Jeruk Pak Ustadz

Bingkisan Jeruk...euyBeberapa hari yang lalu kami menerima se dus jeruk parcel kiriman pak Ustadz M. Yusuf, salah seorang tokoh agama di Palaran yang disegani. Melihat banyaknya jeruk, saya menduga bahwa ini musim panen besar, ternyata benar, setelah saya menanyakannya ketika kami bertemu 2 hari kemudian. Setiap panen, kami selalu memerima kiriman jeruk dari beliau, kadang beliau sendiri yang nganter, kadang santrinya kalo jumlahnya banyak.

Menanam jeruk adalah keahlian beliau. Hamparan pohon jeruk tertata rapi, menghijau di kebun belakang rumah beliau. Selain itu beliau membina pemuka agama lain dan pemuda untuk mengkaji kitab klasik (kitab kuning berbahasa arab gundulan), tentang aqidah, fiqih, thariqoh, setiap Selasa malam Rabo, mulai ba’da isya’ hingga tengah malam.

Pembawaannya yang sangat sabar, lembut dan telaten membuat nyaman bagi yang belajar. Kendati demikian beliau tidak pernah mau disebut guru, beliau selalu mengatakan bahwa kita sama-sama belajar. Beliau mengatakan: “ penjenengan semua adalah guru-guru saya …, karena dari kemauan belajar penjenengan, saya belajar dan belajar lagi. Dari yang kurang jelas menjadi lebih jelas, dari yang tidak tahu menjadi tahu….”. Begitulah beliau menyemangati kami.

Saat ini, harga 1 kilogram jeruk 4.000 rupiah di pohon, artinya pedagang or pembeli datang langsung ke kebun beliau, kemudian menjualnya di pasar atau di tempat lain. Ini kali kedua beliau menanam jeruk. Sebelumnya hamparan jeruk beliau musnah terkena wabah virus jeruk. Ketika itu beliau memusnahkan semua pohon jeruk di kebun belakang. Dan hanya ditinggalkan beberapa pohon yang bagus untuk tempelan pembibitan periode berikutnya. Supaya tidak menular, tutur beliau.

Nah pada periode kedua ini saya diajak ikut, khususnya dalam pengadaan bibit jeruk. Ribet deh…kayak ngerawat bayi. Dimulai memilih jeruk yang akan diambil bijinya (ngambilnya di Kabupaten Berau, jauhhhhh). Setelah dibiarkan tua, jeruk dipilih ulang, lantas diambil bijinya, diangin-anginkan di atas plastik (tidak boleh kena sinar matahari langsung) hingga kering. Kemudian biji jeruk disemai hingga 1-1,5 tahun sebagai bakal pohon utama. Setelah itu, jeruk ditempel menggunakan dahan or ranting jeruk keprok kualitas terbaik. Jadilah bibit jeruk siap tanam. Dalam 2 tahun, jeruk akan mulai berbuah, tapi harus dibuang semuanya agar pohonnya benar-benar kuat.

Rata-rata para petani jeruk membeli bibit dan belajar perawatan kepada Ustadz M. Yusuf. Bahkan setelah mulai berbuah atau panen beliau masih diminta datang ke kebun orang lain untuk memberikan tutorial tatacara perawatan. Mulai jarak tanam, frekuensi pembersihan area, cara potong dahan, pencampuran dan pemakaian pupuk, pencegahan terhadap penyakit, dll…dll.

Jeruk gak kopen..heheheSaya juga kebagian 5 pohon pemberian beliau sekaligus menanamkannya. Alhamdulillah, setelah 2 tahun berbuah. Sayang, saya ga mengikuti saran beliau, buah-buah pertama dibiarkan menggelantung, ga dibuang, saking senangnya…alhasil, jeruknya kecil-kecil, buanyaaak, pohon jerukpun ga bisa bagus karena tak kuasa menahan beban buah-buah yang bergelantungan.

Kini tahun keempat, pohon-pohon jeruk beliau kokoh dengan buah-buah besar menggelantung, 1 ranting hanya 1-3 buah, selebihnya dibuang…siiip. Sedangkan jeruk saya buahnya buanyaak tapi kecil-kecil, pohonnyapun gak sekokoh jeruk pak Ustadz…hehehe ga kober ngerawat, salah sendiri. πŸ˜›

Maturnuwun Ustadz, mugi amal penjenengan mendapat ridho-Nya. Amin.

:: :: :: maaf kalo ga tepat, soalnya saya gak ngerti blasss soal perjerukan :: :: ::

Posting ini ditulis menggunakan WLW

πŸ™‚

 

 

Iklan

26 Responses to “Jeruk Pak Ustadz”


  1. 1 manusiasuper Maret 20, 2008 pukul 1:17 pm

    *siap-siap terima paketan*

    Enak dibikin Juice Cak??

  2. 2 Guh Maret 20, 2008 pukul 1:49 pm

    Salut!
    Ustad memang harusnya mengajak belajar bersama, dan hanya mempelajari hal hal yang berguna saja.

    Para ustad di sini yang hobi bikin polusi suara dan menebar teror pakai megaphone masjid harusnya dikirim berguru kesitu biar pada melek.

    Btw, minta beliau bikin buku tutorial menanam jeruk aja pak, kalau bisa PDF atau blog dan gratis:-P biar jadi contoh untuk yang lain.

  3. 3 cakmoki Maret 20, 2008 pukul 3:34 pm

    @ manusiasuper:
    uenaak tenan untuk juice, Cil πŸ˜€ *sending file jeruk πŸ˜› *

    @ Guh:
    alhamdulillah di sini aman dan damai walaupun ada berbagai perbedaan, …tapi yg di sana jangan dikirim kesini, ntar bikin ribut or digelandang warga …hahaha

    tutorial menanam jeruk? kalo gratis sih beliau tentu ga keberatan, bikinnya itu lho…hehehe

  4. 4 sibermedik Maret 20, 2008 pukul 4:28 pm

    @Guh
    Dakwah itu wala’ wal bara’,tujuanya mnyampaikan kbenaran walau itu pahit..Isi dakwah tergantung kesiapan pemahaman jamaah yg telah da’i tersebut bina.
    Maksud anda menebar teror itu bagaimana?atau mungkin itu hanya justifikasi anda karena keterbatasan informasi?

    Sebaiknya anda tahu,saya tinggal di Solo yang ter-stigma oleh media sbg pusat islam keras,trutama d ngruki. Padahal biasa2 saja,malah kehidupan santri ngruki jauh dari stigma media. Saat ustadz Abu bakar basyir kembali ke solo setelah dr cipinang,kami & teman2 mer-c ikut mengantar sebagai tim medis.Jadi jangan mudah menjustifikasi.

  5. 5 sibermedik Maret 20, 2008 pukul 4:32 pm

    cak maaf numpang klarifikasi koment he5x.

    btw,cak libur panjang gak mudik ke Surebeje (meduro baca:suroboyo)?

  6. 6 aRuL Maret 20, 2008 pukul 8:51 pm

    wah asyik2… jeruknya koq menggoda gitu…

  7. 7 juliach Maret 20, 2008 pukul 9:45 pm

    Cara belajar Cakmoki trial and error juga. Berhubung sudah error, pergilah ke Pak Ustad untuk minta pohon jeruk yang baru dan dicoba lagi menurut ajaran Pak Ustad dong!!! Jangan ngeyel, dia khan sudah ahlinya.

  8. 8 cakmoki Maret 21, 2008 pukul 12:12 am

    @ sibermedik:
    libur kan tanggalannya, praktek mracang tetep lah …soale bilang bendahara eman-eman kalo tutup *blethak* walaupun sebenernya pingin mudik ke Sorrrrrbejeh

    @ aRuL:
    ambil aja Daeng πŸ˜›

    @ juliach:
    hehehe, iya mbak πŸ˜€ …bilang beliau rata-rata emang gitu, eman kalo dipetik trus cuman disisakan 1-3 buah dalam 1 ranting *bela diri* ..sekarang dah oke koq, dikit tapi gedhe-gedhe. Cuman untuk nyuci pohon belum bisa, adonannya ribet πŸ˜€

  9. 9 dani Maret 21, 2008 pukul 12:12 pm

    ctrl + f: rasa
    ctrl + f: manis
    ctrl + f: pahit » alt + n

    jd rasanya gemana cak..walaupun bentuknya lbh kecil..beda ngga kualitas dlmnya..antara yg terawat dan krg terawat πŸ™‚

  10. 10 starflake Maret 21, 2008 pukul 12:46 pm

    megang jeruknya kok kayak takut2 cak?? haha..

  11. 11 suandana Maret 21, 2008 pukul 2:43 pm

    walah, mau belajar jadi dokternya jeruk juga, Cak?

  12. 13 Lita Maret 22, 2008 pukul 12:43 am

    Fotonya teteup… pake kacamata item *ketawa*
    Jadi pengen punya halaman yang bisa ditanami… Ihiks. Semoga kesampean kelak :p

  13. 14 cakmoki Maret 22, 2008 pukul 11:10 am

    @ dani:
    ctrl + f: rasa: sama. kualitas dalamnya beda, yang terawat gelembung dalemnya gede, lebih menthes … dan kalo melihat buah yang terawat, puwasss πŸ˜€

    @ starflake:
    takut mrotol, hahaha. Kalo megang buah harus seperti itu mbak, sangat hati-hati, penuh perasaan dan lembut *blethak-blethak-blethak* πŸ˜‰

    @ suandana:
    enggak Mas, enakan jadi penikmat aja…kalo sore ngelus-elus jeruk

    @ astri:
    ntar lek wis iso sing gedhe *sending file jeruk*

    @ Lita:
    pas panas soale πŸ˜› …sehari-hari pakai bening koq

    Jadi pengen punya halaman yang bisa ditanami… Ihiks. Semoga kesampean kelak πŸ˜›

    … semoga kesampaian. Amin

  14. 15 Wempi Maret 22, 2008 pukul 1:04 pm

    Ini bedanya dokter sama ustadz dalam merawat jeruk, huahahha…

  15. 16 sibermedik Maret 22, 2008 pukul 3:13 pm

    FOTO: Masak Jeruk Makan Jeruk?? He..he..

  16. 17 Gum Maret 22, 2008 pukul 4:54 pm

    kacamatanyaaa… nggak ketinggalan tiap kali di depan kamera :))

  17. 18 cakmoki Maret 23, 2008 pukul 1:13 am

    @ Wempi:
    tahu aja …hahahaha

    @ sibermedik:
    pro renata… bila perlu dan manfaat …hahaha

    @ Gum:
    iya….trade mark kacamata item β„’ …hehehe

  18. 19 Shinta Maret 23, 2008 pukul 2:08 am

    Cakmoki, ada tips khusus dari Pak Ustadz buat metik jeruk juga ya? Jeruk kiriman beliau tangkainya panjang lengkap dengan daunnya lagi …. bener2 menggugah selera… πŸ™‚

    Fotografernya siapa cak? komposisinya fotonya pas banget …

  19. 20 cakmoki Maret 23, 2008 pukul 10:03 pm

    @ Shinta:
    ah iya, lupa mbak… menurut beliau cara petik jeruk dengan mengikutkan tangkainya supaya ga mudah membusuk. Mo nanem di kampung halaman ya πŸ™‚

    fotografernya amatiran, hehehe *megang kepala takut mekar*

  20. 21 habibie arifianto Maret 24, 2008 pukul 10:52 am

    halaaaah cak moki, tetep pake kacamata item..koyo tukang tebas wae, nggak ngetoki doktere. huehehehe….

  21. 22 cakmoki Maret 24, 2008 pukul 6:57 pm

    @ habibie arifianto:
    hahaha iyo πŸ˜€ … kalo pas budhal mancing jan asli koyo nelayan πŸ˜†

  22. 23 itikkecil Maret 26, 2008 pukul 10:26 pm

    *tunggu kiriman jeruk dari cakmoki*

  23. 24 cakmoki Maret 27, 2008 pukul 1:05 am

    @ itikkecil:
    dah abis mbak …sori πŸ˜›

  24. 25 titah Maret 27, 2008 pukul 10:16 pm

    dok, bener gak sih bahwa kita gak boleh banyak-banyak makan jeruk, tar tubuh kita jadi “acid”? jadi kalo beli jeruk lebih baik pilih yang kecil aja ya? πŸ˜€

  25. 26 cakmoki Maret 29, 2008 pukul 12:16 am

    @ titah:
    enggak, asalkan gak berlebihan … pilih jeruk yg besar dong πŸ˜† kalo kecil kan jeruk pecel hehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,301,967 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: