Polip Hidung

KODE ICD-10 : J33 : Nasal Polyp

nasal_polypsPolip Hidung adalah tonjolan pada jaringan permukaan (mukosa) rongga hidung bagian dalam (cavum nasi). Bentuknya bertangkai dan memanjang (mirip dengan buah anggur bening lonjong bertangkai). Itu sebabnya penderita polip hidung merasa terganggu akibat tonjolan di dalam hidungnya sehingga tidak leluasa bernafas (buntu) dan pilek berkepanjangan. Mohon diingat bahwa jika seseorang mengalami pilek dan hidung berasa mampet, tidak lantas serta merta merasa dirinya menderita polip. Namun, tak ada salahnya periksa ke dokter Winking smileuntuk memastikannya.

Jenis Polip Hidung

Polip Hidung terbagi menjadi 2 jenis, yakni:

  1. Polip hidung Tunggal. Jumlah polip hanya sebuah. Berasal dari sel-sel permukaan dinding sinus tulang pipi (maxilla).
  2. Polip Hidung Multiple. Jumlah polip lebih dari satu. Dapat timbul di kedua sisi rongga hidung. Pada umumnya berasal dari permukaan dinding rongga tulang hidung bagian atas (etmoid).

Angka Kejadian

Berdasarkan usia penderita, Polip Hidung lebih sering dijumpai pada usia di atas 20 tahun. Sangat jarang terjadi pada anak. Perbandingan antara pria dan wanita pada usia dewasa berkisar 2-4 : 1.

Walaupun Tidak Berbahaya, Polip Hidung sangat mengganggu bagi yang menderitanya. Untuk itu, silahkan berobat ke dokter

Penyebab

Hingga kini penyebab Polip Hidung belum diketahui secara pasti. Pelbagai teori dikemukakan para ahli berkenaan dengan proses terjadinya Polip Hidung. Namun kepastiannya belum diketahui.

Adapun faktor penyebab yang dianggap berhubungan dengan Polip Hidung adalah reaksi alergi dan peradangan menahun yang berulang. Beberapa penyakit dan kondisi yang ditengarai berhubungan dengan Polip Hidung, diantaranya: Asma (20-50%), Rhinitis Alergika, Sinusitis Kronis, Intoleransi Aspirin, Intoleransi Alkohol, dan lain-lain ( John E McClay, MD )

Gejala Polip Hidung

  • Hidung mampet. Berat ringannya hidung buntu bergantung pada letak dan ukuran Polip Hidung.
  • Suara bindeng. Penciuman menurun.
  • Pilek berkepanjangan. Hidung meler, encer hingga kental.

Keluhan-keluhan makin menjadi jika penderita mengalami alergi yang dipicu oleh berbagai faktor.

Untuk memastikan diagnosa Polip Hidung, mau tidak mau periksa ke Dokter THT, melalui: pemeriksaan fisik jeroan rongga hidung, Rinoskopi, Endoskopi Nasal.

Pengobatan

Prinsip pengobatan adalah menghilangkan penyebabnya. Sayangnya, hingga kini penyebab pasti Polip Hidung belum diketahui. Sehingga pengobatan Polip Hidung ditujukan untuk meredakan keluhan akibat Polip dan menghilangkan Polip Hidung melalui tindakan medis operasi.

Pengobatan Non Operatif

Cara ini dipilih untuk pengobatan Polip Hidung yang masih kecil, untuk meredakan keluhan dan agar polip tidak membesar secara progresif. Obat yang lazim digunakan, antara lain:

  • Anti inflamasi steroid oral. Diberikan pada awal pengobatan untuk mencegah hidung buntu, sekaligus untuk menilai respon pengobatan. Apabila memberikan respon yang bagus, pengoabatan dengan cara ini aman diberikan secara periodik 3-4 kali setahun.
  • Steroid intranasal. Efektif untuk mengurangi pertumbuhan Polip Hidung dan pasca operasi.
  • Injeksi Steroid intra Polip. Pengobatan cara ini sangat selektif dan dipilih atas pertimbangan khusus oleh dokter THT.
  • Leukotriene inhibitors. Penelitian menunjukkan bahwa pengobatan ini bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan Polip Hidung dan meredakan keluhan, terutama pada Polip Hidung yang dipicu oleh Rhinitis Alergika.
  • Antibiotika. Hanya digunakan jika dijumpai infeksi sekunder oleh kuman berdasarkan pemeriksaan dokter.

Pengobatan Operatif

Tindakan operasi dilakukan untuk mengambil Polip Hidung berdasarkan indikasi sesuai hasil pemeriksaan Dokter THT.

Pasca operasi dilanjutkan dengan pengobatan untuk meredakan keluhan yang mungkin masih timbul, dengan menggunakan Steroid semprot intranasal.

Bagi Penderita Polip Hidung yang sedang menjalani pengobatan Non-Operasi, hendaknya menyampaikan kepada Dokter THT, obat-obat yang paling nyaman dan memberikan respon terbaik. Dengan begitu dokter akan memilihkan obat yang paling tepat, nyaman dan aman atau obat dengan efek samping paling minimal untuk penggunaan jangka panjang.

Semoga bermanfaat

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

About these ads

27 Responses to “Polip Hidung”


  1. 1 anang nurcahyo Maret 4, 2011 pukul 11:22 pm

    semoga terhindar dari semua penyakit termasuk penyakit tersebut

  2. 2 cakmoki Maret 5, 2011 pukul 1:47 pm

    @ anang nurcahyo:
    amiiin :)

  3. 3 jamil Maret 6, 2011 pukul 1:20 am

    Cak mohon bantuannya nih.tiga minggu yang lalu saya menderita sinusitis yang dahaknya berbau(bernanah)pipi kanan bengkak mata kanan nyeri.atas info yang saya baca di blognya cak, saya konsumsi cefadroxyl 500 mg, Asam mefenamat decongestan diminum 3×1.sudah saya konsumsi 10 hari.sekarang sudah lumayan baikan.Namun sumbat hidungnya dan sesekali berdahak kental namun tak berbau lagi.
    Nah kini yang menjadi masalah sekarang adalah hidung saya sering sumbat tapi bergantian kiri dan kanan terkadang sumbat total sebelah bila bangun pagi atu cuacca dingin.tanpa nyeri di pipi atau mata juga tanpa pening,bila detak jantung saya kencang sehabis (olah raga dsb)atau makan pedas sumbatnya hilang/plong.namun 20 menit sumbat lagi.
    Apkah saya terkena polip? atau pengobatan sinusitisnya harus lanjut terus selama 20 hari?atau obatnya di ganti?mohon sangat pencerahannya.trimakasih atas tulisan sebelumnya,saya sangat terbantu

  4. 4 cakmoki Maret 6, 2011 pukul 4:28 pm

    @ Jamil:
    Tindakan yang penjenengan lakukan udah benar.
    Silahkan melanjutkan obatnya hingga sembuh. Adapun pilek dan mampetnya dapat menggunakan decongestan lain yang paling nyaman.

    Menilik dengan obat terssebut udah membaik, kemungkinan bukan polip.
    Namun, untuk memastikan polip atau bukan, ga ada salahnya periksa ke dokter THT.
    Moga segera sembuh :)
    Makasih

  5. 5 Lisa Maret 25, 2011 pukul 5:24 pm

    Salam kenal cak.. Saya mau nanya cak,tp maaf tdk sesuai tema.sdh saya cari tapi ga ktmu cak(apa sy aj yg ga dpt ya?.coz sy buka blog cak dokter dr hp).udh prnah ngebahas sakit mata lum cak?cak,tlg dong obat apa tuk pertolongan pertama sakit mata ringan.anak saya (4th).baru mau mulai sakit mata nie cak.dr smlm keluar ‘tai mata’(maaf cak kl bahasana salah)tp matanya tdk merah cak.tp kl sy,melihat ke arah dia,mata sy jd gatal(sprti gjla mo sakit mata jg).begitu jg dgn suami saya.untuk pencegahan sebaiknya sy n suami pake apa cak?n tuk ank sy apa cak?
    Pake cendrocytol ato cukum dgn visine ato sejenisnya.tlg dijwb ya cak..
    Maaf kepanjangan n terima kasih bnyk cak

  6. 6 cakmoki Maret 25, 2011 pukul 5:48 pm

    @ Lisa
    tentang sakit mata yg diserati keluarnya kotoran pada mata, disebut konjungtivitis.
    Selengkapnya silahkan baca artikelnya di Blog ini pada link berikut:
    http://cakmoki86.wordpress.com/2009/04/30/musim-conjunctivitis/
    di situ udah lengkao dengan obat-2 nya.
    Makasih

  7. 7 Lisa Maret 25, 2011 pukul 9:51 pm

    Wah nggak nyangka dah di bls secepat ini.saya baru buka lg,krn,sy pikir baru ntar mlm dibls.trims cak.saya termasuk org yg sangat2 telat nemu blog na cak dokter,tp tiap ada ksmpatan,saya pasti smpatin baca artikel+diskusi na.blog yg sangat menarik dan berguna.lanjutkan dan trus semangat cak buat bangsa ind mnjdi lbih pintar..he.. Trims,nanti coba saya buka dan sy pelajari.kapan2 saya tanya2 lg ya cak.trims

  8. 8 cakmoki Maret 26, 2011 pukul 8:24 am

    @ Lisa:
    Makasih juga :)

  9. 9 pak janggut Maret 27, 2011 pukul 4:03 pm

    kalo pengobatan pake steroid oral, yang paling bagus apa cak? dexa,prednison, prdnisolon, atau yg lain cak? terus pake tapering off gak cak? trus gini cak, boleh gak dexa ampul di tetesin ke hidung? kmaren waktu saya di pulau, krn dikasih oral gak “mandi” dan gak ada iliadin, saya bikin tetes hidung,dari larutan NaCl 0,9% + dexa ampul….hehehe… BTW, tumben lama gak muncul cak?

  10. 10 xamthoneherbal.com Maret 27, 2011 pukul 5:01 pm

    thanks pak artikenya sangat membantu…

  11. 11 cakmoki Maret 27, 2011 pukul 5:58 pm

    @ pak janggut:
    Saat ini: Methyl-prednisolone. Tapi bergantung pada respon masing-2 pasien. Ya, tappering off
    Tentang tetesan hidung, bedanya yg satu bikinan pabrik dan satunya bikinan sendiri … hehehe
    Iya, belakangan ini jarang nulis. Sudah 5 bulan ini uji coba rekam medik di tempat praktek, dan edit brosur yg lama. :D

  12. 12 pak janggut Maret 27, 2011 pukul 7:00 pm

    wah…. cacak iki sibuk mracang ae…hehehe… trus rekam mediknya jadi pake yang pernah di bilang di facebook ya cak? itu milik pribadi atau bisa di download cak? hehe :) ….. pingin belajar mracang cara modern juga nih cak.. kemaren ada si temen yang bawa CD buat rekam medis dan administrasi klinik, tapi mahal..hehe

  13. 13 cakmoki Maret 27, 2011 pukul 10:25 pm

    @ pak janggut:
    wajib ‘ain soale … hehehe
    lha sampeyan gak seneng mracang tah? :D
    iya, rekam mediknya pake yg itu …. ntar kalo uji cobanya udah oke, bisa didownload dan bisa dipake oleh siapapun yg mau
    walh, rekam medik gak usah mahal-2… biasanya kalo ada masalah kita ga bisa apa-2 … beda kalo bikinnya berdasarkan pola pikir dan kemauan kita, fkelsibel dan bisa diedit sendiri,, enak kan ? ..hehehe

  14. 14 pak janggut Maret 28, 2011 pukul 6:35 pm

    mantaps cak….. inggih cak saya juga mracang, tapi masih ikut klinik orang, saya PTT di pindahin ke kota cak, jadinya kalo buka warung sendiri sulit, karena udah mau abis PTTnya,kecuali jadi “orang sini” cak..hehe..(kemaren ama pak kadis disuruh ikut tes CPNS taun ini….katanya peluang masuk besar…hehehe)…ditunggu downloadtan programnya cak…hehehe… ohya cak, sering online YM gak? boleh kapan2 sharing ttg puskesmas? ttg manajerial, operasional, ngatur dana-dana, kegiatan, BOK,dan lainnya…hehe..

  15. 15 cakmoki Maret 29, 2011 pukul 2:11 am

    @ pak janggut:
    siip siip … ga papa ikut klinik orang.. dg mracang ilmunya terus terasah (kata guru-2 kita) :)
    Maaf, saya jarang sign in di YM. Kalaupun diskusi dengan temen, via milis khusus sambil guyonan :D
    Sy masih sangat interes dg diskusi manajerial, selalu dinamin tapi banyak liku-likunya… hehehe

  16. 16 Yudhanric17 Maret 31, 2011 pukul 1:53 pm

    Dok, saya mau nanya nih..
    Saya pilek sudah lama, sekitar 8 thunan lah..
    Didalam rongga hidung ada kliatan seperti benjolan merah..
    Klo lg parah2nya jd nutup lobang hidung hingga gak bisa bernapas & kluar cairan bening dari lobang yg mampet..
    Satu2nya cara biar agak enak yaa dibawa tiduran miring, klo miring kekiri benjolan n mampetnya pindah kekiri dan sebaliknya..
    Kumat klo minum es, kena embun, gerimis..
    Klo hari2 biasa benjolannya agak mengecil..
    Saya biasa minum obat procold aja dok biar hidung agak enakan..
    Saran dokter gimana sebaiknya?

  17. 17 cakmoki Maret 31, 2011 pukul 6:36 pm

    @ Yudhanric17:
    Menilik gambaran yang disampaikan, nampaknya Rhinitis alergika (karena dingin)
    Selengkapnya tentang rhintis alergika, silahkan baca artikelnya di Blog ini pada link berikut:
    http://cakmoki86.wordpress.com/2008/02/12/pilek-bersin-hidung-buntu/
    Nah, di artikel tsb udah ada obat dan perawatannya
    Makasih

  18. 18 Yudhanric17 Maret 31, 2011 pukul 9:09 pm

    Makasih dok atas infonya, sangat membantu nih..
    Btw, palaran gak ndeso kok dok,
    Hampir tiap minggu tenggarong-handil lwt sana kyk kota tuh, gk ndeso,hehe..

  19. 19 cakmoki April 1, 2011 pukul 12:05 am

    @ Yudhanric17:
    Sama-sama. Kalo lihat jalan utamanya emang kayak kota… masih kayak … hehehe

  20. 20 Sandal Kesehatan April 23, 2011 pukul 8:46 pm

    Assalamualaikum, Selamat malam
    Blognya menginspirasi sekali Pak !, bagus sekali untuk dishare dengan yang lain
    ditunggu artikel-artikelnya yang lain.

    http://grosirsandalsehat.wordpress.com

    terima kasih banyak.

  21. 21 tejo sukarno April 24, 2011 pukul 5:06 am

    Assalamualaikum
    dulu kulit tubuh saya bersih tetapi 2 tahun terakhir, dari seluruh punggung dan sampai lengan timbul bercak-bercak kecoklatan, dan hal itu sangat tidak elok untuk dilihat.
    hal itu disebabkan oleh apa dan bagaimana cara pengobatannya.
    terima kasih banyak sebelumnya lho pak dokter.

  22. 22 cakmoki April 24, 2011 pukul 6:15 pm

    @ tejo sukarno:
    Wa’alaikum salam,
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Terimakasih. Wassalam

  23. 23 elvi Mei 18, 2011 pukul 4:44 pm

    dok,saya mau tanya nih…………….
    dah hampir 6 bulan pilek,hidung tersumbat,terus ada benjolan dihidung…………….
    apa itu polip dok…………..?????
    kira kira apa obatnya dok…………
    trimakasih dok…………..

  24. 24 AGNES Mei 19, 2011 pukul 11:45 am

    dok . saya mau nnya
    apakah penyakit polip yg mngkn lbih dari 6 tahun bisa berakibat fatal ?
    bagaimana dengan pengobatan singsang ?
    dgn cara di urut ?

    trimakasoh :D

  25. 25 cakmoki Mei 19, 2011 pukul 2:04 pm

    @ elvi:
    menilik kronologi dan adanya benjolan di dinding hidung bagian dalam, kemungkinan rhinitis alergika.
    Selengkapnya tentang rhinitis, silahkan baca artikelnya di Blog ini pada link berikut:
    http://cakmoki86.wordpress.com/2008/02/12/pilek-bersin-hidung-buntu/
    Di situ dah ada obat-2 nya
    Untuk memastikannya, ga ada salahnya periksa ke dokter THT
    Makasih

    @ AGNES:
    enggaklah …
    Maaf, saya gak komen tentang pengobatan dengan cara lain… menurut saya sebaiknya ke dokter THT
    Makasih

  26. 26 malasari Juli 14, 2011 pukul 10:49 pm

    slmt malam dok..anak saya 5 thn berat 35 kg,d dlm hdgnya ada benjolan sprti yg d bhs d atas,tp tdk prnah ada keluhan..cma dia mmg sering skali batuk.apakah pengaruh dr itu dok?btknya bsa karna mnm es krim,chiki,mkn coklat pagi2 jg lngsng btk.kbnyakan main jg..tp pd saat tdr ga prnah btk..saya prnah priksakan ke dktr tp ktnya paru2nya bersih,cma alergi.mhn pnjelasanny ya dok..

  27. 27 cakmoki Juli 14, 2011 pukul 11:22 pm

    @ malasari:
    Met malam… Ya benar alergi sebagaimanan kata dokter. Benjolan di hidung tersebut merupakan pembengkaan d idinding concha (sekat) hidung karena inflamasi akibat dari alergi, terutama cuaca, debu, angin, dingin, dll
    Makasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,941,908 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 555 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: