Dokter Jualan Kwitansi

KISAH NYATA: … JAN MELAS TENAN, KANG !!!

Disamping gunjingan or rasan-rasan terhadap kinerja dokter dalam layanan medis, dan kongkalikong seputar resep yang berujung pada membengkaknya biaya, lembaran kertas bernama ” kwitansi ” pun tak luput dari media pencari uang bagi segelintir dokter.
Pelakunya sih tidak banyak, namun tetap menambah daftar cela dan tentu amat memalukan.

Berdasarkan penuturan para pasien ( di daerah kami ), sejauh ini ada 2 (dua) modus yang sering digunakan “dokter penjual kwitansi” untuk mencari uang dengan cara memalsukan nilai nominal.

Pertama: pasien membeli kwitansi kepada “dokter penjual kwitansi” (biasanya udah terkenal di kalangan karyawan) seharga Rp 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) per lembar, lantas si dokter menulisnya senilai Rp 50.000,- (limapuluh ribu rupiah). Trus, si pasien pulang, gak sakit. Kwitansi tersebut ditukarkan ke Perusahaan tempat si karyawan bekerja. Alhasil, dengan modal uang 10 ribu, si karyawan dapat ganti 50 ribu sesuai nilai nominal kwitansi. So, karyawan “untung” 40 ribu dan si dokter 10 ribu. Mungkin ada yang nilainya berbeda, tapi modusnya mirip.

… selanjutnya …

Kedua: pasien (entah sakit beneran entah tidak) datang ke “dokter penjual kwitansi”, lantas si dokter nawari mau ditulis berapa rupiah sesuai kesepakatan diantara keduanya. Misalkan layanan medis senilai 20 ribu, si dokter akan menulisnya 60-80 ribu, dan si pasien diwajibkan membayar 40 ribu. Konon, angka nominal bisa bervariasi. Wis, hitung sendiri bagi yang pingin menghitung.

Kedua modus di atas (mungkin masih ada yang lain seperti nambah uang transport, dll dalam kwitansi), dipandang dari sudut manapun tetap sama, … podho edane !!!

Lha, karyawan yang membeli kwitansi, uangnya konon untuk macam-macam, untuk beli ban sepeda motor, dll …dengan alasan apapun, tetep …mbuh !!!

MENGAPA ? … mbuhhhh

Dokter Penjual Kwitansi.
Yang ini gak usah diragukan lagi, pasti terkenal di kalangan pembeli kwitansi dan keluarga serta tetangganya. Pokoknya β„’ terkenal deh πŸ˜› … (yang ngerasa gak usah marah, ntar malah ketahuan) dan biasanya, dimanapun dia bekerja, kelakuannya mirip-mirip itulah. πŸ™„ … dan jadilah dia bulan-bulanan orang dimana-mana, di pasar, di stand ojek … dll.

Karyawan Pembeli Kwitansi.
Repot nih. Ketika dia atau keluarganya sakit beneran, maka bingunglah dia ketika jatah dana pengobatan udah habis di pertengahan tahun. Nah ! … saat inilah terungkap semuanya. Dus, bernyanyilah para istri dimana-mana lantaran anggota keluarga sakit, samentara dana pengobatan yang disediakan Perusahaan udah ludes.

Kita membahas sisi moralnya, bukan besaran nilai nominal. Berapapun besarnya nilai nominal yang disediakan Perusahaan untuk dana pengobatan, akan ludes jika mental karyawannya seperti di atas. Maka, tak perlu ngomel jika tunjangan sulit naik, lha wong uang Perusahaan dimana dia bekerja digerogoti sendiri.

Pada umumnya, para karyawan menganggap bahwa dana pengobatan adalah hak milik yang jika tidak digunakan akan rugi. Benarkah demikian ? Hanya pihak Perusahaan dan Karyawan itulah yang bisa menjawabnya.

Terlepas dari KKB ( kesepakatan kerja bersama) antara pihak perusahaan dengan karyawan, praktek jual beli kwitansi antara “dokter penjual kwitansi” dan “karyawan”, tak urung mencerminkan sisi gelap sebagian bangsa kita …

Akhirnya, adakah sangsi terhadap keduanya ? … ah …

Sumber:

  • Surat Edaran dari salah satu Perusahaan Kayu Lapis di Samarinda.
  • Pengakuan beberapa Karyawan Perusahaan Kayu Lapis di Palaran.

:: :: :: sebuah renungan kecil di tengah semarak HUT IDI :: :: ::

Iklan

43 Responses to “Dokter Jualan Kwitansi”


  1. 1 mardun November 2, 2007 pukul 1:38 am

    weks…. itu resmi cak?

    apakah memang nggak ada aturan yang bisa mengikat itu?

    *jadi inget proposal-proposal kegiatan jaman SMA yang sering dimark-up*

  2. 2 almascatie November 2, 2007 pukul 3:03 am

    cak…. gimana yah caranya membabat habis bentuk2 kaya gini yah
    Hukum yang ketat tapi tetep aja masih bisa cari kesempatan
    kayakna hukuman moral aja nih yang asyik..
    dikucilkan dari masyarakat sehingga dokter2 nakal berubah semua
    πŸ™‚

  3. 3 almascatie November 2, 2007 pukul 3:06 am

    eh lupa ada yang berubah yah disini
    *lirik ke pojok kanan atas*
    arghhhhhhh yang lage ngelirik
    wakakkakakak
    *kaburrrrrrr*

  4. 4 Astri November 2, 2007 pukul 8:06 am

    waks… ada ya kayak gituan?
    di surabaya gak pernah denger sih… mungkin bukan kwitansinya yang diburu, tapi lebih surat keterangan sakitnya… supaya ada alasan mbolos 😦

  5. 5 dokterearekcilik November 2, 2007 pukul 11:10 am

    Itu bikin kesel banget…biasanya pasien gitu kalo saya tolak biasanya ngomel sambil bilang: ke dokter X aja bisa…tahu sama tahu aja lah. Atau bilang dokter pelit…gak mau bantu pasien. Lha disuruh bantu kok bantu bohong. Jadi serba salah nih ??!!! Modusnya emang macem macem tapi prinsipnya sama kok ngajak bohong…..semoga cepet hilang dari muka bumi….mungkin enggak ya ???!!!

  6. 6 itikkecil November 2, 2007 pukul 11:16 am

    jadi miris ya cak… padahal saya selalu membayangkan dokter itu biasanya kaya-kaya *ditimpuk cakmoki*
    tapi kok demi uang yang tidak seberapa rela menjual integritas….

    tapi kalo ada 100 orang aja sudah satu juta ya…..
    πŸ˜€

  7. 7 saya November 2, 2007 pukul 11:48 am

    Iya betul cak,
    Saya yg kebetulan lagi ada di perusahaan kontraktor (& sekarang ada di Kalimantan) tahu betul soal spt itu. Ketika merasa uang pengobatan adalah hak yg mesti diambil padahal nggak sakit, jadinya ya seperti itu. Banyak kuitansi dokter “aspal” beredar.
    BTW, beli mobil baru ya cak?

  8. 8 Juli November 2, 2007 pukul 12:01 pm

    Cak, kalo di tempat kerja sekarang aturan untuk kwitansi dokter diperketat mencegah hal spt ini. Jadi dari perusahaan sudah keluarin daftar dokter-dokter mana saja yang boleh dikunjungi (sudah disurvei oleh kantor bisa nipu gak nya). Cuman ya itu kadang-kadang juga masih kelolosan. Mungkin alasannya karena penggantian uang obat hanya 80% dari kwitansi, ben gak nanggung 20% nya jadilah dimark up…hehehe.
    Pengalaman kerja di tempat yang dulu mungkin malah bisa dicontoh. Setiap pengobatan diganti 100% dan diakhir tahun kalo tidak sampai plafon masing-masing karyawan, sisa uang pengobatan akan dibagikan. Efeknya, jarang banget temen-temen yang gak masuk kantor karena sakit. Effisiensi kerja juga bagus, kan repot juga Cak kalo perusahaan yang man powernya tinggi trus pada sering gak masuk.

  9. 9 doeytea November 2, 2007 pukul 12:21 pm

    Ternyata yang bisa korupsi bukan hanya PNS saja ya? πŸ™‚

  10. 10 Astri November 2, 2007 pukul 12:26 pm

    soale dokternya ada yang PNS πŸ˜€ lari… ditimpuk dokterearekcilik n cakmoki

  11. 11 imcw November 2, 2007 pukul 1:42 pm

    Godaan memang semakin berat, Cak.

  12. 12 superkecil November 2, 2007 pukul 4:03 pm

    cak cak cak
    ‘ciL balik lhoooooooooo
    maap pergi ga pake pamit

    hehehehe

  13. 13 Syarif Winata November 2, 2007 pukul 8:03 pm

    Ini nyata cuma ada di Indonesia hihih seperti yang diucapkan reporter RCTI kang…

  14. 14 telmark November 2, 2007 pukul 10:03 pm

    kalau ada dr yg berani usaha recehan spt itu cak dok, berarti ada jg dr yg berani usaha yg sedikit lebih gede2-an. spt jual beli organ tubuh misalnya ?
    *pertanyaan terlontar akibat baru saja nonton film horor*

  15. 15 deKing November 3, 2007 pukul 4:13 am

    Kalau guru jualan kwitansi laku ga ya?
    Ah mendingan jualan yang tanpa kwitansi saja biar tidak bisa dideteksi :mrgreen:

  16. 16 cakmoki November 3, 2007 pukul 10:39 am

    @ mardun,
    pernah dapet sampel dari pasien, resmilah … tapi boong, so artinya ngapusi …hehehehe

    @ almascatie,
    ada tuh hukuman sosial yang cukup kejam, bukan dokter sih,… seseorang yg ketika punya kedudukan sangat kejam kepada masyarakat, suka mukul, dll … pas mati gak ada yang mau nyembahyangi, alasan warga gak pakai celana bersih, dll … alhasil yg sholat cuman 2, imam dan makmum …

    @ Astri,
    hampir sama mbak … di sini surat sakit juga dijual oleh beberapa TS, paramedis juga ding

    @ dokterearekcilik,
    hilang sama sekali mungkin masih sulit Mas, seperti jual beli di pasar kan ? Kalo niat bareng-bareng tentu bisa … pasien juga pinter, suka bandingkan padahal enggak, kali supaya afdhol .. halah, ngapusi koq afdhol …

    @ itikkecil,
    yang kaya ternyata tambah “nuwun sewu, tamnbah nggragas ” … ini bilang temen saya kemarin waktu habis rapat …
    Kalo 1000 jadi 10 juta dong …

    @ saya,
    hmmm apa iya uang pengobatan sama dengan hak yg bisa diambil jika sisa ? kita cek lagi UU-nya deh …
    mobil baru? mo mbeliin ya … thanks πŸ™‚

    @ Juli,
    wah sip deh, kalo ada perusahaan yang sangat memperhatikan karyawannya seperti itu.
    Ya, bagus kalo pihak manajemen perusahaan ngecek, walau ada yg lolos setidaknya cara tsb merupakan upaya preventif

    @ doeytea,
    kalo korupsi mah, mulai lembaga negara sampai non pemerintah, mulai istana sampai tempat ibadah … samalah, tergantug orangnya

    @ Astri,
    sing tak ceritakno fifty-fifty … pns dan bukan, heheheh

    @ imcw,
    konon makin berat dan menggiurkan

    @ superkecil,
    oleh olehnya mana ?

    @ Syarif Winata,
    ya, katanya sih gitu … ada temen dari negeri lain mengatakan bahwa tempat kita ini “horor” kalo soal begituan

    @ telmark,
    sumprit ada beneran tuh … semacam makelar, di sini sih dilarang, tapi ada bentuk lain misalnya “jual beli pen untuk operasi tulang.

    @ deKing,
    alku juga koq … di kecamatan tempat kami ada tuh, … buku harga 8 ribu ditulis 20 ribu dan murid bayar 15 ribu πŸ™„
    … koq ya pinter juga ya

  17. 17 kenji November 3, 2007 pukul 5:59 pm

    cak, kalau ada orang beli surat tanda sakit bagaimana? Soale sering kejadian begitu, kalau sakit, yang sekolah atau yang kerja sama saja, harus dilengkapi surat keterangan dokter atau dihitung sebagai madol 😦 . meskipun cuma demam parah, asma kumat, dll, kita kan sering ga ke dokter, istirahat di rumah 3-4 hari. Kalau dokternya minta uang buat surat tersebut, termasuk jual beli kwitansi juga ga neh πŸ˜€

  18. 18 alle November 3, 2007 pukul 6:19 pm

    alhamdulillah blom nemu

  19. 19 cakmoki November 3, 2007 pukul 11:42 pm

    @ Kenji,
    Kalo emang sakit beneran dan menurut pemeriksaan medis perlu istirahat, maka akan diberikan surat keterangan sakit, dan surat tersebut tidak dijual. Artinya gak bayar … kalo boong, berapapun mau bayar gak boleh diterima apalagi minta … hehehe

    @ alle,
    syukur, moga gak pernah nemu yg begituan πŸ˜‰

  20. 20 calonorangtenarsedunia November 4, 2007 pukul 4:26 pm

    realitanya kok begitu ya, Cak?

    katanya dokter lho profesi mulia.

  21. 21 sibermedik November 4, 2007 pukul 6:20 pm

    surat sehat Cak..aq dikomplain temenku lulusan S1,
    “Leh awas koen yo!!! aku mau nang dokter njaluk surat sehat mbayar 15ewu..nek koen mene ngono tak mark-up hardware laptopmu!!”

    He..he..

  22. 22 suandana November 4, 2007 pukul 6:21 pm

    Indonesia… 😦
    Di lingkungan kerja saya juga banyak yang seperti itu, Cak… 😦
    Jadi sedih… 😦

  23. 23 koecing November 5, 2007 pukul 9:22 am

    klo bagian pertama masih agak “mending” mungkin aja dokternya g’enak klo protes2. takut dianggap ikut campur masalah orang..

    klo bagian yg k2, itu sih keterlaluan banged bo’..

    trus diriku jg baru tau ada dokter jual kwitansi. oya jadi inget pernah mengalami kejadian yg agak2 mirip. bukan kwitansi. tapi surat ijin sakit.. πŸ˜€ dokternya nawar2, mau jin berapa hari? hehehe… jadi itu hasil kesepakatan bersama, bukan dokter yg nentuin. padahal slama ini, klo surat sakit biasanya udah ditentuin dokternya.

  24. 24 Lily November 5, 2007 pukul 10:21 am

    Klo dokter jualan surat keterangan sakit gimana Cak, yang bisa dipake buat mbolos itu lho.. ;p

  25. 25 cakmoki November 5, 2007 pukul 3:27 pm

    @ calonmantu,
    gak tau kenapa begitu Han, … tenang aja, papah gak termasuk koq πŸ˜‰

    @ sibermedik,
    suruh ke Puskesmas aja deh, harganya sekitar 5 ribu, kalo gak salah sebagain daerah memberlakukan perda semacam itu

    @ suandana,
    jualan apa mas?

    @ koecing,
    hehehe, iya pernah dengar juga sih, jual beli dan tawar menawar surat ijin sakit…di sana 1 hari berapa ?

    @ Lily,
    walah, sama aja mbak … pernah ? *blethak* πŸ˜‰

  26. 26 Mrs. Yusuf November 5, 2007 pukul 4:40 pm

    Emang cak, kalo di kantorku ada beberapa klinik yang di blacklist karena ketahuan suka memperjualbelikan kwitansi dan Surat Dokter..
    tapi kalo yang gak ketahuan.. Yaaaaa gitu dehh..
    trus malah kemarin waktu saya sakit dan gak masuk kantor, pas selesai periksa saya kan minta kwitansi trus dokternya nanya ” mau ditulis berapa mbak? “..
    Weeee… apakah tampang saya seperti karyawan yang suka beli kwitansi Hiks.. sedih saya… Di generalisasi… 😦

  27. 27 Mrs.Fortynine November 5, 2007 pukul 6:37 pm

    Cak…

    semoga njenengan bukan termasuk mereka…
    😦

    awas aja kalo sampek ikut ikutan.

    fotonya Pangky Suwito bakal tak obrak abrik dadi Pangky Sengsoro
    πŸ‘Ώ

  28. 28 koecing November 5, 2007 pukul 11:33 pm

    hihihi… g tau brapanya.. udah lupa. itu udah lama banget..

  29. 29 cakmoki November 6, 2007 pukul 12:19 am

    @ Mrs. Yusuf,
    bagusnya pas ditawari ama dokternya, dikasih copy-an tulisan ini plus komen-komennya, kirakira gimana ya ? ;;)

    @ Mrs.Fortynine,
    bukaaaaaannnnn πŸ™„ … wis tho, percoyo karo cacake … maturnuwun selalu mengingatkan πŸ˜‰

    @ koecing,
    hehehe, paling isin mau ngomong ya πŸ˜›

  30. 30 Fa November 6, 2007 pukul 11:02 am

    klo dulu aku pernah ‘dipaksa’ nganterin temen ke dokter, yang ternyata cuman mau beli Surat Keterangan Sakit seharga 5ribu, biar bisa bolos beberapa hari buat acara keluarga. Spt yang Cak Moki bilang, apapun alasannya… mbuh lah πŸ˜€

  31. 31 benbego November 6, 2007 pukul 11:56 am

    emang dasar mentalnya kali ya. ngga dimana-mana tuh. semua tempat pasti ada. hmmmm..!

  32. 32 kan November 6, 2007 pukul 3:55 pm

    Apa kabar Samarinda??

    Berbahagialah wahai para dokter, kekekeke.

    apa sebaiknya karyawan di ikuti asuransi kesehatan aja.

    paling2 yang curang pihak RS ato Dokternya πŸ˜€

  33. 33 Kombor November 6, 2007 pukul 5:46 pm

    Mungkin jualan obat sudah nggak laku, Cak. Makanya dia milih jualan kuitansi.

    Kalau di sekitaran Tangerang sih yang biasa ngeluarin gitu biasanya klinik 24 jam yang nggak ada dokternya. Hanya ngaku-aku dokter… Padahal, kalau ditelisik mereka itu hanya lulusan Akper.

  34. 34 khuclukz November 6, 2007 pukul 10:59 pm

    wah…wah..
    ternyata di dunia kedokteran juga ada hal semacam itu!!
    kirain.. sekolah dah tinggi tapi moral masih belum ikut tinggi

    *namanya juga kepepet mas*

    kepepet kok terus
    terus kok kepepet

  35. 35 cakmoki November 7, 2007 pukul 1:12 am

    @ Fa,
    Limang-ewu ? … hua hahaha … mesti dokternya terkenal di kalangan karyawan 😦

    @ benbego,
    iya tuh, sepertinya hampir merata, ato mungkin emang merata beneran

    @ kan,
    kabar baik
    kalo asuransi, yang curang biasanya: penyedia asuransi – dokter – rs – perusahaan – karyawan … kayaknya semua yg terlibat di situ punya peluang yg sama untuk curang πŸ™„

    @ Kang Kkombor,
    syukur kalo di Tangerang gak ada dokter jualan kwitansi Kang πŸ™‚
    Saluut

  36. 36 raniacell November 7, 2007 pukul 10:03 pm

    pasiennya juga nggak bener kalau gitu, biasanya mereka malah seneng kalau sakit..ganti ruginya kan lumayan,hehe..

  37. 37 cakmoki November 8, 2007 pukul 1:17 am

    @ raniacell,
    gak bener ketemu gak bener, jadinya bener-bener gak bener …hehehe

  38. 38 mei November 12, 2007 pukul 4:31 pm

    lho..lha kalau kita datang untuk minta tolong…yo mosok ra di tolong???khan jarene dokter itu berhati mulia, tidak sombong dan baik hati

    *kabooorrr, wedi di gaplok cakmoki…haha*

  39. 39 cakmoki November 13, 2007 pukul 2:58 am

    @ mei,
    hahaha, itu kalimat yang paling sering kita dengar πŸ˜›

  40. 40 mrtajib November 13, 2007 pukul 8:51 am

    Pertama: pasien membeli kwitansi kepada β€œdokter penjual kwitansi” (biasanya udah terkenal di kalangan karyawan) seharga Rp 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) per lembar, lantas si dokter menulisnya senilai Rp 50.000,- (limapuluh ribu rupiah). Trus, si pasien pulang, gak sakit. Kwitansi tersebut ditukarkan ke Perusahaan tempat si karyawan bekerja. Alhasil, dengan modal uang 10 ribu, si karyawan dapat ganti 50 ribu sesuai nilai nominal kwitansi. So, karyawan β€œuntung” 40 ribu dan si dokter 10 ribu. Mungkin ada yang nilainya berbeda, tapi modusnya mirip.

    ha ha ha…saling menguntungkan!!!

    Tapi, kadang juga dalam modus yang sangat berbeda lagi..dan gak ada hubungannya dengan kuitansi.

    Misalnya nih dok, seorang dokter yang bekerja di rumah sakit negeri, masih saja mbuka praktek di rumah. Okedeh, mbuka praktek di rumah boleh-boleh saja, asalkan di luar jam kerja.

    Lah, ternyata si dokter itu tidak. Dia berangkat ke rumah sakit sekitar pukul 11 siang. Ketika ada pasien bertanya kepada petugas, ‘dimana dokter X?” “Kapan datang dokter X?” Apa jawaban petugas itu, “Dia masih praktek di rumah, datang biasanya pukul 11 sampai 12 siang!”

    Lho, iki piye dok?

  41. 41 cakmoki November 15, 2007 pukul 12:48 am

    @ mrtajib,
    kayaknya udah gak ada lagi yang beginian, entah kalo di lain daerah … sekarang peraturannya ketat, masa masih ada yg gitu ?
    Lha kalo hanya kerja 11-12 siang, kali gak usah digaji … hahaha

  42. 42 wita November 20, 2007 pukul 8:33 pm

    ah, cak moki ini, yg dibahas kok dokter mlulu yg jahat, kok yg jelek2 gtu..:(

  43. 43 cakmoki November 21, 2007 pukul 1:21 am

    @ wita,
    maksudnya supaya ada perbaikan πŸ˜‰
    Lagipula ini sebagai ajakan supaya jangan gitu dan supaya jadi dokter yang bener, soalnya yang beginian dijadikan gunjingan dan bahan tertawaan di pasar, stand ojek dll …
    Kalo tahu bagaimana mimik orang-orang yang bergunjing dan apa yang mereka bicarakan, seru deh πŸ˜€
    Ada yang bilang gini: ” … ternyata ada juga yang berpendidikan terhormat dan banyak uang masih doyan bohong … “… hehehe
    So jangan dikira khalayak gak tahu. Walaupun saya gak bahas ini, toh sudah dibahas orang dimana-mana, … sambil ditertawakan …

    Blog ini emang banyak berisi kritikan, terutama untuk kalangan internal kesehatan, makanya bagi teman-teman dunia kesehatn harus siap mental, hehehe *tosss*


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,343,886 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: