Blogger dan Nyeri Otot

Kode ICD. 10 : M.79.1

Tulisan ini merupakan kelanjutan posting sebelumnya: Ngeblok jangan lupa jaga kondisi. Sebuah bahasan spesifik seputar gangguan otot terkait aktifitas blogging.

NgeblogSelain nge-Blog, para blogger memiliki aktifitas bermacam-macam. Bahwa blogging dijadikan sebagai selingan, pengisi waktu luang, bagian aktifitas utama bahkan sebagai aktifitas utama, semuanya terpulang kepada setiap individu.
Yang pasti nge-blog memerlukan waktu khusus. Artinya, duduk di depan komputer atau laptop, menulis dan seringkali berinteraksi. Interval dan lamanya waktu (durasi) untuk ngeblog juga bervariasi.

Nah, terkait dengan durasi ngeblog inilah kadangkala tanpa terasa menimbulkan keluhan nyeri otot, rasa pegal atau keluhan lain yang berhubungan dengannya. Terlebih jika sebelumnya menjalani aktifitas lain. Akumulasi berbagai aktifitas ditambah semangat ngeblog, bagi sebagian orang tak urung menimbulkan keluhan pada otot dan berbagai aksesnya.
Bagi sebagian yang lain, mungkin saja ngeblog justru sebagai refreshing untuk menghilangkan kepenatan setelah menjalani rutinitas sehari-hari. So, individual.
Ok, golongan ini bisa kita abaikan.

Penulis ingin mengajak berbagi seputar blogging dan keluhan nyeri otot (myalgia). Keluhan lain yang mungkin timbul di luar keluhan otot dan yang berhubungan dengannya, sementara tidak kita bahas.

POSISI NGEBLOK
Pada umumnya, ngeblog dilakukan dalam posisi duduk. Mungkin ada blogger lebih suka tengkurap sambil memelototi laptopnya. Apa ada posisi lain ?
Duduk lama dalam posisi tetap, dapat menimbulkan gangguan otot misalnya: otot punggung, otot leher atau sakit kepala lantaran ketegangan otot leher. Biasanya nyeri otot berlangsung sekitar 48 jam dan pulih dengan istirahat.
Selain itu, gangguan otot sehubungn dengan ngeblog disebabkan juga oleh akumulasi kelelahan, disadari maupun tidak.
Apakah ada kemungkinan sebab lain?
Ada. Kita tidak membahasnya pada postingan ini.

BENTUK GANGGUAN OTOT
Beberapa kemungkinan gangguan otot yang berhubungan dengan aktifitas ngeblog, antara lain:

  • Sakit kepala. Keluhan ini dimungkinkan lantaran memelototi layar dalam waktu lama. Tidak setiap blogger mengalaminya. Ada yang tahan tanpa keluhan apapun kendati ngeblog terus menerus selama 5 jam.
  • Kepala serasa melayang atau terasa hanyut. Kemungkinan disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke otak karena gravitasi atau karena postural hypotension. Ada lho sedang enak-enaknya ngeblog kemudian berdiri tiba-tiba pandangan serasa gelap, kepala seolah ringan dan gloyoran (bhs jawa). Eit, jangan panik friends. Silahkan duduk kembali, santai sejenak, setelah pulih silahkan berdiri perlahan-lahan.
  • Kaku leher, nyeri otot leher atau kaku kuduk. Wajar aja lah, keasyikan ngeblog leher jadi kaku. Kadang merambat menjadi sakit kepala (tension headache)
  • Nyeri otot bahu, nyeri punggung. Tidak selalu nyeri, kadang hanya terasa kaku di bagian tersebut.
  • Kaku atau nyeri pinggang. Kaki juga bisa mengalami hal yang sama. Kelamaan duduk friends.
  • Kesemutan (bhs jawa: geringgingen, bhs banjar: katur-katur). Bisa juga kram. Ini mah masalah aliran darah yang kurang lancar. Sila regangkan bagian yang kesemutan, relaksasi, santai sejenak.

Harap diingat bahwa bentuk (manifestasi) gangguan otot di atas bisa diakibatkan oleh sebab lain. So, jangan dibalik. Artinya jika misalnya blogger mengalami sakit kepala, tidak lantas menuduh ngeblog sebagai satu-satunya tersangka.

T I P S
Dibawah ini adalah beberapa tips untuk menghindari gangguan otot bagi blogger:

  • Istirahat dan tidur cukup. Jangan lupa melakukan relaksasi, misalnya: tai-chi, yoga atau sejenisnya sesuai minat. Relaksasi dapat juga dengan cara berbaring santai selama beberapa jam untuk memberi kesempatan pemulihan pada otot.
  • Sempatkan olahraga ringan dan teratur. Jenis yang dianjurkan: bersepeda, jalan kaki, berenang (pakai bikini?) *halah*. Biasakan melakukan peregangan sebelum olahraga dan relaksasi setelahnya. Minum cairan dalam jumlah cukup (8-10 gelas), untuk mencegah kram karena kekurangan cairan (dehidrasi)
  • Jika diperlukan, bisa kompres air hangat atau pemijatan (massage) ringan di daerah yang kaku atau nyeri.
  • Peregangan setiap 1-2 jam diperlukan untuk mencegah nyeri otot, terutama jika blogger duduk lama dengan posisi tetap.
  • Pilih kursi dan posisi yang nyaman dan usahakan tulang belakang dalam posisi lurus. Bila perlu dapat memekai penyangga leher untuk santai barang sejenak.
  • Sesuaikan posisi layar dengan jarak dan sudut pandang senyaman mungkin. Jarak antara mata dan layar sangat relatif, bisa 50 cm, 60 cm bergantung pada kebiasaan dan lebar layar. Untuk sudut pandang, sebaiknya posisi lurus.
  • Atur sinar layar sedemikian rupa hingga tidak mengganggu mata, agar otot mata tidak cepat lelah.
  • Pemakaian filter dapat dipertimbangkan jika sinar layar dirasa kurang cukup memberikan kenyamanan.
  • Sesuaikan pula posisi keyboard dengan posisi tangan agar tidak mudah lelah.

Ada yang mau menambahkan ? Monggo.
Posisi ideal, silahkan lihat gambarnya: di sini

Edisi cetak, file PDF booklet 129 Kb, silahkan download di sini

Selamat ngeblog, semoga bermanfaat.

Topik Terkait:

Iklan

51 Responses to “Blogger dan Nyeri Otot”


  1. 1 juliach April 26, 2007 pukul 6:16 am

    pertamax lagi

    sambil nidurin (ngedong) vicky ngluyur ke blog orang

  2. 2 juliach April 26, 2007 pukul 6:29 am

    tentu aja pegel, orang berat bayinya aja sudah 7,5 kg, tangan kiri nopang kepala bayi, tangan kanan ngetik & kaki nangkrin di dingklik sambil goyang-goyang. mulut bayi ngenyot tetek kiri.

    wah, lengkap sudah penderitaan.

    asyikan kalo pagi, nge-net-nya di wc. itupun pantat bisa ada cap bunder mulut wc.

    yg ngak bisa, sambil berendam di bath tub. belom dicobain, takut computernya konslet.

  3. 3 calonorangtenarsedunia April 26, 2007 pukul 9:33 am

    keduax apa ketigax ya?

    leherku, cak…
    pegel betul…

  4. 4 chielicious April 26, 2007 pukul 10:51 am

    Nyeri otot bahu ama kleyengan -maksudnya kepala serasa melayang- udah makanan sehari2 😦 .. makasi dok tips nya 😀

  5. 5 peyek April 26, 2007 pukul 1:42 pm

    he…he…he… saran OK cak, tapi nggak cuman itu, ada yang ngeblog baru 5 menit terus punyeng kalo materi tulisan yang dibaca cukup berat, iya kan cak!, apalagi panas-panasan.

  6. 6 manusiasuper April 26, 2007 pukul 1:43 pm

    Saya seh biasanya kena yang “Nyeri otot bahu, nyeri punggung. Tidak selalu nyeri, kadang hanya terasa kaku di bagian tersebut.” ini…

    Terus paling sering juga pusing-pusing tiap kali biling warnet menunjukkan angka yang kelewatan, nasiiip…. main inet di warnet…

    Makanya cak, kirimi saya PDA dunkk… *kedip-kedip*

  7. 7 mei April 26, 2007 pukul 1:49 pm

    hihi..pas bangettt mas, wingi karena keasyikan belajar edit photo shop, siangnya kepalaku berat betulll, wes ndang ngemplok as mef sama rest bentar dari kompi, streching leher sana sini..ternyata kompi bikin banyak penyakit juga hihi….

    kang, postural hypotension, coba d bahas lebih spesifik gt…

    suwun

  8. 8 xwoman April 26, 2007 pukul 2:12 pm

    ini yang ditunggu… bener cak! Pundak sebelah kanan suka sampai panas kalau pegel.

    Tips no.1 itu berbaring santai apa ga beda dengan tidur cak? Soalnya aku kalau yang namanya berbaring suka ketiduran, apalagi kalau sambil dengerin musik instrumentalia hehehe…

    Posisi duduk yang baik itu apa duduk tegak atau nyender ke sandaran belakang kursi?

    @ chie

    Tapi masih suka makan nasi kan 😀

  9. 9 Titah April 26, 2007 pukul 2:18 pm

    tips ngeblog biar tetep fresh:
    1. setelah ngeblog 30 menit, jalan ke dapur dulu bikin kopi.
    2. setelah ngeblog lagi 10 menit, ke dapur lagi nyruput kopi.
    3. ngeblog 15 menit… cari camilan.
    4. ngeblog 30 menit….lari angkat jemuran! hujan! itung2 peregangan!
    5. ngeblog 10 menit… banyak geledek! matiin komputer. tidur aza…
    dst… PR! silakan isi sendiri :-p

  10. 10 cakmoki April 26, 2007 pukul 3:40 pm

    @ Juliach,
    Sambil nggendong Vicky, di wc memangku Laptop ? Salut semangat ngeblog-nya. Moga tetap bugar.

    @ calonorangtenarsedunia,
    Peregangan, gerakkan badan, santai sejenak, tiduran (ketiduran juga boleh), dan pijet sendiri. hehehe

    @ chielicious,
    ok, selamat mencoba. Rentangkan tangan gaya bollywood 😀

    @ peyek,
    iya betul, kayak tempo hari itu. hahaha. Mungkin kompres es (bukan es dawet) untuk mendinginkan kepala dan hati. Atau perlu baca shalawat kali ya, biar hatinya sejuk.

    @ manusiasuper,
    Hahaha, berat tuh yang terakhir. Tak kira udah dapet PDA. Mosok sih di Bjms nggak ada PDA. ada model baru, gres, fitur oke seharga 1,5jt, merknya lupa.
    Kalo kaku otot udah ada yang mijet kan ? Ehm ehm

    @ mei,
    Ngerti obate penak yo. Saya barusan juga golek kringet ben sugerrr. Postural hypotension ? Njenengan sing nulis yo. hahaha

    @ xwoman,
    Berbaring dengan tiduran sama, ketiduan nggak apa, yang penting tidak di kantor atau di restoran.
    Iya tuh, musik kelupaan nggak tertulis, trims tambahannya.
    Posisi duduk yang baik tegak, diselang-seling bersandar untuk melemaskan otot. Ketiduran lagi nggak ? 😀

    @ Titah,
    Hehehe, sip. Rupanya Suroboyo lagi musim udan ya

  11. 11 cK April 26, 2007 pukul 5:20 pm

    wah…ini yang saya usulin ya? hehehe…
    wah…saya sering banget tuh pegel2 ama sakit leher akibat duduk di depan kompi lebih dari 8 jam (jam kerja + maen di rumah). tapi kalo kebanyakan maen kompi bisa ada efek buruk untuk ke depannya ga cak

  12. 12 cK April 26, 2007 pukul 5:21 pm

    eh…kurang tanda tanya. harusnya: tapi kalo kebanyakan maen kompi bisa ada efek buruk untuk ke depannya ga cak??
    sekian ralatnya ^o^

  13. 13 cakmoki April 26, 2007 pukul 5:57 pm

    @ cK,
    iya, beberapa temen juga menyiratkan hal yang sama.
    Tentang efek buruk sudah ada penelitian, terutama pengaruh pada mata. Masih perlu penelitian para ahli untuk membuktikan kebenarannya, termasuk soal waktu, dan lain-lain.
    Sepanjang tidak mengganggu aktifitas lain, mungkin nggak terlalu berpengaruh.
    Link yang saya sertakan sebenarnya adalah beberapa tips untuk meminimalisir pengaruh buruk yang mungkin muncul dikemudian hari.
    D sisi lain, kompi sudah merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan layaknya hp, alat transportasi dan sebagainya.
    Jika mengacu pada asas manfaat-mudharat, saya lebih memilih yang banyak manfaatnya.
    Moga aja ada yang berminat mengadakan penelitian.

  14. 14 mercsolo April 26, 2007 pukul 7:25 pm

    Bagus Cak..kebetulan Kedokteran Okupasi masih jadi ladang baru tapi dilihat sebelah mata..
    Btw, ini MERCSOLO juga buatan Sibermedik lho..jd maaf jarang posting di sibermedik he5x…

  15. 15 Kampret Nyasar April 26, 2007 pukul 8:54 pm

    Dok,

    Juga diulas dong ttgs etting monitor agar mata gak cepet cape dan jadi rabun :), untungnya dapet keyboard yang ergonomis dan ada cushion (bantal)nya jadi si palm ini gak iritasi. Thanks for the posting today.

    Salam hangat dari negeri si bau kelek!

  16. 16 alle April 27, 2007 pukul 1:23 am

    Loh ngomongin diri sendiri yah? hihihi,.. gimana mo istirahat cukup? Lha cakmoki aja hampir jam 3 pagi masih ngeblog 😉

    ky saya donk yg tidur 8 jam sehari
    *sambil pura-pura ngeloyor ke kasur mo tidur*

  17. 17 cakmoki April 27, 2007 pukul 1:45 am

    @ mercsolo,
    Hahaha, pro kontra di bidang kita kan sudah tradisi. Apapun bentuk dan istilahnya, sepanjang mengedepankan kepentingan publik, lambat laun diikuti. Interaksinya dimana nih, mercsolo or sibermedik?

    @ Kampret Nyasar,
    Siap pak, delapan-enam. Sementara di edisi cetak ada sedikit disinggung. Insya Allah kita bahas dan sharing soal itu.
    Salam hangat juga dari ndeso bau harum privat number. hehehe

    @ alle,
    Anggap aja menginventarisir tukang melekan. Kita kan sesama pemain malam. hahaha

  18. 18 faiq April 27, 2007 pukul 3:35 am

    Kalau nyeri otot ada yang mijetin, Cak. Tapi kalau mata pedes… ??? Lain kali buat postingan “Ngeblog dan Kesehatan Mata” dok…, atau biar nggak dicemburuin dokter mata, ganti judul “Tips menghindari mata pedes, saat ngeblog”… he..he..he gimana dok??

  19. 19 cakmoki April 27, 2007 pukul 8:17 am

    @ faiq,
    Mata pedes ada yang nyuci muka, raup pak.
    Insya Allah, trims sarannya.

  20. 20 Rizma Adlia April 27, 2007 pukul 2:22 pm

    Makanya harus pewe dan ergonomis kursi dan monitornya,, hehehehehe,, 😉

  21. 21 ndarualqaz April 27, 2007 pukul 2:55 pm

    bagian tubuh paling sering pegel kalo ngeblog bukan otot saya cak, tapi otak saya .

  22. 22 calonorangtenarsedunia April 27, 2007 pukul 4:58 pm

    nge-junk ah seperti biasa…

    buang sampah stress gara2 UTS dan deadline yg mengejar2 dengan biadab…

  23. 23 fertobhades April 27, 2007 pukul 10:24 pm

    Gangguan No. 2 itu yang paling sering terjadi. Maklum, karena tekanan darah agak rendah jadi kalau langsung berdiri setelah duduk lama biasanya langsung gelap gulita disekeliling.

    Tapi sejak olahraga teratur (seminggu 2-3X) hypotensinya sudah lumayan baik. Olahraga memang obat mujarab untuk masalah ini rupanya 🙂

    thanks atas infonya cak…

  24. 25 cakmoki April 27, 2007 pukul 11:16 pm

    @ Rizma Adlia,
    Dengan kata lain, jika ingin nyaman ngeblog, harus rela sedikit repot dan tambah anggaran ya 🙂

    @ ndarualqaz,
    ya mas, sudah resiko. Apalagi nulis yang berat-berat. Untungnya saya nulis yang ringan-ringan, nyantai. hehehe

    @ calonorangtenarsedunia,
    Lho bilangnya UTS dah sukses. Deadline apaan sih?

    @ fertobhades,
    Sip pak, olahraga rutin memang bikin fresh. Moga tetap sehat.
    Satu yang saya suka tapi terpaksa dihindari, berenang, pakaiannya itu lho yang bikin nggak enak 😀

  25. 26 cakmoki April 27, 2007 pukul 11:18 pm

    @ alief,
    sama-sama, cak alief 🙂

  26. 27 Rizma Adlia April 28, 2007 pukul 1:09 am

    iya cak, sayangnya,, (ogah Ma kalo akhirnya harus di-fisioterapi,, hehehe,,)

  27. 28 cakmoki April 28, 2007 pukul 2:04 am

    @ Rizma Adlia,
    sayangnya apa tuh …
    Hebat, jam segini belum tidur, nungguin partus di obsgyn ya

  28. 29 Rizma Adlia April 28, 2007 pukul 2:24 am

    sayangnya Ma libur cak,, jadwal jaga hari selasa,, hehehe,, (kalo udah koas senior 5 minggu ga boleh pulang,, tiddaaakk!!!!!)

  29. 30 cakmoki April 28, 2007 pukul 2:50 am

    @ Rizma Adlia,
    Pantesan belum tidur, kirain sambil ngerjakan tugas.
    Koas senior bagusnya 10 minggu full gak pulang. hahaha

  30. 31 Evy April 28, 2007 pukul 5:06 am

    pijeet pijeett wii enak yo lek iso pijeet…

  31. 32 Petualan Amatir April 28, 2007 pukul 6:14 am

    kalau badan nggak papa , cuma mata saya sekarang kok berair terus ya cak , apa gara-gara kebanyakan di depan komputer ya?
    waah gawat niih…

  32. 33 cakmoki April 28, 2007 pukul 12:16 pm

    @ Evy,
    Hehehe, pijet-pijetan, uenak tenan 😀

    @ Petualang Amatir,
    Nggak gawat lah, cuman ngatur waktu aja, misalnya 1-2 jam mata udah pedas, istirohat sekitar 20 menit.
    Boleh juga pakai obat tetes mata, misalnya: Augentonic eye drops.
    Rencananya minggu depan mbahas ini 😀

  33. 34 calonorangtenarsedunia April 28, 2007 pukul 12:37 pm

    deadline buletin….hwaaaa…..
    *blm dapet penguat buat ngeluarin tuh buletin gara2 kejadian yg waktu itu..*

    UTS nya kan ga cm satu, cak..semua mata kuliah..

  34. 35 cakmoki April 28, 2007 pukul 1:00 pm

    @ calonorangtenarsedunia,
    waaaow, rupanya Pemred Buletin. Moga cepet beres ya 🙂
    Psikologi memang sulit sih, kalo kedokteran walau masa UTS or US masih bisa nonton pilem.

  35. 36 ndarualqaz April 28, 2007 pukul 1:54 pm

    waduh cak, saya nulis yang lebih ringan dari postingan anda aja udah cenut cenut…. apa mungkin karena posisi saya ngetik yang salah ya cak, soalnya kalo ngetik saya suka membalik keyboard (berharap masuk guinnes book of record)

  36. 37 Rizma Adlia April 28, 2007 pukul 2:27 pm

    @cakmoki

    tega, bisa mati stress Ma 10 minggu ga pulang,, *hueee!!*

    @calonorangtenarsedunia

    wah, rajinnya,,
    bener tuh, UTS masih bisa nonton, tapi temen temen Ma kayanya belajar banget dan ga nonton dll deh cak,, jadi minder Ma (Ma emang aneh,,)

  37. 38 calonorangtenarsedunia April 28, 2007 pukul 6:53 pm

    halah, cak…
    ini aja selalu sempet ngeblog dan YM,,
    wakakakak47x…

  38. 39 deking April 29, 2007 pukul 12:19 am

    Wah mantap Cak…
    Berarti bagi blogger yang posisi duduknya gak benar harus menyediakan obat pegel linu donk.
    Wah bisa jadi bahan penelitian nich… hubungan antara peningkatan jumlah blogger dengan peningkatan penderita rematik dll

  39. 40 cakmoki April 29, 2007 pukul 12:59 am

    @ ndarualqaz,
    hahh, saya baru denger ngetik seperti itu. Daftar MURI, ntar bisa dijadikan bintang tamu di 4 mata seperti om jaya suprana 😀

    @ Rizma Adlia,
    Ralat deh, soalnya saya dulu 3 bulan di bagian itu jarang pulang sampai rasanya badan bau ketuban.

    @ calonorangtenarsedunia,
    Nah kan, ketahuan emang jago. Gitu pura-pura mengeluh. Berarti suma-cumlaude dong 😀 *nunggu hadiah traktiran*

    @ deking,
    Tata niaga di luar sana sudah menjamah masalah ini. Mungkin suatu saat muncul produk kursi ergonomis.
    Ya, moga aja ada yang tertarik mengadakan penelitian soal itu.

  40. 41 starflake April 29, 2007 pukul 12:56 pm

    kalo nge-blog masih agak nyantai..yang paling bikin pegel itu kalo dapat tugas paper dari dosen..haha…bisa ngadep kompueter berjam2 sampe pegel semua tapi gak nulis apa2…malah keasyikan browsing lain2 ato chatting,..hahaha…pengalaman pribadi..

  41. 42 cakmoki April 29, 2007 pukul 9:21 pm

    @ starflake,
    Masih lebih enak pegel badan daripada pegel hati gara-gara tugas. Itu sih, sama … hahaha

  42. 43 lunabeby Juni 7, 2010 pukul 11:48 pm

    cak, numpang nanya , apa nama obat yang manjur untuk otot tegang karena kelamaann digips?
    dan sekalian juga tips tips agar otot-otot yang tegang itu lebih cepat kembali normal?
    tq ya sebelumanya

  43. 44 cakmoki Juni 8, 2010 pukul 6:43 pm

    @ lunabeby:
    Jika tanpa nyeri, cukup dengan neurotropik, yakni obat yang mengandung Vitamin B1,B6,B12 dosis tinggi, misalnya: Neurobion, Nerviton, dan sejenisnya. Obat ini aman digunakan dalam jangka panjang karena mudah larut dalam air.

    Agar otot yg tegang tersebut lebih cepat pulih, seyogyanya dilatih dengan menggerak-nggerakkan otot secara teratur sambil dipaparkan sinar matahari, terutama sekitar jam 8-9 pagi dan sekitar jam 4 sore.
    Makasih

  44. 45 natasya vika Januari 12, 2011 pukul 3:52 pm

    aku juga sering nyeri otot dipunggung, tapi kadang ilang.sakitnya terasa sakit bgt.kira2 bahaya ga ya?trus cara menghilangkannya gimana ya?

  45. 46 cakmoki Januari 13, 2011 pukul 11:13 pm

    @ natasya vika:
    ga bahaya… Untuk menghilangkannya silahkan baca Tips pada bagian akhir artikel 😀
    Makasih

  46. 47 elisya Januari 14, 2011 pukul 11:46 am

    AKU SERING NYERI OTOT PADA BETIS, KEJADIAN SERING MALAM HARI, OBATNYA APA YA ….

  47. 48 cakmoki Januari 14, 2011 pukul 2:32 pm

    @ elisya:
    Voltaren or klotaren or divoltar, diminum 3×1 sesudah makan hingga nyeinya ilang.. makasih

  48. 49 ria Februari 13, 2011 pukul 2:02 am

    saya tambahin satu berdasarkan pengalaman pribadi..

    perhatikan bantalan kursi..
    kalo nggak.. pantat bisa lecet!!!

    *pantat saya sekarang lecet gara-gara duduk lebih dari 15jam setiap harinya depan kompie.. hikss..

  49. 50 cakmoki Februari 13, 2011 pukul 2:31 pm

    @ ria:
    ok, setuju 🙂


  1. 1 Dilema Antihipertensi « cakmoki Blog Lacak balik pada Januari 11, 2008 pukul 2:39 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

No Korupsi

Internet Sehat

Translator

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,355,779 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters

Translate


%d blogger menyukai ini: