Mengenal Berbagai Jenis Hernia

KODE ICD-10 : K40-K46 : Hernia

hernia Hernia, namanya terkesan indah. Bisa-bisa terbayang seorang wanita cantik ketika mendengar nama Hernia. Namun hampir semua orang tahu bahwa hernia adalah nama penyakit atau gangguan kesehatan yang umumnya diderita pria. Meski kebanyakan menyerang manula, hernia juga bisa terjadi pada anak-anak dan golongan usia lain. Oleh khalayak, hernia dikenal sebagai turun berok atau burut (hernia inguinalis).

MENURUT Schwartz, hernia adalah penonjolan viskus melalui lubang di dinding kavitas (rongga) tempat visera (organ dalam) tersebut berada. Jenis dan terminologi hernia bermacam-macam, bergantung pada proses terjadinya hernia, letaknya dan keadaan ( sifat ) benjolannya.

Berdasarkan terjadinya, hernia terdiri dari:

  1. Hernia konginetal ( bawaan sejak lahir ), misalnya Hernia umbilicalis, yakni hernia pada pusar yang menonjol ketika bayi menangis, mengejan, batuk dan aktifitas lain yang menyebabkan tekanan rongga perut (abdomen) menigkat.
  2. Hernia didapat ( aquired ), yakni hernia yang timbul karena berbagai faktor pemicu.

Menurut sifatnya, hernia terbagi terbagi atas:

  1. Hernia reponibilis, yakni hernia yang masih dapat keluar masuk. Isi hernia keluar jika berdiri atau mengejan dan masuk lagi jika berbaring atau didorong masuk, tidak ada keluhan nyeri atau gejala obstruksi usus.
  2. Hernia irreponibililis. Dinamakan Hernia irreponibilis apabila isi kantung hernia tidak dapat dikembalikan. Hal ini biasanya disebabkan oleh perlekatan isi kantung pada perineum kantong hernia.
  3. Hernia akreta, yakni Hernia tanpa adanya keluhan rasa nyeri ataupun tanda sumbatan usus.

Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh jenis-jenis Hernia berdasarkan pada letaknya.

Hernia Inguinalis

inguinal_hernia Terletak di pelipatan paha. Paling banyak terjadi (sekitar 75%) pada berbagai hernia yang melibatkan rongga perut (abdomen). Sebagian besar dialami oleh pria ketimbang wanita.

Terjadi karena konginetal akibat adanya kelainan pada saluran inguinal. Dapat pula terjadi karena didapat (aquired) akibat (a) lemahnya jaringan penyangga saluran inguinal dan (b) peningkatan tekanan rongga perut yang berkepanjangan. Hernia inguinalis bisa timbul di bagian samping pelipatan paha (hernia inguinalis lateralis), di bagian tengah (hernia inguinalis medialis). adapun hernia inguinalis yang menonjol di kantong buah zakar disebut dengan hernia scrotalis.

Hernia Femoralis

hernia_femoral Berupa benjolan  di lipat paha melalui anulus femoralis. Selanjutnya isi hernia masuk ke dalam kanalis femoralis yang berbentuk corong sejajar dengan pembuluh darah balik paha (vena femoralis) sepanjang sekitar 2 cm dan keluar pada fosa ovalis di lipat paha.

Hernia Umbilicalis

Umbilical_Hernia Merupakan kelainan kongenital. Henia Umbilicalis adalah penonjolan yang mengandung isi rongga perut yang masuk melalui cincin umbilikus (pusar) akibat peninggian tekanan intra abdomen. Pusar nampak menojol saat bayi menangis, batuk, tertawa, mengejan. Hernia ini biasanya akan regresi spontan dalam 6 bulan sampai 1 tahun, bila cincin hernia < 2 cm. Bila ukurannya lebih dari 2 cm, perlu tindakan operasi.

Hernia Hiatal

hiatalhernia Hernia Hiatal adalah penonjolan dari suatu bagian lambung melalui diafragma (sekat rongga dada), dari posisinya yang normal di dalam perut. Diafragma adalah lembaran otot yang digunakan untuk bernafas, yang merupakan pembatas antara rongga dada dan rongga perut. Hernia hiatal sering terjadi, terutama pada usia diatas 50 tahun. Akibat dari kelainan ini bisa terjadi regurgitasi asam lambung.

Pada anak-anak, hernia hiatal biasanya merupakan suatu cacat bawaan. Hernia hiatal pada bayi biasanya disertai dengan refluks gastroesofageal (muntah, tersedak).

HNP ( Hernia Nukleus Pulposus )

hnp_getty Hernia nukleus pulposus, yaitu saraf tulang belakang “terjepit” di antara kedua ruas tulang belakang sehingga menyebabkan selain nyeri pinggang yang luar biasa. Tak jarang disertai rasa kesemutan yang menjalar ke tungkai sampai ke kaki. Seringkali penderita mengeluh nyeri hebat di pinggang hingga sulit duduk dan berdiri. HNP dapat terjadi karena gerakan mendadak dan bisa pula karena aktifitas yang berkepanjangan dengan posisi tubuh yang tidak benar. Faktor resiko lain sebagai pemicu timbulnya HNP diantaranya: obesitas (berat badan yang berlebihan), poisisi postur tubuh yang tidak benar dan gaya hidup yang nyantai pol (malas bergerak)… :P HNP terbanyak (sekitar90%) terjadi di tulang belakang daerah Lumbal 4-5 dan Lumbo-sacral (L5-S1: perbatasan antara tulang Lumbal bagian bawah dan tulang ekor bagian atas).

Jenis-jenis Hernia yang lain, diantaranya: Hernia Vaginalis, Hernia Diafragmatika, Hernia Epigastrika.

Pertanyaannya: Apakah hernia harus operasi ? Tidak mesti! Bergantung pada jenis dan sifat serta berat ringannya hernia.

Pada dasarnya pengobatan Hernia terbagi menjadi 2 cara, yakni:

  1. Pengobatan konservatif
  2. Pembedahan

Keputusan pilihan cara pengobatan ditentukan dokter berdasdarkan hasil pemeriksaan, dan tentu saja atas persetujuan pasien.

Semoga bermanfat !

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

About these ads

15 Responses to “Mengenal Berbagai Jenis Hernia”


  1. 1 budhe Agustus 7, 2010 pukul 8:17 pm

    salam kenal dok… biasanya sy emang sering baca blog nya dokter.. tp pake metode hit n run alias abis baca langsung lari tanpa ninggal jejak hehe… ni saya kok penasaran antara hernia yg inguinalis ama femoralis tu kok kayaknya sama2 di area selangkangannya ya? bedanya yg mencolok kira2 apa dok? matursuwun..

  2. 2 Cahya Agustus 8, 2010 pukul 8:34 am

    Ha ha, kadang saya sering lupa kalau HNP itu termasuk hernia, maklum sering ngomongnya ke umum sebagai saraf kejepit :D.

  3. 3 cakmoki Agustus 8, 2010 pukul 6:11 pm

    @ budhe:
    Salam kenal….
    Pertanyaan yg bagus Benar, sejatinya keduanya masih satu kelompok dan dalam satu bundle inguinal, karenanya sebagian besar referensi menjadikannya dalam satu kelompok.
    Bedanya, tonjolan pada Hernia inguinal keluar melalui inguinal ring yang manifestasinya berupa tonjolan berbentuk menyerong. Sedangkan tonjolan pada hernia femoralis keluar melalui ring femoral, yakni cincin jaringan ikat yang menyelimuti pembuluh darah arteri, vena (pembuluh darah balik) serta saraf femoral. Manifestasinya berupa tonjolan yang lurus dari atas ke bawah, sejajar dengan bundel femoral.
    Dengan melihat tonjolan dan meraba pangkal hernia, seorang dokter dapat mengenali perbedaan diantara keduanya.
    Makasih

    @ Chaya:
    ha ha ha … kalaupun ingat dan kita menyebutkan hernia pada HNP, pasien akan terbelalak keheranan saat pertama kita mengatakan hernia… mereka baru akan tersenyum setalah dijelaskan dengan gambar. Maklum, sebagian besar khalayak mengenal hernia hanya Hernia inguinalis dan scrotalis…. kalo hernia umbilicalis bukan dianggap hernia tapi udhel bodong… hehehe
    Sayapun lebih nyaman mengatakan saraf kejepit akibat tonjolan jaringan ikat yang menyelimuti saraf …. barulah kemudian mengatakan HNP… Kayaknya saraf kejepit lebih mudah diterima pasien karena mungkin sesuai dengan keluhannya :)

  4. 4 Unchen Agustus 17, 2010 pukul 11:28 pm

    Maaf pak,..HNP itu sendiri selain obat2an,..apa ada therapy khusus bila orang itu sendiri baru terkena HNP,..mungkin ada latihan sendiri agar tidak ke fase yg parah.

  5. 5 cakmoki Agustus 18, 2010 pukul 12:02 am

    @ Unchen:
    ya, terapinya ke poliklinik Rehabilitasi Medis, RSUD setempat.. disitu akan dilakukan pilihan fisioterapi dan latihan sesuai dengan kondisi HNP-nya.
    Makasih

  6. 6 arin September 10, 2010 pukul 3:51 pm

    dok..bgmna cra mncgah agr pykit hernia yg prnh d drita tdk kmbuh lg.

  7. 7 cakmoki September 10, 2010 pukul 11:32 pm

    @ arin:
    pada umumnya hernia yg udah dioperasi gak akan kambuh lagi di tempat yg sama.. kecuali timbul hernia di tempat lain.
    Makasih

  8. 8 dyah September 14, 2010 pukul 3:17 pm

    salam kenal, dok…
    saya baru saja melahirkan anak kedua (normal, 2.6 kilos, 15 menit langsung lahir, sedikit jahitan). hari ke-4 sudah tidak terasa nyeri di bawah sana. hari ke-7 cek dokter dan dinyatakan sudah menyembuh dengan baik (dan saya sudah merasa sangat nyaman). tapi 2 bulan kemudian ketika mengecek kondisi (maaf) vagina saya, seperti ada tonjolan dari dalam. nggak besar, nggak sakit, tapi tetep saja bikin saya khawatir. dan uretranya agak naik.
    sebagai info, pas habis melahirkan anak pertama juga gitu tapi kok kayaknya yang ini gedean dikit. dulu waktu masih gadis kayaknya juga ada tapi cuma seukuran ujung kelingking. dari gadis saya tidak pernah menjumpai adanya lubang kasatmata di vagina. selama hamil anak kedua rasanya perut bawah tegang, seperti ada yang menekan kencang sekali di vagina, sampe nyeri kalo jongkok.
    ini apa ya, dok? saya takut kalo semacam hernia…
    sebelumnya terima kasih banyak.

  9. 9 cakmoki September 14, 2010 pukul 7:06 pm

    @ dyah:
    Salam kenal …
    Untuk memastikan jenis tonjolan tersebut, mau gak mau diperiksa langsung oleh dokter…
    Kalo hernia, biasanya akan menojol saat melahirkan dan diketahui oleh dokter… mungkin hiperplasi (penebalan) dinding vagina bagian dalam, mungkin kelenjar…sekali lagi, tonjolan tersebut dapat dipastikan jenisnya dengan pemeriksaan.. gak usah takut… yang penting periksa :)
    Makasih

  10. 10 Sugeng Yulianto Oktober 4, 2010 pukul 3:43 pm

    Salam kenal,
    kalau sakitnya hanya kadang – kadang di pangkal paha sebelah kiri, bahkan scrotum sebelah kiri kadang2 terasa nyeri ( bhs. jawa kemeng ),apa ini termasuk hernia dok, thanks jawabannya.

  11. 11 cakmoki Oktober 4, 2010 pukul 4:11 pm

    @ Sugeng Yulianto:
    Salam kenal…
    Kalo gak ada tonjolan ygmuncul di paha atau scrotum saat mengejan atau saat beraktifitas, berarti bukan hernia :)
    Sesuai definisinya, hernia adalah tonjolan yang muncul, terutama saat beraktifitas berat, mengejan, dan sejenisnya.
    Makasih

  12. 12 Yuliani Goenawan November 11, 2010 pukul 10:42 pm

    Salam kenal, bayi laki2 saya (1 bln 3minggu) waktu tali pusatnya lepas pusarnya bagus (ngga bodhong) tp stlh beberapa hari pusarnya menonjol <1cm krn di sering mengejan, apakah ini termasuk Hernia Umbilicalis? Jika iya, apa maksudnya pernyataan Cak Moki bahwa "Hernia ini biasanya akan regresi spontan dalam 6 bulan sampai 1 tahun"? maklum saya orang awam, nda begitu ngerti istilah medis :) Kira2 'udhel bodhong'-nya bayi saya bisa bagus lg nda ya…?? Kasian jg kalo saya membayangkan dia nda bisa pamer 'body'-nya saat besar nanti gara2 'udhel bodhong'. Terima kasih sebelumnya.. Saya senang bs nemuin blog Anda :)

  13. 13 cakmoki November 12, 2010 pukul 1:44 am

    @ Yuliani Goenawan:
    Salam kenal…
    Gambaran tersebut kemungkinan hernia umbilicalis…
    “Hernia ini biasanya akan regresi spontan dalam 6 bulan sampai 1 tahun” .. maksudnya, biasanya pulih dengan sendirinya.
    Kita tunggu aja sampai usia 6 bulan – 1 tahun… biasanya bagus dengan sendirinya.
    Gak papa pamer udel … lha Bollywood juga pamer udel malah terkenal tuh :D
    Makasih

  14. 14 iis November 16, 2010 pukul 10:02 am

    kalau cuma terasa kemeng di vagina (agak pinggir kanan, mengarah ke anus) itu kira2 gejala apa ya dok? biasanya kl lagi gendong anak suka terasa agak kemeng. makasih banget jawabannya.. mohon dijawab y dok..

  15. 15 cakmoki November 16, 2010 pukul 10:44 pm

    @ iis:
    Kalo kemengnya muncul pas lagi gendong..kemungkinan hanya spasme (peregangan otot) aja.. namun kalo sangat mengganggu, ga ada salahnya periksa ke dokter.
    Makasih


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,981,939 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 558 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: