Penyakit Pasca Lebaran

Lebaran, selain perayaan kemenangan di saat puasa atas peperangan melawan lapar, dahaga dan hawa nafsu, identik dengan silaturahmi dan makan-makan, minuman aneka rasa dan jajan nan melimpah di mana-mana. Wajar saja sih, karena niat berbagi kesenangan oleh sebagian orang yang merayakannya diwujudkan dalam bentuk sajian nikmat dan senyuman, adakalanya bagi-bagi uang. Setahun sekali ! … itulah salah satu alasannya.

Sebagai ilustrasi, jika kita bersilaturahmi kepada sanak saudara, tetangga, sahabat, kenalan, tak pelak kita akan disuguhi minuman dan penganan berbagai jenis dan cita rasa. Menolak ? Nyaris tidak mungkin. Setidaknya kita akan mencicipinya barang seteguk dua teguk minuman dan sejumput makanan kecil (kadang makan besar).

Bagi sebagian orang, terutama yang mempunyai riwayat penyakit tertentu, sajian Lebaran adakalanya merupakan godaan yang lebih hebat dibanding godaan puasa. Saat puasa bisa menahan diri, namun saat menghadapi hidangan, amboiiiii … mana tahan!

Di balik kenikmatan sajian Lebaran, tak ada salahnya kita sedikit waspada agar terhindar dari penyakit-penyakit atau gangguan tubuh sebagai akibat dari pola makan yang berlebihan dan tidak terkontrol.

Secara umum, penyakit-penyakit atau gangguan tubuh yang perlu diwaspadai terkait Lebaran dengan segala pernak-perniknya adalah sebagai berikut:

  • Kelelahan. Bagi para pemudik, kelelahan timbul karena perjalanan jauh atau lama. Sedangkan bagi yang di rumah, kelelahan bisa terjadi karena silaturahmi siang malam tanpa henti atau menerima tamu sepanjang hari tanpa istirahat.
  • Diare. Gangguan ini timbul karena masuknya segala macam makanan ke dalam perut. Manis, masam, asin, sedap, pedas berbaur jadi satu dalam jumlah berlebihan di waktu yang bersamaan. Bisa pula akibat kontaminasi makanan atau minuman yang kita konsumsi selama Lebaran.
  • Batuk pilek. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh kondisi tubuh yang menurun, lantas lebih mudah tertular mikroorganisme penyebab batuk pilek, kontak dengan banyak orang dan berbagai sebab lainnya.
  • Gangguan metabolisme. Ini terjadi karena pola makan yang tidak terkontrol baik dalam hal jenis maupun jumlahnya. Contoh: hipertensi, peningkatan kadar kolesterol, peningkatan kadar gula darah, dan lain-lain.
  • Gangguan kepala. Berbagai gangguan kepala, seperti sakit kepala (headache), migraine, vertigo, kaku otot tengkuk, pada umumnya karena kelelahan, kurang tidur dan berbagai sebab lainnya terkait makanan dan minuman nan melimpah.
  • Berbagai penyakit yang bersifat individual, misalnya maag (dispepsia), asma, dan lain-lain, bisa pula terjadi sebagai akibat perayaan hiruk pikuknya Lebaran

Untuk itu, perlu kiranya kita semua tetap berhati-hati dan waspada agar perayaan Lebaran tetap menyenangkan dan tetap sehat tanpa harus kehilangan moment hari kemenangan.

Maka, agar kita terhindar dari penyakit-penyakit dan gangguan kesehatan, seyogyanya:

Hati-hati di jalan, taati peraturan lalu lintas, makan dan minum secukupnya, sempatkan istirahat dan santai serta bergembira …

Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin..
Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal Ya Kariim.

Semoga hari kemenangan membawa kebaikan hari-hari ke depan… insya Allah.

Iklan

28 Responses to “Penyakit Pasca Lebaran”


  1. 1 cK Oktober 19, 2007 pukul 10:50 pm

    vertamax!!!

    satu lagi cak, penyakit membuncitgendut! berat saya naik 1 kilo pasca lebaran… *nangis* πŸ˜₯ πŸ˜₯

  2. 2 cakmoki Oktober 19, 2007 pukul 11:23 pm

    @ cK,
    walah, main sambar vertamax…padahal mo diedit πŸ™‚
    Naik 1 kg gak papa chik, paling sekarang cuman 46 kg, tambahi 2 kilo lagi *menghasut* πŸ˜›

  3. 3 mardun Oktober 20, 2007 pukul 3:45 am

    kelelahan… pasti deh cak, apalagi harus terkurung uyel-uyelan dalam mobil berjam-jam…..

    *kok jadi curhat ya* πŸ˜€

  4. 4 sibermedik Oktober 20, 2007 pukul 6:47 am

    Gangguan Metabolisme paling banyak cak..sampai ada Joke d FK, “Dokter spesialis yang paling laris apa hayo sehabis Idul Fitri ma Idul Adha?”
    *Serentak jawab* “INTERNA!!!”

    Coz kbanyakan Metabolik disorder post ied fitri : Hiperglikemi (banyak makan Glukosa), Hiperlipidemi (Daging2 enak kan),& Gout (Kacang2an).

    Post Ied adha: Hiperlipidemi (Daging Rek!!!).

    Ntar deh abis Mid insya Allah saya posting dari Symposium Metabolic Disorder Prof.Askandar September kemarin…ingetin ya Cak..

  5. 5 Astri Oktober 20, 2007 pukul 7:43 am

    Paling banyak sih sakit dompet, stelah mudik, bagi2 angpau, kebanyakan makan2, habis gitu sakit pula. Tuh dompet pasti cemut-cemut… πŸ˜€

  6. 6 siw Oktober 20, 2007 pukul 1:56 pm

    kelelahan, pasti Cak…apalagi beberapa hari saya harus PP Surabaya – Malang terus…

    rasane kayak dimutilasi jadi 99 bagian…

    *hiperbolis*

  7. 7 morishige Oktober 20, 2007 pukul 9:39 pm

    kalo mnrt saya, sih, Diare yang paling banyak, cak…
    ini itu dimakan… segalanya.. dari ketupat sayur sampai ban bekas dimakan.. hehe..
    ujug-ujungnya WASIR.. hehe

  8. 8 cakmoki Oktober 20, 2007 pukul 10:22 pm

    @ mardun,
    emangnya mudik ke mana mas ?
    Gresik? Sumbermanjing? Ponorogo ? ..halah koq malah ngabsen πŸ˜›

    @ sibermedik,
    untuk menghindari penyakit metabolisme, kasih advis: makan kulupan aja … ya ntar tak ingetkan, penting tuh, yang dari Prof Askandar, sekalian siapkan pdf-nya ya *maksa*

    @ Astri,
    wah iyo mbak … bener iku, lali gak ditulis, hehehe

    @ siw,
    ahhh gak percaya saya … siwi gak mungkin bisa kelelahan, l… kan udah biasa senam tekhak-tekhuk model breakdance…

    @ morishige,
    sama dengan tempat kami … jangan-jangan sempet kena Diare ya πŸ˜‰
    Kalo kebanyakan makanan, anterin sini aja deh

  9. 9 morishige Oktober 20, 2007 pukul 11:07 pm

    alhamdulillah belum kena cak..
    *)ngumpetin makanan
    soalnya saya belum sempat makan ban bekas.. πŸ™‚
    wehehehe…

  10. 10 cakmoki Oktober 21, 2007 pukul 12:09 am

    @ morishige,
    Syukur deh … moga kita semua tetep sehat πŸ™‚
    Btw, link Blog-nya mana ? …bagi-bagi dong, ntar saya akan berkunjung

  11. 11 InfoMedika Oktober 21, 2007 pukul 1:35 pm

    Sudah pindah rupanya ke sini, yang pasti tambah keren… tukeran link boleh Pak?

  12. 12 cakmoki Oktober 21, 2007 pukul 3:24 pm

    @ InfoMedika,
    ya di sini yang paling aktif, lainnya hanya untuk back-up doang πŸ™‚
    Ok, tuker link,…beres Bossss

  13. 13 alle Oktober 21, 2007 pukul 6:05 pm

    setelah lebaran saya menderita kegendutan hehehe…

  14. 14 almascatie Oktober 21, 2007 pukul 11:54 pm

    kepala berkutik2 selama seminggu gara2 dihajar ombak seharian
    πŸ™‚
    istrahat yg cukup kali ya cak
    πŸ™‚

  15. 15 cakmoki Oktober 23, 2007 pukul 12:50 am

    @ alle,
    perutnya masih lurus apa udah maju? …kalo dah mulai maju kayaknya perlu lari pagi, …ato puasa lagi ..hehehe

    @ almascatie,
    iya Om, istirahat aja deh πŸ™‚ ..moga segera bugar kambali ya

  16. 16 mardun Oktober 23, 2007 pukul 11:29 am

    gak mudik sih cak, hanya sowan ke mertuanya kakak… di pelosok desa Mojokerto.

    Sebenernya sih nggak terlalu jauh, karena kesasar jadinya jauh banget πŸ˜›

  17. 17 cakmoki Oktober 23, 2007 pukul 12:54 pm

    @ mardun,
    oh, tak kira mudik.
    Nyasarnya karena ngikutin yang samlohay berambut panjang kali *guyon, mode:ON* πŸ˜›

  18. 18 kangguru Oktober 24, 2007 pukul 2:43 am

    pasca lebaran jadi demam blogwalking nich dok hehehe

  19. 19 Evy Oktober 24, 2007 pukul 11:32 am

    ngumpulin kolesterol cak… oh ya maaf lahir bathin yo cak, wong enom akeh salahe… sepurone kalepatan kaula, mesti ga sengojo deh…

  20. 20 cakmoki Oktober 26, 2007 pukul 2:31 am

    @ kangguru,
    duhhh, saya gak kepikiran yang itu, … masuk penyakit apa tips menuju sehat ya

    @ Evy,
    iyo mbak … suguhannya uenak-uenak je ..
    Sami-sami mbak, saya gak kober berkunjung, … kulo ingkang luwih enom *halah* nyuwun pangapuro, yoooo … jarene arek nom-noman: kosong-kosong πŸ˜†

  21. 21 Lily November 5, 2007 pukul 10:31 am

    Bener tuh Cak, di hari ke-4 Lebaran kemarin orang kantorku ada yg kena serangan jantung mendadak..

    Trus aku inget beberapa tahun lalu ada famili yg kena serangan jantung pertama juga di pertengahan bulan puasa,
    setelah makan gulai kambing terus2an.. ;p

    Kayanya keharusan nahan makan selama puasa jadi justifikasi valid buat makan enak dan banyak pasa buka dan Lebaran ya Cak.. ;p

  22. 22 cakmoki November 5, 2007 pukul 3:38 pm

    @ ,

    Kayanya keharusan nahan makan selama puasa jadi justifikasi valid buat makan enak dan banyak pasa buka dan Lebaran ya Cak.. πŸ˜›

    mungkin mirip balas dendam … ada lagi argumen bahwa kita gak bisa nolak hidangan tuan rumah ketika silaturahmi…benar tidaknya hanya yg bersangkutan yg tahu, kalo saya sih mending tukar parcel …hehehe

  23. 23 azzakky September 8, 2009 pukul 11:15 am

    tambah Kanker cak. kantong kering. hehe.. ada gak ya penelitian penyakit terbanyak yang timbul pasca lebaran πŸ™‚

  24. 24 cakmoki September 9, 2009 pukul 1:02 am

    @ azzakky:
    hahaha, iya…. pasca lebaran kanker juga kalee πŸ˜€

  25. 25 stainless tanks September 22, 2009 pukul 11:54 am

    Penyakit yang sering gw alamin setelah lebaran adalah Kangker alias kantong kering..
    Tapi walau pun ga ada duit gw tetep senang donk…
    Salam kenal yah??

  26. 26 cakmoki September 22, 2009 pukul 4:45 pm

    @ stainless tanks:
    Hahaha…iya, yang penting seneng walau kantong kering…
    Salam kenal juga. Makasih kunjungannya

  27. 27 sofwan.kalipaksi September 29, 2009 pukul 9:39 pm

    Syawal adalah akhir. Ia juga permulaan. Akhir dari rital suci Ramadan. Akhir dari keterburu-buruan spiritual yang begitu bersemangat agar tak tertinggal parsel ampunan dan tiket penukar kavling surga. Karena itu, Syawal menjadi awal dari sebuah kefanaan yang kembali pulang. Fana yang terusir sejenak oleh Ramadan.

    Jika Goenawan Mohamad terang-terangan menyebut bahwa yang dirayakan Ramadan adalah kekosongan (Tatal 59), izinkan saya melengkapinya: Syawal diciptakan untuk mengisi kekosongan itu.

    Awal Syawal adalah lebaran. Di Indonesia, yang justru indah dari lebaran ialah bahwa ia tak identik dengan kesucian. Lebaran adalah pesta, perayaan, kegembiraan, bahkan di sana-sini β€œkemewahan”.

    Hari ini, pesta itu telah usai. Topeng-topeng dengan karakter penuh maaf telah teronggok di pojok kursi cadangan. Ia baru akan berguna lagi pada satu tahun mendatang. Wajah-wajah pun kembali sibuk dengan topeng-topeng yang lain: Topeng yang selama awal Syawal teronggok di kursi cadangan. Topeng serakah, topeng juru culas, topeng pendusta, topeng ahli keji, bla…bla..bla.

    http://kalipaksi.com/2009/09/28/topeng-bulan-syawal/

  28. 28 cakmoki September 30, 2009 pukul 12:26 am

    @ sofwan.kalipaksi:
    Makasih kunjungannya πŸ™‚


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,284,837 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: