Merdeka !!! dari apa ?

Makna memperingati HUT RI

Bangsa Indonesia pernah mengukir sejarah luar biasa.
Setelah sekitar 350 tahun terjajah, maka dengan semangat juang, pantang menyerah, pengorbanan, dan kebersamaan, Indonesia mampu mengalahkan penjajahan.

Dengan mengusung semangat “Merdeka ataoe Mati” dan modal seadanya, para pendahulu kita membebaskan negeri ini dari cengkeraman penjajah.

Indonesia Merdeka !!!

Kemerdekaan Indonesia bukan hadiah, melainkan buah dari perjuangan panjang yang sarat dengan pengorbanan, darah, harta benda dan air mata … (silahkan baca sejarahnya)

Kini … 62 tahun setelah proklamasi …
Indonesia Merdeka !!! Dari apa ?
Bebas penjajahan Bung !!! Ya benar, kita memang tidak sedang dijajah secara fisik atau kewilayahan.
Hanya itu kebanggan kita, selebihnya silahkan direnungkan sendiri.

Kita masih terjajah, Bung !!!

Suka atau tidak suka, diakui ataupun tidak diakui, penjajahan sedang berlangsung di negeri tercinta ini.
Belenggu penjajahan yang mencengkeram hampir di semua sendi-sedni kehidupan kita, salah satunya dan ini yang paling mengerikan, tak lain dan tak bukan adalah: KORUPSI.

Rasanya, kita sudah sangat lelah menunggu terwujudnya good goverment, negeri nan aman, tentram dan jujur, … toh hasilnya tak kunjung tiba. Korupsi makin merajalela. Para penyelenggara pemerintahan, politisi, wakil rakyat (katanya sih), seakan berebut, berlomba-lomba melakukan korupsi.

Nama, istilah, argumen boleh saja dirubah dengan kalimat manis, dikemas bak lapisan emas berkilau, namun korupsi tetaplah korupsi, apapun alasannya. Petinggi beberapa parpol sudah memperagakannya kepada kita, betapa enjoynya mereka berkorupsi ria.

Apa ada parpol yang bersih ? Tak ada, Bung !!!
Tengok saja kasus DKP (Departemen Kelautan dan Perikanan). Kendati mereka yang menerima aliran dana DKP tersebut berkilah sejuta kata, tetap bernama korupsi.
Marah ? Silahkan, gak dilarang koq…
Mo berdebat soal definisi korupsi supaya nampak bersih ? … blehhh, bosan … Buktikan ga korupsi, Bung !!!

So …
Mari mulai dari diri kita, mengenyahkan belenggu korupsi, … ya kita, sebagai individu, atau sebagai apapun.

Caranya ?
Ah, gampang saja … Tidak korupsi !!! … gitu aja koq repot. Kita bisa melakukannnya, kita mampu tidak korupsi. Lantas mengapa enggan ? Ataukah kita masih senang berkutat dengan untaian kalimat: … tapi semua melakukan, … udah lumrah tuh, … sebenarnya sih mau gitu, … ntar dikira melawan arus, … ah kecil-kecilan koq, … nanti-nanti aja, … bukan korusi, wong cuman uang kesejahteraan, … dll ?
Biarkan yang berpendapat seperti ini, tinggal aja, tentu sambil terus mengingatkan.

Akhirnya, barangkali kita dapat menggunakan slogan para pendahulu kita, sebagai bentuk penghargaan atas segala jasa beliau-beliau yang telah banyak berkorban menghantarkan Indonesia Merdeka.

Merdeka dari Korupsi atau Mati !!!

Mampukah ?

:: :: :: renungan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI :: :: ::

Iklan

52 Responses to “Merdeka !!! dari apa ?”


  1. 1 cK Agustus 14, 2007 pukul 5:50 pm

    Pokoknyaβ„’ PERTAMAX!! MERDEKAA!!!

  2. 2 sibermedik Agustus 14, 2007 pukul 6:00 pm

    baca blog saya juga cak….
    saya jg lg mbahas dokter2 pahlawan indonesia…
    sapa tau jd spirit!!

    Btw, refleksi cak moki diatas hmpir sama dgn ketakutan saya ttg indonesia di masa depan..
    yg ptg M.E.R.D.E.K.A!!!!!!

  3. 3 deKing Agustus 14, 2007 pukul 6:26 pm

    Merdeka dari tugas untuk sesaat karena sibuk ikut lomba πŸ˜€

  4. 4 jejakpena Agustus 14, 2007 pukul 6:27 pm

    Udah 62 tahun, kalau manusia, udah renta banget ya Cak. πŸ˜›

    Yap. tahun depan Indonesia udah bisa bebas dari korupsi kan Cak? πŸ˜†

    Ah, saya mengaminkan sih sebenernya, serius, walau rada pesimis juga. :mrgreen:

    Anyway, MERDEKA. πŸ™‚

  5. 5 looselens Agustus 14, 2007 pukul 8:06 pm

    Belum merdeka dari diri sendiri.

  6. 6 undercover Agustus 14, 2007 pukul 8:47 pm

    Kalo nggak korupsi, berarti belum merdeka kali cak. Karena merdeka artinya kita bebas untuk korupsi… he.. he..

    Tapi ngomong2 artikel cak moki kali ini judulnya persis sama kayak judul artikelnya pak erander… janjian po pie jan-jane?

  7. 7 calonorangtenarsedunia Agustus 14, 2007 pukul 9:56 pm

    kita itu memang ga pernah merdeka kok, cak..

    merdeka dr kumpeni doang,tapi dijajah sama orang endonesa sendiri. lebih menyakitkan..

  8. 8 secondprince Agustus 14, 2007 pukul 10:03 pm

    ya semangat lah paling tidak kita udah gak dijajah lagi
    apa susah ya gak korupsi
    berdoa saja semoga Merdeka dari korupsi
    haaaaah sabar aja sabar

  9. 9 Ady Agustus 14, 2007 pukul 10:04 pm

    Merdeka…
    Dirgahayu RI semoga di usia yang ke 62 tidak cepat menopause atau osteoporosis hehe

  10. 11 almas Agustus 14, 2007 pukul 10:44 pm

    mo teriak merdeka sekarang kok saya malu ya….
    hmm mendingan berusaha untuk memerdekakan pemikiran aja deh dari pada teriak merdeka di negara ini.. hiks
    😦

  11. 12 Anang Agustus 15, 2007 pukul 1:20 am

    yang penting MERDEKA

  12. 13 Neo Forty-Nine Agustus 15, 2007 pukul 3:00 am

    Ho ho ho……
    Kalimantan Belum merdeka dari keterbelakanggannya Cak…..
    Batubara melimpah, tapi listrik byar pet…ya udahlah…ntar malah ngeblog disini…

  13. 14 cakmoki Agustus 15, 2007 pukul 4:27 am

    @ cK,
    Merdeka juga mpok

    @ sibermedik,
    ok, sip … tadi udah baca.
    Merdeka !!!

    @ deKing,
    Lomba Balap karung ? .. jangan lupa pakai kacamata ya

    @ jejakpena,
    hihihi, ah mbak jepe ini, … tahun duepaaaaan mbak, masih jauh kali. Optimis ah

    @ looselens,
    iya … sulit tuh πŸ˜€
    naksir lensanya…

    @ undercover,
    hahaha, barangkali saking parahnya ya …
    Eh, mosok sama persis ? … ntar saya lihat tulisan beliau, gak janjian ki … feeling be’e πŸ˜€

    @ calonorangtenarsedunia,
    Sabarrr Han *sambil ngelus dada sendiri*

    @ secondprince,
    ya, mending daripada dijajah semuanya πŸ˜‰
    Setuju, Berdo’a dan berusaha

    @ Ady,
    Hehehe, … dan semoga gak Stroke πŸ˜†

    @ imcw,
    Merdeka !!!

    @ almas,
    setuju Om. *tosss*

    @ Anang,
    Merdeka juga !!!

    @ Neo Forty-Nine,
    iya nih, tempat kami mulai minggu sampai selasa listrik padam, … gimana di selatan ?

  14. 15 n0vri Agustus 15, 2007 pukul 7:58 am

    kita masih dijajah cak.
    dijajah korupsi, dijajah kebodohan, dijajah eksklusivisme, dijajah kemiskinan, dijajah keserakahan, dijajah oleh kenangan indah masa lalu bahwa kita punya banyak kekayaan alam.

    Udah 62 tahun, tapi malah sekarang dijajah Singapura yang baru merdeka kemarin sore…

  15. 16 erander Agustus 15, 2007 pukul 8:23 am

    Judul postingankita koq bisa bareng ya Cak? Kaget aja waktu dapat kabar dari teman dan Cak sendiri kalo judulnya sama. Yo wis, gpp kan Cak?

    Salam Merdeka

  16. 17 itikkecil Agustus 15, 2007 pukul 9:05 am

    Kalo ngomongin korupsi memang jadi sakit hati sendiri cak…. memang akhirnya kita bisa ngomong yang penting kita tidak ikut-ikutan melakukan korupsi itu (di tempat kerja saya sekarang, gak ada celahnya untuk korupsi itu…. πŸ˜€ ). to be honest, saya iri sama cakmoki yang bisa ngomong dan didengar oleh sejawat-sejawatnya. saya akhirnya mikir juga….. apakah saya cukup puas dengan diri sendiri yang tidak korupsi sementara saya tahu banyak orang yang melakukannya dan secara tidak langsung saya jangan-jangan ikutan membantu orang lain untuk korupsi… mungkin saya terlalu penakut…..

  17. 18 ndarualqaz Agustus 15, 2007 pukul 9:58 am

    HAMPIR MERDEKA

    saya merasa belum merdeka cak, saya protes kalo njenengan bilang kita sudah merdeka…. belum. kita masih terjajah.

  18. 19 kangguru Agustus 15, 2007 pukul 10:08 am

    Pokoke &tarde; Merdeka

    mo ikut lomba apa cak???

  19. 20 Joerigβ„’ Agustus 15, 2007 pukul 10:50 am

    [Joerig Mode : ON]

    .
    Ya … kita sudah merdeka … kita skrg hidup di negara yg berdaulat … betul kata cak moki … mungkin itu cuma satu-satunya kebanggaan kita … dan mengenai merdeka dari “hal-hal lain” … kalo kita ingin merdeka dari “hal-hal lain” itu, maka kita harus berusaha sebisa mungkin untuk memerdekakan diri kita sendiri dulu …

    saya harus merubah diri saya sendiri menjadi lebih baik, kalo berhasil berarti saya sudah merdeka …

    trs gimana dg negara ini ? … gimana negara mau “merdeka” kalo saya aja sebagai rakyatnya males merubah diri menjadi lebih baik … 😦
    .

    [Joerig Mode : OFF]

  20. 21 IKM Unud Agustus 15, 2007 pukul 10:51 am

    Cak kami link ya…

    MERDEKA…

  21. 22 Guh Agustus 15, 2007 pukul 11:32 am

    Merdeka (dari korupsi) atau mati!!

    Maksudnya mati nuraninya ya. Kalo badan sih kayaknya ga akan mati karena korupsi, makin buncit dan subur malah.

  22. 23 starflake Agustus 15, 2007 pukul 11:52 am

    MERDEKA!!! *sembari menanti bancakan tirakatan*

  23. 24 timbuktu2003 Agustus 15, 2007 pukul 2:17 pm

    * nangis *
    hiks..apanya merdeka??
    negeri kita lagi dijajah Rumah Sakit asing???
    emang dokter kita goblok2 apa??

  24. 25 Yandhie Dono Agustus 15, 2007 pukul 3:38 pm

    Ketidakadilan mungkin emang bagian dari dunia, Cak? Ada yang bilang kalo semuanya adil itu bukan dunia namanya, tapi akhirat…

    Huhuhu.. tapi mosok iya ya mau diem2 aja. Hidup Cak Moki for Menteri Kesehatan! Merdeka!

  25. 26 gies Agustus 15, 2007 pukul 5:39 pm

    Merdeka dari korupsi tentu, MERDEKA!!

  26. 27 pitik Agustus 15, 2007 pukul 5:54 pm

    ya begitulah negerimu ini dok…

  27. 28 dokterearekcilik Agustus 15, 2007 pukul 6:23 pm

    Gak bisa komentar deh…. komentar yang lain udah cocok semua….. pokoke meeeerdddeeeekkaaaa (sambil lemes dan gemeter)

  28. 29 Neo Forty-Nine Agustus 15, 2007 pukul 10:32 pm

    Di selatan…seperti biasa Cak….
    Kalau air pasang…mati lampu…
    air surut juga…….mati lampu juga…..
    πŸ˜€

  29. 30 cakmoki Agustus 16, 2007 pukul 12:40 am

    @ n0vri,
    walah, daftar penjajahan koq makin banyak nih …

    Kami pernah ngobrol bersama teman, katanya kalo perang dengan Singapura, kita bakalan kalah. Mereka cukup pijit tombol,sementara kita sibuk korupsi.

    @ erander,
    Aman pak. Jarang-jarang bisa punya judul sama … kita mestinya dapet reward πŸ™‚

    @ itikkecil,
    Salut !!! Saya ikut bangga mendengarnya.
    Nah, kita bisa melakukannya bersama teman-teman lain di tempat masing-masing. Adapun ajakan untuk tidak korupsi, setiap orang memiliki style berbeda, dont worry .. ada yang sambil bengok-bengok, ada yg lemah gemulai, ada yg pasang spanduk ada yg menggunakan kekuasaannya bagi yg punya jabatan sekecil apapun. Kayaknya tergantung sikon ya

    @ ndarualqaz,
    wooo, maaf kalo gitu πŸ™‚ … maka dengan ini protes diterima πŸ˜†

    @ kangguru,
    Pokoke β„’ Merdeka !!! saya mo ikut sepakbola sarungan, ada gak ? πŸ˜€

    @ Joerigβ„’,
    Merdeka !!! bersama-sama Teh … di tempat dan gelombang yang berbeda πŸ™‚

    @ IKM Unud,
    Silahken komandan !!!
    cihuy … salut IKM Unud. Ada makan-makan gak ? πŸ™„
    Ahaa ntar tak pamerkan ke ts di Unmul, biar semangat. sebagai sesama orang ikm, sy ikut gembira.

    @ Guh,
    mati semuanya dong mas Guh … mulai atas sampai bawah termasuk jeroannya πŸ˜€

    @ starflake,
    bancakan, ….ikuuutt … dimana mbak?

    @ timbuktu2003,
    Bukan … bukan goblok, kurang public relation doang …
    Ehm … denger-denger ada aroma win-win solution

    @ Yandhie Dono,

    Ada yang bilang kalo semuanya adil itu bukan dunia namanya, tapi akhirat

    jadi inget salah satu episode serial x-file … gara-gara aman dan damai, dunia senyap πŸ˜€

    Merdeka !!!

    @ gies,
    Merdeka !!! … sampai kaget saya

    @ pitik,
    hihihi, ssst …. bisik-bisik aja πŸ˜‰

    @ dokterearekcilik,
    sori mas, lampu baru nyala … ikutan Merdeka *megap-megap sumuk*

    @ Neo Forty-Nine,
    hahahaha, …utara sama … barusan nyala nih 😦

  30. 31 deKing Agustus 16, 2007 pukul 3:56 am

    Yah dokter moki (sekali2 panggil dokter…mumpung Agustus-an)…hari gini masih balap karung? Sekarang jamannya balap sarung dok…
    Pokonya isis-praktis-demokratis

  31. 32 Kang Adhi Agustus 16, 2007 pukul 8:08 am

    Selain tidak korupsi, tolak proyek yang dipotong koruptor.

  32. 33 cakmoki Agustus 16, 2007 pukul 8:34 am

    @ deKing,

    Sekarang jamannya balap sarung cak *ganti, mumpung punya wewenang*
    Pokonya isis-praktis-demokratis

    hehehe … iya, hampir lupa. Untuk antisipasi, penonton (fginun)dianjurkan pakai kacamata item β„’ πŸ˜†

    @ Kang Adhi,
    Pernah Kang, … beberapa hari kemudian penggede datang sembari bersabda: ” tolong ditanda tangani persetujuannya, harap dimengerti
    Soal proyek konon ada “salam pengertian” sekitar 10%, apa iya?

  33. 34 Fa Agustus 16, 2007 pukul 11:14 am

    Cak, gimana nggak korupsi, wong sebagian besar masy masih mendukung terciptanya korupsi, spt kata Bang Napi, kejahatan tidka hanya timbul karena kenginan pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan (dan dukungan), jadi WASPADALAH! *halah*

    maksutnya gini, klo kita liat di tiap pesta demokrasi, masih banyak yang berani mencoblos yang mbayar, nah, klo beneran kepilih, akhirnya yang mbayar tadi tentu bikin program pertama dan utamanya adalah ngembaliin modal dong, setelah itu baru meraih keuntungan sebanyak2nya.

    trus solusinya gimana Fa? mbuh! ngikut seruan Cak Moki aja, merdeka dari korupsi atau mati, dan tambah satu lagi, klo ada pemilu (entah pilpres, pilkada sampe pilkades) jangan mencoblos yang tim suksesnya mbagi2 duit! (ambil duitnya boleh lah, hehe)

  34. 35 cakmoki Agustus 16, 2007 pukul 1:45 pm

    @ Fa,

    klo ada pemilu (entah pilpres, pilkada sampe pilkades) jangan mencoblos yang tim suksesnya mbagi2 duit! (ambil duitnya boleh lah, hehe)

    hihihi, ibu-ibu di tempat kami juga pinter2. Semua tim sukses yg datang diterima, kalo ditanya, jawaban kepada semua tim sukses juga sama: “inggih” … pas waktunya nyoblos … suka-suka πŸ˜† Setelah dihitung perolehan suara, pusing tuh tim sukses, gak cocok dengan itungan.

  35. 36 Shinta Agustus 16, 2007 pukul 3:30 pm

    Cakmoki…

    Besok saya ikut tanding tarik tambang, biar tenaganya pol perlu tambahan vitamin nggak?

    Sekalian cak … boleh pinjem baju merahnya nggak? Dress code nya merah putih … niyy πŸ™‚

  36. 37 cakmoki Agustus 16, 2007 pukul 5:40 pm

    @ Shinta,
    gak perlu.

    ok, kaos merah udah saya kirim, silahkan ambil di cantolan belakang pintu ya … πŸ˜†

  37. 38 juliach Agustus 16, 2007 pukul 7:13 pm

    sik cak, tak merenung sambil mlengkung

  38. 39 penggalih Agustus 16, 2007 pukul 8:47 pm

    bahas cak masalah “agresi” RS Asing…
    kliatannya gengsi gede..tapi harga diri dipertaruhkan..
    masa’ kita “ngemis” ma FRANCHISE Klinik or RS Luar Negeri

  39. 40 cakmoki Agustus 16, 2007 pukul 10:24 pm

    @ Juliach,
    Saya ingin tahu khabar HUT RI dari Perancis lho

    @ penggalih,
    hehehe, saya gak punya data latar belakangnya, ntar dikira opini tanpa dasar

  40. 41 andalas Agustus 17, 2007 pukul 12:34 am

    sekali merdeka, merdeka sekali…dijajah terus-terusan 😦

  41. 42 manusiasuper Agustus 17, 2007 pukul 9:47 am

    Lha kita bisa korupsi juga karena merdeka kan cak?

    Coba kalau ga merdeka, bisa apa itu para pengurus parpol, para pejabat, para pengusaha keparat?

    Coba kalau masih dijajah, mungkin hukum akan lebih tegak karena si penjajah ga pandang bulu kalo negakin hukum.

    Mungkin kalo kita masih dijajah, malah lebih enak, tinggal tidur, yang ngurusin negara yang orang lain..

    Kesimpulannya??

  42. 43 cakmoki Agustus 17, 2007 pukul 2:22 pm

    @ andalas,
    sampai kapan ya ? 😦

    @ manusiasuper,
    Kesimpulanya ???
    ntar … mikir setumat …
    Ah iya, dah tahu πŸ˜€

  43. 44 huda Agustus 17, 2007 pukul 4:40 pm

    Ayo teriakkan pekik2 kemerdekaan. Tapi hati2 klo meneriakkannya di Maluku Selatan atau Papua, konotasinya beda lho… :d

  44. 45 almas [belom login] Agustus 17, 2007 pukul 5:11 pm

    :: mas huda…
    konotasinya ada beda to mas.. perasaan saya teriak Merdeka dari Maluku Utara sampai Selatan tetep sama aja tuh πŸ™‚
    entah kalo di Papua Mas.. saya belom disana sih… hehehehe
    “bagi orang maluku… R. Maluku Selatan hanyalah mimpi jaman dulu.. sedangkan mimpi jaman sekarang adalah RMS = Rakyat Makin Sengsara…..”
    makasih cak

  45. 46 cakmoki Agustus 17, 2007 pukul 6:08 pm

    @ huda,
    sama ja kayaknya, di satu sisi Merdeka dari penjajahan, di sisi lain entah merdeka entah belum, hehehe

    @ almas,
    Rakyat Makin Sengsara, tullll … emang iya
    Ok, om Boy πŸ™‚

  46. 47 Juliach Agustus 21, 2007 pukul 7:48 pm

    Di KBRI Perancis biasanya ada perayaan utk 17-an, Lebaran dan Natalan dilanjutkan makan-makan gratis (masakan Indonesia) bagi semua orang Indonesia & keluarganya yg tinggal di Perancis.

    Dulu th. 1997-2000, saya selalu hadir tapi sekarang selalu absent. Habis ibu-ibunya (gol. kaum hawa) dan beberapa bapak-bapaknya pada som-som sekali. Jadi males nyambungnya.

  47. 48 cakmoki Agustus 21, 2007 pukul 11:00 pm

    @ Juliach,

    Habis ibu-ibunya (gol. kaum hawa) dan beberapa bapak-bapaknya pada som-som sekali. Jadi males nyambungnya.

    kali sedang lupa kalo beliau-beliau di sana itu dibiayai dan digaji dari uang rakyat … atau barangkali gak mau disaingi oleh warga indo yg ada disana dalam hal penampilan πŸ˜€


  1. 1 Diskresi Jalanan « Caplang Hati Lacak balik pada Agustus 14, 2007 pukul 6:45 pm
  2. 2 17 Agustus Hari Kemerdekaan Hewan « Spina Mimosa Lacak balik pada Agustus 17, 2007 pukul 12:48 am
  3. 3 Makna Kemerdekaan kita: Suatu Tinjauan Kimia « manusia biasa Lacak balik pada Agustus 17, 2007 pukul 4:01 am
  4. 4 Sumpah Pemuda: beranikah Tidak Korupsi ? « cakmoki Blog Lacak balik pada Oktober 28, 2007 pukul 12:27 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,303,309 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: