Senyuman Kartini

R.A. KartiniSenin, 21 April 2008 kita memperingati Hari Kartini. Saya tidak akan menulis sejarah panjang perjuangan beliau dan para penerusnya dalam upaya menyetarakan harkat dan martabat kaum hawa di Indonesia. Pada hari yang bersejarah ini saya hanya ingin mengungkapkan sedkit uneg-uneg terkait peringatan Hari Kartini.

Pertama: Karnaval Kartini-an

Belakangan ini, di daerah kami tak nampak lagi karnaval Kartini-an. Senang rasanya menyaksikan barisan panjang gadis-gadis kecil didandani beragam pakaian daerah, terutama siswi TK dan SD, berjalan gembira melangkahkan kaki mungilnya. Celoteh mereka bak senandung merdu diterpa jeritan riang di bawah sinar mentari pagi. *halah sok puitis*. Senyuman Kartinipun (mungkin) mengembang menyaksikannya… Koq sekarang ga ada lagi kenapa ya ? apa di daerah lain juga gitu ? Ahhhh, pingin rasanya punya anak cewek ๐Ÿ™‚

Kedua: Runtuhnya dominasi kaum lelaki

Pelan namun pasti, dominasi kaum lelaki mulai runtuh seiring dengan perkembangan jaman di hampir seluruh sendi kehidupan. Kini bukan lagi suatu keanehan melihat suatu insitusi dipimpin perempuan tanpa harus meninggalkan kodratnya. Bahkan negeri inipun pernah dipimpin presiden perempuan. *boleh jadi tahun depan ada capres perempuan, semoga*. Ini hanya salah satu contoh potret kesetaraan di antara banyak contoh lainnya. Senyuman Kartinipun (mungkin) mengembang menyaksikannya… *mikir: subtitel di atas mungkin lebih cocok berlabel: bangkitnya kaum perempuan. Eh?*

Ketiga: Saling sikut lelaki-perempuan

Hari gini, masih jua kita disuguhi berita Pelecehan dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga yang korbannya adalah perempuan. Lebam biru, sayatan dan aneka bentuk penganiayaan menghiasi sekujur tubuh perempuan. Sedih !!! Mengapa begitu? Ahhh, airmata Kartinipun (mungkin) menetes menyaksikannya…

Di sisi lain, kadang kita mendengar betapa menakutkannya perempuan hingga membuat ciut nyali suaminya.

Dalam sebuah kesempatan di suatu simposium, Seorang Profesor pernah guyon:” …teman sejawat saya, seorang Profesor, sangat disegani karena keilmuannya. Baru dengar namanya disebut saja, para dokter residen dan mahasiwa sudah mundhuk-mundhuk, saking segannya. Pun saat sang Profesor lewat, .. mak serrrrr, tengkuk para murid beliau menjdi dingin, …saking segannya. Nun di rumahnya, sang Profesor hanyalah lelaki biasa. Baru dipleroki istrinya saja, sang Profesor keluar keringat dingin, gemetaran dan pucat pasi, gara-gara salah naruh sandal jepit dan lupa nutup kulkas, saking takutnya sama sang istri…”. Grrrrr, uhhh, tawa dan senyum kecutpun menyeruak di akhir cerita pendek balada sang profesor… *yang takut istri ngacung … hehehe, jadi inget highlight sinetron: suami-suami takut istri*.

Para sahabat Blogger, ada yang gitu gak? Kalo ada, bentuk aja Persatuan Blogger Takut Istri atau apalah namanya, bisa sharing tuh ๐Ÿ˜› Ehm, Kartinipun (mungkin) tersenyum simpul menyaksikannya… ๐Ÿ˜‰

:: :: :: Posting menggunakan wlw :: :: ::

๐Ÿ˜‰

Iklan

25 Responses to “Senyuman Kartini”


  1. 1 sibercuti April 22, 2008 pukul 7:05 am

    Nggak adil, katanya emasipasi, lha banyak wanita nggak mau di POLIGAMI? Padahal kan Ibu Kita Kartini tuh Istri ke-2??
    Hayo para wanita yang ngaku cinta perjuangan Ibu Kartini??
    *Provokasi untuk Poligami*

  2. 2 wulan April 22, 2008 pukul 7:26 am

    #Sibercuti : udah nikah belum sih mas ?, kok udah pengin poligami ๐Ÿ˜€

    Di sini masih ada kok pak acara kartinian, lha ini anak wedok yg TK sabtu besok kartinian, umi nya yang sibuk nyari baju dan perlengkapannya ๐Ÿ™‚

  3. 3 Ady April 22, 2008 pukul 8:00 am

    Persatuan Blogger Takut Istri = PBTI good idea ๐Ÿ˜‰

  4. 4 Donnie Yodha April 22, 2008 pukul 9:57 am

    Anak wedok ngeri ngga sih njaganya, Cak?
    Iya tuh, kekerasan rumah tangga, ngga kebayang deh apa perasaan lelaki2 itu saat menghajar istri2nya. Apa bangga gitu jadi lelaki, bisanya kok mukulin perempuan. Sini lawan saya saja! *sambil kabur*
    Tapi saya mungkin tergolong yang takut istri ya… gabung deh nanti…

  5. 5 itikkecil April 22, 2008 pukul 10:01 am

    huahahaha….. cak, mau dikirimin formulirnnya gak?

  6. 6 Joerigโ„ข April 22, 2008 pukul 12:06 pm

    selamat hari kartini … SUMPAHโ„ข

    ๐Ÿ™‚

  7. 7 Elyas April 22, 2008 pukul 5:07 pm

    ga isa komen (ngakak mode on…. kasihan tuh profesor)
    bagus juga tuh PBTI dan tentu saja bagaimana kalo ketuanya cakmoki sekalian sebagai konsultan mengenai masalah-masalah suami-suami takut istri hehehehe

  8. 8 Tiesmin April 22, 2008 pukul 7:33 pm

    cuma mau permisi…
    dah lama gak mampir disini
    rasanya rindu berat (halah!)
    apa kabar cak moki???
    semoga sehat selalu yaaaaa…!!!

  9. 9 reviewcom April 22, 2008 pukul 11:46 pm

    bos yang mau tukeran link

  10. 10 cakmoki April 23, 2008 pukul 12:33 am

    @ sibercuti:
    gak melu-meluuuuuuuu *tak bilangkan si dia lho* ๐Ÿ˜›

    @ wulan:
    duhhhhh, senangnya *mbayangkan repot punya anak cewek tapi seneng*
    Ceritain dong mbak, suka duka acara dandan untuk si gadis cilik ๐Ÿ™‚ …kalo bajunya ga cocok, mewek ga?

    @ Ady:
    Emangnya ada Mas ? *lirak-lirik para ibu* ๐Ÿ˜€
    Maksudnya dah ada calon ketuanya ga?

    @ Donnie Yodha:

    Anak wedok ngeri ngga sih njaganya, Cak?

    wah, gak tau Mas, lha sy ga punya anak wedhok je..kali diajari kungfu aja.

    hahaha ketahuan, ngeblok ditungguin sitri nih

    @ itikkecil:
    huahahaha, bikin postingannya dong..lengkap dengan formulirnya, saya gak ikut daftar ah ๐Ÿ˜›

    @ Joerigโ„ข:
    wuaaaaa, lama gak jumpa Teh, kemana aja?
    Kangen, sumpah โ„ข ๐Ÿ™‚

    @ Elyas:

    bagus juga tuh PBTI dan tentu saja bagaimana kalo ketuanya cakmoki sekalian sebagai konsultan mengenai masalah-masalah suami-suami takut istri hehehehe

    Eh? koq malah saya jadi korban … hehehe

    @ Tiesmin:
    Rindu berat juga *halah*
    Makasih mbak, kabar baik
    Moga demikian pula sebaliknya

    @ reviewcom:
    ok, boleh Bos ๐Ÿ™‚

  11. 11 triesti April 23, 2008 pukul 12:47 am

    lapor.. akhirnya aku punya “door duisternis tot licht” terbitan 1912:)
    baru baca beberapa halaman.. ada bagian yang daku kecewa dgn pikirannya. trus ku tinggal… ganti baca max havelaar.. baru bbrp halaman trus ada kerjaan.. buyar deh.

    @sibercuti:
    emansipasi tuh ngga ada hubungannya dgn poligami.

    btw, kenapa selalu dibilang kartini istri kedua ya, kan suaminya udah pernah beristri 3 kali sebelumnya, apa cerai?

  12. 12 sibercuti April 23, 2008 pukul 6:19 am

    @Triesti
    yang ingin saya tekankan adalah sosok Kartini sebagai wanita sholihah,bukan pada poligami nya. Maaf kalau tidak tertangkap maksud saya.
    Kalimat HABIS GELAP TERBITLAH TERANG sendiri merupakan cuplikan dari ayat Al Quran (Q.S IBRAHIM:1&5,Q.S AL MAIDAH:16) ‘..Minadhdhulumati ilan nur..’.
    Kartini mengaji pada seorang kyai (saya lupa namanya) tapi sayangnya beliau meninggal sebelum khatam, kalau saja beliau sampai pada Q.S AL AHZAB:33 maka para perempuan indonesia akan lebih sopan dengan menutup aurat.

  13. 13 Shinta April 23, 2008 pukul 10:47 am

    Gak punya anak perempuan gak papa cakmoki, nanti aja punya cucu perempuan lebih lucu lagi lho cak…. ๐Ÿ™‚ Bisa ikutan lomba Kartini kecil & eyang kakung hheheh

    Di daerahku Kartiniannya rame, dari siswa TK sampai pegawai kantoran pada pake baju daerah. Kantorku juga karyawati pada pake kebaya terus karyawannya pake batik ….repot siyy tapi seneng hehehe….

  14. 14 Robert Manurung April 23, 2008 pukul 9:00 pm

    hahaha…persatuan blogger takut isteri ? Subversif banget dok.

    aku nulis artikel mengenai laboratorium NAMRU-2 milik Angkatan Laut AS yang markasnya di Rawasari, Jakarta :

    http://ayomerdeka.wordpress.com/2008/04/22/as-menjajah-indonesia-lewat-namru-2/

    Salam merdeka!

  15. 15 sibermedik April 23, 2008 pukul 11:06 pm

    numpang trekbek soal NAMRU2:

    http://sibermedik.wordpress.com/2008/04/23/tentang-namru-2/

    *Akhirnya nge-blog lagi, kebelet sih??*

  16. 16 sibercuti April 24, 2008 pukul 9:43 am

    Nah iki cak ketemu juga sumbernya:
    “Kartini yang banyak bergaul dengan noni-noni Belanda memang pada awalnya menganggap budaya Eropa/Belanda sebagai budaya yang tinggi dan patut dicontoh. Namun semenjak dia mempelajari Islam melalui Al-Qurโ€™an, dia menjadi sadar, dan menganggap ideologi kebebasan yang digembar-gemborkan Eropa tak layak disebut peradaban.

    Dalam salah satu suratnya kepada gurunya, Kyai Sholeh Darat, dia menulis, โ€Kyai, selama kehidupanku baru kali inilah aku sempat mengerti makna dan arti surat pertama dan induk Al-Qurโ€™an yang isisnya begitu indah menggetarkan sanubariku. Maka bukan bualan rasa syukur hatiku kepada Allah. Namun aku heran tak habis-habisnya, mengapa para ulama saat ini melarang keras penerjemahan dan penafsiran Al-Qurโ€™an dalam bahasa Jawa? Bukankah Al-Qurโ€™an itu justru kitab pimpinan hidup bahagia dan sejahtera bagi manusia?โ€. Subhanallah gals, hanya belajar satu surat saja, pemikiran Kartini langsung berubah, bagaimana ya kalau beliau sudah mempelajari Al-Qurโ€™an sampai surat An-Nur dan Al-Ahzab. Mungkin gambar Kartini yang sekarang kita lihat bukan berkonde, tapi berkerudung dan berjilbab.”
    http://www.islamuda.com/?imud=rubrik&menu=baca&kategori=7&id=486

  17. 17 mariana silvania April 25, 2008 pukul 10:26 am

    pak.. pak.. tadi liat Takalar di Trans TV. ada kampung Jagung.. itu Takalar tempat bapak bukan ya? ๐Ÿ˜€

  18. 18 Yudhi H.Gejali April 25, 2008 pukul 11:14 pm

    HARI KARTINI = HARI POLIGAMI INDOONESIA = 21 APRIL ???
    EMANSIPASI WANITA = EMANSIPASI SESAMA ISTRI (istri tua dan istri muda)???

  19. 19 arif April 26, 2008 pukul 1:08 am

    Cakmoki mesthi gak kenal mbek aku nek aku nganggo jeneng asli.

    Senyum kartini bisa membuat lelaki lupa istri-anak di rumah, Cak. Namun, yang lebih berbahaya adalah kiprah kartini. Yang terakhir ini bikin banyak kartono nganggur nggak bisa kerja. Setiap kartini senyum bos kasih kerjaan. Lama-lama laki-laki akan di rumah ngurus bayi.

    Jadi bloger takut istri beneran deh!

  20. 20 cakmoki April 26, 2008 pukul 11:24 am

    @ triesti:
    bagian mana yang mengecewakan ?…kasih tau dong ๐Ÿ™‚
    huaaaa, kerjaan terus, kapan santainya?

    @ Shinta:
    iya deh, nunggu cucu aja.
    Masih ada ya ? ..asyik ๐Ÿ˜‰

    @ Robert Manurung:
    hehehe, moga gak diprotes para istri.
    Ok, ntar saya lihat NAMRU2. Trims

    @ sibercuti:

    …Namun aku heran tak habis-habisnya, mengapa para ulama saat ini melarang keras penerjemahan dan penafsiran Al-Qurโ€™an dalam bahasa Jawa? Bukankah Al-Qurโ€™an itu justru kitab pimpinan hidup bahagia dan sejahtera bagi manusia?

    enggak tuh, justru para ulama menerjemahkan disertai hashiyah dalam bahasa Jawa…bukankah kitab-kitab klasik aqidah, fiqih, hadts, thoriqoh dll terbitan Jawa (pesantren) berbahasa Jawa? Dan itu udah ada sebelum ibu Kartini lahir. Ataukah yg beliau maksudkan huruf-hurufnya ? kalo yg ini gak saya tahu ๐Ÿ™‚

    @ mariana silvania:
    bukan, tempat saya Palaran

    @ Yudhi H.Gejali:
    ha ???? kalo ketahuan anak mertua dijamin gak “diparingi” sebulan ๐Ÿ˜€

    @ arif:
    kenal Kangggggg

    Yang terakhir ini bikin banyak kartono nganggur nggak bisa kerja. Setiap kartini senyum bos kasih kerjaan. Lama-lama laki-laki akan di rumah ngurus bayi.Jadi bloger takut istri beneran deh!

    di daerah kami rata-rata para istri menjadi karyawan perusahaan plywood (dulunya banyak, sekarang tinggal 2 aja), suami momong. Nah, konon saat istri lagi pingin adegan hohohihe (adegan ranjang) maka suami harus ready for used … pernah ada yg ga ready, sang istripun marah-marah sambil nendangi alat-alat dapur … hahahaha, untunge gak nendangi alat v*t** ๐Ÿ™„

  21. 21 arif April 27, 2008 pukul 2:00 am

    di daerah kami rata-rata para istri menjadi karyawan perusahaan plywood (dulunya banyak, sekarang tinggal 2 aja), suami momong. Nah, konon saat istri lagi pingin adegan hohohihe (adegan ranjang) maka suami harus ready for used โ€ฆ pernah ada yg ga ready, sang istripun marah-marah sambil nendangi alat-alat dapur โ€ฆ hahahaha, untunge gak nendangi alat v*t**

    Nah… Bagaimana sibercuti akan bersikap kalau begitu? Bukankah kata Quran itu arrijalu qowamuna alannisa. Aku ingat betul ayat ini karena waktu dulu Megawati nyalon Presiden si PPP ngangkat ayat itu. Eh, begitu Gus Dur dilengserin, Hamzah Haz mau jadi wakilnya Megawati. Payah itu orang Kalimantan, Cak! Kok mau-maunya mbalik ayat jadi annisa qowamuna alarrijal.

    Glodhak! Wis ketularan bawa-bawa ayat.

  22. 22 cakmoki April 27, 2008 pukul 3:31 am

    @ arif:
    hehehe, mungkin tergantung kepentingannya Kang *tolah-toleh*
    …gak wani nerusno ๐Ÿ˜€ … ketularan juga.

  23. 23 frida April 30, 2008 pukul 7:57 pm

    Cak, punya anak wedhok itu ngegemesin loh, ya tingkahnya, celotehnya, gayanya… pa lagi kalo lagi asyik megal megol ikut irama musik wah.. jian lucu buanget…:)
    trus kalo dia tanya ‘mengapa’ kita jawab ‘karena/sebab’ dia tanya lagi dengan ‘kalo begini/begitu?’ wah wah wah… bisa panjang kayak sepur jawabnya ntar …. obrolan obrolan yang keluar dari mulut kecilnya itu loh, diluar perkiraan … wah…

    kalo baju nya nggak cocok anak saya komen macam macam… trus bergegas ke lemari bajunya, ambil sendiri yang dirasa cocok… hehehehe.. saya mah tinggal manyun aja. lha piye , wong sudah susah susah dicariin padu padan baju eh… dikomen nggak cocok…

    belum lagi kalo ada orang dandan… wah.. bisa bisa semua perangkat dandan emaknya dikeluarin dan dicobain sendiri depan kaca…:):)

    ini sebagian gaya si kecil saya, tapi maaf loh dah lama nggak update blognya.. hehehe http://najwaalya.blogspot.com

  24. 24 cakmoki Mei 1, 2008 pukul 12:31 am

    dhuuuuhhhh … diiming-imingi, jadi tambah pingin anak wedhok.
    Denger ceritanya …eh, baca ding … bikin ngiler *ngelap iler*. Untunge anak morotuwo wedhok … hehehe, ayu dhewe sak omah

    ok, ntar tak kunjungi ya ๐Ÿ™‚

  25. 25 japemete Mei 12, 2008 pukul 4:09 am

    aku kok gak yakin kalau dominasi laki-laki akan runtuh. kalau di telusuri lagi, cerita kartini penuh ironi. liat aja tulisan seorang blogger di http://www.sofyanr.com/mengenang-kartini-i.html. Bahasanya lumayan runtut dan mengena


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso โ„ข

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,303,313 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: