Menunggu Kebijakan

Artikel Pindahan: (asli: April 2006)
Petir menggelegar, langit gelap, gerimis mulai merintik. Itulah gambaran cuaca saat ini di daerah kami. Akankah malam nanti turun hujan lebat, lalu biasanya disertai listrik mati dan biasanya pula esoknya ada berita banjir di Kota? Untung tempat kami 20 km dari Kota yang biasanya tidak ikutan penyakit banjir karena topografi yang walau berada di tepian sungai Mahakam tapi masih berada di ketinggian. Entah beberapa tahun ke depan, wong bukit-bukit sudah digunduli dan digerus oleh tambang batubara. Sungguh mendebarkan…..
Sama mendebarkannya dengan menunggu saat-saat penting warga tepian mengingat dua hari lagi tepatnya Senin, tanggal 1 Mei 2006 ini akan diputuskan apakah program Pengobatan Gratis tingkat dasar dilaksanakan melalui pihak ketiga atau tidak. Bagi sebagian warga, mungkin tidak peduli mau melalui apa dan siapa, yang penting bagi mereka adalah layanan yang ready dan tentu optimal menurut ukuran mereka sendiri.
Apa kira-kira ukurannya ? Menurut hasil omong-omong dengan sebagian kecil warga, parameter layanan yangn optimal diantaranya: tempat yang layak, cepat, tepat dan senyuman alias ramah. Hal yang wajar mengingat layanan kesehatan apalagi gratis nyaris identik dengan apa adanya, tidak optimal, cemberut dan ketidak pedulian.
Benarkah demikian?
Jujur saja, walau kami pelaku kesehatan, anggapan tersebut benar adanya. Artinya yang serius dan sungguh-sungguh hanya sedikit dibandingkan dengan yang seperti anggapan di atas. So pelaku kesehatan tidak boleh marah dengan adanya penilaian di atas, justru menjadi pengingat bahwa kode etik dan sumpah yang pernah terucap memang mewajibkan “primacy patient care“.
Terlepas peduli atau tidak tentang sistem layanan pengobatan gratis, kami pelaku kesehatan tentu berharap program luhur tersebut tidak perlu melalui pihak ketiga, karena selain boros juga penuh dengan nuansa permainan yang bermuara kepada kecurigaan akan penyelewengan dengan kedok niat luhur.
Penting mengingat QS al-Baqarah :”wa ta’awanu alal birri wa taqwa, wala ta’awanu alal izmi wal udwan”.
Seperti iklan:”harusnya gampang, dibuat susah, tanya kenapa”.
Lha bagaimana kalau dipaksakan sistem kerjasama dengan pihak ketiga?
Kata yang tepat adalah: “lawan“. Ya melalui posting ini, salah satu cara melawannya, walau gagal nggak apa, yang penting nggak ikutan mereka … kalo perlu keluar dari sistem …
Mengharap peran DPRD? Waduh maaf, gimana ya? … paling-paling kita cuman dimintai pendapat doang, nah loh … nampak formil kan …

(…seperti posting sebelumnya, perasaan makin kuat bahwa ntar gratisannya sama askes, … why … udah dibilang kan … 18 M itu gede banget … maksudnya, setengahnya itu bisa diotak-atik … percaya nggak … dan ini yang ngeri … ntar petugas puskesmas bakalan ikutan otak-atik, yang beginian mereka ahli lho … caranya … walah banyak cara, … antara lain kunjungan dinaikkan agar jasa medisnya dapet banyak dan jangan kaget ya, uangnya bakalan dibagi habissss bissss biiiisss … mau bermutu? … impossible … nggak percaya … lihat aja nanti …)

cakmoki

Iklan

1 Response to “Menunggu Kebijakan”



  1. 1 Hore, Menkes Ceraikan PT. Askes « cakmoki Blog Lacak balik pada Januari 18, 2008 pukul 1:42 am
Comments are currently closed.



Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 5,317,035 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


%d blogger menyukai ini: