Surat Untuk Jomblo

Ass, wr, wb …
Salam …

» Ta’dzim kepada para sesepuh blogger,
» Yang tersayang, rekan-rekan jomblo’s dimanapun berada,

Salam hangat bagi semuanya, teriring do’a semoga sukses apapun pilihannya.

Belakangan ini jagad maya diramaikan oleh dinamika perasaan. Ada sohib yang mengajak berbagi seputar maaf memaafkan, gadis kreatif yang kaget setelah keluar dari pertapaannya, kemudian beliau terusik dengan label sebuah postingan.
Adapula ungkapan sebal atas sebuah layanan, lalu muncul omelan klarifikasi dari si empunya jasa layanan nan imudz.
Tak ketinggalan, perasaan haru seorang teman yang blognya sempat macet beberapa jam, … dan renungan abang yang cakep ini tentang ber wordpress ria. Dan lain – lain …

Ada apa ini ?Tidak ada apa-apa.
Tulisan inipun bukan bermaksud membuka ruang baru untuk perdebatan, atau mengungkit-ungkit persoalan lama yang sudah usai, melainkan berusaha menarik benang merah dan mengambil manfaat darinya. Mohon maaf ya 🙂

Dinamika di atas sejatinya mirip dengan kejadian sehari-hari di manapun kita berada. Ya, permainan perasaan terkait ungkapan yang terucap ataupun tingkah laku yang kita ekspresikan, sengaja atau tidak. So, anggap saja pemanasan kawin menuju jenjang berumah tangga (kalo mau lho, uenak tanan je)

:: :: :: Bekal Jomblo ke Pelaminan :: :: ::

Di ruang yang lebih sempit, kejadian serupa bukan tidak mungkin terjadi dalam kehidupan berumah tangga. Acapkali kita mendengar pendapat bahwa pertengkaran dalam rumah tangga (suami istri) adalah hal lumrah. Tanpanya, diibaratkan masakan tak berbumbu. Benarkah ?
Menurut saya, pendapat tersebut tidak benar … *maaf jika berbeda*

Coba bayangkan, gimana rasanya jika suami-istri yang sebelumnya saling sayang *halah*, nggol senggolan mesra, bercanda dalam balutan sarung, kemudian berganti episode menjadi bentakan dan makian. Amit-amit deh.
Kendati persoalan tersebut konon bisa selesai damai, siapa berani menjamin tiada luka di dalam hati. Manakala persoalan baru muncul, adakalanya luka lama menganga kembali. Diungkit lagi, diungkit lagi.
Maka, nasehat yang diberikanpun tak jauh dari anjuran memperbanyak dzikir dan sejenisnya. Poin ini saya tidak akan membahasnya. Terpulang kepada keyakinan masing-masing.

Bagaimana mencegah huru-hara suami-istri (kelak) ?
Maaf, saya bukan penasehat perkawinan, … ah kita kan sebaya ™ *siyul-siyul*
Enaknya, kita berbagi saja …
Sebagai pembuka sharing, ijinkan saya titip 2 renungan (terutama untuk pribadi).

Untuk sobat lelaki: *termasuk yg nulis*
Jangan pernah berkata dan bersikap kasar kepada istri, … apalagi membentak, apalagi memaki, apalagi melotot, apalagi nunjuk-nunjuk … dll
Lha, kalo di bentak istri gimana dong ? … modal senyum lalu peluk, gitu aja koq repot 😛

Untuk sobat gadis-gadis tersayang, ehm …
Usahakan kelak tidak membentak suami ya, … mmm, tidak misuh-misuh *maaf*, tidak nuding-nuding, tidak mendiemkan *kata mbak itikkecil* (walau uang belanja kurang), apalagi lempar piring … *ampyuuun*

Begini *bisik-bisik*, … kalo suami sering dibentak, jantungnya sering berdebar, saking cepatnya berdebar lama-lama tarik napas panjang, hmmmmm …, lama-lama eheekk, lupa bernapas.
Lho kan …

Kompak dong, tossss 😆

:: :: :: UPDATE :: :: ::

Renungan dini hari sebagai bekal jomblo jika kelak berumah tangga. Juga bagi mantan jomblo yang sudah melepaskan status ke-jomblo-annya. * misalnya: 22 ™ lebih dikit … ehm ehm *

Demikian surat untuk jomblo dan mantan jomblo ini dibuat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Terimakasih.

Wassalam
mantan jomblo

Mari berbagi 😉

:: :: :: tulisan santai dinihari :: :: ::

Iklan

69 Responses to “Surat Untuk Jomblo”


  1. 1 deKing Agustus 3, 2007 pukul 3:39 am

    Ini surat hanya untuk jomblo kan? 😀
    Ternyata xwoman tidak salah. Cakmoki hobi gossip hehehehehe…
    *Plakkkk*
    Toss sama cakmoki

  2. 2 cakmoki Agustus 3, 2007 pukul 3:43 am

    deKing,
    untuk jomblowan n jomblowati atau yg masih semangat jomblo *plakk*
    hobi gosip ? … hahaha tepatnya nguping gosip … tosss

  3. 3 almascatie Agustus 3, 2007 pukul 4:09 am

    weks…. buar para jombloh dan jomblowan
    wahhh kurang lengkap ga ada listnya nih cak.. biasa kan anak muda pasti survey dulu nih..sapa yg jomblo sapa yang ga.. *halah*
    soba lelakinya ga tersayang ya
    *kabur sambil kibarkan bendera putih anti gosip*

  4. 4 Anang Agustus 3, 2007 pukul 5:36 am

    berarti bukan untuk saya ini surat…. aman-aman… 😀

  5. 6 doeytea Agustus 3, 2007 pukul 8:07 am

    Surat ini mah cocok juga buat yang sudah married.

  6. 7 mas adis Agustus 3, 2007 pukul 8:17 am

    “Untuk sobat adis-adis tersayang, ehm …” lha kok???

  7. 8 itikkecil Agustus 3, 2007 pukul 8:19 am

    Untuk sobat gadis-gadis tersayang, ehm …
    Usahakan kelak tidak membentak suami ya, … mmm, tidak misuh-misuh *maaf*, tidak nuding-nuding, apalagi lempar piring

    tambahan cak, kalau bisa juga tidak mendiamkan suami kalo lagi ngambek. Itu kan termasuk KDRT juga 😀

  8. 9 arya Agustus 3, 2007 pukul 8:40 am

    hahahaha, deking ngrasa…
    huhuhuhu…
    sana cepet kawin… tuh kata cak moki, uenak lhooo
    :p

  9. 10 cK Agustus 3, 2007 pukul 8:56 am

    akan dipraktekkan setelah merit… :mrgreen:

  10. 11 cakmoki Agustus 3, 2007 pukul 9:35 am

    @ almascatie,
    waduhhh, gak hapal saya, khususnya yg perempuan, gak berani nanyak.
    sobat lelaki tersayang? … gak ah, ntar dikira homo-hom 😛

    @ Anang,
    aman cak Anang, eh .. untuk mantan jomblo jugak lho, sudah apa belum sih?

    @ imcw,
    Tosss 😉

    @ doeytea,
    update:
    untuk jomblo dan mantan jomblo …
    makasih koreksinya ya

    @ mas adis,
    hehehe, … diganti aja yah : dari gadis untuk adis 😛

    @ itikkecil,
    Trims, udah saya tambahkan mbak …

    @ arya,
    hahaha, beliau belum percaya, sampai nepuk-nepuk pipi sendiri 😉

    @ cK,
    siiip *percaya deh*

  11. 12 Luna Moonfang Agustus 3, 2007 pukul 10:38 am

    waduh …

    tapi lumayan lah .. buat bekal … hehehehe

    tengkyu cak 😆

  12. 13 nayla zahra Agustus 3, 2007 pukul 11:30 am

    Hik .. kalo istri lagi marah .. SENYUM dan PELUK aja??
    Mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu.. tapi SUSAH.. GENGSI kali yah!!
    😛

  13. 14 peyek Agustus 3, 2007 pukul 12:40 pm

    kadang siang tukaran
    malem ya tetep dikeloni

    (kok yo ra isin, hehehe!)

  14. 15 telmark Agustus 3, 2007 pukul 2:12 pm

    selain ahli penyakit, ahli nge-gosip (kata xwoman), ternyata bisa jg kita2 sharing seputar jomblo dan pekawinan. percaya deh…
    apalagi dong ? mmmm… tinggal biro jodoh ? 😉
    cak, izin nge tb ya. thanks.

  15. 16 sibermedik Agustus 3, 2007 pukul 3:15 pm

    Jombler(Jomblo+imbuhan-Er) mania…
    kalo mo calonnya dokter masih mikir post sumpah..STR..SIP..ACLS..ATLS..CPNS..PTT..PPDS,etc..
    Buat cewek2 jombler…masih mau punya suami dokter???
    kalo mau..sama saya aja gpp..

    Tapi harus betah menderita….coz g smua mhsw FK tajir..punya RS..apalagi Anak Spesialis…pokoke Dokter Juga Manusia..(Yen dipikir..masih ‘tenang’ hidup sebagai tukang sate ya..he..he..):-)

  16. 17 gies Agustus 3, 2007 pukul 3:15 pm

    iya asal tidak dikasari dibentak dan dimarahi,
    pasti adem ayem teryuusss…
    eh, tapi bisa gk?

  17. 18 venus Agustus 3, 2007 pukul 7:27 pm

    emangnya bisa cak, gak lempar2an piring atau sepatu, gitu? bukan saya lho cak, bukan sayaaaa…:p

  18. 19 GuM Agustus 3, 2007 pukul 7:31 pm

    istri marah2 trus dipeluk. tiba2,

    *PLAK!!!*

    “APA PELUK2??!! GAK TAU YA SAYA LAGI MARAH?!”

    peluk lagi…

    *PLAK!!!!!*

    “EEEH….. NGGAK PUNYA TELINGA YA???”

    *PLAK!!!!!*
    *PLAK!!!!!*

    ngeri bayanginnya 😦

    doain saya nanti ndak dapet istri algojo ya, pak.

  19. 20 cK Agustus 3, 2007 pukul 7:50 pm

    pamer avatar dari blog temporary :mrgreen:

  20. 21 mina Agustus 3, 2007 pukul 8:03 pm

    wah surat ini juga bukan untuk saya, saya kan statusnya “it’s complicated” hohoho…

  21. 22 omsulis Agustus 3, 2007 pukul 8:40 pm

    Bar gelut trus bercinta cak!!
    Ueeenak tenannn 😀

  22. 23 santribuntet Agustus 3, 2007 pukul 9:14 pm

    dokter kita satu ini paling bisa… nasehatnya menghangatkan nurani sama “nuraini-nuraini” yang masih pada jomblo… 😆

    mari berbagai? maksudnya berbagi jomblo…???? 🙂

  23. 24 Persiapan Agustus 3, 2007 pukul 9:38 pm

    Numpang 😆 nyaari partisipan!

  24. 25 sagung Agustus 3, 2007 pukul 10:37 pm

    Untuk semua blogwati
    Dari Blogwan
    Pesan : Salam hangat

  25. 26 sibermedik Agustus 3, 2007 pukul 10:58 pm

    just kidding tapi serius…

  26. 27 echox Agustus 3, 2007 pukul 11:01 pm

    hai,,,,,
    lam knal ya,,,

  27. 28 cakmoki Agustus 3, 2007 pukul 11:27 pm

    @ Luna Moonfang,
    waduh, kenapa Teh, kejatuhan banner?
    sama-sama, tengkyu juga

    @ nayla zahra,
    gengsi ? … peluk lagi, peluk lagi, peluuukkk … sampai gak bisa nolak.

    @ peyek,
    yo kuwi cak. Saya punya teman wanita, bilangnya gak wawuh sama suaminya, eee … gak lama kemudian hamil, koq bisa ya?

    @ telmark,
    hehehe, lagi belajar ngegosip pak, asyik. Biro jodoh gak berani deh, ntar kalo salah pilih jad sasaran lemparan piring

    nge tb? apa itu … hehehe maaf, saya masih oon istilah-istilah blogger

    @ Sibermedik,
    ehm ehm, bener nih ?
    Ati-ati dikeroyok cewek lho …

    @ Gies,
    ooo, seneng style halus rupanya
    eh, tapi bisa gk?
    Bisa !!! Contohnya adalah … ehm *siyul-siyul dengan rasa bangga*

    @ venus,
    bisaaaaaa !!! Gak berkata keras aja harus bisa 😉 ehm. Kalo lempar sarung ?

    @ cK,
    halah, itu coklat apa gethuk sih ? ahh iya gethuk.

    @ mina,
    ini surat dari saya untuk saya koq, hahaha

    @ omsulis,
    opo gak ditendang Om?

    @ santribuntet,
    Nuraini ya pak … weh itu tetangga saya lho
    yang jomblo ga berani berbagi, masih malu-malu. Sy jurusan mantan jomblo, hehehe

    @ Persiapan,
    boleh, silahkan

    @ sagung,
    Gitu dong, ini baru sapaan simpatik

    @ sibermedik,
    just kidding poll, je 😆

    @ echox,
    hai, iya … lam kenal, tengkyu
    linknya mana nih …

  28. 29 wulan Agustus 4, 2007 pukul 12:30 am

    Bentak gak boleh.
    Nuding gak boleh.
    Misuh gak boleh.
    Diem juga gak boleh….apalagi piring terbang.

    terus kalau marah enaknya gimana ekspresinya Cak?
    *bingung mode*

  29. 30 cakmoki Agustus 4, 2007 pukul 12:58 am

    @ wulan,

    gak boleh ini itu… dll … terus kalau marah enaknya gimana ekspresinya Cak?

    Jawab: kelonan, uenak tenan … hahaha

    eh, yg bilang “mendiemkan” bukan saya lho, mbak itikkecil tuh, maksudnya jangan sampai gak wawuh (tidak bertegur sapa) berkepanjangan 😀

  30. 31 cakmoki Agustus 4, 2007 pukul 1:04 am

    @ GuM,
    sori bos, ketangkep akismet, kebanyaken “plakk” kali 😆
    iya, tak do’aken dapet istri nan lembut “plik-pluk-plek”
    Atau beli pengaman anti “plak-plak-plak” untuk jaga-jaga, hahaha

  31. 32 GuM Agustus 4, 2007 pukul 1:26 am

    gini aja, pak. khusus komen dari saya, jangan dianggep s3p4m 😀
    kidding, have a nice wiken, pak

  32. 33 - GuM - Agustus 4, 2007 pukul 1:27 am

    hiks.. kayaknya udah terlanjur ke-blacklist ya, pak T_T

  33. 34 Neo Forty-Nine Agustus 4, 2007 pukul 11:10 am

    Postingan yang bernilai info luar biasa….

  34. 35 cakmoki Agustus 4, 2007 pukul 3:46 pm

    @ GuM,
    Gak di blacklist koq, salah setting or sebab lain yg belum sy etahui. Ok ntar tak allow deh
    Maaf ya

    @ Neo Forty-Nine,
    moga berguna (kelak, jangan lama-lama 😛 )

  35. 36 Takodok! Agustus 4, 2007 pukul 7:47 pm

    Takodok cinta damai! *hasyyah, gak nyambung* :mrgreen:

    Gitu ya, cak? Eh, tapi ortu saya kalo lagi marahan, diem2an lho. Tapi gak lama, senbentar kemudian udah teguran lagi.

    Tapi, thx deh cak. Berguna kok 😀

  36. 37 ndarualqaz Agustus 4, 2007 pukul 8:30 pm

    hoaaaaaaaa…
    cak……
    doakan sayaaaaa……
    sesegera mungkin……..
    melepas status jomblo…….
    dan………..
    berganti status……..
    jadi seorang ………
    suami………
    dari seorang………
    wanita cantik…….
    lagi sholehah………
    amin……….

    hehehe, nyoba koment gaya baru *plakkkk* toss dulu pak, makasih atas sarannya

  37. 38 cakmoki Agustus 5, 2007 pukul 2:56 am

    @ Takodok!,
    takodok cinta dmai … percaya Des 😛
    Ntar kalo dah waktunya, moga gak diem-dieman …
    Ada juga sih yg katanya dieman tapi pelukan sambil senyum … hahaha

    @ ndarualqaz,
    hahaha, komen gaya puisi nih … tosss
    Saya ikut mendo’akan: Moga terkabul apa yg diinginkan …
    …amin…

  38. 39 Yari NK Agustus 11, 2007 pukul 2:24 pm

    Ini berlaku buat mereka yang udah cerai tapi mau balik lagi, nggak ya? 😕

  39. 40 cakmoki Agustus 11, 2007 pukul 5:39 pm

    @ Yari NK,
    berlaku juga kali Pak, terutama yg gak lempar piring … hahaha

  40. 41 Lily Agustus 13, 2007 pukul 1:35 pm

    *tarik napas panjang.. lepaaaasss…* :sigh:

    Jadi ngerasa bahwa saya masih suka emosian,
    gak tahan sama kelakuan pasangan yg ‘nggemesin’ (dalam arti yg negatif, for example: tidak kooperatif dalam pekerjaan rumah tangga <– ini kan bukan cuma kerjaan pihak perempuan.. ;)), apalagi klo kelakuannya itu dilakukan di malam hari setelah pulang kantor (lagi BT dan sensitif bgt, cape soalnya.. ;p).

    *jadi curhat nih*

    Yah, semoga pasangan gak kelewat ngeselin, jadi bisa sabar juga, hehehe.. ;p

  41. 42 Mrs. Neo Forty-Nine Agustus 13, 2007 pukul 6:41 pm

    ahem…
    saya emang imudz dan bijak emang…

  42. 43 Mrs. Neo Forty-Nine Agustus 13, 2007 pukul 6:52 pm

    Lha, kalo di bentak istri gimana dong ? … modal senyum lalu peluk, gitu aja koq repot

    ah, jadi malu…
    Farid kalo lagi marah kayak gitu lho Cak…
    🙂

  43. 44 fertobhades Agustus 14, 2007 pukul 2:16 am

    hehehehe…. sepertinya nasehat yang sangat berguna…

    Tapi buat saya kebalikan cak. Kalau saya lagi marah biasanya diam, sementara kalau pacar saya marah biasanya ekspresif. 😉 Tapi dua-duanya sama-sama maut…

  44. 45 cakmoki Agustus 14, 2007 pukul 2:30 am

    @ Lily,
    hehehe, biasalah mbak, penyakit laki-laki .. naruh baju seenaknya, nyapu gak mau, ngepel apalagi *buka rahasia kaum sendiri*
    kalo nggemesin sih gak papa mbak, kan tambah asyik … beda kalo menjengkelkan, hahaha

    @ Mrs. Neo Forty-Nine,
    hihihi, … bener nih? … ehm ehm sip Wi

    @ fertobhades,
    hah … sama-sama maut ?
    asyik tuh … maksudnya pelukan maut kan ? 😆

  45. 46 Lily Agustus 14, 2007 pukul 10:02 am

    Iya tuh.. *roll*

    Pulang2 belum mandi ataupun sekedar cuci kaki langsung rebahan, sikat gigi males, abis makan peralatannya ditinggal gtu aja, dan sebagainya.. dan sebagainya…
    (curhat mode ON.. ;p)

    Kadang2 punya pasangan itu berasa ngurusin anak umur 5 tahun.. ;p

  46. 47 calonorangtenarsedunia Agustus 14, 2007 pukul 11:40 am

    ketinggalaaaan…

    pengen cepet2 nikah biar bisa praktekin pesen Cak Dokter!

    *celingak-celinguk cari sukarelawan untuk dinikahi*

  47. 48 nrkhlsmjd Agustus 14, 2007 pukul 2:32 pm

    pengen juga…
    *celingak celinguk car sukarelawati yg pengen di nikahi*
    hehe.. 😀

  48. 49 nrkhlsmjd Agustus 14, 2007 pukul 2:32 pm

    pengen juga…
    *celingak celinguk cari sukarelawati yg pengen di nikahi*
    hehe.. 😀

  49. 50 deKing Agustus 14, 2007 pukul 6:38 pm

    Kok kalau maslaah ginian laris banget ya…
    Gimana kalau buat blog baru Cak?
    http://www.kontakjodoh.wordpress.com

  50. 51 deKing Agustus 14, 2007 pukul 7:14 pm

    *celingak-celinguk cari sukarelawan untuk dinikahi*

    Aduch itu Hana kok ngelirik saya sejak tadi 😀
    Sssstt Cak, pinjam kacamatanya dunk biar gak kelihatan kalau lagi ngelirik cewek gak silau dan tambah keren

  51. 52 cK Agustus 14, 2007 pukul 7:31 pm

    yang jomblo, daftar disini aja 😀

  52. 53 nrkhlsmjd Agustus 14, 2007 pukul 8:29 pm

    @deking
    “Gimana kalau buat blog baru Cak?
    http://www.kontakjodoh.wordpress.com

    jangan….ntar narji ngamuk2 acaranya di copy 😀

  53. 54 calonorangtenarsedunia Agustus 14, 2007 pukul 9:57 pm

    @pak De
    aku ngelirik2 soalnya heran..mbah deking kok blm nikah2 juga..

  54. 55 cakmoki Agustus 15, 2007 pukul 3:25 am

    @ Lily,
    Hihihi, asyik dong mbak ngurusi anak 5 tahun, bisa digemesi, ditowel-towel, diapain aja deh … 😉
    Saya pingin bikin postingan seputar kebiasaan jelek para suami, cuman gak tega mbak, solidaritas lelaki 😀

    @ calonorangtenarsedunia,
    Yang mana Han … Dinikahi, Hana mo menikahi ? wiiih dah gemes ya

    @ nrkhlsmjd,
    ya udah, pilih yang mana ? Wanita yg komen gadis semua *tuiiing*

    @ deKing,
    Saya juga heran, tulisan ga genah gini malah ramai. Kali dikira pasang skrinsyut jomblo ala Bollywood 😛

    Kontak Jodoh ? boleh … mas ari jadi Bos-nya … hahaha

    Hihihi, iya tuh, Hana ngelirik mas ari terus. Kacamata yg ini bisa dipinjem koq, tapi tembus pandang lho, … tahan gak ? :mrgreen:

    @ cK,
    Hehehe, si eneng lagi promo panti. Di situ jadi direktur ya neng? 😛

  55. 56 sezsy Agustus 15, 2007 pukul 11:13 am

    sing gelut…
    sing gelut… 😀

  56. 57 cakmoki Agustus 15, 2007 pukul 11:34 am

    @ sezsy,
    Sing gelut gak usah dipisah, biarkan gelut … 😆

  57. 58 xwoman Agustus 16, 2007 pukul 11:21 am

    aku kok baru baca ini ya??? ketinggalan banget 😀

    maaf ya cak, karena belakangan ini aku jarang muncul di blogsphere baik komen apalagi posting udah ketauan dari dulu :mrgreen:
    selain karena tidak ada waktu juga kok ping nya ga ada yang masuk satupun yach 😕

    tapi cak kayaknya klo mau ribut maen pecah2in piring, kita harus sedia barang2 murah aja kali ya 😆
    oh iya sebenarnya cakmoki ini usianya berapa tahun ya? 17™, 18™, atau 22™?

  58. 59 cakmoki Agustus 16, 2007 pukul 1:26 pm

    @ xwoman,
    iya, kami maklum koq. 😉

    bener kali, beli yang murah aja (bagi yang hobi lempar 🙄 ), yang mahal disimpan biar ga pecah

    usia saya 22 ™ lebih *dikit* 😆

  59. 60 funkshit Agustus 24, 2007 pukul 6:29 pm

    22 lebih dikit ?
    wah tak kira 21 lebih dikit .. .
    cahmoki86.. kirain lahirnya taun 86 😀

  60. 61 jejakpena Januari 11, 2008 pukul 2:18 pm

    *bingung kok pingback nya baru masuk sekarang ya Cak*

    Wehehehe, terima kasih atas suratnya… :mrgreen:

  61. 62 cakmoki Januari 12, 2008 pukul 12:56 am

    @ funkshit:
    duhh kenapa baru buka ini ya, sorry … 86 itu pas lulus TK 😆

    @ jejakpena:
    waduhh, maaf bmak JePe, tadi malam ceritanya edit “align” yg aslinya “justify” saya jadikan “left” trus sekalian ngisi “tag”, gak tahunya ulah saya bikin nyasar pink ya … maaf ..maaf 🙂


  1. 1 Telmark. Lacak balik pada Agustus 3, 2007 pukul 2:13 pm
  2. 2 Panti Jomblo « cK stuff Lacak balik pada Agustus 13, 2007 pukul 10:01 am
  3. 3 Aku lagi kesel sama kamu, Sayang… « Siwi’s Personal Website Lacak balik pada Agustus 14, 2007 pukul 1:05 am
  4. 4 Obrolan Mantan Jomblo « cakmoki Blog Lacak balik pada Agustus 19, 2007 pukul 12:45 am
  5. 5 Sisi Lain Layanan Medis « cakmoki Blog Lacak balik pada September 10, 2007 pukul 4:04 am
  6. 6 Ketat ala Akism3t « cakmoki Blog Lacak balik pada Januari 11, 2008 pukul 3:04 am
  7. 7 Editing Menuai Ping « cakmoki Blog Lacak balik pada Januari 12, 2008 pukul 1:59 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

No Korupsi

Internet Sehat

Translator

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,378,163 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters

Translate


%d blogger menyukai ini: