Jasa Konsultasi Gratis

HARI BAKTI DOKTER INDONESIA

20Mei 2008. Seabad Hari Kebangkitan Nasional. Para dokter di bawah naungan PB IDI, bersepakat menjadikan moment Hari Kebangkitan Nasional sebagai Hari Bakti Dokter Indonesia.

Sebagai wujud apresiasi atas perjuangan para dokter pendiri Budi Utomo ( dr. Wahidin Sudirohusodo, dr. Sutomo, dll ), maka kepada para dokter dihimbau untuk membebaskan jasa konsultasi di praktek mandiri dan menyumbangkan jasa konsultasi di praktek non-mandiri, seperti: klinik, RS dan sejenisnya, pada hari Rabo, 21 Mei 2008.

TEKNIS PELAKSANAAN

Praktek mandiri: membebaskan jasa konsultasi. Gak bayar. Menurut hemat saya (pendapat pribadi), yang dimaksud jasa konsultasi adalah jasa konsultasi, pemeriksaan fisik, baca hasil lab, pengantar rujukan serta pemeriksaan penunjang rutin yang tidak memerlukan bahan habis pakai. Adapun penggunaan bahan habis pakai, seperti: injeksi, rawat luka dan sejenisnya tidak termasuk dalam jasa konsultasi, so boleh tetap mengenakan biaya. Namun, perlu tidaknya mengenakan biaya rincian jenis layanan tersebut, terpulang kepada masing-masing dokter dan ketetapan IDI Cabang di setiap Kota.

Praktek non-mandiri: sumbangan jasa konsultasi untuk praktek non-mandiri, teknis pelaksanaannya diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing IDI Cabang di seluruh Indonesia, atau dapat disalurkan ke PB IDI melalui rekening Nomor: 00000230-01-001568-30-3.

Praktek Dispensing: adalah dokter praktek mandiri yang menyediakan obat bagi para pasiennya karena letaknya yang jauh dari apotik, terutama dokter ndeso β„’ .. bagi sejawat dokter dispensing, mungkin perlu menjelaskan kepada para pasiennya bahwa yang gratis atau gak bayar adalah jasa konsultasi termasuk pemeriksaan fisik rutin. Sedangkan obat tidak termasuk jasa konsultasi. Ini penting disampaikan kepada para pasien agar tidak menimbulkan salah pengertian.

Eh, maaf … sekali lagi, teknis pelaksanaan di atas hanya pendapat pribadi lho, karena hingga posting ini diluncurkan penulis belum berhasil mendapatkan petunjuk pelaksanaannya.

Walaupun hanya sehari, moga dapat bermanfaat bagi sesama.

Catatan:

Saat kami membicarakan masalah ini di RSU A. Muis Samarinda di sela-sela acara simposium dan workshop, beberapa teman sejawat bisik-bisik sembari berharap jangan sampai ada yang sengaja tutup praktek … hehehehe … namanya juga bisik-bisik dan harapan.

Bagi para pasien yang kebetulan berobat ke dokter praktek mandiri pada tanggal tersebut lantas dipungut bayaran jasa konsultasi, dapat menanyakannya … siapa tahu dokternya pura-pura lupa.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

πŸ™‚

Iklan

26 Responses to “Jasa Konsultasi Gratis”


  1. 1 aRuL Mei 16, 2008 pukul 4:39 am

    selamat hari dokter cak moki πŸ™‚

  2. 2 sibermedik Mei 16, 2008 pukul 6:44 am

    lha berarti kalau masyarakat ingin konsultasi n brobata gratis nunggu 100th lagi cak? selak dadi cadaver lak’an?

  3. 3 evi Mei 16, 2008 pukul 8:29 am

    siplah!
    smoga walau sehari banyak manfaatnya.

    setuju komen di atas. πŸ™‚

  4. 4 Shinta Mei 16, 2008 pukul 9:52 am

    Karena sifatnya himbauan ..berarti kalo tanggal 20 Mei nanti ada dokter yg masih memungut biaya jasa konsultasi..sah-sah aja kan cak … gak ada sanksi dari IDI kan?

    Cuma malu aja…masak setelah 100 tahun , dihimbau untuk gratisan sehariiii aja ..gak mau…pelit bangett…. πŸ™‚

  5. 5 Wempi Mei 16, 2008 pukul 10:48 am

    wah wempi pengin sakit ja tgl 21 mei 08, mo konsultasi gratis. konsultasi gratis ini buat yang sakit aja ato yang gak sakit juga boleh konsultasi cak?

  6. 6 Elyas Mei 16, 2008 pukul 2:45 pm

    khusus buat yang sakit kayaknya, soalnya kalo yang gak sakit juga ikutan priksa kasihan dokternya kebanjiran pasien tp ndak ada yang bayar

  7. 7 Sandra Mei 16, 2008 pukul 9:03 pm

    Jangan-jangan tanggal 20 Mei nanti berubah menjadi Hari Sakit Indonesia hikssss…. Gratis untuk ekonomi lemah boleh aja, tapi kalau datang berobat aja naiknya mercedes yo ojok sampek gratis rek…(tapi yo gak mungkin ya dokternya nanya “anda tadi naik apa ke sini”? hehehe..)

  8. 8 cakmoki Mei 17, 2008 pukul 12:21 am

    @ aRuL:
    makasih Daeng, masih diperjuangkan sebagai Hari Bakti Dokter Indonesia.

    @ sibermedik:
    Kayaknya setahun sekali … perasaan tiap tahun ada tuh, cuman moment-nya beda.

    @ evi:
    ya, semoga πŸ™‚

    @ Shinta:
    iya emang…sifatnya himbauan agar pada tanggal 21 Mei gak mungut biaya, kecuali biaya pengganti obat bagi dokter yang dispensing.
    Kalo tetep mungut gak ada sanksi apapun, mungkin takut dimarahi anak mertua karena pulang praktek gak bawa uang…hahaha

    @ Wempi:
    Mestinya yang sakit, kalo yang gak sakit mau periksa juga boleh, gratis juga… tapi siap-siap kena ompol bayi-bayi lho

    @ Elyas:
    iya πŸ˜€

    @ Sandra:
    Hehehe, iya kali..jangan-jangan praktek sampai sahur.. tapi gratisnya tanggal 21, soalnya tanggal 20 tanggal merah, doktere mlaku-mlaku, ngisis πŸ˜€
    Naik Mercedes gratis juga koq, biar merasakan antri dan duduk jejer ama yang naik sepedah onthel πŸ˜†

  9. 9 aLe Mei 17, 2008 pukul 5:56 pm

    belum pernah pake WLW ^^

    *beda fokus*

  10. 10 cakmoki Mei 18, 2008 pukul 4:21 am

    @ aLe:
    cobain Mas πŸ™‚
    kali-kali suatu saat perlu nulis pakai tabel … gak repot bikin kode html, tinggal insert.

  11. 11 Anggara Mei 19, 2008 pukul 10:49 am

    kalau ada yang sengaja tutup praktek bisa mengadu ke MKEK enggak cak?

  12. 12 cakmoki Mei 20, 2008 pukul 12:18 pm

    @ Anggara:
    wah, yang ini saya gak tahu πŸ˜€ …soalnya bersifat himbauan. Mungkin bisa, tindak lanjutnya gak tahu …hehehe

  13. 13 Sandra Mei 21, 2008 pukul 8:43 am

    Selamat Beramal hari ini..! Hanya Tuhan yang bisa membalas πŸ™‚

  14. 14 cakmoki Mei 22, 2008 pukul 3:19 pm

    @ Sandra:
    Amin πŸ™‚

  15. 15 dr.Irep Juni 16, 2008 pukul 2:31 pm

    disetor ke rekening IDI ah…saya mah kagak peraya, paling paling juga dimakan sendiri uangnya. emangnya pengurus IDI bisa apa ?

  16. 16 cakmoki Juni 17, 2008 pukul 3:22 pm

    @ dr.Irep:
    apa bisa dimakan sendiri ??? …idi mana tuh ??? …hehehe, kali pengurusnya merangkap sebagai bendahara πŸ˜€

  17. 17 dr.irep Juni 18, 2008 pukul 3:54 pm

    dimakan sendiri tapi rame rame gitu loh cak ( pengurus sendiri tanpa ngajak-ngajak anggota )bukannya saya apriori cak, kayaknya hampir semua tuh ( mungkin kali yee ) saya sih setuju aje jasa dokter gratis, karena kadang ada juga sih pasien berobat cuma bayar sepuluh rebu doang, habis kagak punya duit lagi katanya. mau diapakan lagi ya diiklaskan aja lah.CUMA NIH PROGRAM HARUS DIKERJAKAN DENGAN PROFESIONAL, JANGAN SEKARANG BUAT TAON DEPAN HILANG DITELAN BUMI

    OK Cak. Salam Perkenalan nih dari Ane
    dr. Irep.( garamit67@yahoo.co.id )

  18. 18 cakmoki Juni 18, 2008 pukul 4:15 pm

    @ dr.irep:
    ooooo, gitu tho … hehehe… iya emang, saya lihat sendiri, langsung tanpa perantara. Malah ada yang menggunakan moment tertentu, misalnya Simposium or Workshop or sejenisnya untuk “memeras” teman sejawat sendiri dengan dalih yang bisa dibuat agar nampak masuk akal bahkan kalo perlu “dimasuk masukkan akal”. Menghadapi yang model gini sebaiknya kita ga tinggal diam, kalo saya mending menentang walau akhirnya kalah suara ketimbang nelongso … piye??? πŸ˜€

    ya, adakalanya kita menghadapi pasien ga bawa uang atau uangnya kurang, misalnya seperti di atas itu, periksa and dapat obat beberapa jenis untuk beberapa hari, ndilalah hanya mampu bayar 10.000 … sama tuh di mana-mana kita suka ngalami seperti itu, …hehehe *tosssss*

    Salam kenal juga..trims
    Koq ga bikin blog aja sekalian, belum sempat yaaaa ??? πŸ˜€

  19. 19 dr.irep Juni 20, 2008 pukul 1:44 pm

    yaach gitulah cak kondisi bangsa kita ini, sebetulnya saya sudah capek mengkritik kondisi bangsa ini khususnya dunia kedokteran. sebulan yang lalu saya kaget menerima SMS DALAM RANGKA HARI KEBANGKITAN NASIONAL AKAN DIADAKAN GERAK JALAN PARA DOKTER ANGGOTA IDI BAYAR 50 REBU DAPAT TOPI, KAUS, SERTA SERTIFIKAT 5 SKP diselenggarakan pengurus CABANG IDI ( Sory ye gak saya sebut daerahnya,kesian ntar jadi diledekin orang, tapi di propinsi Jawa Barat dah )Weleh-weleh mau mengejar target SKP dari KONSIL KEDOKTERAN ( sory lupa jumlah tepatnya) kok malah buat gerak jalan bukannya ngadain seminar…Belakangan ini saya mendapat pencerahan ternyata awal pergerakan dulu peran dokter dokter sangat besar, seperti dr Sutomo yang terkenal dengan BUDI UTOMONYA, serta dr. Wahidin dan Dr.Cipto . RUAR BIASA . Mereka tidak hanya pintar menyuntik pasien, tapi juga jago menyuntik semangat rakyat Indonesia Untuk MERDEKA.kayaknya saat iniLAH para dokter nih yang bisa TAMPIL membereskan bangsa kita yang amburaduuuuuuuuuuuuu…dul..dul…dul
    BIKIN BLOG.??????????AH..AH..AH..Bisa ikutan NIMBRUNG di BLOG ini aja sudah alhamdulilah…………BUKANNYA SIBUK BOS taPI soalnya aNe ini termasuk mahkluk yang GAPTEK..TAPI BOLEH JUGA TUH CAK,…cuma ene diajarinnya yeeeeeee.( nTar kAlau Ngirim ke E-mail nya Cak Tolong direspon ye he..he..he.. ) OKE CAK SELAMAT BERJUANG DENGAN BLOG NYA, KALAUPUN KITA TIDAK BISA SEPERTI DR. SUTOMO CS, minimal 12% bisalah mewarisi semangat mereka..MERDEKAAAAAAAAAA…………….

  20. 20 cakmoki Juni 21, 2008 pukul 10:39 pm

    @ dr.irep:
    hahaha, *ngakak beneran* … lama-lama bikin acara balapan karung dapet 10 SKP tuh πŸ™„
    iya, sebulan yg lalu kami di sini ngadakan simposium dan workshop EKG untuk dr umum (termasuk saya), pada kesempatan tersebut ditayangkan juga perjuangan para pendahulu kita dalam kiprahnya membangkitkan semangat nasionalisme, beberapa meninggal dibantai londo dan jepun … moga dengan semangat kebangkitan nasional, kita setidaknya dapat meniru perjuangan dan pengorbanan para dokter pendahulu kita, bukan hanya cari duit mulu …hahaha… wah 12% mah, hebat πŸ˜€
    Merdeka !!!

  21. 21 Leonardy November 8, 2010 pukul 12:16 pm

    Salam Berkenalan dengan Dokter, nama saya Leonardy Laki umur 60thn Tinggal di Jakarta Selatan.

    Dokter yg baik, mohon tanya: saya baru cek Lab. hasilnya :
    SGOT/AST : 28 SGPT/ALT : 73(ini agak tinggi)
    GAMMA GT : 47.0
    Total Cholesterol : 137.0 mg/dl
    HDL Cholesterol : 41.0 LDL Cholesterol : 71.6
    Triglyceride : 122.0
    Pertanyaan saya kalau SGPT agak tinggi, harus bagaimana caranya utk bisa menekan sampai keangka normal dibawah <66 , bisakah dengan cara dari makanan atau dari supplement food, atau dari cara yg lain tidak makan obat? pernah saya coba minum tablet "Curcuma" tapi hasilnya lambat dan tidak berarti!
    Kiranya demikian dahulu pertanyaan dari saya, mohon mendapatkan saran2 yg baik dari Dokter, sekian Terima Kasih

    Salam Sejahtera

    Leonardy

  22. 22 cakmoki November 8, 2010 pukul 2:57 pm

    @ Leonardy:
    Yth, Bpk Leonardy,
    SGPT meningkat, dapat disebabkan oleh banyak faktor… menilik bahwa tidak ada kelainan lain pada nilai Lab, kemungkinan pemicunya berkaitan dengan aktifitas fisik, misalnya: kurang tidur, pasca perjalanan, aktivitas yang berlebihan dan sejenisnya.
    Untuk menurunkannya, diantaranya:
    > Istirahat dalam jumlah cukup.
    > Tidak beraktifitas berlebihan.
    > Makan makanan bergizi seimbang, terutama yang mengandung protein tinggi.
    Adapun obat tidak selalu diperlukan. kalupun perlu obat, cukup dengan Methycol saja… setelah itu dapat dilakukan follow up setelah 6 minggu.

    Semoga sehat selalu. πŸ™‚
    Terimakasih
    Salam

  23. 23 Leonardy Mei 10, 2011 pukul 2:22 pm

    Dokter yg baik,

    Berkat nasehat dokter saya minum obat Methycol hasilnya saya tgl.4 Mei2011 cek Lab hasilnya : SGPT : 64 (yg lalu 73) tapi sekarang SGOT :39 (yg lalu 28) Total Cholesterol : 144.0 mg/dl
    HDL Cholesterol : 37.0 LDL Cholesterol : 83.6
    Triglyceride : 117.0

    Pertanyaan saya : kenapa SGOT malahan naik Dok, mohon tanya apa sebabnya bisa begitu? kejelasan fungsi SGOT bagaimana? cara utk tekannya harus bagaimana? apakah sekarang saya masih perlu minum Methycol atau berhenti dahulu!

    Perlu tidak minum tablet “Curcuma”

    Demikian dahulu pertanyaan dari saya, mohon mendapatkan saran2 yg baik dari Dokter, sekian Terima Kasih

    Salam Sejahtera

    Leonardy

  24. 24 cakmoki Mei 10, 2011 pukul 4:40 pm

    @ Leonardy:
    Yth, bpk Leonardy,
    Terimakasih informasinya.
    SGOT adalah enzym yg diproduksi oleh sel hepar (liver). Enzym tersebut dapat meningkat jika sel-2 liver mengalami gangguan atau kinerja liver meningkat oleh berabgai faktor sebagaimana yg saya sebutkan pada jawaban terdahulu.
    Peningkatan SGOT atau SGPT dalam jumlah sedikit, tidak serta merta menandakan adanya penyakit, kecuali peningkatanya berlipat-lipat hingga mencapai di atas 100, dimana diperlukan follow up secara menyeluruh.
    Untuk menurunkannya, selain tips di atas dan methycol, dapat juga menggunakan Curucuma sebagaimana yg penjenengan sebutkan. Obat tersebut ga ada efek sampinya dan aman digunakan dalam jangka panjang.
    Semoga sehat selalu.
    Terimakasih

  25. 25 vita Mei 21, 2011 pukul 2:39 pm

    boong ah , wong saya konsultasi tgl 20 tp kena biaya konsultasi

  26. 26 cakmoki Mei 21, 2011 pukul 2:55 pm

    @ vita:
    Yang ga gratis, jasa konsultasinya disetor ke rekening or IDI setempat sebagimana ketentuan di atas πŸ™‚


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,301,967 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: