Asma Pada Kehamilan

Kode ICD-10 : J45 : Asthma

BERNAFAS UNTUK DIRI SENDIRI DAN SI KECIL DALAM KANDUNGAN

Asthma and Pregnancy Sebagian penderita asma yang sedang hamil kadang masih ragu-ragu untuk berobat ketika asma-nya mulai kambuh dikarenakan ketakutan yang berlebihan untuk minum obat. Hal ini dapat dimaklumi lantaran minimnya informasi dari sumber terpercaya. Bagi penderita asma ( asthma bronchiale ) yang sedang hamil, hendaknya segera berobat ke dokter terdekat ketika merasakan asma yang dideritanya mulai menampakkan tanda-tanda kambuh. Tujuannya untuk menghindari hipoksia (kekurangan oksigen) pada janin di dalam kandungan. Lagipula, rata-rata obat asma aman bagi kehamilan dan aman bagi janin, sama amannya dengan vitamin yang diminum selama kehamilan.

Wanita hamil dan janin yang dikandungnya memerlukan oksigen dalam jumlah cukup untuk kelangsungan kehamilan dan tumbuh kembang janin. Itu sebabnya wanita hamil penderita asma dianjurkan segera mengggunakan obat asma atau berobat manakala merasakan tanda-tanda asma mulai kambuh.

Pada umumnya, penderita asma mengenali penyakitnya dengan sangat baik. Demikian pula jenis obat-obat yang biasa digunakan, dosis dan tatacara penggunaannya. Andai belum mengenal obat-obat asma, hendaknya penderita asma bertanya kepada dokter tentang fungsi dan khasiat masing-masing obat agar setidaknya dapat menggunakannya sebagai pertolongan pertama ketika kambuh.

Penderita asma yang sedang hamil seyogyanya memberikan perhatian lebih pada asma yang dideritanya agar terhindar dari resiko yang dapat mempengaruhi kehamilan dan janin.

Dengan pengobatan asma yang benar dan terkontrol serta senantiasa berkonsultasi kepada dokter, niscaya kehamilan dan janin akan tumbuh sehat hingga tiba saat melahirkan dan menyusui.

PENTING DIPERHATIKAN PENDERITA ASMA SAAT HAMIL DAN MENYUSUI

1. Melanjutkan obat asma selama hamil sesuai saran dokter
2. Berkonsultasi kepada dokter untuk mengendalikan asma
3. Tetap memberikan ASI selama menggunakan obat asma

PILIHAN OBAT ASMA PADA KEHAMILAN

Pada dasarnya pemilihan obat untuk mengendalikan asma pada kehamilan tidak berbeda dengan obat bagi penderita asma pada umumnya.

Perlu dipahami bahwa obat asma (seperti halnya sebagian besar obat lain) bersifat individual. Artinya, obat yang nyaman (cocok) bagi penderita yang satu belum tentu nyaman digunakan oleh penderita lain. Sebagai contoh, seorang penderita asma merasa cocok dan nyaman menggunakan salbutamol 2  mg generik seharga 2000 perak per blister dibanding menggunakan obat asma inhaler berharga ratusan ribu. Karenanya, masing-masing penderita asma seyogyanya mengenali obat-obat yang diberikan dokter dan nyaman digunakan untuk mengendalikan asma yang dideritanya.

Obat-obat yang lazim digunakan untuk mengendalikan ataupun mengobati asma, diantaranya:

A. Anti Inflamasi Golongan Steroid:

  1. Obat inhalasi ( MDI, Nebulisasi ), antara lain: Budesonide, Beclomethasone dipropionate, Fluticasone, Flunisolide, dll.
  2. Obat minum (oral), antara lain: Prednison, Prednisolon, Methylprednisolon, dll.
  3. Obat injeksi (parenteral): methylprednisolon, dll.

B. Bronkodilator (melonggarkan saluran pernafasan):

  1. Obat inhalasi (MDI, DPI, nebulisasi), antara lain: Salbutamol MDI, Fenoterol, Formoterol, Salmeterol, kombinasi Formoterol dan budesonide, kombinasi Salmeterol dan fluticasone, dll.
  2. Obat minum (oral), antara lain: Salbutamol, Terbutalin sulfat, Aminophyllin, Theophyllin, dll.
  3. Obat injeksi (parenteral): Terbutalin sulfat, Aminophyllin, dll.

C. Obat lain: obat antikolinergik: Ipratropium bromide.

D. Obat Pencair Dahak:

Jika asma disertai batuk, dapat ditambahkan obat batuk pencair dahak (expectorant), diantaranya: Ambroxol, Bromhexine, GG (Glyceryl guaiacolate), dll.

EFEK SAMPING OBAT

Obat asma golongan Bronkodilator (melonggarkan nafas) kerap menimbulkan efek samping: berdebar, lemas, gemetar, otot seperti dilucuti, keringat dingin. Jika mengalami keluhan berdebar, lemas, setelah minum obat asma golongan bronkodilator, maka dosis dapat diturunkan menjadi setengahnya. Jika masih berdebar, lemas, gemetar, dosis obat dapat diturunkan lagi hingga seperempat dari dosis normal. Jika dengan dosis seperempat dari dosis normal masih mengalami berdebar, lemas, gemetar, seyogyanya melaporkan ke dokter agar dipilihkan obat bronkodilator yang lain.

Hendaknya penderita asma mencatat obat-obat asma yang menimbulkan efek samping: berdebar, lemas, gemetar, kemudian memberitahukan kepada dokter agar tidak diberikan obat yang sama dan menggantinya dengan obat jenis lain.

TIPS MENCEGAH KEKAMBUHAN

  • Kenali dan hindari faktor pencetus kekambuhan asma, diantaranya: alergen (bahan atau kondisi pemicu timbulnya kekambuhan asma), polusi udara, perubahan cuaca, faktor psikis (emosi yang berlebihan), aktifitas yang berlebihan, infeksi saluran pernafasan, rhinitis (pilek-bersin-hidung mampet), makanan dan obat-obat tertentu, dan lain-lain.
  • Kenali obat-obat yang digunakan, meliputi: nama obat (dan kandungannya), dosis dan cara penggunaannya, obat-obat yang paling nyaman digunakan dan efek samping obat.
  • Istirahat yang cukup, makan makanan bergizi seimbang.
  • Olah raga teratur sesuai kemampuan dan selalu aktif beraktifitas (asalkan tidaj berlebihan) atau senam hamil sesuai petunjuk instruktur. Olah raga teratur pada kehamilan disebutkan dapat mengurangi resiko kekambuhan. Namun, jika asma malah kambuh dengan berolah raga (exercise induced asthma), hendaknya berkonsultasi kepada dokter untuk memilih jenis olah raga yang tepat dan sesuai dengan kondisi masing-masing.
  • Konsultasi kepada dokter tentang ciri-ciri serangan asma, tatacara penanggulangan asma di rumah dan tatacara pertolongan pertama tatkala asma kambuh.

LEARN MORE ! BREATHE BETTER !

Semoga bermanfaat.

:: :: :: posting menggunakan WLW :: :: ::

Up date: saran memasukkan olah raga dari mas Cahya. Thanks Mas :)

Tag Technorati: {grup-tag},,,,
About these ads

67 Responses to “Asma Pada Kehamilan”


  1. 1 Cahya Maret 11, 2010 pukul 4:19 pm

    Satu lagi Cak, biasanya kan ada senam hamil (maksudnya senam untuk wanita hamil). Dan kita tahu, beberapa asma tercetus ketika aktivitas dilangsungkan. Apa ada beban tersendiri bagi senam hamil dan penderita asma?

    Selama ini saya percaya, bahwa keduanya senam hamil tidak berdampak buruk bagi penderita asma. Setidaknya, saya belum pernah melihat langsung atau mendengar kasus asma yang terpicu oleh senam kehamilan. (?)

  2. 2 sahrulpabiccang Maret 11, 2010 pukul 4:23 pm

    Numpang baca, n salam kenal bro.!

  3. 3 cakmoki Maret 11, 2010 pukul 5:31 pm

    @ Cahya:
    ya, benar :) …. udah saya update.
    Kalo kaitan antara senam hamil serangan asma, saya belum pernah menjumpai di praktek. Tapi kalo aktifitas ato beban kerja yg berlebihan sebagai pemicu kekambuhan, kerap dijumpai di praktek, terutama pekerja di perusahan-2 yang bekerja selama 10-12 jam sehari.
    Terimakasih atas tambahannya

    @ sahrulpabiccang:
    Silahkan … salam kenal juga :)
    Makasih atas kunjungannya.

  4. 4 A.J.I Maret 12, 2010 pukul 12:12 am

    artikelnya sangat informatif pak

  5. 5 Wempi Maret 12, 2010 pukul 10:42 am

    Sakit gigi pada kehamilan bagemana? kan sakit banget tuh…

  6. 6 cakmoki Maret 12, 2010 pukul 12:00 pm

    @ A.J.I:
    makasih :)

    @ Wempi:
    Diobati, biar gak sakit :)
    Rata-rata pereda nyeri (NSAI=Non Steroid anti Inflamasi) adalah kategori B pada kehamilan yang artinya aman, sama amannya dengan vitamin B complex. Misalnya asam mefenamat (merk dagang misalnya: ponstan, opistan, ponstelax, dll).
    Kalo misalnya sakit giginya karena infeksi, dapat diberikan antibiotik, misalnya amoksisilin atau cefadroxyl. Keduanya kategori B pada kehamilan. Artinya aman bagi kehamilan dan janinnya, sama amannya dengan vitamin B…. :)

  7. 7 Andri Journal Maret 12, 2010 pukul 7:15 pm

    Betul..betul..informasi yang berguna cak,baik bagi dokter maupun ibu hamil.Aku sendiri kadang ragu memberikan obat asma ke ibu hamil,karena takut berakibat negatif pada jabang bayi.

    Kalo tidak salah,kehamilan sendiri bisa menjadi penyebab seringnya asma kambuh lho..CMIIW

  8. 8 cakmoki Maret 15, 2010 pukul 11:30 am

    @ Andri Journal:
    Bener, kehamilan bisa sebagai pemicu eksaserbasi… :)

  9. 9 julianusginting Maret 15, 2010 pukul 11:44 am

    waduh…infonya bagus cuma kayaknya artikelnya disimpen aja deh buat nanti klo dah hamil istrinya..hehee…salam kenal mas….bole ga neh tukeran link..?link mas dah nongol di blog saya…ditunggu konfirmnya..trims…

  10. 10 cakmoki Maret 15, 2010 pukul 12:38 pm

    @ julianusginting:
    salam kenal…
    ok, ntar saya link… Makasih

  11. 11 icha Maret 18, 2010 pukul 9:54 am

    Salam kenal cak, Saya sedang hamil 23 minggu terserang batuk produktif, saya punya pengalaman minum ambroksol untuk mengencerkan dahak, terus saya cari2 info untuk kehamilan katanya tdk dianjurkan untuk TM I, gimana ya? aman ga kalo saya minum saat ini.Trims

  12. 12 cakmoki Maret 18, 2010 pukul 1:42 pm

    @ icha:
    Ambroxol termasuk “kategori B” pada kehamilan yang artinya aman untuk kehamilan dan janin..
    Makasih

  13. 13 IMA Maret 19, 2010 pukul 10:44 am

    Dok terima kasih yah herpesnya dah sembuh di pakein salep acycrovir selama 3 hari .

    mau nanya lagi dok badan saya merasa kurang fit karena aktivitas kerja yang rutin vitamin apa yang boleh di minum oleh ibu hamil misal sejenis vit c yang tidak membahayakan janin dan tidak mengandung pemanis buatan .terima kasih

  14. 14 faza Maret 19, 2010 pukul 12:06 pm

    infonya semua keren…
    thanks

  15. 15 cakmoki Maret 19, 2010 pukul 5:11 pm

    @ IMA:
    Ya, dampak herpes zoster emang itu… ntar akan pulih denga sendirinya jika makan makanan bergizi.
    Jenis vitamin yg aman banyak, contohnya: Sofero, atau Prelamin-F atau sejenisnya, diminum 1×1 sesudah makan.
    Makasih

    @ faza:
    Makasih atas kunjungannya :)

  16. 16 IMA Maret 22, 2010 pukul 10:01 am

    Terima kasih dok
    infonya sangat bermanfaat banget maju terus deh ..dan vitamin aku aku cb thanks

  17. 17 cakmoki Maret 22, 2010 pukul 5:33 pm

    @ IMA:
    Terimaksih atas supportnya :)
    Moga sehat selalu

  18. 18 bidanku Maret 27, 2010 pukul 1:29 pm

    Yoga yang banyak melatih sistem pernafasan kayaknya bisa membantu meminimalisir ya dok?

  19. 19 cakmoki Maret 28, 2010 pukul 3:05 am

    @ bidanku:
    bisa…. asalkan tidak terlalu memberatkan.

  20. 20 cakmoki Maret 28, 2010 pukul 3:06 am

    @ bidanku:
    ya, bisa…. asalkan tidak terlalu memberatkan. :)

  21. 21 Walasa Maret 31, 2010 pukul 6:04 am

    hi…slamat pagi, blognya keren, tulisannya juga bagus-bagus, aku bookmark dulu ah…thank you yaa…salam :D

  22. 22 cakmoki Maret 31, 2010 pukul 1:04 pm

    @ Walasa:
    Met siang :)
    Monggo silahkan…
    weh, ternyata Blog-nya keren abiz….

  23. 23 raiz April 14, 2010 pukul 10:53 am

    pagi dokter cakmoki, mau nanya klo obat Grantusif aman gak buat ibu hamil? trims sebelumnya

  24. 24 cakmoki April 14, 2010 pukul 12:09 pm

    @ raiz:
    pagi….
    Grantusif tidak dianjurkan pada ibu hamil karena mengandung Dextromethorphan HBr 15 mg…kalo batuk, ganti yang lain aja.
    Trims

  25. 25 desy Mei 18, 2010 pukul 1:05 pm

    Salam kenal..
    Dok skrg saya sdh msk 13 mg dan sblmnya sdh bbrp kali asmanya kambuh kl saya pake ventolin inhaler amankah, pada saat asma kambuh saya bisa semprot 3x dlm sehari, dlm 1 mg saya kena asma bisa 3 kali, trimakasih sblmnya

  26. 26 cakmoki Mei 18, 2010 pukul 3:14 pm

    @ desy:
    salam kenal…
    Aman … gak masalah digunakan 3 kali atau lebih dalam sehari.
    Kalo dalam seminggu kambuh 3 kali, perlu obat minum, misalnya: euphyllin retard mite, diminum 2×1 sehari. Bila berdebar, dosis dapat diturunkan menjadi 2×1/2.
    Makasih

  27. 27 Yohan Wibisono Mei 20, 2010 pukul 3:52 pm

    sebenarnya, apa penyebab utama orang menderita asma ya? apa ada faktor keturunan juga? thx untuk infonya….

  28. 28 cakmoki Mei 21, 2010 pukul 2:43 am

    @ Yohan Wibisono:
    ya, faktor keturunan dan faktor acquired.
    Makasih

  29. 29 savir Juni 5, 2010 pukul 10:34 pm

    Pada kehamilan 4-5 bln perut ibu tersa berdenyut2, kata org sih normal. Yang mau saya tanyakan apa itu memang gerakan janin yg sdh mulai terasa atau hanya denyut aliran darah saja yg lbh kuat dr biasanya??

  30. 30 cakmoki Juni 6, 2010 pukul 12:16 am

    @ savir:
    Usia kehamilan segitu sudah bergerak lembut.
    Jika denyutannya teratur seiring dengan denyut nadi, berarti denyut aliran darah. Tapi jika temporal (di saat-tertentu), berarti gerakan janin.
    Makasih

  31. 31 puu Juni 17, 2010 pukul 2:43 pm

    Dok, saya hamil 27 minggu, sdh 2 minggu ini asma saya suka kambuh, saya dikasih antibiotik zithromax azithromycin 1×1 utk 3hr, dan obat racikan theopllin 60mg, ventolin, methylpredusilon…obat2 tersebut aman utk bayi saya di dalam kandungan tdk Dokter? Trima Kasih

  32. 32 cakmoki Juni 17, 2010 pukul 3:27 pm

    @ puu:
    Obat-obat tersebut semuanya aman pada kehamilan, baik bagi ibu maupun janin. :)
    Makasih

  33. 33 puu Juni 17, 2010 pukul 4:08 pm

    Trima Kasih Dokter utk jawabannya,

    Oiya saya lupa, saya jg dikasih obat semprot namanya Seretide discus 250mcg, itu jg aman utk bayi n Ibu ? Sekali lg Trima Kasih

  34. 34 cakmoki Juni 17, 2010 pukul 10:16 pm

    @ puu:
    Obat tersebut juga aman, yakni termasuk “Katergori B” pada kehamilan yg artinya aman untuk janin maupun ibunya.
    Terimakasih.

  35. 35 rinda Juni 18, 2010 pukul 10:34 pm

    Cak, asma saya sering kambuh, hampir tiap hari. Saya tdk dalam keadaan hamil, amankah bila saya terus-terusan menggunakan inhaler? dg 2 kali semprot batuk dan asma saya langsung reda dan hilang tapi 12 jam kemudian kambuh lagi. tapi saya merasa lbh praktis dg menggunakan inhaler drpd minum obat2an.

  36. 36 cakmoki Juni 19, 2010 pukul 6:46 am

    @ rinda:
    Hamil gak hamil, obat asma inhaler aman walaupun digunakan jangka panjang :)
    Makasih

  37. 37 sashya Juni 21, 2010 pukul 4:31 pm

    Dok, saya hamil 8 minggu.Jumat kemaren ada pendarahan tapi keluarnya sedikit.dokter kandungan saya periksa dan katanya darahnya sudah berhenti dan tinggal darah lama. kondisi janin baik. Tapi karena keluarnya dikit2, sampai hari ini(Senin) darahnya masih keluar.berwarna kecoklatan dan sudah mengental.Apakah itu normal walaupun sudah berhari2?Terimakasih.

  38. 38 cakmoki Juni 21, 2010 pukul 6:56 pm

    @ sasya:
    Setiap perdarahan hingga berhari-hari pada kehamilan adalah hal yang tidak normal.
    Tetapi kalo kondisi janin bagus tentu gak papa… namun perlu istirahat, minum obat dari dokter dan kontrol teratur ke DSOG untuk mengetahui perkembangan janin. :)
    Moga sehat selalu.
    Makasih

  39. 39 rinda Juni 23, 2010 pukul 8:45 pm

    thanks infonya ya cak…

  40. 40 cakmoki Juni 24, 2010 pukul 4:44 pm

    @ rinda:
    Sama-sama..makasih juga telah berbagi ^_^

  41. 42 cakmoki Juni 27, 2010 pukul 6:52 pm

    @ selly:
    ya, sama-sama…terimakasih juga atas kunjungannya

  42. 43 akhmad Juli 8, 2010 pukul 3:49 pm

    ketika pada waktu hamil terkena TBC, ada kemungkinan untuk menular pada bayi yang dikandung apa tidak?

  43. 44 cakmoki Juli 8, 2010 pukul 6:24 pm

    @ akhmad:
    iya, bisa menular.

  44. 45 lisa Agustus 11, 2010 pukul 9:31 pm

    info asma pada saat hamil ok buanget, thanks

  45. 46 lisa Agustus 11, 2010 pukul 9:37 pm

    usia kehamilan kedua saya 24 minggu, perut khok sering kenceng dan sesak nafas, tidak seperti kehamilan pertama ya??mohon informasinya. thanks

  46. 47 cakmoki Agustus 12, 2010 pukul 3:17 am

    @ lisa:
    Kenceng pada perut pada kehamilan adalah hal yg normal, terutama jika kehamilan udah seusia itu. hanya saja, tibgkat kenceng setiap orang dan setiap kehamilan tidak selalu sama. Ada yg gak brasa apapun, dan ada yg kenceng… bahkan adakalanya disertai pegal di pinggang.
    Kalau keluhan sesaknya bisa karena tekanan di sekat rongga dada, bisa karena peninngkatan produksi asam lambung dan bisa juga karena gangguan nafas akibat hormonal atau sebab lain.
    Jika mengganggu, gak ada salahnya periksa ke dokter untuk mengetahui penyebanya sehingga dapat diberikan obat yg tepat untuk meredakan keluhan sesak tersebut.

    Moga sehat selalu.
    Makasih

  47. 48 echa Agustus 23, 2010 pukul 1:02 pm

    dok..waktu sy dinyatakan hamil, sama dokternya dilarang pake seretide..katanya bisa buat janin kerdil..bener gak dok? coz saya sudah asma dari kecil..dan sudah terbiasa pake inheler..
    mohon penerangannya yah dok..:)

  48. 49 cakmoki Agustus 24, 2010 pukul 1:28 am

    @ echa:
    enggak ah … obat tersebut aman pada kehamilan..lagipula makainya hanya saat kambuh saja. Obat tersbut gak ada efek samping yg berpengaruh terhadap perkembangan janin.
    Makasih

  49. 50 puput September 21, 2010 pukul 2:50 pm

    trims infonya cak..
    oh ya, aku jg penderita asma dari kecil, sekarang hamil 20 minggu
    dan akhir2 ini sering kambuh. tadinya mencoba bertahan untuk tdk minum obat, tp akhrnya ngga kuat, coz sesek bangeet..
    aku biasa minum aninophyllin dan ambroxol, kt DSOg-ku aman dikonsumsi, bener ga cak?

  50. 51 cakmoki September 21, 2010 pukul 3:20 pm

    @ puput:
    ya, benar… obat tersebut aman pada kehamilan dan menyusui.
    Moga sehat selalu :)

  51. 52 tari Oktober 6, 2010 pukul 11:54 am

    dok, apakah obat transbroncho (tablet) dan lasal expectoran (syrup) aman diminum saat asma kambuh dan sedang hamil?
    adakah efek samping terhadap bayi dalam kandungan? thanks

  52. 53 cakmoki Oktober 6, 2010 pukul 12:43 pm

    @ tari:
    Aman …. obat-2 asma tersebut adalah obat kategori B pada kehamilan dan menyusui yang artinya aman bagi janin.

    Silahkan baca lagi artikel di atas pada paragraf pertama:
    Lagipula, rata-rata obat asma aman bagi kehamilan dan aman bagi janin, sama amannya dengan vitamin yang diminum selama kehamilan.
    Makasih :)

  53. 54 Asep anwar November 19, 2010 pukul 9:23 pm

    Doc saya mau tanya istri saya sekarang hamil 6 bln sekarang mengalami keluhan skt sesak pernapasa dan batuk trus sdh 2hari trus periksa ke bidan dan di kasih obat batuk novadryl dengan komposisi Diphenhydramin HCI 13mg,Ammonium Klorida 121,5mg,Natrium sitrat 55,0mg dan Parasetamol 500mg yg mau saya tanyakan apakah obat tersebut aman untu ibu dan janin

  54. 55 cakmoki November 20, 2010 pukul 1:29 am

    @ Asep anwar:
    Obat tersebut aman untuk kehaamilan dan janin.
    Makasih

  55. 56 yanty Maret 11, 2011 pukul 12:30 pm

    Pak saya mau nanya kalo inhaler berotec aman ga ya buat bumil, saat ini usia kandungan saya 8 minggu, berotec masuk kategori mana?
    saya pernah baca kalo inhaler untuk trimester 1 bisa membuat kelainan pada janin, asma saya tidak terlalu parah obat apa yg enteng untuk bumil apa ya atau dgn berotec juga aman karena saya cocok dgn berotec? terimakasih

  56. 57 cakmoki Maret 11, 2011 pukul 3:31 pm

    @ yanty:
    Aman … berotec adalah obat “Kategori B” pada kehamilan dan menyusui yang artinya aman.
    Makasih

  57. 59 Lisa Maret 26, 2011 pukul 1:07 pm

    Dok,mba saya sedang hamil ank ke2..
    Dan asmanya sering bgt kambuh.kemungkinan tuk beliau bs lahir normal brapa % ya dok?dan tips apa yg bs diberikan
    Tuk diketahui,wktu ank pertama lahir normal,tp asmanya tdk sering kambuh.mohon pencerahan.terimakasih dok

  58. 60 cakmoki Maret 26, 2011 pukul 2:10 pm

    @ Lisa:
    Kemungkinan hamil normal 100 %^ kalo ga ada gangguan yang mengindikasikan operasi caesar
    Tips: obati asma-nya sesuai obat yg biasa digunakan dan paling nyaman.
    Makasih

  59. 61 Lisa Maret 26, 2011 pukul 5:34 pm

    Terimakasih banyak dok.nanti saya coba sampaikan ke mba qu(beda propinsi)yg lg bimbang.krn pengalaman temanku disini,semua posisi normal n baik tp dr na lgsung memfonis untuk sesar dimggu ke 38.cuma krna takut asma nya kambuh pd saat lahiran ktnya.sedih rasanya,cuma krna asma tdk diberi kesempatan tuk lahiran normal :( .sekali lg terima kasih dok.saya sgt senang ‘berkunjung’ di blog dr,sangat bermanfaat terutama buat saya:)

  60. 62 cakmoki Maret 27, 2011 pukul 1:14 pm

    @ Lisa:
    Sampaikan juga ke mbak agar selalu menyiapkan obat asma yg biasa dipakai.
    moga sehat selalu
    Makasih

  61. 63 Lisa Maret 27, 2011 pukul 5:07 pm

    Terima kasih bnyk dok.saran dan semangat dokter sangat membantu

  62. 64 cakmoki Maret 27, 2011 pukul 6:06 pm

    @ Lisa:
    sama-sama :)

  63. 65 Padmi Mei 7, 2011 pukul 8:28 am

    dok, saya hamil 15 minggu, asma saya suka kambuh tapi kalo pas lagi batuk aja, ada ga ya penanggulangan secara tradisional, soalnya saya ga suka minum obat, makasih banyak ya dok

  64. 66 cakmoki Mei 7, 2011 pukul 3:01 pm

    @ Padmi:
    Maaf, sebaiknya pake obat yang benar dan jelas penggunaan, khasiat serta keamanannya bagi janin dan kehamilan. Sy tidak tahu menahu soal obat tradisional.
    makasih

  65. 67 sriana milliherb Mei 31, 2011 pukul 10:26 am

    mbak2 penderita asma sewaktu hamil minumlah: milliasbat untuk pencegahan setiap hari 1 kapsul. untuk pengobatan 3 x 1 kapsul ditambah Milligesic Oil Mn 3 x 10 tetes. kalau parah sekali tetesi hidung dengan milligesic oil mn. Insya Allah 2 – 3 hari sudah enakan dan dosis bisa diturunkan, harga terjangkau, 0218647723


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Wong ndeso ™

cakmoki

Wordpress Indonesia

Silahkan baca

DISCLAIMER

web tracker

9 Desember 2009

SEMENTARA TUTUP

Maaf, sementara Blog istirahat hingga ada pemberitahuan

Harap maklum


MARI HENTIKAN KORUPSI

Jangan Korupsi Ah

No Korupsi

Internet Sehat

Warga Bicara

» Makasih PLN, listrik Samarinda dah membaik, moga gak byar-pet

» Waspada Demam Berdarah

» Jangan Gunduli Palaran

» Banjir...banjir. Kapan masalah ini teratasi ?

INGA INGA INGA

» Nyeri Urat or Tulang BUKAN berarti Penyakit Asam Urat.

» Sekali lagi: Pegal, Linu Tidak Identik dengan Penyakit Asam Urat

TEMANs

9racehime | A. Fatih Syuhud | Aditiawan Chandra | A.Tajib | Agung UD | aLe | alief | alle | almascatie | Amd | Anak Peri | Anak Sultan | Anang | Anang YP | Anas | Andalas | Anggara | Anjaz | Anti Pungli | Antobilang | Anung87 | Aribowo | Arif Kurniawan | Arul | Astikirna | awan965 | axireaxi | Bambang alias HR | BatakNews | Blog Pokoke? | Biho | CalonOrangTenar | Cay | Chandra | Chielicious | chiw imudz | cK-chika | Dalamhati | Deden Nugraha | deedhoet | deKing | Desti Utami | Didats | doeytea | dnial | Edy C | Eep | Elpalimbani | erander | Evi | Fa | Fa wp | Faiq | Fertobhades | Fetro | Fortynine | Freddy | Gadis | Gaussac | Gitablu | Grandiosa | GuhPraset | GuM | Helgeduelbek | Herdy | Indonesia Kita | Indra KH | ItikKecil | iway | Jejakpena | Jennie S. Bev | Joesath | Joko Taroeb | Julee | Juli | Juliach | Junthit | Jurig | Kakilangit | Kang Adhi | Kang Kombor | Kangguru | kawaichu | Kenji | Kenzt | kikie | koecing | Kumala | Kurtubi | Kw | Laras | liezmaya | Lilik Suryanto | Lily | Linker | Lintang | Lita | Lita wp | Luthfi | MaIDeN | Majalah Dewa Dewi | Manusiasuper | Master Li | Mathematicse | macanang | mbojo | Mei | Micokelana | Mr. Geddoe | Mufti | mybenjeng | My-za | Nayla Zahra | Nayz | Ndarualqaz | Neeya | Neo Forty-Nine | Neri | Ninoy | Nieke | Nomercy | n0vri | NuDe | Om Sulis | omaigat | Ooyi | Paijo | Panca | Pandu | Panduan WP | Papabonbon | Passya | Peyek | Pinkina | Pitik | Pralangga | Prayogo | Priyadi | Qee | Raja iblis | RenjanaBiru | rivafauziah | Rivermaya | Roffi | roisZ | Rujak | Sagung | Sahrudin | Saiful Adi | SaRa | Siu | Sofi | Sora9n | Suandana | Suluh | Susiloharjo | Telmark | Thamrin | tiesmin | Triesti | Tukang Sate | Venus | Wadehel | Wahyuansyah | Wandira | Wiku | WongMangli | Wulan | Yati | Yudhipras |

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kesehatan

:: Ady Wirawan :: Agus Mutamakin :: Anis Fuad :: Anis Fuad wp :: Asri Tadda :: Astri Pramarini :: Astri Pramarini (awal) :: Astri Pramarini wp :: Blog Mahasiswa FKU 2003 :: Blog Rumah Kanker :: Dani Iswara :: Dani Iswara weblog :: Dokter arek cilik :: drAnak :: drarifianto :: Dwi wp :: Elyas :: Erik Tapan :: Evy HealhtySmile :: FK Unsri :: Gies :: Gies wp :: Ginna :: Grapz :: Hendar Sunandar :: HIV News :: Huda Thoriq :: IDI Samarinda :: imcw :: Imran Nito :: Iwan Handoko :: Jhonrido :: klikharry :: Kobal :: Laksmi Nawasasi :: Mashuri :: Mave Mina :: Mbah Dipo :: Mina :: My Blogspot :: Nur Martono :: PKM Palaran :: Rara :: Rizma Adlia :: Rudy Kwang :: SenyumSehat :: Sibermedik :: SimkesUGM :: SuperKecil :: Titah :: Tito :: Tonang Ardyanto :: Tukangkomentar :: Wi :: Vina Revi :: Vina Multiply :: Yusuf Alam R :: zulharman79 ::

:: :: :: :: :: :: :: :: :: :: ::

Institusi Kesehatan

:: Depkes RI :: WHO :: WHO Indonesia :: … nyusul

:: :: :: :: :: :: :: :: ::

Kolaborasi

:: Emedicine :: ICD 10 Wikipedia :: ICD 10 Wiki Indonesia :: OSWD :: OpenWebDesign :: Pakistan Times :: Rubab :: ntar ::

Kategori

BlogTour

Arsip

Komunitas Blog

blog-indonesia.com

PAGE RANK

Powered by  MyPagerank.Net

Add to Technorati Favorites

[Valid RSS]

Health Blogs - Blog Top Sites

Health

Blogs Topsites - TOP.ORG

Health Blogs - Blog Rankings

Blog directory

TopOfBlogs

Top 10 Award

Feed Burner

cakmoki Blog

Bloggerian Top Hits

My BlogCatalog BlogRank

Site Meter

Since 30 Nov 07

PENGUNJUNG

  • 4,941,096 pengintip

Asal Usul

Pebruari 2011

free counters


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 555 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: