Bung Tomo Sang Teladan

Hari Pahlawan: Teladan Sang Pejuang

Bung TomoLagi, contoh kehidupan seorang pejuang yang patut menjadi suri tauladan kita. Memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember, mengingatkan kita pada sosok seorang pemuda yang mampu mengobarkan semangat perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan dari upaya penjajahan kembali oleh Belanda.

Bung Tomo. Siapapun bangsa ini mengenal nama harum beliau. Di usia yang belum genap 25 tahun beliau sudah menjadi seorang pemimpin. Dan ketika wafat pada tahun 1981 saat menunaikan ibadah Haji di Tanah Suci Mekkah, beliau tidak dimakamkan di jazirah Arab, tidak pula dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, melainkan di pemakaman umum di Jalan Ngagel, Surabaya.

Semangat perjuangan dan kesederhanaan.
Kini, dapatkah kita mencontoh beliau ? Tidak perlu semua, mungkin cukup 1 (satu), yakni: TIDAK KORUPSI

Renungan:
Jika korupsi masih merajalela, maka negeri ini akan sulit bangkit dari keterpurukan. Tak perlu menunggu para pemimpin tidak korupsi, kitapun sebagai rakyat jelata mampu melakukannya bersama-sama. Hanya dengan satu niat dan satu tindakan: tidak korupsi !!!

Iklan

34 Responses to “Bung Tomo Sang Teladan”


  1. 1 almascatie November 10, 2007 pukul 8:55 pm

    Pahlawan yang paleng dibenci adalah pahlawan Korupsi
    πŸ˜†

  2. 2 axireaxi November 10, 2007 pukul 10:41 pm

    saat membaca buku sejarah di sekolah, saya mengira bung tomo sdh masuk jajaran pahlawan nasional

    … eh ternyata belum toh

    sumber: Kompas & berita teve sore (10 Nov 2K7)

    salam,
    adi.n

  3. 3 cakmoki November 10, 2007 pukul 10:59 pm

    @ almascatie,
    enaknya diapain Om? πŸ˜‰

    @ axireaxi,
    mungkin karena pernah ditangkap jaman orde baru (1978) … tapi di setiap kota ada nama jalan beliau kan?

  4. 4 almascatie November 10, 2007 pukul 11:09 pm

    dirajam aja cak moki…
    biar dikatain bar-bar atau kejam tapi cukup setimpal dengan penderitaan 75% rakyat miskin
    πŸ™‚

  5. 5 cakmoki November 11, 2007 pukul 2:15 am

    @ almascatie,
    wuih, ngeri πŸ™„ … kebayang banyak darah berceceran mulai desa hingga kota

  6. 6 Anang November 11, 2007 pukul 3:26 am

    Bung Tomo Pahlawan yang terlupakan… namanya tidak masuk dalam daftar nama pahlawan nasional

  7. 7 sibermedik November 11, 2007 pukul 1:57 pm

    ngapain jadi pahlwan? mending jadi selebritis or politikus…duit banyak, terkenal, gaya hidup mewah….

    *Mode SUTRIS on*
    mampir cak!!

    http://sibermedik.wordpress.com/2007/11/10/surat-surat-cinta-sang-pahlawan/

  8. 8 imcw November 11, 2007 pukul 1:58 pm

    Sepertinya, Cakmoki perlu kita angkat sebagai dokter anti korupsi Indonesia. πŸ™‚

  9. 9 alief November 11, 2007 pukul 2:35 pm

    Bung Tomo memang teladan arek Suroboyo… Paling gak itu saya baca dari buku2 tentang biografi dan surat2 cintanya ke sang istri

  10. 10 telmark November 11, 2007 pukul 7:59 pm

    Hidup bung Cakmoki… !
    Bangsa yg besar adalah bangsa yg bisa menghargai jasa2 Pahlawannya.
    dan cakdokter adalah salah satu bagian dari bangsa tsb. salut.

  11. 11 itikkecil November 12, 2007 pukul 9:44 am

    ironis memang…. pahlawan yang sebenarnya malah belum diakui jadi pahlawan nasional…..

  12. 12 Ersis WA November 12, 2007 pukul 9:49 am

    Bung Tomo. Aduh biar saja negara ini tidak menjadikan Sampeyan pahlawan (resmi) ala ‘sertifikat’ negara. Masih lebih banyak anak-anak bangsa menyemayamkan di lubuk jiwamu nilai-nilai luhur perjuanganmu. Tidurlah yang damai, wahai Pahlawan Sejati.

  13. 13 huda November 12, 2007 pukul 1:32 pm

    Yuk (tidak) korupsi…

  14. 14 suandana November 12, 2007 pukul 1:54 pm

    Iya Cak… Mungkin karena beliau pernah ditangkap itu, makanya jadi kurang ter-ekspose. Tapi, pahlawan kita yang manakah yang benar-benar dikenal oleh rakyat Indonesia? πŸ˜•

  15. 15 dokterearekcilik November 12, 2007 pukul 6:02 pm

    Jadi pahlawan dihati rakyat lebih baik daripada hanya mendapat selembar kertas dari pemerintah. Semoga semangat beliau tetap jadi inspirasi untuk generasi mendatang.

  16. 16 axireaxi November 13, 2007 pukul 11:44 am

    saya usul:
    uang kertas rupiah nominal tertinggi dipasangi foto bung tomo — spt yg terpajang di artikel ini.

    siapa tahu bisa bikin keder orang yg mo korupsi…

    gimana pak dokter?

    salam,
    adi.n

  17. 17 fahmi! November 14, 2007 pukul 2:23 pm

    “mungkin karena pernah ditangkap jaman orde baru (1978)”
    lho, aku nggak tau bung tomo pernah ditangkap? ditangkap karena kasus opo cak?

  18. 18 cakmoki November 14, 2007 pukul 9:57 pm

    @ Anang,
    usulkan cak Anang !

    @ sibermedik,

    ngapain jadi pahlawan? mending jadi selebritis or politikus…duit banyak, terkenal, gaya hidup mewah

    hahaha, kali guman di lubuk hati tukang korupsi seperti ini … nyindir ya ?

    @ imcw,
    kali bareng-bareng anti korupsi ama om Cok dan yg lain, hehehe

    @ alief,
    hehehe, surat cintanya boleh juga lho, bisa dicontoh untuk PDKT … ehm ehm

    @ telmark,
    Hidup Bung telmark !!!
    Hidup Blogger !!! *sambil mengepalkan tangan*

    @ itikkecil,
    mengapa ya ? … para wakil rakyat rasanya bisa mengusulkan, itupun kalo masih inget pelajaran sejarah.

    @ Ersis WA,
    Setuju !!! … *jadi ikutan terharu*

    @ huda,
    yuk !!!

    @ suandana,
    iya ya, mungkin juga.
    Supaya dikenal, kali nama-nama beliau diabadikan sebagai nama jalan sampai di pelosok ndeso β„’ yang kecepit.

    @ dokterearekcilik,

    Semoga semangat beliau tetap jadi inspirasi untuk generasi mendatang.

    semoga untuk kita juga … πŸ˜‰

    @ axireaxi,
    boleh juga tuh … setuju

    @ fahmi!,
    karena “melawan” penguasa kala itu πŸ™‚

  19. 19 bachtiar November 14, 2007 pukul 10:53 pm

    cak,saya malah lupa kalau kemarin hari pahlawan.hue hue
    sungguh terlalu saya ini.

  20. 20 cakmoki November 15, 2007 pukul 12:52 am

    @ bachtiar,
    kalo gitu diulang, adegan ulangan upacara sendirian πŸ˜›

  21. 21 ady setyawan November 15, 2007 pukul 1:18 pm

    gak perlu surat pengangkatan dari negara cak… mungkin kalo bung tomo masih hidup pun beliau gak terlalu ambil pusing juga… namanya juga patriot… yang jelas kita kita orang surabaya dah tau benar siapa pahlawan kota ini yang pernah banjir darah 62 tahun yang lalu…. buat para pimpinan abdi negara yang korupsi…duh kebacut tenan…tinggal meneruskan pembangunan tok..gak perlu totoan nyowo karo londo ae korup… tetep semangat gawe sing gelem gak korup!!! ingat rek..sopo sing nandur kuwi ngundhuh

  22. 22 cakmoki November 16, 2007 pukul 2:03 pm

    @ ady setyawan,
    Semangat … gak korup !!!
    onok bolone .. hehehe … tossss πŸ˜€

  23. 23 islaMModern November 27, 2007 pukul 9:36 am

    Pengantu Islam Modern tidak akan KORUPSI

  24. 24 islaMModern November 27, 2007 pukul 9:36 am

    Penganut Islam Modern tidak akan KORUPSI

  25. 25 cakmoki November 27, 2007 pukul 12:43 pm

    @ islaMModern,
    Bagus πŸ™‚ …siapapun gak boleh korupsi kalo ingin negeri ini menjadi lebih baik … janji ya ..hahaha

  26. 26 herry November 30, 2007 pukul 4:25 pm

    nuwun sewu, saya kok skeptik ya… gimana mau gak korupsi, lha wong sekarang ini korupsi sudah menjadi bagian daripada Iman…. 😦
    Sembahyang-e kenceng, tapi nyolonge luwih kuenceng……. !

  27. 27 cakmoki November 30, 2007 pukul 11:14 pm

    @ herry,
    nuwun sewu … benerrrrrr !!!!!
    hahahaha

  28. 28 ninDhi Oktober 29, 2009 pukul 9:26 pm

    buNG toMo tuU eNang pahlawan chEng iiO’pho ngono…

  29. 29 cakmoki Oktober 30, 2009 pukul 3:33 pm

    @ ninDhi:
    πŸ™‚

  30. 30 ali ponpes lirboyo Desember 19, 2009 pukul 3:11 pm

    Bung tomo pahlawan yg terlupakan oleh negara….
    tpi tdak akan terlupa d hati rakyat…….
    BUNG TOMO I LOVE YOU

  31. 31 cakmoki Desember 20, 2009 pukul 11:17 pm

    @ ali ponpes lirboyo:
    makasih kunjungannya

  32. 32 Dara Mentari Februari 24, 2010 pukul 11:36 am

    aku suka dan mengidolakan Bung Tomo, beliau adalah penyemangat Surabaya yang tiada tara

    aku juga pengen jadi kayak bung tomo, yang bisa menyemangati TEMAND2 DI SURABAYA terutama SPENDA BAYA .(SMP NEGRI 2 SURABAYA)

  33. 33 cakmoki Februari 24, 2010 pukul 2:07 pm

    @ Dara Mentari:
    Semoga πŸ™‚

  34. 34 jangkrik Desember 29, 2010 pukul 6:21 am

    mari kita bersama berusaha untuk STOP KORUPSI dan SUAP di Indonesia,berawal dari lingkungan terdekat kita πŸ˜€


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

No Korupsi

Internet Sehat

Translator

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,368,637 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters

Translate


%d blogger menyukai ini: