Pria Bersolek

Tulisan ringan ini terinspirasi ketika beberapa waktu lalu baca majalah yang isinya membongkar dandanan di laci para pria

:: :: Bersolek ala pria :: ::.
Eit ntar dulu, maksud bersolek pada postingan ini lebih kepada penampilan pria, bukan bersolek seperti para gadis, atau berdandan ala ibu yang sedang demo masak. Tidak pula berhubungan dengan tips untuk para pedandan. Artinya, tidak berhubungan dengan lipstick, bedak, pemerah pipi, maskara dan sejenisnya.

Pada dasarnya, disadari ataupun tidak (mosok gak disadari sih) priapun ingin tampil oke, nampak rapi, wangi dan enak dipandang. Urusan bersolek tampil oke ala pria nampaknya tidak mengenal strata sosial (rata-rata). Terbukti ketika beberapa kali kelayapan ke ujung desa nun jauh dari keramaian untuk mengunjungi para kenalan yang rata-rata petani, tak urung tuan rumah berganti pakaian, merapikan rambut saat didatangi. Kadang ada juga sih yang tetap kathokan kolor dan bertelanjang dada saat kedatangan tamu, namun jumlahnya tidak banyak. Demikian pula para jomblo kos-kosan, walaupun kiriman telat tetap berusaha tampil rapi ketika pul-kumpul bersama teman, apalagi kalau kedatangan penghuni asrama putri si jantung hati πŸ˜›

Untuk menunjang dandanan penampilan tak urung para pria mengoleksi berbagai make-up peralatan dandan. Tak terasa (kadang ada yang niat banget) macam-macam penunjang penampilan dari ujung kepala hingga ujung kaki berserakan tersusun rapi di lemari. Mungkin gak semua ada, setidaknya tersedia peralatan dandan sebagian dari ujung rambut sampau ujung kaki.
Gak percaya ? Mari kita bongkar-bongar dandanan pria.

:: :: MENENGOK DAPUR DANDANAN PRIA :: ::

  • Kepala dan leher: Biasanya para pria memiliki berbagai jenis penutup kepala, kaca mata gelap untuk ngelirik pelindung sinar matahari, syal, dan lain-lain.
  • Badan (Pakaian): wow, banyak banget kalo dirinci, jas, kemeja, T-shirt, kaos, kaos singlet, ikat pinggang, celana panjang, celana pendek, popok celana sangat pendek πŸ˜‰ , sarung (praktis, isis dan demokratis) dan masih banyak lagi.
  • Anggota badan: arloji, kaos tangan kulit untuk ngetrek, kaos kaki, sepatu, sandal, entah apa lagi saking banyaknya (katanya sih).
  • Asesori lain: macam-macam juga nih, mulai minyak goreng rambut, deodorant, wewangian, pelembab, lotion, pasta gigi, sikat gigi, cairan kumur, handuk wajah, handuk badan, handuk bawah perut dan … embuh apa lagi. Wajarlah, kita gak mau bau kaki atau produksi aroma tak sedap menyebar dari tubuh kita.

Tulisan ini tidak bermaksud mengatur, bukan sodara-sodara … ini sekedar napak tilas dandanan pria. Sepintas tidak penting, wong sudah menjadi bagian dari keseharian sebagian pria.
Adakalanya menjadi sangat penting ketika para pria akan bepergian beberapa lama. Sebagian ada yang biasa-biasa, sebagian lainnya ada yang perlu mencatat pernik-pernik tersebut sebagai kelengkapan saat jauh dari rumah.

Bagi para pria yang sudah punya pasangan atau calon pasangan lebih enak dibanding sebelum punya pasangan lantaran ada yang ikut milihkan atau setidaknya memberi pandangan tentang dandanan pria. Mungkin masalah warna, cita rasa, kepantasan dan lainnya.
Apapun pilihan dandanan (tergantung keyakinan masing-masing), sedapat mungkin memilih yang aman bagi tubuh kita dan masih dalam batas kepatutan. *loh, bilang gak ngatur cak, koq masih ada pesan*

Nah sekarang saatnya berbagi.
Kepada: ibu-ibu, tante, mbak, adik-adik dan teman-teman wanita ataupun para gadis, ada saran dan tips untuk kami para pria ?

:: :: postingan super santai :: ::

Iklan

40 Responses to “Pria Bersolek”


  1. 1 Joerig Juni 21, 2007 pukul 10:13 am

    fenomena metroseksual … πŸ™‚

  2. 2 elpalimbani Juni 21, 2007 pukul 11:16 am

    Re : Kepada: ibu-ibu, tante, mbak, adik-adik dan teman-teman wanita ataupun para gadis, ada saran dan tips untuk kami para pria ? please… ?! πŸ™‚

  3. 3 cK Juni 21, 2007 pukul 12:02 pm

    saran: beli majalah pria
    wakakakakkk πŸ˜†

  4. 4 TakodokSuperGila! Juni 21, 2007 pukul 12:12 pm

    Kepada: ibu-ibu, tante, mbak, adik-adik dan teman-teman wanita ataupun para gadis, ada saran dan tips untuk kami para pria ?

    Errr…itu. Kalo pake parfum jangan sebotol, beberapa semprot saja. Bukannya apa2, bisa bikin pingsan! :mrgreen:

  5. 5 Qeong Ungu Juni 21, 2007 pukul 12:20 pm

    Buat para pria, kadang ga ngerasa kalo dandanannya itu melebih dosis, bukan dari yg tampak..tapi dr yg teraromakan (hihihi..). Misalnya..rambut udah pake ‘wax’ yg beraroma menyengat. Saking semangatnya ga peduli jumlah, trus deodorannya yg ‘tabrakan’ ama aroma badan, bukannya yg menetralisir. Make minyak wangi pula, meski cuman crut..crut..sedikit tapi kalo baunya yg keras kan klenger juga. Yg parah ya hasil perpaduannya…wuihh…medeni. Tapi kebanyakan pria ga merasa karena baginya toh dandanannya tidak ‘seheboh’ cewe. Padahal cewe yg risi tuh keliatan banget lho, umumnya rasa tidak suka cewe itu lebih gampang diperlihatkan soalnya ga pinter nyembunyiin ga kaya’ cowo. Jadi kalo ada yg geser t4 duduk sambil mesam mesem..berarti ada yg ga beres tuh (haha). So…..be carefull maaaannn….

  6. 6 koecing Juni 21, 2007 pukul 1:16 pm

    :: :: MENENGOK DAPUR DANDANAN PRIA :: ::

    ternyata g’beda jauh ma cewek ya.. :mrgreen:

  7. 7 cakmoki Juni 21, 2007 pukul 1:42 pm

    @ joerig,
    yang ndeso β„’ boleh juga kan, biar keliatan metroseksual πŸ˜‰

    @ elpalimbani,
    ok, kita tunggu sabda para wanita …

    @ cK,
    udah beli tuh, hapal luar kepala. Eh itu kan sudut pandang pria, advisnya … advisnya dong πŸ˜› *menunggu sabda selanjutnya*

    @ TakodokSuperGila!,
    siap non, nasehat diperhatikan. *manggut-manggut*
    Halo temen cowok, ada kabar gembira nih, … hehehe

    @ Qeong Ungu,
    sip, tengkyu … tengkyu advisnya. Oh sy baru tahu, kalo duduknya nggeser-nggeser sambil mesem berarti baunya menyengat ya …
    Kalo geser mendekat berarti dosisnya udah pas, asyik *bletakkk*

  8. 8 arya Juni 21, 2007 pukul 1:48 pm

    @chika
    wah chik, kalo beli majalah pria, adanya saran utk pakai pakaian2 yg harga sepotongnya 600 rebu-4 juta. gmn dong dgn saya pria yg ganteng tp berkantong kere ini? b-)

  9. 9 cakmoki Juni 21, 2007 pukul 1:50 pm

    @ koecing,
    masa sih, coba buka tasnya ntar kita cocokkan, hehehe
    Ada saran?

  10. 10 chielicious Juni 21, 2007 pukul 2:37 pm

    ” Asesori lain: macam-macam juga nih, mulai minyak goreng rambut, deodorant, wewangian, pelembab, lotion, pasta gigi, sikat gigi, cairan kumur, handuk wajah, handuk badan, handuk bawah perut dan … embuh apa lagi. Wajarlah, kita gak mau bau kaki atau produksi aroma tak sedap menyebar dari tubuh kita.”

    Klo handuk ama pasta gigi itu kayaknya bukan aksesoris deh cak..tapi memang keharusan aja πŸ˜€

    Jadi inget si aa baru dari salon habis di smoothing rambutnya huehueheuh.. temen2 saya juga dari jaman saya smu udah banyak yang mulai pake pemutih wajah .. πŸ˜€ yang ke salon ngewarnain rambut dll huehueh..

  11. 11 n0vri Juni 21, 2007 pukul 2:38 pm

    Pendapat sesama pria nih, Cak:

    Ada enak dan gak enaknya setelah punya pasangan. Enaknya seperti Cak Moki bilang di atas, ada yang kasih masukan atau bahkan memilihkan. Tapi ada juga gak enaknya, dulu waktu sendiri masalah bujet nyaris gak jd konsiderans, kalo emang suka dan uangnya (dianggap) ada, ya beli aja, lha kalo sekarang, begitu harganya dianggap “menteri keuangan” gak masuk akal, langsung diprotes πŸ˜€ Tapi inipun ada hikmahnya, sekarang saya bisa nemu toko pakaian langganan yang modelnya gak paaran dan harganya ramah-kantong πŸ˜€

    Waktu awal-awal setelah nikah, mau ke kantor istri sih ikut bantuin nyiapin pakaian, tapi justru yang ada debat kusir, karena selera mix-n-match nya beda, apalagi saya cenderung konservatif yang maunya warna kalem (kan saya kerja dlm industri yang konservatif dlm urusan berpakaian). Akhirnya sekarang balik lagi, siapin sendiri, cocokin sendiri…

    buat Qeongungu,
    fenomena ancur-ancuran begitu gak monopoli pria kok, artinya cewek juga banyak. Malah kalo cowok, biasanya temen-temennya sesama cowok lebih mudah untuk jujur dan bilang kalo ada “semerbak yang bertabrakan”.

    sorry cak, komennya banyak banget :p

  12. 12 cK Juni 21, 2007 pukul 4:13 pm

    hhmm…apa ya?? yang pasti pake deodorant biar ga bau. terus ga usah pake foundation segala. saya punya teman pria, kemana-mana pake foundation (alas bedak), jadi mukanya tebel gitu. kayak mo ngelenong wakakkakakk… saya sampe kalah putih = =!

    @ arya
    ya sudah. nanti kamu aja yang bikin majalah pria, dengan fashion yang harganya notabene dibawah seratus ribu πŸ˜›

    gmn dong dgn saya pria yg ganteng tp berkantong kere ini? b-)

    😯 apa? hah? Hah?! HAH?!?! πŸ‘Ώ

  13. 13 jejakpena Juni 21, 2007 pukul 4:28 pm

    Hmmm… gitu ya ?
    *polos*
    Ya deh, asal tidak berlebihan aja penampilannya, kalau sampai bermake up kaya kata cK, yang lihat juga kaget pasti. Bersih dan rapi, nyaman liatnya ^^;

  14. 14 juliach Juni 21, 2007 pukul 5:27 pm

    Ngak jadi masalah pria bau wangi & rapi. Aku sendiri yg potong rambutnya Zo & membeli parfum untuknya. Memilih warna baju sesuai musim, dll.

    Tapi dia tidak boleh pakai kamar mandiku berjam-jam utk maskeran, mandi berendam & epilasi.

    Untungnya dia tidak begitu.

  15. 15 triesti Juni 21, 2007 pukul 7:31 pm

    Pakailah SUNBLOCK. mencegah kerusakan kulit & kanker, apa lagi kulit yg berwarna.. biasanya ketauan kankernya sudah stadium lanjut.

    ke dokter gigi min. 1 tahun sekali untuk dibersihkan. jangan lupa sikat lidah biar tidak halitosis.

    segala bulu(kumis, jenggot, alis) rapih.. tapi juga liat2.. ngapain piara kumis atau jenggot kalau tumbuh segan mati tak mau. nyolok mati yg liat!

  16. 16 telmark Juni 21, 2007 pukul 8:44 pm

    100% benar. (ngerasa juga sih…)

  17. 17 Fa Juni 21, 2007 pukul 9:08 pm

    “Bagi para pria yang sudah punya pasangan atau calon pasangan lebih enak dibanding sebelum punya pasangan lantaran ada yang ikut milihkan atau setidaknya memberi pandangan tentang dandanan pria. Mungkin masalah warna, cita rasa, kepantasan dan lainnya.” >>> pengalaman pribadi ya Cak? hehehe

    saran: klo nyukur (jenggot dan kumis lho) jgn terlalu bersih deh, kan kliatan lebih keren klo masih ada sisa2 dikit gituw :”> soalnya muka cowok klo terlalu mulus kok kayak kurang pantes *hihihi, selera pribadi lho*

  18. 18 peyek Juni 21, 2007 pukul 10:59 pm

    Ah … enggak cak! istri takut tersaingi!

  19. 19 cakmoki Juni 22, 2007 pukul 12:52 am

    wowww, hebat … banyak pelajaran nih *siyul-siyul mulai ngerekap*

    @ chielicious,

    Klo handuk ama pasta gigi itu kayaknya bukan aksesoris deh cak..tapi memang keharusan aja

    ah iya, trims … ntar diupdate πŸ™‚

    Anggaran salon bisa dipublish gak ?

    @ n0vri,

    lha kalo sekarang, begitu harganya dianggap β€œmenteri keuangan” gak masuk akal, langsung diprotes

    Syukurlah ada hikmahnya, kalo masih protes mungkin perlu senggol-senggol rayuan pulau kelapa, hehehe
    Ternyata “menteri keuangan” lebih berkuasa dibanding presiden πŸ™‚

    Sesama pria juga:
    Btw, saya juga termasuk konservatif pak, … oleh “menteri keuangan” masih disuruh pakai jeans, kemeja cerah, T-shirt cerah, serasa di bawah 20 tahun, hahaha

    @ cK,
    Foundation? baru denger cowok pakai itu ;))
    ok, siap pakai deodorant … kalo yg gak bau seperti saya berarti gak perlu kali ya πŸ˜›
    Sebenernya wanita suka sama wajah putih apa yg biasa sih? *polos*

    @ jejakpena,

    Bersih dan rapi, nyaman liatnya

    oh iya iya. Wangi dikit boleh gak ? πŸ˜‰

    @ juliach,

    Aku sendiri yg potong rambutnya Zo & membeli parfum untuknya. Memilih warna baju sesuai musim, dll.

    Uenaakkk tenaaannn πŸ™‚

    @ triesti,
    wah asyik, trims tambahan tips nya ya πŸ™‚

    segala bulu(kumis, jenggot, alis) rapih

    Semua bulu? … *siap-siap pakai cermin*

    @ telmark,
    πŸ™‚ pilihan ganda jawabnya E

    @ Fa,
    hehehe, tahu aja *tersipu*

    saran: klo nyukur (jenggot dan kumis lho) jgn terlalu bersih deh, kan kliatan lebih keren klo masih ada sisa2 dikit gituw

    oh gitu ya, tengkyu … bilangnya kalau kasar geli-geli, selera pribadi apa semua sih *nglirik yg lain sambil ngelus sisa jenggot*

    @ peyek,
    eh … Bukan termasuk Persuti (Persatuan Suami Takut Istri) kan? *guncang-guncang bahu cak peyek*

  20. 20 manusiasuper Juni 22, 2007 pukul 7:48 am

    Saya seh, sarungan is the best…

    Cukup sekali gerakan, ketutup semua…

  21. 21 cakmoki Juni 22, 2007 pukul 11:03 am

    @ manusiasuper,
    eh koq sama, kalo di rumah emang enak sarungan, katanya praktis, isis dan yang di dalam bisa demokratis, hahaha
    Hidup sarungan β„’

  22. 22 manusiasuper Juni 22, 2007 pukul 1:39 pm

    orang pinter, pake sarungβ„’…

  23. 23 ndarualqaz Juni 22, 2007 pukul 2:57 pm

    walah, saya pernah juga dapet julukan pesolek gunung, naik gunung masih sempet bawa hand and body lotion, facial wash, sisir, gel rambut, bahkan sampe shampo (padahal kalo udah di gunung, gak bakalan mandi, hihihi)

  24. 24 calonorangtenarsedunia Juni 22, 2007 pukul 10:56 pm

    jgn kewangian!! bikin pusiiing..kalo pake gel rambut jgn lupa keramaaaass…

  25. 25 cakmoki Juni 23, 2007 pukul 5:46 am

    @ manusiasuper,
    Sarungan pakai jas kadang keliatan keren juga ya, apalagi bawa laptop

    @ ndarualqaz,
    Halo Pesolek Gunung β„’ πŸ™‚ perlu bikin tutorialnya Mas. Tips tampil keren naik gunung, siapa tahu ketemu peri, hehehe

    @ calonorangtenarsedunia,
    eh iya iya, trims tipsnya tante, … kalo gak ada yg membauhi gimana tahu kewangian apa enggak?

  26. 26 anas Juni 23, 2007 pukul 8:14 pm

    Kalo saya jarang sarungan β„’ risih cak mossok anak muda kecil sarungan. Baru khitan apa ?

  27. 27 saRe' Juni 23, 2007 pukul 10:11 pm

    saran?? wadoooh, jadi bingung,.
    saRa aja kadang suka ga nyadar klo pria itu juga perlu berdandan,, haha πŸ˜€

  28. 28 cakmoki Juni 23, 2007 pukul 11:01 pm

    @ anas,
    iya sih, itu hanya soal selera koq πŸ™‚ Atau gini aja, kalo pas pingin sarungan tapi khawatir dikira khitan, pasang banner di depan pakai tulisan “sudah khitan”, kalo ada yg gak percaya, buka aja … beres

    @ saRa,
    coba deh lirak lirik temen cowok sambil mempertajam penciuman, siapa tahu ntar dapat inspirasi unttuk sara πŸ™‚

  29. 29 anas Juni 24, 2007 pukul 1:57 am

    Hush saru cak kekeke

  30. 30 cakmoki Juni 24, 2007 pukul 9:26 am

    @ anas,
    hahahaha hahaha hahaha, iya ya

  31. 31 starflake Juni 24, 2007 pukul 4:42 pm

    yang jelas harus terlihat bersih dan nggak nyuprus wajahnya cak…lihat laki2 lusuh jorok apalagi pengangguran sama udad-udud aja kerjanya jadi gak selera hahah…

  32. 32 cakmoki Juni 24, 2007 pukul 5:24 pm

    @ starflake,
    oo jadi seleranya: bersih nggak nyuprus ya …
    Siap, segera dilaksanakan mbak πŸ˜€

  33. 33 xwoman Juni 24, 2007 pukul 9:55 pm

    ehem…ehem…. wangi
    he..he.. πŸ˜›

  34. 34 cakmoki Juni 25, 2007 pukul 12:01 am

    @ xwoman,
    test … test … test, ah iya masih wangi *harum pandan ketumpahan kolak* πŸ˜€

  35. 35 wulan Juni 25, 2007 pukul 12:37 am

    Dandannya jangan hanya pas keluar rumah cak… Ntar yang di rumah cuman disuguhin kalos oblong dan celana kolor..he..he

  36. 36 cakmoki Juni 25, 2007 pukul 1:59 am

    @ wulan,
    oo tenyata yg di rumah harus disuguhi dandanan keren juga ya *mganggut-manggut*
    oke mbak, ntar ditambahkan tips-nya πŸ™‚

  37. 37 superkecil Juni 25, 2007 pukul 10:20 am

    wha… jadi inget waktu SMA
    cermin kecil saia beredar ke seluruh penjuru kelas
    pojok depan sampe pojok belakang
    ga cuman perempuan… tapi lelaki pun ngikut bercermin
    karena rata2 penghuni kelas adalah kaum hawa,
    pengguna sisir mungil di wadah cermin kecil saia pun adalah teman2 yg
    notabene adl kaum Adam…
    o-mai-gat!!!

  38. 38 cakmoki Juni 25, 2007 pukul 3:22 pm

    @ superkecil,
    kaum adampun suka bercermin sambil mesam-mesem sendiri πŸ˜›
    sekarang bawaan ke kampus udah meningkat dong, kalo boleh tahu apa aja isi kotak cerminnya?

  39. 39 Lily Juni 26, 2007 pukul 12:49 pm

    Wah.. kebetulan aku selalu suka cowo (yang istilahnya..) ‘metroseksual’ gini,
    sadar sama penampilan.. πŸ˜‰

    Klo liat cowo ganteng tapi bau, ilfeelnya setengah mati.. ;p
    Tapi klo ada cowo wangi, rasanya jadi ganteng aja tuh cowo.. πŸ˜‰

    Menurutku sih cowo ya standar2 aja lah..,
    asal wangi, berpakaian rapi, rambut berdiri, bulu2 yang tidak seharusnya dicukuri.. ;p
    Wislah lengkap paketnya.. πŸ˜‰

  40. 40 cakmoki Juni 28, 2007 pukul 12:17 am

    @ Lily,
    walah, masuk kriteria, hehehe *rentang tangan, tarik napas panjang*
    Btw koq ada “rambut berdiri” segala, maksudnya rambut kepala njegrak gitu ya …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

No Korupsi

Internet Sehat

Translator

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,378,163 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters

Translate


%d blogger menyukai ini: