PMS datang, “badai” mengguncang

Kata kunci:
Pre Menstrual Syndrome, Pre Menstrual Tension, Pre Menstrual Dysphoric Disorder

Kode ICD.10: N94.3 Premenstrual Tension Syndrome

Pre Menstrual Syndrome (pms)Pre Menstrual Syndrome, selanjutnya disingkat pms, bukan Penyakit Seksual Menular (kata pak fertob yang psikolog), mau tidak mau dihadapi oleh para pria saat berdekatan dengan wanita (tidak semua sih) yang mengalaminya, dengan berbagai bentuk “badai” (lagi-lagi meminjam istilah pak fertob, halo pak).

Bukankan para pria berdekatan dengan wanita dalam kesehariannya ?

Wanita dimaksud bisa istri, pacar, teman (teman apa aja), saudari, anak, ibu, murid, guru, mahasiswi, dosen, atasan, bawahan dan sebagainya sepanjang wanita tersebut dalam masa reproduksi.

Beberapa teman blogger mengeluhkan akses pms, atau setidaknya menyinggung masalah pms berkenaan dengan dirinya sendiri, teman dekat atau pasangannya.
Hehehe, mau ngelink yang nyebut-nyebut pms, nggak tega πŸ˜€

Tim Riset University of Maryland Medical Center memberikan ilustrasi sebagai berikut:

Wanita dengan pms mengalami berbagai variasi gejala fisik dan psikis 2 hingga 14 hari sebelum siklus menstruasi. Gejala-gejala pms menghilang setelah datangnya menstruasi. Diperkirakan sekitar 75 % wanita mengalami pms (dengan berbagai tingkatan), dan 20-50% diantaranya ditengarai mengganggu aktifitas sehari-hari. Sekitar 3-5% yang mengalami episode “tidak berdaya” (referensi lain menyebutkan 10% mengalami gangguan berat edit).

Dr. Philip Owen (consultant obstetrician and gynaecologist) menyebutkan bahwa penetapan berat ringannya pms berubah-ubah tergantung pada terganggunya aktifitas sehari-hari. Bagi wanita yang sangat mengenali dirinya sendiri dan dapat mengelolanya, boleh jadi pms tidaklah terlalu mengganggu.
Tak jarang, para wanita mengenali pms dan akses yang merugikan diri sendiri serta orang sekitarnya, toh tidak mudah untuk mengendalikannya.

Bagi sebagian wanita, masa-masa menjelang pms ibarat penantian nan mengerikan

BADAI PMS ( gejala)
Berikut adalah rangkuman bermacam-macam perasaan yang menyertai pms (para pembaca boleh menambah sesuai pengalaman orang-orang dekat).

Tanda-tanda “badai” psikis:

  • Gelisah, cemas, takut sendirian, suasana hati serba tak nyaman,rasa lelah dan letih, cemberut, rasa mau marah, mudah marah, marah beneran.
  • Kepribadian seakan sirna, hilangnya rasa percaya diri (gak pede), kurang konsentrasi, mudah menangis terhadap hal-hal kecil (gembeng)
  • Depresi, perasaan tertekan, mudah tersinggung, kadang agresif, arrrrgggh (meledak-ledak)
  • Malas makan atau malah banyak makan
  • Rasa hanyut, melayang, tindakan tak terkontrol

Tanda-tanda “badai” fisik:

  • Payudara melunak (kadang sakit)
  • Perut mengembang, kembung
  • Badan terasa berat
  • Kaki dan sendi terasa lunglai
  • Sakit kepala, dapat juga migrain, dll.

Catatan:
Nyeri haid (Dysmenorrhea): tidak termasuk pms

PENYEBAB
Penyebab pasti BELUM diketahui, diduga berhubungan dengan fluktuasi kadar hormon estrogen dan progesteron setelah ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur). Beberapa kasus ternyata tidak menunjukkan perbedaan kadar hormon diatas antara wanita yang mengalami pms dengan yang tidak.
Teori lain menyebutkan adanya hubungan dengan berkurangnya kadar serotonin. Hal ini menjelaskan kaitan pms dengan tanda psikis.

Perlu diingat bahwa:
PMS tidak disebabkan oleh kelainan organ repruduksi dan tidak berhubungan dengannya.

PENGOBATAN
Jenis dan pilihan pengobatan bergantung kepada berat rungannya pengaruh yang ditimbulkan pms. ( lihat juga versi ICD di sini )
Pembagian pengobatan, meliputi:

Mengatur pola hidup (life style)

  • Tidak minum alkohol
  • Mengurangi kopi
  • Menghindari (tidak) merokok
  • Belajar mengenali pms dan mengendalikan perasaan, enjoyyyy
  • Beberapa referensi menganjurkan pengaturan pola makan, maksudnya gizi seimbang
  • Olah raga 3 kali seminggu, dengan aerobik sekitar 20-45 menit sebelum pms datang
  • Memenej stress, misalnya: meditasi, tai chi, jalan-jalan, berkebun, dll

Obat non-hormonal

  • Vitamin (roborantia)
  • Antidepresan (hanya jika diperlukan) *oleh University of Pennsylvania Medical Center dianggap sebagai pilihanpertama*
  • Analgetika (pereda nyeri) jika sakit kepala
  • Obat lain untuk mengurangi keluhan (simptomatik)

Obat hormonal

  • Golongan progesteron
  • Hormon kombinasi
  • Hormon sintetik (danazol)
  • Hormon estrogen

Konseling (kepada psikolog)
Hubungi pak fertob. Gratis, beliau gak mau amplop kecuali isinya. Hahaha

ANJURAN (tidak mudah namun layak dicoba).
Sebagian dirumuskan oleh: R. Schellenberg, Institute for Health Care and Science, Germany

  • Hilangkan kesedihan
  • Bergembiralah
  • Jangan cemas
  • Kendalikan amarah
  • Tidur saja, sementara kurangi aktifitas
  • Hindari makan berlebihan (balas dendam?), terutama makanan manis, coklat, makanan berlemak, dll
  • Dan masih banyak lagi

Catatan penulis:

  • Jenis dan dosis obat tidak ditulis mendetail karena berbagai pertimbangan
  • Mengingat bahwa pms berhubungan erat dengan masalah psikis dan berbagai aksesnya, maka pendekatan rohani patut sipertimbangkan sesuai keyakinan masing-masing.
  • Bagi wanita pengambil keputusan, sebaiknya menunda kebijakan disaat pms datang untuk menghindari keputusan yang emosional *maaf, sambil menangkupkan tangan*

Oke, masih banyak pembahasan seputar pms, tentang kategori, pembagian berdasarkan jenis keluhan dan lain-lain. Sementara penulis abaikan lantaran tidak terlalu penting.

A K H I R N Y A:
Tiga pertanyaan untuk para wanita:

  1. Jika pms datang, apakah pelukan dapat membantu ? Atau malah risih ?
  2. Apa yang diharapkan dari orang dekat jika pms datang?
  3. Apa yang paling tidak disukai dari orang sekitar (semua nampak salah) di saat pms?

Selamat berbagi, semoga bermanfaat

Daftar istilah:

  • Estrogen:
    hormon yang berperan pada pengaturan menstruasi, dan menghasilkan lingkungan yang sesuai bagi bakal janin.
  • Progesteron:
    hormon yang berfungsi untuk menerima dan mengembangkan sel telur yang sudah dibuahi.

Link Terkait:
Premenstrual syndrome
PMS PDR-Health
PMS treatment options

PMS or PMT

Posting berikutnya:
Bila si kecil sulit minum obat

Β» back to top

Iklan

65 Responses to “PMS datang, “badai” mengguncang”


  1. 1 siNung Maret 24, 2007 pukul 2:27 am

    versi optimis : badai pasti berlalu (dg izin Allah)
    versi yg lain : siapa menanam angin akan memetik badai

    πŸ™‚

  2. 2 Titah Maret 24, 2007 pukul 2:43 am

    tengkyu atas posting pms-nya cakmoki. ini namanya blog yang melayani “pilihan pendengar” πŸ˜€

    *(referensi lain menyebutkan 10% mengalami gangguan barat)* gangguan barat maksudnya apa sih? menimbulkan badai? (barat = angin kencang)

    saya kalo pms suka naruh coklat di tas, eh… di mulut… katanya bisa meningkatkan serotonin? enak lagi. yah, tapi nggak semudah itu, cak!

    untuk jawaban 3 pertanyaan (hadiahnya apa ya?):
    1. peluk, senyum, kata-kata manis. mau dong!
    2. ngerti, sabar, ngalah.
    3. “ngelawan kita”, bisa tambah parah pms-nya hahaha….
    soalnya biarpun kita tau kita yang “gak beres” karena pms, benar2 susah lo mengatasi n menjalaninya. so yang diharapkan adalah mereka pada ngerti, sabar, ngalah. alaaah… paling2 cuma 2-3 hari aja koq.

  3. 3 yati Maret 24, 2007 pukul 3:16 am

    ga enak napa dok? banyak postingan saya terutama di blog satunya http://senandung.wordpress.com ngomongin soal PMS. bener2 berat dok. yang terakhir, saya malah sampe pada rasa pengen bunuh diri. mungkin trauma pada rasa sakit bulan lalu. tapi kali ini bener2 keterlaluan, sangat mudah sedih, tersinggung dan…ih, pengen bunuh diri.
    makanya saya setuju banget ma pertanyaan pertama. jawaban selengkapnya:
    1. pelukan sangat membantu…mauuuuu…hehehe :p tapi kalo yg diharapkan melukin jauh, gimana?
    2. dipelukin (ngarep, hahaha…). pengen sih kalo dikasih duit, tapi paling2 juga ntar saya malah tersinggung dikira miskin, hahaha
    3. mmm…keknya ga ada yang bener deh :p mending ga usah berharap apa2…hueks…moody banget

  4. 4 Evy Maret 24, 2007 pukul 7:58 am

    PMS yg lebih parah pre menopause syndrome…
    1. Pelukan, boleh juga sih,apalagi kalau yg meluk Hug Jackman atau Brad piet…PMS terus deeh…hihihihi

    2. Ngerti, sabar, ngalah… huahuahua… bapak2 kapan ngalahnya?

    3. Yang paling tidak disukai…, hmmm pokoknya jangan cari gara2 deh, klo ga mau di makan…hehehe

    Guyon cak, aku udah cari jalan sendiri tak kendalikan semua pake IUD progesteron pasang di Jerman, di Indo belum umum ya? Jd ga ada PMS, ga ada M, ga ada endometriosis, klo ga gitu gawat…bleding to much pernah Hb-ku cumna 6.5 mmHg.

  5. 5 FK Unsri Maret 24, 2007 pukul 8:45 am

    Katanya (kata dosen Ma sih,,) malah kalo orang yang di rural area gitu lebih jarang kena pms (bukan gara2 mereka ga tau istilahnya,,),, ga ngaruh buat mereka mau marah marah, sensi ato apaun,, kaya biasa aja,, lagi lagi,, katanya,,,

    atu lagi,, katanya PMS tuh ada macem2nya yah secara teori,, ada tipe A-D apaa gitu,, bener ga sih,,?

  6. 6 manusiasuper Maret 24, 2007 pukul 9:53 am

    —————-
    Hehehe, mau ngelink yang nyebut-nyebut pms, nggak tega πŸ˜€
    —————-

    Link saja pak, biar puwas,. πŸ˜€

  7. 7 Dani Iswara Maret 24, 2007 pukul 10:20 am

    “Hindari…, terutama makanan manis, coklat, …, dll”

    yg ini mungkin berhubungan dgn teori ‘retensi cairan’..jd ‘susah otot rahim meres sisa pertumbuhannya’..[?]

    ada jg dl temen perawat yg hrs disuntik anti nyeri tiap bulannya krn pms..saking gak tahannya..ada yg ampe pingsan2 jg.. 😦

  8. 8 Lita Maret 24, 2007 pukul 10:44 am

    mau ngelink yang nyebut-nyebut pms, nggak tega

    Udah, sebut aja. Ngomongin diriku tho, cak? πŸ˜€

    Menjawab pertanyaan.
    1. Kalau sedang PMS, dipeluk itu nyaman, tapi tak jarang juga risih. Jadi harus lihat-lihat dulu ‘hawa’ emosinya sedang yang mana.
    2. Jangan bercanda dengan kekurangan (fisik, emosi, pikiran) dulu, deh. Alih-alih ketawa, malah tersinggung (padahal hari biasa ya cuma nyengir sambil ngelempar segumpal tisyu).
    3. Lha namanya juga semua salah, cak. Ya salah aja. Ngajak ngobrol salah, ngediemin salah, becanda salah, serius ndak ditanggapi. Wes… ambil jarak aman. Senyum aja dari jauh hihihi…

    Setuju dengan anjurannya. Tidur, duduk santai, baca buku, jalan-jalan, apapun pokoknya rileks. Usahakan diam, minimal tidak banyak bicara. Tergantung orangnya sih, kalau ngobrol bisa bikin santai ya ngobrol aja. Tapi risiko tersinggung oleh lawan bicara jadi besar.

    Tahu sih sedang PMS, tapi rasa jengkel dan mudah tersinggung yang tidak jelas itu tidak bisa dihindari. Dan kalau sudah kadung kesal, ngomong juga jadi sinis plus judes. Lengkap deh penderitaan yang ngajak ngomong. Padahal habis ngomong ya nyesel, “Ih kok tadi ngomongnya gitu banget ya?”. Hiks.

    Susahnya, pas sedang banyak-banyaknya, si mbak pamit bantu tetangga masak untuk syukuran. Duh… si bungsu lari ke sana-sini (harus terus diawasi), saya lagi lemes dan super-ngga-nyaman, mules-kram-pegel, malamnya terasa capeeeek banget :p
    *lho curhat, ini sih bukan PMS lagi yak*

  9. 9 imcw Maret 24, 2007 pukul 1:42 pm

    saya sih bukan nanggapi tulisannya…tetapi modelnya itu lho…apa mbak rai mengalami pms juga cak?…atau cakmoki salah satu fans berat mbak rai?…;p

  10. 10 oon Maret 24, 2007 pukul 1:57 pm

    mau dong meluk modelnya cak xixixi….ngimpi!

  11. 11 cakmoki Maret 24, 2007 pukul 2:21 pm

    @ siNung,
    Yang nggak ikut menanam, kalo dekat-dekat bisa kena badai, minimal kena plerokan. Kalo ketemu yang mode optimis mungkin malah dapat traktiran. hehehe

    @ Titah,
    Barat sudah diedit tadi pagi sambil sarapan.
    ooooo, jadi pms mintanya gitu ya, saya baru tahu πŸ™‚
    Bilangnya yang biasa kena dampak pms, 2 hari bagaikan siksaan 2 tahun, salah meluknya kali.

    @ yati,
    Meluk guling sambil sms-an sama do’i kan bisa. Eh, nggak tahu ding… seberapa beratnya sih koq sampai mau bunuh-bunuhan segala, emangnya serasa gelap gulita ya πŸ™‚

    @ Evy,
    Di indo dah umum koq pakai IUD progest. Aku pingin ngerti nek nesu piye sih.
    hiks Hb 6,5 badai pms ilang sendiri. Kapan iku ono pasien ibu muda lemes, dipapah bojone malah ngamuk. Aku kudu ngguyu ndelok rupane bojone, pucat pasi. hehehe

    @ FK Unsri,
    Masa sih. Di daerah kami perifer sama aja tuh, memang gak ngenal istilah pms, tapi pakai istilah lain. Badai-nya sama aja, malah ada yang main piring terbang. Itu kata bapak-bapak kalo ngrumpi.

    Betul, ada 5 type: PMS-A=anxiety, PMS-C=craving, PMS-D=depression, PMS-H=hydration, PMS-O=other. Pilih yang mana, eh maksud saya, biasa badai yang mana ? *becanda* πŸ˜€

    @ manusiasuper,
    hehehe, jangan dong. Toleransi terhadap korban pms dilarang buka rahasia. Ntar kalau yang pms baca gimana, hayo πŸ˜€

    @ Dani Iswara,
    Iya penjelasannya begitu. Wuih, pakai suntikan berarti sakit banget ya. Bisa cerita ekspresinya gak ? Eh jangan ah, nanti kita-kita bisa kena semprot “badai” para wanita πŸ˜€

    @ Lita,
    Mboten Bu, tidaaakkk πŸ™‚
    Duhhh serba salah, padahal di luar jadwal pms.
    Hiks, semua yang dirasakan wanita saat pms saya copy, soale lebih lengkap dari referensi. Nama dirahasiakan koq, sumprit.
    Jadi, lelaki memang harus dan wajib siap-siap dijudesi ya.
    Omong-omong, kalau udah selesai masa pms dan nyesel, yang habis kena badai dikasih upah pelukan gak ? Gak wajib dijawab koq. Hanya ingin tahu. Rasanya penting untuk kami para lelaki. Katanya sih ada yang gengsi, maunya lelaki ndeketi duluan. Masalahnya, iya kalau pms sudah usai.Kalau belum, apa nggak tambah bonus arrrrggghhh πŸ˜€

  12. 12 cakmoki Maret 24, 2007 pukul 2:29 pm

    @ imcw,
    walah walahh, om Cok ini buka rahasia. Gimana, asyik kan ? hahaha

    @ oon,
    Kalau mbak Ais lagi pms, berani? Kayaknya ada yang diinget ya. hehehe

  13. 13 kikie Maret 24, 2007 pukul 6:31 pm

    terimakasih pak dokter untuk artikel ini!
    sampai sekarang aku masih takjub sekaligus geregetan dengan fakta bahwa beberapa tetes hormon saja bisa sangat mempengaruhi emosi seseorang. 14 hari PMS + 7 hari menstruasi = 21 hari tiap bulannya… aaa =))

  14. 14 Titah Maret 24, 2007 pukul 10:01 pm

    @ yati
    “bener2 berat dok. yang terakhir, saya malah sampe pada rasa pengen bunuh diri. mungkin trauma pada rasa sakit bulan lalu. tapi kali ini bener2 keterlaluan, sangat mudah sedih, tersinggung dan…ih, pengen bunuh diri.”
    *** kalo sampe segitu bahaya nih, kayaknya perlu antidepresan tuh mbak. coba minta ke dokter (mm… jangan2 mbak yati (calon) dokter juga? salam kenal deh ya πŸ™‚ )

    @ Evy
    “Jd ga ada PMS, ga ada M, ga ada endometriosis.”
    *** rasanya gimana mbak? masih tetep cewek kan? πŸ˜€

  15. 15 Titah Maret 25, 2007 pukul 12:24 am

    masih boleh nambahin lagi cak? saya punya gejala-gejala lain yang kayaknya belum disinggung-singgung:
    1. “napsu” jadi gede, bawaannya ngebayangin yang syur mulu…. *hihi, malu! gpp deh demi “kepentingan ilmiah”*
    2. hati jadi khusuk, rasanya pengin seharian sholat, tadarus, dzikir dengan khusuk tanpa harus ngapa-ngapain. *padahal kan gak bisa ya.*
    nah lo! bingung gak, ada “napsu” kok bercampur “khusuk”? πŸ˜€

  16. 16 Ranu Maret 25, 2007 pukul 2:32 am

    Tanda-tanda “badai” psikis dan fisik sdh mulai terasa sejak 3 hari yang lalu nih, Dok. Dua jam yang lalu, malah nangis nggak jelas. Untuk “anjuran”, sudah dicoba tapi sangat-sangat tidak mudah, terutama “jangan makan berlebihan”. Untuk “akhirnya”:
    Jwbn 1-2: justru ga mau ditemenin, lebih enak sendirian, jangan bangunkan singa tidur, daripada nyakar!
    Jwbn 3: terlalu ikut campur urusan pribadi, sok ngatur, nyuruh ini-itu.

  17. 17 cakmoki Maret 25, 2007 pukul 5:10 am

    @ kikie,
    wuih lamanya Mbak. 14 hari itu badai semua ? *halah, tuing*
    Yang 7 hari udah biasa kan, apa masih bonus? Maaf, maaf, asli becanda πŸ˜€

    @ Titah,
    Wah enak tuh, libido meningkat pesat. Bisa sih terjadi seperti itu, ehm ehm. Pake mode pura-pura cemberut gak? Atau malah kayak pilem india ya, asyyyiiikkk.
    Nah ini dia yang agak repot, libido naik tapi khusyuk, khusyuk tapi libido membara. Yang ini saya gak bisa jawab.

    @ Ranu,
    Hahaha, saya jadi takut nih.
    iya, anjuran itu sangat sulit walaupun disadari sepenuhnya.
    itu yang no.3 kalau hanya senyum-senyum, bisa kena cakar gak? πŸ˜€

  18. 18 cK Maret 25, 2007 pukul 12:03 pm

    Wah…untungnya saya jarang kena syndrome ini. saya termasuk yang ga berasa kalo udh mau dapet. karena banyak pikiran, jadi jarang banget ngerasain beginian…

    mengenai pertanyan diatas saya mo jawab:
    1. saya tak pernah dipeluk kalo lagi pms. lagian saya juga jarang meluk2 orang hahaha…biasanya guling.
    2. semoga orang2 di dekat saya bisa mengerti keadaan saya. kalau perlu saya tempel di jidat ‘AWAS KUCING GALAK. LAGI PMS!!!’ πŸ˜€
    3. kalo lagi ngomel tau2nya dibales ama amarah. wuaaah…bisa perang dunia ke-4 nih…entah kenapa kalo lagi pms, omongan di mulut bisa lancar hahahaha…

    tapii…dari dasarnya saya jarang kena syndrome ini. jadi aman2 aja kalo lagi atau mau dapet. πŸ™‚

  19. 20 Evy Maret 25, 2007 pukul 1:05 pm

    @Cak Moki
    hahaha klo konco kuliah atau konco kerja-ku dah kena sikut atau sepak semua klo aku marah… hihihi tapi herane kok tetep ga ada yg kapok, sesuke nggoleki maneh… ngajak guyon… ethok2 ga ngerti lek aku nesu…. walaah..

    @ Mbak Titah
    Massihh perempuan banget apalagi urusan nafsuu..itu..hot bgt.. nafsu hahaha nafsu makan, nafsu belanja, nafsu dipeluk hug jackman… haiyaaa.. miliih…

  20. 21 dwi Maret 25, 2007 pukul 2:05 pm

    dok, kok fotonya rada ga nyambung gituw ya dengan postingnya? itu aishwara rai kah??
    -komen ngasal kekeke-

  21. 22 mashuri Maret 25, 2007 pukul 3:44 pm

    Emang kalo badai ini dateng, bikin wanita gak enak hati. Bahkan ada yang sampe ingin bunuh diri lho…(Ini penelitian di Inggris).

    Benar kata cakmoki kelainan ini berhubungan dengan siklus hormonal wanita. Disamping itu, pada riset yang lain PMS ini juga berhubungan dengan hipoglikemia, hipotiroidisme, defisisensi Vitamin B, kalsium, dan magnesium. Jadi, status nutrisi dan pemeriksaan lab darah patut dipertimbangkan pada evaluasi penyakit ini.

  22. 23 cakmoki Maret 25, 2007 pukul 5:28 pm

    @ cK,
    Berbahagialah, berbahagialah bagi wanita yang tidak menebarkan “badai” saat pms. Istilah baru lagi nih: dapet, maksudnya dapet tamu?
    No.2. Bisa galak juga, galak model apa dulu, kalau galaknya sambil nyubit mesra, asyiik dong si do’i. hehehe
    Oya Mbak, dibawah ada pria korban pms, kasih tips dong

    @ manusiasuper (korban pms),
    Inspirasi. Ngelink gak tega, sungkan, kasihan, trenyuh, dan sejenisnya.
    omong-omong, masa-masa korban badai pms berapa hari ?

    @ Evy,
    Aku gak wedi kena sikut, kena tendang, kena jewer, kena sepak sampeyan mbak. Soale adhoh. Ojob gak klenger tah kenek sepak πŸ˜€

    @ Dwi,
    iya, blasss gak nyambung. Biar agak gimana gitu lho
    Kalo pakai gambar mak lampir, ntar saya dikeroyok yang lagi pms, kan saya takut. hahaha

    @ mashuri,
    Di Balikpapan juga ada Pak, bukan penelitian, tapi pengakuan. *maaf mbak yati”. Haduhhh bisa kena semprot saya.

    Siiip, “ruang terbuka” mulai dibahas. Ada perbedaan cara pandang tentang riset seputar pms, yang satu melakukan pendekatan hormonal, satunya metabolisme seperti yang Bapak tulis. Makanya anjuran menjadi bias. Mungkin berbeda pada manifestasi pms nya. di australia gimana Pak ?

  23. 24 helgeduelbek Maret 25, 2007 pukul 5:52 pm

    Lalu bagaimana lelaki bersikap yah cak? πŸ˜‰

  24. 25 cakmoki Maret 25, 2007 pukul 6:20 pm

    @ helgeduelbek,
    Saya juga nunggu masukan dari para wanita Pak.
    Sepertinya kita-kita diharapkan (dipaksa?) mengerti, memahami pada saat-saat awan kelabu.
    Bilang Mbak Evy siap-siap untuk latihan bal-balan πŸ˜€
    (ada juga yang nepsu meningkat lho)
    Kalo saya enjoy, diapakan aja monggo, pasrah bongkokan, paling-paling hanya beberapa hari. Setelah itu dimasakkan yang sedep-sedep, siiip

  25. 26 antobilang Maret 25, 2007 pukul 8:44 pm

    pak dokter, kalau misalnya laki2 cari lagi/jajan di luar bisa kena PMS yang satunya lagi ya pak?
    wakaka

  26. 27 Lita Maret 25, 2007 pukul 11:01 pm

    Sik sik… saya perlu waktu untuk mencerna pertanyaannya πŸ™‚
    Dikasih upah gak ya? Cipika-cipiki aja kali ye, selesai PMS kan menstruasi hihihi…

    Bonus apa nih maksudnya? Bonus didamprat? *ngakak*
    Lho cak, para lelaki bukannya sudah banyak dapat bocoran tips untuk menghadapi wanita. Itu ada lagu-lagunya Bryan Adams, Ari Lasso, ADA Band, gak semuanya mehe-mehe dan mengarang bebas lho.

    Untuk tahu pengen dipeluk atau pengen dijauhi, selain bertanya langsung (yang bisa berisiko didamprat lagi, hihihi), ya berlatih membaca gelagat. Dari gerak-gerik, dari pandangan mata (kabarnya Sherlock Holmes bisa membaca pikiran dengan mengamati apa yang dilihat oleh seseorang), dari kata-kata, dari kebiasaan sehari-hari, dari tingkat kemanyunan atau kejudesan hari itu… banyak toh? πŸ˜€

    Dulu teman kuliah saya (laki-laki) paling hapal kalau saya sedang PMS (padahal saya sendiri ngga nyadar). Dia bilang, sehari-harinya saya emang rada judes, tapi kalo lagi PMS ampun-ampunan deh judesnya. Weqeqeq… untung dia gak nikah sama saya πŸ˜€

  27. 28 huda Maret 25, 2007 pukul 11:09 pm

    Hmm.. baru baca2 doang ttg PMS, blm pernah dapet pasien (yo mesti… :p )

    mbaca comment nya mbak yati, baru tau klo tyt bisa sampe segitunya ya..
    hmm.. perlu banyak bljr lagi.
    thx dok.. πŸ˜‰

  28. 29 peyek Maret 25, 2007 pukul 11:17 pm

    cak, kapan-kapan dibahas we’e lanang yo..!(request) he..he…he.. opo wis pernah ta? suwun.

  29. 30 cakmoki Maret 26, 2007 pukul 4:10 am

    @ antobilang,
    Hehehe, iya. Berani bikin bannernya gak ?
    Modelnya siapa, hayo

    @ huda,
    Eh selamat Mas Huda, blog-nya ada di Majalah Komputer Aktif edisi 154, halaman Info Aktual.
    Bisa dibahas di kalangan mhs/mhsi, terus ditanya kayak polling.
    Berani gak ? πŸ˜€

    @ peyek,
    Jarene wedhok-wedhok, lanang gak menarik.
    ssst, iku pura-pura bek’e.
    Sing mbahas mestinya kaum hawa pak, asyik. hahaha

  30. 31 cakmoki Maret 26, 2007 pukul 9:37 am

    @ Lita,
    Gak ada hujan gak ada angin, ketangkep akismet. Hehehe
    iya lah, masa mau dikasih upah seperti “postingan baru” BananaTalk. Senyuman rasanya cukup, syukur-syukur ada senggolannya.

    Bukan hanya bocoran, dah hapal melebihi dari yang pms *nggaya*, seperti temennya kuliah itu.
    Itupun belum cukup, … masih harus dan terus banyak belajar, mengamati, memahami, me-me-me lainnya. Kadang kan bisa lupa, nah disaat lupa tips pas bersamaan ada pms, huaaaa

  31. 32 venus Maret 26, 2007 pukul 9:59 am

    1. kayaknya gak membantu deh, cak. saya lebih seneng didiemin kalo lagi pms. jauh-jauh deh sono…hehehe..

    2. ngertiin aja, jangan nambah2 masalah πŸ˜€

    3. ya itu, ngertiin, hehehe…

  32. 33 cakmoki Maret 26, 2007 pukul 10:12 am

    @ venus,
    Kayaknya bahasa isyarat semua ya, asal nggak masang wajah kaku aja πŸ™‚
    Berarti para lelaki memang harus peka, latihaaannn

  33. 34 Yusuf Alam R Maret 26, 2007 pukul 11:15 am

    mendengar kata PMS dibenak saya yang muncul untuk istilah “Penyakit Menular Seksual”…habis kalo melihat teks edisi Indonesia ato jurnal PMS merujuk ke sana Cak… tapi ya ndak pa pa lah.. tune in dulu

    seperti “badai”… sekedar usul aja.. kayaknya seperti ombak… kadang gelombangnya besar kadang kecil hanya riak saja… kalo pas ombak besar sekali… jadi gelombang besar… nah jadilah PMS.. mudah2an pas untuk menggambarkannya..

  34. 35 mei Maret 26, 2007 pukul 1:01 pm

    Tiga pertanyaan untuk para wanita:

    1.Jika pms datang, apakah pelukan dapat membantu ? Atau malah risih ?
    2.Apa yang diharapkan dari orang dekat jika pms datang?
    3.Apa yang paling tidak disukai dari orang sekitar (semua nampak salah) di saat pms?

    —-

    halah bilang aja mas, situ juga puyeng bin nyung2an kalau sinyo lagi PMS…haha
    1. ndak, risih….berani mendekat, kampleng!!!
    2. ngertiin, sedikit care, kalau ngeluh pegel2 ya mijetin atau kalau ngeluh lagi atit peyut, ya bikinin teh hangat..it’s will be soo nice
    3. Orang yang rese dan BB, jadnya bawaannya mau misuh2 ajah!!!

    btw, aku juga lagi nunggu2 nehhh..jangan sampe hamil lagi…hoaaa..hiks

  35. 36 prayogo Maret 26, 2007 pukul 2:28 pm

    Saya mau komentar apa ya, ini daerah perempuan sih, he he he

  36. 37 Kang Kombor Maret 26, 2007 pukul 2:45 pm

    Selama 6 tahun lebih menikah, aku perhatiin kok istriku nggak menunjukkan gejala-gejala tertentu kalau mau haid yah. Tahunya kalau diriku sedang bertanduk ada rambu-rambu perboden. Klo temen kuliah dulu malah aku bisa menandai kalau dia sedang akan dapat.

  37. 38 manusiasuper Maret 26, 2007 pukul 8:32 pm

    Berbagi pengalaman cak, biasanya kena badai PMS itu paling sehari dua hari awalnya. Setelah itu, si cewe malah manjanya jadi minta ampun…

    Kasian kita, diterpa kebingungan badai PMS setiap bulan, he…

  38. 39 cakmoki Maret 27, 2007 pukul 3:16 am

    @ Yusuf Alam R,
    iya juga ya. Gak kepikir mencari istilah yang lebih tepat menggambarkan “gelombang” PMS. Itu berasal istilah temen-temen blogger yang saya anggap cocok. Nggak tahunya ada istilah lain. hehe
    Ntar di edisi review, akan saya pakai.
    Kebetulan temen-temen paramedis di daerah saya minta reviewnya.
    Maturnuwun πŸ˜€

    @ mei,
    Hahaha, langsung ketembak
    Pijet ? Wedang anget ? Ho-oh *sambil manggut-manggut*
    Untung saya gak pernah kenah pisuh, malah dapet rentangan tangan koyok pilem india … meretuheee

    @ Prayogo,
    Takut ada yang ikutan baca ya. Salah komentar bisa ada yang nyubit, clekiiit. hehehe

    @ Kang Kombor,
    Loh koq malah prihatin piye to Kang, itu karunia yang jarang terjadi.
    Masalah bertanduk, lain lagi. Huahaha

    @ manusiasuper,
    Sebentar, sebentar … badainya cuman segitu ? Dibandingkan bonus manja, pms menjadi gak berarti dong. Ini agak istimewa, pms bukan lagi menakutkan, dapet manja je πŸ˜€

  39. 40 wadehel Maret 28, 2007 pukul 1:49 am

    Perempuan emang seperti mahluk aneh ga jelas kalo lagi PMS, super menyebalkan banget. Ga kebayang kalo punya empat istri dan semuanya PMS bareng.

    Semoga aja pendekatan rohani itu ampuh, “ga boleh PMS, tar dosa!!” dan semua istri akan baik-baik saja.

    Halaman penting nih, wajib dibaca para cowo biar ngerti perasaan monster cewe klo lagi PMS. πŸ˜€

  40. 41 cakmoki Maret 28, 2007 pukul 3:06 am

    @ wadehel,
    Masa sih, gak menyebalkan ah. Bagi saya perempuan itu menyenangkan. Apalagi kalo gandengan, ampun dah, uenak tenan πŸ˜€
    Kalo yang punya istri empat, bayangan saya pms-nya gak bareng, berurutan. Istri pertama pms minggu pertama dan seterusnya sampai minggu keempat. Jadinya sepanjang hari dapet bonus pms.
    Akhirnya, pendekataan rohani: ga boleh PMS, tar dosa!! gak mempan lagi. hahaha

  41. 42 alle Maret 28, 2007 pukul 7:47 pm

    saya korban wanita yg terserang PMS,..
    kadang dibikin GR, kadang dibikin kesel, kadang dibikin bingung, kadang (dan paling banyak) diemin-aja-deh!

  42. 43 cakmoki Maret 29, 2007 pukul 12:51 am

    @ alle,
    Hehehe, uenak mas, perasaan terobang-ambing seperti terbuai.
    Ngomong-ngomong, setelah pms, si dia jadi manja kan ? *suit-suit*

  43. 44 fertobhades Maret 29, 2007 pukul 10:07 pm

    πŸ™‚

    Akhirnya “keluhan” saya ditanggapi juga….

    Waduh… saya nggak nerima konsultasi psikologi khusus utk PMS, masalahnya dengan pasangan sendiri saja sudah pusing 7 keliling. Memang kalau lagi PMS, emosi perempuan suka naik-turun (bukan naik-turun yg itu lho pak… πŸ™‚ ).

    Malah pasangan saya itu kalau lagi PMS punya 2 ciri khas :

    1. Minta perhatian berlebihan. Suka dipeluk dan diperlakukan mesra, bahkan di depan umum.
    2. Suka cemburu buta alias suka menanyakan hal-hal yang sebenarnya sudah tau sama tau. Misalnya tanya : “kamu sayang sama saya nggak sih ?”. Dan pertanyaan itu ditanyakan lebih dari 10 kali sehari. πŸ™‚ Apa nggak mumet nih otak ?

    Makasih pak infonya….

  44. 45 cakmoki April 3, 2007 pukul 4:49 am

    @ fertobhades,
    Kalau cirinya 2 di atas sih uenak.
    Berpelukan, cihuyyy, kayak pilem Gita Cinta dari SMA.
    Nanya sayang 10 kali, jawab aja 11 kali, dapat bonus deh, ehm-ehm

  45. 46 neeya April 5, 2007 pukul 9:20 pm

    WAh kalo aku ini udah kena PMS, pas udah dapet aja masih kena dysmenorrhea-nya. Apa ndak klepek tenan itu. Yg terkahir kemarin itu, diujung PMS, aku nangis gara2 ban motorku bocor. Diliatin orang sejalanan, nuntun motor sambil mewek mewek hehehehe

  46. 47 cakmoki April 6, 2007 pukul 1:42 am

    @ neeya,
    Duuuhhh, udah pms dapet bonus dysmenorrhea. Trus yang jadi korban pms siapa dong? Gak bisa mbayangin nuntun motor sambil mewek. Ada fotonya nggak. hehehe *bercanda*

  47. 48 calonorangtenarsedunia April 7, 2007 pukul 1:05 pm

    1.jgn dipeluk!!!badan pada pegel2 soalnya,,ngilu2 pula,,
    2.jgn bikin kesel,,dimanis2in gt,,dimanja2in,,
    3.semua salah,,ngapain aja pokoknya salah,,ga ngapa2in jg salah,,

    hehe47x..

    tapi si mansup itu bener lho,,aku juga kalo PMS “garang”nya cuma 2-3 hari,,paling lama seminggu,,abis itu manjanyyaaa ga ketulungan,,

    lha makanya, cak..aku sampe berantem itu sm pak banner..

  48. 49 cakmoki April 8, 2007 pukul 9:42 am

    @ calonorangtenarsedunia,
    Dipeluk koq sampai pegel-2, meluknya gaya gemes kali ya
    Lumayan dong ada manjanya.
    Sebentar, sebentar … ada hubungan apa dengan pak banner (mas antobilang ya ?) *mode jadi detektif* ehm πŸ˜€

  49. 50 calonorangtenarsedunia April 8, 2007 pukul 12:54 pm

    maksudnya jgn dipeluk gt, cak..soalnya badan lagi pada pegel gt kalo lg pms..

    kalo sm si pak banner sih wkt itu dia jd korban ke”garangan”ku pas lg PMS..heheh47x..

  50. 51 cakmoki April 8, 2007 pukul 6:45 pm

    @ calonorangtenarsedunia,
    Ooo, gitu tho? Lha nanti kalo si dia pingin meluk pas pms gimana hayo. Nggak mungkin kan nempel banner “awas, meluk benjut”

    duhh kasian pak banner jadi korban pms. Saya juga harus hati-hati nih, pas ngasih komen bercanda bertepatan dengan pms. hehe 9x…

  51. 52 ninoy April 12, 2007 pukul 4:52 pm

    hihi baru baca…waduh saya juga suka tuh pak dokter kena yang namanya pms…emang ga enak banget tuh..kita itu seolang2 jadi some one else, ya mudah marah, mudah tersinggung, aggressif juga -malu2-
    1.tp klo lg pms dipeluk? yaa tergantung sapa yang meluk juga pak dokter, klo yang meluknya orang yang ga d kenal yaaa pasti saya sambit heuheu
    2. yang diharapkan saat pms yaaa smua keinginan terpenuhi, pengen mobil baru di beliin, pengen rumah baru di beliin juga nyahahahahaha
    3. paling sebel klo lagi pms ada orang ngajak ribut a.k.a debat yang ga penting…ber-keukeuh2 dia dengan argumen masing2 hihi klo gt bisa2 ada perang darah tuh πŸ˜€

  52. 53 kakilangit April 13, 2007 pukul 1:43 am

    hihihi… ternyata ada penjelasan ilmiahnya disini…
    sekalian iklan tulisan aku nih cak… :mrgreen:

  53. 54 cakmoki April 13, 2007 pukul 5:25 am

    @ ninoy,
    1. Maksudnya orang yang sangat dekat dong. Kalo orang gak dikenal tiba-tiba meluk, tanpa pms pun bakal kenal sambit. Nyambitnya pakai apaan sih. Bukan pakai batu kan?

    2. Kasian si dia, bangkruuuuttt

    3. hiiyyy, sampai perang darah. Aliran cakar-mencakar ya *becanda* πŸ˜€

    @ kakilangit,
    wah iya, ramai pms. Hati-hati, salah njawab komen bisa kena lempar sandal jepit. hahaha

  54. 55 Leila April 13, 2007 pukul 10:39 am

    Udah rada lama ya, tapi masih boleh komen kan Pak?

    Jika pms datang, apakah pelukan dapat membantu ? Atau malah risih ?
    –> Sangat membantu, masalahnya yang harusnya meluk (suami) terpisahkan oleh lautan…

    Apa yang diharapkan dari orang dekat jika pms datang?
    –> kasih perhatian yang lebih, minimal sms, telepon, kalo pas lagi serumah ya nyogok pake coklat atau apalah (hehehe…). Terus jangan mancing emosi juga. Bisa mbrebes mili mendadak.

    Apa yang paling tidak disukai dari orang sekitar (semua nampak salah) di saat pms?
    –> Kebanyakan ngajak ngobrol yang gak penting, ngasih kerjaan yang bikin pusing.

  55. 56 cakmoki April 13, 2007 pukul 1:12 pm

    @ Leila,
    boleh … boleh, untuk berbagi suara wanita sangat diperlukan.
    hehehe, pertanyaannya kurang lengkap ya, mestinya ditambah: jika suami nun jauh di sana. Maaf bila mengingatkan kepada suami tercinta.
    Atau kalo nggak bisa meluk langsung, meluk lewat sms πŸ˜€
    Walau berjauhan moga makin mesra

  56. 57 gue Juli 27, 2007 pukul 3:36 pm

    jawaban:

    1. Pelukan sangat membantu……….
    Sangaaaaaaaaaaaat membantuuuuuuuuu…

    2. Kalo lagi PMS, enaknya minum jamu kunyit asem hangat, atau wedang jahe. Trus minum analgesik (tapi biasanya nggak bisa karena muntah), tidur, nggak mikirin hal2 yang menyebalkan, dikasih hadiah…he3

    3.Kalo lagi PMS, orang lain ga boleh ribut, teriak2, ketawa2 walaupun bukan ngetawain aq, jangan pula sok ngasihanin, pokoknya diem aja deh!!!

  57. 58 cakmoki Juli 28, 2007 pukul 1:51 am

    @ gue,
    *manggut-manggut*
    oooo 9x … gitu ya.

    3. pokoknya diem aja deh!!!
    lha diem masih kena semprot gimana? atau enaknya sembunyi aja kali ya, tapi gak bisa meluk jadinya .. hehehe
    trims telah berbagi

  58. 59 sibermedik Agustus 19, 2007 pukul 11:58 am

    OK..dah mudheng…

  59. 60 cakmoki Agustus 19, 2007 pukul 3:33 pm

    @ sibermedik,
    dah ada yang PMS po ? πŸ˜‰

  60. 61 superkecil April 18, 2008 pukul 10:09 am

    Betul, ada 5 type: PMS-A=anxiety, PMS-C=craving, PMS-D=depression, PMS-H=hydration, PMS-O=other. Pilih yang mana, eh maksud saya, biasa badai yang mana ?

    ngga ada PMS-M??

    PMS-M=maniac phase

    :))

  61. 62 cakmoki April 18, 2008 pukul 9:06 pm

    @ superkecil:
    ada lagi, PMS-MBB : Makan Bakso Bersama πŸ˜›

  62. 63 bolank September 5, 2008 pukul 3:04 am

    waaaahhh…….
    sekali baca dari atas sampek bawah…
    langsung kayak kuliah psikologi wanita 3 tahun…
    kursus kilat…. heheheh πŸ™‚

    aku juga bingung nih……
    kalo lagi PMS…
    kadang ska bercanda, marah (ngambul MODE = ON), diem…de el el…
    pokoknya bervariasi….(kayak model sendal aja…..hehehe)

    tapi anehnya waktu hari pertama M (terakhir PMS)
    si dia malah yang kena “marah” ama aku….
    wah jadi tambah bingung nih…..

    kesimpulan setelah baca dari atas sampek bawah …cie…
    MODE KEMERUH = ON

    MMS aja deh kuncinya

    M= mengerti
    M= mengalah
    S= sabar

    thanks a lot ya cak……sukses !!!

  63. 64 cakmoki September 5, 2008 pukul 10:08 pm

    @ bolank:
    kalo lagi pingin marah sama di dia, jangan lupa sambil memeluk *tuing*
    Bagus tuh, MMS *beneran?* πŸ˜€
    Sama-sama … thanks share-nya


  1. 1 PMS datang badai mengguncang « Ngobrol Kesehatan Weblog Lacak balik pada Agustus 6, 2008 pukul 10:31 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso β„’

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

No Korupsi

Internet Sehat

Translator

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,378,163 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters

Translate


%d blogger menyukai ini: