Cyanocobalamin, Deserpidine, Desonide, Desoximetasone, Dexamethasone, Dextromethorphan, Digitoxin, Digoxin, Diltiazem, Dopamine, Ephedrine, Epinephrine, Fluconazole, Fluocinolone, Fosinopril, Furosemide, Gemfibrozil, Gentamicin, Glibenclamide, Glimepiride, Glipizide, Griseofulvin, Hydralazine, Hydrocortisone, Hyoscine, Hyoscyamine, Isoniazid, Isoprenaline, Isosorbid dinitrate, Ketoconazole, Ketotifen fumarate, Magaldrate, Mefenamic acid, Methyl prednisolone, …dll …dll … πŸ˜†

CONTOH OBAT KATEGORI D (nama generik): Amikacin, Amobarbital, Atenolol, Carbamazepine, Carbimazole, Chlordizepoxide, Cilazapril, Clonazepam, Diazepam, Doxycycline, Imipramine, Kanamycin, Lorazepam, Lynestrenol, Meprobamate, Methimazole, Minocycline, Oxazepam, Oxytetracycline, Tamoxifen, Tetracycline, Uracil, Voriconazole… dll … dll.

CONTOH OBAT KATEGORI X (nama generik): Acitretin, Alprotadil *parenteral*, Atorvastatin, Bicalutamide, Bosentan, Cerivastatin disodium, Cetrorelix, Chenodeoxycholic acid, Chlorotrianisene, Chorionic gonadotrophin, Clomifen, Coumarin, Danazol, Desogestrel, Dienestrol, Diethylstilbestrol, Dihydro ergotamin, Dutasteride, Ergometrin, Ergotamin, Estazolam, Etradiol, Estramustine, Estriol succinate, Estrone, Estropipate, Ethinyl estradiol, Etretinate, Finasteride, Fluorescein *parenteral*, Flurouracil, Fluoxymesterone, Flurazepam, Fluvastatin, Floritropin, Ganirelix, Gestodene, Goserelin, Human menopausal gonadotrophin, Iodinated glycerol, Isotretinoin, Leflunomide, Leuprorelin, Levonorgestrel, Lovastatin, Medrogestrone, Medroxyprogesterone, Menotrophin, Mestranol, Methotrexate, Methyl testosterone, Mifeprestone, Miglustat, Misoprostol, Nafarelin, nandrolone, Nicotine *po*, Norethisterone, Noretynodrel, Norgestrel, Oxandrolone,Oxymetholone,Β  Oxytocin, Pravastatin, Quinine, Raloxifene, Ribavirin, Rosuvastatin, Simvastatin, Stanozolol, Tazarotene, Temazepam, tetosterone, Thalidomide, Triazolam, Triproretin, Urofolitropin, Warfarin.

Ooopsss … banyak banget, mana namanya rumit pula. … hehehe, maaf πŸ˜‰

Obat-obat kategori A (yang paling aman pada kehamilan) dan obat kategori X (kontra indikasi pada kehamilan) sengaja ditulis lengkap agar dapat diketahui oleh khalayak. *padahal alasan sebenarnya karena itemnya ga banyak* πŸ˜† …sedangkan obat kategori B, C dan D hanya ditulis sebagian kecil saja karena saking banyaknya item dan jenisnya.

PESAN-PESAN:

Bagi khalayak, penggunaan obat menyangkut jenis, dosis dan lamanya pemakaian seyogyanya atas petunjuk dokter.

Tawaran obat (dengan jargon apapun) disertai klaim-klaim aduhai (seolah paling aman dan paling ampuh) tanpa diketahui dengan jelas kandungan yang ada di dalamnya, patut diwaspadai, … apalagi jika tidak mencantumkan efek samping, peringatan hati-hati pada kondisi tertentu dan kontra-indikasi.

Obat hanya akan bermanfaat jika digunakan dengan tepat sesuai indikasi, dosis dan lamanya pengobatan berlandaskan pengetahuan yang dapat dipertanggung jawabkan.

Semoga bermanfaat.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

πŸ™‚

Iklan

42 Responses to “Keamanan obat pada kehamilan”


  1. 1 sibermedik Juni 3, 2008 pukul 6:38 am

    Di puskesmas PALARAN servis ANC(ANTE NATAL CARE) yg megang Sp.OG,dr.umum,atau Bidan dok? ANC kan bisa jadi media BuMil (iBu haMil) mendapat informasi tentang kehamilannya..saran: buat FAQ(Frequently Asked Question) tentang kehamilan (brdasar trimester) berupa leaflet,pye Cak?

    btw,OOT..kok obat diatas banyak ya jenisnya?dapet bonus g?*sambil nglirik detailer*

  2. 2 juliach Juni 3, 2008 pukul 2:41 pm

    Mereka bukan takut pada obatnya, tapi takut pada biayanya.
    Penyakit yang sering terjadi pada ibu hamil: jamuran, mereka masih enggan buka-bukaan di depan dokter/pekerja lab. Jadi mereka obatin sendiri.

  3. 3 tobadreams Juni 3, 2008 pukul 4:50 pm

    Aku pernah membaca sebuah novel (Strong Medicine), yang pada intinya menganjurkan dengan keras supaya ibu hamil jangan mengkonsumsi obat apapun, kecuali atas anjuran dokter kebidanan.

    Benarkah aturan itu dok ?

    Terima kasih

  4. 4 cakmoki Juni 4, 2008 pukul 3:34 am

    @ sibermedik:
    sepengengathuan saya hingga saat ini masih tetap seperti dulu, ANC oleh dokter dan bidan.
    FAQ tentang program Kesga (Kesehatan Keluarga) *dulu Kesehatan Ibu dan Anak* udah ada lembar balik di setiap Puskesmas seluruh Indonesia, hanya saja mungkin ga dipakai. Sebagian Bidan masih mencampuradukkan antara pengetahuan kesehatan dengan memory masa kecil, misalnya: klo ibu hamil sambat gatal, masih juga secara spontan melarang makan telor, ayam dll … hahaha.

    Andaikata ada angket 1 pertanyaan: ” berapa kali dalam seminggu anda membaca (belajar lagi) buku kebidanan atau pedoman penatalaksanaan kesehatan ibu hamil ?”
    Saya yakin, lebih 80% bidan kita di Puskesmas akan menjawab gak pernah … kalo ada yang protes, buktikan sendiri πŸ˜›
    Mo maju ??? … impossible om

    kok obat diatas banyak ya jenisnya?dapet bonus g?*sambil nglirik detailer*

    generik tuh … gak ada satupun nama dagang.
    Saya tidak pernah mau menerima bonus walaupun diantar ke rumah, walaupun pakai istilah “ucapan terima kasih” atau “tali asih” atau apapun istilah yg berujung duit πŸ™‚ … detailer di sini tahu itu karena sudah saya kasih tahu duluan … dan sy tidak mengijinkan detailer datang saat jam praktek, menurut saya pasien lebih patut dihormati walaupun wong ndesoβ„’ ndesit and duit mung sethithik.
    so, jangankan minta, lha dianter berkat aja gak mau … hehehe … berani ikut ga? πŸ˜†

    @ juliach:

    Mereka bukan takut pada obatnya, tapi takut pada biayanya

    hehehe, iya kali mbak … dan mungkin juga takut pada wajah-wajah seram tak bersahabat … ga semua sih, tapi sebagian para ibu hamil mengatakan begitu.

    @ tobadreams:
    di luar negeri (negara maju) mungkin benar, mengingat mereka sudah menganut sistem dokter keluarga yang mapan. Tepatnya bukan aturan medis, namun lebih ke arah sistem layanan medis.

    Di Indonesia, pemberian obat bagi ibu hamil dapat dilakukan di Puskesmas, Puskesmas Pembantu bahkan di Posyandu sebagai program pemerintah untuk mencegah anemia kurang besi dan penanggulangan keluhan ringan pada ibu hamil, misalnya: pemberian Tablet Fe, Vitamin, obat mual dan muntah … jika ada keluhan or gangguan lebih berat, maka akan dirujuk ke RS sesuai hirarki sistem rujukan yang sudah baku.

    Terimakasih πŸ™‚

  5. 5 sibermedik Juni 4, 2008 pukul 6:08 am

    iyo cak,saya tau itu generik..kamsud’e guyon kok?:(

    Btw,juli ini ada Kongres POGI di BALIKPAPAN kan?keluarn disitu aja cak uneg2 nya tentang obat2 yg g blh buat ibu hamil supaya jadi Protap.

    btw,Bidannya dipegangi LAPTOP pye?jadi njelasin ke BuMil secara audiovisual interaktif. *jangan2 malah dpakai ngeblog?*

  6. 6 dokterearekcilik Juni 4, 2008 pukul 11:54 pm

    Masalahnya hampir semua obat itu bisa dibeli di apotik di hampir seluruh penjuru Indonesia tanpa memakai resep dokter. Jadi …. hmmmm gimana ya mau komentarnya, jadi bingung. Sebagian pasien masih memilih membeli obat tersebut tanpa petunjuk dokter, apotik memilih malayani mereka supaya omzet lebih besar. Dokternya ngapain ??? dokternya ngeblog melulu …. wakakakak…. πŸ˜€

  7. 7 Elyas Juni 5, 2008 pukul 12:27 am

    nyambung ama dokter arekcilik, sering juga kalo pasien dan pernah berobat terus sembuuh serta punya kopi resepnya besok-besok kalo dia sakit serupa tinggal datang aja ke apotik beli obat yang sama nah untung-untung dia sembuh kalo gak sembuh brabe…
    lalu akan lebih parah lagi kalo tuh obat dikasih ke orang laen bisa keluarganya ato tetangganya alasannya sih klasik maren minum obat ini dan ini sembuh aku …. nah jadi lingkaran setan dah…
    ups sory jadi bleber keluar jalur

  8. 8 cakmoki Juni 5, 2008 pukul 3:47 am

    @ sibermedik:
    halah πŸ˜›
    lewat POGI? paling gak payu … soale sing ngomong “dokter umum”.. kecuali lek sing ngomong podho-podho “dokter ra umum” … *nglirik Mas Rizal* … hahaha

    Bener, mestinya wis jaman audiovisual namun apa daya … ada guyonan tapi benar-benar terjadi, …di sebuah Dinas Kesehatan, kepala dinas mengusulan pengadaan komputer… kabeh pentium IV terbaru… ndhilalah ada beberapa pegawai mbukak excell di atas meja kerjanya di saat bersamaan ngitung rekapitulasi pakai kalkulator … piye? …hahahaha

    @ dokterearekcilik:
    Mungkin karena lambaian rupiah Mas, ada ga ada resep, obat apapun bisa keluar … Ada kejadian (mungkin malah banyak), seorang dokter spesialis meriksa ngantek ngeden ongkosnya 50-75 ribu, lha apotik malah ambil keuntungan lebih satus ewu … gimana di sidoarjo? saya ga tahu begituan soale kelas dispensing πŸ˜€

    dokter nge Blog ???? … hahahaha …tosss !!!

    @ Elyas:
    hehehe, ternyata yang seperti itu merata sak Indonesia, termasuk di pedesaan … malah ada yang beranggapan setiap penyakit cukup menelan amoksisilin 1 biji, ..mbuh ini linkaran apa namanya πŸ˜€
    Kapan-kapan kayaknya perlu nulis fenomena semacam ini.

  9. 9 Astri Juni 5, 2008 pukul 8:12 pm

    Hahaha.. aku keduluan cak moki, rek, asalnya aku mau bikin pregnancy safety index buat didownload tapi kok ya agak2 males …
    Akur ma misua, kalo pasien beli sendiri di apotik dan diladenin ya mau apa lagi..
    Dokter mulu yang disemprit 😦

  10. 10 FajarQimi Juni 5, 2008 pukul 9:28 pm

    Dok, praktek di mana? di warnet sebagai blogger bukan dokter (wakakak…..).

    Cak, tgl 7-8 juni bisa Kopdar dak? Rekan2 dari RS Pertamina balikpapan ada 4 orang ke Samarinda. Cacak panitia PETRI kan?

  11. 11 cakmoki Juni 6, 2008 pukul 11:58 am

    @ Astri:
    Bikin aja mbak…sing lengkap yooo πŸ˜€
    iyo, gap papa disemprit or menyemprit diri sendiri, ntar giliran nyemprit … hahaha

    @ FajarQimi:
    hahaha, iya… praktek utama sebagai blogger, lainnya sampingan πŸ˜†

    mungkin bisa, mungkin engga..soalnya lagi wira-wiri ke jogja ngurus sesuatu … mas Fajar ikut ga?

  12. 12 Yudhi H.Gejali Juni 7, 2008 pukul 10:36 am

    Paling takut euy ngasi obat ke Ibu Hamil…
    Apalagi yah hamilnya masih trimester 1…ga terlalu kelihatan soalnya..dan bahayanya suka lupa nanya: ‘lagi hamil apa kaga?’

    Parahnya lagi, ada yang hamil tapi ga ngaku hamil…
    susah deh…
    dosa tanggung sendiri lo ya…he..he..

  13. 13 cakmoki Juni 7, 2008 pukul 1:59 pm

    @ Yudhi H.Gejali:
    hehehe, iya tuh … yang pingin hamil nunggunya setengah mati, yang hamil ga mau ngaku πŸ™„

  14. 14 FajarQimi Juni 8, 2008 pukul 9:10 pm

    Cak Moki jadi ke Yogya ya…
    Yah dak ketemu di Samarinda donk. lain kali ,Insya Allah bertemu ya…..

    Bagus Cak acaranya, tapi ada kurangnya. softcopy dak dikasih panitia. Katanya suruh ke pembicara sendiri. ya terpaksa hunting sendiri nich ke pembicara. Jadinya dak komplet. padahal banyak isue baru yang bagus diterapkan untuk Kaltim.

  15. 15 wulan Juni 8, 2008 pukul 9:46 pm

    Alhamdulillah, sejak seblm menikah sudah sering mendengar informasi ttg ini, jadi selama hamil pantang minum obat sembarangan. Kalau tablet/bubuk Fe sih selalu setiap hamil(masuk 7 bln), soale selalu anemia…pdhl udh berusaha konsumsi sayur2 an yg banyak mengandung Fe. Kenapa ya pak? apa bawaan lahir ya;)

  16. 16 cakmoki Juni 10, 2008 pukul 11:05 am

    @ FajarQimi:
    jadi Mas, malah Rabo mo ke Surabaya (lagi) sampai minggu … insya Allah lain kali ketemu.

    iya, sayangnya ga ada softcopy, ini terulang saban tahun … saya sendiri dah mengusulkan agar sofcopy di burning di CD (dalam format baca *misalnya PDF* dan format publishing)…jauh sebelum acara.
    Kayaknya seksi ilmiah kurang berani “memaksa” para pembicara untuk setor makalah jauh sebelum acara.
    Menurut saya, bagusnya sekitar 2 minggu sebelum hari H semua makalah udah masuk ke panitia agar dapat di siapkan, dan peserta *yg udah bayar mahal dan datang dari jauh* mendapatkan CD-nya.

    @ wulan:

    soale selalu anemia…pdhl udh berusaha konsumsi sayur2 an yg banyak mengandung Fe. Kenapa ya pak? apa bawaan lahir ya

    menurut Depkes sekitar 42% ibu hamil di Indonesia mengalami anemia kurang besi, … mungkin karena ga mau makan saat hamil or marena ga suka makan makanan yg mengandung Fe dari hewani, misalnya : ikan, daging, hati *wahhh mahal…* … dari sayur aja ga cukup mbak πŸ˜€

  17. 17 bara Juni 12, 2008 pukul 2:31 pm

    boleh gak dok, wanita baru hamil sering2 melakukan USG?
    DAMPAKNYA APA?
    BERAPA KALI usG SEwajarnya dilakukan?
    makasih

  18. 18 donnieyodha Juni 20, 2008 pukul 10:34 am

    GENDHENG! Banyak amat yak obat2an…
    Itu apal semua, Cak? Di luar kepala? Ck ck ck… luar biasa emang para dokter… pantesan mahal.. hehehe, kecuali Cak Moki ding…

  19. 19 cakmoki Juni 20, 2008 pukul 9:30 pm

    @ bara:
    kalo emang ada indkasi, boleh … ga papa
    Ga ada batasan tentang jumlah USG, mengingat USG adalah pemeriksan dengan menggunakan gelombang suara.

    @ donnieyodha:
    hahaha, kalo nuruti Farmako, buanyaak… belum lagi cabang-cabangnya.

    Itu apal semua, Cak? Di luar kepala? Ck ck ck…

    Ahamdulillah ga apal semua πŸ˜› … hahahaha, lha apotik yg tempatnya obat aja masih mencontek je

  20. 20 Ratna Juni 24, 2008 pukul 9:32 pm

    Wah, sayang saya udah selesai hamilnya πŸ˜‰ . Padahal waktu hamil saya sering sakit, termasuk sakit asma, dan sangat menghindari minum obat.

    Oya, Chuck. Pengumuman…saya pindah ‘rumah’ nih. http://ratnarespati.com

  21. 21 cakmoki Juni 24, 2008 pukul 10:52 pm

    @ Ratna:
    Alhamdulillah udah selesai … ntar kan bisa nambah lagi …hehehe.
    kalo asma seharusnya malah “harus” segera diobati untuk menghindari terjadinya efek pada janin karena sesak yg dialami ibunya πŸ™‚

    Rumah barunya canggih banget πŸ˜‰ … saya suka warna dasarnya yang hijau tua, b’rasa adem

  22. 22 apt_staf Juli 5, 2008 pukul 8:11 pm

    sebagai pegawai apotik yg baik dan benar, saya ndak berani ngasih obat sembarangan, apa lagi klo keluhannya banyak, mendingan tak suruh ke dokter dulu, baru dtg lg ke apt…. πŸ˜€

  23. 23 cakmoki Juli 5, 2008 pukul 10:55 pm

    @ apt_staf:
    salut … moga ditiru yang lain *tossss* πŸ˜€

  24. 24 Agus Setiyawan MM Juli 20, 2008 pukul 7:19 pm

    Barang Duluan Bayar Belakangan

    Malang, Senin 05-05-2008

    Perihal: CD New Version 697MB/573Files (ISO, 5S, GMP, SM-K3, Hospital, Plastics, Sanitation Dan HVAC)

    Jika perusahaan Anda memiliki kebutuhan yang berkaitan dengan ISO (International Standard Organization), 5S (Dasar dasar tentang Rapi, Bersih dan Tertata), GMP (Good Manufacturing Practice), SM-K3 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja), Hospital, Plastics (Dasar dasar Plastics), Sanitation (Kebersihan Sebenarnya) dan HVAC (Penyediaan AC Central yang Memenuhi Standard); akan tetapi mungkin perusahaan dimana Anda bekerja memiliki budget yang terbatas, waktu yang sempit, dan berbagai kendala faktor lainnya untuk mengikuti seminar atau training dengan topik tersebut di atas yang rata-rata kisaran harganya 1,5 – 2,5 juta per orang.

    Maka berikut ini adalah salah satu solusi terbaik yaitu kumpulan presentasi untuk kebutuhan perusahaan Anda atau bahkan untuk Anda pribadi yang dikemas dalam 1 (satu) CD yang berisi 697 MB/573 Files. Dengan isi sebagai berikut, dengan format semuanya powerpoint :

    I. 5S-5R-5P :
    1. Peningkatan Kualitas
    2. 5S5K di Progress
    3. 5S TPM Activity
    4. 5S Modul
    5. 5S PRODUKTIVITAS, KETENAGAKERJAAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI
    6. 5S Training Modul
    7. Penerapan 5S
    8. Presentasi 5S
    9. Sosialisasi Lomba 5S
    10. Tatapan yang Baik

    II. CPOB-GMP :
    1. Contoh Pemahaman Global
    2. Gbr Cuci Tangan
    3. GMP Training
    4. Pelatihan Internal Auditor CPOB
    5. Training GMP K3 & SMK3

    III. Hospital :
    1. Bumi 2070 Tanpa Air
    2. Contoh Kasus AIDS
    3. HIVAIDS serta Dimensi Gender
    4. Keracunan Makanan (Trainee Vendor)
    5. Konseling Dan Tes Sukarela
    6. Pengatahuan Dasar HIV AIDS
    7. Pest Control Pabrik
    8. Pestisida
    9. Pocari
    10. Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV AIDS
    11. Prosedur K3 Khusus HIV AIDS
    12. Terapi Cairan Rasional
    13. Terapi Cairan untuk Anak

    IV. HVAC :
    1. Clean Room Seminar-Training
    2. Clean Room Std
    3. HVAC & CR Air Filtration
    4. HVAC Concept & Design for Cleanroom
    5. Introduction to LPM & CF
    6. Why Air Filter

    V. ISO 9001 :
    1. Audit Internal_Trainer
    2. ISO Presentation umum
    3. Ketentuan Penggandaan dokumen
    4. M7-Risk-Analysis-FMEA-HACCP
    5. MANAJEMEN PERSEDIAAN
    6. Materi Internal Audit 19011
    7. Pengenalan ISO 9001 & Dokumentasi
    8. Presentasi ISO 9001-2000
    9. Presentasi SNI 19-9001-2000
    10. Process FMEA
    11. Strategi Manajemen Pembelian dan Supply Chain

    VI. ISO 14001 :
    1. 1400 Certification
    2. Hazard Communication
    3. Internal Audit Training
    4. ISO 14001
    5. ISO 14001- OHSAS – SMK3 – Audit modifikasi
    6. OGSM pelatihan ISO 14001
    7. OHSAS 18000
    8. Pelatihan Internal Auditor
    9. Penanganan Limbah B3
    10. Pencapaian PROPER New
    11. Pengelolaan LK3
    12. Perbandingan Penawaran ISO 14001 2004

    VII. Others :
    Sebagai bonus (pengetahuan ringan), terdiri lebih dari 30 files

    VIII. Plastics :
    1. 2_Elements of the mold
    2. Applications
    3. Basic Design Issues With Copolyesters
    4. Basic Molding Issues With Copolyesters
    5. Chem Eng Plastic
    6. EBM Mkt Tech Presentation
    7. ESPBU General
    8. General Medical
    9. Hot & Cold Runner
    10. Keys to Successful Molding
    11. MOLDING
    12. MOULD MATERIAL DOLPHIN

    IX. Sanitation :
    1. Calmic & sanitact product
    2. Discreet presentation
    3. Food Medixair
    4. Initial Healthcare
    5. Medical – Medixair
    6. Presentation DCM
    7. Presentation for Caltex
    8. SARS For Medixair

    X. SM-K3 :
    1. 18001_OHSAS
    2. Acccident & Behaviour
    3. B-3 Training
    4. Bapedalda Emisi B3
    5. Biomechanics of Spine
    6. Defensif Driving
    7. Drive Safe1
    8. ERGONOMI
    9. Evaluasi Potensi Bahaya
    10. FIRE PROTECTION FACILITIES
    11. Fire Safety Management
    12. H 2 S
    13. Handling B-3
    14. Hazard Communication ( MSDS )
    15. Identifikasi Bahaya
    16. IR Inspection
    17. Irish Towtruckteam
    18. K3 di Industri Farmasi
    19. K3 Listrik
    20. Kesalahan Dalam Bekerja
    21. Keselamatan & keamanan kerja
    22. Konsep Emergency Response
    23. Modul A-02 Proteksi Bahaya Peledakan
    24. Modul A-03 Sistem Pengendalian Asap
    25. Modul A-06A Pengujian Sifat Bahan
    26. Modul A-08 Evaluasi Sistem Proteksi Kebakaran
    27. Modul A-09 Performance Based Design
    28. Modul AK3 Pengenalan SMK3___slide_6_20
    29. Modul Forklift Linde Yang Rusak
    30. Organisasi Tanggap Darurat
    31. P2K3
    32. Paradigma Baru Safety
    33. Pelatihan Anggota BK-3 MODIFIKASI
    34. Pencapaian Proper New
    35. PENGOLAHAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN
    36. Perilaku Manusia Menghadapi Kebakaran
    37. POLWIL Malang
    38. Presentasi PENANGANAN BAHAN BERBAHAYA1
    39. Presentation Penyebab kecelakaan
    40. Prinsip-Prinsip Ergonomi
    41. Refresh K3L (Sifht Paradigm)
    42. Rencana Tanggap Darurat
    43. Rapat Tinjauan Management SMK3 & ISO
    44. Safety Training for family
    45. Seminar_safety
    46. Sistem Pelaporan Kecelakaan
    47. Sistem Pengawasan K3
    48. SMK3 – Manajemen Resiko (IBPR)
    49. Tabrakan Forklift
    50. OHSM (Fenomena Kebakaran)
    51. OHSM _Accident & Insident Investigation
    52. Upaya Management K-3

    Khusus bagi yang berminat kami menawarkan untuk mengirimkan 1 keping CD tersebut, dengan menggantikan biaya pembuatan dan biaya pengiriman (khusus untuk pulau Jawa) dengan biaya sejumlah Rp. 125.000,- (#seratus dua puluh lima ribu rupiah#) included, sedangkan untuk diluar pulau Jawa dengan biaya sejumlah Rp. 175.000,- (#seratus tujuh puluh lima puluh ribu rupiah#) included

    Bila bapak ibu telah melakukan transfer dari bank dibawah ini :
    Sebagai alternatif Bank, kami sampaikan 3 alternatif yang bisa dipilih salah satu untuk memudahkan dalam transfernya :

    1. Buku : Tabungan Mandiri,
    Kantor Cabang : Surabaya, Gentengkali,
    Nama : Silvia Eko Sri Setioningsih,
    No. Rekening : 141 000 456 8127

    2. Buku : Tahapan BCA,
    No. Rekening : 331 020 8018,
    KCP : Jl. Ahmad Yani No. 183, Blimbing – Malang,
    Atas Nama : Silvia Eka Sri Setioningsih.

    3. Buku : Tabungan Syariah Plus, BNI 46 Syariah,
    Kacab Syariah Malang : Jaksa Agung Suprapto,
    No. Rekening : 01 2501 4127,
    Atas Nama : Agus Setiyawan Mulyono

    Mohon untuk segera mengirimkan data alamat selengkap lengkapnya dan nama yang tercantum direkening yang melakukan transfer (untuk memudahkan kami dalam tracingnya di internet banking), ke email : agus@fact.otsuka.co.id Demikian yang kami sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan menjadikan ilmu yang berguna. Terima kasih banyak, dan sekali lagi mohon maaf bila tidak berkenan.

    Hormat Kami,
    INDEPENDENT β€œTRAINING-DEVELOPING-CONSULTING”
    Ir. Agus Setiyawan MM, Chem. Eng
    http://www.agusotsuka.wordpress.com
    HP : 081 333 841183, 0341 5455330 (24 Jam)
    (TBR) The Balearjosari Residence B – 41, Jl. Pahlawan – Balearjosari, Malang 65126
    Telp. 0341 – 426 244 ext 100 (bisa tinggalkan nomer telp, nanti kami call back) Fax. 0341 – 426 644 (direct)

    experidated penawaran 05-08-2008

    Catatan : Jika Bapak dan Ibu menginginkan copy cd untuk dikirimkan terlebih dahulu, mohon untuk segera mengirimkan alamat lengkap pengiriman tempat Bapak dan Ibu bekerja dengan nomer telepon, nomer facsimile serta No. HP (untuk memudahkan pihak Pandu Siwi dan Indo logistic maupun tracing kami baik pengiriman maupun transfernya), baru dilakukan transfer setelah copy cd diterima Bapak dan Ibu, paling lambat 3 hari setelah penerimaan copy cd.

  25. 25 Fifit Juli 22, 2009 pukul 8:59 pm

    Cak, klu jamuran di kaki waktu hamil trus obatin sendiri pake cream ketoconazole or miconazole boleh ga cak? Coz slma hamil sy ada jamuran dkulit cak, jd saya cb pke cream merk dagang kalpanax contohnya..

  26. 26 cakmoki Juli 23, 2009 pukul 3:26 am

    @ Fifit:
    Boleh. Ketoconazole dan myconazole salep, aman pada kehamilan.
    Pemakaiannya setidaknya selama 4 minggu secara terus menerus.
    trims

  27. 27 alya Agustus 24, 2010 pukul 1:49 pm

    cak aku hamil 7 bulan jalan selangkanganku seperti jamuran, akibat gesekan pahaku, aku pakai kalpanax cair tipis2, apa amn untuk bayiku? thax

  28. 28 cakmoki Agustus 24, 2010 pukul 7:21 pm

    @ alya:
    Aman πŸ™‚

  29. 29 montokd2p Oktober 8, 2010 pukul 5:12 am

    Assalamu’alaikum
    Ini saya lg cak….
    binggung mo msk kmr mana…? Antara Vertigo, hamil anggur n hamil diluar kandungan

    Begini cak….
    Istrikan lg hamil (mo 8 bln), beberapa hr ini sering sakit kepala,tp sakitnya cm di bagian kanan kira2 di atas telinga. Katanya sakitnya datang tiba2,pas lg sakit2nya (kyk skrg) klo di pegang urat2nya terasa banget.

    Rasa sakit tsb seperti jalan2, tp muter2 di skitar atas telinga aja (bkan jln di t4). Emang sich istri sering sakit kepala (akibat beban kerja ).di bawa tdur bsknya udah smbuh.

    Tp mnrtnya sakitnya kali ini beda,ga kyk biasanya…,udah 2 minggu cak. Biasanya 3 ato hr 4 kambuh,tp dah 2 hr ini berturut2. Yg aneh skit cm mlm aja.

    Istri bilang mgkn “msk angin”,
    Trus kubilang “anginnya masuk dr mana…? Dr telinga ya…?… E… malah di cubit aq cak….

    Utk sementara ini minum asam mefenamat klo rasa sakit datang.
    Amankah cak…? Apa ada obat lain yg lbh aman…?
    Aq hanya bc sepintas artikel di atas,postingnya malah blum ta bc. Soale istri ngeluh + ngomel2

    Dr jam 2 td tanganku bagi2 tugas cak, kanan ngetik (ngeblog),kiri mijit kepala istri….. Lha yg di pijit malah tidur….

    Makasih infonya cak….

  30. 30 montokd2p Oktober 8, 2010 pukul 5:47 am

    O ya cak….
    Aq gak minum obat macam2
    Cm ketokonazole utk jamur (udah di stop mulai hr ini), loratadine (gatel, msh trus 1×1) n asam mefenamat (nyeri msh trus 1 x 1).
    Utk ketokonazole salepnya jg di stop. Total waktu terapi jamur 28 hr, (lingkari tanggalan) menurutku sembuh,menyisakan bangkainya doang (tu bekasnya item2)….

    Skrg aq pk revanol utk lecetnya, gak ngerti hrs pk obat apa. Takut kenapa…?

    Sekarang antara nyeri n gatel koq hampir sama ya cak…. Gatelnya jg kyk nusuk2.(paling gatel antara kantong n dubur),nyeri + gatel (nusuk2) di antara kantong n tangkai (kanan kiri jg di cucaknya). Selangkangan kanan kiri bykan nyerinya drpd gatelnya…

    Sekali lg makasih ya cak udah ngerepotin…..

  31. 31 montokd2p Oktober 8, 2010 pukul 6:40 am

    Cak….
    Ya diatas (ketokonazole) hapus aja salah kamar….
    Maaf ya cak

  32. 32 cakmoki Oktober 8, 2010 pukul 1:56 pm

    @ montokd2p:
    Wa’alaikumsalam…
    Udah bener pake asam mefenamat, gak papa.. obat tersebut adalah Kategori B pada kehamilan dan menyusui yang artinya aman, sama amannya dengan multivitamin yg biasa dikonsumsi wanita hamil.
    Obat lain yang dapat digunakan misalnya: metamizol (merk dagang, misalnya: pyronal, dkk), dipiron (merk dagang, misalnya: Panstop). Namun bila merasa lebih cocok dengan asam mefenamat, silahakn menggunakan asam mefenamat yg diminum saat sakit kepala saja.

    Pada umumnya, sakit kepala (headache, cephalgia) berkaitan dengan aktifitas sehari-hari. Atau dapat juga karena gangguan organ di sekitarnya, misalnya: gigi berlobang (walau giginya gak sakit, seringkali menimbulkan keluhan kepala), gangguan pada mata, Rhinitis (pilek-bersin-hidung buntu), dll.
    Lokasi sakit kepala, dapat timbul di seluruh kepala, leher, dan bagian kepala yg lain.

    Tentang keluhan kuli penjenengan, ntar saya jawab via email.
    Maturnuwun πŸ™‚
    Moga sehat selalu dan selamat bercubit-cubitan πŸ˜€
    Wassalam

  33. 33 montok Oktober 24, 2010 pukul 3:07 am

    Assalamu’alaikum….
    Maaf yo pakpo ini saya lg….

    Begini pakpo istrikan lg hamil 8 bulan,nach di kulit lengan amp punggung tangan n kaki (betis kebawah) byk bentol2 kecil2 merah….kyk bruntusan.,trus gatel

    Sy ga brani ngasih minum obat… Takut ngaruh ama janin…*foto langsung dikirim*

    Maturnuwun yo pakpo

  34. 34 cakmoki Oktober 24, 2010 pukul 11:15 am

    @ montok:
    Wa’alaikum salam….
    Kalo hanya antihistamin dan obat topikal gak papa.
    ok, habis ini langsung lihat foto πŸ™‚
    Maturnuwun… wassalam

  35. 35 montok Oktober 24, 2010 pukul 6:33 pm

    Ok. Sy udh buka email….
    Mo ke apotik nyari (beli ding) obatnya….

    O…ya pakpo, kmrinkan istri sdh periksa lab soal keputihan(sekret cairan).
    Yg saya inget,dr 6 ato 7 item yg positive cm 2.
    1. EPITEL : POSITIVE : + 1.
    2. BAKTERI : POSITIVE
    yg lain Negative…

    Menurut dokter obsgyn, klo bakterinya berasal dr air… Jd utk cebok di sarankan pk air mateng…menurutnya percuma di obati,pasti akan kambuh lg…

    Solusinya sy masak air trus ta tandon di ember yg pk tutup… Khusus utk cebok istri n anak peyempuan….

    Emang sy pk air sumur (jetpump), dengan tandon kapasitas 2000 ltr….
    Thun 2006 air pernah sy bw ke lab…hslnya air tsb baik,n layak utk di konsumsi….

    Tandon sy bersiin 6 bln sekali, adakah solusi lain utk menstrikan air ? Ato pakai kaporit ?
    Trus maksud dr EPITEL : POSITEVE : + 1 itu apa pakpo ?
    Dokternya sy tanya cm senyum aja (untung ayu),jd males dech mo nanya lg….

    Maaf ngerepotin mulu pakpo…
    Maturnuwun yo pakpo….

  36. 36 cakmoki Oktober 24, 2010 pukul 10:30 pm

    @ montok:
    Bakteri positif, bisa bakteri patogen (bakteri yang menyebabkan penyakit), bisa juga bakteri non patogen (tidak menyebabkan penyakit). Normalnya, di situ emang ada bakteri non patogen yang menjaga area tersebut agar tidak terinfeksi bakteri patogen.
    kalo keputihannya jernih, gak banyak dan gak berbau, berarti gak papa.
    Adapun membersihkannya dengan air bersih… gak harus air mateng…emangnya mau dipake wedang jahe tah ? … πŸ˜€ …qeqeqe

    Epithel, adalah sel-2 di permukaan tubuh kita…di kulit, dalam mulut…saluran kecing dll…dll
    Jadi…epithel pada pemeriksaan air seni, sekret vagina, mulut, dll…adalah normal dan emang positif ..karena epithel selalu berganti dengan epithel baru…nah , epithel yg luruh dan tergantikan dengan epithel baru tersebut menghasilkan hasil pemeriksaan yg positif.
    Doktere ayu gak takon rugi dongggg πŸ˜›

    Maturnuwun

  37. 37 montok Oktober 25, 2010 pukul 2:54 am

    Wedang jahe ? Hehehe…. Iya jg ya, mgking emang sy yg terlalu parno pakpo….
    Abisnya klo ngeliat anak istri sakit sy bener2 ga tega,klo bisa biar sy aja yg gantiin sakitnya mereka…..

    Saya jd lebih tenang skarang…
    Maturnuwun yo pakpo…

  38. 38 cakmoki Oktober 25, 2010 pukul 2:16 pm

    @ montok:
    iya, saya bisa memaklumi… makanya dengan ngobrol model begini (bahasa keren-nya diskusi), setidaknya bisa saling berbagi…termasuk yang kebetulan nyasar baca-baca obrolan kita.
    Ngomog-2 soal tata cara membersihkan area sensitif tersebut, silahkan baca artikel di Blog ini, pada link berikut:
    https://cakmoki86.wordpress.com/2009/01/09/agar-miss-v-lebih-kinclong/
    Tapi ati-ati, gambarnya saru lho πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    Maturnuwun

  39. 39 montok Oktober 28, 2010 pukul 2:44 am

    Mau laporan pakpo….
    Alhamdulillah….
    Sekarang istri udah smbuh….

    kenanya kmrin teryata dr semacam kutu…(kyak hewan yg biasanya terbang/nempel di kulit pisang

    Anehnya kutu ini seneng di tempat bersih, di pakaian yg di jemur ato di ubin yg abis di pel… Padahal sy ngepel pk karbol…

    Solusinya pd sambungan ubin ta kasih kemper (di haluskan) + kapur (anti kecoak) + ta pel pake karbol…

    Saya tau karna kmrin sempat kena, tempatnya sama ama istri yg kena kmrin….(di depan kulkas)
    Padahal tempat tsbt di pel tiap hari…

    Saya jd ingat… Di salah satu artikel pakpo, ada teman blogger yg menanyakan hal yg sama… Kalo ga salah blogger tsb jg melampirkan foto hewan tsbt… Tp sy lupa posisinya artikel apa…?

    O ya pakpo udah plg (palaran) ?, saya mo konsul tp ga di forum, ga enak hehehe… (ga enak kasih kucing aja)

    Suwun yo pakpo….

  40. 40 montok Oktober 28, 2010 pukul 2:54 am

    Koq kepotong ya ???
    Maksudnya sembuh dr gatel2, n kulitnya jg udah ga betol2 merah lg…

    Maturnuwun lg yo pakpo….

  41. 41 cakmoki Oktober 28, 2010 pukul 1:53 pm

    @ montok:
    udh plg Palaran sejak Sabtu malam…
    Monggo via email boleh.
    Tentang hewan (kutu), ntar saya cek lagi apakah masih ada fotonya ato sudah sy delete. Mungkin di artikel Scabies
    Maturnuwun


  1. 1 Keamanan obat pada kehamilan « Kuliah Bidan Lacak balik pada Juli 19, 2008 pukul 1:29 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,272,598 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: