Punish : Mutasi

mutasi

Artikel Pindahan: (asli: Mei 2006)
Ancaman Sang Pejabat
Senin, 8 Mei 2006 yang lalu di salah satu media cetak, plt kabag humas kota kami menyebutkan bahwa akan ada mutasi 3 dokter, katanya sih untuk penyegaran dan meningkatkan kinerja.
Walah, kapan pak humas itu pernah ke puskesmas, lagian aneh koq kayak Sang Mahadiraja yang bergaya menuduh, propaganda lalu eksekusi…
Kata pak Amin Rais, yang model begini sih kayak Fir’aun kecil.


Jangan mentang-mentang punya kuasa Bung, coba dipikir dahulu…. eh sori nggak mungkin sempat berpikir. Kalo kami-kami ini nggak usah ditakut-takuti dengan mutasi, diberhentikanpun nggak soal, tidak seperti sampeyan dimana mutasi adalah momok.
Bagi saya beda pendapat itu biasa, lha kalo beda pendapat aja sampeyan sudah bicara mutasi, apalagi beda pendapatan.
Argumen yang disebutkan juga sangat klasik, siapa sih yang tidak tahu bahwa 3 orang yang disebut-sebut akan dimutasi tersebut adalah sebagian dari dokter yang tidak takut menyampaikan pendapatnya demi kemaslahatan.
So … walau tidak masuk akal, ya akan dimasuk-masukkan akal. Undang-undang membolehkan sampeyan berbicara dan bertindak semacam itu… tidak ada yang melarang. Sebesar apapun kekeliruannya, sampeyan tetap punya beribu alasan.
Apa terkait dengan beda pendapat tentang pengobatan gratis via Askes ?
Ya kali… So usul saya jangan mutasi deh, sekalian kami diberhentikan aja. Gimana ?
Itulah sekelumit kebenaran “moral Hazard” seputar suatu sistem layanan kesehatan melalui “insurance” via Askes yang berujung pada makin megahnya sarana Askes, sedang akses layanan kesehatan masyarakat nyaris “tetap seperti yang dulu”.
Ah … yang menuntut kepekaan begini mana mungkin sampeyan bisa merasakan, hanya yang muchlis yang bisa.
Biasanya aktor kegagalan didominasi user dan provider serta jaringannya. Eh di sini malah penyelenggara pemerintahanlah aktor utamanya.
Di negara lain sistem tersebut dinilai gagal dan sudah off out date, di sini (di kota ini) akan dibangun kembali, walah saya yakin tidak pernah baca referensi model beginian.
Ataukah “biaya di luar produksi” hasil penelitian berbagai lembaga, telah mengalahkan kebenaran ?
Ataukah sudah gelap antara benar dan salah ?mabuk
konon mabuk itu ada beberapa jenis, ada mabuk-mabukan, mabuk cinta, mabuk kepayang, mabuk laut udara dan darat (kayak iklan ya), mabuk hamil dan yang paling berbahahahaya katanya mabuk kekuasaan. Untuk meraihnya kadang apapun dilakukan, kadang niat dan tujuan awalnya nampak baik kadang pula menjadi baik betulan, tapi tak jarang sebaliknya, ketika kekuasaan diraih, entah kecil atau besar, wooowww seolah dunia ada dalam genggaman, seolah jadi yang maha benar, seolah jadi yang maha menentukan … adakalanya menjadi mudah murka.
….. namanya juga mabuk …..

sisa-sisa gaya lama
dulu, sebelum reformasi, ketika seseorang merasa punya kewenangan, lebih-lebih yang jadi pengurus organisasi sayap pemerintah, sering terdengar ungkapan klasik bila seseorang tsb tak suka dengan seseorang lainnya.
Contoh:”mau berapa lama dia menduduki jabatannya” atau “kita mutasi saja dia” atau ngumpulin tanda tangan atau tindakan bengis lainnya. Agar nampak normal, alasan mudah dibuat.
Kini, walau berubah gaya ternyata sisa-sisanya masih kental terasa.
….. namanya juga sisa-sisa gaya lama

Iklan

Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

No Korupsi

Internet Sehat

Translator

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,355,779 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters

Translate


%d blogger menyukai ini: