Janjinya Bos, mohon ditepati

ROAD TO KT-1 : SAATNYA MENEPATI JANJI

Perhitungan suara Pilkada Gubernur Kaltim periode 2008-2013 belum usai, kepastian pemenang belum diketahui, pun kelanjutan Pilkada jika perolehan suara para calon tidak ada yang mencapai 30% plus 1. Akankah berlanjut putaran ke 2 ? Entah ….

Di tengah ketegangan para calon dan tim suksesnya menunggu detik demi detik perolehan suara, tak ada salahnya kita menengok kebelakang dengan mengingat kembali janji-janji yang pernah terucapkan sebagai landasan menentukan langkah ke depan bagi sang pemenang dan (khususnya) bagi masyarakat Kaltim.

Bagaimanapun, janji-janji para calon adalah salah satu pertimbangan menentukan pilihan bagi para pemilih, dengan harapan sang pemenang menepatinya jika kelak terpilih sebagai Gubernur Kaltim.

JANJI-JANJI PARA CAGUB DAN CAWAGUB KALTIM

Pasangan : Awang Faroek Ishak – Farid Wadjdy

  1. Pembangunan dan perbaikan jalan untuk menggerakkan ekonomi rakyat sebesar 600 milyar rupiah per tahun.
  2. Revitalisasi pertanian, perikanan dan kehutanan dengan dana 500 milyar rupiah per tahun.
  3. Perbaikan listrik dan program satu genset satu desa dengan anggaran 200 milyar rupiah per tahun.
  4. Penyediaan akses sekolah gratis, bantuan buku, perbaikan gedung sekolah dan lainnya dengan anggaran sebesar 1 trilyun rupiah atau 20% dari APBD.
  5. Pelayanan kesehatan gratis, program 1 Puskesmas 2 dokter, dan peningkatan pelayanan untuk kesehatan ibu, anak dan lansia dengan alokasi anggaran sebesar 200 milyar rupiah.
  6. Penyerapan 300 ribu tenaga kerja melalui pengadaan dan pengembangan UKM dengan anggaran 100 milyar rupiah per tahun.
  7. Bantuan untuk tempat ibadah bagi semua agama dengan anggaran 50 milyar per tahun.
  8. Menciptakan aparatur pemerintahan yang bersih, bebas KKN.
  9. Jika dalam 3 tahun tidak memenuhi dan tidak menyediakan anggaran sebesar yang tercantum dalam APBD yang diajukan Pemprov, AFI bersedia mundur dari jabatan Gubernur dan wakil Gubernur Kaltim.

Pasangan : Nusyirwan Ismail – Heru Bambang

  1. Mengembangkan modal dan ketrampilan usaha.
  2. Mengembangkan bakat dan kewirausahaan untuk generasi muda.
  3. Sekolah dan berobat gratis yang berkualitas.
  4. Pembangunan jalan dan prasarana transportasi, listrik dan air minum.
  5. Pertambangan berwawasan lingkungan.
  6. Membangun desa terpencil dan wilayah perbatasan.
  7. Mengembangkan agribisnis dan agrobisnis.
  8. Membangun kehidupan beragama.
  9. Mengembangkan keragaman seni budaya dan olahraga.

Pasangan : Achmad Amins – Hadi Mulyadi

  1. Membebaskan biaya pendidikan dan kesehatan di semua lapisan masyarakat.
  2. Memperpendek jalur birokrasi dan pelayanan pemerintahan.
  3. Memberikan kesejahteraan pada masyarakat, pegawai, TNI, dan Polri dengan mengggunakan sistem reward dan punishment.
  4. Membantu pemkot dan kabupaten menyediakan fasilitas pendidikan yang memadai.
  5. Membantgu dan menunjang kota dan kabupaten dalam mengatasi energi listrik.
  6. Membangun infrastruktur jalan.
  7. Menciptakan kesempatan kerja dalam mengembangkan dunia usaha dan industri.
  8. Penciptaan sistem pemerintahan bebas KKN dan transparan.

Jusuf SK – Luther Kombong

  1. Memberantas korupsi dan kemiskinan.
  2. Pembukaan peluang investasi dan lapangan kerja.
  3. Pembangunan infrastruktur jalan antar kota dan pedalaman.
  4. Pengembangan UKM, petani dan nelayan.
  5. Pengutamaan pendidikan dan kesehatan.
  6. Penanganan krisis listrik dan air.
  7. Pemberdayaan perempuan.
  8. Pembinaan kerukunan antar etnis dan umat beragama.

Sumber: Kaltim Post, edisi Senin, 26 Mei 2008.

:: :: :: JANJI-JANJI TELAH TERUCAP :: :: ::

Itulah janji-janji para calon untuk meraih simpati para pemilih dan tentu (khusnudzon) dilandasi niat luhur untuk memajukan Kaltim setidaknya dalam masa 5 tahun ke depan.

Mengingat untaian janji di atas nampak manis sedangkan kenyataan selama ini gini-gini aja (listrik byar pet, jalanan buruk, minim air bersih, gratisan tak berkualitas, penanganan DBD tak pernah serius…dll…dll), sebagai warga Kaltim saya patut mempertanyakan sekaligus sebagai pengingat bagi para calon dan pendukungnya bahwa janji tersebut benar-benar ditunggu realisasinya oleh warga Kaltim (dalam 5 tahun) dan tentu disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

  • Akankah janji-janji ditepati dengan jujur dan penuh keikhlasan?
  • Akankah janji-janji hanya dijadikan program sebagai alat untuk menangguk keuntungan pribadi dan kelompoknya?
  • Akankah sang pemenang tidak korupsi?
  • Akankah masa tua sang pemenang kelak berakhir di balik jeruji besi?

Saya masih percaya, para calon adalah tokoh pilihan (setidaknya dari sudut pandang parpol yang mengusungnya) yang benar-benar akan membawa Kaltim ke arah perbaikan di semua sendi kehidupan.

Semoga sang pemenang menjadi pemimpin teladan, mendapatkan limpahan rahmat, hidayah dan ridho-Nya. Amin.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

🙂

Iklan

24 Responses to “Janjinya Bos, mohon ditepati”


  1. 1 ManusiaSuper Mei 28, 2008 pukul 6:58 pm

    Janji ini harus dicatat, dua atau tiga tahun dari sekarang, saya akan mengirimkan copi dari posting ini ke Gubernur Terpilih.

    Sayang waktu pilkada Gubernur Kalsel dulu saya belum nge-blog…

    Eh Cak, kalau tidak salah, batas minimal pemenang itu 25 persen total suara, bukan 30. Nanti saya cek lagi.

  2. 2 helgeduelbek Mei 28, 2008 pukul 8:00 pm

    Wah saya berharap begitu pulang ke kaltim, cak moki sudah jadi walikota Samarinda atau kabupaten mana kek terserah… biar ada rekor blogger yg jadi pejabat daerah… 🙂

  3. 3 Yudhi H.Gejali Mei 29, 2008 pukul 12:59 am

    Sebenarnya para calon kepala daerah tersebut sadar engga sih, janjinya akan dikritisi dan ditunggu penggenapannya oleh Rakyat???

    Kalo tau, kenapa tetap aja “janji tinggal janji” yah???
    Sudah tau rakyat paling benci “janji tinggal janji”! Kok, masih diulangi terus, ga belajar dari pendahulunya apa..

    Hmmh, ya udahlah, semoga kali ini engga ya Cak!

  4. 4 itikkecil Mei 29, 2008 pukul 9:34 am

    tagih janjinya…. tagih janjinya…..

  5. 5 Wempi Mei 29, 2008 pukul 9:53 am

    ini benar-benar janji apa program/planning kerja, terkadang media kita salah ketik ato salah tangkap (mudah-mudahan tidak)

    kalo program/planning kerja bisa saja berubah (wajar), mungkin karena perubahan tatanan ekonomi, sosial, politik. sehingga keputusan yang lain yang harus di putuskan waktu itu jadi lebih penting dari pada yang sudah direncanakan.

    jika ini janji, setuju harus di tepati.

    salut buat penulis zaman dulu yang membuat,
    sumatera dan jawa DISATUKAN oleh selat sunda ketimbang
    sumatera dan jawa DIPISAHKAN oleh selat sunda.

  6. 6 sagung Mei 29, 2008 pukul 11:21 am

    Jangan janji kalau tak bisa menepati …….. 🙄

  7. 7 cakmoki Mei 30, 2008 pukul 2:17 am

    @ ManusiaSuper:
    siip Cil, kita save janji Gubernur terpilih … ntar kita posting setiap tahun 🙂
    Maaf … sejujurnya saya gak tahu persis tentang isi UU No. 12 tahun 2008 hasil revisi UU No. 32 2004. Ntar kabari ya …

    @ helgeduelbek:
    Met jumpa pak Guru 🙂 …kangen nih *peluk pak Urip*
    Ya, moga ada blogger jadi walikota atau bupati … kalo saya lebih suka jadi wali murid aja deh … berapa sih pak gaji walikota or bupati?

    @ Yudhi H.Gejali:
    pelajaran bagusnya: masyarakat terbuai dengan janji “perubahan” … gak tahunya perubahan harga BBM jadi naik alhasil semuanya naik kecuali daya beli kali ya … hahaha.
    Akhirnya kita biasanya ambil jalan tengah, “moga enggak ingkar janji”. Kalo ternyata gak ditepati, anggap aja kecelakaan …wuaaaaa.

    @ itikkecil:
    sabaaarrr mbak … belum waktunya nagih nih 🙂

    @ Wempi:
    wah… rancu kayaknya, abis tulisan tersebut dipasang juga di spanduk, leaflet dan baliho secara terpisah maupun dalam satu kesatuan. Bisa jadi rangkuman program prioritas, ..mungkin khalayak memandangnya sebagai janji karena rata-rata didahului dengan kalimat “kami akan” …

    apapun itu, … masyarakat menggantungkan harapannya pada yang tersurat … mungkin ga soal tertunda, yang penting terwujud dalam 1 periode masa jabatan … hehehe

    @ sagung:
    mestinya 🙂 … tapi janji itu bisa membuai 🙄

  8. 8 sibermedik Mei 30, 2008 pukul 2:10 pm

    untung aja gak ada yg berani Janji kawin ama monyet kalau janji2 diatas nggak ditepati.. :p

  9. 9 cakmoki Mei 30, 2008 pukul 4:50 pm

    @ sibermedik:
    wuaaaaaa … kejem rek 😛
    mungkin takut monyetnya ga mau

  10. 10 sagung Mei 30, 2008 pukul 6:18 pm

    Saya berjanji akan meninggalkan komen di blog ini secepatnya.

  11. 11 sagung Mei 30, 2008 pukul 6:31 pm

    Saya telah menepati janji saya cak .

    Saya sudah Lunas

  12. 12 sibermedik Mei 30, 2008 pukul 9:45 pm

    Jadi inget SUMPAH DOKTER ala anak Jakarta: “..Gue sumpahin Loe jadi dokter!!..” or “..Sumpah Deh! Gue pingin banget jadi dokter..”

    lha kok OOT..

  13. 13 cakmoki Mei 31, 2008 pukul 12:20 am

    @ sagung:
    trims maturnuwun…saya belumninggalin komen di sana ya … 🙂

    @ sibermedik:
    sumbang do’a: Semoga segera jadi dokter …aminnn 🙂

  14. 14 bacteria Mei 31, 2008 pukul 4:57 pm

    udah cak tinggal pilih , semoga yang terbaik

  15. 16 cakmoki Juni 1, 2008 pukul 2:11 pm

    @ bacteria:
    yaaaa… trims

    @ sibermedik:
    sing ke piro? ga cari data ke Londo kumpeni kan? 😛

  16. 17 Rita Juni 2, 2008 pukul 7:30 am

    Janjinya sih oke semua, semoga janji dan aktualisasinya selaras…. Kita liat aja nanti…..(blm yakin aja hehe)

  17. 18 imcw Juni 6, 2008 pukul 2:51 pm

    Sayang Cakmoki nggak jadi maju. 😦

  18. 19 iyan Juni 11, 2008 pukul 12:34 pm

    manis-manis ya janji nya…
    moga ga jadi pait…
    kayak obat nya pak moki…
    hahahahaha :)>- :)>-

    salam palaran…

  19. 20 cakmoki Juni 12, 2008 pukul 2:54 pm

    @ Rita:
    iya, kita belum yakin kalo belum ada bukti nyata … saat ini kita hanya bisa bisa berharap agar janji tersebut benar-benar ditepati, berkualitas dan memberi manfaat khususnya bagai rakyat jelata.

    @ imcw:
    hehehe,…maju jadi RT aja ogah …saya mending menekuni praktek Om Cok 😆

    @ iyan:
    ada obat yang manis Yan, Fanta merah … hahahaha

  20. 21 konsultasi kesehatan Juli 8, 2008 pukul 1:32 pm

    janji tinggal janji….?moga tidak

  21. 22 cakmoki Juli 9, 2008 pukul 12:18 am

    @ konsultasi kesehatan:
    moga 😀 juga *agak-agak pesimis*


  1. 1 Tambah atau kurang 1, Cakmoki ? « Pieces of Mind Lacak balik pada Februari 19, 2009 pukul 12:00 am
  2. 2 Tambah atau kurang 1, Cakmoki ? « dragus.cn Lacak balik pada Februari 16, 2011 pukul 6:21 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

No Korupsi

Internet Sehat

Translator

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,378,078 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters

Translate


%d blogger menyukai ini: