Kumpulan Artikel Penyakit Kulit

penyakit kulitMengawali Tahun 2011, penulis berkesempatan memenuhi salah satu permintaan dari beberapa pembaca, yakni mengorganisir Artikel Penyakit Kulit dalam 1 halaman sebagai pintu masuk ke artikel-artikel yang hendak dituju. Permintaan ini sejalan dengan rating pencarian artikel penyakit kulit yang menempati posisi teratas setiap pekan.Terima kasih kepada para pembaca yang telah memberikan saran agar artikel penyakit kulit dibuatkan halaman posting khusus sebagai sitemap.

Pada kesempatan ini pula saya ingin mengingatkan bahwa untuk diskusi atau pertanyaan seputar penyakit kulit seyogyanya menyertakan foto, setidaknya ukuran 800×600 pixel, dengan pengambilan 3-4 sudut pandang, agar memudahkan penilaian efluoresensi untuk memperkirakan diagnosa. Ini karena saking banyaknya jenis penyakit kulit dengan keluhan yang rata-rata sama, diantaranya: gatal, bentol, bercak, merah, dan sejenisnya. Nah, keluhan-keluhan tersebut sangat umum, tidak mengarah pada satu jenis penyakit kulit tertentu. Itu sebabnya diperlukan foto untuk mendekatkan kepada ketepatan diagnosa.

Alamat email: cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com

Berikut ini adalah beberapa artikel penyakit kulit di Blog ini. Silahkan klik judul masing-masing artikel sesuai keinginan.

acneAcne.
Kecil, menggemaskan. Serasa ingin memencet. Tapi jangan dipenceti dong, ntar bekasnya malah gak bagus. Dan gak perlu tiap hari dihitung di depan cermin Smile with tongue out Pengobatannya didasarkan pada jenis Acne mengingat Acne ada 3 jenis. | Baca

bau_badanBau Badan.
Adakalanya yang bersangkutan tidak menyadari, tapi orang yang berdekatan dapat merasakannya. Tentu sangat mengganggu. Repotnya, sulit untuk memberitahu yang bersangkutan karena takut tersinggung. Silahkan simak Tips untuk mengatasi masalah Bau Badan. | Baca

varicellaCacar Air.
Penyakit ini merebak setiap tahun pada periode tertentu. Pada anak memerlukan pengobatan sekitar seminggu, sedangkan pada dewasa lebih lama. Jangan dipencet. Biarkan bekasnya mengelupas dengan sendirinya. Tidak ada pantangan makanan, dan harus mandi. | Baca

condylomaCondyloma acuminata.
Meski pada umumnya tidak berbahaya, namun ada type tertentu yang memerlukan penatalaksanaan khusus. Penularannya tidak mesti melalui hubungan intim. Yang penting, periksa ke dokter agar diobati hingga sembuh. | Baca

seborrheic_dermatitisDermatitis seboroik.
Penyebab Dermatitis Seboroik hingga kini belum diketahui secara pasti. Faktor-faktor yang diduga sebagai penyebab Dermatitis Seboroik, antara lain: infeksi jamur Malassezia ovale, faktor imunologi, iklim, genetik, lingkungan, hormonal, dan aktifitas kelenjar sebasea yang berlebihan. | Baca

eksimEksim.
Walaupun penyakit eksim tidak berbahaya dan tidak menular, keluhan yang ditimbulkannya membuat penderita merasa tersiksa dan tak jarang mempengaruhi kepercayaan dirinya. Penyakit ini bersifat kronis (menahun) dan residif (kambuhan), terutama jika terpapar pemicunya. | Baca

erysipelasErisipelas.
Meski sekarang sudah jarang, penyakit ini masih dapat dijumpai di praktek sehari-hari, terutama pada anak-anak yang sebelumnya ditemukan adanya koreng atau luka di sekitar timbulnya Erysipelas (Erisipelas). Ingat ! Tidak ada pantangan makanan. | Baca

herpes_simplexHerpes Simplex Genetalis.
Penyakit yang satu ini (Herpes simplex genitalis, Herpes simpleks genital) makin kerap ditanyakan melalui email karena mungkin menyangkut area pangeran kecil alias cucakrowo dan area miss V serta arena sekitarnya. Berobat ke dokter merupakan langkah bijak agar terhindar dari kemungkinan terjadinya infeksi sekunder dengan pelbagai dampak yang tidak kita inginkan.| Baca

herpes_zosterHerpes zoster.
Warga suku Jawa menamakan Dumpo ( dompo ). Warga Banjar menyebut Kayap. Dan sebagian khalayak menamakan Cacar Ular. Tidak bahaya, tapi menyiksa saking nyerinya. Pengobatannya mudah, namun memerlukan sekitar 1-3 minggu untuk penyembuhan. Tidak ada pantangan makanan. | Baca

impetigoImpetigo.
Sebagian suku Jawa menyebutnya penyakit sulet. Mitos yang beredar biasanya dihubungkan dengan terbakarnya pakaian si anak (popok, celana, pospak atau apalah yang dipakai anak). Ah, mitos. Kita perbaiki yuk !!! Penyebabnya kuman, so tidak ada hubungannya dengan makanan alias tidak ada pantangan makanan. | Baca

tinea_corporisKadas.
Tenang .. tenang, walaupun Kadas sudah dipelihara belasan tahun hingga membentuk bercak berpulau-pulau, niscaya dapat disembuhkan sedikitnya dalam 3-4 minggu. Pengobatan terbaik adalah dengan obat oral (diminum) dan obat topikal (salep, krim atau bedak anti jamur) secara teratur . | Baca

keloidKeloid.
Menurut penulis, pilihan terbaik adalah dengan injeksi langsung menyusur permukaan keloid dengan kortikosteroid (triamcinolone acetonide) setidaknya 1-4 minggu sekali hingga tonjolan keloid menjadi rata. Kalau operasi biasanya tumbuh lagi, malah makin lebar. | Baca

cucakrowoKencing Nanah ( GO ).
Gonore atau Kencing Nanah adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh kuman Neisseria gonorrhoeae, yakni kuman berbentuk mirip kopi (diplococcus). Penularannya melalui hubungan seksual, termasuk lewat anal (dubur) dan oral. | Baca

keputihanKeputihan.
Meliputi 2 jenis: keputihan karena Penyakit dan Bukan Penyakit. Untuk mengetahui penyebabnya sangat mudah, yakni dengan periksa sekret vagina (swab). Dalam tempo 1-2 jam sudah diketahui penyebabnya. Dengan begitu pengobatannya lebih tepat. | Baca

KetombeKetombe.
Oleh para ahli, ketombe dihubungkan dengan infeksi jamur Pytosporum ovale dan jamur Mallassezia sebagai faktor pencetus terjadinya kelainan pada kulit kepala. Ketombe tidak berhubungan dengan jenis kulit kepala, artinya dapat menimpa siapa saja tak peduli apakah kulit kepala berminyak atau kering. | Baca

Cutaneous Larva MigransLarva migrans ( Cutaneous Larva Migrans ).
Agar mudah diingat, penulis mencoba memperkenalkan CLM dengan nama Cacing Kulit kepada publik sejak 4 tahun yang lalu. Obatnya mudah, bukan disemprot, tapi dengan obat cacing khusus ( paling bagus dengan albendazole ). Biasanya sembuh dalam 1-2 minggu. Tidak ada pantangan makanan. | Baca

orchitisOrchitis.
Infeksi pada salah satu atau kedua testis ( buah zakar alias biji salak si cucakrowo ). Sebenarnya penyakit ini tidak tepat dikelompokkan ke dalam penyakit kulit dan kelamin. Namun karena testis merupakan bagian organ genital, penulis memasukkan dalam halaman ini. | Baca

pityriasis_versicolorPanu.
Penyakit kulit yang satu ini sering diabaikan, kecuali kalau udah menyerang bagian tubuh yang kelihatan. Walau mandinya lebih 2 kali sehari, gak perlu protes ketika penyakit ini mampir. Pengobatannya memerlukan waktu sedikitnya 3-4 minggu. Tidak ada pantangan makanan. | Baca

PyodermaPioderma.
Penyakit ini di kalangan awam disebut koreng, adalah terminologi umum untuk penyakit-penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh kuman (bakteri), terutama Streptococcus beta hemolyticus atau Staphylococcus aureus. Pengobatan memerlukan waktu sedikitnya 7-10 hari. Pastinya tidak ada pantangan makanan. | Baca

pityriasis_roseaPityriasis Rosea.
Penyebab Pityriasis rosea hingga kini belum diketahui. Para ahli masih berbeda pendapat tentang faktor-faktor penyebab timbulnya Pityriasis rosea. Ada yang menduga disebabkan virus lantaran penyakit ini sembuh sendiri (self limited) dalam 3-8 minggu. | Baca

prurigoPrurigo von Hebra.
Penyakit ini tidak berbahaya. Meski begitu, penderita Prurigo von Hebra merasa sangat risih, gak nyaman, bahkan menjadi tidak percaya diri. Ini dapat dimaklumi karena pada kulit penderita Prurigo von Hebra timbul bentol-bentol berwarna kehitaman dan menebal, terutama di daerah anggota badan. | Baca

psoriasisPsoriasis.
Walau tidak berbahaya dan tidak menular, Psoriasis membuat penderitanya merasa risih (kadang gak pede) karena alasan kosmetik. Psoriasis adalah penyakit kulit menahun (kronis) dan kambuhan (residif) terutama jika terpapar pemicunya. Pengobatan yang dilakukan adalah upaya untuk meminimalisir keluhan (simptomatis). | Baca

diaper_rashRuam Popok.
Ruam popok ( diaper rash, diaper dermatitis, napkin dermatitis ) masih kerap kita jumpai dalam keseharian, terutama pada bayi. Meski ruam popok tidak bahaya, namun tak jarang membuat anak terganggu karena rasa gatal, perih, risih dan kadang terasa sakit, sehingga anak menjadi gelisah dan rewel. | Baca

stretchmarksSelulite.
Para ahli berbeda pendapat terkait terjadinya selulite (striae). Sebagian berpendapat, striae terbentuk karena timbunan lemak, sebagian lainnya mengatakan akibat regangan “jaringan penghubung” (connective tissue) karena perubahan bentuk dan berat badan. Pada umumnya pengobatan selulite belum memberikan hasil memuaskan. Hal ini bergantung banyak faktor. Tak jarang pengeluaran biaya besar berakhir dengan kekecewaan. | Baca

scabiesSkabies.
Ini dia, Skabies atau Gudikan, salah satu penyakit kulit yang mudah menular ( yang disebabkan oleh kutu Scabies scabiei ) dari satu orang ke orang lainnya, sehingga tak jarang menyebar dalam keluarga ketika salah satu anggota keluarganya pulang kerumah membawa penyakit ini. Tidak ada pantangan makanan. Harus mandi. | Baca

urtikariaUrtikaria.
Lebih dikenal dengan sebutan Biduran atau kaligata, ditandai dengan bentol-bentol (adakalanya hanya berupa bercak merah) pada kulit, berwarna merah atau berwarna keputihan dan gatal. Tidak bahaya, namun suka kambuh dan menyiksa, kecuali yang betah gatal. Tersering dipicu oleh cuaca. | Baca

candidiasis_vaginalisVagina Berjamur.
Adalah salah satu keputihan yang disebabkan oleh infeksi Jamur (Candida albicans, namanya keren booo). Untuk memastikan jamur atau bukan adalah dengan pemeriksaan sekret vagina (swab). Pengobatannya memerlukan waktu rata-rata 5 hari. Adakalanya  perlu pengobatan hingga 10-14 hari. | Baca aja deh.

vitiligoVitiligo.
Bercak berwarna putih (hipopigmentasi) pada kulit. Vitiligo adakalanya hanya satu bercak, bisa juga beberapa bercak di area yang sama, misalnya area wajah, anggota badan. Masalah utama vitiligo adalah masalah kosmetika, terlebih pada wanita. | Baca

::::: Smile :::::

Penulis berkeinginan menambah artikel-artikel Penyakit Kulit, terutama yang sering dialami khalayak, namun tentu memerlukan waktu khusus agar isi artikel mudah dimengerti dan tidak menyeramkan :D
Semoga bermanfaat.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

free counters

About these ads

41 Responses to “Kumpulan Artikel Penyakit Kulit”


  1. 1 andre Januari 1, 2011 pukul 1:25 pm

    met tahun baru sebelumnya, semoga sukses n lebih bermanfaat bagi semua… cak, aq mau tanya neh tentang alergi/tentang kelebihan protein yg trdapat pd telur ayam,pyuh,dll. sehingga menimbulkan dampak seperti alergi. ada artikel tentang ini ngk? dan cara mengobatinya?

  2. 2 Amd Januari 1, 2011 pukul 3:41 pm

    Beberapa gambar sepertinya tdk sinkron dengan jenis penyakitnya… *halah*

    Anyway, met tahun baru dok…

  3. 3 Fatcool Januari 1, 2011 pukul 8:06 pm

    Matur suwun cak atas semua artikelnya… Berguna bagi kita semua bangsa Indonesia… Wilujeng warsa enggal pak dokter…

  4. 4 cakmoki Januari 1, 2011 pukul 8:31 pm

    @ andre:
    Met tahun baru :)
    Untuk alergi, silahkan klik bab Urtikaria…di situ dijelaskan proses terjadinya alergi dan pemicu-pemicunya…
    gak selalu dipicu oleh makanan berprotein tinggi… lha kalo kita gak makan protein tinggi, bisa-2 kulit kita cepet keriput kayak mak Lampir :D :D
    Makasih

    @ Amd:
    Emang bener, Cil … kalo disinkronkan ntar dikira p0rn0 :D
    Met tahun Baru juga

    @ fatcool:
    Sami-2 …maturnuwun. :)

  5. 5 dee Januari 2, 2011 pukul 8:43 am

    Met Taon Baru Cak…. moga makin sukses… amminnnn…

  6. 6 cakmoki Januari 2, 2011 pukul 10:29 pm

    @ dee:
    Met tahun baru juga :)
    Moga sukses selalu…amiiin

  7. 7 anang nurcahyo Januari 3, 2011 pukul 11:31 am

    info baru.. ternyata banyak juga penyakit kulit..

  8. 8 Johar Manik Januari 3, 2011 pukul 3:15 pm

    Suwun Pak Dokter, Ini yang saya tunggu-tunggu dokumentasine lengkap bisa buat referensi…dibikin buku pak dokter…uapik ketoke….

  9. 9 susant Januari 3, 2011 pukul 5:08 pm

    minfonya bener2 lengkap! pak dokter!

  10. 10 cakmoki Januari 3, 2011 pukul 11:45 pm

    @ anang nurcahyo:
    Ya…banyak banget penyakit kulit…namun hanya sempat saya tulis yang kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
    Makasih

    @ Johar Manik:
    Makasih sarannya … sudah mulai saya cicil :D

    @ susant:
    Makasih :)

  11. 11 Ade Januari 12, 2011 pukul 6:20 pm

    Keren Cak.. lebih mudah utk orang awam spt aku utk tahu lebih byk tentang aneka penyakit kulit.

    Usul Cak, gmn klo utk penyakit lainnya juga dikelompokin gini. Aku doa’in semoga cak moki sehat selalu dan punya byk waktu utk mengerjakannya..:)). Amin.

    Wass.

  12. 12 montok Januari 12, 2011 pukul 10:31 pm

    Assalamu’alaikum.wr.wb.
    Apa kabar pakpo,moga pakpo n keluarga sehat dan selalu dalam lindunganNya…amin

    Pakpo maaf ya soal foto tali puser yg kmarin… Sy ga sempat ngirim,ada tugas urgent…. Alhamdulillah skrg tali puser adik dah lepas (43 hari)….

    Begini pakpo, baru aja temen kesini ngasih foto soal penyakit kulit yg di deritanya…. (foto dah ta kirim)
    Katanya dia malu mo nanya sendiri….

    Penyakit tsb ada di lengannya… Klo gatel suka di panasin pk api rokok….
    Mohon pencerehannya yo pakpo n sekali lg sy minta maaf yo pakpo sy ngerepotin mulu….

    Maturnuwun yo pakpo
    Wassalam…

  13. 13 montok Januari 12, 2011 pukul 10:38 pm

    Eh lupa…
    Mbak (anakku yg perempuan)…
    Alhamdulillah dah sembuh dr timbilen…
    Salepnya sy pakein 2 x sehari…
    Br dua hari pake dah sembuh.,
    Tp antibiotiknya sy terusin selama 7 hr ( 2 x 1 )…

    Makasih banget yo pakpo…

  14. 14 sibermedik Januari 13, 2011 pukul 1:18 am

    Mantap…Btw, saya pamit pindah ‘Kontrakan’ WP ke ‘Apartemen’ .com yg baru nggih Cak. Monggo mampir kalau lewat.. :D

  15. 15 cakmoki Januari 13, 2011 pukul 5:22 pm

    @ Ade:
    Terimakasih sarannya :D
    Insya Allah akan saya usahakan kalo ada waktu luang. Sampai saat ini baru sempat mengelompokkan Kesehatan Wanita dan Penyakit Kulit.
    Makasih juga atas do’anya…semoga demikian pula sebaliknya…amiin.
    Wassalam

    @ montok:
    Wa’alaikum salam, wr, wb,
    Alhamdulillah… walau lama akhirnys lepas juga :D
    Tantang mbak, udah benar… antibiotiknya diterusin hingga 7 hari …siiip siip.
    Foto teman insya allah akan saya lihat nanti malam… kalo lambat mohon dimaafkan soalnya bulan ini agak sibuk :D
    Maturnuwun do’anya…semoga demikian pula sebaliknya…amiin.
    Wassalam

    @ sibermedik:
    Siiip… wis saya bookmark… rapi, resik tur ringkes :D

  16. 16 baju couple Januari 19, 2011 pukul 12:37 am

    banyak juga dan lengkap… makasih uda share info yang bermanfaat ini gan :)

  17. 17 cakmoki Januari 19, 2011 pukul 6:13 am

    @ baju couple:
    Makasih juga atas kunjungannya

  18. 18 Obat Alergi Januari 26, 2011 pukul 3:25 pm

    banyak yang saya pelajari disini, terimakasih..

  19. 20 Zeromin0 Maret 8, 2011 pukul 5:44 pm

    .. mas Tanya ?

    Ktanya kalo Herped xodter / dompo katanya ngak boleh kena air bener ngak ?

  20. 21 cakmoki Maret 8, 2011 pukul 5:51 pm

    @ Zeromin0:
    Salah !!!
    yang bilang begitu kemungkinan emang ga suka mandi alias rembesisasi :D
    makasih

  21. 22 montok Maret 20, 2011 pukul 2:10 pm

    Assalamu’alaikum.wr.wb

    Maaf ganggu pakpo…
    Sy dah krm foto ke emailnya pakpo

    Masalah mbak 4,5 th bb 20 kg dan adik 4 bln bb 6 kg
    Sy di jkt sedangkan anak2 di surabaya….
    Klo fotonya kurang ato ga jls… Akan sy kirim ulang….

    Maturnuwun yo pakpo…

  22. 23 cakmoki Maret 20, 2011 pukul 4:46 pm

    @ montok:
    Wa’alaikum salam, wr, wb,
    Sudah saya jawab Om :)
    Fotonya sangat jelas … bahkan setara dengan arsip foto para ahli kulit di dermAtlas dot com or dot org… (lali) :P
    Monggo diaturi cek mailbox nya :D
    Maturnuwun … wassalam

  23. 24 Delia Maret 23, 2011 pukul 9:15 pm

    Dokter,,kmrn wajah saya alergi, dah sminggu yll mengering n terkelupas krna smpat bernanah, trus dibagian lain kok malah muncul spt kasar berbatas agak kecoklatan kadg gatel.
    Saya bawa kedokter kulit dikasi elocon, sang dokter nyarani sluruh muka dikasi trmasuk yg bekas alergi yg baru sembuh. Tp skrg permukaan kulit bekas alergi malah kasar n terkelupas2, n barcak kering yg agak bersisik malah ga ada prubahan,
    mnurut dokter ini akibat apa ya.
    Klo bekas alergi yg kasar saya obati dgn biokrim kira2 bole ga dok?
    Soalnya saya cocok bgt ama biokrim. Apa2 klo pake biokrim insyaallah ga berbekas trmasuk jerawat. Tp apa bole lgsung ganti salep gitu dok? Makasih ya dokter

  24. 25 Delia Maret 24, 2011 pukul 12:41 am

    Oh ia dok, alerginya kena ulat bulu dok, sampe bernanah

  25. 26 cakmoki Maret 24, 2011 pukul 12:11 pm

    @ Delia:
    Terkelupasnya kulit dan kasar tersebut karena proses penyembuhan
    Yg kasar boleh dikasih biocream bersama dengan elocon, namun yang paling tepat pemberian biobream nunggu hingga kulit udah gak bernanah dan udah mener-2 mengering.
    Maslah bekasnya ntar akan pulih dengan sendirinya seiring dengan pertumbuhan kulit yg baru untuk menggantikan kulit yang terganggu akibat penyakitnya.
    Makasih

  26. 27 Delia Maret 24, 2011 pukul 10:34 pm

    Thank you Dokter,,
    nnti mlm aku bakalan enak tidur
    doain cepat pulih ya dok, da kangen pake make up ni dok hehehe

  27. 28 cakmoki Maret 25, 2011 pukul 1:48 pm

    @ Delia:
    Ya, semoga cepat sembuh dan sehat selalu :)

  28. 29 Delia Maret 29, 2011 pukul 9:15 am

    Dokter, jd rajin mmpir ni, abis pnyakit kulitku kok nmbah2 ya,
    yg alergi ulat bulu da selesai, skrg muncul yg lain sprtinya jamur dok, ciri2nya kadang gatal, bagian kulit yg terkena, kering agak bersisik, kulit ttp rata, berbatas kecoklatan samar dipinggirannya, skarang bertambah lagi lokasinya dok, mereka brkmbang biak disekitar wajah, kira2 obatnya apa ya dok?
    Trus apa ini trmsuk jnis ring worm? Mngingat bntuknya yg bulat2 berbatas.
    Trimakasi sblumnya dokter

  29. 30 cakmoki Maret 29, 2011 pukul 11:19 pm

    @ Delia:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  30. 31 Miki Maret 30, 2011 pukul 4:45 pm

    Dokter, obat untuk bersihin komedo diwajah apa ya
    komedo saya bandel banget dok, kadang setelah facialpun masih aja ada yg nongkrongin wajah saya
    makasih dokteeerrr :-)

  31. 32 cakmoki Maret 31, 2011 pukul 4:10 pm

    @ Miki:
    Kalo hanya komedo, cukup dengan Krim Retin-A ato Krim Vitacid 0,05%, dioleskan 1 kali sehari pada malam hari sebelum tidur
    makasih

  32. 33 ezra April 13, 2011 pukul 3:28 pm

    cak aku ada kirim email tanya masalah penyakit kulit, tolong di bales ya cak, thx b4…

  33. 34 cakmoki April 13, 2011 pukul 5:30 pm

    @ ezra:
    ok, akan saya lihat kalo ada watu luang
    makasih

  34. 35 Hendrawan April 23, 2011 pukul 5:32 pm

    Hih… ngeri2 pernyakitnya, sangat bermanfaat..

    Salam kenal aja..

  35. 36 cakmoki April 25, 2011 pukul 3:30 am

    @ Hendrawan:
    salam kenal juga :)

  36. 37 yan putra Mei 13, 2011 pukul 7:42 am

    Salam kenal. Sdh 7 blan ini sy mengidap penyakit kulit di pinggang bawah kanan dan kiri. Kdg gtal, warna kehitaman (awalnya merah), kasar, kering mengelupas. Apa namanya cak? Sy ingin mngirim foto bagaimana caranya? Trims.
    Oh ya sy sdah ke dkter dan diberi methylprednisolon 8 mg dan salep. Sy pakai salepnya tp hanya minum obatnya 1 kali karena badan sy rasanya tidak enak stlh minum obatnya. Trims.

  37. 38 cakmoki Mei 13, 2011 pukul 2:55 pm

    @ yan putra:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Terimakasih

  38. 39 Kesehatan Mei 16, 2011 pukul 5:32 pm

    penyakitnya serem2 amat,,,

  39. 40 cakmoki Mei 16, 2011 pukul 6:07 pm

    @ kesehatan:
    makasih kunjungannya :)

  40. 41 Muh Rizky Januari 5, 2012 pukul 11:57 pm

    Ass.Wr.wb..
    Dok,,artikel nya bagus2 dan sangat bermanfaat…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,966,819 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 560 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: