Prurigo von Hebra

KODE ICD-10 : L28.1 : Prurigo Nodularis

prurigo_nodularisPrurigo ( Prurigo von Hebra ), secara umum adalah penyakit kulit yang ditandai dengan gangguan kulit berbentuk papula dan nodul (ukurannya bervarisai), berwarna kecoklatan hingga kehitaman (hiperpigmentasi), kronis (berlangsung lebih 6 minggu) dan bersifat kumat-kumatan (residif).

Penyakit ini tidak berbahaya. Meski begitu, penderita Prurigo von Hebra merasa sangat risih, gak nyaman, bahkan menjadi gak PD. Ini dapat dimaklumi karena pada kulit penderita Prurigo von Hebra timbul bentol-bentol berwarna kehitaman dan menebal, terutama di daerah anggota badan (ekstrimitas).

PENYEBAB

Hingga kini, penyebab Prurigo belum diketahui. Diduga berhubungan dengan faktor emosional. Hal ini dilandasi fakta bahwa rasa gatal muncul terutama ketika penderita Prurigo mengalami stress atau ketegangan emosional.

Bagimana hingga menjadi papula kecoklatan dan menghitam ?

Menurut Prof. Daniel J Hogan, MD, penebalan dan hiperpigmentasi pada papula Prurigo dipicu oleh trauma mekanis: penekanan, sentuhan, gesekan, garukan (sengaja ataupun tidak sengaja) karena rasa gatal ataupun rasa tak nyaman pada papula. Selebihnya, proses kelainan yang terjadi pada Prurigo belum diketahui.

Angka Kejadian

Prurigo von Hebra dapat mengenai semua ras dan semua umur. Frekuensi terbanyak dijumpai pada usia dewasa dan usia lanjut. Semula diyakini bahwa Prurigo von Hebra lebih sering dialami wanita dibanding pria, namun tak ada bukti akurat yang mendukung anggapan tersebut.

GEJALA / TANDA-TANDA

Tanda-tanda umum yang kerap dijumpai pada Prurigo, antara lain:

  • Dijumpai lesi berbentuk papula dan nodul, berjumlah tunggal (Prurigo Simplex) maupun multiple (banyak).
  • Penebalan dan hiperpigmentasi sehingga Prurigo berwarna kecoklatan hingga kehitaman.
  • Gatal pada saat-saat tertentu, terutama ketika penderita mengalami ketegangan psikis.
  • Lokasi tersering timbulnya Prurigo adalah anggota badan (ekstrimitas), terutama di permukaan bagian depan paha dan tungkai bawah hingga kaki.
  • Ukuran lesi bervariasi, menebal, keras, berwarna merah kecoklatan hinggga kehitaman. Adakalanya mengalami pengelupasan di permukaan lesi.

PENGOBATAN

Mengingat bahwa penyebab pasti timbulnya Prurigo belum diketahui, maka pengobatan lebih ditujukan untuk meredakan keluhan (simptomatis) dan meminimalisir bekasnya.

Obat-bat yang lazim digunakan pada Prurigo, diantaranya:

  • Antihistamin, untuk meredakan gatal, misalnya: Loratadine 10 mg atau Cetirizine 10 mg, diminum 1×1. Obat ini relatif tidak mengantuk dibanding antihistamin jenis lain.
  • Obat topikal ( krim, salep, gel ): steroid anti-inflamasi.
  • Injeksi dengan steroid intralesi. Pada umumnya menggunakan Triamcinolone asetonide. Dosis rata-rata: 0,5 – 1 cc hingga maksimal 5 cc setiap sekali pengobatan.

CATATAN:

Perlu dipahami bahwa Prurigo bersifat residif ( mudah kambuh ). Untuk itu diperlukan kesabaran dan ketelatenan bagi penderita Prurigo dalam mengobati penyakitnya jika sewaktu-waktu penyakitnya mengalami kekambuhan.

Persoalan lain yang paling tidak disukai penderita Prurigo adalah masalah kosmetik. Hiperpigmentasi ataupun bekas hitam kerap menjadi momok yang seolah tak kunjung hilang bagi penderita Prurigo.

Pada usia anak-anak, bekas Prurigo sebaiknya tidak perlu diobati dengan obat-obat anti hiperpigmentasi karena pulit anak masih dalam masa pertumbuhan. Biasanya, kulit anak akan pulih sedikit demi sedikit seiring dengan bertambahnya usia dan tubuh kembang anak.

Adapun pada dewasa, untuk meminimalisir bekas hitam (hiperpigmentasi) sebaiknya berobat ke dokter spesialis kulit agar dapat dipilihkan obat yang sesuai dengan kondisi masing-masing kulit penderita. Sekali lagi, diperlukan kesabaran dan ketelatenan karena pengobatan untuk meminimalisir bekas hitam memerlukan waktu lama, berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Semoga bermanfaat.

Edisi cetak, silahkan download file PDF: di sini | mirror

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

About these ads

24 Responses to “Prurigo von Hebra”


  1. 1 draguscn November 6, 2010 pukul 5:02 pm

    Pertamax dulu .. baru baca ..

  2. 2 cakmoki November 6, 2010 pukul 5:12 pm

    @ draguscn:
    Monggo … halah :D
    Di Krejengan masih suka ketemu yang beginian tah ? Di sini masih ada aja, Mas Agus.

  3. 3 pakjanggut November 6, 2010 pukul 9:03 pm

    Mantabs cak.. Akhirnya muncul yang bulan november.. Salam kenal cak… Saya dokter PTT di natuna,puskesmas midai.. udah lama sliwar sliwer disini.. Tapi baru skrg komen.. Hehe..

  4. 4 cakmoki November 6, 2010 pukul 11:40 pm

    @ pakjanggut:
    Salam kenal… :)
    Iya, baru kali ini posting lagi, soalnya bulan oktober wira-wiri ke Jatim.
    Selamat bertugas, moga sukses selalu.

  5. 5 montok November 7, 2010 pukul 12:27 am

    Alhamdulillah….
    Akhirnya yg di tunggu2, tayang juga…

    Biarpun msh di jalan yg penting “Save duyu ach….”

    Maturnuwun yo pakpo…..

  6. 6 montok November 7, 2010 pukul 12:47 am

    Knp gambar yg di pasang dr blkang pakpo ?
    Kan ada yg satunya…..? lbh seyem lg….ada u…nya
    Kwakakaka….
    *maaf becanda pakpo*

  7. 7 draguscn November 7, 2010 pukul 6:07 am

    Hehehe ngga sih .. atau mungkin ngga terperhatikan sama saya .. soale kesepakatan penyerahan wewenangnya untuk penyakit kulit alergi dan infeksi yg tidak luas bisa ditangani paramedis .. ah sudahlah nanti memicu diskusi yg lain lagi ..

    BTW, kok komen-nya ngga dikasih thread? Serasa di twitter, ngaliiiiirrr .. hehehehe

  8. 8 Cahya November 7, 2010 pukul 7:46 am

    Hmm…, saya bertanya-tanya Cak, iseng saja, kalau dugaan ke kondisi penyakit metabolik yang melandasinya bisa ndak ya?

  9. 9 cakmoki November 7, 2010 pukul 2:59 pm

    @ montok:
    Nampaknya sedang dlm perjalanan dari Jatim-Sumsel ya …
    Saya juga heran, kenapa gambarnya gak dari depan … mungkin pengelola situs atlas tersebut khawatir klo dari depan ntar ndul-gandulnya dicaplok tikus …hahaha

    @ draguscn:
    Wah bagus tuh, saya salut… berarti BimTek-nya bener-bener jalan… saya juga gitu…kalaupun memicu perdebatan gak masalah :D
    Btw, kalo dikasih thread gak nambahi kerjaan tah ? Ajarin dong :D

    @ Cahya:
    Itu mah bukan iseng Mas Cahya, dalem dan teknis.. salah satunya emang berkaitan dengan penyakit metabolik, yang paling sering DM…cocok ama referensinya … Makasih tambahannya :)

  10. 10 mobil keluarga ideal terbaik indonesia November 7, 2010 pukul 7:14 pm

    Terima kasih informasi tentang penyakit ini.
    Salam kenal ya mas.

  11. 11 nurhayadi November 10, 2010 pukul 4:27 pm

    Penyakit beginian yang bikin pusing, sulit sembuh total.

  12. 12 cakmoki November 11, 2010 pukul 3:57 pm

    @ nurhayadi:
    iya, benar :) .. namun setidaknya bisa dikendalikan

  13. 13 rujakulek Desember 28, 2010 pukul 5:11 pm

    cak… bagaimana membedakan prurigo ini dengan scabies ya?

  14. 14 cakmoki Desember 28, 2010 pukul 6:21 pm

    @ rujakulek:
    eflueresensinya beda banget… scabies papula kecil, sedangkan prurigo lebih besar.
    Yg penting lagi, scabies pada umumnya diderita oleh anggota keluarga yg lain, dengan bentuk bervariasi..so, tinggal nanya, sapa lagi yang gatal berbintik-bintik seperti si penderita. :D
    Trus, kalo yg minimal, dapat dilihat dengan kaca pembesar.

  15. 15 prassasti Januari 5, 2011 pukul 8:56 am

    berarti kalau yang kena cuman 1 aja, jelas bukan scabies ya?
    anak saya 4,5 th oleh dokter 1 dibilang prurigo. trs dg dokter ke 2 dibilang scabies krn kutu.
    tp anehnya si dokter ke 2 tersebut cm dliat sekilas… tanpa pegang anak sdikitpun. jd ngliatnya dari jauh gituh… dan lsg bilang krn kutu..
    anak saya gatal2nya udah lama, mungkin setaunan. sejak pake lotion dan salep dari dokter pertama sih berkurang. tp skrg salepnya abis. dan memang mulai parah lg gatelnya, klo garuk2 kdg mpe berdarah…
    hiks…. jd prorigo atau scabies ya??

  16. 16 cakmoki Januari 5, 2011 pukul 4:50 pm

    @ prasasti:
    Jelas bukan :D
    Untuk memastikan penyakit kulit adalah dengan dlihat, dipegang, dinilai teksturnya, lesinya…dll, sehingga diagnosa nya lebih tepat…. dan secara psikis si pasien brasa lebih diperhatikan sehingga gak ragu-ragu.
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto (kalo kita diskusi via internet). Untuk itu, Seperti halnya penanya yg lain tentang penyakit kulit, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  17. 17 rahma Januari 17, 2011 pukul 12:10 am

    Thanks infonya Dok.kt dokter saya mengalami ini.mulanya heran kok bisa sakit kulit karena ketidak stabilan emosi/stress tapi sekarang tahu

  18. 18 cakmoki Januari 17, 2011 pukul 3:38 pm

    @ rahma:
    Sama-sama … makasih atas kunjungannya :)

  19. 19 Rudi Februari 28, 2011 pukul 2:40 pm

    Dok, saya mau nanya…. sudah 5bulan ini saya mengalami gatal2 seperti bidur atau seperti digigit nyamuk, saya sudah bawa ke dokter sampe ganti obat berkali2 tp masih belom sembuh juga, termasuk sudah menggunakan obat spt Loratadine dsb. Gatal2 ini seperti ada matanya ditengah2nya, tp sangat kecil, dan rasa gatalnya sangat mengganggu, saya sudah mencoba menghindari makanan yg mengandung protein hewani, sbagai gantinya saya berpola makan vegetarian, tp sampai 1 bulan ini masih tetap gatal2. Kira2 saya ini kena apa yah dok? Apakah alergi ato penyakit kulit? Mohon bantuan dokter, terimakasih sebelumnya…

  20. 20 cakmoki Februari 28, 2011 pukul 4:09 pm

    @ Rudi:
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, kalo berkenan silahkan kirim fotonya via email agar dapat diketahui jenis penyakitnya dan direkomendasikan obat yg tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Trims

  21. 21 fata April 27, 2011 pukul 11:27 pm

    Dok, sekitar 5 bulan lalu saya pernah kena scabies..setelah diobati ke dokter kulit alhamdulillah sudah sembuh. Tapi masalahnya adalah bekas garukan itu (yg berwarna kehitaman) setelah diobati kok bukannya ilang semua tapi masih ada tertinggal “mlenting” satu buah gitu ya dok (kira2 lebarnya 0.5cm)? Gimana ya, saya susah jelasinnya pake bahasa indonesia..hehe.
    Maksud saya, di tempat2 yg terkena scabies itu memang sudah sembuh, tapi masing2 malah menyisakan satu bentolan gitu dok..bentolannya mirip di gambar yg ada di artikel di atas. Tempatnya di lengan, pergelangan tangan, paha, dan punggung. Apa ini prurigo ya dok? Tapi bentolnya cuma satu2..
    Kalau saya oles Esperson apakah benar?

    Trus lagi dok, di paha saya bagian atas terdapat gatal dan dan menebal berwarna kehitaman, sepertinya gara2 underwear saya seringkali terlalu ketat, apakah ini yg disebut eksim? Saya bisa memakai obat apa ya dok?

    Trimakasih sebelumnya dok. Maaf jika pertanyaan saya panjang..

  22. 22 cakmoki April 28, 2011 pukul 1:05 am

    @ fata:
    kalo hanya satu jelas bukan prurigo von hebra… dan obatnya bukan esperson.
    adapun untuk yang paha gak bisa diketahui tanpa dilihat :D
    Untuk mengetahui jenis penyakit kulit harus dilihat oleh dokter secara langsung dengan menilai efloresensi (penampakan kelainan kulit), atau setidaknya melalui foto. Untuk itu, jika berkenan mohon kirim foto gangguan kulit tersebut melalui email. Dengan begitu dapat diketahui penyakitnya dan dapat direkomendasikan obat yang tepat.
    Alamat email:
    cakmoki2006 [at] yahoo [dot] com
    Atau lebih tepat periksa ke dokter yg dulu mengobati scabies
    Terimakasih

  23. 23 gps ติดรถ Mei 12, 2011 pukul 11:17 am

    very interesting when I see Picture but can’t read if possible say english


  1. 1 Kumpulan Artikel Penyakit Kulit | forum.catatanku.in Lacak balik pada Februari 1, 2011 pukul 11:15 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,959,177 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 559 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: