Mandi Dong

Sebagian orang menganggap bahwa setiap anak panas atau menderita penyakit tertentu, tidak boleh mandi. Entah darimana sumbernya, keyakinan tersebut begitu melekat di benak sebagian masyarakat kita.

Dalam praktek sehari-hari acapkali para orang tua membawa anaknya berobat setelah sekian hari sakit, dan selama sakit itu pula si anak gak dimandiin, sebelum akhirnya mendapat penjelasan dari dokter. Demikian pula juka seseorang operasi, semisal operasi caesar, sebagian masih berangapan gak boleh mandi. Alasan yang digunakan mereka ketika kita tanya, tak lain dan dak bukan, berasal dari anjuran kerabat, teman ataupun tetangga. Tentu anggapan tersebut salah … tetap mandi dong 🙂 , kecuali bagi yang dari sononya emang suka gak mandi …

Berikut ini adalah beberapa penyakit ataupun kondisi yang dianggap si penderita gak boleh mandi ketika menderita penyakit tertentu.

PANAS
Masih ada sebagian orang yang menganggap bahwa jika anak menderita panas oleh sebab apapun, gak dimandiin. Ketika ditanya mengapa gak mandi, jawabannya: karena panas. Bisa dibayangkan jika si anak panas hingga 3-5 hari trus selama itu gak dimandiin or hanya diseka aja, …gatel deh, bau, gak seger … iya kan?
Nah, mulai sekarang, kalo ada anak panas, mandi ya (dimandiin maksudnya) … pakai air anget boleh, setengah anget juga boleh, air biasa juga boleh.

Campak, Morbili, Kerumut, Gabak
Hehehe, alasan bagi orang tua yang gak memandikan ketika anaknya menderita penyakit Campak (Morbili, Kerumut, Gabak) lebih gak masuk akal lagi. Mereka mengatakan kalo sedang menderita Campak lantas dimandiin, bercak merahnya tenggelam lagi trus gak sembuh-sembuh … Salah !!!
Tetap mandi, karena gak ada hubungan apapun antara mandi dengan bercak merah pada penderita campak. bercak merah tersebut tetap muncul, sedkit, merata dan kemudian berangsur hilang dengan sendirinya.
Lha kalo gak mandi, jelas bau, … ntar malah jamuren tuh kulitnya .. hahaha
So, mandi ya 🙂

OPERASI
Di daerah kami, jika seseorang operasi, misalnya: caesar, apendiktomi (usus buntu), Hernia, dll … dll … kebanyakan gak mandi (paling poll hanya menyeka) walaupun sudah dipesani oleh dokter saat masih di RS bahwa si penderita boleh mandi. tapi ketika sampai di rumah, banyaklah kerabat, teman, tetangga yang menganjurkan gak mandi. Alasan yang disampaikan konon karena luka operasi gak boleh kena air.
Ok, … katakanlah operasi caesar, maka irisan operasi hanya di perut bagian bawah, kalaupun gak boleh kena air, maka yang harus dilindungi hanya bagian “luka” tersebut. Adapun bagian tubuh lainnya …. guyuuurrrr aja, biar seger.

Caranya:
Dengan menutup luka menggunakan penutup luka operasi yang gak tembus air. Atau dengan menutup area bekas operasi menggunakan plastik, misalnya tas kresek yang udah dipotong, trus letakkan di perut bawah, lantas bagian atasnya lekatkan dengan plester, nah … setelah itu … guyuuuurrrrrrr … mandi, seger …

Pun demikian pula jika seseorang misalnya operasi hernia scrotalis (itu lho, hernia yang bikin samping telor membesar). Tetap madi, caranya gampang koq, bungkus aja cucakrowo dengan plastik atau tas kresek ( jangan pakai daun, ntar dikira lemper ), lekatkan pakai plester, trus ….guyuuuurrr, mandi sepuasnya

Penyakit Kulit
Ini terutama pada anak. Tak jarang para orang tua tidak memandikan anaknya ketika si anak menderita penyakit kulit, semisal: jamur, alergi, infeksi kuman (koreng) dll, dll.
Apa alasannya ? gak satupun memberi jawaban jelas, kecuali hanya mengatakan bahwa tidak dimandikannya si anak karena “katanya” tetangga, “katanya” orang tua dan “katanya” entah siapa lagi.
Ok, sekarang sebagian warga Indonesia sudah pernah mengenyam pendidikan, so tak ada salahnya menggunakan akal sehat agar tidak mudah dipengaruhi orang lain, sekalipun yang ngomong orang tua.
Ini penting kita renungkan, lantaran kelak jika kita-kita sudah tua (nyalip saya) trus juga mengatakan seperti halnya yang pernah didengar dulu dari orang tua sekitar kita, maka sama artinya kita melestarikan “kesalahan” … dan omongan kita juga hanya berdasarkan “katanya” … hehehe
Sayang dong, sekolah mahal dan lama tapi masih terkungkung mitos yang jelas-jelas keliru … tul gak ?

Dan mungkin masih banyak lagi contoh-contoh lain berkenaan hubungan antara penyakit tertentu dengan mandi.

So, mandi dong

Iklan

41 Responses to “Mandi Dong”


  1. 1 aRuL Desember 19, 2007 pukul 3:08 am

    jangan pakai daun, ntar dikira lemper

    hahahah asli ngakak pak….

    btw oh ternyata gitu yah pak, kirain berdampak kalo kita mandi.sumpeh baru tau nih.

  2. 2 hariadhi Desember 19, 2007 pukul 8:00 am

    Omong2 mas, apa ga dijelasin keuntungannya mandi saat sakit? Jadi memotivasi orang lain untuk tetap bersih. (omong2 jadi malu nih. Gw sehat-sehat tetap aja males mandi hehe).

  3. 3 Adis Desember 19, 2007 pukul 8:36 am

    Kalau terbiasa mandi pake air anget kalo mandi sore ada akibatnya nggak cak?*baik waktu sehat ataupun sakit maksudnya*

  4. 4 Kurt Desember 19, 2007 pukul 9:13 am

    Aku juga begitu cak, saat sakit dilarang mandi saat kondisi badan sehat jadi kebawa-bawa malas mandi. Tapi mandi itu kaya solat ya cak! mau sakit atau sehat tetap kudu mandi… 🙂

  5. 5 Anang Desember 19, 2007 pukul 9:39 am

    lha mandi kan sudah kewajiban…

  6. 6 Devi Desember 19, 2007 pukul 10:20 am

    hehehe….
    ok juga neH infonya! soalnya akyu klau anak2 lg rada anget suka ngga dimandiin tuch…

  7. 7 sibermedik Desember 19, 2007 pukul 11:41 am

    Lha yen mandi secara harfiah kan mengguyur air dari kepala hingga kaki, berarti cara mandi orang yang harus Bedrest total gmn? misal causa typhus abdominalis…yen jingkrak-jingkrak lak yo marahi kumat?

    Ulcus decubitus causa pasca operasi mungkin juga karena nggak mandi ya Cak?jadi kuman nempel di Lengan & Tungkai + nggak mandi lagi….

    Btw, paling enak dimandiin perawat ya Cak??he..he..dah nyoba??
    Perawatnya genit-genit lagi…*Boyo Mode ON*

    Tetapi…kenapa kok orang2 eropa jarang mandi?konsumsi sabun mandi mereka juga paling rendah? (Jangan-jangan cuma mandi besar aja?he..he..)

    Mampir ya Cak..afwan baru sempet posting setelah misi di RS 98% beres
    http://sibermedik.wordpress.com/2007/12/18/2-weeks-after-4-stages/

  8. 8 sibermedik Desember 19, 2007 pukul 11:43 am

    tentang penggunaan “KATANYA”..atau di Surebeje’ biasanya “OPO JARE”, seharusnya dibukukan aja jadi buku : “KAPITA SELEKTA JARE’NE WONG”

  9. 9 anggara Desember 19, 2007 pukul 11:57 am

    soal panas, saya memang sering dikasih tahu orang tua saya seperti itu, lalu gimana kalau pilek cak?

  10. 10 Shinta Desember 19, 2007 pukul 12:39 pm

    Mandi ya ….. Maalleeesss ….. 🙂

  11. 11 cakmoki Desember 19, 2007 pukul 12:40 pm

    @ aRuL,
    trus maunya gak mandi ya :p … Motto: biarpun sakit, tetep mandi, wangi dan tebar senyum kepada para gadis .. 😆

    @ hariadhi,
    udah terjawab tuh .. ” tetap bersih “, jangan lupa pakai pewangi dong, udah laku atau belum tapi “tetap bersih dan wangi”.
    Bandingkan dengan yg gak mandi, wow… kecut deh, mana beresiko kena penyakit jamur … hahaha

    @ Adis,
    gak ada akibat apapun, tinggal pilih sesuai selera

    @ Kurt,
    iya ustadz 🙂 … mirip-mirip sholat, kecuali pada kondisi tertentu yang dibolehkan tayammum

    @ Anang,
    siiip cak Anang 😉

    @ Devi,
    hehehe, moga berguna
    Btw yang gak dimandiin itu anak kandung apa anak mertua ? *blethak*

    @ Sibermedik,
    hah, itu kan mandi wajib …
    Untuk yphus abdominalis, tetap mandi…gak usah jingkrak-jingkrak, bisa pakai kursi or shower kan … hehehe, selalu ada cara.

    Nah, untuk Ulcus decubitus causa pasca operasi berarti perawatannya yang gak beres. Salah satu parameter kualitas perawatan adalah ada tidaknya “decubitus” dan “plebitis” … tinggal itung aja, berapa yg decubitus dan berapa yg plebitis … jaman gini masih ada yg decubitus ya … huaaaaaaa

    ok, ntar meluncur kesana 🙂

    @ Sibermedik,
    😀 … jarena sing dhuwe jare

    @ anggara,
    sama saja, tetep mandi … kecuali lagi ogah mandi 😀

  12. 12 indra kh Desember 19, 2007 pukul 2:13 pm

    Ada yang bilang kalau lagi sakit (flu misalnya) mandinya dicampur garam dikit. Itu bener ngaruh gak cak?

  13. 13 huda Desember 19, 2007 pukul 3:18 pm

    Kalo kena penyakit ‘males mandi’, apa berarti boleh gak mandi? :))

  14. 14 cakmoki Desember 20, 2007 pukul 12:28 am

    @ indra kh,
    gak ngaruh apapun 🙂 …kadang ada pasien yg gitu,cerita kalo dah mandi campur garam penyakitnya gak ilang … kalo yg dah akrab biasanya saya guyoni: … “lha, jampinya kurang lombok sama brambang” … 😆
    kebanyakan flu ilang sendiri, kecuali kalo ada infeksi sekunder

    @ huda,
    berarti “wajib gak mandi” 😆

  15. 15 cakmoki Desember 20, 2007 pukul 12:34 am

    @ Shinta,
    hahaha “ketahuan” 😛

  16. 16 Astri Desember 20, 2007 pukul 1:58 am

    bayangin udah demam 3 hari terus gak mandi 3 hari pula…. duh…. 😦
    dokternya langsung ikutan sakit 😀

  17. 17 necel Desember 20, 2007 pukul 11:02 am

    tapi gimana menurut pandangan orang bahwa tubuh yang panas kalo langsung kena air dingin bisa rusak, sama seperti gelas kena air panas langsung kena air dingin bisa pecah.

  18. 18 cakmoki Desember 20, 2007 pukul 1:30 pm

    @ Astri,
    dokternya langsung: nausea, vomit … trus hiperemesis .. hahaha
    ketahuan, pernah muntah ya …

    @ necel,
    itulah bedanya tubuh manusia dengan gelas atau benda lain.
    Tuhan menciptakan tubuh manusia dengan begitu sempurna yg gak bisa dibandingkan dengan apapun… tubuh kita dilindungi tulang, jaringan ikat berlapis-lapis, otot, lemak, kulit yang juga berlapis-lapis 🙂
    So, kita kembalikan aja ke anugerah Tuhan yg lain, yakni “akal sehat” dan “ilmu pengetahuan” … nah terjawab kan ? 😀

  19. 19 aroengbinang Desember 20, 2007 pukul 3:20 pm

    di belahan bumi bagian ini memang banyak mitos berkeliaran, yg masuk akal ada, yg gak masuk logika juga banyak… pinter2 milihnya, dan blajar dari kiri kanan 🙂

    soal mandi emang yang sering dilewatin itu di malam hari, karena mitos juga :), akibatnya tidur gak nyenyak dan bangun gak seger… smoga setelah ini pada rajin mandi 😀

  20. 20 telmark Desember 20, 2007 pukul 4:54 pm

    ini sebuah wejangan dari seorang yg sudah “berpengalaman” tdk mandi ? 🙂

  21. 21 GuM Desember 20, 2007 pukul 5:18 pm

    nah, kalau penderita scabies yang dulu pernah njenengan ulas itu gimana pak? soalnya dokter saya waktu itu memang menyarankan untuk nggak mandi dulu selama pengobatan.

    btw pak, sekarang kita tetangga. saya baru boyogan ke wp ^^

  22. 22 cakmoki Desember 20, 2007 pukul 10:55 pm

    @ aroengbinang,
    repotnya bagi warga pinggiran seperti daerah kami, gak sempat mikir, langsung telan 😀 … maka jadilah mitos tersebut seperti sebuah kebenaran. Mandi … mandi 😆

    @ telmark,
    hua ha ha ha … cari temen ya 😛

    @ GuM,
    masa iya ? … hahaha, guyon kali, atau beliau tahu ngasih nasehat pada siapa … 😆 . Emang di brosur obat dikatakan begitu, tapi itu kan brosur, di buku disebutkan bahwa pemakaian obat scabies tetep mandi dengan syarat setelah mandi dioles lagi.

    wah, sip … udah saya bookmark. Bukan tetanggaan lagi kayaknya, sudah satu keluarga besar …hehehe, met menikmati wp

  23. 23 alief Desember 21, 2007 pukul 2:12 am

    bikin Kaleidoskop-Blog™ yuk… Liat contohnya di
    http://alief.wordpress.com/ 🙂

  24. 24 StreetPunk Desember 21, 2007 pukul 11:23 am

    Oo, gitu ya.
    Memang mitos kalau sekali berkembang susah menghilangkannya.
    Bahkan mandi pun ada mitosnya.

  25. 25 starflake Desember 21, 2007 pukul 2:02 pm

    saya tiap hari selalu dioyak2 ibu disuruh mandi…katanya beliau paling sebel kalo ada orang males mandi…sampe teman saya yang lagi main aja disuruh mandi…haha..

  26. 26 rajaiblis Desember 21, 2007 pukul 3:58 pm

    yup setuju …

    dan ada satu tanya nech bozz …
    knp orang sakit disuruh pakai pakaian yg tebal dan terbungkus rapat ?

    menurut logika aNE …
    bukannya mereka cukup pakai pakaian biasa …
    dan itu membuat sirkulasi udara dan suhu tubuhnya menjadi normal !

  27. 27 Juliach Desember 21, 2007 pukul 9:30 pm

    Yen ados mengko malah ilmu penyakit males malah pada luntur kabeh tho Cak!!!

  28. 28 triesti Desember 22, 2007 pukul 3:56 am

    cerita ngga boleh mandi ini juga seingatku krn dokter jaman dulu tuh kan belanda.. nah.. di belanda jaman itu emang orang kan jarang mandi.. jangan kan jaman dulu yg ngga semua rumah punya kamar mandi.. sekarang aja banyak yg masih males mandi!

    nah.. jaman dulu, kalau sakit trus mandi.. kan dingin.. bisa jadi lebih sakit lagi. ketika dokternya sampai di indonesia yg tropis.. ilmu itu masih dibawa… disebarkan ke seantero indonesia… dan masih dipercaya sampai sekarang. begitu…

  29. 29 cakmoki Desember 22, 2007 pukul 11:42 am

    @ alief,
    yo’i … siiip, cak alief 🙂
    mo bikin khusus kesehatan, blom nemu ide … so trims atas contohnya

    @ StreetPunk,
    tapi bukan termasuk yang gak mandi kan … 😀

    @ starflake,
    ya ampyuuunn, jadi sampai sekarang masih dioyak-oyak ya … mandi…mandi 😉

    @ rajaiblis,
    ok Om Rahib, logika sampeyan bener … tau nggak, merubah mitos menjadi logika di masyarakat luas ternyata gak mudah …hahaha

    @ Juliach,
    hahaha, di Prancis gitu ya …

    @ triesti,
    ohhh, begitu 😉 … trus, “disana” gak ketularan kan 😛 *guyon mode:ON*

  30. 30 triesti Desember 23, 2007 pukul 8:27 am

    weits… minus2 juga mandi tiap hari, biar sekali juga… walau super kilat:) lagian di kasih waktu max. sama dokter.. ngga boleh lebih lama dari 5 menit katanya…. itu aja udah aku molorin.

  31. 31 cakmoki Desember 23, 2007 pukul 5:40 pm

    @ triesti,
    minus 5 derajat C ? wuih … baru denger dah kedinginan.
    5 menit ya … saluuut, 5 menit sama macaknya 😀

  32. 32 dokterearekcilik Desember 23, 2007 pukul 9:27 pm

    Ya cak, emang susah ngrubah pemikiran gitu, yang mestinya boleh mandi dilarang. bayi prematur yg baru lahir malah dimandikan, padahal cukup diseka aja. kalo kita ngasih tahu tidak sesuai dengan pemikiran atau adat yg biasa “dianut” dibilang nyleneh.Tapi yang penting udah menyampaikan apa yang bener.

  33. 33 cakmoki Desember 23, 2007 pukul 10:42 pm

    @ dokterearekcilik,
    maturnuwun, tambahan informasinya 🙂

    bayi prematur yg baru lahir malah dimandikan, padahal cukup diseka aja

    ..ibunya malah gak mandi 🙂 … sampai sekian hari

  34. 34 fahmi! Desember 31, 2007 pukul 5:04 pm

    jadi pingin nyari suster sexy buat diminta tulung mandiin aku, hihihi 😀

  35. 35 cakmoki Desember 31, 2007 pukul 10:13 pm

    @ fahmi!,
    ada, cantik, seksi, single … 54 tahun …mau ? 😛 hahahaha

  36. 36 Lintasberita Januari 4, 2008 pukul 4:02 pm

    Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk WordPress dengan installasi mudah. Salam!

    http://www.lintasberita.com/Lokal/Mandi_Dong/

  37. 37 cakmoki Januari 5, 2008 pukul 12:45 am

    @ Lintasberita:
    ok, trims 🙂

  38. 39 cakmoki Desember 20, 2008 pukul 1:55 pm

    @ wita:
    iya mbak, ada apa? 😉

  39. 40 Myrza Desember 23, 2008 pukul 10:54 am

    Salam kenal….seneng nih baca blognya Om..
    Btw, masalah mandi mandi ria….Gak mandi tigak berdosa kan Om..
    Wong saya sering lho gak mandi pada bulan-bulan tertentu…
    Menyenangkan lho Om…sensasi ga mandi….gerah-gerah gimana…gitu
    Ritual soalnya…bulan February sampai maret… 🙂

  40. 41 cakmoki Desember 23, 2008 pukul 5:38 pm

    @ Myrza:
    Salam kenal … seneng ada tamu 🙂
    Gak mandi gak berdosa koq, … ih, apa gak pliket semua?
    *bisik-bisik* sensasinya gimana sih ?
    waduhhh, koq pake ritual segala … mandi dong, sensasinya menyenangkan, seger-seger gimana gitu 😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,301,967 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: