Penyakit Pekan Pertama

Keluhan Pekan Pertama di Bulan Ramadhan

Kendati setiap tahun pola penyakit atau keluhan di pekan pertama Bulan Ramadhan memberikan gambaran yang sama, tak urung tergoda juga membuktikannya lagi. Empat hari pekan pertama mungkin cukup untuk menilai bahwa keluhan atau penyakit terbanyak pada pekan pertama Ramadhan adalah keluhan lambung dan batuk pilek.

Penilaian ini hanyalah diskriptif belaka, pendapat pribadi di area terbatas, bukan penelitian ilmiah. Mungkin tidak sama dengan daerah lain di Indonesia. Ok, kita tidak akan membahas penyakitnya secara spesifik (sekilas aja deh), melainkan lebih ke arah tatacara minum obat jika diperlukan. Kali ini kita akan sedikit membahas keluhan lambung.

Keluhan-keluhan lambung semisal: mual or muntah, pedih, nyesak ulu hati, rasa penuh, kembung, mulut terasa masam hingga pahit dan keluhan-keluhan penyerta seperti keringat dingin dan lain-lain, disebut sebagai Sindroma Dispepsia atau kita kenal sebagai penyakit maag. Penelitian menyebutkan bahwa sebagian besar (sekitar 80%) keluhan tersebut berhubungan dengan faktor kecemasan (saya gak suka menyebut stres lantaran terkesan serem). Bentuk kecemasan (or nerosa terselubung) misalnya: masa-masa ujian, semesteran, mo kawin (hehehe), khawatir berlebihan, be-te banget, ditakut-takuti tetangga (dokter dadakan), dan sejenislah …masih banyak.

Ada juga sih yang suka menyebut-nyebut Helicobacter pylori, boleh-boleh aja percaya, kebetulan saya tidak percaya, … apalagi kalo berkaitan dengan promo obat. Lagipula belum terbukti juga tuh … Enake gak usah percaya yang itu ah, ntar akhirnya malah minum obat macem-macem, buanyak dan wa akhirul kalamun: mahal, … tambah gak sembuh soale ngenes, jengkel dan terpengaruh oleh H. pylori, apalagi kalo googling ketemunya dengan promo obat.

Sedangkan faktor makanan, hingga kini masih diperdebatkan. Menurut hemat saya, larangan berlebihan terhadap makanan tertentu bukan langkah bijak, dan kerap berakhir dengan munculnya keluhan lain, misalnya: lemas, anemi dll, karena saking banyaknya makanan yang dilarang … saran: pindah dokter !!!.

Yang nyata-nyata memperberat keluhan diantaranya: coffein, minuman beruap (karena tambah kembung), alkohol, beberapa jenis obat yang iritatif, dll. Kalo hanya sambel dikit, aman aja koq (yang doyan sambel pasti seneng denger ini) … bener, aman …kecuali kalo pedas banget sampai ngiler and air mata berlinang … biasanya yang beginian urusan perempuan, maaf kalo salah ya…

Faktor lain timbulnya keluhan lambung di pekan pertama bulan Ramadhan, ehm … apalagi jika bukan kebiasaan balas dendam. Begitu ta’jilΒ kala bedug tanda buka puasa berkumandang, wuuaahhhh … sikaaattttdz, ganyang semua hidangan di meja, … akhirnya mo maghrib rasanya berat. Ya udah, kadang perut serasa penuh … eh penuh beneran ding.

Istilah-istilah rancu terkait keluhan lambung (maksudnya sindroma dispepsia) yang suka bikin pasien ngeri, antara lain:

  • Lambung membengkak …saya hampir selalu mempertanyakan istilah ini kepada teman sejawat yang hobi memakainya. Apa sih maksudnya bengkak ? Menurut saya, ini salah satu istilah yang tidak mendidik, … dan bisa jadi menakutkan.
  • Lambung luka. Ahhhh, entah dikaitkan dengan keluhan lambung yang seperti diiris sembilu (padahal gak pernah diiris) ataukah ada maksud lain. Gini, pernyataan luka tanpa pemeriksaan endoskopi, apa ya bisa dipercaya? Soale, luka (mungkin yang dimaksud adalah ulcus) di lambung gak ada tanda klinis yang spesifik. Istilah ini juga bisa berdampak panjang jika disampaikan kepada penderita yang mudah ciut nyalinya. Tapi ada juga pasien yang menggunakan istilah tersebut atas dugaan sendiri, atau dari omongan temen or tetangga.

Ok, akhirnya kita bahas obatnya. Bicara dispepsia, obatnya gak akan jauh dari golongan antasida dan obat penghambat (mengurangi) produksi asam lambung. Adakalanya dikasih penenang ringan dan bumbu-bumbu “penyedap” lainnya.

Nah, bagi yang kebetulan mengalami keluhan lambung tapi tetep berpuasa, menurut saya sebaiknya pilih obat-obat yang diminum hanya 2 kali, sekitar buka puasa dan sekitar sahur. Bayangkan kalo minum 3 kali, lantas tengah malam diharuskan minum obat, hadduhhhh … sebel deh, tambah perih atuh.

Banyak pilihan koq untuk menyiasati agar minum obat tidak merepotkan di saat bulan Ramadhan. Contoh: antasida, misalnya: magaldrat, adapun penghambat (mengurangi produksi asam lambung), misalnya: famotidin, ranitidin.

Moga puasa lancar ya

Iklan

23 Responses to “Penyakit Pekan Pertama”


  1. 1 itikkecil September 19, 2007 pukul 10:38 am

    Cak, mau tanya…. sebagai pengguna setia mylanta saya jadi khawatir, ada efek sampingnya gak ya kalo hampir setiap hari makan itu kayak makan permen?

  2. 2 cK September 19, 2007 pukul 11:33 am

    kalau saya asma lagi kambuh. jadi batuk-batuk mulu sepanjang puasa. 😦
    tapi alhamdulillah maag saya nggak kambuh. cuma ini lagi masuk angin soalnya sering telat makan pas buka huehehe… :mrgreen:

  3. 3 Titah September 19, 2007 pukul 12:54 pm

    sehari-hari saya sering ngalami gangguan produksi asam lambung (awam: maag), tapi alhamdulillah kalo bulan puasa malah ga pernah kambuh. jadi buat saya puasa itu obat maag. iklan antasida supaya bisa puasa tanpa gangguan asam lambung cuma “omong kosong penjual obat” aja.

    tapi ada penyakit lain yang suka muncul di bulan puasa nih cak, dan belum ketemu obatnya. gejalanya: lemes, suka ngantuk, sering lapar, sering haus banget. gimana ngatasinnya yah? πŸ˜€

  4. 4 fahroe September 19, 2007 pukul 1:32 pm

    cak,… nanya… soalnya penyakitku lain di pekan pertama puasa..?

    1. batuk pilek…
    2. diare yang udah tidak bisa di ungkapkan dengan kata2…

    itu kafrena asam lambung juga apa bukan?

    sampe sekarang, diarenya udah off, pileknya ga setop2…

  5. 5 Luthfi September 19, 2007 pukul 5:55 pm

    klo siang perutku kembung
    apa gara2 perutnya kosong ya?

  6. 6 Lita September 19, 2007 pukul 9:50 pm

    Walah, ta’ kira saya aja yang nyeleneh; gak gitu percaya sama ‘relationship’ si helicobacter dan gastritis.
    Lha kalau makannya resikan, gaya hidup bersih, tapi jadwal makan acak adul masa mau nyalahin dia dus pake antibiotik buat ngobatin hehehehe…
    Naga-naganya saya ndak akan puasa sampai si kedua saya sapih, nih…

  7. 7 sibermedik September 20, 2007 pukul 10:31 am

    seharusnya ada “protap” buat pembaca tentang “Buka Puasa Sehat for Beginner” coz banyak yg asal ‘ngemplok badokan (Suroboyo: langsung makan) tanpa melihat kondisi tubuh…
    Sibermedik nyoba sedikit bantu:
    1. Rehidrasi tubuh —> minum air dulu saat buka.
    2. Normalkan gula darah —> makan/minum yang manis secukupnya.
    3. Stabilkan rangsangan Sekresi & peristaltik —> sebelum makan besar sebaiknya shalat maghrib dulu supaya no 1&2 ada waktu untuk merangsang optimal peristaltik& sekresi Enzim GI tract.
    4. Atur menu sesuai Piramida Gizi sehat berimbang —> jika terdapat kelainan metabolik, harus disiplin mengontrol asupan agar tetap fit selama puasa…

    ..Cuma segitu aja Cak yg bsa saya bantu…tolong dikoreksi lagi, maklum ilmu saya masih rendah banget..
    ntar posting protap sahur dong???

  8. 8 sibermedik September 20, 2007 pukul 10:47 am

    Btw, Ramadhan minggu pertama ini terdapat banyak kemajuan…
    termasuk kemajuan Shaf Shalat…alias koq mulai sepi???

  9. 9 manusiasuper September 20, 2007 pukul 11:08 am

    Saya Diare Pak… :mrgreen:

    *SPAM!!! – Diculik!!*

  10. 10 pitik September 20, 2007 pukul 11:26 am

    kalo keseringan minum obat maag, dampak jangka pendek maupun panjangnya apa ya cak?

  11. 11 RoSa September 20, 2007 pukul 4:59 pm

    salam kenal Dok, boleh bertukar link sebagai rekan sejawat? πŸ™‚

  12. 12 cakmoki September 21, 2007 pukul 5:17 am

    @ itikkecil,
    masih hampir setiap hari kan? … gak ada mbak, tenang aja deh. Metabolit (sisa metabolisme) obat tersebut mudah larut dalam air koq

    @ cK,
    kali buka puasanya kebanyakan es …makanya asma kambuh, moga gak sampai sepanjang puasa deh.
    Masuk angin ? gimana tuh keluhannya ? … kalo berhubungan dengan telat makan saat buka trus disertai keluhan lambung seperti kembung, mual atau sejenisnya, itu tanda-2 maag juga.
    Eh, ntar…itu maksudnya telat makan karena telat mandi ya ? ..duhh, kelepasan omong nih, maap ya chik πŸ˜›

    @ Titah,
    iya, ada penelitian oleh 2 orang dokter wanita di Surabaya (pernah dimuat di majalah Tempo *lupa edisinya*) yang menyatakan bahwa puasa yg benar (maksudnya, buka dan sahur tidak berlebihan) justru mengurangi keluhan lambung.

    tapi ada penyakit lain yang suka muncul di bulan puasa nih cak, dan belum ketemu obatnya. gejalanya: lemes, suka ngantuk, sering lapar, sering haus banget. gimana ngatasinnya yah?

    cara mengatasi: tidur, hehehe … kalo perlu minta surat ijin dokter untuk tidak memasak..hehehe

    @ fahroe,
    Bukaaannn πŸ™‚ … nah, kalo pilek, bersin, hidung buntu bisa jadi berhubungan dg minuman saat buka puasa or sahur, bisa juga gak ada hubungannya dg itu.

    @ Luthfi,
    ya…plus ada kelebihan gas, wajar aja koq

    @ Lita,
    hihihi … kompak dong …*tosss*
    iya tuh, dan akhirnya nebus obat 300 ribu :-O
    si kedua dah bisik-bisik minta adik belum?

    @ sibermedik,
    Trims tambahannya, … untuk panduan enaknya sampeyan aja yang bikin ya, tinggal nerusin aja tuh πŸ™‚

    @ manusiasuper,
    hahaha … udah baikan kan?

    @ pitik,
    seberapa seing? … umumnya sih gak papa, yang penting minum banyak saat minum obat maag agar sisa metabolitnya lebih mudah dibuang (ekskresi).

    @ RoSa,
    Salam kenal juga mbak … saya dah liat blognya, sip deh…ok ntar saya link. Thanks ya

  13. 13 dokterearekcilik September 21, 2007 pukul 7:01 am

    Kalo lambung bengkak di kompres aja pake es campur, pasti hilang bengkaknya. Kalo lambung luka… apa perlu dikaasih betadi** aja ya cak ….. πŸ™‚

  14. 14 suandana September 21, 2007 pukul 10:41 am

    Alhamdulillah, ramadhan ini nggak ada keluhan yang berarti. Paling cuma gejala lemes aja…

  15. 15 cakmoki September 21, 2007 pukul 9:26 pm

    @ dokterearekcilik,
    Enake Es campur trus dikombinasi Lontong Balap plus sate kerang, hmmmmm *ngiler*

    @ Suandana,
    Alhamdulillah, moga tetep sehat hingga Lebaran dan seterusnya.
    Kalo keluhan ngenes eh lemes sih biasa, sama juga koq πŸ™‚

  16. 16 bachtiar September 22, 2007 pukul 7:21 am

    alhamdulillah saya masih lancar , gak sakit juga .
    paling lemes itu juga lemes biasa aja .

  17. 17 sibermedik September 22, 2007 pukul 8:40 am

    Enake Es campur trus dikombinasi Lontong Balap plus sate kerang, hmmmmm *ngiler*

    aku yo gelem cak…
    Semanggi sisan yo!
    Es The Gun (Degan)

  18. 18 Qeong Ungu September 22, 2007 pukul 3:11 pm

    Bener ya Pak, kalo puasa dgn buka dan sahur yg bener maag malah ga datang sama sekali. Rasanya jadi nyaman bekerja dan belajar. Kecuali kalau mulai stress sedikiiittt..aja..langsung deh lambungnya bereaksi. Yang saya nda bisa atasi tuh ngantuk pak! Amit-amit deh. Meski udah tidur cukup tetep aja suka ngantuk. Fiuuhh…

  19. 19 calonorangtenarsedunia September 23, 2007 pukul 12:48 pm

    Pah, yang kemaren aku ceritain itu udah sembuh, tapi sekarang kumat lagi.. 😦

  20. 20 cakmoki September 24, 2007 pukul 1:02 am

    @ bachtiar,
    Alhamdulillah,…ntar biasanya minggu ke dua gak lemes lagi koq

    @ sibermedik,
    Hahaha, mari ngiler bersama, sampai netes-netes πŸ˜€

    @ Qeong Ungu,
    hehehe, kalo ngantuk sih, samaaaaaaa πŸ˜›

    @ calonmantu,
    minum obat kayak yg tempo hari deh πŸ™‚
    Moga cepet sembuh ya πŸ˜‰

  21. 21 Qeong Ungu September 27, 2007 pukul 11:28 am

    Yang paling nda enak selain ngantuk pas puasa yg yg satu ini Pak: setelah duduk atau berbaring trus berdiri, meskipun perlahan dan tidak kaget, kepala langsung pening, berkunang-kunang dan mendengung. Rasanya mau jatuh, jadi harus pegangan. Sampai beberapa detik baru kembali normal. Kenapa ya Pak?

  22. 22 superkecil September 27, 2007 pukul 6:10 pm

    cak, maag saia ga kumat2 lageeee
    eh, sok sok kumat ding
    kalo stress, tertekan, sedih, sendu, sendan, bingung, takut, gelisah, dan lain-lain

    ayo blogger BUBAR (buka bareng)

  23. 23 cakmoki September 27, 2007 pukul 11:56 pm

    @ Qeong Ungu,
    itu karena Postural hipotension, gak papa..biasanya cuman sesaat koq..
    Pegangan dong ..hehehe

    @ superkecil,
    Iya bener cil, emang biasanya kayak gitu, makanya jangan suka sedih … ayo bergembira bersama πŸ˜›


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,301,967 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: