Delegasi Si Sulung

Dibanding calon jomblo sebayanya, mungkin si sulung agak terlambat diberi delegasi nyopir ke luar kota jarak sedang. Lebaran tahun lalu, adalah kali pertama si sulung nyopir jarak pendek, dari Palaran ke Balikpapan sejauh kurang lebih 100 km. Kesempatan, selagi ibunya berangkat ke Surabaya duluan. hehehe

Sesampainya di Jember, barulah kami berdua lapor kepada komandan (anak mertua) bahwa perjalanan dari Palaran-Balikpapan dikemudikan si sulung. Selama di Surabaya, kami nahan diri untuk tidak cerita apapun. Hehehe, strategi yang sudah dirancang sebelum berangkat, sembari mengharap dukungan eyang putri di Jember. Berhasil !!!

Nah, Lebaran tahun ini, si Sulung mendapatkan peningkatan delegasi. Perjalanan malam Surabaya-Jember pp, sepenuhnya dikomandani si Sulung. Sebelum berangkat, si sulung berbisik:

” pa, boleh enggak Arief yang nyopir… ”
” gak ngantuk ?”
” enggak, kalo ngantuk, gantian… “.
” ok, nanti tak bilangkan emak …”.
” tapi gak hapal jalan, nanti dipandu ya …”.
” ya …pelan-pelan aja, soalnya banyak truk gandengan, yang penting selamat”.
” beres …”.

Sembari memeluk lembut emaknya, sayapun berbisik *sumprit gak nempel* bahwa si sulung yang akan nyopir menuju Jember. Secercah senyuman si dia, cukup sebagai jawaban persetujuan. Ehm … ehm.

Hampir sepanjang perjalanan kami tak ada yang tidur sekejap pun. Kami berdua, bapak dan emak seperti kompak untuk tidak berkomentar apapun, bahkan sepatah kata seperti ” awas” pun tidak kami lontarkan, kecuali obrolan ringan di luar konteks berkendara untuk mengurangi ketegangan dan menjaga kepercayaan diri si sulung.

Alhamdulillah, kami sampai Jember tepat saat adzan subuh berkumandang. Terlambat hampir 2 jam dari waktu perjalanan normal karena ada kemacetan di Pasuruan. Dan Sahur lebih awal di Probolinggo agar tidak buru-buru di perjalanan.

Sebuah Pelajaran
Perjalanan balik dari Jember-Surabaya yang juga dikemudikan si sulung menjadi lebih santai, rileks … emaknya bisa tidur nyenyak, dan bangun saat makan dini hari di Bangil …..

Bagi kami, menjaga kepercayaan diri si sulung dengan tidak berkata “awas“, “hati-hati” dan sejenisnya ternyata bukan perkara mudah. Apalagi ketika harus mendahului barisan truk gandeng, sementara kendaraan lain juga melaju. Bahkan kami harus memilih kalimat agar tidak menyinggung perasaan si sulung jika berpapasan dengan bus yang saling salip, dengan hanya berkata lirih: ” sepertinya di depan ada bus ngambil jalan kanan”.
Si sulung hanya menjawab ringan: ” …ya, kita ngalah aja “.
Hmmm, aman. Trims Kid !!!

Ketika ngobrol santai sesampainya di Surabaya, kami menanyakan kesan selama mengemudi Surabaya-Jember pp: “… gimana nyopirnya, gak capek ?”.
Si sulung menjawab pendek: ” …gak capek koq, …awalnya tegang juga sih, setelah itu agak santai … “.
Kemudian, diapun menyampaikan penilaiannya tentang jalan, tanda lalu lintas, penerangan kota, dan berbagai hal selama perjalanan. Kami hanya membiarkannya untuk mengungkapkan isi hatinya.

ok, Kid … moga berguna untukmu.

Iklan

20 Responses to “Delegasi Si Sulung”


  1. 1 Anang Oktober 18, 2007 pukul 3:48 pm

    selamat buat si sulung

  2. 2 cK Oktober 18, 2007 pukul 4:16 pm

    umurnya berapa cak?? πŸ˜€

  3. 3 cakmoki Oktober 18, 2007 pukul 4:58 pm

    @ Anang,
    makasih cak Anang
    udah kembali dari Nggalek ya ?

    @ cK,
    umur ? … ntar tak inget-inget dulu ya … gak ikut hamil soalnya πŸ™‚

  4. 4 sibermedik Oktober 18, 2007 pukul 6:20 pm

    yups benar…itu bisa membantu proses pembentukan konsep diri buah hati..selengkapanya baca aja di:

    http://sibermedik.wordpress.com/2007/07/20/konsep-diri-file-pengembangan-kepribadian/

    nggak ada maksud menggurui lhow…. *hormat pada Boz*

  5. 5 calonorangtenarsedunia Oktober 18, 2007 pukul 6:29 pm

    ah, calon mertua yang baik..

  6. 6 sibermedik Oktober 18, 2007 pukul 6:30 pm

    saya aja belum bisa nyopir??
    ..ntar jd dkter mbayar sopir maksud’e..he..hee

  7. 7 sibermedik Oktober 18, 2007 pukul 6:33 pm

    @CakMoki
    umur ? … ntar tak inget-inget dulu ya … gak ikut hamil soalnya πŸ™‚

    *Arul Tanya* “Papa..papa dulu aku nemu di Pasar ya…??”(peace bos..soale aq dulu jg digituin ortu kalo lg nakal..he..he..)

  8. 8 cakmoki Oktober 18, 2007 pukul 7:39 pm

    @ sibermedik,
    udah saya baca, juga komen … iya ya, kalo udah di kenyataan, gumpalan hapalan tentang pengembangan diri …amboiiii…gak mudah
    Tapi tentu bisa… yang penting sabar πŸ™‚

    Nyopir? hehehe, ntar kopdar berikutnya kita nyopir bareng, gantian, langsung kaish kunci trus ditinggal tidur… mau ga mau jalan πŸ™‚

    Umur si sulung, tau sama tau lah … ehm ehm… Tossss

    @ calon mantu,
    ngeledek πŸ˜› … saya masih suka dikritik je …hahaha
    kompak dulu dooong …*tosss*

  9. 9 telmark Oktober 18, 2007 pukul 10:36 pm

    *sumprit gak nempel* bahwa si sulung yang akan nyopir menuju Jember. Secercah senyuman si dia, cukup sebagai jawaban persetujuan.

    persetujuan yg mana cak ? *Oot*
    yg nyopir atau (bisik2) persetujuan gara2 tadinya gak nempel ? πŸ™‚

  10. 10 mardun Oktober 19, 2007 pukul 3:20 am

    tapi memang sangat tidak menyenangkan kalau nyetir penuh BGM (back ground music) seperti “awas” dan “hati-hati” ya cak πŸ˜€

    salut deh, jarang ada orang tua dengan kesabaran ekstra seperti sampeyan πŸ˜€

    btw… si sulung baca blog ini nggak ya?

  11. 11 rozenesia Oktober 19, 2007 pukul 3:41 am

    Sekarang saya yang mewarisi mobil, walau ditinggal di Kalimantan, ga dibawa ke Jogja… -___-

    *niat jual mobil warisan*

  12. 12 Luthfi Oktober 19, 2007 pukul 8:51 am

    sumprit gak nempel?
    kamsutnya?

    *lugu*

  13. 13 cakmoki Oktober 19, 2007 pukul 10:42 am

    @ telmark,
    yang bisisk-bisik gak nempel dooooongggg … πŸ˜›
    mestinya nempel ya

    @ mardun,
    mungkin kalo ada lagu wajib kayak gitu bisa jengkel..
    Si sulung biasanya baca … hehehe

    @ rozenesia,
    jual di kalimantan trus beli lagi di Jogja Gun … atau minta Bos beliin baru..hehehe

    @ Luthfi,
    halah, yang itu lho… πŸ˜›
    bisik-bisik gak nempel ke pipi, eh ke kuping ding

  14. 14 suandana Oktober 19, 2007 pukul 8:35 pm

    Saya belum bisa nyetir mobil T_T

  15. 15 cakmoki Oktober 19, 2007 pukul 11:13 pm

    @ suandana,
    maksudnya belum bisa nyetir mobil yang bisa tertawa cekikikan kan? *maaf lahir batin lagi*

  16. 17 cakmoki Oktober 21, 2007 pukul 12:12 am

    @ dokterearekcilik,
    Latihan Mas … 7 tahun lagi giliran Mas Rizal … πŸ™‚

  17. 18 mina Oktober 21, 2007 pukul 4:27 pm

    kenalaaaan dengan si sulung! πŸ˜€

  18. 19 almascatie Oktober 21, 2007 pukul 11:50 pm

    mo jadi anaknya cak moki aja ah
    πŸ˜†

  19. 20 cakmoki Oktober 23, 2007 pukul 12:41 am

    @ mina,
    boleh mbak … angpaonya ya πŸ˜†

    @ almascatie,
    boleh juga, tapi gak pakai kiriman uang saku ya πŸ™„


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,284,837 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: