Orchitis

KODE ICD-10 : N45 : Orchitis

orchitis_1Orchitis ( orkitis ) adalah infeksi pada salah satu atau kedua testis ( buah zakar alias biji salak si cucakrowo ).

Bisa dibayangkan betapa sakitnya jika testis yang tanpa tulang dan posisinya yang menggantung gondal-gandul ini mengalami infeksi. Nyeri alang kepalang. Tak jarang rasa nyeri menjalar ke selangkangan, ke perut, searah dengan testis yang mengalami pembengkakan karena infeksi… betapa menderita seseorang yang mengalami Orchitis, telor meradang.

Penyebab

Penyebab Orchitis, antara lain:

  • Sebagian orchitis berhubungan dengan penyakit Gondongan ( Mumps, Parotitis ). Disebutkan bahwa 30 % penderita Gondongan dapat mengalami Orchitis pada hari ke 4 hingga hari ke 7. Ini terjadi karena penjalaran infeksi melalui aliran getah bening.
  • Virus-virus lain yang berbungan dengan Orchitis diantaranya coxsackievirus, varicella, dan echovirus.
  • Bakteri. Orchitis oleh bakteri pada umumnya merupakan penyebaran epididymitis, yakni infeksi epididimis ( saluran sperma yang menempel di bagian atas testis ). Infeksi oleh bakteri dapat juga terjadi tanpa adanya infeksi epididimis. Kuman penyebab Orchitis diantaranya Neisseria gonorrhoeae, Chlamydia trachomatis, Escherichia coli, Klebsiella pneumoniae, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus dan Streptococcus

Angka Kejadian

Mark B Mycyk, MD menyebutkan bahwa sekitar 20 % insidens Orchitis berhubungan dengan Penyakit Gondongan (Mumps, Parotitis), terutama pada usia prepubertas. Sedangkan Orchitis yang disebabkan kuman pada umumnya berhubungan dengan Epidedymitis.

Gejala Orchitis

Keluhan-keluhan dan gejala pada penderita Orchitis, antara lain:

  • Bengkak pada salah satu atau kedua testis, disertai warna kemerahan.
  • Nyeri, ringan hingga nyeri banget. Kadang penjalaran nyeri berasa hingga perut bagian bawah. Kesenggol dikit saja nyerinya tak terkira. Duduk salah berdiri salah … ( mringis mode: on ).
  • Demam, menggigil.
  • Adakalanya disertai dengan nyeri otot, lemas, mual, sakit kepala.

Pada pemeriksaan nampak testis yang membesar, lunak (kadang meengeras), merah, epididimis membesar (membentuk benjolan melengkung di atas testis), kulit skrotum meregang (kulit yang kayak kulit salak itu lho Smile with tongue out ).

Pengobatan

Pada dasarnya, pengobatan didasarkan pada penyebabnya. Jika diduga penyebabnya virus, obatnya dengan obat simptomatis (meredakan keluhan), yakni obat pereda demam dan nyeri (non-steroid anti-inflammatory drugs), misalnya: Ibuprofen, Asam Mefenamat, Naproxen, dan sejenisnya.

Sedangkan jika diduga karena kuman, maka diperlukan antibiotika sedikitnya selama 7–14 hari.

Obat-obat antibiotika yang lazim digunakan pada Orchitis yang disebabkan kuman diantaranya: Doxycycline, Azithromycin, Trimethoprim-sulfamethoxazole, Ofloxacin, Ciprofloxacin.

Selain itu, untuk mengurangi keluhan dianjurkan:

  • Istirahat. ( kecuali yang ringan dan betah nyeri )
  • Hindari pemakaian celana dan celana dalam ketat. ( pake sarung ) Winking smile
  • Hindari aktifitas berlebihan.

Ingat: tak ada pantangan makanan lho… (biasanya ada yang nanya soal makanan)

Semoga bermanfaat.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

About these ads

91 Responses to “Orchitis”


  1. 1 Cahya Desember 3, 2010 pukul 7:10 am

    Oh ya Cak, kalau dilihat dari onsetnya apa juga bisa mendadak seperti torsio ya? Kadang kalau baru-baru nemu penyakit yang jarang bingung juga.

  2. 2 Aulia Desember 3, 2010 pukul 2:35 pm

    jadi nambah ilmu deh :)

  3. 3 cakmoki Desember 4, 2010 pukul 1:11 am

    @ Cahya:
    ya, bisa mendadak. Biasanya kalo disertai epididimitis penyembuhannya sekitar 2 minggu. Seminggu sebelum nulis ini kebetulan ada 2 kasus, yg satu anak usia 14 tahun .. bisa dibayangkan kepanikan ibunya … hahaha

    @ Aulia:
    Mongggo berbagi :D

  4. 4 nurhayadi Desember 5, 2010 pukul 3:09 am

    yang sering saya temui ya karena gondongen itu, tapi seringnya gondongennya sudah pada fase penyembuhan lha orchitisnya baru kelihatan.

  5. 5 montok Desember 5, 2010 pukul 1:48 pm

    Yahhh…
    Saya ketinggalan lagi pakpo…
    Ga apa2 dech… Yg penting ngisi absen….
    *…hadir…*

  6. 6 cakmoki Desember 5, 2010 pukul 3:13 pm

    @ nurhayadi:
    Biasanya pasiennya bingung: koq bisa ya ??? :D

    @ montok:
    monggo pinarak, OM :)

  7. 7 mLengse Desember 5, 2010 pukul 5:35 pm

    bedain sama torsio gimana ya?

  8. 8 cakmoki Desember 5, 2010 pukul 8:51 pm

    @ mLengse:
    pada torsio ada riwayat trauma

  9. 12 cakmoki Desember 7, 2010 pukul 6:40 pm

    @ badroe:
    sami-sami Mas :)

  10. 13 pakjanggut Desember 8, 2010 pukul 8:23 pm

    Saya mau mengkritisi tulisan cak moki “ingat: tak ada pantangan makanan lho… (biasanya ada yang nanya soal makanan)”
    Kayaknya semua penyakit ada pantangannya cak… Yaitu gak boleh makan yang haram, dan gak boleh makan yang keras keras (besi, kayu, pralon, dll)… Hehehe… (Biarpun sehat juga gak boleh…)

  11. 14 cakmoki Desember 9, 2010 pukul 1:27 am

    @ pakjanggut:
    hahahaha… betul … dan gak boleh makan drijinya sendiri :D

  12. 15 Kakaakin Desember 11, 2010 pukul 12:59 pm

    Saya baru tahu nih…
    Ijin kopas ya, Pak. Siapa tahu ntar ketemu pasien kayak gini :)

  13. 16 cakmoki Desember 12, 2010 pukul 3:48 pm

    @ Kakaakin:
    Silahkan :)
    Moga suatu saat ketemu yg payak gini

  14. 17 vandy Desember 15, 2010 pukul 8:52 am

    dok obat Ciprofloxacin itu buat apa ya?
    saya pernah dkasi obat itu sama dokter waktu ada luka di sekitar anus..setelah itu lukanya sembuh…

  15. 18 cakmoki Desember 15, 2010 pukul 4:10 pm

    @ vandy:
    Buat memberantas kuman pada penyakit-2 tertentu kalo ada infeksi.

  16. 19 randy Januari 5, 2011 pukul 3:41 am

    saya lagi ngalamin nih,,,ga terlalu nyeri sih tapi cukup mengganggu,,,

    ini biasa nya sembuh dalam brp hari yah?

    dan saya sudah ke dokter dekat rumah saya
    dan di kasih obat nya

    antibiotik : levofloxacin

    obat lain nya : imunos & lameson – 4

  17. 20 cakmoki Januari 5, 2011 pukul 4:42 am

    @ randy:
    Kalo penyebabnya kuman, biasanya sembuh dalam beberapa hari kalo diobati.
    Lhaah??? koq pake lameson sih ???? :D

  18. 21 randy Januari 6, 2011 pukul 3:18 am

    lha mana saya tau dok,,hahahahha

    lameson buat apa aja saya ga tau :D

    tp untuk levofloxacin ud bener blom? sakit nya sih sedikit berkurang sekarang

  19. 22 cakmoki Januari 6, 2011 pukul 6:06 pm

    @ randy:
    yaaaa… gak nanya ke dokternya ? :D
    Levofloxacin udah bener… untuk meredakan sakinta perlu pereda nyeri, misalnya asam mefenamat 500 mg (merk dagang bebeas memilih), diminum 3×1 sesudah makan hingga mengempis dan nyerinya ilang :D
    Moga segera sembuh

  20. 23 heri Januari 18, 2011 pukul 7:30 pm

    sy mw ? nih kira2 btuh brpa lma untk smbuh smpai normal kmbli. .
    keadaan sy skrng ni ukurn testisny sdh normal tp msih keras. .
    tlng ya. .

  21. 24 cakmoki Januari 19, 2011 pukul 5:52 am

    @ heri:
    Rata-rata 1-2 minggu sebagimana tertulis di artikel.
    Makasih

  22. 25 heri Januari 19, 2011 pukul 6:05 pm

    smpai skrng dah 1 blnan nch blm smbuh2 jga,
    kira2 obtny pa ea biar krasny tu kmbli lunak?

  23. 26 cakmoki Januari 20, 2011 pukul 1:59 am

    @ heri:
    kalo bener orchitis, rata-2 sembuh dalam 1-2 minggu dengan cefadroxyl 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan …adapun untuk meredakan nyeri dan bengkaknya, dapat menggunakan asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga sembuh.
    Sejujurnya, saya ragu apakah bener orchitis ato bukan, soalnya selama ini sy ga ngeliat langsung… hanya menurut cerita sampeyan aja :D … Menurut saya, sebaiknya periksa ke dokter lain (bukan dokter yg pertama) untuk memastikan penyakitnya.
    Makasih

  24. 27 Obat Diabetes Januari 21, 2011 pukul 3:10 pm

    mengerikan jga ya ternyata penyakit ini

  25. 28 cakmoki Januari 23, 2011 pukul 12:41 am

    @ Obat Diabet:
    enggak ah :D

  26. 29 kiki Januari 27, 2011 pukul 10:51 pm

    Aq mau nanya nih,,suami aq dibilang dokter kna epididimitis,,klo berhubungan intim gimana, bahaya atau bagaimana? Makasih

  27. 30 cakmoki Januari 28, 2011 pukul 1:39 am

    @ kiki:
    Kalo udah sembuh gak masalah dan gak bahaya.. kalo masih sakit, diobati dong :D … lagipula, kalo masih sakit dipakai berhubungan intim , jelas nyeri dong
    Makasih

  28. 31 Ria - Solo Januari 29, 2011 pukul 12:27 pm

    Sugeng siang Cak…

    Nanya dongs..
    Saya & suami kebetulan sdh 6 th menikah, tp blm dikaruniai anak.
    Pernah baca masalah orchitis ini, teritama dr Mumps, berbahaya utk pria dewasa.Apalagi kebetulan sekitar tahun ke-2 pernikahan, suami kena Mumps.

    Nah, kondisi Mumps yg bisa mengakibatkan “steril” pd pria dewasa itu yg seperti apa ?
    Apakah kalau pria dewasa kena Mumps sdh pasti steril ?

    Mohon penjelasan ya..

    Matur nuwun

  29. 32 cakmoki Januari 29, 2011 pukul 5:03 pm

    @ Ria-Solo:
    Sugeng sonten :)
    Mungkin ada yg mengatakan bahaya bagi pria dewasa, tapi menurut saya dan eferensi gak bahaya tuh :D .. sapa sih yg betah gak diobati kalo endog salak sakit … hehehe
    Orchitis yg berhubungan dengan Mumps hanya 20 % , itupun para pria akan segera berobat sehingga tidak akan mengakibatkan steril. Satu testis saja sudah cukup untuk membuahi sel telur… penyebab steril bunyak banget.
    Mari kita berhitung… menikah 6 tahun, kena mump 2 tahun yang lalu…itu berarti bisa dikatakan mumps gak behubungan dengan belum hamil.

    Apakah kalau pria dewasa kena Mumps sdh pasti steril ? jawab: TIDAK. Faktanya istri para pria yg pernah kena mumps homal hamil :D
    Saya dulu juga pernah kena Mumps… mbokne tole hamil tuh,..malah kalo gak pasang IUD bisa-bisa homal-hamil
    Maturnuwun

  30. 33 pvc Februari 11, 2011 pukul 9:32 pm

    Malem dok,lgsg saja sy utarakan prmasalahannya
    Tgl 18 jan sy jajan, lalu tgl 19 saya ke dokter dan diberi obat azomax 500mg , starcef 250mg , ketricine
    Lalu tgl 21jan saya mulai mengalami nyeri dan kemeng di zakar.
    Pada knjungan ke 3 di dktr yaitu tgl 28 jan saya disuntik di zakar sblh kanan utk anti nyeri dan kemeng, lalu dibri obat oral antibiotik dan Toras 8mg.
    Saya sdh 5x ke dokter dan telah 3x disuntik di zakar sblh kanan. Mengapa kanan? Krn slama ini dsitu yg sring kemeng.
    Memang zakar saya sudah berkurang nyerinya dibanding awal2.
    Yg saya keluhkan :
    1. Kadang msh ada kemeng yg muncul,kdg di kiri kdg di kanan. Kapan ini benar2 hilang dok?
    2. Apakah obat toras sudah tepat untuk pnyembuhan radang ini ?
    Mohon jawabannya dok sblm makasih banyak.

  31. 34 cakmoki Februari 12, 2011 pukul 4:50 pm

    @ pvc:
    met sore,
    1) keluhan tersebut akan hilang kalo udah sembuh total dengan pengobatan sesuai penyakitnya
    2) Toras adalah anti radang steroid bukan anti infeksi dan bukan anti nyeri… tepat tidaknya saya tidak bisa memastikan soalnya ga meriksa secara langsung.
    makasih

  32. 35 mimi Februari 12, 2011 pukul 8:26 pm

    dok,mau tanya bedain orchitis yang penyebabnya virus atau bakteri gmn ya?kalau penyebabnya virus ga perlu minum antibiotik kan..biar ga salah minum obat,hehe..
    nuhun…

  33. 36 pvc Februari 12, 2011 pukul 9:28 pm

    Hmm, mnurut dokter, pngobatan yg saya terima sudah tepat blum kalau dilihat dr riwayat yg udah trjadi ?
    Mnurut hsl lab yg kluar tgl 19jan, trdpt kuman btang gram negative
    Tgl 24 saya priksa lab lagi dan hasilnya sudah tdk ada kuman dok.
    Tgl 15 feb ini sy akan kembali lg ke dktr dan katanya akan diberi azomax dan toras lagi.
    Kira2 saja dok kapan ini akan smbuh krn sudah hbs byk biaya nih.
    : (
    Makasih dok

  34. 37 pvc Februari 12, 2011 pukul 9:36 pm

    Oya dok, apakah antibiotik sama dgn anti infeksi ?
    Slama ini antibiotik yg sy knsumsi azomax 500mg dan starcef 250mg.

  35. 38 cakmoki Februari 13, 2011 pukul 12:17 am

    @ mimi:
    bedainnya melalui riwayat penyakit sebelumnya. kalo dari segi tampilan fisiknya sama aja. Sebagaimana pada artikel, orchitis yg disebabkan virus, merupakan penylit dari bbrp penyakit: parotitis (gondongan), verisela, dll.
    Dalam dunia medis, cara ini dinamakan anamnesa atau nanya-nanya waktu berlangsungnya penyakit serta penyakit sebelumnya kemudian dicocokkan dengan pemeriksaan fisik.
    Jika misalnya seseorang gondongan kemudian pada hari ke4-7 timbul orchitis, maka penyebabnya virus.
    Adapun untuk memastikannya adalah dengan pemeriksaan kultur atau biakan, namun pemeriksaan ini memerlukan waktu hingga seminggu, sementara penyakitnya udah sembuh ketika diobati
    Makasih

    @ pvc:
    Berdasarkan kronologinya, kemungkinan disebabkan kuman Chlamydia atau lainnya , terlebih udah berlangsung lebih 2 minggu. Ini diperkuat dengan pemeriksaan lab 19 januari yang menunjukkan hasil kuman bentuk batang.
    Obatnya kombinasi dari: cyprofloxzcin atau ofloxacin atau cefixime dengan erythromycyn dan turunanya atau doxycyclin selama sedikitnya 7 hari.
    Namun, mengingat pada 24 jan sudah gak ada kuman, berarti gak perlu antibiotika lagi, cukup dengan pereda nyeri, misalnya: asam mefenamat 500 mg, diminum 3×1 sesudah makan hingga sembuh.

    Antibiotika adalah anti-infeksi kuman. Anti infeksi virus disebut anti-virus, anti infeksi jamur disebut anti jamur, dst….

    Tentang kapan akan sembuh… menurut saya sudah sembuh dari infeksinya, soalnya hasil lab udah negatif. Kalaupun masih nyeri tapi lab gak ada infeksi, berarti nyerinya merupakan gejala sisa atau sequelae. Sama halnya kalo kita mengalami luka, kemudain lukanya sembuh, adakalanya masih tersa nyeri pada keadaan tertentu… itu bukan berarti belum sembuh.

    Lebih jelasnya silahkan bertanya kepada dokter yang merawat selama ini .. lha udah habis biaya banyak gak nanya sampai paham , rugi dong :D
    Makasih

  36. 39 pvc Februari 13, 2011 pukul 11:37 am

    oh gtu ya dok, soalnya saya punya riwayat varikokel
    juni 2009 operasi varikokel, tapi varises nya ngga diangkat.
    Dioperasi di bagian perut bawah kanan dan kiri, katanya ngga papa ngga diangkat varisesnya karena aliran darah sudah dialihkan,
    memang setelah itu sudah ngga nyeri dan kemeng lagi stlh operasi.
    Yg saya khawatirkan apakah varikokelnya itu kambuh dok?
    ini skarang uda mnunjukkan pembaikan, uda ngga nyeri hanya terasa aliran darah berdesir di daerah paha kanan dan lipatan paha kanan.
    apa itu dok?
    makasih byk dok utk jawabannya : )

  37. 40 cakmoki Februari 13, 2011 pukul 4:03 pm

    @ pvc:
    mungkin berhubungan dengan varikokelnya.
    Maksih

  38. 41 pvc Februari 18, 2011 pukul 8:02 pm

    malem dok
    barusan udah usg dopler di testis
    Dan katanya ada sedikit cairan di zakar sebelah kanan tapi Tidak signifikan, lalu setelah melakukan beberapa kali manuver valsava ditemukan sedikit varikokel di sebelah kanan
    Akan tetapi dr radiologi yang memeriksa mengatakan bahwa ada cairan sedikit itu tidak apa2. Dan masalah ada varikokel sedikit di sebelah kanan, katanya ada 2 kmungkinan yaitu yang pertama varikokel kambuh kembali, kemungkinan yang kedua hal itu merupakan pasca-operasi dimana keadaan tidak dapat kembali 100%.

    Ini bagaimana mnurut dokter ??
    saya belum kembali ke dokter urologi dan rencananya minggu depan.

    Hasil lab urine semua bagus , ginjal bagus.

    Help me dok…..

  39. 42 pvc Februari 18, 2011 pukul 8:05 pm

    saya masih merasa kurang nyaman dan kemeng di daerah selangkangan dan paha, terutama ketika duduk lama,berdiri lama,jalan lama dan menggunakan jins..
    kalau sudah duduk lama paha bisa terasa panas..

  40. 43 cakmoki Februari 19, 2011 pukul 10:28 am

    @ pvc:
    Met pagi,
    Menilik keluhan yg dilamai selama ini, saya sependapat bahwa kemungkinan yg paling logis adalah adanya varikokel. Walau sedikit, varikokel dapat menimbulkan keluhan pada saat kencing, serta rasa kemeng, gak nyaman, terutama jika menggunakan celana dalam atau celana ketat dan aktifitas dg posisi yang sama dlm waktu lama, misalnya berdiri lama atau duduk lama, dll.
    Langkah penanggulangannya akan ditentukan oleh dokter urologi setelah dilakukan follow up oleh beliau.
    Moga masalah tersebut segera teratasi.
    Makasih

  41. 44 pvc Februari 19, 2011 pukul 4:50 pm

    dok, ini hasil usg dopler testis saya :

    Intensitas echo testis kanan kiri normal
    Tidak ada massa solid maupun cystic
    Ukuran testis kanan kiri normal
    Ukuran testis kanan : 3,83×1,95×2,64cm
    Ukuran testis kiri : 3,89×2,09×2,86cm
    Epididymis kanan kiri normal
    Tampak minimal fluid di sekeliling testis kanan.
    Tanpa dan dengan valsava manouver pada grey scale dan Doppler tidak tampak dilatasi & peningkatan venous structure yang signifikan di daerah scrotum sekitar testis.

    Kesimpulan :
    Minimal fluid collection disekeliling testis kanan – tidak tampak tanda hidrocele yang signifikan.
    Tidak tampak tanda-tanda varicocele.
    Terima Kasih.

    Gitu dok hasilnya..
    Di kesimpulan nya dikatakan bahwa “tidak tampak tanda-tanda varicocele” akan tetapi sewaktu saya diperiksa dr radiologinya mengatakan bahwa ada sedikit varikokel di sebelah kanan..

    Bagaimana ini dok ??
    maaf dok saya tanya terus,bingung soalnya..
    makasih banyak dok GBU = )

  42. 45 cakmoki Februari 19, 2011 pukul 5:23 pm

    @ pvc:
    Berarti tinggal menungu kesimpulan akhir dokter urologi. :)
    Kita tunggu evaluasi beliau setelah melihat perbedaan penilaian tersebut

  43. 46 pvc Februari 20, 2011 pukul 8:22 am

    oke dok.. makasih ya slama ini sudah memberi masukan = )
    smoga saja cuman sisa dr orchitisnya…
    Slama pgobatan orchitis saya ga prnah dikasih obat pereda nyeri/kemeng seperti yag dokter anjurkan..
    Hanya diberi obat anti radang seperti toras, kata dokter spkk nya dia lebih suka mengobati radangnya karena apabila radang nya hilang maka nyeri/kemengnya juga ikut hilang.
    Tapi ini hasil usg nya terlihat uda gada peradangan tapi msh ada nyeri sedikit dan kemengnya.

    = (

  44. 47 dendee Februari 20, 2011 pukul 10:58 am

    met pagi dok, lgsg aj dok, 5hr yg lalu sy kena gondong, umur sy 27 th. eh skrg kok kantung semar ku nyeri nya bkin mules ra karuan.apa itu yg dnmkn orchitis ya dok? trus obat e apa dok, perlu antibiotik ga? lebih efektif mana ya dok minum ketoprofen apa asmef? tlg d bntu y dok.keburu mulesssssss……

  45. 48 cakmoki Februari 20, 2011 pukul 12:49 pm

    @ pvc:
    Ok, kalo gitu silahkan pake pereda nyeri.
    Makasih

    @ dendee:
    Met siang,
    Kalo ochitis tersebut timbul saat parotitis, gak perlu antibiotika.
    As Mef sama Ketoprofen sama aja, sama-sama memerulkan waktu sekitar 1-2 minggu.
    Moga segera sembuh
    Makasih

  46. 49 pvc Februari 20, 2011 pukul 1:13 pm

    oke trims dok. nanti saya kabari lg follow up slanjutnya
    met hari minggu dan thanks dok = )

  47. 50 cakmoki Februari 20, 2011 pukul 1:33 pm

    @ pvc:
    ok, makasih… sama-sama… met berhari minggu :)

  48. 51 pvc Februari 24, 2011 pukul 5:36 pm

    sore dok
    kmrn ke dr urologi, stlh beliau mmbaca hasil2 lab dan usg maka saya dinyatakan uda gada apa2.
    Sekarang ini lagi masa penyembuhan jadi mmg tetep ada nyeri2 sedikit. Lega rasanya stlh dger itu hehe.
    Beliau ngasih obat pereda nyeri aja : analsik 500mg utk 5hari, shari 2x.
    Obatnya dah bner dok ?
    = )

  49. 52 pvc Februari 24, 2011 pukul 8:57 pm

    ngga jadi analsik dok, soalnya saya alergi sama danalgin
    nah danalgin ama analsik kan sama isinya.
    jadi setelah telpon dktr sya dikasih ponstan.
    hehe.

  50. 53 cakmoki Februari 24, 2011 pukul 10:59 pm

    @ pvc:
    Sy ikut senang mendengarnya :D … adapaun keluhan-2 tersebut hanya gejala sisa saja.
    Kalo alergi antalgin (methampyron), sebaiknya menyampaikannya ke dokter supaya tidak dibero obat yang sama dengan merk berbeda. Syukur-2 kalo dokternya berkenan memberi Keterangan allergi di kertas resep.
    Danalgin = Analsik = Neurodial = Hedix = semua merk dagang yang mengandung Antalgin or Methampyron.

    Ok, sebagai gantinya, pereda nyeri dapat menggunakan asam mefenamat 500 mg (ponstan, opistan, dan sejenisnya) … diminum 3×1 sesudah makan hingga nyerinya berangsur hilang.
    Makasih

  51. 54 pvc Februari 25, 2011 pukul 8:32 am

    okey dok, infonya sangat berguna.
    Thanks a lot = )
    Tambah sukses ya dok !

  52. 55 cakmoki Februari 25, 2011 pukul 9:21 am

    @ pvc:
    sama-sama … terimakasih telah berbagi :)

  53. 56 U.Q Februari 26, 2011 pukul 3:17 pm

    Siang dok..????
    Langsung saja pada keluhan saya…
    pda tgl.9 Des 2010, sya mngalami pnyakit bengkak pada testis sya yang sbelah KIRI. dan pada tgl.13′nya sya baru periksa k dokter SpKK. d bilang kena infeksi trus d kasi resep (lupa nama obatnya) pokoknya bla..bla..bla.. Sembuh, hanya tinggal benjolan seperti klengeng yang sdah mngecil tapi tidak sakit lagi.

    Nah, pas hari Kamis malem, tepatnya tgl.24 Feb 2011 sya merasakan nyeri yang sama pada testis sya yang sbelah KANAN. Hari Jum’at pagi pas bangun tidur sdah bengkak tu dok, (sekarang msih belum periksa karna dokternya lagi holiday.

    Keluhan dan gejalanya sama seperti yang di utarakan dokter pada “Gejala Orchitis” di atas, cuma testis saya bengkaknya karna ada benjolan di bawah tesis yang besarnya melebihi ukuran testisnya.

    1. Benarkah yang sya alami itu Orchitis…?
    2. Jika benar, bisakah saya sembuh hanya dengan mengkonsumsi
    Obatnya saja tanpa harus periksa k dokter SpKK…?

    Terima Kasih Sebelumnya dokter

  54. 57 pvc Februari 26, 2011 pukul 4:47 pm

    sore dok = )
    gini dok, smpe hari ini (sabtu) saya sudah 3 hari konsumsi ponstan sehari 2x.
    Nyerinya smpe skarang masih ada sdikit
    Trus dokternya ngsh obat cuma mpe selasa aja.
    Mnrut dktr apa slasa uda bisa smbuh total dalam arti ngga nyeri lagi ?
    Thnaks dok…

  55. 58 cakmoki Februari 26, 2011 pukul 5:55 pm

    @ U.Q:
    Met sore,
    Jika benar orchitis, obatnya sangat mudah dan pada umumnya sembuh dalam 1-2 minggu. Masalahnya, untuk memastikan orchitis atau bukan, tidak cukup dengan menceritakan keluhan lewat tulisan. Tapi perlu pemeriksaan secara langsung.
    Untuk itu, silahkan periksa ke dokter terdekat untuk memastikannya, tidak harus ke sp KK, kecuali kalo dirujuk oleh dokter umum, soalnya penyakit semacam itu harusnya dapat diobati oleh dokter umum.
    Makasih

    @ pvc:
    met sore,
    Menurut saya, nyeri tersebut gak bisa diramal kapan sembuhnya. Untuk itu, kalo masih nyeri dapat melanjutkan asam mefenamat (ponstan) 3×1 sesudah makan hingga benar-2 terbebas dari nyeri.
    Makasih

  56. 59 U.Q Februari 26, 2011 pukul 7:49 pm

    OH iya dok, Terima Kasih atas infonya.

    Tapi dok… berhubung dokternya baru buka hari senin pagi, untuk nahan rasa sakit, sementara saya mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti yang diatas boleh apa tidak..?

  57. 60 pvc Maret 6, 2011 pukul 2:13 pm

    dok, rasa nyeri dan tidak nyaman ini msh ada smpe skrg
    kmrn hbs duduk lama pake jeans lgsg tambah terasa tidak nyaman dan paha kanan terasa tdk nyaman.
    yang mau saya tanyakan dok :
    1. apakah ini epididimitis akut atau kronis ? januari 2 tahun lalu saya pernah jajan juga dan terkena infeksi lalu nyeri juga testisnya, 4 bulan kemudian usg lalu ketahuan varikokel.
    2. apa itu tindakan spermatic cord block ? apa tindakan itu cocok untuk saya sekarang ?

    Mohon jawabannya dgn sangat dok…

  58. 61 pvc Maret 6, 2011 pukul 6:13 pm

    Infeksi 2 thn yg lalu uda bersih dok..

  59. 62 cakmoki Maret 6, 2011 pukul 9:21 pm

    @ pvc:
    Menurut saya bukan keduanya. Ini berdasarkan hasil pemeriksaan dokter urologi sebelum tgl 26 Pebruari :)
    Kemungkinan karena pakai jeans. Sebaiknya pakai celana longgar berbahan katun untuk menghindari presure.
    Kalo masih khawatir, gak ada salahnya kontrol ke dokter urologi. Konsekuensinya nambah anggaran :D
    Makasih

  60. 63 pvc Maret 7, 2011 pukul 8:45 am

    Owh iya dok.
    Kalo tindakan spermatic cord block itu apa ya dok ?
    Thanks..

  61. 64 Riza Maret 14, 2011 pukul 11:11 am

    Permisi dok, mohon ijin bertanya, april tahun lalu saya operasi varikokel yg ada di testis kiri. Nah sdh tdk ada keluhan sampai saat ini, tp beberapa hari ini daerah sekitar testis kanan dan selakangan saya terasa kemeng, sdh saya cek ke dktr urologi apa ada varikokel di testis kanan, setelah di suruh manufer2 pengecekan katanya normal, tp di rumah, saya cek lg seperti ada urat yg meringkel di atas testis, memang tdk seperti dulu sewaktu ada varikokel di testis kiri. Apa ada hubungan karena saya atlet taekwondo yg sering melakukan split dsb. Mohon analisanya dok, saya tunggu jawabannya.. Tks.

  62. 65 MzZry April 27, 2011 pukul 5:43 pm

    mo tanya pak moki…
    tes uretrografi itu nanti hasilnya itu apa aj?apakah smua ims bs terlihat?
    soalnya suami saya udah lama nyeri d buah peler,pernah kencing2 trs2an 3 mggu yg lalu jg bdn jd lemah tapi dokter bilang alat kelamin normal padahal nurut suami saya bgian kiri testis jd naik k atas dan bs d tarik memanjang k depan gitu,kira2 penyakit apa ya dok?dan penyebabnya apa?mksh atas jwbnnya

  63. 66 cakmoki April 28, 2011 pukul 1:02 am

    @ pvc:
    maaf, kelewatan :D
    spermatic cord block merupakan salah satu teknik anestesi lokal.
    makasih

    @ Riza:
    ya benar, keluhan tersebut berhubungan erat dengan olah raga berat atau aktifitas yang berlebihan.
    makasih

    @ MzZry:
    iya, dengan urethrografi, semua saluran di urethra, saluran lain yg berhubungan dengan urethra dan kandung kemih akan terlihat.
    Penyakit dan penyebabnya akan diketahui setelah pemeriksaan urethrografi dan nanti dokter urologi akan menjelaskannya.. kita gak bisa menebak-nebak sebelum pemeriksaan tersebut. :D
    Makasih

  64. 67 Bunda Mei 9, 2011 pukul 8:39 pm

    Malem Dok…
    5 April lalu suami opname 4 hari krn orchitis, tp sampai sekarang kok masih nyeri, apa ya bhs Indonesianya :) kemeng gt deh di selangkangan..
    Terkadang agak keras di testis kanan..
    Apa stres berpengaruh Dok ?
    Agak susah jg klo mau membatasi aktivitasnya krn memang kerjanya sering bepergian, kalau saya sarankan minum ponstan beliaunya krg setuju krn menurutnya hanya mengatasi rasa nyeri bukan menghilangkan penyakitnya
    Saya harus gmn ya Dok ? Apa kembali kontrol ke Sp.U yg merawatnya bulan lalu ? Atau memang penyembuhannya spt itu menunggu rasa nyeri dan testis yg terkadang msh keras berangsur-angsur normal ?

  65. 68 cakmoki Mei 9, 2011 pukul 11:54 pm

    @ Bunda:
    Bisa jadi keluhan tersebut berhubungan dengan aktifitasnya, atu bisa juga merupakan gejala sisa (sequellae)
    Kalo suami ga setuju minum ponstan, ga ada salahnya kontrol ke dokter Sp.U mengingat udah sebulan lebih.
    Moga segera pulih kembali. Terimakasih

  66. 69 Bunda Mei 10, 2011 pukul 3:36 am

    Terimakasih banyak Dok :)
    Terimakasih saran dan doanya, semoga Dokter jg diberi kesehatan selalu oleh Allah SWT..Amin

  67. 70 cakmoki Mei 10, 2011 pukul 2:50 pm

    @ Bunda:
    Terimakasih juga atas do’anya.. semoga demikian pula sebaliknya…amiiin :)

  68. 71 mamat Mei 11, 2011 pukul 9:35 pm

    mlm dok…
    mhon bntuanya,udh 17 hr sya terkena orchtis pd zakar sblah knan.oleh dokter sp urologi hny d ksh obat ciprofloxacin 500mg.tp slama ini blum ada perkmbngan(msh mengeras).
    tiap menjelang mlm sy sll ngerasa nyeri dok.obt apa y dok untuk menghilangkan nyeri??
    kta dokter sp urologi jg kl blm smbuh mau di operasi.tapi sy tidak mau operasi dok.kira2 solusi apa yang tpat untuk menyembuhkan tnp operasi dok??
    trima ksh ats jwbnya,smg dkter sll d lancarkan rejekinya dan barokah umurnya..amiin

  69. 72 cakmoki Mei 12, 2011 pukul 11:53 am

    @ mamat:
    met siang
    Kalo bener orchitis, gak perlu operasi… cukup dengan obat selama sedikitnya 1-2 minggu.
    silahkan dilanjutkan cyprofloxacin hingga selama minimal 1-2 minggu.
    adapun untuk meredakan nyeri dan bengkak, dapat menggunakan asam mefenamat 500 mg (merk dagang misalnya: ponstan, mefentan, opistan, dll), diminum 3×1 sesudah makan hingga nyeri dan bengkaknya mereda.
    Moga segera sembuh.
    Makasih

  70. 73 mamat Mei 13, 2011 pukul 1:01 pm

    menurut dokter tempat saya periksa katanya orchitis dok,tp yg saya heran kan ko selama 17 hari paerkembanganya sdkit sekali,bahkan masi mengeras.
    apa perlu saya kontrol lg atau meneruskan obat saja dok??
    kira2 dampak terburuk dari orchitis apa ya dok,saya kok jd takut ada apa2?

  71. 74 cakmoki Mei 13, 2011 pukul 4:15 pm

    @ mamat:
    ya, sebaiknya kontrol. Ga perlu mikir dampaknya, yg penting diobati hingga sembuh sehingga ga ada dampak apapun.
    Moga segera sembuh. Makasih

  72. 75 toni Mei 17, 2011 pukul 11:35 am

    siang dok,
    mo nanya, dulu pas SMA pernah kena orchitis..
    sekarang udah gak nyeri lg cuman masalahnya testis kiri mengecil jd cuma segede biji jagung trus testis kanan jd lebih besar kira2 dua kali lipat tp gk nyeri.
    akibatnya klo minum bnyak langsung bolak balik toilet dh..
    aman gk dok kira2 buat ke depannya? blum nikah nih.. T.T
    sperma klo diliat visualnya masih normal aja dok..
    terimakasih sebelumnya.

  73. 76 m.arifandi Mei 17, 2011 pukul 5:08 pm

    apa ya nama penyakit lansia klu lama berdiri kaki nya gemetar

  74. 77 cakmoki Mei 17, 2011 pukul 5:55 pm

    @ toni:
    met sore,
    Aman… dengan 1 testis bisa punya anak :D
    Makasih

    @ m.arifandi:
    alzheimer atau bisa juga parkinson
    Makasih

  75. 78 gregorygavin Mei 21, 2011 pukul 6:40 pm

    Mas, berapa lama utk menyembuhkan penyakit ini? kalau sudah sembuh apa yang terjadi??

    Tolong bantuannya…

  76. 79 cakmoki Mei 21, 2011 pukul 10:14 pm

    @ gregorygavin:
    Sebagaimana tertulis di artikel, sekitar 7-14 hari.
    Kalo udah sembuh gak akan terjadi apa-apa..paling ya ketawa ketawa soalnya ga sakit lagi :D
    Makasih

  77. 80 juned Mei 26, 2011 pukul 3:11 pm

    Siang dok,

    Saya berusia 25 tahun, saat ini sedang dirawat hari ke-3 di RS akibat orchitis. Sebelumnya saya terjangkit mumps, seminggu kemudian baru mengalami nyeri di testis & panas tinggi. Saat ini sudah diberikan infus antibiotik & penurun panas oleh dokter.Yg menjadi pertanyaan saya:

    1. Saya dengar dari dokter di sini, ada resiko pelengketan di dalam testis yg bisa berakibat mandul, bagaimana cara mencegahnya, Dok? Apakah dengan antibiotik infus saja sudah cukup?
    2. Apakah setelah sembuh perlu melakukan tes kesuburan, Dok? bila ya, setelah berapa hari sebaiknya melakukan tes kesuburan?

    Terima kasih banyak, Dok.

  78. 81 cakmoki Mei 26, 2011 pukul 5:06 pm

    @ juned:
    met sore,
    1) “kemungkinan resiko” hanya terjadi kalo gak diobati.
    Sejuujrnya, saya agak terjkejut ada pasien orchitis sampai opname, terlebih hanya akibat mump :D lha wong berobat jalan aja sembuh, bahkan masih bisa sambil ngelencer ke mall .. kecuali orang yang panik or gak mau makan hingga kondisi lemah.. tapi alasan opname nya bukan orchitis melainkan kondisinya :D :D

    2) gak perlu

    Moga segera sembuh

  79. 82 juned Mei 26, 2011 pukul 7:44 pm

    Sore, Dok,

    Iya, Dok, saya juga bingung mengapa bisa separah ini. Demam saya sampai 38.8 dan sampai 3 hari. Kalau menurut dokter di sini, ada infeksi sekunder yang masih dicari.
    Apa Dokter punya diagnosa tersendiri tentang penyakit saya dok? Apa pernah ada kasus orchitis yg sampai menyebabkan demam tinggi seperti saya?

    Terima kasih atas jawabannya, Dok. Sukses selalu.

  80. 83 cakmoki Mei 27, 2011 pukul 1:12 pm

    @ juned:
    rata-rata orchitis emang gitu.. kalo hanya 38-39 sih biasa, gak usah bingung.
    saya copy paste gejalanya sebagaimana tertulis di artikel:

    Keluhan-keluhan dan gejala pada penderita Orchitis, antara lain:
    > Bengkak pada salah satu atau kedua testis, disertai warna kemerahan.
    > Nyeri, ringan hingga nyeri banget. Kadang penjalaran nyeri berasa hingga perut bagian bawah. Kesenggol dikit saja nyerinya tak terkira. Duduk salah berdiri salah … ( mringis mode: on ).
    > Demam, menggigil.
    > Adakalanya disertai dengan nyeri otot, lemas, mual, sakit kepala.

    So kasus seperti itu wajar aja.
    Moga segers sembuh
    Makasih

  81. 84 ardi Mei 28, 2011 pukul 7:31 pm

    Siang dok..saya sedang kena orchitis..sudah diobati da ini hari ke 4 pengobatan saya..rasa sakit sudah berkurang namun bengkak pd testis saya masih ada..yang saya ingin tangyakan apakah saya sudah boleh kembali beraktifitas atw masih harus bedrest selama 2 minggu masa penyembuhan?selanjutny apakah orchitis bisa menular kpd orang sekitar kita?

    Terima kasih

  82. 85 cakmoki Mei 28, 2011 pukul 10:00 pm

    @ ardi:
    Met malam,
    1) Boleh beraktifitas asalkan tidak berlebihan
    2) Tidak menular
    Makasih

  83. 86 Arya Mei 30, 2011 pukul 9:48 am

    Dok, saya dl 3 tahun yang lalu terkena mumps.. Sekarang bengkaknya gk ilang2.. Bisa gk diobati dr skrang ya??

  84. 87 cakmoki Mei 30, 2011 pukul 2:34 pm

    @ Arya:
    bisa…untuk itu silahkan periksa ke dokter terdekat agar diberikan obat yg tepat.
    Moga segera sembuh
    Makasih

  85. 88 Arya Mei 30, 2011 pukul 5:48 pm

    Terima kasih.. Semoga semua ini bermanfaat..

  86. 89 cakmoki Mei 31, 2011 pukul 2:57 pm

    @ Arya:
    makasih juga :)

  87. 90 nalda Juli 14, 2011 pukul 7:06 pm

    udah pernah dapat pasien orchitis


  1. 1 Kumpulan Artikel Penyakit Kulit | forum.catatanku.in Lacak balik pada Februari 1, 2011 pukul 11:13 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,646,547 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 550 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: