Crit

Bisik-bisik di balik ruang periksa

Peringatan !!!
Maaf, posting ini tidak bicara bok3p, bukan pula sex education. Kendati berjudul “crit” tak akan ditemukan adegan crat-crit-crut. So, murni tulisan keseharian yang berhubungan dengan kesehatan (dikit).

Sebulan terakhir ini di daerah kami kerap turun hujan, berkabut, dingin. Anak sekolah, para pekerja, penjual dan pengunjung pasar mau tak mau sering berurusan dengan hujan. Alhasil penyakit batukpun meningkat. Sebagian batuk ringan dan sembuh sendiri, sebagian penderita asma yang kambuh, sebagian lagi batuk kenceng berminggu-minggu.

Batuk kenceng ? Ya iya lah, itu lho batuk ngiklik sambung menyambung sampai njengking (nungging, red*) dan berlangsung lebih seminggu, kadang 2 minggu, 3 minggu bahkan lebih. Adakalanya diikuti tenggorokan gatal, rasa penuh di dada, ampek, sesak.

Yang akan kita bahas bukan masalah batuknya, melainkan dampak ikutan lantaran batuk berkepanjangan. Apa gerangan ?

Beberapa wanita berumur yang kebetulan menderita batuk bekepanjangan, acapkali dengan santainya mengatakan: ” saya batuk sudah 2 minggu lebih, saking kerasnya batuk sampai terkencing-kencing “. Yang dimaksud terkencing-kencing ( kepuyuh-puyuh: bhs jawa.red) tentu bukan ngompol. Bilangnya hanya ” CRIT “.

Mungkin kalau agak banyak berbunyi ” serrr ” . Mungkin lho, mau nanya sungkan. 😛

Kejadian ini wajar. Dialog ringan di atas biasanya berujung tanya, mengapa ?

Pertama: pada saat batuk berkepanjangan atau batuk keras, tekanan rongga dada (thoraks) meningkat sehingga tekanan tersebut mendorong ke atas dan ke bawah. Dorongan ke atas keluar bersama batuk sedangkan ke bawah akan menekan rongga perut (abdomen) dan terus ke bawah menekan kandung kencing. Nah tekanan pada kandung kencing inilah yang menyebabkan keluarnya air kecing, criiittt.
Pada wanita berumur lebih sering terjadi crit lantaran otot-ototnya mulai kendor. Kadang wanita muda juga mengalami crit jika batuknya kenceng banget. 😛

Kedua: criittt pada batuk kenceng, biasa dialami wanita karena saluran kencing dari kandung kencing ke ujungnya (urethra) pendek dan lurus. Berbeda dengan pria yang yang tidak mengalami crit karena saluran kencingnya (uretha) panjang dan berliku. Koq lebih panjang ? Iya lah, kan urethra (saluran kencing dari kandung kencing ke ujungnya) pria mengikuti “p3nisun” (p3nisun=p3nis ukuran jumbo, red. konfs dini hari).

Kedua alasan itulah yang menjelaskan mengapa batuk kenceng pada wanita bisa diiringi “crit“. ( bagi yang gak crit santai aja honey, gak perlu protes 😛 )

Catatan: skrinsyut silahkan menghubungi (diam-diam) mas tukang banner. Sedangkan diskripsi panjang pendek dipersilahkan bertanya kepada ahlinya. (rumus matematik)

technorati tags:, ,

Blogged with Flock

Iklan

27 Responses to “Crit”


  1. 1 starflake Juli 24, 2007 pukul 1:54 pm

    kalo ketawa sampe kepuyuh2 berarti sama juga dong cak??

  2. 2 chielicious Juli 24, 2007 pukul 4:53 pm

    “Kadang wanita muda juga mengalami crit jika batuknya kenceng banget. ”

    hmm..Emang laki2 gak pernah ya cak?

  3. 3 Kang Kombor Juli 24, 2007 pukul 8:11 pm

    Perasaan bunyi kencing karena batuk itu cret deh, bukan crit. Kalau yang atu … yang itu loh… bukan pakai e, i atau u tapi pakai o.

  4. 4 cakmoki Juli 24, 2007 pukul 11:26 pm

    @ starflake,
    Sama. Kalo di kantor kepuyuh-puyuh piye ? Ntar kapan-kapan tanya ke audien kantoran ah

    Chieliciuos,
    Ada yg pernah dong Chie, dikit hehehe
    Adj juga yg katanya “ngimpi” kecing gak tahunya ngompol 😛

    Kang Kombor,
    cret … kayak suara kecepit
    …yang atu ak erani … kalo pakai u atau o ntar kita disambit apa mbak di atas 🙄

  5. 5 deKing Juli 25, 2007 pukul 2:26 am

    Wah seharian baru nyentuh komputer nich…sekali masuk kok lihat judul bagus aneh… simpel dan menarik.
    Cak tapi yg keluar memang benar2 urine ya atau mungkin cairan yg lain 😀

    (p3nisun=p3nis ukuran jumbo, red. konfs dini hari).

    Waduch…konferensi apaan tuch kok membahas gituan?
    Mmmmm pasti audiensnya orang2 muda (22™) yg kritis dan penuh semangat…
    Bersyukurlah bangsa ini jika masih ada generasi muda seperti itu…

  6. 6 mei Juli 25, 2007 pukul 9:28 am

    walah..tak pikir opo(ngeresmodeon)

  7. 7 Lina Inverse Juli 25, 2007 pukul 10:50 am

    hihihihi…*tersenyum simpul* – halah, tali kali disimpul2

  8. 8 Luna Moonfang Juli 25, 2007 pukul 11:01 am

    Lho ada Lina Inverse … !?!?!?!

    sorry OOT cak … kaget ada Lina soalnya … 😆

  9. 9 cakmoki Juli 25, 2007 pukul 1:33 pm

    @ deKing,

    Cak tapi yg keluar memang benar2 urine ya atau mungkin cairan yg lain

    nah yang ini saya lupa nanya. Maskudnya ‘cairan lain” apa sih? … iler ya …? *mikir, padahal iler di atas*

    iya, konfs dini hari … ntar kapan-kapan saya ajak mau ? Asyik lho, bincang bareng generasi 22™, kecuali saya overload 2 tahun ™ 😛

    @ mei,
    hahaha, ketahuan nih 😛

    @ Lina Inverse,
    eh? … kenapa mbak, pernah dengar ? *mau bilang cocok gak wani*

    @ Luna Moonfang,
    Masih besodara ama lina ya Teh … 😀

  10. 10 aLe Juli 26, 2007 pukul 12:20 pm

    hehe.. kadung ngeres duluan.. ternyata ada perngatannya 😀
    owh.. jadi begitu toh asal usul ‘critt’ itu 😛

  11. 11 miskan Juli 26, 2007 pukul 2:45 pm

    oo gitu tho proses critnya 😀

    Cak ta’ add yo blongnya di blogku

    blom disetujuin ta’ add duluan 🙂

  12. 12 cakmoki Juli 26, 2007 pukul 3:38 pm

    @ aLe,
    hahaha, kalo “crut” baru tulisan syur 😆

    @ miskan,
    silahkan mas, santai aja, gak perlu ijin-ijinan *tosss*
    eh, link-nya koq gak ada mas

  13. 13 miskan Juli 27, 2007 pukul 7:50 am

    udah ta’ link cak….dah ada kok di linkku, tengkyu……

  14. 14 nayla zahra Juli 27, 2007 pukul 4:36 pm

    hmmm saya juga gi batuk yang “crit” nih.. heheheh

  15. 15 cakmoki Juli 28, 2007 pukul 2:48 am

    @ miskan,
    ok sip

    @ nayla zahra,
    hihihi, bisik-bisik aja deh 😀

  16. 16 aRuL Juli 29, 2007 pukul 4:19 am

    hahaha ketawa baca

    (p3nisun=p3nis ukuran jumbo, red. konfs dini hari).

    beneran dimasukkin postingan cak…
    hahahaha *mengingat conf tu hari jadi pengen tertawa terbahak2*

  17. 17 cakmoki Juli 29, 2007 pukul 5:01 am

    @ aRuL,
    postingan ini bukan termasuk pembunuhan penulisan terencana lho, … terinspirasi konf tempo hari trus dihubungkan dengan kejadian sehari-hari.
    Gak bikin juga ? … bisa tuh dikaitkan dengan teknik *kebayang ngakak duluan* 😀

  18. 18 niar-kun Juli 29, 2007 pukul 2:11 pm

    pak, dulu koq pas kecil, digelitikin terus-terusan koq bisa ngecrit ya…. padahal diriku laki..?????

  19. 19 cakmoki Juli 29, 2007 pukul 2:40 pm

    @ niar-kun,
    kalo digelitikin mah, laki perempuan sama-sama ngecrit… 😀
    digelitikin setelah besar, bunyinya beda … hahaha

  20. 20 oWner'cute Juli 30, 2007 pukul 11:37 am

    @ cakmoki2aLe : hahaha, kalo “crut” baru tulisan syur.

    weks 😛 klo gt kpn2 buat yg sryur aja ya oM 😀

  21. 21 cakmoki Juli 30, 2007 pukul 12:50 pm

    @ oWner’cute,
    gantian bikin dong 😛 saya jangan kebagian yang syur … hehehe
    mau bikin ?

  22. 22 Lily Agustus 1, 2007 pukul 8:43 am

    Oh gtu.. *rolleyes*
    Aku klo batuk blom pernah sampe nge-criitt sih, berarti otot2nya belum kendor ya.. hehehe.. 😉

    Klo ketawa-tawa ngakak sampe kencing itu artinya kendor juga gak Cak? ;p *pernah sih* ;p

  23. 23 superkecil Agustus 1, 2007 pukul 12:44 pm

    ehm…
    Crit ntu panggilan sayang saia buat sohib saia…
    kok artinya kaya’ gini?????

    :mrgreen:

  24. 24 cakmoki Agustus 1, 2007 pukul 2:25 pm

    @ Lily,
    … ketawa nge-crit gak pp, bukan berarti kendor, kekencengen ketawanya kali 😆

    @ superkecil,
    hahaha, ganti panggilan dong, atau biarkan gitu … ntar sohib kasih tau kalo crit itu artinya ngompil dikit 😛

  25. 25 sri handayani Mei 7, 2011 pukul 2:59 pm

    cak, ibu saya batuk hingga trepuyuh2..sudah 1 bulan ini. bagaimanacara mengobatinya?
    terima kasih..

  26. 26 cakmoki Mei 7, 2011 pukul 3:36 pm

    @ sri handayani:
    Mengobatinya bergantung pada keluhan dan riwayat pengobatannya. Kalo boleh tahu, sudah menggunakan obat apa aja dari dokter ? dan apakah ada sesak atau berat bernafas ?


  1. 1 Lucu aja « cakmoki Blog Lacak balik pada Januari 11, 2008 pukul 2:46 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,343,886 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: