Kalsium: Keperluan dan Ketersediaan

Kalsium: Tinjauan Singkat aspek Fisiologis dan Nilai Gizi

Topik Terkait: Menyoal Kimia, Organik, dan Alami

Kalsium adalah salah satu mineral yang diperlukan tubuh kita, manfaatnya antara lain: membantu pertumbuhan tulang, aktifasi serabut saraf, memperlancar peredaran darah, melenturkan otot, memelihara keseimbangan cairan, membantu mineralisasi gigi, mencegah pengeroposan tulang, dan lain-lain.

:: :: Kekurangan Kalsium :: ::
Jika tubuh kita kekurangan kalsium maka tubuh akan menggunakan (reabsorbsi) cadangan kalsium dari tubuh kita. Pada kondisi demikian diperlukan tambahan asupan (intake) kalsium dari luar, misalnya makanan, minuman atau obat yang mengandung kalsium sesuai tingkat keperluannya. Dengan pola makan gizi seimbang kekurangan kalsium dapat dihindari.

Dalam keadaan normal, tubuh kita mendapatkan kalsium dari makanan dan minuman kemudian menyimpannya dalam tubuh kita sekitar 1.200 mg. Sekitar 99% disimpan dalam tulang sedangkan sisanya berada dalam jaringan lain dan cairan tubuh.

Pengolahan kalsium dalam tubuh kita tidak berdiri sendiri, ia memerlukan kinerja unsur lain misalnya vitamin D, dan hormon paratiroid untuk mengolahnya. Belum lagi proses metabolisme dalam tubuh kita, menyangkut penyerapan (absorbsi), reaksi biokimia, pengeluaran (ekskresi) dan berbagai proses yang tergolong rumit.

Makanan sebagai sumber pangan yang banyak mengandung kalsium antara lain: susu, keju, yoghurt, kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, sayuran hijau, ikan, dll. Tak kalah penting adalah minum air yang cukup mengandung kalsium.
Laboratorium Biokimia ITB menyebutkan bahwa kadar kalsium dalam air minum tidak boleh melebihi 130 mg per 1 litar air minum. Untuk daerah-daerah yang kekurangan kalsium dapat diatasi dengan penambahan bahan yang mengandung kalsium ke dalam air minum (PDAM). Untuk itu diperlukan monitor berkala terhadap kandungan mineral (termasuk kalsium) dalam air minum.

:: :: Angka Kecukupan Kalsium Bagi Orang Indonesia, 2004 :: ::
(keperluan kalsium per hari berdasarkan golongan umur)

  1. Anak-anak: Umur 0-6 bulan= 200 mg :: :: 7-12 bulan= 400 mg :: :: 1-3 tahun= 500 mg :: :: 4-6 tahun= 500 mg :: :: 7-9 tahun= 600 mg.
  2. Laki-laki: Umur 10-12 tahun= 1000 mg :: :: 13-15 tahun= 1000 mg :: :: 16-18 tahun= 1000 mg :: :: 19-29 tahun= 800 mg :: :: 30-49 tahun= 800 mg :: :: 50-64 tahun= 800 mg :: :: lebih 65 tahun= 800 mg.
  3. Wanita: Umur 10-12 tahun= 1000 mg :: :: 13-15 tahun= 1000 mg :: :: 16-18 tahun= 1000 mg :: :: 19-29 tahun= 800 mg :: :: 30-49 tahun= 800 mg :: :: 50-64 tahun= 800 mg :: :: lebih 65 tahun= 800 mg.

Untuk wanita hamil dan menyusui keperluan kalsium perhari ditambah 150 mg dari keperluan normal.

Sumber: Gizi.net

:: :: Komposisi Bahan Makan Mengandung Kalsium :: ::
Seperti disebutkan di atas, selain bersumber dari air minum, kalsium terdapat dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari.
Berikut adalah contoh sumber pangan yang mengandung kalsium.
(kadar kalsium dihitung berdasarkan 100 gram bahan makanan)

Kelompok Sereal dan hasil olahannya:

Beras giling= 6 mg :: Nasi= 5 mg :: Beras ketan putih= 12 mg :: Beras ketan hitam= 10 mg :: Beras menir= 22 mg :: Beras merah tumbuk= 16 mg :: Biskuit= 62 mg :: Gaplek= 80 mg :: Jagung giling kuning= 53 mg :: Beras katul= 32 mg :: Jagung katul= 200 mg :: Singkong= 33 mg :: Mie kering= 50 mg :: Tepung beras= 5 mg :: Tepung jagung= 10 mg :: Tepung terigu= 16 mg, dan lain-lain.

Kelompok Kacang-kacangan dan hasil olahannya:

Jambu mente= 50 mg :: Bungkil kacang tanah= 730 mg :: Bungkil kelapa= 137 mg :: Emping= 100 mg :: Jengkol= 21 mg :: Kacang ijo= 125 mg :: Kacang kedelai basah= 196 mg :: Kacang kedelai kering= 227 mg :: Kacang merah= 80 mg :: Biji Kacang panjang= 163 mg :: Kacang tanah rebus dengan kulit 42 mg :: Air kelapa muda= 15 mg :: Kecap= 123 mg :: Biji kecipir= 80 mg :: Biji koro benguk= 130 mg :: Biji lamtoro muda= 180 mg :: Biji lamtoro tua= 155 mg :: Pete segar= 95 mg :: Santan= 25 mg :: Bubuk sari kedelai= 450 mg :: Susu kedelai= 50 mg :: Tahu= 124 mg :: Tempe= 129 mg :: Oncom= 96 mg :: Tepung kacang kedelai= 195 mg :: Wijen= 1.125 mg, dan lain-lain.

Kelompok Daging dan hasil olahannya:

Ayam= 14 mg :: Angsa= 15 mg :: Babat= 12 mg :: Bebek= 15 mg :: Daging kornet= 10 mg :: Daging asap= 15 mg :: Daging kambing= 11 mg :: Daging sapi= 11 mg :: Dendeng daging sapi= 30 mg :: Hati sapi= 7 mg :: Otak= 16 mg :: Sarang burung= 485 mg :: Sosis daging= 28 mg :: Usus sapi= 14 mg, dan lain-lain.

Kelompok Telor:

Telor ayam= 54 mg :: Telor ayam (kuningnya)= 147 mg :: Telor ayam (putihnya)= 6 mg :: Telor bebek= 56 mg :: Telor bebek (kuningnya)= 150 mg :: Telor bebek (putihnya)= 21 mg :: Telor bebek (asin)= 120 mg :: telor penyu= 84 mg.

Kelompok Ikan, kerang, udang dan hasil olahannya:

Bader (tawes)= 48 mg :: Bandeng= 20 mg :: Bawal= 20 mg :: Ikan ekor kuning= 500 mg :: Gabus (haruwan) kering= 15 mg :: Ikan asin= 200 mg :: Ikan segar= 20 mg :: Kakap= 20 mg :: Keong= 217 mg :: Kepiting= 210 mg :: Kerang= 133 mg :: Kerupuk Udang= 322 mg :: Ikan layang= 50 mg :: Lemuru= 20 mg :: Belut= 20 mg :: Peda= 174 mg :: Petis udang= 37 mg :: Pindang layang= 60 mg :: Eebon Udang segar= 757 mg :: Rebon kering= 2.306 mg :: Sarden (kaleng)= 354 mg :: Teri bubuk= 1.209 mg :: Teri kering= 1.200 mg :: Teri kering sekali= 2.381 mg :: Teri segar= 500 mg :: Udang kering= 1.209 mg :: Udang kering= 136 mg, dan lain-lain.

Kelompok sayuran:

Bayam= 267 mg :: Bayam merah= 368 mg :: Baligo= 19 mg :: Bawang bombay= 32 mg :: Bawang merah= 36 mg :: Bawang putih= 42 mg :: Buncis= 65 mg :: Cabe rawit= 45 mg :: Cabe hijau besar= 14 mg :: Cabe merah besar (segar)= 29 mg :: Cabe merah (kering)= 160 mg :: Daun bawang= 55 mg :: Daun beluntas= 256 mg :: daun kacang panjang= 134 mg :: Daun kedondong= 540 mg :: Daun kemangi= 106 mg :: Daun ubi jalar= 79 mg :: Daun kecipir= 134 mg :: Daun melinjo= 219 mg :: Daun pete cina= 1.500 mg :: Daun singkong= 165 mg :: Daun talas= 302 mg :: Kangkung= 73 mg :: Kacang panjang= 49 mg :: Daun kelor= 440 mg :: Krokot= 103 mg :: Sawi= 220 mg :: Selada= 22 mg :: Seledri 50 mg :: Tomat= 5 mg :: Wortel= 39 mg, dan lain-lain, capek deh 😦

Mohon maaf, Daftar Komposisi Bahan Makanan kelompok susu, minyak dan bahan pangan lain tidak penulis sertakan untuk memperpendek artikel dan penulis tidak sempat membuatnya dalam format PDF.

Bahan pangan di atas hanya dilihat kadar kalsiumnya saja, masih ada kandungan lain seperti jumlah kalori, protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral lainnya. Pemenuhan keperluan semua unsur bagi tubuh kita tentu dalam konteks keseimbangan, bukan mengacu hanya salah satu saja.

Untuk memenuhi keperluan kalsium, tidak lantas misalnya makan bayam melulu sebanyak 500 gram ( setengah kilogram), atau makan teri doang 100 mg, atau makan es krim 1 kilogram atau makan kangkung melulu sebanyak 2 kilogram, atau mengunyah krokot 1 kilogram setiap harinya … *emangnya marmut*. Tentu tidak. Sekali lagi tidak.
Cita rasa dan kebiasaan makan merupakan hal lain sebagai bentuk sajian makanan.

:: :: Kelebihan Kalsium :: ::
Kelebihan kadar kalsium dalam darah disebut hiperkalsemia. Seperti halnya kekurangan, kelebihan kalsium juga dapat memicu berbagai penyakit. Salah satu yang kita kenal adalah resiko terbentuknya batu ginjal. Huaaaaa. Penelitian lain menyebutkan bahwa hiperkalsemia dapat memicu kanker prostat.
Bukan bermaksud menakut-nakuti, tulisan ini mengajak sekaligus memperingatkan kita bahwa semua hidangan yang kita santap hendaklah mengacu pada kecukupan keperluan, artinya tidak kurang dan tidak berlebihan.

:: :: Renungan :: ::
Perlukah kita menambah salah satu unsur makanan di negeri yang telah tersedia bahan pangan melimpah ? Jawabannya bergantung pada kondisi seseorang. Jika terbukti seseorang menderita penyakit karena kekurangan salah satu unsur makanan atau kondisi tertentu misalnya hamil atau menyusui, tentu diperlukan tambahan sesuai keperluannya. Itupun hendaknya berdasarkan angka kecukupan dan tingkat keperluan yang lazim sesuai hasil kajian ilmiah, bukan dengan tambahan membabi buta apalagi berlebihan mengingat asupan yang berlebihan akan berdampak di kemudian hari.

Akhirnya, mari nikmati bahan pangan yang dianugerahkan kepada kita secara bijak dengan pola makan gizi seimbang.

Semoga bermanfaat.

Referensi:

  • Farmakologi dan Terapi, Bagian Farmakologi FKUI, edisi 4, 2001.
  • Pedoman Daftar Komposisi Bahan Makanan.
  • Fisiologi Kedokteran, Guyton & Hall, edisi 9, 1997.
Iklan

63 Responses to “Kalsium: Keperluan dan Ketersediaan”


  1. 1 anas Juni 19, 2007 pukul 7:27 am

    *manggut-manggut cuma bisa berkata dalam hati “Oo gitu to.” *
    Makasih ya cak infonya.

  2. 2 gadis Juni 19, 2007 pukul 8:25 am

    soal gizi makanan termasuk kalsium dsbnya, aq serahin ke mama aja πŸ˜€ aq tinggal makan doank πŸ™‚ thanks atas infonya

  3. 3 mbojo Juni 19, 2007 pukul 8:41 am

    wah pak makasih infonya.
    bermanfaat bangat buatku yg baru patah kaki ini πŸ™‚

    oh iya pak, untuk orang yg baru patah kaki seperti saya ini kira2 apa yg perlu di lakukan biar cepat sembuh dan tulangnya cpat nyambung? apakah mkan bayam dan krokot 1 kg/harinya? πŸ™‚

    jadi ingat popaye….

  4. 4 cakmoki Juni 19, 2007 pukul 9:25 am

    @ anas,
    ok sama-sama πŸ™‚

    @ gadis,
    Setuju, sepanjang masih suka nasi, lauk dan sayur, aman.
    Loh, koq terserah mama nih, kalo pingin beli bakso gimana dong, minta dibeliin mama juga? he3x

    @ mbojo,
    Untuk usia muda, akan nyambung bagus koq. Kalo patah tangan rata-rata 4 minggu, kalo kaki sekitar 6-8 minggu udah nyambung. Biasanya sudah diberi obat yg mengandung kalsium sama dokter yg merawat, misalnya dumocalcin atau calcidin dan sejenisnya.
    Moga cepet sembuh ya πŸ™‚

  5. 5 koecing Juni 19, 2007 pukul 12:26 pm

    pak dokter, salah satu dosen saya ada yang riset ttg osteoporosis lho… risetnya ttg gmn mendeteksi osteoporosis lewat foto gigi(istilahnya apa ya? lupa…) klo mau kontaknya, japri aja ya… πŸ˜€

  6. 6 suandana Juni 19, 2007 pukul 12:41 pm

    Terus, kalau menggunakan produk salah satu MLM itu bagaimana, Pak Cak? Baik apa ndak, sih? Soalnya di promosi bilangnya bagus, tuh…

  7. 7 Kangguru Juni 19, 2007 pukul 12:46 pm

    jadi kayaknya ngak perlu beli suplemen khusus seperti yang di iklan ya dok

  8. 8 superkecil Juni 19, 2007 pukul 1:58 pm

    wah, anak2 kos padha hipokalsemia dunk bang
    wong makanya sering mie instan
    hehe πŸ˜€

    owh, berarti kalo ada gejala prostat lebih baik ngurangin susu instan ya bang? ada ga c susu instan yang tanpa kalsium? coz rata2 tinggi kalsium cz rata2 dipake utk yg osteoporosis

  9. 9 ndarualqaz Juni 19, 2007 pukul 5:20 pm

    saya pernah di vonis kekurangan kalsium yang menyebabkan kalsium di tulang terambil untu metabolisme, yang akhirnya menyebabkan saya sangat mudah patah tulang, dan sampe sekarang hasilnya : tangan kiri 2 kali patah, bahu kanan 2 kali patang, rusuk kiri 2 kali retak, tulang telapak kaki 1 kali retak.

    hidup dengan gizi seimbang memang adalah jalan terbaik untuk menjaga kesehtan dan kekuatan tubuh…..

  10. 10 chielicious Juni 19, 2007 pukul 5:34 pm

    Hu3 kelebihan salah…kekurangan juga salah.. πŸ˜€ tar aku coba cek deh berapa mg kalsium yang aku konsumsi heheh.. gak lucu kan umur 50 udah kudu di papah jalannya πŸ˜€

  11. 11 Titah Juni 19, 2007 pukul 6:53 pm

    “aturan” yang mengharuskan kita kena sinar matahari 20 menit sehari itu ada hubungannya dengan kalsium gak yah?

  12. 12 MaIDeN Juni 19, 2007 pukul 9:25 pm

    Posting tentang diet golongan darah dong Pak. Saya dah baca buku-bukunya kayaknya kurang sreg …
    Menurut Cak ?

  13. 13 cakmoki Juni 20, 2007 pukul 1:12 am

    @ koecing,
    sip, … penilaian lewat foto gigi bisa juga, dengan mengukur tingkat penipisan unsur tulang.
    Japri ama dosen ? huaaa, saya malu ah…

    @ suandana,
    hehehe, maaf … itu gak sesuai dengan penjelasan di atas kan?
    Beda orientasi kali, jualan produk kan memang mengusung “meyakinkan konsumen”. Posting ini saya rasa sudah dapat menjawab, ada referensinya, bukan brosur. hehehe … sekali lagi maaf.

    @ Kangguru,
    nggak perlu pak, kalsium di sekitar kita cukup aja koq. Apalagi kalo masih seneng sayur, ikan dll.

    @ superkecil,
    hehehe, enggak lah. Selain mie instan kan masih suka bakso, es krim dll kan ? … aman lah, gak bakal kekurangan.
    Kalo yang di susu masih gak terlalu tinggi, itupun aman.
    Untuk osteoporosis memang agak khusus, namun tetap tidak boleh menggunakan produk yang melebihi Standar nasional Indonesia (SNI).

    @ ndarualqaz,
    betul mas ndaru, kelihatannya sepele ya, tapi kadang sulit untuk konsumsi gizi seimbang.

    @ chielicious,
    tenang aja Chie, selama masih suka makan sayuran dan jalan-jalan, aman-aman aja deh πŸ™‚

    @ Titah,
    iya, ada mbak, berhubungan dengan aktivasi vitamin D sebagai salah satu unsur yang berperan pada pengolahan kalsium.

    @ MaIDeN,
    Maksudnya yg berdasarkan golongan darah ya ? … hehehe, gak enak, soalnya saya termasuk yg tidak setuju dengan pandangan tersebut. Lebih tepat mempertanyakan keabsahannya.

  14. 14 fertobhades Juni 20, 2007 pukul 1:54 am

    Cak, ada yang bilang kalau aktivitas merokok itu bisa mengurangi kalsium tubuh. Benar nggak ya ? gara-gara itu konsumsi kalsium saya tiap hari saya naikin, tapi malah takut kena batu ginjal…

    thanks infonya pak…

  15. 15 Lita Juni 20, 2007 pukul 11:59 am

    Lha kok ndak ada trackback nih ke posting ramai kemarenan? πŸ˜€

  16. 16 elpalimbani Juni 20, 2007 pukul 12:51 pm

    Nice posting cak! thanks for your share πŸ™‚

  17. 17 juliach Juni 20, 2007 pukul 4:20 pm

    Waduh Cak di sini ngak ada bungkil!!! Keju buanyak sekali, dari yg biasa-biasa aja baunya sampai yg bau buadek banget & berulat.

    Tapi Cak di Indo banyak juga makanan bergizi, koq oranganya kecil-kecil, ya (sekarang banyak juga yg gede-gede, khususnya di kota besar).

    Waktu kecil aku sering disebut gede gombong!!! Vicky sekarang sudah 5 bulan : panjangnya 71 cm beratnya 8,5 kg (baru 1 minggu makan bubur buah). Jika dibawa pulang, dia bakal disebut apa

  18. 18 Master Li Juni 20, 2007 pukul 4:57 pm

    Wah, Pak… Saya kebanyakan makan udang nih. Pecinta udang. :mrgreen:

  19. 19 cakmoki Juni 20, 2007 pukul 5:45 pm

    @ fertobhades,
    kabar buruknya iya, bisa mengurangi. Kabar baiknya belum diketahui secara pasti seberapa banyak dapat mengurangi, selain itu kabar baik lainnya sumber pangan kita melimpah, jadi rasanya tidak perlu tambahan khusus πŸ™‚

    @ Lita,
    mmm anu Bu … maunya begitu, khawatir dikira ofensif ke pihak tertentu, hehehe … kayaknya perlu juga ya πŸ˜€

    @ elpalimbani,
    πŸ™‚ moga berguna, terimakasih

    @ juliach,
    iya, banyak tersedia bergizi, hanya saja untuk saudara kita yg di pedesaan sumber gizi tersebut dijual untuk menghidupi keluarganya. Yg enak dijual sisanya untuk keluarga, makanya kecil-kecil.
    Sekarang sudah agak lumayan.

    wah gede banget Vicky ya, entah kalo ke Indo disebut apa nanti πŸ™‚

    @ Master Li,
    Gak papa Gun, secara alamiah tubuh kita akan membuangnya kalo kelebihan … Udang Galah apa yg ekspor? anterin dong πŸ™‚

  20. 20 chielicious Juni 20, 2007 pukul 5:56 pm

    Aku juga mau donk udangnya *lho lho*

  21. 21 axireaxi Juni 20, 2007 pukul 6:04 pm

    pak dokter, terima kasih atas info ini

    salam,
    adi.n

  22. 22 TakodokGila! Juni 20, 2007 pukul 6:10 pm

    Umm, cak. Kalo penyerapan kalsium oleh tulang dipengaruhi sama hormon progesteron gak ya? Makanya wanita lebih berisiko osteoporosisgak ya?

    Beras giling= 6 mg :: Nasi= 5 mg :: Beras ketan putih= 12 mg :: Beras ketan hitam= 10 mg :: Beras menir= 22 mg :: Beras merah tumbuk= 16 mg :: Biskuit= 62 mg :: Gaplek= 80 mg :: Jagung giling kuning= 53 mg :: Beras katul= 32 mg :: Jagung katul= 200 mg :: Singkong= 33 mg :: Mie kering= 50 mg :: Tepung beras= 5 mg :: Tepung jagung= 10 mg :: Tepung terigu= 16 mg, dan lain-lain.

    Ouw! Ternyata nasi lebih sedikit kandungan kalsiumnya. Hmm..

  23. 23 peyek Juni 20, 2007 pukul 11:32 pm

    repot ya cak, kurang penyakitan, lebih jadi penyakit!

  24. 24 cakmoki Juni 21, 2007 pukul 12:15 am

    @ chielicious,
    Bener mau ? Banyak nih di sini *kirim udang via email* πŸ™‚

    @ axireaxi,
    sama-sama, moga berguna πŸ™‚

    @ TakodokGila!,
    betul Des, kalsium dipengaruhi oleh keseimbangan estrogen dan progesteron, makanya lebih memiliki resiko osteoporosis. Namun bukan hanya itu, bahan pangan yang dikonsumsi sehari-hari.
    Memang kandungan kalsium nasi kecil, ini fitutupi oleh bahan lain yang kita makan, cukup aja koq, masih ada air minum, sayur, lauk, buah dll.

    @ peyek,
    Bicara gizi atau penyakit memang seperti ini cak, seolah-olah serba salah, tenang aja, hanya informasi koq, lagi pula selama masih suka peyek (beneran) teri, peyek kacang dll, aman bos πŸ™‚

  25. 25 Nayz Juni 21, 2007 pukul 7:51 am

    wah…berati saya masih kurang konsumsi kalsium
    (kurang gizi saya ini , hix….hix… )

  26. 26 Shirei Juni 21, 2007 pukul 8:18 am

    wadoh berasa kekurangan kalsium (anak kos jrg perhatian ama gizi) kudu lbh waspada nih ^^

  27. 27 cakmoki Juni 21, 2007 pukul 9:05 am

    @ Shirei,
    Tenang aja, … banyak makanan murah meriah kaya kalsium, lagian baru saja dapet adsense $15 πŸ˜‰ hehehe, barusan gintip soale.

  28. 28 cakmoki Juni 21, 2007 pukul 9:07 am

    @ Nayz,
    hai bocah, enggaklah gak usah khawatir, keliatan segar dan cakep gitu, hehehe

  29. 29 Lily Juni 26, 2007 pukul 4:21 pm

    Oh jadi sebenarnya asal makanannya bervariasi dan kandungan gizinya memadai,
    sudah cukup ya Cak? Gak perlu minum susu? *rolleyes*

    Aku selama ini termakan iklan dengan berpikir bahwa dengan kebutuhan kalsium rata-rata 1000 mg perhari,
    kita perlu minum susu yang mengandung sekitar 500 mg kalsium per gelas penyajiannya.
    Masalahnya adalah (katanya juga..) kandungan kalsium belum tentu terserap seluruhnya,
    lha trus apa jadi mesti minum 5 gelas susu sehari gtu?
    Bisa cape muntah gara2 eneg deh.. ;p

    Aku sih suka susu tapi sayangnya perutku suka gak kompromi,
    mikin susu agak banyak dikit, atau ketika belum makan apa2 di pagi hari, atau ketika tidak makan malam di malam hari, pasti abis itu murus.. ;p
    Jadi males.. ^_^

    Kenapa ya Cak? Apa alergi susu atau perutnya gak tahan aja (gak tahan kenapa.. :p)?

    PS: Jasi kebiasaan suka tanya2 neh ma Cakmoki, untungnya Cak penyabar dan selalu mau jawab, hehe.. ;p

  30. 30 cakmoki Juni 27, 2007 pukul 2:04 am

    @ Lily,

    Oh jadi sebenarnya asal makanannya bervariasi dan kandungan gizinya memadai, sudah cukup ya Cak? Gak perlu minum susu?

    Betul, tidak harus terpaku pada satu jenis makanan atau minuman. Kalo bermasalah dengan susu boleh pakai yang lain, tinggal pilih.
    Kebutuhan mineral (termasuk kalsium) meningkat pada saat tertentu saja, lagian kalsium mudah diserap. Gak perlu termakan iklan, kalo jualan kadang emang suka heboh πŸ˜€

    Tentang diare sehabis minum susu bisa terjadi jika alergi terhadap salah satu komponen lemak atau protein yg terkandung di dalamnya.
    Gak perlu maksa, banyak pilihan koq.

    Kebiasaan nanya? Wah saya ikut senang karena dari situ nambah ilmu, jadi sama-sama gitu.
    Sepanjang sy bisa tentu dijawab, kalo gak bisa sy tanyakan kepada teman yg bisa atau kita cari sama-sama, hahaha

  31. 31 isha Juni 28, 2007 pukul 4:58 pm

    cak, bagaimana dengan suplemen kalsium salah satu MLM dengan kandungan mencapai 2000 mg sehari dengan daya serap yang diklaim mencapai 90% bukankah itu jadi berlebihan? dan saya juga tahu dari seorang pengguna obat tersebut, bahwa perusahaan MLM tersebut menggunakan dokter (dokter tenanan) untuk meresepkan “obat” ini untuk mengobati (benar-benar mengobati) pasien DM? apakah ini dapat dibenarkan? apakah pasokan kalsium secara berlebih ini bisa mengobati dengan efek mirip sulfonylurea (tapi yang sulfonylurea bukannya cara kerjanya meningkatkan jumlah calsium intracellular di sel beta pankreas? lagi pula bukankah suplemen tidak boleh dikatakan “dapat mengobati” kecuali mega dose vitamin? mohon penjelasannya cak

  32. 32 cakmoki Juni 29, 2007 pukul 12:53 am

    @ isha,
    Jelas berlebihan dong. Pintar-pintar kita aja agar tidak mudah tertipu.
    Gak perlu klaim seperti itu lha wong aslinya kalsium yg ada di makanan emang diserap hampir sempurna koq. Berati kurang gedhe dong klaimnya, hahahaha.
    Usaha-usaha tersebut (mlm suplemen) tujuan utamanya cari untung dengan menciptakan rantai penjualan. Marketing, meyakinkan orang dengan macam-2 klaim, penjualan, laba. Gitu lingkarannya. Makanya hanya modal klaim dan brosur, bukan pakai referensi.

    Untuk dokter yang ikutan model begituan sungguh patut dikasihani, hilanglah ilmu bertahun-tahun yg sudah dipelajari, mulai biokimia, fisiologi, farmakologi, panyakit dalam, dll.
    Saya juga heran jika benar ada temen dokter ikut jualan produk semacam itu. Masa sih lupa sama ilmunya sendiri? 😦
    Koq bisa ya mempertaruhkan integritas keilmuannya ?
    Di daerah kami walaupun ndeso, kalo ada dokter seperti itu diketawain pasien πŸ˜›

    Tentang sulfoniluria udah dijawab sendiri kan? πŸ™‚
    Kalsium fungsi dan kegunaannya tidak sama dengan sulfoniluria dong, … apalagi mekanisme kerjanya, dari sisi mana samanya?
    Mau dicocok-cocokkan juga gak bakalan ketemu.

    Logika sederhananya begini: kalo kalsium bisa ngobati Diabet, gak perlu lagi Obat Anti Diabet (sulfoniluria maupun biguanid), cukup minum air gamping (kapur) aja, hehehe.

    Kesimpulannya, klaim-klaim yg berujung pada jualan kayak yg diceritakan itu bohong belaka. Maaf lho kalo sy to the point πŸ™‚

  33. 33 rid4u Juni 29, 2007 pukul 6:34 am

    perlu aktivasi vitamin D…. jadi perlu “DD” juga ya pak (berjemur di pagi hari he he he he)?… saluut buat cak moki \^^/

  34. 34 cakmoki Juni 29, 2007 pukul 7:41 am

    @ rid4u,
    ya perlu, … gak usah lama-lama berjemur ntar gosong, hehehe

  35. 35 Sofie Juli 1, 2007 pukul 6:06 pm

    Saya selama ini tidak mengkonsumsi suplemen kalsium, karena dari makanan sehari-hari rasanya sudah mencukupi. Saya juga minum susu 2-3 gelas sehari (saya ibu menyusui). Tapi gigi saya kok mudah berlubang ya? Kira2 dalam 1,5 tahun ini sudah 6-7 kali tambal gigi. Kata temen yang juga dokter saya kekurangan kalsium. Bener nggak cak?

  36. 36 cakmoki Juli 1, 2007 pukul 8:06 pm

    @ Sofie,
    Ya benar, makanan kita sehari-hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral (termasuk kalsium).

    Adapun tentang gigi berlubang, bisa jadi karena reabsorbsi kalsium saat kehamilan yang dampaknya muncul belakangan berupa gigi berlubang. Perlu juga diingat bahwa penyebab gigi berlubang bukan hanya kekurangan kalsium. Infeksi dan faktor lain dapat juga menimbulkan gigi berlubang.
    Tanpa mengetahui kadar kalsium dalam darah secara retrospektif (melihat riwayat sebelumnya), menyimpulkan bahwa ibu kekurangan kalsium menurut saya terlalu terburu-buru.

  37. 37 chibi Juli 2, 2007 pukul 3:45 pm

    apakah kadar residu kapur dalam minuman seperti gula merah cair juga harus 130 mg/liter? berapa batas ambang penggunaan kalsium hidroksida dalam minuman atau makanan kalo sebagai pengawet

  38. 38 ayen November 7, 2007 pukul 10:21 pm

    Pak, ada gak artikel, journal atw buku yg membahas ttg hubungan hormon paratiroid n metabolisme kalsium??

    Makasi sebelumnya

  39. 39 cakmoki November 8, 2007 pukul 1:03 am

    @ ayen,
    1. Buku fisiologi kedokteran, Gayton & Hall
    2. Buku ” Principles Internal of Medicine “, Harrison
    3. Buku Farmakologi klinik
    4. dll … dll … dll

    » ke atas

  40. 40 adi dzikrullah Maret 25, 2008 pukul 4:32 pm

    ass.

    ya ne saya mau buat proposal penyediaan bahan pangan. soalnya makin sedih banyak berita orang kelaparan terus. padahal Indonesia kaya.

    gitu saja.

    tolong kunjungi blog saya http://www.shalawatcinta.blogspot.com

  41. 41 riand April 9, 2008 pukul 3:08 pm

    mau nanya aja ama semuanya nih, ato siapa aja yang tau, kalo misalnya habis mengalami patah tulang, jika dimakan makanan yang mengandung kalsium dengan berlebihan apa dikemudian hari ada efeknya? trus gimana cara mengatasinya?

    tolong saran semuanya tuh!

  42. 42 cakmoki April 9, 2008 pukul 3:30 pm

    @ riand:
    kalo makainya saat patah tulang dan masa pemulihan gak papa, emang dibutuhkan kalsium tinggi, lebih dari 1000-1500 mg, so gak perlu khawatir, toh kalo kelebihan ntar akan dibuang melalui urine, lagipula makainya kan gak selamanya

    Trims

  43. 43 Rien Mei 31, 2008 pukul 9:41 am

    Terimaksih atasn info tentang berbagai info tentang standard bahan pangan untuk layak konsumsi b’guna bgt 4 bu@ laporan.

  44. 44 cakmoki Mei 31, 2008 pukul 10:43 am

    @ Rien
    Thanks … moga berguna

  45. 45 Liputra November 11, 2008 pukul 11:05 pm

    Kalau umur semakin bertambah, maka kemampuan penyerapan kalsium oleh tubuh akan semakin berkurang… itu sebabnya kenapa susu tinggi kalsium untuk orang lanjut usia lebih banyak kandungan kalsiumnya..

  46. 46 cakmoki November 12, 2008 pukul 5:17 pm

    @ Liputra:
    ya, yang penting sesuai kebutuhan tubuh berdasarkan umur seperti tertera pada artikel di atas.
    Trims

  47. 47 ahkam Januari 22, 2009 pukul 2:53 pm

    seberapa penting peranan kalsium dalam tubuh, karena setahu saya kebanyakan peranan ada pada anak-anak dan manula sedangkan apa peranan penting pada orang yang dewasa selain dari kedua alasan tadi yang jelas paling signifikan bagi para remaja atau orang dewasa silahkan di balas di email saya terima kasih

    ayu_ahkam@yahoo.com

    best regard

    ahkam

  48. 48 cakmoki Januari 23, 2009 pukul 12:22 am

    @ ahkam:
    Kalsium diperlukan sepanjang hidup manusia πŸ™‚
    Ok, saya salin paragraf pertama:
    Kalsium adalah salah satu mineral yang diperlukan tubuh kita, manfaatnya antara lain: membantu pertumbuhan tulang, aktifasi serabut saraf, memperlancar peredaran darah, melenturkan otot, memelihara keseimbangan cairan, membantu mineralisasi gigi, mencegah pengeroposan tulang, dan lain-lain
    Trims

  49. 49 HAMBA ALLAH Januari 26, 2009 pukul 10:30 am

    NGGA’ LENGKAP

  50. 50 Myrza Januari 26, 2009 pukul 2:16 pm

    To Hamba Allah..

    Kalo ga lengkap…dilengkapi apa susahnya sih..bagi ilmu kan ga ada salahnya…

    lagian…blog kan bukan penerbit buku gitu lhoh…

    kalo mau lengkap lengkap amat…ya monggo..beli aja bukunya…baca dan simpen di lemari..

    Afwan…

  51. 51 Mimil Juni 13, 2009 pukul 2:44 am

    Kalo yang patah tulang mending minum 3 gelas susu aja ya sehari supaya tulangnya cepet nyambung

  52. 52 cakmoki Juni 14, 2009 pukul 7:19 pm

    @ mimil:
    πŸ™‚

  53. 53 Mimil Juni 15, 2009 pukul 12:14 pm

    Makasih ya cak email q dah dibalas. Hmm..cakmoki emang baik hati…(he..(-: jangan geer yah..)

  54. 54 Mimil Juni 16, 2009 pukul 4:20 pm

    Makasih ya cak, email saya dibalas lagi..^^
    mau nanya lagi ya cak, katanya gamat bagus untuk mempercepat penyambungan tulang karena daya regenerasi selnya sangat tinggi. Banyak juga orang yang merasakan manfaatnya, mereka sembuh lebih cepat dari perkiraan dokter. Menurut cak bagaimana?

  55. 55 cakmoki Juni 16, 2009 pukul 4:24 pm

    @ Mimil:
    makasih juga…. (udah terlanjur geer..hehehe)

  56. 56 ibal Desember 18, 2009 pukul 10:49 pm

    cak, mw nanya ca, sy sering minum mltvtmin yg isinya kalsium 100mg vit.c 500mg, dll sekali sehari.. klo diterusin, kira2 aman g y.. soalx, stlh sy itung2 kandngn ca yg sy mkn sehari2 agk krg dok, trm ksh

  57. 57 cakmoki Desember 19, 2009 pukul 12:40 pm

    @ ibal:
    Aman. Dosis segitu gakpapa. Jangan lupa juga untuk minum dalam jumlah yg cukup, yakni sekitar 1,5 liter per hari.
    Trims

  58. 58 ria Desember 23, 2010 pukul 10:16 pm

    well.. berhubung sejak bayi saya alergi yang namanya: susu, keju, yoghurt, kacang-kacangan dan ikan.
    maka dengan sangat menyesal.. pada usia yang masih produktif ini (25tahun).. saya sudah OA *hikkksssss πŸ˜₯

    bersyukurlah kalian yang tak memiliki alergi pada kumpulan makanan di atas.. karena OA sungguh menyiksa.. (cukup) menghalangi untuk melakukan aktivitas.. dan karena OA saya salah satunya di pergelangan tangan.. sekarang saya tak bisa menulis tanpa diiringi ‘cengiran’ kesakitan. hehehehe πŸ˜€

    untung yang di lutut masih bisa kuat untuk menekuni hobi saya, yaitu naek gunung *clingak clinguk gak ada ortho kan disini?* πŸ˜›

    disisi laen..
    saya juga (terpaksa) kehilangan 8 gigi *bukann.. bukan karena gigi saya ada 40* dan menggantinya dengan gigi palsu karena kalsium ini.. Huiiksss πŸ˜₯

    sampe sekarang tetep gak bisa mbayangin kalo hamil ntar..

  59. 59 cakmoki Desember 24, 2010 pukul 12:41 am

    @ ria:
    ntar kalo hamil dapat mencukupi kalsium dengan makanan yg kaya kalsium seperti tertulis di daftar…tinggal pilih πŸ˜€

  60. 60 ria Desember 25, 2010 pukul 10:31 am

    huikss.. pilihannya cuma:

    Beras giling= 6 mg :: Nasi= 5 mg :: Beras ketan putih= 12 mg :: Beras ketan hitam= 10 mg :: Beras menir= 22 mg :: Beras merah tumbuk= 16 mg :: Biskuit= 62 mg :: Gaplek= 80 mg :: Jagung giling kuning= 53 mg :: Beras katul= 32 mg :: Jagung katul= 200 mg :: Singkong= 33 mg :: Mie kering= 50 mg :: Tepung beras= 5 mg :: Tepung jagung= 10 mg :: Tepung terigu= 16 mg, dan lain-lain.

    juga cuma

    Bayam= 267 mg :: Bayam merah= 368 mg :: Baligo= 19 mg :: Bawang bombay= 32 mg :: Bawang merah= 36 mg :: Bawang putih= 42 mg :: Buncis= 65 mg :: Cabe rawit= 45 mg :: Cabe hijau besar= 14 mg :: Cabe merah besar (segar)= 29 mg :: Cabe merah (kering)= 160 mg :: Daun bawang= 55 mg :: Daun beluntas= 256 mg :: daun kacang panjang= 134 mg :: Daun kedondong= 540 mg :: Daun kemangi= 106 mg :: Daun ubi jalar= 79 mg :: Daun kecipir= 134 mg :: Daun melinjo= 219 mg :: Daun pete cina= 1.500 mg :: Daun singkong= 165 mg :: Daun talas= 302 mg :: Kangkung= 73 mg :: Kacang panjang= 49 mg :: Daun kelor= 440 mg :: Krokot= 103 mg :: Sawi= 220 mg :: Selada= 22 mg :: Seledri 50 mg :: Tomat= 5 mg :: Wortel= 39 mg, dan lain-lain,

    kasihan ya? kayak popeye.. πŸ˜₯
    huehehehehehhehe…

    stock pil kalsium aja ah.. *ngeloyor pergi ke apotik*
    hahahahahahahha πŸ˜€

  61. 61 ria Desember 25, 2010 pukul 10:34 am

    hoo.. setelah dibaca lebih seksama.. untuk kelompok sereal.. dengan sangat menyesal yang mie PERLU dicoret juga dari daftar.. karena saya juga alergi MIE.. Huuiikksssss…

  62. 62 cakmoki Desember 25, 2010 pukul 11:21 pm

    @ ria:
    hahaha πŸ˜€


  1. 1 Kalsium : Keperluan dan Ketersediaan « Ngobrol Kesehatan Lacak balik pada Agustus 17, 2008 pukul 12:02 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,284,831 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: