Penyakit dan Puasa

Memasuki bulan Ramadhan, biasanya akan muncul beragam pertanyaan di benak seseorang yang merasa sakit, sakit beneran ataupun sakit-sakitan (sakit berulang), misalnya:

  • Mampukah saya berpuasa ?
  • Bolehkah saya tidak puasa ?
  • Pokoknya saya akan puasa !!!
  • Penyakit apa saja yang diperbolehkan tidak puasa ?
  • Dan lain-lain


Ini hal yang sangat wajar. Dan memang ada nash yang mendasarinya, sebagaimana firman Allah SWT:

” wa man kaana mariidhon aw ‘alaa safarin fa’iddatun min ayyaamin ukhor yuriidullohu bikumul yusro walaa yuriidu bikumul ‘usro ”
” … dan orang yang dalam keadaan sakit, atau bepergian jauh, maka (ia puasa) sejumlah itu pada hari-hari lainnya. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan Ia tidak menghendakimu kesusahan”. (QS, Al-Baqarah: 185)

Pokok bahasan kita adalah lafadz mariidhon atau sakit. Tidak ada penjelasan apa dan bagaimana sakitnya, pun demikian dengan nash (dasar acuan, misalnya Qur’an, hadits, ijma’, qiyas, dll) penunjang lainnya, kita tidak menemukannya secara gamblang.
Ada yang punya nash-nya ? Sila berbagi …

Referensi (masalah hubungan sakit dan puasa) soal inipun tidak banyak. Penulis hanya memiliki 2 buku kecil yang nyata-nyata menyebutkan jenis penyakit buah karya dr. M. Tohir SpKJ dan Drs. Tgk. HZA. Syihab. Semoga berkah senantiasa terlimpah bagi keduanya.

Adapun beberapa penyakit dan kondisi yang beresiko tinggi untuk berpuasa, antara lain:

  • Penyakit yang menguras tenaga dan melemaskan, misalnya: asma, batuk berat, anemia, tbc, payah jantung.
  • Penyakit yang memerlukan cairan, misalnya: diare dengan dehidrasi, heat stroke.
  • Gangguan lambung yang terasa perih amat sangat, nyesak.
  • Panas tinggi, karena memerlukan banyak minuman.
  • Baru sembuh dari sakit sehingga yang bersangkutan memerulkan makanan dan minuman untuk pemulihan.
  • Sakit yang berkepanjangan.
  • Ibu Hamil, menyusui dan manula.
  • Dan lain-lain penyakit yang menyebabkan penderita lemah.

Catatan:

  • Khusus untuk ibu hamil dan menyusui ada ketentuan khusus berdasarkan tinjauan Fiqiyah yang tidak dibahas di sini.
  • Untuk penyakit diabet, silahkan lihat artikel sebelumnya, di sini.

:: :: :: BAGAIMANA BAIKNYA ? :: :: ::
Para penderita tersebut sebaiknya berkonsultasi dengan dokter (muslim) yang ahli dan terpercaya untuk menentukan boleh tidaknya berpuasa berdasdarkan keluhan pernderita dan pemeriksaan dokter.
Bila dokter mengatakan tidak boleh puasa, seyogyanya tidak memaksakan diri agar terhindar dari resiko yang lebih parah.

Ini sejalan dengan firman Allah SWT:

” wa laa tulquu biaydiikum ilattahlukah “.
” … dan janganlah kamu menceburkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan.” (QS, Al-Baqarah: 195)

Sebaliknya, jika dokter mengatakan dapat berpuasa karena dianggap tidak membahayakan kondisi penderita, maka ia dapat berpuasa.

” wa antashuumuu khoirun lakum ”
” … dan puasamu itu lebih baik bagimu.” (QS, Al-Baqarah: 184)

Akhirnya, marilah kita menjaga kesehatan kita agar dapat melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.
Teriring do’a, semoga kita senantiasa mendapatkan limpahan rahmat dan maghfirah-Nya … Amin Ya Robbal ‘alamin.

Selamat berpuasa

Iklan

36 Responses to “Penyakit dan Puasa”


  1. 1 deking September 13, 2007 pukul 12:57 am

    Cak, mungkinkah pemberian menu2 tertentu bagi penderita penyakit2 tsb yang tetap ingin berpuasa? Seperti dulu tentang menu dan pola makan khusus bagi penderita diabetes.

  2. 2 manusiasuper September 13, 2007 pukul 9:39 am

    Selamat Puasa Cak, Ntar kirimin makan ke Banjarmasin yak…

    Menurut saya , sekali lagi semuanya balik ke niat Cak, kalo sakit dikit-dikit tapi niatnya emang males, ya berasa ga nahan aja puasanya…

    Tapi kalo emang niatnya kuat, sakit juga ga jadi halangan kan Cak? *maksa*

    Nenek saya udah 80 tahun, maag, trus darah rendah, masih maksa puasa. Itu bahaya ga cak? Tapi beliau emang bisa puasa senin kamis sepanjang tahun…

  3. 3 cakmoki September 13, 2007 pukul 10:47 am

    @ deking,

    Cak, mungkinkah pemberian menu2 tertentu bagi penderita penyakit2 tsb yang tetap ingin berpuasa?

    Tidak selalu, adakalanya cukup dengan menu harian (maksudnya menu saat bulan puasa) adakalanya perlu menu dan cara khusus.

    Contoh:
    Penderita dispepsia (maag) yg ingin tetap berpuasa, saat buka puasa makanan dimakan secara bertahap, dikit-dikit supaya perut gak terasa penuh. Trus setelah tarawih, ngemil makanan kecil or jajan atau kolak, dan sebelum imsak minum obet maag kalo emang diperlukan

    @ manusiasuper,
    ya, tergantung niatnya … dan ini yang paling memegang peranan penting.

    Nenek saya udah 80 tahun, maag, trus darah rendah, masih maksa puasa. Itu bahaya ga cak? Tapi beliau emang bisa puasa senin kamis sepanjang tahun…

    Gak papa …biarkan beliau berpuasa.
    hmmm… cucunya puasa senin-kamis juga gak ? πŸ™‚

  4. 4 Yandhie Dono September 13, 2007 pukul 11:04 am

    Selamat menunaikan ibadah puasa duhai Cak Moki dan para pengunjung blog ini (yg menunaikan tentunya). Insya Allah ibadah kita diterima-Nya dan tidak tersia2 semata.

  5. 5 koecing September 13, 2007 pukul 11:46 am

    tapi2 kadang2 ya, walo sakit bisa tetep puasa. mksdnya kuat gtu… kan tergantung sugesti jg… (bner g’siy?)

  6. 6 cakmoki September 13, 2007 pukul 1:39 pm

    @ Yandhie Dono,
    Terimakasih. Amin Ya Robbal ‘alamin

    @ koecing,
    bener, kalo udah niat … walau sakit kuat aja koq πŸ™‚

  7. 7 itikkecil September 13, 2007 pukul 4:17 pm

    kayaknya sekarang kalau maag saya kumat, jadinya pusing cak…. gimana ya cak biar gak pusing…..

  8. 8 suandana September 13, 2007 pukul 5:32 pm

    Semoga sepanjang ramadhan ini dak ada penyakit yang termasuk dalam uzur…

  9. 9 himasuryauns September 13, 2007 pukul 5:45 pm

    asslmkm..
    salam kenal cak..
    ini blog perkumpulan mahasiswa rantau asal sby d UNS…

    bagi-bagi info ya…

  10. 10 hadi September 14, 2007 pukul 2:13 am

    Selamat berpuasa cak Moki.

  11. 11 Ady September 14, 2007 pukul 8:19 am

    Selamat menjalankan ibadah Puasa ya Cak… Semoga mendapat berkah yang melimpah

  12. 12 starflake September 14, 2007 pukul 2:10 pm

    saya merasa anemia dan underweight tapi tetep puasa walaupun tetep gering..haha…kalopun berat badan naik juga masih terlihat gering…hahah..

  13. 13 cakmoki September 14, 2007 pukul 5:18 pm

    @ itikkecil,
    ya mbak, itu emang salah satu gandengannya.
    Udah coba untuk baring ? .. kalau itupun masih pusing , pijitin aja deh, ama ehm ehm πŸ˜‰

    @ suandana,
    Amin, moga aman …

    @ himasuryauns,
    oiiii salam kenal juga ya … link nya mana ?

    @ hadi,
    Sama-sama πŸ™‚

    @ Ady,
    Amin… trims mas Ady πŸ™‚

    @ starflake,
    hahaha, gering tapi berat badan naik,…gering apa gerangan ?

  14. 14 rozenesia September 15, 2007 pukul 7:15 am

    Cak, kalau sakit secara mental gimana yah? πŸ˜•
    *merasa*

    Salam kenal. πŸ˜€

  15. 16 superkecil September 15, 2007 pukul 1:57 pm

    iya ni cak
    maag saia kambuh terus
    tiga hari terakhir rada parah
    ga sampe emetikum c
    tapi rasa ingin emetikum ada
    tiga hari ini blum puasa
    tapi duwh pengen aaarrggghhh…

  16. 17 mercsolo September 15, 2007 pukul 2:19 pm

    Assalamualaikum Wr Wb

    Salam Kenal..
    Untuk Info Bantuan Gempa Bengkulu..klik :
    http://mercsolo.wordpress.com

  17. 18 mercsolo September 15, 2007 pukul 2:20 pm

    http://himasurya uns.wordpress.com
    Untuk link himasurya

  18. 19 Mrs. Neo Forty-Nine September 15, 2007 pukul 8:50 pm

    waaaah…Cak…aku kena anemi juga ini…

    met puwasa ya?

    eh, kalo puwasa ga boleh nggol senggolan ya?
    πŸ˜‰

    betewe…mohon maaf… Siw lagi sibuk TM…jadi ndak bisa komen…
    😎

    :mrgreen:

  19. 20 cakmoki September 16, 2007 pukul 6:08 pm

    @ rozenesia,
    Tergantung bentuk sakitnya, hehehe
    Salam kenal juga πŸ™‚

    @ dokterearekcilik,
    Thanks Mas, …Met berpuasa juga ya

    @ superkecil,
    Berani pakai Puasa ga ? … Ntar minum obatnya sebelum imsak pakai yang long acting, misalnya Asidrat dan Ranitidin. So cuman buka ama imsak doang minum obatnya.
    Met melawan maag πŸ˜‰

    @ mercsolo,
    Thanks linknya, Met berjuang

    @ Mrs. Neo Forty-Nine,
    anemi apa anemi πŸ˜›
    Nyenggol boleh kayaknya … mau nyenggol pintu po ?
    Met ber-TM Siw … *opo tho tm kuwi*

  20. 21 sibermedik September 17, 2007 pukul 9:18 am

    Assalamualaikum..
    Cak yek opo ramadhan disana?? kok jarang posting lagi…biasane tumben tiap 2 hr da yg baru…

    Btw, apakah penderita MetabolicSyndrome boleh puasa?

    Blogwalking silaturahmi k sibermedik dong??

  21. 22 tan andalas September 17, 2007 pukul 8:37 pm

    “shumu tashihu” kan cak?!

    mudah-mudahan diberik kekuatan dan kesehatan ya cak, selama romadon ini πŸ˜€

  22. 23 sibermedik September 17, 2007 pukul 10:15 pm

    hmmm….siiipp!!!! *balas dendam* (pas buka puasa) he..he..

  23. 24 telmark September 17, 2007 pukul 10:29 pm

    waduh cak…
    saya ini punya penyakit lapar melulu. gimana tu cak ?

    *selamat menunaikan ibadah Puasa bagi yg menjalaninya.*
    bagi muslim yg tdk berpuasa, tdk ada kata selamat.

  24. 25 oon September 18, 2007 pukul 10:38 am

    kalo masalah sugesti gimana cak? katanya kalo niat kita bener hanya karena yang bikin hidup semata…semua penyakit bukan halangan…katanya, gimana tuh cak?

  25. 26 Fa September 18, 2007 pukul 11:33 am

    Pokoknya bismillah aja ya Cak πŸ˜€ *met puasa buat semuaaa* salam juga buat se radhinah mara bulen πŸ˜€

  26. 27 almascatie September 18, 2007 pukul 9:23 pm

    alhamdulillah cak sayah belom pernah kena sakit waktu puasa..
    tapi kemaren pas pulang.. bapak yg harus dijaga aja makanannya nih..
    cak mo tanya, makanan selma puasa buat orang penyakit darah tinggi gimana cak πŸ™‚
    makasih cak

  27. 28 aLe September 19, 2007 pukul 1:56 am

    met puasa oM punky suwito cak moKi πŸ˜€

    semoga lancar dan amal kita berbarokah πŸ˜‰ aMin.,

  28. 29 cakmoki September 20, 2007 pukul 10:33 am

    @ sibermedik,
    pada dasarnya, penederita tersebut boleh berpuasa sejauh kondisi tubuhnya memungkinkan. Dan itu sangat individual πŸ™‚
    Silaturahminya tertunda nih, masih ada tugas dan di sela-sela waktu berusaha mengorganisir kembali data yang hilang

    @ tan andalas,
    ya, … “shumu tashihu” πŸ™‚ Amin

    @ telmark,
    hahaha, penyakit lapar bakalan hilang saat puasa … atau pingsan kali ya πŸ˜†

    @ oon,
    iya … emang ada pengaruh, bahkan besar pengaruhnya terhadap kondisi tubuh or kesehatan kita.

    @ Fa,
    Matorsekelangkong … πŸ˜‰
    salam telah disampaikan dengan selamat

    @ almascatie,
    Alhamdulillah

    makanan selama puasa buat orang penyakit darah tinggi gimana cak πŸ™‚

    Seberapa tinggi ? … Sedikit toleransi aja ah, selama puasa bebaaassss. hehehe, daging dan lemak boleh asal gak berlebihan, selebihnya oke

    @ aLe,
    sama-sama,…Amin

  29. 30 n0vri September 27, 2007 pukul 8:54 am

    Cak, saya ini penderita gastritis sejak SMA dulu, bahkan pernah dirawat karena lumayan akut. Tapi Alhamdulillah, setiap Ramadhan si maag itu kayaknya ngilang deh, gak pernah ada keluhan tuh, bertahun-tahun… Bahkan seandainya tahun ini saya bisa puasa penuh, ini tahun ke-21 secara berurutan puasa saya nggak bolong, Insya Allah. Semua sih kembali ke niat aja.

  30. 31 cakmoki September 27, 2007 pukul 11:44 pm

    @ n0vri,
    wow, hebat πŸ™‚
    iya emang, kalo niat kuat biasanya gangguan lambung yang sebelumnya suka ngajak berantem, akan hilang saat puasa.

  31. 32 deenda September 28, 2007 pukul 9:28 am

    cak mo tanya nih makan quaker oat apa bener ya bagus untuk penderita maag secara saya penderita maag sampe lever saya bengkak dan di rawat inap d RS

    maturnuwun cak

  32. 33 cakmoki September 28, 2007 pukul 10:25 pm

    @ deenda,
    lebih tepatnya makan teratur makanan yang tidak terlalu merangsang, gak perlu makanan khusus koq.
    Kalo pembesaran liver belum tentu karena maag, karena pembesaran liver hampir selalu diikuti keluhan lambung, so bukan berarti maag trus menjadi sakit liver.

    Trims

  33. 34 Besan Agustus 28, 2009 pukul 12:20 pm

    Wah kl baca postingx, sptx cak moki cocok jg jd ustad/kyai. Bgm cak?.:-).

  34. 35 cakmoki Agustus 30, 2009 pukul 1:09 am

    @ Besan:
    hahaha … itu mah ngutip pendapat fuqaha.
    Cocoknya tetep jadi wong ndeso β„’ … enjoy πŸ˜€


  1. 1 Sampai berjumpa di Neraka. « Telmark. Lacak balik pada September 17, 2007 pukul 10:32 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,284,831 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: