Efek ekstrapiramidal obat antimuntah

Di bawah ini adalah kejadian yang mungkin pernah dialami dalam kehidupan seorang dokter saat memberikan pengobatan kepada para pasiennya …
Dimaksudkan untuk berbagi …. (bukan review, bukan pula penelitian…)

Dalam praktek sehari-hari, di RS, puskesmas, atau klinik, atau di praktek pribadi …. pernahkah kita melihat pasien menunjukkan gejala ekstrapiramidal setelah minum antimuntah? Bagaimana mengatasinya?

Mungkin diantara kita pernah memberikan obat antimuntah, lalu pasien kembali datang dengan kondisi:
Lidah kelu, mulut perot, liur menetes, wajah kaku, leher sulit digerakkan dan berjalan tak terkontrol seperti robot atau berjalan miring-miring disertai kaku tangan, leher dan seluruh wajah, seperti yuyu kangkang …
itulah efek ekstrapiramidal sebagai akibat efek samping obat antimuntah.
Pemakaian klorpromazin (25 mg), perfenazin (turunan promazin, 2-4 mg) sebagai antimuntah memberikan kemungkinan terjadinya efek ekstrapiramidal lebih besar dibanding antimuntah yang sering kita kenal seperti metoklopramid, domperidon dan sejenisnya.

Contoh kasus:
Seorang anak, berumur 10 tahun mendapatkan metoklopramid 3x 1 (10mg) tablet karena muntah. Beberapa saat setelah minum obat, si anak berbicara cedal, lidah kaku kemudian makin lama lehernya kaku menoleh ke salah satu sisi, lidah makin menjulur, dan berjalan miring seperti yuyu kangkang. Mendapati si anak dalam kondisi seperti di atas, sudah barang tentu pihak keluarga panik. (hasil hetero-anamnesa dari ibu penderita)

Bila mendapati kasus seperti di atas, apa tindakan kita?
(Pada umumnya pihak keluarga membawa serta obat-obat yang sudah diminumkan, setelah kita lihat ternyata ada preparat metoklopramid)
Diberikan pengobatan ataukah dibiarkan sampai efek ikutan tersebut hilang dengan sendirinya?
Jika diberi obat, ….. apa sih yang kita berikan supaya segera pulih seperti semula?
… debatable …. (silahkan lihat kata kunci)

Yuk kita berbagi

kata kunci:

AH 1 (antihistamin penghambat reseptor H1), etanolamin, antikolinergik sentral, difenhidramin, gangguan keseimbangan komponen kolinergik dan komponen dopaminergik, gejala Parkinson, ekstrapiramidal, klorpromazin, alkaloid, metoklopramid, dopaminergik sentral, dopamino-antikolinergik sentral

Iklan

16 Responses to “Efek ekstrapiramidal obat antimuntah”


  1. 1 mina Desember 23, 2006 pukul 11:56 pm

    pake antikolinergik THP atau Della (difenhidramin) 🙂

  2. 2 cakmoki Desember 24, 2006 pukul 6:16 pm

    @ mbak Mina,
    setuju, pakai difenhidramin 5mg(0,5cc) sip, sekitar 15 menit udah normal. Sering nemu kasus gitu ya ..
    Saya di critani ts waktu jaga di rs bilangnya di kasih diazp langsung distresss. ..walah
    Ngga ada hadiahnya lho
    🙂

  3. 3 Dani Iswara Desember 25, 2006 pukul 5:36 pm

    wah waktu praktik (smntr) dl..blm pernah nemu kasusnya..
    saya setuju dgn mb mina, beri antagonisnya aja..
    trus besok2 kl muntah2 lg dikasi apa ya..

  4. 4 cakmoki Desember 26, 2006 pukul 12:41 am

    @ mas Dani,
    ya. Di buku ada, cuman tempatnya nyelempit. Kalo di Farmakologi dan Terapi terbitan UI, malah ada di edisi lama (1999) dalam bab Antihistamin, dicontohkan penggunaan Difenhidramin untuk menanggulangi ekstrapiramidal 5-10mg im. (halamannya lupa, 193 or 293). Yg edisi 2001 ngga ada dosisnya.
    Kalo muntah lagi, dosisnya diturunkan atau pakai golongan domperidon.
    Sy nemui belasan kali … hasilnya bagus.
    Kalo sy keliru, mari kita cari referensi lagi … 🙂

  5. 5 mina Desember 26, 2006 pukul 7:24 pm

    saya nemu gejala ini pas koass di Rumah Sakit Jiwa. pasiennya sendiri yang datangin saya dengan gaya dan wajah seperti robot gitu: “dokter, saya ini kenapa?” Saya cari2 buku, trus, saya tulis di status (kepedean) buat ngasih Della. untung bener 😀

  6. 6 cakmoki Desember 27, 2006 pukul 12:52 am

    Maaf mbak,
    Yg ini memang belum dibuka (pas jam jaga pracangan hehehe)
    Ntar moderation saya ilangi aja.
    RSJ protokolnya THP (artane), kebanyakan withdrawl tambah kayak robot, tapi emang sesuai dengan antagonisnya.
    Kalo Della sip, via efek antikolinergiknya… eh gantian dong, bagi-bagi…
    🙂

  7. 7 mina Desember 30, 2006 pukul 7:50 pm

    bagi-bagi apa maksudna?

  8. 8 cakmoki Desember 31, 2006 pukul 3:14 am

    Bagi-bagi ilmu dan pengalamannya … selama ngopeni pasien.
    gratisan ya.

  9. 9 cakmoki Desember 31, 2006 pukul 3:18 am

    @ mas Dani,
    ya … ngajukan brenti ngga boleh, trus di ajak bergabung ke lab ikm Unmul.
    Tapi ternyata dari depkes ke diknas luama prosesnya

  10. 10 wenxxx111 Oktober 7, 2007 pukul 7:21 pm

    tolong beritahu saya tentang promazin secara lengkap dari pengertian sampai hasil yang diberikan

  11. 11 cakmoki Oktober 8, 2007 pukul 12:51 am

    @ wenxxx111,
    waduhhhh, maaf…itu mah 1 artikel tersendiri dan kebetulan saya lagi berlibur, permintaan tersebut belum bisa saya penuhi…
    so sekali lagi mohon maaf ya 🙂

  12. 12 irma Juli 15, 2010 pukul 2:43 pm

    klu boleh di tambah gejalanya selain lidah kaku, mata jg keatas sulit berpandangan lurus.saya mendapat kan kasus ini 2kali,efek samping jg tidak selalu di dapat langsung setelah pemberian pertama.efek samping bs timbul stlh bbrp kali therapi oral…warning aja buat teman2..

  13. 13 cakmoki Juli 16, 2010 pukul 1:41 pm

    @ irma:
    Ya, benar … efek samping bisa timbul delayed … obatynya mudah, cukup injeksi diphenhydramin 10 mg dg dosis 1/2 cc im… dalam 15 menit-30 menit akan pulih sempurna. (di buku-2 farmakologi tercantum dalam Bab Alkaloids)
    Makasih

  14. 14 Yohanis Timang Januari 18, 2011 pukul 5:30 pm

    aku tadi baru dapat, pemberian metoclopramid injek,eh…dapat extrapiramidal effect. tak kasih cpz 1/5 (20mg),ih langsung baek…bg mana?

  15. 15 cakmoki Januari 19, 2011 pukul 5:49 am

    @ Yohanis Timang:
    bukannya CPZ justru berpotensi menimbulkan efek ekstrapiramidal ?


  1. 1 Efek ekstrapiramidal obat antimuntah « Ngobrol Kesehatan Weblog Lacak balik pada Agustus 6, 2008 pukul 2:25 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,343,888 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: