Kartini: bukan hanya upacara, mom !!!

RA. KartiniTerinspirasi oleh peringatan hari Kartini dan calon penerus perjuangan ibu kita Kartini.

R.A. Kartini, habis gelap terbitlah terang. Siapa tak tahu itu ? Sebuah kalimat penuh makna. Sejarah mencatat perjuangan panjang beliau. Pemikiran, cita-cita dan langkah nyata beliau dalam mewujutkan impian, tak hanya mengundang decak kagum bangsa kita, bahkan menyelinap menembus batas negeri.

CITA CITA DAN KENYATAAN
Saya, sebagi lelaki sungguh terkagum-kagum membaca sejarah R.A Kartini, seorang wanita pejuang emansipasi, seorang istri Bupati yang tidak sekedar pendamping suami, seorang pendidik anak negeri, seorang diplomat mumpuni. Sungguh pantas jika setiap tahun diperingati.

Sebagai seorang istri Bupati, beliau tidak menggunakan kekuasaan sang suami untuk anjangsana kesana kemari. Tapi berbuat nyata. Mendirikan sekolah, mendidik anak-anak negeri yang kala itu pendidikan masih didominasi kaum priyayi dan kompeni.
Seorang wanita, berani berjuang di tengah maraknya sebagian petinggi menjual diri menjilat kepada kaum penjajah. Berani menembus himpitan untuk menyetarakan pendidikan kaum wanita, setara dengan lelaki. Luar biasa !!!.
Tidak hanya itu, ketrampilan juga diajarkan sebagai keseimbangan antara pendidikan dan kodrat. Kini, adalah tugas kita untuk meneruskan perjuangan beliau. Selebihnya, silahkan menapak tilas sejarah R.A. Kartini.

KARTINI MASA KINI
Ditinjau dari sudut kesetaraan “pendidikan” wanita Indonesia, boleh dikata perjuangan Ibu Kartini dan generasi berikutnya cukup berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya wanita Indonesia yang dapat mengeyam pendidikan tinggi tanpa ada lagi pembatasan jenis kelamin. Pun demikian dalam lapangan kerja, hampir semua sektor bisa dilakukan para wanita ( atau semua bisa ?). Link sendiri aja deh.

Bagaimana “Kartini-Kartini” para istri Bupati atau Walikota atau Gubernur kini ?
Secara struktural, jabatan berjibun, misalnya sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Tingkat Provinsi dan seterusnya. Acara seremonial beragam, mungkin hampir setiap hari terjadwal dalam agenda protokoler Pemerintah Daerah. Tak terhitung pula acara jalan-jalan or shoping *sengaja sinis* bertajuk “studi banding-studi bandingan”.
Dapatkah “Kartini” yang ini disebut sebagai penerus R.A. Kartini ?
Maaf para wanita terhormat, tercinta, terkasih, tersayang, ter-semuanya, … Kartini-Kartini masa kini berlabel istri “Kepala Daerah”, sepertinya koq berbeda dengan ibu kita R.A. Kartini istri Bupati Rembang.

Wahai “Kartini-Kartini” istri Kepala Daerah, mari lanjutkan perjuangan ibu kita Kartini dengan langkah nyata, bukan dengan upacara semata.

Merdeka !!!

Iklan

20 Responses to “Kartini: bukan hanya upacara, mom !!!”


  1. 1 alle April 22, 2007 pukul 2:03 am

    tuntutan jaman pak,..

  2. 2 cakmoki April 22, 2007 pukul 2:22 am

    @ alle,
    iya kali …
    Jam segini melekan, kita ini termasuk golongan kalong ya, hahaha.
    Wah lama nggak jumpa. Maaf mas alle, saya baru lihat-lihat kecantikan Tiara, terpana trus lupa komen πŸ˜€ *halah*

  3. 3 faiq April 22, 2007 pukul 2:36 am

    Merdeka…juga…. Lhadalah,…Tiara termasuk dalam cita-cita & harapan ibu RA Kartini nggak ya?? **sambil garuk2 kepala yang nggak ada “kelemumur-nya” eh.. ketombenya**

  4. 4 alle April 22, 2007 pukul 3:06 am

    Hei,..
    wah udah jam 2 masih mantengin kompi aja nih cakmoki. Penyakit baru? hehehe…

    Oh yah,.. masih masalah kartini. Mungkin saya lupa ato nggak ngerti sejarah,.. mengapa cuma kartini aja yah yg dianggap sebagai perubah? bukankah banyak tokoh yang ikut andil penegakan emansipasi di indonesia?

  5. 5 cakmoki April 22, 2007 pukul 3:22 am

    @ faiq,
    Masa lalunya mungkin banyak yang menganggap tidak. Saat ini mungkin mbak Tiara sedang membentuk jati diri, mudah-mudahan nantinya menjadi harapan ibu Kartini.
    Walah, di negeri Jiran melekan juga ya

    @ alle,
    Penyakit lama Mas, sejak mhs biasa tidur 4-5 jam sehari, sama juga kan.

    hehehe, soal perubah selain ibu Kartini, mana saya tahu. Ada Dewi Sartika, ada Cut Nyak Dien dll. Mungkin terkait dengan isu saat itu, emansipasi dan pendidikan wanita yang masih dianggap tabu. Atau mungkin beliau mampu melakukan “diplomasi” damai melalui surat kepada wanita Belanda, moment dan isu kali ya.
    Ahli sejarah yang bisa menjawab dengan benar, saya hanya menduga-duga saja.

  6. 6 calonorangtenarsedunia April 22, 2007 pukul 3:27 pm

    cak, aku malah ga pake upacara,,
    upacaranya ya posting kemaren itu,,
    hehe47x..
    abis mengheningkan cipta di kamar trus posting,,
    -selamat hari kartini-

  7. 7 calonorangtenarsedunia April 22, 2007 pukul 3:29 pm

    @alle
    yg lain bukan ga dianggep kok,,
    dewi sartika juga kan mendirikan sekolah,,
    malah namanya jg dipake buat nama jalan,,hehe47x..
    kenapa kartini yg paling rame dan dibikin hari besar?
    karena dia yg pertama,,
    pioneer selalu paling diingat,,

  8. 8 cakmoki April 22, 2007 pukul 4:47 pm

    @ calonorangtenarsedunia,
    Pakai kebaya mengheningkan cipta di kamar ? hebaattt.
    =Met Hari Kartini= πŸ˜€

  9. 9 starflake April 22, 2007 pukul 5:07 pm

    kartini yang ibu pejabat sekarang banyak yang arisan, darma wanita…jarang yang nulis buku dan surat2an sama noni belanda *alah*…semoga saja arisan dan darma wanitanya membahas hal2 yang bermanfaat dan ada follow-up-nya…

    jadi ingat ponakan saya yang juara 3 berkebaya di TK-nya, disuruh ibunya ganti baju gak mau..haha..

  10. 10 cakmoki April 22, 2007 pukul 7:54 pm

    @ starflake,
    boro-boro nulis, mbaca aja jarang. Moga aja beliau-beliau nggak banyak arisan dan ngrumpi lagi ya
    Ponakan juara 3, tantenya juara berapa dong

  11. 11 Lintang April 23, 2007 pukul 4:52 pm

    eh tgl 21 kemaren hari kartini yah πŸ˜€ lupa euy hehe…

  12. 12 juliach April 23, 2007 pukul 5:50 pm

    @starflake
    Tergantung DHARMA WANITA-nya siapa dulu. Jaman ibuku, Dharma Wanitanya bagus, karena ibuku & ibu (istri) pemimpin selalu menegor ibu-ibu yg ngrumpi sendiri sewaktu ada pembicaraan/diskusi/trainning. Untung aku selalu ikut ibu ke mana saja, banyak manfaatnya.

    Banyak sekali kegiatan Dharma Wanita, a.l. : memasak menu bergizi & murah tentunya, menari, kursus salon (make-up, potong rambut), bahkan ada koperasi.

    Aku sangat kagum pada ibu pemimpin. Beliau hanya lulusan SMP saja, tetapi kalo bicara di depan umum sangat bagus sekali. Mungkin belajar dari suaminya, ya?

    Ibuku so pasti aku kagum sekali, dia pedomanku.

  13. 13 kangguru April 23, 2007 pukul 8:21 pm

    ayo silahkan ibu-ibu dilanjut

  14. 14 cakmoki April 24, 2007 pukul 12:13 am

    @ Lintang,
    Sibuk kali ya πŸ™‚

    @ juliach,
    Saluuuttt, moga menjadi panutan ibu pemimpin yang lain.

    @ kangguru,
    acc pak

  15. 15 Evy April 24, 2007 pukul 2:19 am

    lho ibu2 pejabat kadang lebih sibuk dari yang kerja jeee… trus luweh galak timbang bapake.. hehehe lek bapake bupati, ibune gubernur… wakakakak, psssttt…ojok di kandakno yo cak

  16. 16 cakmoki April 24, 2007 pukul 3:19 am

    @ Evy,
    Ono sing apik, sayange jarang. Luwih akeh sing koyok sampeyan tulis iku. Iki diwoco pak Lurah & pak Camat lho, mengko dikandakno bu camat nang bu walikota. hehehe

  17. 17 chiw imudz Mei 5, 2007 pukul 12:28 pm

    Kalo saya udah bisa disebut Kartini Masa Kini belum pak?
    kekeke
    salam kenal dari anak yang (masih) kecil

  18. 18 cakmoki Mei 6, 2007 pukul 10:12 am

    @ chiw imudz,
    Bisa dong πŸ˜‰
    Ok, salam kenal juga, trims

  19. 19 ratih April 13, 2010 pukul 12:56 pm

    mungkin ce kita menilai seperti itu.tapi kan yang lain pada beda!!!!

  20. 20 cakmoki April 14, 2010 pukul 1:16 am

    @ ratih:
    ya iyalah…kan gak selalu sama πŸ™‚


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,354,783 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: