Tunjungan: dulu dan kini

Tunjungan: redupnya ikon Surabaya

Tunjungan 1911Hampir setiap kota memiliki ciri khasnya masing-masing. Diantaranya adalah jalan, tempat segala keramaian dan belanja serta warga kota berkumpul, walau hanya sekedar kongkow-kongkow. Jogja dengan Malioboro-nya, Samarinda dengan Pasar Pagi dan Citra Niaga-nya, Semarang dengan Simpang Lima-nya, serta masih banyak lagi.
Dan Surabaya, boleh dikata identik dengan Tunjungan… Itu dulu.

Menurut sejarah, Surabaya terkenal dengan Tunjungan sejak jaman Belanda. Di salah satu gambar adalah foto masa lalu Tunjungan tahun 1911 yang menampilkan Hotel Orange (sekarang Hotel Mojopahit). Dan tetap menjadi ikon Surabaya puluhan tahun kemudian.

Sekarang ?
Sisi benderang Tunjungan Sejak beberapa tahun terakhir, entah mengapa Tunjungan menjadi lengang … yang tersisa hanyalah Siola yang mulai sepi pengunjung dan Tunjungan Plaza yang syukur makin berkembang, serta Hotel Mojopahit dan Hotel Simpang yang entah sampai kapan bisa bertahan.
Selebihnya sepi. Toko-toko banyak tutup, pejalan kaki nyaris gak terlihat … dan bukan kebanggaan lagi jika seseorang mengatakan akan pergi ke Tunjungan.

Mengapa Menjadi Sepi ?
Jangan ditanya kenapa Tunjungan menjadi sepi, niscaya banyak jawaban dengan segala argumen dan penjelasannya. Benar tidaknya wallahualam.
Akankah Tunjungan menjadi kenangan sejarah tanpa bekas ?
Ataukah Tunjungan akan dilestarikan dan ditata ulang ?
Entahlah …. yang jelas sekarang sepi…lengang.

Rek ayo rek mlaku-mlaku nang Tunjungan
Rek ayo rek rame-rame bebarengan
Cak ayo cak sopo gelem melu aku
Cak ayo cak golek kenalan cah ayu

Tunjungan … oh Tunjungan

:: :: :: serial akhir dari catatan mudik lebaran tahun 2007/1428 H :: :: ::

Iklan

25 Responses to “Tunjungan: dulu dan kini”


  1. 1 mardun Oktober 20, 2007 pukul 3:44 am

    karena sekarang udah nggak kondusif lagi dibuat jalan-jalan cak

    lalu lintasnya terlalu ramai

    tapi masih ada sisa tunjungan yang utuh dari jaman belanda…. jalur kanannya itu lho 😀

  2. 2 sibermedik Oktober 20, 2007 pukul 6:38 am

    Akronim SBY jaman SMA
    TP 1-4 = TUNJUNGAN PLAzA.
    TP 5 = Tugu Pahlawan.
    TP 6 = Tanjung Perak.
    TP 7 = Tempat Parkir..he..he..

    ” Sopo Ngerti Nasib Awak Lagi Mujur…
    …Kenal Anak’ sing dodol Tahu Campur..eh salah..Rujak Cingur..”

  3. 3 sibermedik Oktober 20, 2007 pukul 6:40 am

    Terinspirasi blog-ku ya Cak??

  4. 4 Astri Oktober 20, 2007 pukul 7:40 am

    Makanya, saya dan beberapa orang teman bikin milis wisatasurabaya yang salah satu kegiatannya adalah jalan2 kota tua, melihat gedung2 tua yang bersejarah di Surabaya biar kita yang muda-muda ini tahu tentang sejarah dan kejayaan Surabaya masa silam. Dengan harapan kalo sudah tahu maka tambah sayang dan gak semudah itu meninggalkan yang sudah lama.

  5. 5 siw Oktober 20, 2007 pukul 2:24 pm

    ah, saya tetep cinta surabaya…

  6. 6 siw Oktober 20, 2007 pukul 2:26 pm

    kota panas namun romantis ini pernah menjadi saksi perjalanan hidup sepasang manusia…

    😳

  7. 7 cakmoki Oktober 20, 2007 pukul 8:34 pm

    @ mardun,
    iya, untungnya jalur kanan masih ada beberapa gedung kuno…moga gak diborong investor

    @ sibermedik,
    TP8: Tempe Penyet ..
    ho-oh, lihat lagu itu trus saya ikutan, ….hehehe

    @ Astri,
    setuju mbak…fotonya lengkap kan?
    Ntar bisa dibuat albumnya, … sekedar usul.. 🙂

    @ siw,
    sama, saya juga tetep cinta Surabaya, walau banyak nyamuknya 🙂
    ..saksi…dimana Siw? kenjeran opo bonbin?

  8. 8 dokterearekcilik Oktober 20, 2007 pukul 11:35 pm

    Rek ayo rek mlaku mlaku nang Tunjungan Plaza…..naah gitu sekarang lagunya yg udah diubah karena enakan ke TP 🙂

  9. 9 cakmoki Oktober 21, 2007 pukul 12:34 am

    @ dokterearekcilik,
    Rek ayo rek mlaku mlaku nang Tunjungan Plaza
    Rek ayo rek kopdar nang restoran betah isin … hehehe

  10. 10 fahmi! Oktober 21, 2007 pukul 1:33 pm

    eh eh, ternyata tunjungan plaza itu nggak persis di jalan tunjungannya ya cak, tunjungan plaza lokasinya di jalan basuki rachmat 😀

    mungkin terasa ganjil kalo namanya diganti jadi basuki plaza hahahaaa…

  11. 11 sibermedik Oktober 21, 2007 pukul 1:56 pm

    kan ada bukunya 2 jilid SOERABAJA TEMPO DOELOE, saya pernah liat di Gramedia Kertajaya jadi ngiler..soale harganya Rp.750rb..*Bingung milih HARRISON 16th ato buku SOERABAJA TEMPO DOELOE*

    *Pingin*

  12. 12 cakmoki Oktober 21, 2007 pukul 2:34 pm

    @ sibermedik,
    huaaaa, 1,5 juta 2 jilid… googling aja deh

  13. 13 almascatie Oktober 21, 2007 pukul 11:52 pm

    indonesia emang kaya dengan Mall
    taon 3000 indonesia bisa menjadi musuem mall terbesar di dunia yah
    😆

  14. 14 cakmoki Oktober 23, 2007 pukul 12:46 am

    @ fahmi!,
    hahaha, saya mah setuju pakai nama: Basuki Plaza

    @ almascatie,
    waaah, tahun segitu kita dah gak ada Om … bisa jadi ndeso ™ kami udah jadi Mall jua

  15. 15 Juli Oktober 24, 2007 pukul 9:01 am

    Cak Studio Etan seng sampinge SMA Trimurti jek onok gak? Kudune sampeyan nyalon no dadi gubernur Suroboyo. Prejengane wes puantes :). Minal Aidzin wal Faidzin, Sepurone seng akeh ya Cak!!

  16. 16 tukangsate Oktober 24, 2007 pukul 3:59 pm

    ya…nasibnya sama dengan samarinda kan Cak. Citra niaga dan pasar pagi bukan lagi sebuah tempat yang “samarinda banget”. Barangkali memang seperti itu jalannya, peradaban akan selalu berganti. Nanti ketika hal itu terjadi, tulisan-tulisan seperti yang sampeyan di blog pak dokter akan menjadi kekayaan dan bukti bahwa masa itu pernah ada…

  17. 17 cakmoki Oktober 25, 2007 pukul 11:01 pm

    @ Juli,
    sik onok mbak …
    Gubernur Ludruk yo ? hahahaha
    Minal aidin wal faizin, somo-somo eh podho-podho, sepurane sing uakeh

    @ tukangsate,
    iya ya … kayaknya perlu nulis khusus tentang Citra Niaga, sayangnya gak punya data waktu masih jaya, ketika dapet Aga Khan Awards.
    Berminat nulis ?

  18. 18 Investa-Trade Desember 11, 2007 pukul 11:03 am

    Добро пожаловать в наш Инвестиционный проект.
    В поддержке Loyal Bank мы организовали нашу инвестиционную компанию, которая успешно работает сегодня. Мы набрали лучших профессионалов в сфере инвестиций. Широкий опыт и профессионализм брокеров помогли нам устойчиво работать на рынках инвестиций. Сотрудничая с частными инвесторами, мы смогли достигнуть больших успехов. Это помогло работать сегодня с крупными компаниями, которые увеличивают капиталы вместе с нами.

    Авторитетные аналитики делают опытные суждения и дают рекомендации нам. Полученные данные помогают нам работать успешно на международных и мировых рынках и получать максимальную прибыль. Поэтому сильная команда, которая готова стать вашим надежным личным советником в области сбережений и увеличения капитала, была сформирована.
    Ваши деньги будут работать с лучшими аналитиками и брокерами. Работая с нашей компанией вы
    получаете максимальную прибыль, постоянную стабильность и безопасность ваших капиталов.

    Мы предлагаем Вам четыре различных вклада:
    Легкий – удобный и практичный для инвесторов, которые имеют очень маленький капитал, но желают увеличить быстро свои доходы.
    Обычный – для инвесторов, которые имеют капитал, но не в состоянии работать с ним, помогает понять сущность инвестиций и научиться распределять свои капиталы.
    Стандарт – ежемесячный вклад – для большинства инвесторов.

    Easy – 3% after 2 days
    Usual – 12% after 1 week
    Standard – 50% after 1 month
    Hard – 165% after 3 months

    Мы принимаем: E-bullion,Pecunix,Liberty Reserve и E-gold.
    Сайт тут
    С Уважением, Удачи!
    Главный администратор г. Мати Маа

  19. 19 sahrudin Februari 9, 2008 pukul 6:56 pm

    “@ tukangsate,
    iya ya … kayaknya perlu nulis khusus tentang Citra Niaga, sayangnya gak punya data waktu masih jaya, ketika dapet Aga Khan Awards.
    Berminat nulis ?”

    boleh narsis nggak, pak dokter?
    kebetulan, beberapa bulan lalu, ketika masih menggelandang di samarinda, saya pernah nulis agak panjang soal citra niaga.
    tulisan itu ada di: http://www.pantau.or.id (kategori berita ekonomi)

    btw, apa kabar pak dokter?

  20. 20 raimu Mei 2, 2008 pukul 11:36 am

    lha gimana lagi?? lha wong arek2 sekarang senengnya cangkruk di mall2 n cafe2 gitu..coz, katanya ga’ gaul kalo ga’ nyangkruk di situ..tapi, gimanapun juga.. soerobojo-koe tetep surabaya sing selalu semangat n hangat setiap saat….makin cinta dech pokoknya….

  21. 21 cakmoki Mei 2, 2008 pukul 1:36 pm

    @ raimu:
    iyo 🙂 walaupun Soerobojo panas, akeh nyamuke, sumuk, serasa isis … opomaneh ngandhok Rujak Cingur…siiiip 🙂

  22. 22 whentul Desember 24, 2008 pukul 11:00 pm

    he..he..he.. bru nemu tmpt ini… pdhal dah hmpir 2009
    kok kyaknya obrolannya seru gitu yah..
    suroboyo bgt …

    me too…cinta bgt ama surabaya
    mai hometown…lovely hometown…yg berjati diri…

  23. 23 cakmoki Desember 25, 2008 pukul 3:56 pm

    @ whentul:
    syukur deh masih punya kebanggaan … saya juga … walau bagaimanapun, kalo lg balik suroboyo, menyempatkan diri lewat Tunjungan, Pasar Genteng, dan tentu gerilya lontong Balap … asyiiik, suroboyo, rek …

  24. 24 Драйв Maret 19, 2010 pukul 4:41 pm

    Хорошая статья. Действительно было интересно почитать. Не часто такое и встречается та.Наверное стоит подписаться на ваше RSS

  25. 25 trany April 24, 2010 pukul 9:52 am

    I bookmarked this link . Thank you for good job !


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,343,886 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: