Ikan Patin

Posting Pindahan: (asli: Agustus 2006)
ikan patinMenjelang tengah malam tadi kami berdua mancing di buritan kapal-kapal kecil yang sedang labuh di tepian Mahakam. Sebenarnya tidak ada rencana matang, hanya peginya kami sms-an mengabarkan sudah pesan udang untuk umpan.
Walau tanpa persiapan matang, jam 22.oo wita kami berangkat juga, 5 menit kemudian sudah nongkrong memajang joran dan memegangi gulungan pancing.

Sekitar 15 menit saya sudah dapat ekstra berupa 2 ekor ikan otek. Sedangkan teman saya pak Da’in masih asyik menekuni tali pancing sambil merokok.

Eh baru aekitar 45 menit, pak Da’in menghentak tali pancing ukuran 60 Lb sembari berguman:”… nyantol ikan patin nih kayaknya …”.

Benar juga tarik ulur terjadi sekitar 20 menit sebelum si patin kelelahan dan akhirnya terangkat. Luar biasa, walau tidak sebesar seminggu sebelumnya, patin sepanjang 3 jengkal menjadi hiburan kami di tengah malam. Kami nggak meneruskan mancing, langsung pulang meninggalkan tepian sungai yang sebenarnya masih ada kans untuk dapat lagi, mengingat hentakan-hentakan kecil terasa di pancing kami.
Minggu depan or 2 minggu lagi sepertinya kami harus berangkat lebih awal dengan persiapan matang tentunya, tidak seperti tadi yang bawa umpan dan peralatan seadanya.

Iklan

49 Responses to “Ikan Patin”


  1. 1 deden nugraha Mei 4, 2007 pukul 10:03 pm

    wah….saya pengen tanya…umpan patin…yang jitu apa mas ?
    karna di sungai karang mumus itu umpanya pake cackwe’ & mancungny rada larut malam….kapan – kapan mancing bareng

  2. 2 cakmoki Mei 5, 2007 pukul 12:08 pm

    @ deden nugraha,
    Saya sebenarnya lebih suka mancing udang, sayang nggak ada lagi udang galah, sulit, soalnya tiap hari disetrum. Kalo patin nggak begitu telaten, hanya pernah dapat beberapa kali, itupun kelas kecil.
    Di Palaran, teman-teman mancingnya diinapkan pakai belasan kail.
    Umpannya sama koq, selain cackwe kebanyakan pakai ote-ote.
    Bilangnya di Karang Mumus banyak patin ya

  3. 3 Doi Januari 7, 2008 pukul 2:15 pm

    Coba ini..Umpan Patin,

    Pelet ikan mas warna coklat dihaluskan, lalu aduk perlahan-lahan dengan air panas, jangan sampai terlalu lembek ya,
    Diamkan satu hari kalau sudah tercium agak bau ke-asam-asaman baru umpan ini bisa dipakai.

    Selamat Mencoba.

    DOI

  4. 4 cakmoki Januari 7, 2008 pukul 10:52 pm

    @ Doi:
    pernah nyoba sih, masih kurang sip šŸ™‚
    Ada campuarn khusus sebagai tambahan gak ?

  5. 5 hb rachman Juli 31, 2008 pukul 10:17 am

    di Sungai Musi mancing ikan patin sering juga menggunakan umpan usus ayam

  6. 6 cakmoki Juli 31, 2008 pukul 2:39 pm

    @ hb rahman:
    di sini (Mahakam) dulunya juga pakai usus ayam, lama-lama gak doyan lagi, kali udah mblenger yaaa … pernah juga nekat pake usus ayam, keduluan disambar belut gede (oling) … hehehe

  7. 7 iwan Agustus 26, 2008 pukul 12:41 pm

    salam kenal cak…kalo utk ikan mas ada g umpan yg paling jitu di semua kolam,lomba dan murah pula..hehe mohon pencerahannya terima kasih

  8. 8 cakmoki Agustus 28, 2008 pukul 1:39 am

    @ iwan:
    salam kenal…
    biasanya sih tiap kolam punya karakteristik tersendiri sehingga umpan yang disukai ikan mas gak selalu sama…
    Saya biasa pake beberapa jenis umpan kalo mancing di tempat yang baru… maaf, gak bisa ngasih saran yang lebih spesifik. Trims šŸ™‚

  9. 9 widjainto Agustus 28, 2008 pukul 8:49 am

    Setau Aq nih! IKAN PATIN jenis ikan predator yang suka makan segala, jadi kira-kira lain lingkungan ya lain juga kesukaannya. Nah tapi ada salah satu umpan buatan yang bagus dan gampang mbuatnya, bahannya : 1 butir kuning telur bebek, 3-4 sdk mkn palet ikan hias, mi instan secukupnya. Mie instan dan palet ikan diblender kasar, kemudian hasil blender dicampur dengan kuning telur, dipilin dengan jari dan langsung dipake, mencampurnya bisa juga setengah jam sebelum memancing. Jadi hasil blenderan bisa disimpan dan tahan lama.
    Kalo ingin yang bersih bisa juga pake jangkrik (makanan burung), yang nyamber bisa patin bisa otek, bisa bakut hitam…bisa betek, bisa…bisa deh.
    Hhhmmmm terima kasih.
    Salam dari BALIKPAPAN

  10. 10 widjainto Agustus 28, 2008 pukul 9:14 am

    Wah ketinggalan nih, biar ditambahkan aja yah..he..he..
    IKAN MAS senang dengan makanan yang berlemak dan berbau amis, jadi pokusnya kalo bikin umpan ya disekitaran itu. Selain itu pemanicng harus pandai melihat dan merasakan suhu airnya. Air yang hangat menggunakan umpan berbeda dengan air yang dingin, begitu pula tingkat kekeruhan air dan arusnya. Biasanya habis hujan ikan agak malas untuk makan, jadi buatlah umpan yang paling menimbulkan selera gitu (kayak manusia aja yah).
    Pemancing Galatama biasanya menyiapkan umpan utama (sebelum dicampur) dalam bentuk jadi dan kering yang siap pakai, begitu sampai dilokasi pemancingan ditambahkan dengan adonan lain sesuai degan kondisi air diatas. Jadi siapkan saja dulu umpan/adonan utama yang biasanya dalam bentuk kering setelah dilapangan baru dicampur dengan adonan siap pakai dalam bentuk basah, sehingga kekenyalan umpan bisa diatur.
    CARA BUATNYA:(
    Adonan utama dalam bentuk kering (ukuran disesuaikan dengan kebutuhan).
    Mie Instan 1/2 bks, Palet ikan hias 10 sdk mkn, remah roti atau beras ketan 5 sdk makan, ebi 1 sdk makan (+5 gram), semua bahan diblender hampir halus kemudiah simpan diwadah yang kering dan bertutup.
    Adonan tambahan dalam bentuk basah (dipakai saat akan action).
    Daging ikan kaleng 1 ekor, kuning telur bebek 1 butir, tepung sagu 2 sdk makan, cacing tanah 2 ekor besar semua bahan diblender atau diuleg (dilumatkan) hingga halus, kemudian disimpat diwadah terpisah kemudian digunakan dengan cara dicampurkan dengan adonan utama 1/2 jam sebelum action.
    Sebelum action biasanya bisa gunakan bom umpan dengan menggunakan gumpalan tanah (lumpur) dicampur dengan umpan utama dan ditarun disekitaran lokasi mancing.
    Nah sementara gitu aja dulu, buat teman yang lebih berpengalaman mungkin bisa menyumbangkan dan menambahkan saran….trima kasih, salam lagi.

  11. 11 cakmoki Agustus 30, 2008 pukul 3:25 am

    @ widjainto:
    Siiip … di Balikpapan gitu ya…
    Pake kroto gak ? … mungkin tiap tempat sifat ikan berbeda, ada yang ganas, ada pula yang manja … hahaha
    Makasih, umpan patin ntar akan dicoba… kalo ikan mas udah agak bosan … hehehe
    Salam šŸ™‚

  12. 12 arul Maret 3, 2009 pukul 5:59 pm

    hai bro aku mau kasih tip umpan mancing patin untuk galatama aku biasa pakai roti kelapa yg udah berjamur di campur ama pisang batu yg biasa untk kolak
    caranya
    roti kelapa yg udah busuk dicampur jadi satu ama pisaqn diremas jadi satu aduk sampai bisa nempel dikail agar tdk lepas disimpan selama 4 hari sampai keluar minyak dan baunya
    selamat mencoba

  13. 13 cakmoki Maret 4, 2009 pukul 1:21 am

    @ arul:
    Makasih sarannya šŸ™‚

  14. 14 toyib. sfc Juli 9, 2009 pukul 11:13 pm

    gimana cara agar umpan pelet ngak cepet ancur.

  15. 15 cakmoki Juli 10, 2009 pukul 2:16 pm

    @ toyib, sfc:
    Sy gak pernah pake pelet utuk mancing patin.
    Mungkin ada diantara pembaca yg punya pengalaman pake pelet, silahkan kasih tips.

  16. 16 hen'z 29 September 21, 2009 pukul 3:19 am

    kl aku biasa mancing patin galatama..pakenya tepung roti..ad tips ga pk essen ap aj..??trs kl ga pk essen..pk ap d0nk..??tq b $ yh..mg@ ad yg ksh tau umpan yg jitu..tq..

  17. 17 cakmoki September 21, 2009 pukul 11:26 pm

    @ hen’z 29:
    kayaknya umpan patin di setiap tempat gak selalu sama.
    di sini, Mahakam bagian ilir, biasa pake jajan othe-othe…

  18. 18 ucay Oktober 25, 2009 pukul 4:58 am

    pelerlah mendinh d portas

  19. 19 yadi November 2, 2009 pukul 12:32 am

    kalau maw aroma wangi pake nutri jell,kalaw maw aroma amiz pake terasi…nah itu tips paling jitu untuk patin……

    by…FPS

  20. 20 cakmoki November 2, 2009 pukul 1:46 pm

    @ yadi:
    Trims Tips nya šŸ™‚

  21. 21 cak gundul Desember 10, 2009 pukul 3:51 pm

    nambahin aja.
    umpan terakhir yg saya gunakan sampai sekarang :
    1. 1 kuning telor bebek
    2. 3 tongkol jagung manis
    3. 1 saset susu dancow
    4. 1 sdt tepung beras
    5. 1 sdt santan kara
    6. 2 bks indomie rebus rasa soto

    (2) jagung di di parut/blender & saring ambil airnya aja. 1 s/d 5 campur jadi satu kedalam plastik 1/4 kg, kemudian kukus bolak balik +- 1 jam. kemudian dinginkan. (6) blender halus indomie sebagi pengeras yg mempunyai sifat keras tp lembut. setelah umpan siap campurkan sedikit demi sedikit dgn indomie halus sampai dirasa cukup. untuk umpan sangat sip ikan rame, tapi pengalaman saya sampai detik ini sll naikin ikan induk.

    mungkin ada koreksi / tambahan teman2. makasih

  22. 22 cakmoki Desember 11, 2009 pukul 3:26 pm

    @ cak gundul:
    Trims… ntar kapan-kapan nyuruh anak buah untuk uji coba.
    Ini kalo dibaca yang gak hobi mancing, bisa-bisa dikira resep makanan untuk yang mancing… hehehe

  23. 23 miko Januari 7, 2010 pukul 10:41 am

    kalau saya umpan patin yang paling sering dimakan pakai tempe…
    dijamin…

  24. 24 cakmoki Januari 9, 2010 pukul 3:10 am

    @ miko:
    di sini ikan patinnya gak mau tempe… padahal dulunya doyan.. ataukah mungkin karena berubah selera ? šŸ™‚

  25. 25 Ucup Februari 17, 2010 pukul 12:40 pm

    Wah..kayaknya selera makan ikan patin di lain tempat beda-beda yah… Hm…Apa ada umpan yang jitu. untuk ikan patin?? Selain cacing ama pelet..udah di coba tapi banyak nihilnya…..

    Mau nanya juga?? Umpannya itu menggantung apa di biarkan jatuh ketanah????

  26. 26 cakmoki Februari 17, 2010 pukul 3:05 pm

    @ Ucup:
    ya, kayakya gitu. Soalnya waktu tanya-tanya ke pemancing patin di lain daerah, umpannya beda-2.
    Di sini yang paling sering dipake: ote-ote yang isinya dicampuri irisan udang.
    Umpannya dibiarkan jatuh ke dasar sungai.

  27. 27 Totok Maret 2, 2010 pukul 12:41 pm

    Kalo umpan patin pke usus ayam yg drebus msih dmakan ga?

  28. 28 cakmoki Maret 2, 2010 pukul 1:16 pm

    @ Totok:
    gak tuh…malahan bisa dimakan ama belut besar atau baung… tapi bisa dicoba šŸ™‚

  29. 29 Alank April 26, 2010 pukul 8:38 am

    Salam smua….
    Blh Nambah dikit aja, kt d pontianak biasanya mancing patin mengunakan roti tawar di campur essen pisang dan vanila, atau pake pelet di campur essen pisang ambon dan cuka sedikit……
    semoga bermamfaat bg teman smua…..

  30. 30 cakmoki April 26, 2010 pukul 2:26 pm

    @ Alang:
    Salam…
    Makasih tambahannya … semoga dapat dicoba oleh pemancing daerah lain dan bermanfaat.

  31. 31 oktora April 29, 2010 pukul 6:10 pm

    wah macam2 ya umpannya untuk mancing patin..tapi bagus untuk referensi nih..ada kesimpulan yang saya bisa sedikit terima..yaitu umpan patin pada umumnya ada unsur asamnya dan wangi

  32. 32 cakmoki April 30, 2010 pukul 3:11 pm

    @ oktora:
    iya, nampaknya setiap daerah gak mesti sama, tapi patut dicoba..
    makasih šŸ™‚

  33. 33 Reno September 17, 2010 pukul 2:01 pm

    kalau saya berbagai umpan seperti tempe,pelet,cacing susah teman teman ada yang tau atau nambahin kalau pake esen apa yang pas. kalau cak gundul ngga pake anyir itu resep umpannya. terimakasih hatur nuhun

  34. 34 cakmoki September 17, 2010 pukul 2:46 pm

    @ Reno:
    kalo untuk patin biasanya ga pake esen..

  35. 35 Alle September 19, 2010 pukul 1:15 am

    tempe yg dah jamuran campur ama sedikit bawang putih belum pernah ada yang nyoba kan???
    biasanya klo ga patin,.Lancang juga doyan…

  36. 36 cakmoki September 19, 2010 pukul 5:46 pm

    @ Alle:
    Makasih … wehhh makin banyak varian menu nih šŸ™‚

  37. 37 Seno November 12, 2010 pukul 3:33 pm

    Hiks,

    Saya punya pengalaman mancing patin agak lucu, waktu saya mancing saya bawa nasi goreng Sosis saya iseng potongan sosis saya cantolin dipancing saya jadikan umpan, nah mulai saat itu saya kalau mancing patin cukup bawa sosis, rekornya udah pernah dapat yang 9 Kg di Pujud (Riau)

  38. 38 Seno November 12, 2010 pukul 3:44 pm

    gimana masukkin foto kesini soalnya ada fotnya waktu dapet patin yang 9 kiloan

  39. 39 cakmoki November 12, 2010 pukul 5:53 pm

    @ Seno:
    siip siip … makasih tambahan pengalamannya..
    Untuk masukin foto: cukup dengan masukkan link alamat foto tersebut… misalnya penjenengan simpan di flickr, cukup kasih link-nya.
    Makasih

  40. 40 Manto Desember 14, 2010 pukul 3:49 pm

    Wah info-info dari para master sangat bermanfaat benget..kayaknya musti dicoba.

    Trim’s semuanya

  41. 41 cakmoki Desember 15, 2010 pukul 12:38 am

    @ Manto:
    nanti cerita hasilnya ya šŸ˜€

  42. 42 Rama_handsome Januari 3, 2011 pukul 3:16 pm

    Kalo saya pernah macing patin di daerah kuyung, pakai nasi di campur sama mie instan soto kemudian di seduh pakai air panas dan di aduk sampai kenyal.
    Lalu di campur dengan essen rasa tenggiri dan kacang.

    Selama ini blum prnh dpt yg besar, tapi stiap mancing slalu dpt bnyak se ukuran 1/2 kg – 1 kg aja.

  43. 43 cakmoki Januari 3, 2011 pukul 11:54 pm

    @ Rama_handsome:
    Makasih resepnya…setidaknya menambah kombinasi beragam resep berdasarkan pengalaman masing-2 dan di daerah tertentu.
    Lumayan tuh, udah dapet yang 1 kilo… segerrrr šŸ˜€

  44. 44 Pangeran Singh Januari 25, 2011 pukul 12:00 pm

    Wah mancing patin gue hampir nyerah, dah pake macem2 umpan tp g mau mbat…

  45. 45 cakmoki Januari 25, 2011 pukul 2:30 pm

    @ Pangeran Singh:
    hahaha…senasib… saya cuma dapat yg kecil-2 doang šŸ˜€ …itupun jarang

  46. 46 @nafran Maret 26, 2011 pukul 3:33 am

    Salam kenal smua nya,, Umpan patin emng beda2 tapi selama ini saya berburu patin selalu dapat, rata2 perekor, 9 kilo smpai 40 kilo, dn dalam 2 hari perburuan saya bisa dapat satu pikul lebih,,, umpan yg saya pake hanya Ikan mas yg sdh mati.. Saya punya Vidieo/phto ikan patin yg saya dapat.. Buat temen2 yg suka berburu patin saran saya usahakan memulainya pada saat Air mau naik pasang, dan Air mau turun di wkt itu lah ikan patin makan. dn saya jamin pasti dapat. tks

  47. 47 galapatin63 Mei 6, 2011 pukul 12:35 am

    add fb pemancingan galapatin enamtiga (galapatin63@yahoo.com)

  48. 48 Artanto Mei 11, 2011 pukul 6:33 pm

    Kalo saya biasa mancing ikan PATIN umpan nya pake Kuning telur bebek di tambah pelet 781. di jamin jeosssssssssssssss

  49. 49 cakmoki Mei 12, 2011 pukul 11:50 am

    @ Artanto:
    Trims šŸ˜€


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ā„¢

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,284,831 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: